Gemilang Terkini

Jumat, 31 Juli 2020

21.34

Ziarah Kubur, Tradisi Turun Temurun

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ziarah kubur yang merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak puluhan tahun silam merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh warga.

Seperti yang dilakukan oleh warga yang berada di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) provinsi Sumatera Selatan yang memiliki tradisi unik setiap Idul Fitri maupun Idul Adha, yakni ziarah kubur serta halal bihalal di area pemakaman umum.

"Biasanya ziarah kubur serta halal bi halal di pemakaman dilakukan pada lebaran idul fitri maupun idul adha, yakni pada lebaran hari kedua, selain warga sekitar ada juga warga perantauan yang pulang kampung dan melakukan ziarah, tradisi ziarah ini sudah berlangsung cukup lama, bahkan sejak saya masih kecil" Kata Didi salah satu warga yang ikut ziarah, Sabtu (01/08/2020).

Dikatakannya, di pemakaman inilah tempat saling minta maaf setelah lama tidak bertemu, baik dengan keluarga yang jauh maupun warga yang sedang berziarah.

"Berziarah di pemakaman umum itu terasa cukup nyaman karena selain bisa bertemu kerabat dekat juga bisa bertemu dengan warga yang lain, dan selanjutnya biasanya akan dilanjutkan halal bi halal dirumah" Pungkasnya. (Red)
08.23

Jalani Perawatan di Rumah Sakit, Kondisi Bupati OI Kian Membaik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam yang sebelumnya melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas Bupati Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, pada kamis malam (30/07/2020) dibawa petugas kesehatan ke Rumah Sakit Mohammad Hosen (RSMH) Palembang.

Pemindahan tersebut guna untuk mendapatkan perawatan lebih intensif pada Bupati serta untuk menjalani serangkaian test kesehatan.

Melalui akun Facebook, Relawan Ilyas Panji Alam menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H dan menerangkan bahwasanya kondisi orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk tersebut dalam keadaan baik dan sehat.


“Assalamualaikum..Kepada dulur-dulurku warga Kota Santri Ogan Ilir. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Mohon Maaf Lahir dan Batin.
Alhamdulillah, kondisi saya semakin hari semakin baik dan sehat, walaupun saat ini masih perlu melalui rangkaian pemeriksaan dan tes kesehatan berkala di RSMH Palembang, sebelum nantinya diizinkan untuk beraktivitas kembali dalam beberapa waktu ke depan, InsyaAllah." Mengutip dari Akun Ilyas Panji Alam, Jum’at malam (31/7/2020).

Dalam postingan itu juga Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam juga mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat Ogan Ilir yang turut mendo’akan kesembuhan dirinya dan menghimbau masyarakat agar terus menjaga kesehatan.

“Terimakasih atas segala Do’anya.
Saya juga turut meDo’akan semoga dulur-dulurku warga Ogan Ilir selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala wabah penyakit. Aamiin,” Imbuhnya. (Su/di2/red)
02.46

Sholat Ied Dimushola Al-hijrah Ketua RT/RW Bagikan Masker Ke Jamaah

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Ketua RT 44 dan Panitia Salat Idul Adha di Mushola Al Hijrah, membagikan masker sebelum pelaksanaan salat di musholla Al Hijrah, Lorong Mawar Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Jumat (31/07/2020).

Ketua RT/RW dan Panitia Sholat Idhul Adha, menyebutkan pembagian masker itu dibagikan kesetiap Jamaah Sholat guna menghindari terpaparnya virus covid-19 kian terus menambah di Kota Palembang ini.

"Selama beberapa pekan terakhir ini wilayah kota Palembang terus meningkat setiap harinya pasien yang terpapar virus covid-19 ini, dari Itulah kita ketua RT RW setempat membagikan masker kepada warga agar tetap selalu menggunakan Protokol Kesehatan dalam melaksanakan ibadah sholat Idhul Adha ini," Papar Ketua RT 44 Arman.

Sholat Idul Adha di Musholla Al-hijrah ini dihadiri Ustadz, Cha Cha M Yascha, Ketua RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Serta Warga Yang Lainnya. (Man)

Kamis, 30 Juli 2020

02.21

Rapid Tes Untuk Panitia Qurban


GMJNews.co.id- Menjelang hari raya Idul Adha berbagai persiapan telah rumah zakat lakukan. Pemeriksaan dan pemeliharaan hewan telah dilakukan setiap hari oleh tim medis hewan rumah zakat demi menjaga kesehatan calon hewan qurban hingga hari H.

Menurut Medi media relations rumah zakat pemeriksaan Kesehatan dan keamanan hewan qurban rumah zakat memberikan hewan qurban terbaik bagi para pequrban. 

“Tidak hanya para hewan yang diperiksa dalam rangka memenuhi standar kesehatan, hari ini (Kamis, 30/07) kami melakukan rapid tes kepada 253 orang calon panitia yang akan bertugas dalam proses pengelolaan Superqurban anda. Dari para Juleha (Juru Sembelih Halal) hingga para pengantar daging”, ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Rapid tes petugas ini demi keamanan hewan qurban. Selain itu Rumah Zakat masih menerima qurban dari pequrban hingga hari ke tiga tasyrik 13 Zulhijah atau senin 03 Agustus jam 12 siang.  Untuk kemudahan donasi qurban bisa melalui website linktr.ee/rumahzakatpalembang.

“Do’akan kami, agar selalu diberikan kelancaran dalam segala proses pelaksanaannya dan Allah berikan kekuatan kepada kami untuk terus melakukan yang terbaik untuk anda”, tukasnya. (Medi RZ)

Senin, 27 Juli 2020

20.43

Peternakan Ayam Yang Berada di RT 06 RW 04 Diduga Tidak Ada Izin Usaha


MUARA ENIM, gmjnews.co.id-  Perusahan ternak ayam yang berdiri megah yang berada tepat di RT 06 RW 04 kelurahan gelumbang, kabupaten muara Enim, provinsi sumatera selatan, menjadi perbincangan masyarakat setempat.

Padahal semenjak satu tahun lalu beroperasi, diduga belum kantongi izin usaha dan bangunan.

Sementara itu lurah Gelumbang Lismarama warni SE saat di sambangi di kantornya pada Senin (27/07/2020).

"Waktu itu memamg pernah Pak Ujang selaku pihak usaha ternak ayam ini datang menghadap kita, katanya akan mengurus izin bangunan maupun izin usaha, namun sampai sekarang sudah satu tahun lebih tidak pernah datang lagi," ungkap lurah Gelumbang.

Masih kata Lurah Gelumbang, miris menurut lurah gelumbang, jalan kelurahan rusak parah dan gorong-gorong yang pembangunannya memakan dana APBD tahun 2019 jebol akibat dilintasi mobil milik usaha ternak ayam ini.

"Gorong-gorong di jalan kelurahan Gelumbang yang memakan dana APBD 2019 jebol oleh mobil angkutan dari ternak ayam tersebut. Dan kita sudah hubungi pak Ujang untuk segera memperbaiki, namun sampai sekarang belum ada tindakan perbaikan," pungkas Lismarama warni.

Terpisah, salah satu tokoh masyarakat kelurahan Gelumbang, Syamsul menyayangkan pihak pemerintahan tidak cepat tanggap terhadap persoalan usaha ternak ayam yang diduga tak mengantongi izin usaha dan bangunan itu.

Syamsul juga mengatakan, bangunan ternak ayam yang berdiri kokoh, dan sudah mempunyai empat bangunan kandang ayam, memakai jasa puluhan pekerja, sudah ada pos satpam, serta luas lahan sekitar delapan hektar, dan berada di seputaran pemukiman warga.

"Saya juga mengharapkan agar anggota DPRD dan Pemkab muara Enim serta pemerintahan kelurahan serta kecamatan menindak tegas pengusaha yang tidak mematuhi aturan. Bila perlu ditutup saja, apa lagi usaha ternak ayam ini tidak mengantongi izin usaha, serta berada di permukiman warga," ungkap Syamsul.

Sementara itu tim wartawan yang berada di zona tiga saat meminta konfirmasi di lokasi usaha ternak, hanya bertemu dengan petugas satpam yang mengarahkan untuk mengkonfirmasi permasalahan ini kepada pengurus yang bernama Ujang.

Akan tetapi sangat di sayangkan saat di hubungi melalui aplikasi WhatsApp belum ada respon dari Ujang selaku pengawas lapangan. (Nil)
04.48

Bupati OI Positif Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M Ilyas Panji Alam dinyatakan positif terkena virus corona atau covid -19, hal ini terungkap saat jumpa pers dengan awak media di rumah dinas Bupati Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI Tanjung Senai, Senin (27/07/2020).

Saat jumpa pers Bupati OI duduk di kursi sofa dengan menggunakan infus dan didampingi sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Ogan Ilir.

Diungkapkan Ilyas Panji Alam dirinya mendapat kepastian positif berdasarkan hasil Swab Rumah Sakit Bhayangkara yang baru keluar pada pagi tadi, senin (27/7/2020).

“Hasil Swab baru keluar pagi tadi yang mana sebelumnya saya melakukan swab 2 hari lalu di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang,” Katanya.

Lebih lanjut dikatakan bupati, walau dirinya dinyatakan positif Covid-19, tapi kondisinya tetap sehat.

"Kalau badan saya sehat, tapi dari pemeriksaan Swab saya positif terpapar covid-19" Ujarnya.

Dijelaskannya, selama beberapa hari kedepan dirinya akan melakukan isolasi mandiri dan menghimbau masyarakat agar terus menjaga kesehatan.

“Selama beberapa hari kedepan saya akan melakukan isolasi mandiri sampai sembuh,” Imbuhnya. (Di2)
00.35

Desa Berdaya Binaan Rumah Zakat Launching Program Ramah Lansia

EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Relawan Inspirasi Rumah Zakat melakukan Launching Program Ramah Lansia senyum sehat di desa baturaja lama kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan Ahad (26/07/2020) di Mushola Nurul Islam perdana dengan layanan Kesehatan kepada masyarakat yang telah lanjut usia. Relawan berkolaborasi dengan tenaga medis RSUD dan Staff dinas Kesehatan empat lawang.

Candra Wijaya Relawan Rumah Zakat mengatakan bahwa kegiatan ini guna memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

“Layanan ini berupa Checkup (Kolesterol, gula darah, asam urat, tensi darah, berat badan) dan pemberian pengarahan terkait hasil checkup yang telah didapat. Jadi para lansia dengan keadaan new normal ini bisa lebih menjaga kesehatannya”, ujarnya. 

Salah satu pasien, Habiba (63) memberikan komentar nya dalam acara tersebut.

"Alhamdulillah sudah lama kegiatan seperti ini tidak di lakukan di desa kita. Ini mempermudah kami selaku lansia untuk memberikan peringat dini terhadap kemungkinan penyakit yg kami derita", tuturnya. (Medi RZ)

Minggu, 26 Juli 2020

03.58

Hj. Farida: Alhamdulillah Dimasa Periode Saya Tidak Ada Temuan Yang Nyeleneh


PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dengan dihadiri kurang lebih 50 Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Tokoh Agama, Ormas Pemuda Demokrat Kertapati, Babhinsa, Babhinkamtibnas, Koordinator Kota (Korkot), serta masyarakat setempat.

Pelaksanaan Kegiatan Pembentukan Panitia Bakal Pemilihan Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) warga Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati Palembang, mengadakan Rembuk Warga Sekaligus melaporkan kegiatan Rutin Setiap Tahunnya, Yang Bertempat di Halaman Kantor Lurah Ogan Baru Sabtu (25/07/2020) kemarin.

"Dengan melakukan pemilihan ketua LKM Secara Demokrasi yang nantinya akan dipilih oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Ketua RT Setempat" Kata Subhan selaku Kepala Korkot yang diwakili Muhammad Nurdiansyah Asisten Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan.

Sementara itu, Hj. Farida selaku ketua LKM Melati yang menjabat selama 3 periode mengatakan Alhamdulillah dalam Beberapa Periode sejak diangkat menjadi Ketua LKM program-program di kelurahan Ogan baru sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur, tidak ada temuan dilapangan yang tidak benar atau menyeleweng, seperti halnya di kelurahan-kelurahan lain.

"Saya bekerja dengan menggunakan orientasi keahlian, dalam membuat dan menerapkan kebijakan, dan harus dengan musyawarah untuk mufakat agar kebijakan yang akan diambil nantinya berjalan dengan baik" Katanya. (Man)

Jumat, 24 Juli 2020

06.42

Tekan Penyebaran Covid-19, Rumah Zakat Kolaborasi dengan GPM

BANDUNG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat dan Gerakan Pakai Masker (GPM) berkolaborasi mencegah penularan covid-19 dalam kegiatan penyuluhan daring dengan tajuk Penyuluhan Pakai Masker (PPM) dan Penyuluhan Untuk Penyuluh (Pup) melalui aplikasi Zoom dan Live di channel Youtube Gerakan Pakai Masker pada hari Jumat, 24 Juli 2020. Penyuluhan juga melibatkan klaster pondok pesantren PP Zainul Hasan Genggong Probolinggo dan 9 Pondok Pesantren di Tulungagung.

Rumah Zakat dan GPM berharap  santri-santri di pesantren mulai sadar akan pentingnya memakai masker agar  terbebas dari penularan Covid-19.

GPM juga menilai kehadiran banyak pihak berperan menghentikan penyebaran Covid-19 ini akan semakin baik, di antaranya dengan PT Bank Syariah Mandiri dan Rumah Zakat.

Inisiator Sekaligus Ketua GPM Sigit Pramono menyampaikan pentingnya dalam pememakaian masker. "Mengapa harus pakai masker? Karena ini adalah upaya minimal yang bisa dilakukan masyarakat untuk menekan penyebaran. Risiko penularana bisa ditekan mencapai 75% apabila masyarakat tertib menggunakan masker," kata Sigit Pramono, inisiator sekaligus Ketua GPM.

Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri, Toni E.B Subari mendukung Gerakan Pakai Masker karena memiliki semangat kepedulian yang sama untuk mengedukasi umat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan memakai masker sekaligus sebagai bagian lifestyle saat ini untuk mencegah penyebaran Covid 19 terutama di pondok pesantren. "Social movement ini diharapkan dapat  membawa maslahat untuk adik-adik dan pengurus pesantren di Indonesia," kata dia.

Hal itu ditanggapi baik oleh Dr. Mohammad Haris (Gus Haris), pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong di Probolinggo, Jawa Timur. "Pengasuh  Pondok Pesantren mendukung upaya pencegahan penularan Covid 19 melalui Gerakan Pakai Masker.   Karena bagaimanapun juga Pondok Pesantren juga harus terus meningkatkan kepatuhan penerapan kesehatan agar pondok pesantren tidak menjadi klaster penularan Covid 19.  Edukasi untuk mengikuti protokol kesehatan ketat salah satunya memakai masker yang benar menjadi hal yang sangat penting," katanya.

Semejak munculnya kasus Covid-19 di Wuhan, Cina, Rumah Zakat sudah menginisiasi pembuatan masker di desa berdaya sebanyak-banyaknya minimal satu juta masker. Masker dianggap sebagai poin penting bagi Rumah Zakat selama pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu, Rumah Zakat mendukung penuh Gerakan Pakai Masker dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan masker sebagai alat pelindung diri dan pencegahan Covid 19. Saat ini Umkm targetkan pembuatan 1 Juta masker di 230 Titik Wilayah di 20 Provinsi.

Sementara itu, Rumah Zakat pun akan bekerja sama dengan GPM untuk mendidik para relawannya di seluruh Indonesia untuk mengkampanyekan pakai masker melalui program PuP.

Nur Efendi selaku CEO Rumah Zakat berharap tidak hanya pesantren dan masyarakat terhindar dari Covid 19 namun dapat menggerakan roda perekonomian warga. “Desa Berdaya dalam membangun Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) dengan beragam unit usaha serta Rumah Zakat melibatkan UMKM dalam memproduksi masker sehingga dapat mencegah penularan covid-19 dan sekaligus mengangkat perekonomian warga di desa berdaya,” ucapnya. (Medi RZ)

Kamis, 23 Juli 2020

00.46

KPUD OI Launching Pilkada Serentak Tahun 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hari ini, Kamis (23/07/2020) Komisi Pemilihan Umum  Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) resmi melaunching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020, di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Indralaya.

Ketua KPUD OI Massuryati mengatakan, sebagai pertanda bahwa berbagai proses dan rangkaian pemilu di Kabupaten Ogan Ilir sudah dimulai, banyak rangkaian yang akan mengikuti kegiatan ini hingga nanti proses pemungutan suara dan berbagai proses lainnya.

"Selama proses pemilu ini, sebanyak 10.574 orang personel yang akan bertugas mulai dari tingkat TPS hingga Kabupaten. Untuk itu, dia berharap agar para petugas ini nantinya dalam menjalankan tugasnya secara profesional sehingga menghasilkan pemilihan yang sehat dan berintegritas" Katanya.

Dirinya juga mengimbau agar setiap Partai Politik (Parpol) untuk menyiapkan calonnya dan mengikuti seluruh rangkaian pemilu ini sesuai aturan.

“Kepada masyarakat, gunakanlah hak pilih dengan baik dan benar. Jadilah pemilih yang cerdas, karena pemimpin yang berkualitas dihasilkan dari pemilih yang cerdas,” Ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Ilham Saputra mengatakan bahwa pihaknya tetap melaksanakan pilkada ini karena ada jaminan dari pemerintah pusat untuk menambahkan anggaran agar para petugas nantinya dapat bekerja dengan selamat.

"Saat bertugas nantinya setiap personel akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang memungkinkan seluruh petugas ini dalam menjalankan tugasnya dengan selamat" Kata Ilham.

Ditambahkannya, "Karena sesuai dengan tema Pilkada kita, Pilkada Sehat Kita Selamat. Kami juga terus mengingatkan agar bekerja dengan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi saat ini dalam proses coklit dimana dalam proses ini para petugas terjun langsung ke rumah-rumah pemilih dengan harapan dapat melahirkan DPT yang akurat,” Terangnya.

Sementara itu, Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan, dengan digelarnya launching pelaksanaan Pilkada OI untuk menginformasikan kepada masyarakat khususnya Kabupaten OI bahwasanya KPU OI telah fokus kembali dan telah siap dalam penyelenggaraan pemilihana kepala daerah tahun 2020.

"Pemerintah Daerah bersama seluruh masyarakat Kabupaten OI, mendukung penuh dalam suksesnya pesta Demokrasi Pilkada tahun 2020 di Kabupaten OI, gunakanlah hak pilih saudara karena bahwasanya satu suara dari anda sangat berarti, dengan saudara telah menggunakan hak pilih maka saudara sudah melaksanakan kewajiban sebagai warga negara yang patuh" Imbuhnya. 

Hadir dalam acara Launching tersebut, perwakilan dari Pemprov Sumsel, Bupati Ogan Ilir, Bawaslu, Polres Ogan Ilir, Komandan Kodim 0402/OKI-OI beserta jajaran Koramil di Kabupaten Ogan Ilir. (Red)

Berikut videonya:

Rabu, 22 Juli 2020

05.28

Jelang Pilkada Serentak, Ini Yang Dilakukan DPD Partai Gelora Indonesia OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menjelang Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan jaring aspirasi masyarakat.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Hariansyah, SH, Rabu (22/07/2020), menurutnya untuk Pilkada ini partai Gelora OI akan menjaring seluruh aspirasi masyarakat.

"Ya, jelang pilkada serentak ini Insya Allah dalam waktu dekat kita akan menjaring setiap aspirasi dari masyarakat yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, guna untuk melihat sejauh mana masyarakat menilai setiap pasang daripada bakal calon Bupati dan juga wakil bupati yang akan bertarung di Ogan Ilir" Kata Hariansyah.

Ditambahkannya, "Selain itu, kita juga akan terus memenuhi struktur partai kita, serta untuk para kader yang ada di setiap desa agar sedianya sudah siap untuk pelaksanaan pilkada serentak ini" Ujarnya.

Selain itu, lanjut Hariansyah soal dukungan pada masing-masing calon, dirinya mengatakan belum bisa berkata apa-apa karena partai Gelora Indonesia ini adalah partai baru.

"Terkait dukungan, saat ini kita belum bisa, karena kita kan masih partai baru, jadi kita masih menunggu, namun kita tentunya akan ikut serta pada pilkada nanti, dan alhamdulillah untuk para kader partai, baik DPC maupun PAC saat ini sudah mulai terbentuk dan juga sudah mulai bergerak" Terangnya. (Red)

05.11

Rumah Zakat Aktif Lagi Rumah Quran di Desa Berdaya


LAMPUNG, gmjnews.co.id- Pandemi Corona masih terasa di alam yang kita cintai ini, beberapa tempat masih melakukan sosial distancing (jaga jarak), begitu juga di lingkungan Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedungtataan Kabupaten Pesawaran Lampung. 

Sejak diberikan izin pada pertengahan bulan Juli 2020 ini, kegiatan keagamaan mulai kembali beraktifitas, selasa malam rabu merupakan jadwal kegiatan belajar Qur'an yang di adakan rutin tiap pekan, Kagiatan tahsin dimulai sejak ba'da shalat isya dan dilanjutkan materi tentang Alquran pemberi syafaat.

Alhamdulillah Malam ini merupakan kegiatan perdana setelah 3 bulan lebih tidak belajar AlQuran, ungkap ust dan tentunya selama Pandemi Alquran harus selalu kita kaji.  

"Adapun materi pada malam ini adalah tentang utamanya membaca AlQuran, yaitu memberi syafaat bagi yang membacanya, mudah2an dengan materi ini, para jamaah istiqomah bahkan lebih giat lagi dalam membaca dan mangamalkan Alquran" ucap ust Rizki sebagai pemateri. (Medi RZ)

Selasa, 21 Juli 2020

22.53

Peringati Hari Adiyaksa Ke 60, Ketua DPRD Soeharto Hs, Terima Kunjungan Kajari OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, SH, menerima kunjungan Kepala Kejaksaaan Negeri Kabupaten OI Adi Tyogunawan, SH, MH, beserta rombongan bertempat diruang kerja  ketua DPRD OI KPT Tanjung Senai, Rabu, (22/07/2020). 

Kunjungan Kepala Kejaksaan Negeri OI Adi Tyogunawan, SH, MH, didampingi Kepala Seksi tindak pidana khusus Beni Wijaya dan kepala sub bagian pembinaan Ory Kurniawan, diterima langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten OI Soeharto Hs, SH yang didampingi oleh Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE, M.Si dan Kabag Humas dan Protokol Yuniarti, S.IP, M.Si.

Bertepatan dengan hari Adiyaksa yang ke-60, dalam kesempatan tersebut kepala Kejaksaan Negeri beserta rombongan membawa tumpeng dengan harapan kedepan hubungan antara Kejaksaan Negeri Kabupaten Ogan Ilir dan DPRD Ogan Ilir terus terjalin dengan baik. (Ril/Red)
20.54

Kominfo OI Terapkan Protokol Kesehatan


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, Dinas Komunikasi dan Imformasi (Kominfo) Kabupaten Ogan Ilir (OI) selalu menerapkan Protokol Kesehatan.

Berdasarkan pantauan, Rabu (22/07/2020) terlihat salah satu pegawai di Kominfo OI memeriksa dan menyuruh para tamu yang berkunjung ke Kominfo untuk selalu cuci tangan.

"Ya, kita sesuai aturan jadi kita terapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, jadi setiap yang datang kita cek suhu dan kita suruh untuk mencuci tangan" Kata Yuliana. (Man/Di2).

09.43

Ketua DPRD Soeharto Terpilih Sebagai Ketua DPD Partai Golkar OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir yang digelar selama dua hari 20-21 Juli 2020 bertempat di hotel Ilaya Indralaya, Selasa, (21/07/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPD Golkar Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin, Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Sumsel dan juga Anggota DPR RI Ketua Komisi VII H. Alex Noerdin, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. Raden Ayu Anita Noeringhati, SH., MH, Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam yang diwakilkan kepada Asisten I Rahman Rosidi, MM, Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi, SIK, MH, Kepala Kejaksaan Negeri OI Adi Tyogunawan, SH, MH, Dandim 0402 OKI/OI.

Hadir juga perwakilan dari partai lain yang juga sebagai anggota DPRD OI, Safari dari PDI P, Armin Heryadi, S.IP dari PPP, Taufik Artama, SE dan Sonedi Ariansyah, SH, S.Sos.I dari Partai Demokrat, H. Husnul Anom, SH.I dari PKS dan Rahmadi Djakfar, S.Sos, MTP dari PBB.

Sebagai kader Golkar Ketua DPRD OI Soeharto disela-sela Musyawarah Daerah mencalonkan diri sebagai ketua DPD Partai Golkar OI dengan mengikuti tahapan-tahapan dan mendaftarkan serta menyerahkan berkas kepada Ketua Steering Committee (SC) Basri M. Zahri S.Pd, M.Si.

Dan hasilnya Soeharto Hs, SH dipercaya untuk memimpin Partai Golkar di kabupaten OI lima tahun kedepan Periode 2020-2025, dan penunjukan Soeharto dilaksanakan secara aklamasi didukung oleh 15 Pemilik Suara dari 16 total suara yang berhak memilih. (Ril/Red)
06.53

Soal Pilkada OI, Partai Golkar Belum Tentukan Sikap


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang, Partai Golkar sepertinya hingga saat ini belum menentukan sikap terkait dukungan saat Pilkada nanti.

Pasalnya, mereka masih menggodok siapa kadernya yang akan ikut bertarung dalam pemilihan kursi nomor satu di Bumi Caram Seguguk tersebut.

Hal ini yang dikatakan langsug oleh Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, Dodi Reza Alex, Selasa (21/07/2020), menurutnya hingga saat ini pihaknya masih menggodok siapa kader terbaiknya yang akan diusung dalam Pilkada 2020 Ogan Ilir ini. Sehingga, semua opsi masih bisa digulirkan.

"Sedang dalam proses, kita akan cari kader terbaik, dan ini semua sedang dalam proses dan pertimbangan dari DPD Golkar Sumsel dan Pusat, jadi semua opsi masih terbuka, karena belum final," Kata Dodi Reza Alex saat diwawancarai disela penyelenggaraan Musda Golkar Ogan Ilir. (Di2)

Berikut Videonya:

06.08

Survei LSI IPA Unggul Dari OVI, Ini Tanggapan Politisi Partai Hanura

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Telah diumumkannya rilis hasil Survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) terkait Pilkada Ogan Ilir (OI) periode 2021-2026 beberapa hari yang lalu, mendapatkan tanggapan politisi partai Hanura yang juga anggota DPRD Kabupaten OI fraksi Hanura Ir Abdul Rozak Rusdi.

Menurutnya, tidak ada sesuatu yang mengejutkan dalam rilis Lembaga Survei LSI tersebut, karena memang sudah sangat wajar dan pantas H.M. Ilyas Panji Alam (IPA) jauh unggul dari AW Noviadi (Ovi).

"Mengapa saya katakan demikian, HM Ilyas PA merupakan Bupati Incumbent, AW Noviadi Bupati dipecat karena kasus narkoba, jadi tidak apple to apple dalam perbandingannya" Kata anggota Komisi III DPRD OI.

Ketika ditanya apa yang membuat bupati Incumbent jauh lebih unggul meninggalkan lawan-lawan yang lainnya, itu karena H.M. Ilyas Panji Alam itu sudah berbuat dan sedang menjabat.

"Sedangkan AW Noviadi tidak ada yang diperbuat dan tidak menjabat, kita berharap dengan hasil survei ini, bisa semakin memantapkan langkah dan arah tujuan pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Sosok pendamping HM Ilyas Panji Alam dalam Pilkada nanti adalah sosok orang yang sarat pengalaman dalam birokrasi, karena selama satu periode yang lalu tidak memiliki wakil bupati, ya saya sendiri pun siap kalau diperintahkan partai untuk menjadi pasangan pak Ilyas, namun  selaku ketua Partai fraksi Hanura, bapak Ir Sobli sudah sangat layak untuk mendampingi bupati karena beliau lebih senior dari saya dan semua syarat sudah terpenuhi" Terangnya. 

Seperti diketahui, hasil Survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pada simulasi tertutup, elektabilitas Ilyas Panji Alam tetap jauh mengungguli calon kandidat lainnya (56,82%). Sedangkan AW Noviadi Mawardi mendapatkan (18,41%), tetap berada diurutan kedua, dimana selisihnya sebesar (38,41%) dan yang belum menentukan pilihan (18,63%). (***)
05.01

Soeharto Nahkodai Golkar Lima Tahun Kedepan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengelar  Musyawarah Daerah (Musda) IV, Selasa (21/07/2020). Hasilnya Soeharto Hs  dipercaya menahkodai partai berlambang pohon beringin tersebut.

Penunjukkan Soeharto Hs untuk periode 2020-2025 tersebut dilaksanakan secara aklamasi di dukungan oleh 15 pemilik suara dari total 16 suara yang berhak memilih dari Kongcam maupun organisasi sayap dan  musyawarah ini berlangsung sesuai tata tertib yang sudah disepakati dari rapat paripurna pertama hingga ke delapan.

Dipercaya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir lima tahun kedepan Soeharto mengatakan banyak PR yang mesti diselesaikan salah satunya penguatan dan merapatkan barisan keluarga besar Partai Golkar hingga ketingkat Desa

“Bagian integral dan strategi penguatan basis di kecamatan dan desa, jika bisa dicapai berarti menjadi modal besar bagi eksistensi partai di tengah masyarakat,” Katanya.

Saat ditanya oleh sejumlah awak media tentang arah Partai Golkar di Pilkada Ogan Ilir Desember mendatang Soeharto membeberkan menunggu arahan dari DPP dan DPD Provinsi.

"Kita masih menunggu arahan dari DPP dan DPD Provinsi dengan segala opsi bisa berkoalisi dengan Partai lain atau memajukan kader sendiri pasalnya saat ini partai Golkar memiliki 8 kursi di DPRD OI jadi bisa maju sendiri dan Partai Golkar memiliki sejumlah kader yang mumpuni untuk bertarung di pilkada akhir tahun ini," Terangnya. (Di2)

Senin, 20 Juli 2020

03.00

Warga Prabumulih Yang Tenggelam Saat Memancing Ditemukan

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Warga asal Prabumulih yang sempat tenggelam di sungai Lematang, tepatnya di perbatasan desa Petar luar, desa danau tampang, kecamatan sungai rotan, kabupaten Muara Enim, sudah ditemukan pada Senin siang pukul 14.23 WIB. Yang berlokasi tidak jauh dari lokasi hilangnya korban tersebut.

Korban yang di temukan pada Senin siang ini diketahui bernama Kurniawan Restu (23), korban merupakan warga  perumnas gunung ibuk, kecamatan Prabumulih timur, kota Prabumulih setelah perahu yang di tumpanginya bersama teman memancingnya terbalik.

Diduga korban tenggelam tidak bisa berenang sehingga terserer arus sungai Lematang dan menyebabkan tenggelam.

Camat Sungai Rotan Abdul Haris, S.IP membenarkan bahwa korban yang tenggelam pada Minggu sore telah ditemukan warga saat mengapung di atas danau sungai yang tak jauh dari kejadian. Dan tadi korban itu sudah kami serahkan kepada pihak keluarga korban.

Hal senada juga di katakan Kapolsek Sungai Rotan AKP. Edy Nuryanto bahwa korban yang tenggelam pada Minggu sore lalu telah di temukan saat mengapung di atas danau, posisi korban dalam keadaan tertelungkup dan masih dalam pakaian lengkap.

Pencarian ini bekerjasama dengan pihak Koramil 404-01 Gelumbang, Polsek sungai rotan, BPBD muara Enim, Basarnas Provinsi Sumatera Selatan dan warga setempat.

Menurut keterangan sekretaris desa danau tampang Ristaudin mengatakan kepada awak media saat ditemui di lokasi kejadian bahwa mereka pergi memancing pegi bertiga.

"Di ketahui pada saat sore sekitar pukul 17.40 WIB teman korban menelpon warga bahwa temannya tenggelam pada saat menarik ikan yang didapat, saat itulah teman yang mengambil dokumentasi melihat mereka tenggelam langsung menyelematkan mereka, naas pada saat itu cuma satu teman yang bisa diselamatkannya itu bernama Dikto," pungkas sekdes.

Masih kata sekdes, setelah menyelamatkan dikto temannya bernama asysyarif cuma berhasil menyelamatkan dikto saja namun korban yang tenggelam itu bernama restu.

Berdasarkan pantauan media gmjnews.co.id di lokasi kejadian korban di temukan pada pukul 14.23 WIB,korban ditemukan mengapung di atas danau tampang tak jauh dari lokasi kejadian pada saat mereka memancing. (Nil)

Minggu, 19 Juli 2020

03.31

Survei LSI, IPA Ungguli OVI

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, lembaga survei memantau bakal calon Bupati yang akan bertarung untuk menjadi Pemimpin, tak terkecuali di Kabupaten Ogan Ilir (OI), salah satunya Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Kita ketahui, H.M. Ilyas Panji Alam (IPA), yang selama 2015-2020 menjabat sebagai Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), ternyata mendapatkan respons yang cukup baik dari warga yang ada di Kabupaten OI.


Terbukti, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei indonesia (LSI), bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja politisi PDI Perjuangan ini cukup tinggi yakni sebesar 71,37 persen masyarakat yang menyatakan sangat puas puas. Selain itu, 66,13 persen menilai pemerintahan OI di bawah Kepemimpinan IPA sangat berhasil.

Dalam survei yang dilakukan pada 4-10 Juli 2020 dengan total 440 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di OI, LSI juga memotret tingkat popularitas, kesuksesan dan elektabilitas sejumlah kandidat Bupati OI, termasuk IPA. Yang hasilnya kembali menunjukkan keunggulan IPA adalah sosok yang paling dikenal, disukai dan memiliki elektabilitas tertinggi per-Juli.

Adapun berdasarkan Rilis Hasil Survei Pra-Pilkada OI tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Batiqa pada minggu (19/07/2020) bahwa tingkat kepuasan tertinggi diberikan masyarakat dalam penanganan masalah pendidikan, keamanan, kesehatan, penyediaan listrik dan air bersih. Serta pelayanan administrasi publik dengan persentase diatas 70 persen.

Kemudian tingkat popularitas Ilyas Panji Alam sebesar 95,91 persen dengan tingkat kesukaan 82,27 persen serta elektabitas tertutup 56,82 persen. Tokoh lain yang mampu menyainginya hanya Ahmad Wazir Noviadi (Ovi) Mawardi, dengan tingkat popularitas 88,18 persen dengan tingkat kesukaan 65 persen dan tingkat ketidaksukaan 13,14 persen, serta elektabilitas tertutup 18,14 persen. (Red)
00.25

Tabrakan Beruntun Terjadi Di Jalintim Palembang-Kayuagung

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Peristiwa tabrakan beruntun kembali terjadi di jalan lintas timur Palembang-Kayuagung tepatnya di Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Minggu (19/07/2020).

Tabrakan ini melibatkan tiga kendaraan sekaligus yang berawal dari kendaraan Sigra berwarna hitam nopol BG 1092 OV melaju dari arah Palembang dengan kecepatan tinggi oleng kekanan hampir adu kambing dengan angkutan desa (angdes) warna kuning dari arah berlawanan nopol BG 1669 L.

Namun taksi angkutan desa berhasil menghindar akan tetapi tabrakan tak terelakkan sehingga kendaraan sigra tersebut menabrak sisi kanan kendaraan selanjutnya menghantam kendaraan Panther warna hitam dengan nopol BG 1104 A yang berada dibelakang angdes.

“Tabrakan ini terjadi sekira pukul 10 dan sempat mengagetkan warga sekitar sehingga membuat warga berhamburan menyaksikan peristiwa tersebut,” Kata Idil warga sekitar.

Dijelaskannya, “Ketiga sopir selamat hanya mengalami luka ringan namun ada seorang penumpang angdes yang dibawa kerumah Sakit,” Ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan sudah ada petugas kepolisian yang mengamankan di TKP dan mengatur arus lalu lintas sehingga tidak menyebabkan kemacetan. (Su/Red)

Berikut Videonya:


Sabtu, 18 Juli 2020

02.37

Didampingi Pengacara, AM Mantan Ketua HIPMI OI Laporkan Dugaan Pencemaran Nama Baik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan didampingi tiga orang pengacaranya, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI), AM mendatangi Mapolda Sumatera Selatan (Sumsel) guna melaporkan dugaan pencemaran nama baik yang telah dilakukan oknum LSM berinisial YK.

Dalam postingan di Akun Facebooknya,  Yongki (YK) Oknum LSM tersebut, dalam keterangannya menyatakan bahwa saudara Aikom (AM) yang merupakan mantan Ketua HIPMI telah melakukan pengancaman terhadap dirinya melalui telepon seluler.

"Saya bersama tiga penasehat hukum saya, melaporkan dugaan kasus pencemaran nama baik di akun medsos. Karena saya tidak pernah mengancam saudara YK dan saya tidak pernah memerintahkan siapapun untuk mengancam saudara YK yang merupakan oknum LSM tersebut," Kata AM didampingi kuasa hukum, Sabtu (18/07/2020).

Atas postingan saudara YK di dunia maya itu, lanjut AM, sangat merugikan pribadinya karena hal itu merupakan pembunuhan karakter dan fitnah yang kejam. 

"Bahkan, postingan tersebut sekarang tidak ada lagi, dugaan seolah-olah memvonis saya dan yang saya laporkan ini termasuk juga media yang memberitakan saya tanpa adanya konfirmasi kepada saya atau kepada kuasa hukum saya. Proses hukum di negeri ini saya percaya dan sepenuhnya saya serahkan kepada pengacara saya," Tandasnya.

AM juga menyatakan, jika saudara YK yang katanya memiliki bukti rekaman percakapan dugaan pengancaman tersebut, dipersilahkan juga untuk menyampaikannya ke aparat penegak hukum. 

"Saya bersama tiga kuasa hukum saya secara sadar dan serius melaporkan kasus fitnah ini. Saya berharap pihak kepolisian untuk memproses laporan ini. Saya percaya kepolisian Polda Sumsel akan bekerja secara profesional," Pungkasnya. (***)

02.31

Polsek Gelumbang Amankan Pengedar Uang Palsu

GELUMBANG, gmjnews.co.id- Bermula dari laporan pedagang yang berjualan di pasar kalangan Karang Endah Selatan Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, berhasil menangkap pelaku diduga pengedar uang palsu pecahan Rp 100ribu.

Linmas Pemdes karang Endah selatan bersama warga bertindak cepat setelah mendengar adanya laporan dari pedagang bahwa ada oknum yang diduga membeli sayuran menggunakan uang palsu.

"Iya pak, pelaku ini membawa karung dan membeli sayuran diduga memakai uang palsu pecahan Rp.100ribu, setelah kami tanya  pelaku ini mengaku bernama Yusuf (35) warga Kayuagung OKI dan sepeda motornya kita amankan, selanjutnya kami melaporkan kejadian ini ke polsek gelumbang dan pelaku langsung di bawa ke Polsek Gelumbang," Pungkasnya.

Terpisah, Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH SIK., Didampingi Kanit Reskrim Polsek gelumbang Ipda Agus Widodo SH., Membenarkan telah mengamankan seorang pelaku yang diduga mengedarkan uang palsu diwilayah hukum kepolisian sektor Gelumbang.

"Ya, untuk sekarang pelaku berhasil kita amankan Yusuf (35) warga Kayuagung OKI, yang nyaris dihakimi masyarakat. Pelaku kini bersama barang bukti telah kita amankan dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut terkait dugaan  mengedarkan uang pecahan Rp. 100ribu," beber Kapolsek kepada awak media. (Nil)
01.20

Dalam Rangka Kampanye Protokol Kesehatan, Polsek Gelumbang Gelar Berbagai Kegiatan

GELUMBANG, gmjnews.co.id- Sesuai Dengan Program Inovasi Polda Sumsel, dalam Rangka Kampanye Protokol Kesehatan Covid-19, Polsek Gelumbang gelar berbagai macam kegiatan, Sabtu (18/07/2020).

Kegiatan yang dilakukan tersebut diantaranya Himbauan Kesehatan Covid-19 dan Adaptasi Kehidupan Baru di pasar pagi Gelumbang, pembagian 1000 masker di pasar pagi Gelumbang, pembentukan kampung tangkal mang PeDeKa di desa Gumai dan desa sukamenang, pemasangan spanduk protokol covid-19 di pasar pagi Gelumbang, pemasangan poster di mobil dan rumah warga, penyemprotan disinfektan di desa sukamenang, sosialisasi covid-19 dan karhutla di radio 90.2 Gelumbang.

Kapolsek Gelumbang AKP. Priyatno mengatakan untuk  kegiatan yang dilakukan mulai dari melakukan himbauan protokol kesehatan Covid-19 dan adaptasi kehidupan baru di Pasar Pagi Gelumbang.

Kegiatan ini dimulai dari desa sukamenang, Gumai, pasar pagi Gelumbang, kecamatan gelumbang, kabupaten muara Enim, sumatera Selatan.

Kegiatan ini di pimpin langsung kapolsek Gelumbang AKP. Priyatno SH SIK., dan didampingi lima belas personel Polsek Gelumbang, camat gelumbang Syarkowi S.Sos., Satpol PP., Danramil 404-01 gelumbang kapten Arh Mardin SE bersama sepuluh personel koramil gelumbang.

Kegiatan ini di hadiri kepala Puskesmas gelumbang, Musadat SKM., Masyarakat desa sukamenang, desa Gumai, dak kelurahan gelumbang, kecamatan Gelumbang, kabupaten Muara Enim, sumatera selatan. (Nil)

Jumat, 17 Juli 2020

01.17

Rizki DA Resmi Menikah, Sebelumnya Lakukan Taaruf

JAKARTA, gmjnews.co.id- Pedangdut Rizki D Academy (DA) resmi mempersunting seorang perempuan di Bandung. Pernikahan mereka digelar pagi ini, Jumat (17/7/2020).

Informasi itu didapatkan melalui unggahan foto di Instagram Arie Untung. Ia mengunggah foto Rizki dengan istrinya yang menggunakan kebaya putih sambil memperlihatkan cincin pada jari mereka.

Saat dikonfirmasi, pihak manager membenarkan pernikahan itu digelar hari ini. Undangan juga sudah dibatasi karena pengaruh pandemi COVID-19 saat ini.

"(Menikah) Iya, cuma emang terbatas sih karena COVID nggak mau ngundang banyak orang, ya cuma keluarga aja sih," ujar Elsih saat dihubungi.

"(Akad) Iya udah pagi ini jam sembilan," lanjutnya.

Pernikahan Rizki digelar sekaligus merayakan proses resepsinya. Semuanya digelar di Bandung.

Dijelaskan Elsih, tempat pernikahan Rizki dan istri juga bukan salah satu kediaman mereka. Pernikahan mereka dilaksanakan di sebuah villa.

"Akad aja resepsinya juga di sini-sini aja keluarga aja," tutur Elsih.

"(Nikah) Di kayak villa gitu di jalan Cimaung di daerah Ciwidey gitu," lanjutnya.

Diketahui, Rizki memang sempat menjelaskan dirinya yang tengah menjalani taaruf dengan seorang perempuan. Saat itu ia juga menjelaskan rencana pernikahannya dalam waktu dekat.

" Ya udah yakin juga karena mintanya juga sama Allah, caranya juga sesuai anjuran. Kita mintanya pun dengan cara yang baik di sepertiga malam. nyarinya di kalangan teman, sahabat, tetangga dan keluarga, cari dari yang terdekat, kalau gitu kan orang itu bakal paham dengan kita," katanya, belum lama ini. 

"Ya cuma batas ketemu itu pun cuma lihat muka dan telapak tangan, itu aja, kontekan nggak ada, ngobrol pun nggak ada. Niatnya untuk ibadah," tutup Rizki.

Kabar tersebut juga disambut bahagia oleh rekannya, Arie Untung. Ia mendoakan agar pernikahan itu selalu harmonis.

"Selamat ya adikku @da2_rizki123 taarufnya sukses. semoga sakinah mawadah warrahmah Aamiin," ungkap Arie Untung. (Net)

Sumber: Detik Hot

Kamis, 16 Juli 2020

22.15

Tim Gugus Tugas Covid-19 Berikan Himbauan dan Bagi Masker

GELUMBANG, gmjnews.co.id- Tim Gugus Tugas Covid-19 mengadakan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan dan bagi-bagi masker kepada pengunjung pasar pada Jumat (17/07/2020) siang pukul 11.10 WIB.

Adapun tim sosialisasi gugus tugas covid-19 bersama unsur tripika Gelumbang, kepala UPTD Puskesmas Gelumbang Musadat SKM, camat Gelumbang Syarkowi S.sos., Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH SIK., Danramil 404-01 Gelumbang kapten Arh Mardin SE., Lurah Gelumbang Lismarama warni SE., Dan tokoh masyarakat.

Selain sosialisasi mengenai protokol kesehatan tentang covid-19 tim gugus tugas covid-19 juga memberikan masker secara gratis kepada para pedagang dan para pengunjung pasar

Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH SIK memberikan himbauan kepada masyarakat, pengunjung dan para pedagang  untuk jangan berlama-lama di tengah pasar, sebab siapa dan di pakaian manapun virus covid-19 atau biasa di sebut Corona bisa menempel.

"Kalau sudah dapat apa yang di beli langsung pulang jangan lama-lama, segera pulang ke rumah dan langsung ganti pakaian, cuci tangan, bila perlu mandi. Karena kita tidak siapapun yang berkunjung ke pasar ini dan kita tidak tahu di pakaian mana virus itu menempel. maka dari itu marilah jaga kesehatan kita bersama dan demi kebaikan bersama juga," Kata Kapolsek.

Hal senada juga disampaikan camat Gelumbang Syarkowi S.Sos dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker, untuk kepada para pedagang, masyarakat, dan pengunjung pasar supaya mencuci tangan yang telah disediakan di tempat yang ada.

Danramil 404-01 Gelumbang juga menekankan kepada masyarakat untuk tidak membawa anak-anaknya saat berbelanja ke pasar. (Nil)
19.06

Ketua PWNU Sumsel Do'akan Partai Gelora Menjadi Pemenang

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Cak Amir panggilan akrab KH. Amiruddin Nahrowi Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Selatan (Sumsel) menerima kedatangan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Sumatera Selatan (Gelora Sumsel) Erza Saladin (16/07/2020) kemarin di Kantor PWNU Sumsel, jalan Sekip Jaya, Kemuning Palembang.

KH. Amiruddin Nahrowi menerima baik hadirnya Partai Gelora Indonesia khususnya di Sumatera Selatan dan mendo'akan semoga Partai Gelora Indonesia menjadi pemenang dan banyak tokoh-tokoh Islam di Partai Gelora banyak memberikan manfaat untuk ummat.

"Partai Gelombang Rakyat mudah-mudahan selalu kita do'akan menjadi pemenang, tentu dengan kerja keras semuanya mumpuni, mudah-mudahan banyak tokoh-tokoh Islam Partai Gelora ini banyak memberi manfaat, khairunnas anfa'uhum linnas" ucap Cak Amir.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora Sumsel Erza Saladin mengucapkan terima kasih kepada PWNU Sumsel dibawah pimpinan Dr. KH. Amiruddin Nahrowi, M.Pd.I.

"Atas penerimaannya, atas keterbukaannya, atas nasihat dan arahannya, Partai Gelora Indonesia Sumatera Selatan siap memperjuangkan Aspirasi Nahdhatul Ulama Sumatera Selatan" Kata Erza Saladin.

Kedatangan Partai Gelora Sumsel dalam rangka mempererat silaturahim dan mensosialisasilkan Gelora sebagai Partai yang telah ditetapkan dalam SK Menkumham Nomor M.HH-11.AH.11.01.01 Tahun 2020 serta menyampaikan visi misi, AD/ART dan manifesto Partai Gelora Indonesia.

Dalam sesi akhir pertemuan Partai Gelora membagikan buku Selayang Pandang Partai yang berbeisikan AD/ART, Manifesto dan Brand Identity Partai. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Partai Gelora Sumsel Amril Sudiono, Bendahara Reni Anggraini, Ketua Bidang Keummatan Juwairi Alwi, Ketua Bidang SDM Partai Gelora Sumsel Saifurrahman, dan juga selain Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrowi hadir juga wakil ketua, sekretaris beserta jajaran PWNU Sumsel. (Ril/Red)
03.54

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Pertanggung Jawaban APBD 2019

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat diruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI), DPRD OI menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian laporan Komisi Komisi DPRD Kabupaten OI terhadap pertanggungjawaban APBD Tahun 2019, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan dan diakhiri Pendapat akhir Bupati OI, Kamis (16/07/2020).

Rapat dihadiri Bupati Kabupaten OI HM. Ilyas Panji Alam, Perwakilan Komisi-komisi yaitu komisi I, II, III dan Komisi IV DPRD Kabupaten OI yang selebihnya diruang pribadi melalui video comprence, dan diikuti juga OPD Setda Ogan Ilir melalui dinas masing masing. Hadir Juga Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE, M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST.

Dalam penyampaiannya komisi I disampaikan oleh Zahrudin, SE, Komisi II disampaikan oleh Sopian HM. Ali, S.IP, Komisi III disampaikan oleh Zainab, S.Pd dan komisi IV disampaikan oleh Rosita. 

Dari ke empat komisi yang menyampaikan laporan, menyetujui Rencana Peraturan Daerah Tentang Laporan Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2019 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah dengan catatan catatan yang sudah disampaikan kepada masing-masing OPD.

Selanjuntanya dilakukan penandatanganan persetujuan oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Soeharto Hs bersama Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam yang selanjutnya penyampaian pendapat akhir bupati dan rapat dipimpin oleh H. Sopian Ali, S.IP

Dalam penyampaian pendapat akhir Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam mengatakan, dengan disusunnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berbasis akrual ini pemerintah daerah telah dapat mempertanggung jawabkan pelaksanaan APBD secara lebih transparan, akuntabel dan juga memberi manfaat lebih baik bagi para pemangku kepentingan. 

Baik para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan, hal ini direfleksikan dengan disajikannya pertanggung jawaban APBD kedalam 7 (tujuh) laporan pokok, yang telah dibahas secara seksama antara anggota dewan yang terhormat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi dalam rapat komisi. (Ril/Red)

Rabu, 15 Juli 2020

05.38

Atasi Longsor, Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI Pasang Terucuk Kayu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pelaksanaan program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0402/OKI sudah memasuki minggu ketiga, pengerjaan sasaran fisik di setiap sektor terus berjalan, tidak ada halangan buat anggota Satgas TMMD maupun masyarakat yang saling bergotong royong untuk menyelesaikan pekerjaan ini selesai sesuai target yang telah ditentukan.

Hal tersebut dikatakan oleh Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI Kapten Inf Mukhtar di lokasi pemasangan terucuk kayu penahan tanah jalan di Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Ogan Ilir yang nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai jalan penghubung antar kedua desa yakni Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang, Rabu (15/07/2020).

“Terucuk atau pagar kayu penahan tanah timbun harus dibuat sekuat mungkin, agar tanah tidak longsor dalam rawa kiri kanan jalan”, papar Kapten Mukhtar sambil mengarahkan anggotanya yang sesekali istirahat bekerja sambil mengelap keringatnya dengan topi yang ia kenakan.

Sementara itu, Aguscik warga Desa Sarang Lang yang selalu ikut bekerja bersama Satgas  menyampaikan, walaupun cuaca sering hujan, kami tetap berkerja dengan semangat bersama-sama anggota Satgas TMMD.

“Walaupun cuaca tak menentu, kadang panas dan kadang turun hujan deras di siang hari, tidak sedikitpun menyurutkan tekad kami bersama  anggota Satgas TMMD bekerja memasang terucuk penahan tanah jalan ini”, ujar Aguscik. (Ril/Red)
05.34

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI Mulai Pasang Rangka Atap Masjid

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Progres pembangunan Masjid Nurul Qolbi di Desa Pulau Negara salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI menunjukkan perkembangan yang signifikan. Alhasil, memasuki hari ke 16 pelaksanaan TMMD, pembangunan masjid itu kini telah memasuki pemasangan atap masjid, Rabu (15/07/2020).

Personel yang terlibat dalam program TMMD khususnya di pos pembangunan Masjid Nurul Qolbi Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir ini akan merampungkan seluruh atap masjid beberapa hari ini.

“Sesuai yang kita lihat dilapangan progres pembangunan Masjid ini sudah bisa dikatakan mencapai 50%, dengan waktu yang masih ada kami pastikan pengerjaannya akan rampung sesuai waktu yang ditentukan,” kata Dan SSK Kapten Inf Mukhtar.

“Ini semua berkat kerja keras seluruh personel Satgas dan partisipasi masyarakat yang selalu mendukung kegiatanTMMD, terbukti hampir seluruh sasaran di sini menunjukkan progres yang signifikan,” imbuhnya. (Ril/Red)

04.23

Bersama Komisi III, Ketua DPRD OI Tinjau Jembatan Putus di Desa Arisan Gading dan Tebing Gerinting

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menindaklanjuti terkait adanya jembatan putus yang menghubungkan Desa Arisan Gading dan Desa Tebing Gerinting Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) beberapa hari yang lalu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OI Soeharto Hasyim bersama Ketua dan anggota Komisi III DPRD OI Amir Hamzah, SH, Sukarni, S.Sos dan Abdul Rozak Rusdy, ST, meninjau langsung lokasi jembatan putus tersebut, Rabu (15/07/2020).

Ambruknya jembatan besi sebagai penghubung antara Desa Arisan Gading dan Desa Tebing Gerinting tersebut diduga akibat tidak kuatnya jembatan menahan beban sebuah truck yang bermuatan tinggi.

Hal ini mengundang perhatian DPRD Kabupaten OI sehingga Bersama perwakilan PUPR Donny, Ketua DPRD dan Ketua Komisi III serta anggota meninjau langsung kelapangan.

Ketua DPRD Soeharto Hasyim melalui Ketua Komisi III DPRD OI Amir Hamzah, SH mengatakan keberadaan jembatan ini sangat penting sebagai urat nadi perekonomian masyarakat, untuk itu akhir bulan ini jika setelah tender segera akan diperbaiki.

"Jembatan ini akan dibongkar dan diganti yang baru, namun pembangunannya dilakukan secara bertahap. Tahap awal akan dibangun yang ambruk sepanjang 24 meter dengan lebar 3,6 meter dan dananya dianggarkan sebesar 3,5 milyar dibagi dua tahap untuk tahun ini, tahap 1 yaitu 1,5 milyar dan tahap II ditahun 2021 yaitu 2 milyar" Terangnya. (Didi)

Berikut Videonya:

Selasa, 14 Juli 2020

19.01

Alumni AKABRI ‘89 Bagi Sembako Di Lokasi TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1989 memberikan bantuan dalam bentuk sembako kepada masyarakat yang terkena langsung imbas Pandemi Covid-19. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos., bersama alumni AKABRI 89 di saat mendampingi kunjungan Ketua Tim Wasev TMMD Ke-108 TA 2020 Brigjen TNI Mochammad Hasan di Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (14/07/2020).

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos. mewakili AKABRI 89 menyampaikan, bahwa penyaluran paket sembako ini diberikan secara langsung, agar tepat sasaran, khususnya kepada warga di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) maupun Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dan ini sebagai bentuk kebersamaan TNI-Polri Alumni AKABRI tahun 1989 untuk mengabdi kepada rakyat

 “Bakti sosial ini dilakukan di seluruh Indonesia dan sudah dimulai sejak tanggal 7 Juli oleh Ketua Altar 89 Mayjen TNI Rudianto dan Kabaharkam, Komjen Pol Agus Andrianto. Khusus di wilayah Sumsel baru bisa dilakukan hari ini”, katanya.

Dalam satu paket sembako, sambung Jenderal Bintang Satu ini, merupakan kebutuhan sehari-hari terdiri dari beras, gula, minyak sayur, tepung terigu, mie instan dan teh. Rencananya, paket sembako akan disalurkan kepada kaum dhuafa, pondok pesantren serta warga prasejahtear yang terdampak Covid-19. Ia berharap dengan bantuan ini mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Virus Corona.

“Mudah-mudahan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, dan harapan kita pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, dan aktivitas masyarakat kembali pulih tentunya ekonomi juga kembali baik, kami tetap jaga solidaritas dengan masyarakat”, pungkasnya. (Ril/Red)
18.57

FKPD Ogan Ilir Apresiasi Program TMMD Kodim 0402/OKI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Ogan Ilir menyambut kedatangan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 TA 2020, Brigjen TNI Mochammad Hasan beserta rombongan di Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (14/07/2020).

Hadir dalam acara, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos., Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Ardiheri, Irwas Polda Sumsel Kombes Pol Drs. M. Indra Gautama, M.Si., Bupati Ogan Ilir diwakili Sekda Bpk. Herman, Kapolres OI AKBP Imam, Kajari OI Bpk Adi Gunawan, Ketua DPRD Kab. OI Bpk Suharto serta para OPD pemkab Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, SE., SH., MM. yang diwakili oleh Sekda Bpk Herman menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya program TMMD ke-108 serta mengapresiasi keberhasilan program tersebut yang dipusatkan di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat yang ditandai dengan pembangunan jalan penghubung antar kedua desa dan renovasi dua buah masjid.

"Keberhasilan program TMMD ke-108 tahun 2020 ini mencerminkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, yang pada hakikatnya telah memperkuat kesatuan dan persatuan kita dalam bingkai NKRI", ujar Bapak Herman. 

Sementara itu, Tokoh masyarakat Desa Pulau Negara Bapak Rozali menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan ucapan terimakasih kepada TNI atas apa yang telah diberikan melalui program TMMD. Kami sangat merasakan banyaknya manfaat dari program ini seperti pembangunan jalan dan rehab masjid. 

"Semoga program ini dapat terus berkesinambungan baik di Desa kami maupun Desa lainnya", ungkap Rozali. (Ril/Red)
18.54

Tim Wasev Kunjungi TMMD Ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 TA 2020, Brigjen TNI Mochammad Hasan, Irben Itjenad beserta ombongan mengunjungi pelaksanaan program TMMD Ke-108 Kodim 0402/OKI di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang Kec. Pemulutan Barat Kab. Ogan Ilir yang disambut langsung oleh Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (14/07/2020).

Setelah menerima sambutan dengan pengalungan kain songket khas Ogan Ilir oleh Ketua DPRD Kab. Ogan Ilir Bapak Suharto dan menyaksikan tari tanggai serta seni bela diri, rombongan menuju Posko menerima paparan Dandim 0402/OKI selaku Dansatgas TMMD Letkol Czi Zamroni, S.Sos. tentang pencapaian sementara pelaksanaan TMMD ke-108 baik sasaran fisik maupun sasaran non fisik.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Mochammad Hasan saat tatap muka dengan masyarakat Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang menyampaikan, bahwa kegiatan TMMD mempunyai andil yang sangat besar dan bermanfaat untuk masyarakat, pasalnya kegiatan ini melibatkan berbagai unsur baik itu TNI, Polri, aparat Pemda dan juga masyarakat itu sendiri.

“Ada banyak manfaat dari kegiatan TMMD yang bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti perbaikan jalan, sarana ibadah dan lainnya, tapi daya manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan TMMD adalah terciptanya rasa saling memiliki antara TNI dan rakyat. Kita disini bisa bergotong royong untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat. Mudah-mudahan, masyarakat bisa merawat semua sarana yang kita bangun dengan sebaik-baiknya”, ungkap Brigjen TNI Mochammad Hasan.

Diakhir kunjungannya, Ketua Tim Wasev TMMD Ke-108 TA 2020 beserta rombongan meninjau sasaran fisik TMMD Kodim 0402/OKI yang meliputi pembuatan jalan penghubung antar Desa dan rehab Masjid Nurul Huda di Desa Sarang Lang serta Masjid Nurul Qalbi di Desa Pulau Negara. (Ril/Red)
04.56

Rumah Zakat Kembali Raih 1ST Champion Indonesia Original Brand Award 2020

JAKARTA, gmjnews.co.id– Tahun 2020 ini Rumah Zakat Kembali mendapatkan penghargaan dalam acara Indonesia Original Brand Award untuk kategori ZIS. Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-5 yang didapatkan oleh Rumah Zakat sejak tahun 2015.

Indonesia Original Brands Award yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Business Digest merupakan ajang penghargaan dan selebrasi terhadap merek-merek asli Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana ajang penghargaan merek-merek asli Indonesia diadakan secara meriah melalui event tatap muka, pada 2020 ini ajang Indonesia Original Brands Award dilaksanakan secara virtual Senin malam (13/07/2020)

Adapun tolak ukur yang menjadi penilaian dilihat berdasarkan beberapa variabel. Brand Awareness, loyalty, Reputation, Competitiveness yang kuat berdasarkan riset oleh Business Digest dan Majalah SWA.

"Alhamdulilah, terimakasih atas kepercayaan masyarakat dan seluruh stakeholder kepada Rumah Zakat atas diraihnya pengharaan Indonesia Original Brand untuk kategori ZIS. Mohon doanya agar kami bisa terus menjadi lebih baik," ujar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi , Selasa (14/07/2020). 

Efendi menambahkan, pencapaian tersebut menjadikan Rumah Zakat lebih berkomitmen untuk terus menjadi lembaga yang professional dan amanah terutama dalam memberikan pelayanan dan memberikan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia dan dunia. 

Selama 2020 melalui optimalisasi dana Zakat Infak dan sedekah dari para donatur Rumah Zakat telah memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi 1,3 Juta Penerima Manfaat. 1685 Desa Berdaya, 19 Sekolah Juara, 8 Klinik Kesehatan, serta telah mendistribusikan 146.518 paket Superqurban pada masyarakat mebutuhkan yang terdampak covid-19.

Selain itu, melalui moment qurban, Rumah Zakat ingin memberikan manfaat yang luas pada masyarakat. Targetnya, daging kurban tersebut akan didistribusikan pada masyarakat yang terdampak covid-19. Karena, krisis ekonomi ini dekat dengan krisis pangan. Jadi, Rumah Zakat ingin mempermudah masyarakat dalam mengakses pangan.

“Superqurban menjadi salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama mereka yang pendapatannya berkurang selama pandemi. Superqurban akan terus didistribusikan sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di masa-masa sulit," papar Nur Efendi. (Medi RZ)
04.02

Sempat Menghilang Satu Pekan Amy Janda Muda Pulang ke Rumahnya

GELUMBANG, gmjnews.co.id- Sempat menghilang selama satu pekan lalu Amy Destiana yang merupakan warga Sukamenang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim pulang ke rumahnya dengan selamat. Setelah menelepon orang tuanya melalui telepon seluler.

Amy destiana ini menelepon orang tuanya pada Senin pagi sekitar pukul 05.35 wib, setelah Amy menelpon bahwa Amy berada di kuningan Cianjur pulau Jawa. Amy destiana yang merupakan janda satu anak yang berusia 22 tahun.

Amy ini sempat hilang pada Senin pagi sekitar pukul 05.30 wib. Amy ini pamit untuk mengambil akte cerai di pengadilan agama muara enim. Amy sempat dinyatakan hilang ketika nomor handphonenya tidak aktif pada Senin siang Senin (06/07/2020).

Menurut Desi selaku orang tuanya mengatakan bahwa pada hari Senin (13/07/2020), Amy menelpon kami bahwa dia berada di kuningan cianjur pulau Jawa. Setelah mendengar kabar baik itu, Desi mengaku pihaknya langsung menghubungi keluarganya untuk menjemput Amy di daerah Kuningan.

Edi (44) orang tua Amy mengatakan, bahwa Amy ini kami jemput di rest area jalan tol Palembang- Lampung 234 pada hari senin. Namun ketika di perjalanan saat kami tanya Amy tidak ngomong satu patah kata apapun kepada kami.

"Begitupun saat di rumah kami tanya juga di tidak mau ngomong apapun kepada kami, dia hanya ingat dengan kami orang tua dan anaknya cuma itu saja yang dia ingat saat ini," pungkas Edi. (Nil)
03.06

Ketua DPRD OI Terima Kunjungan Tim WASEV TMMD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs terima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (WASEV) TMMD Brigjen TNI Mochammad Hasan bertempat di lokasi TMMD Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Elang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten OI, Selasa (14/07/2020).

Hadir dalam acara tersebut Korem Garuda Dempo 044 Brigjen Jauhari Agus Suraji, S.IP, S.Sos, Bupati OI HM.Ilyas Panji Alam yang diwakilkan kepada Sekda H Herman, Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi, SIK, MH, Kepala Kejaksaan Negeri OI Adi Tyogunawan, SH, MH, Camat Kecamatan Pemulutan Barat Askari, Kades pulau Negara Yancik dan Kades Sarang Elang Taufik Sofa.

Selain melakukan pengawasan dan evaluasi kegiatan TMMD, dilakukan tatap muka bersama masyarakat serta pemberian bantuan sembako dari Alumni AKABRI Tahun 1989.

Selain itu kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD ) Ini, membantu Akselerasi Pembangunan di daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan pembangunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tanggu dalam menghadapi berbagai hakekat ancaman serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat sehingga sadar dan mengerti akan pentingnya kebersamaan. (Ril/Red)

Minggu, 12 Juli 2020

23.56

PAN OI Pastikan Beri Ruang Bagi Kaum Milennial

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kaum Millenial merupakan kelompok stategis di suatu daerah dan juga secara nasional, karena para kaum millenial ini merupakan penerus bangsa dan mereka juga merupakan penurus masa depan.

Hal inilah yang dikatakan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Rusdi Tahar, Senin (13/07/2020) menurutnya para kaum millenial inilah yang perlu dipersiapkan secara maksimal, untuk membangun Kabupaten OI kedepan.

"Mereka para kaum millenial itu multi bidang, jadi mereka bisa dalam segala bidang, baik bidang pemerintahan, dan juga bidang-bidang lain, apalagi ditengah teknologi saat ini peran kaum muda atau kaum millenial, sangat dibutuhkan" Katanya.

Ditambahkannya, "Mereka juga generasi penerus bangsa dengan berbagai potensi, namun saat ini PAN akan coba sebagai bentuk komitmen maka kita akan bentuk wadah khusus millenial Ogan Ilir yang terdiri dari pengurus DPD PAN OI, fraksi PAN OI, pengurus PAN di Kecamatan, dan para millenial yang ada diberbagai desa yang ada di Kabupaten OI" Terangnya.

Dijelaskannya, wadah ini sebagai ruang, sekaligus menyalurkan berbagai macam dan ragam minat, inovasi serta kearifan lokal, serta potensi yang ada.

"Jadi PAN sesuai dengan arahan dari Pusat, kita sudah jadi komitmen bahwa PAN akan memberikan peluang dan ruang bagi kaum millenial yang akan menjadi pemimpin, jadi ketika dihadapkan pada saat jelang Pilkada ini bahwa PAN akan memberikan ruang untuk kaum milenial untuk memimpin" Ujarnya. (Didi)
23.08

BPBD OI Gencar Sosialisasi Siap Siaga Karhutla

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Satuan Tugas (Satgas) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk wilayah Pemulutan Selatan Kabupaten OI nampak terus meningkatkan Sosialisasi Pencegahan Kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Selain memasang dan melaksanakan apel siap siaga beberapa waktu lalu, juga disosialisasikan melalui kunjungan langsung secara keliling  ke tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa-desa, bahkan sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan sejak dini kepada anak didik generasi penerus untuk peduli tidak membakar lahan.

Baleho yang dipasang tersebut juga mengingatkan akan ada hukuman pidana bagi para pelanggar yang masih melakukan pembakaran lahan.

Sesuai dengan Undang-undang RI nomor 18 tahun 2004, pada pasal 48 ayat 1 disebutkan, pelaku Karhutla akan diancam dengan hukuman pidana 10 tahun, dan denda Rp 10 Miliar.

“Sesuai kodrat kita sebagai manusia, mari kita menjaga alam kita guna untuk kelangsungan hidup kita bersama. Selain itu juga pembakaran yang berakibat terjadinya pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan hidup diancam dengan pidana 10 tahun dan denda 10 Miliar, kan bahaya kalau sudah sampai masuk pelanggaran hukum” Kata Satgas BPBD OI untuk wilayah Pemulutan Selatan Zevri Iskandar, Senin (13/07/2020)

Dijelaskannya, bukan hanya sebatas pemasangan baleho dan himbauan saja, kita juga akan meningkatkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara luas, agar seluruh masyarakat sungai Lebung, terutama masyarakat di Kecamatan Pemulutan Selatan lebih paham akan aturan soal bahaya Karhutla dan tidak melakukan pembakaran lahan, apalagi dimusim kemarau saat ini.

“Harapan kita dengan upaya siap siaga ini, maka masyarakat lebih sadar dan cinta terhadap alam dan ikut mencegah Karhutla,” Harapnya. (Is)

Sabtu, 11 Juli 2020

07.52

Jalan Menuju Desa Melilian Rusak Parah

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Jalan Kabupaten yang berada di Desa Melilian Pendataran Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan kondisinya rusak parah.

Menindak lanjuti Keresahan masyarakat Kecamatan Gelumbang, khususnya Desa Melilian Pedataran tentang keadaan jalan Kabupaten yang saat ini sangat memprihatinkan. Para awak media melihat langsung keadaan jalan di Dua desa tersebut. 

Hasil pantauan dilapangan ada beberapa titik jalan yang sangat parah dan banyak lobang-lobang besar, yang terlihat jelas dilapangan dan dikhawatirkan jalan tersebut jika tidak diperbaiki akan segera putus.

Salah satu warga Setempat inisial AS ketika diminta keterangan mengatakan, memang jalan ini seperti kita ketahui sudah banyak yang rusak berat dan seperti dilihat di lokasi banyak lobang besar dan seperti kubangan sapi.

"Jalan ini sudah dua kali anggaran tidak masuk dalam anggaran APBD Muara Enim. Sepertinya Desa kami ini di anak tirikan dan perlu diketahui, sudah banyak warga yang pulang pergi dari kebun karet yg jatuh di jalan rusak ini. Jadi kami sangat mengharapkan khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim segera memperbaiki jalan yang rusak ini" Kata AS.

Dikatakannya, Saat ini jalan yang sudah rusak parah masih saja di lintasi alat-alat berat yang bertonase tinggi. Di Desa kami ada perusahan yang bergerak di bidang Migas yang lalu lalang di jalan Kabupaten ini malah informasi dalam waktu dekat Perusahan Migas akan masuk membawa alat-alat berat untuk menuju lokasi baru di sekitar Desa kami. 

"Jadi kami mohon khususnya Pak Bupati melalui Dinas PUPR agar segera dapat memperbaiki jalan ini juga harapan kami Anggota DPRD Muara Enim khususnya Dapil III untuk memperjuangkan jalan ini untuk dapat diperbaiki" Bebernya dengan nada kesal.

Di tempat yang sama Tokoh Masyarakat setempat MR juga sependapat dengan apa yang dikatakan warganya, kiranya jalan kami segera di perbaiki sebelum nantinya pengendara motor yang jatuh lebih banyak lagi di jalan rusak ini.

"Kiranya Pemkab Muara Enim melalui Dinas PUPR kiranya juga jangan terlalu mudah memberikan izin kepada pihak Perusahaan yang akan melewati jalan tersebut sebelum ada jaminan untuk memperbaiki jalan itu, karena kami lihat betul perusahaan sering melewati jalan ini, kalo tiap hari begini pasti jalan kami makin parah," Pungkasnya. (Nil)