Gemilang Terkini

Jumat, 29 Mei 2020

00.53

Ketua DPRD OI Hadiri Apel Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, bersama Forkopimda menghadiri Apel Gabungan dalam rangka Penegakan Disiplin mematuhi Protokol Kesehatan, Jum’at (29/05/2020).

Apel gabungan ini berdasarkan tindak lanjut dari hasil rapat forkopimda pada hari rabu tanggal 27 Mei 2020 tentang rencana kegiatan penegakkan disiplin mematuhi Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten OI dengan sasaran tempat-tempat keramaian.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan kelonggaran aktifitas masyarakat di tempat keramaian namun tetap mengikuti protokol kesehatan, oleh karena itu tim gabungan baik dari TNI, Polri, dan Satgas Covid-19 Kabupaten OI terus melakukan pemantauan dan menegakan disiplin prorokol kesehatan kepada masyarakat. 

Selain pasar indralaya terdapat beberapa titik dilakukan pengerahan petugas dalam melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan yaitu Pasar Tanjung Raja, RM Pagi Sore Indralaya Utara, depan Unsri dan Masjid Muhajirin Indralaya. Usai apel gabungan dilakukan pembagian masker kepada masyarakat yang berada di pasar indaralaya. (Rls/ Red)

Kamis, 28 Mei 2020

05.36

Bupati OI Berikan Santunan Keluarga Korban Kecelakaan Speed Boat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam setelah mendapat informasi ditemukannya jasad Beni (35) tahun warga Desa Desa Muara Batun Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pengemudi Speed Boat yang mengalami kecelakaan tunggal disungai di Desa Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten OI pada Rabu (27/5/2020) kemarin.

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam langsung melihat jenazah almarhum saat tiba di Puskesmas Indralaya dan juga mengungkapkan rasa belasungkawanya kepada pihak keluarga yang sedang berada disamping jenazah almarhum di mobil ambulance.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, mengucapkan duka cita yang mendalam. Semoga Almarhum diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan ketabahan” Kata Bupati OI, Kamis (28/05/2020).

Selain menyampaikan rasa duka citanya Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam juga memberikan santuan serta mengintruksikan kepada petugas agar mengantarkan jenazah almarhum ke desa yang sudah ditentukan oleh pihak keluarga.

“Antarkan almarhum ke desa yang sudah ditentukan oleh keluarga. Kami juga menghimbau bagi masyarakat yang ingin berwisata air sebaiknya harus melengkapi safety seperti pelampung dan alat keselamatan lainnya" Ujarnya.(Red)
04.32

Ombudsman Sumsel Nilai Rumah Singgah Untuk Tenaga Medis Sudah Cukup Baik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam kunjungannya ke DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) pada kamis (28/05/2020), pihak ombudsman Sumsel dalam hal ini Ketua Ombudsman Sumsel M. Adrian Agustiansyah, SH, M.Hum yang didampingi Ketua DPRD OI Soeharto Hs saat meninjau lokasi rumah singgah bagi Tenaga Medis mengatakan bahwa rumah singgah tersebut sudah cukup baik.

" Ya paling tidak ini kan sudah memanfaatkan fasilitas yang ada, kita paham kalau dikondisi covid ini kan tidak pernah ada satu daerah pun yang mempersiapkannya, tentu kita sambut terobosan pemerintah daerah yang memanfaatkan fasilitas yang ada, sama seperti di sumsel yang memanfaatkan misalnya wisma atlet untuk para ODP dan para Tenaga Kesehatan (Nakes) juga, nah di Ogan Ilir mungkin yang seperti wisma atlet tidak ada, adanya yang seperti ini" Kata Ketua Ombudsman Sumsel.

Ditambahkannya, "Alhamdulillah pihak DPRD OI bersedia tempat atau ruang kerja ini dipakai, dan kalau kita lihat fasilitas tadi cukup baik, ada kulkas, kamar mandi bagus, tempat tidur, kalau yang memang dari DPRD OI kan ada kursi dan meja, sama tempat tidur lipat tadi, tapi nampaknya tadi dari nakes tadi sudah ada juga beberapa yang membawa memang kasur tempat pasien, cuma memang nanti maksud saya kalau memang ini nanti bakal rame, maka untuk ODP dan juga nakes mungkin harus standby, mungkin semacam bagian administrasinya agar nanti kan seperti yang dikeluhkan oleh nakes mereka tidak tahu" Paparnya.

Dikatakannya bahwa nantinya jika ruang ini penuh, ini makanya salah satu temuan dan bahan kita nanti mendengar penjelasan pihak Dinkes, pihak RSUD, jadi langkah kedepan kita bisa tahu, karena kita paham bahwa di beberapa daerah lain juga sudah full semua.

"Seperti dipalembang itu ruang isolasinya full semua, dan untung ada wisma altlet yang masih cukup banyak, walaupun memang disini kan kerjasamanya kalau yang PDP misalnya baliknya langsung ke wisma atlet palembang juga, makanya kan ada ke khawatiran juga kalau wisma atlet di palembang nantinya penuh juga" Ujarnya. (Red)

04.01

Ketua DPRD OI Soeharto Hs Terima Kunjungan Ombudsmen RI Perwakilan Sumsel

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bertempat di ruang kerja Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan ilir (OI), Ketua DPRD OI Soeharto Hs yang didampingi Wakil Ketua Komisi IV H. Husnul Anom, SHI, Ketua Komsi I Zahrudin, SE, Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, beserta Staff Pimpinan DPRD OI Rosidi, M. Hum menerima kunjungan Ombusmen RI Perwakilan Sumsel, Kamis (28/05/2020).

Kunjungan Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumsel tersebut diketuai oleh M. Adrian Agustiansyah, SH, M.Hum bersama tiga orang asisten Hendrico, Kurnia Lestari dan Agung Pratama, kunjungan tersebut bertujuan untuk berkoordinasi bersama DPRD Kabupaten OI terkait pemecatan sebannyak 109 orang tenaga kesehatan RSUD OI.

Dari kunjungan tersebut Ketua Ombudsman Perwakilan Sumsel M. Adrian Agustiansyah, SH, M. Hum berharap ada kebijakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten OI, untuk dapat memperkerjakan kembali 109 tenaga medis tersebut. 

"Disini kita berharap agar Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, supaya ada kebijakan terhadap para tenaga medis yang diberhentikan dan bisa mempekerjakan lagi para tenaga medis tersebut" Katanya.

Senada dikatakan oleh Ketua DPRD OI Soeharto Hs bahwa DPRD OI telah berkomitmen untuk terus melakukan penyelesaian terhadap permasalahan ini dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk dapat memperkerjakan mereka kembali.  

Usai pertemuan tersebut Ketua DPRD  OI bersama ombudsman mengunjungi ruang anggota DPRD OI yang saat ini sudah dibuat sebagai rumah singgah yang diperuntukan untuk para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. (Red)

Rabu, 27 Mei 2020

06.16

Ringankan Beban Petani, Bupati OI Serahkan Bantuan Bibit Padi


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna untuk membantu dan meringankan para petani yang ada di Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten OI dalam memproduksi padi di masa pandemi Covid-19 ini.

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten OI hari ini, Rabu (27/05/2020) memberikan sebanyak 1.465 Kg bibit atau benih padi dibagikan secara gratis pada petani yang ada di Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Penyerahan bantuan bibit padi tersebut diserahkan langsung oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, yang dihadiri oleh seluruh petani yang ada di Kecamatan Rantau Panjang dan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan petani yang ada di Kecamatan Rantau Panjang.

"Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan penguatan ketahanan pangan, sehingga pemerintah kabupaten Ogan Ilir berupaya untuk membantu meringankan beban para petani untuk tetap bisa memproduksi padi dalam situasi seperti ini, yakni dengan memberikan bantuan bibit padi" Kata Bupati OI.

Dikatakannya, kami sadar Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir belum bisa memenuhi semua kebutuhan pangan masyarakat, namun setidaknya ini bisa mengurangi beban petani dalam masa pandemi ini dalam produktivitas bertani. Yang mana sebenarnya petani ini yang paling aman dalam bekerja karena lahan yang luas dan cuma satu sampai tiga orang saja dibutuhkan saat menanam padi. 

"Akan tetapi tetap harus menjaga diri dengan protokol kesehatan, dikarenakan kebanyakan para petani sudah berumur lanjut. Ya tetap harus menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat beraktivitas baik disaat disawah maupun dirumah,” Ujarnya.

Ditambahkannya, "Saat ini Transformasi Pertanian merupakan program yang sangat baik dikarenakan Transformasi Pertanian di Kabupaten Ogan Ilir gagasan yang harus kita dukung untuk memajukan petani kita ke era modern" Imbuhnya. (Red)

Selasa, 26 Mei 2020

04.48

Ketua DPRD OI Soeharto Hs Rapat bersama Forkopimda

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bertempat di ruang rapat Bupati Ogan Ilir Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, Ikuti rapat bersama Forkopimda dalam rangka penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, selasa (26/05/2020).

Rapat bersama Forkopimda merupakan rencana pelibatan Kodim 0402 OKI/ OI dalam penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan yang merupakan perintah langsung dari Panglima TNI Marsekal Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.IP.

Dalam wilayah Kabupaten OI ada lima titik pengerahan petugas dalam melaksanakan penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan yaitu Pasar Indralaya, Pasar Tanjung Raja, RM Pagi Sore Indralaya Utara, Depan Unsri dan Masjid Muhajirin Indralaya.

Dalam pelaksanaannya tidak hanya dari TNI namun petugas lain dari Polri, Pol PP, BPBD, dan Dinkes.

Ketua DPRD OI Soeharto, Hs mengatakan pada prinsipnya DPRD OI sangat mendukung  dengan adanya kegiatan ini, sehingga penyebaran Covid-19 tidak meluas di Kabupaten OI bahkan kasus yang sudah ada akan segera berakhir dan masyarakat Ogan Ilir dapat  melaksanakan aktifitas seperti sediakala. (Rls/ Red)

04.35

Ketua DPRD OI Tinjau Rumah Singgah Paramedis

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hari Pertama Pasca libur hari raya Idul Fitri 1441 H, Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Suharto, HS hari ini, Selasa (26/05/2020) melakukan peninjauan secara langsung ke Rumah Singgah Paramedis Penanganan Covid-19 di Komplek Perkantoran DPRD Tanjung Senai OI.

“Ya hari ini saya melihat secara langsung dan melakukan dialog kepada paramedis, dan Alhamdulillah fasilitasnya lengkap dan layak. Mereka juga para medis siap melakukan tugas mulia kemanusian dengan penuh semangat" Kata Suharto.

Dijelaskan Suharto, rumah singgah para medis yang disiapkan oleh satgas penanganan covid-19 OI terdiri dari beberapa kamar baik untuk petugas maupun ruangan laboratorium, radiologi dan IPRSS, termasuk juga telah di siapkan peralatan dan perlengkapan lainnya terutama Alat Pelindung Diri atau APD.

"Pihaknya selalu berkomitmen untuk semaksimal mungkin memberikan dukungan kepada seluruh paramedis guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di OI, terlebih kepada para petugas medis yang merupakan garda terdepan" Imbuhnya.

Sementara itu, salah satu paramedis yang saat itu sedang berada rumah singgah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketua DPRD OI yang telah mengunjungi rumah singgah, setidaknya ini menjadi suntikan spirit bagi kami untuk menjalankan tugas mulia menangani pasien covid-19. (Red)

Sabtu, 23 Mei 2020

00.23

Telkomsel Gandeng Rumah Zakat Distribusikan 1.339 Paket Bantuan Untuk Warga Kurang Mampu

BANDUNG, gmjnews.co.id– Penerapan social distancing dan physical distancing serta Work From Home sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 terus dilakukan. Namun bagi sebagian masyarakat, himbauan untuk tetap di rumah justru menjadi dilema terutama warga dengan tingkat ekonomi kurang mampu dimana mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Telkomsel melalui program Corporate Social Responsibility nya dalam moment RAFI (Ramadhan & Idul Fitri) menggandeng Rumah Zakat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan terdampak wabah Covid-19 khususnya masyarakat ekonomi kurang mampu. Bantuan yang di berikan berupa paket sembako dan paket makanan berbuka untuk 3 wilayah yaitu Jakarta, Banten dan Bandung. 

Jumlah paket sembako yang di salurkan sejak tanggal 18 Mei hingga tanggal 20 Mei 2020 sebanyak 333 paket dan 1006 paket makanan untuk buka puasa, di mana ini merupakan bagian dari Telkomsel berbagi untuk 25.000 kaum Dhuafa/Prasejahtera, 250 Yayasan dan 25 Masjid Agung di seluruh Indonesia.

Paket buka puasa adalah makanan siap saji yang di masak oleh masyarakat yang penyalurannya melibatkan Driver Ojek Online yg mengantarkan langsung ke penerima manfaat.

Salah satu daerah yang menjadi sasaran distribusi bantuan adalah di Jalan Jembatan Opat Kiaracondong, Bandung. Paket sembako dibagikan kepada warga kurang mampu di lingkungan RW 06, Rabu (20/05/2020).

Salah satu warga Ibu Mardiah yang berprofesi sebagai pemulung sangat senang dan bersyukur dengan adanya bantuan paket sembako yang diterimanya.

 “Alhamdulillah, terima kasih Telkomsel, sudah beberapa hari ini saya susah mulung ( baca : ambil sampah ), tidak dapat banyak karena banyak toko tutup, ini sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga semoga Telkomsel selalu menjadi yang terbaik,“ kata Mardiah saat menerima bantuan. (Medi RZ)                                  #dirumahterusjalankankebaikan

Jumat, 22 Mei 2020

02.48

Di Penghujung Ramadhan Rumah Zakat Action Salurkan Bantuan Pangan Untuk Rohingya

Sittwe, gmjnews.co.id- Senin (18/05). Konflik kemanusiaan yang terjadi di Rohingya hingga saat ini belum ada penyelesaian hingga tuntas. Akibat kompleksnya masalah yang masih berlanjut, sejak akhir 2016. Peristiwa demi peristiwa terus menuai berbagai kejadian. Akibatnya, di bulan Ramadhan ini etnis Rohingya di Myanmar masih mengalami kondisi sulit.

Dalam hitungan hari, kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri. Sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Sementara, kondisi etnis Rohingya masih terus memprihatinkan. Mulai dari masalah keterbatasan makanan, hingga pakaian baru yang tidak lagi menjadi prioritas.

Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri di Rohingya, relawan @rumahzakataction turut menyalurkan bantuan pangan untuk 650 KK etnis Rohingya di Basara 6 Camp di Sittwe Rakhine State dengan metode door-to-door dalam upaya meminimalisir berkumpulnya massa untuk mencegah penyebaran Covid-19.
.
"Semoga saja dengan adanya bantuan ini, mereka (etnis Rohingya) turut merasakan bahagia dalam merayakan Idul Fitri." Ujar Andri Murdianto salah satu tim Rumah Zakat Action. (Medi RZ)

Kamis, 21 Mei 2020

08.01

Terkait Pemecatan 109 Tenaga Kesehatan RSUD, Ini kata Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait pemecatan sebanyak 109 tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) diakui oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam.

Pencopotan tersebut dilakukan dengan alasan karena ratusan tenaga kesehatan tersebut, dinilai tidak produktif dalam menjalankan tugas dan difungsinya seperti biasa. Apalagi saat ini Kabupaten OI dilanda wabah pandemi covid-19. Tentu memerlukan upaya yang maksimal dari tenaga kesehatan dalam menanggulangi hal tersebut. 

"Tidak ada kompromi demi pelayanan masyarakat tetap berjalan. Tentang pemecatan tenaga medis di RSUD Ogan Ilir itu konsekuensinya," tegas Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, Kamis (21/05/2020).

Dikatakan Bupati OI, sebelumnya beberapa hari yang lalu ratusan Nakes tersebut sempat melakukan aksi mogok kerja dan menuntut pihak RSUD OI memenuhi hak dan tuntutan mereka. Hak dan tuntutan mereka dimaksud antara lain yakni mereka para Nakes menuntut insentif kinerja, rumah singgah, serta Alat Pelengkap Diri (APD) yang dianggap minim. 

"Padahal sudah kami siapkan semuanya mulai dari rumah singgah, APD dan lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Apa yang dituntut, mereka mengada-ada," Ujarnya.

Dijelaskannya, "Alasan lain, pemecatan tidak hormat terhadap para nakes tersebut, karena melakukan aksi mogok kerja selama lima hari berturut-turut" Imbuhnya.

Terkait APD yang dinilai minim, dikatakannya padahal APD ada ribuan, mulai dari masker, kaca Mata, Boat, sarung tangan sudah ada. Itu  kalau di militer, mereka itu diserse. 

"Jadi apa yang dituntut mereka hanya mengada-ada, mereka itu bahkan belum bekerja, ada pasien corona saja baru masuk, mereka terkesan takut,” kata Bupati HM Ilyas Panji Alam. 

Sementara diketahui, ratusan Nakes yang dipecat dengan tidak hormat tersebut terdiri dari tenaga medis, honorer seperti perawat dan tenaga bidan. Bupati memastikan pemecatan ratusan Nakes itu tentu tidak akan mengganggu pelayanan masyarakat. Karena di RSUD Tanjung Senai Indralaya sebelumnya ada sekitar 400 orang. Artinya masih ada sekitar 300 tenaga kesehatan.(Red)

Rabu, 20 Mei 2020

02.52

Partai Gelora Indonesia Untuk Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dipenghujung Bulan Ramadan ini, yakni tepatnya menjelang malam ke-27 dan sehari menjelang Hari Kebangkitan Indonesia 20 Mei keluarga besar Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mendapat berkah yang luar biasa, berupa pengesahan Partai Gelora sebagai badan hukum resmi, pada 19 Mei 2020.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/05/2020) Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Hariansyah, SH mengatakan bahwa ini merupakan suatu keberkahan yang hadir pada hari menjelang malam ke-27 yang dipercaya sebagai malam Lailatul Qadr.

“Semoga keberkahan ini tidak hanya berujung kegembiraan, namun juga meningkatkan semangat dan determinasi kita semua,” katanya.

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa pengesahan ini merupakan tonggak penting dari perjalanan panjang selama ini dan perjalanan amat panjang ke depan. Tekad dan determinasi, yang kami kukuhkan pada “Hari Keyakinan” dalam acara konsolidasi pertama pada 10 November tahun lalu.

“Partai Gelora berdiri pada 28 Oktober 2019, mengambil semangat persatuan dalam keragaman yang diinspirasi dari peristiwa Sumpah Pemuda 1928 hingga melakukan konsolidasi pertama pada 10 November 2019,” Paparnya.

Mematrikan determinasi para pejuang kemerdekaan di dada kami serta mengalahkan keraguan yang waktu itu mungkin membebani kami; dan menjadi badan hukum resmi pada 19 Mei 2020, satu hari sebelum peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan detik-detik puncak Reformasi 1998.

Lanjutnya, Semoga momen-momen bersejarah yang kebetulan membersamai perjalanan awal Gelora menjadi tambahan energi untuk kami berjuang mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ke-5 dunia.

Ia juga berterima kasih kepada Kementerian Hukum & HAM yang dipimpin Bapak Prof. Dr. Yasonna Laoly, SH, M.Sc beserta jajarannya yang tetap bekerja dan melayani di tengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Hariansyah, SH juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus dan anggota Partai Gelora di seluruh Indonesia dan kota-kota mancanegara dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, para pengamat, dan media, yang telah mendukung dan memberi semangat kepada kami.

“Partai ini ditakdirkan lahir di tengah krisis. Karena itu, tugasnya adalah membangun gelombang solidaritas rakyat Indonesia untuk bisa keluar dari krisis dan bangkit menjadi kekuatan utama dunia,” Ujarnya. 

Ditambahkannya, "Saya sangat berharap lahirnya partai ini menjadi sebuah referensi ditengah krisisnya kepercayaan masyarakat kepada partai politik yang ada" Imbuhnya. (rls)
02.50

Partai Gelora Indonesia Resmi Jadi Partai Politik

JAKARTA, gmjnews.co.id– Setelah mengatongi Surat Keputusan (SK) Kementrian Hujum dan HAM (Kemenkumham) sebagai badan hukum Partai Politik, selasa (19/05), akhirnya Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Resmi menjadi Partai Politik.

Partai yang didirikan sejumlah tokoh politik, seperti Anis Matta, Fahri Hamzah, dan Mahfuz Sidik ini lebih dulu menjalani proses verifikasi administrasi dan faktual selama kurang lebih setengah bulan lamanya.

“Alhamdulillah, di tengah suasana 10 hari terakhir bulan ramadhan ini, kami mendapatkan kabar dari Pak Menteri Yasonna H. Laoly bahwa SK Menkumham untuk Partai Gelora sudah ditandatangani,” kata Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPN Partai Gelora Indonesia, Mahfuz Sidik dalam keterangan tertulisnya Selasa (19/05) malam.

Ditambahkannya, “Insya Allah setelah lebaran, akan dilakukan seremoni penyerahan SK dari Menkumham kepada Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, M. Anis Matta. Mohon doanya,” ungkap mantan ketua komisi I DPR RI itu.

Dikatakannya, "Bahwa sebelumnya, dalam proses verifikasi administrasi dan faktual, partai pimpinan Anies Matta, pada 31 Maret 2020, telah secara resmi mendaftarkan diri ke Kemenkumham sebagai partai politik. Selain kepengurusan pusat, juga didaftarkan kepengurusan 34 DPW, 484 DPD dan 4394 DPC" Pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Tata Negara Ditjen AHU Kemenkumham, Dr. Baroto, SH. MH, menyebutkan, proses verifikasi administratif telah selesai pada tanggal 21 april 2020, kemudian dilanjutkan verifikasi faktual yang  telah selesai pada 11 mei lalu.

“Untuk penyerahan SK Menkumham nantinya akan dilakukan melalui pertemuan virtual, dan kabarnya akan dihadiri seluruh jajaran pimpinan Partai Gelora Indonesia dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Pak Menteri akan menjadwalkan setelah libur Idul Fitri,” Sebut Baroto.

Terpisah, Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, M. Anis Matta yang juga mantan presiden PKS, menyambut gembira dan bersyukur telah ditandatanganinya SK Menkumham untuk partai besutannya itu.

“Partai ini lahir di tengah krisis. SK-nya ditandatangani menjelang malam-malam Lailatul Qadar. Tugas besar kami membangun gelombang solidaritas rakyat untuk mampu keluar dari krisis, dan selanjutnya membawa Indonesia menjadi salah satu kekuatan utama dunia.” Kata Anis. (***)

Selasa, 19 Mei 2020

22.14

Ditengah Pandemi Covid-19, Rumah Zakat Distribusikan Paket Kebahagiaan Ramadhan

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Ramadhan kali yang dibarengi dengan pandemi covid-19 ini, Rumah Zakat telah mendistribusikan bantuan Program Kebahagiaan Ramadhan di wilayah Indonesia tak terkecuali Sumatera Selatan.

Menurut Sulaiman Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan program Ramadhan ditengah pandemi covid 19 penerima manfaatnya bagi masyarakat terdampak covid 19.

“Sejak 1 Ramadhan hingga 27 Ramadhan, paket Kebahagiaan Ramadhan terus disalurkan. Adapun program Ramadha rumah zakat ditahun ini ada 6 program. Program ini terintegrasi dan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak covid 19”, Katanya, Rabu (20/05/2020).

Pendapatnya program Ramadhan ini berupa Berbagi Buka Puasa, Bingkisan Lebaran keluarga, kado lebaran yatim, Ramadhan Bebas Hutang, Janda Berdaya dan Syiar quran serta sembako. 

“kita ajak semua masyarakat dan perusahaan corporate untuk saling bahu membahu menbantu masyarakat untuk mendapatkan kebahagiaan Ramadhan di tengah pandemi ini. Saat penyaluran relawan harus mengikuti protokoler pemerintah dan Lembaga agar kita terhindar dari virus corona”, Ujarnya.

Sebanyak 2.700 Paket Berbagi Buka Puasa, 375 Paket Kado Lebaran Yatim, 673 Paket Bingkisan Lebaran Keluarga, 83 Paket Syiar Quran, 44 Paket Janda Berdaya, Panerima Manfaat Ramadhan Bebas Hutang belum ada, serta 1.571 paket sembako telah disalurkan kepada masyarakat. 

“Paket ini, kita salurkan dan diantarkan ke rumah-rumah agar tidak terjadi kerumunan serta penerima manfaatnnya tetap dirumah. Selain itu katanya Rumah Zakat juga menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis ke pelayanan Kesehatan. Ada 7 Rumah Sakit dan 1 Puskemsas serta 1 paket ke Pemkot Palembang”, Pungkasnya.

Ia sangat berterima kasih kepada donatur baik pribadi dan mitra corporate yang sudah bergabung berkontribusi bersama Rumah Zakat dalam mewujudkan kebahagiaan Ramadhan tahun ini. 

“Semoga Allah membalas kebaikannya dengan pahala yang berlipat ganda dan menjadi bekal di akhirat kelak. Aamiin yaa Robbal'alamiin. Bagi yag berkontribusi bisa kunjungi web rumahzakat.org/donasi atau call 0811-7885-100”, tutupnya. (Medi RZ)

Senin, 18 Mei 2020

07.14

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Pandangan Fraksi Dua Raperda

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di ruang rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan ilir (OI) Tanjung Senai, DPRD OI menggelar rapat paripurna dalam rangka pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota penjelasan dua Raperda Kabupaten OI atas usul Pemerintah Kabupaten OI.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto Hs, SH yang di dampingi wakil ketua DPRD OI Ahmad Syafe’i, S.Sos., M.Si yang dihadiri Perwakilan fraksi selebihnya mengikuti diruang kerja masing masing melalui video comperence.

Hadir Bupati Kabupaten OI H.M. Ilyas Panji Alam yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) OI H. Herman, MM, Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST dan semua OPD mengikuti di ruang dinas masing-masing melalui Vidcom.

Dalam penyampaian pandangannya, fraksi Golkar disampaikan oleh Basri M, Zahri, S.Pd., M,Si, Fraksi PDI Perjuangan disampaikan Zainab, S.Pd, Fraksi Nasdem disampaikan oleh Afrizal, SH, Fraksi PPP disampaikan oleh Zahrudi, SE, Fraksi PAN disampaikan oleh Arsudin Ruslan, ST, Fraksi Bergerak disampaikan oleh Taufik Artama, SE dan Fraksi Persatuan Bangsa disampaikan oleh Rosita dewi.

Ketujuh fraksi DPRD OI menyetujui, bahwa Raperda Tentang Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya Perikanan dan Raperda Tentang  Pembentukan Organsasi dan Tata Kerja Badan Kesatuan dan Politik menjadi Perda Kabupaten OI. (Red)
06.50

Ratusan Tenaga Medis Ngadu Ke Dewan Tuntut Keterbukaan Direktur RSUD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menuntut dugaan ketidaktransparanan atau ketidakterbukaan anggaran rumah sakit dalam penanganan covid-19, lebih kurang sekitar 150 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ogan Ilir (OI), seperti dokter, perawat, bidan, analis, sopir ambulance dan petugas kesehatan lainnya mendatangi Komisi IV DPRD OI, Senin (18/05/2020).

Kedatangan ratusan tenaga medis tersebut, diduga karena selama ini tidak ada kejelasan terhadap besarnya jumlah insentif serta ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang standar serta perlindungan hukum di dalam menjalankan tugas. Sementara tugas tenaga medis ini berada di garda terdepan tiap menangani pasien Covid-19, karena nyawa taruhannya.

Kedatangan para tenaga medis tersebut diterima oleh anggota Komisi IV DPRD OI, dalam Pertemuan tenaga medis yang diwakili oleh 10 orang perwakilan dengan anggota Komisi IV DPRD OI yang berlangsung tertutup.

Usai pertemuan, salah seorang tenaga medis dari bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD OI, memberikan keterangan ke awak media. Ia mengatakan alasan para tenaga medis RSUD OI melakukan mogok kerja.

“Pertama soal transparansi insentif atau uang lelah yang tidak diketahui rinciannya. Kedua masalah perlindungan karena sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 kami butuh perlindungan APD yang standar. Ketiga rumah singgah yang representatif untuk kami berganti pakaian sebelum pulang ke rumah,” Katanya. 

Dirinya juga menepis tuduhan pihak manajemen RSUD OI yang mengatakan bahwa mereka mogok kerja karena takut menangani pasien Covid-19.

“Tidak benar kalau dikatakan kami takut menangani pasien Covid-19, kami garda terdepan pak, tidak hanya Covid-19 tapi kami menangani seluruh pasien tertular,” Ujarnya.

Sementara Ketua, Komisi IV DPRD OI Rizal Mustofa menyesalkan adanya mogok kerja para tenaga medis di RSUD OI di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu Komisi IV DPRD OI akan mencari jalan keluar dan akan memfasilitasi kedua belah pihak terutama yang berkaitan dengan poin-poin yang menjadi tuntutan tenaga paramedis tersebut.

"Kami juga sudah  menerima perwakilan para tenaga medis, ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan terkait penanganan pasien yang khusus terpapar Covid-19. Ini akan kita fasilitasi ke pemerintah Kabupaten Ogan Ilir." Terangnya.

Ditambahkannya, "Kami juga mengingatkan Pihak Manajeman RSUD Ogan Ilir tidak menolak Pasien yang akan berobat, karena sesuai sumpah jabatan harus melayani Pasien dengan maksimal, yang bertanggung jawab adalah direktur, kalau tidak menjalankan tugas untuk menangani pasien, sebaiknya diganti saja" Pungkasnya. (Red)

06.20

Ketua DPRD OI Himbau Warga Rayakan Lebaran di Rumah dan Jangan Mudik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait Pandemi Covid-19 atau Virus Corona yang saat ini tengah melanda dunia tak terkecuali di Kabupaten Ogan Ilir (OI), ketua DPRD OI Suharto Hs menghimbau kepada seluruh warga OI untuk tetap bersabar menghadapi pandemi Covid19 (corona) yang masih mewabah. Terutama bersabar untuk jangan dulu mudik saat lebaran.

Hal itu disampaikannya di sela-sela menyalurkan bantuan pribadi berupa paket sembako kepada warga kurang mampu di Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Kabupaten OI, Minggu (17/05/2020).

"Momentum lebaran untuk berkumpul bersama keluarga sesuatu kebahagiaan tersendiri. Namun karena kondisi yang belum memungkinkan dan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kita harus menahan diri dan bersabar dulu, dan ini penting agar kita sama-sama terhindar dari virus yang penularannya sangat cepat" Kata Suharto.

Dikatakannya, "Kita jauh secara fisik namun silahturahmi lebaran bisa kita lakukan melalui hati. Kedekatan hubungan dalam hati mungkin tidak mengurangi makna perayaan lebaran di tahun ini" Imbuhnya.

Diketahui, pada kegiatan baksos tersebut, anggota legislatif tiga periode ini memberikan paket sembako dari sumber dana pribadi yang terdiri dari 20 kg beras,1 kg gula, 1 kg gandum, 1 kardus indomie, satu kaleng susu, 1 kg minyak goreng, 1 kotak teh dan satu botol sirup, yang di bagikan ke masing-masing warga kurang mampu yang berada di daerah pemilihan dua ogan ilir ,terdiri dari kecamatan pemulutan Induk, pemulutan selatan dan pemulutan barat, saat ini bantuan sembako dari ketua DPRD OI sudah tersebar kurang lebih ke 500 warga kurang mampu di wilaya tersebut. (Red)
04.15

Ratusan Tenaga Medis RSUD OI Demo ke Gedung DPRD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menuntut kejelasan insentif dan juga rumah singgah dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang melanda Dunia, tak terkecuali di Kabupaten Ogan Ilir (OI). Ratusan tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) OI yang terdiri dari dokter, perawat hingga sopir ambulance menggelar demonstrasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OI, Senin (18/05/2020).

Lebih kurang 150 orang tenaga medis mendatangi Gedung DPRD OI, untuk menuntut kejelasan terhadap apa yang menjadi tuntutan mereka tadi. Akhirnya setelah hampir setengah jam menunggu, sebanyak 20 perwakilan tenaga medis termasuk Direktur RSUD OI dr Roretta Arta Guna Riama, diterima anggota DPRD Ogan Ilir dari Komisi IV.

Rizal Mustofa selaku Ketua Komisi IV DPRD OI ketika diwawancarai mengatakan bahwa kita ketahui bersama bahwa Indonesia saat ini dalam kondisi prihatin karena dampak virus corona atau covid-19, dan termasuk juga kabupaten ogan ilir ini, tentunya didalam penangganan covid-19 ini para tenaga medis mereka butuh payung hukum yang jelas baik berupa regulasi maupun intruksi dari pihak direktur.
“Hari ini perwakilan mereka kami terima, dan ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan terkait penangganan pasien yang terpapar covid-19 ini, mudah-mudahan nanti ada jalan keluar yang baik dan kita juga menyesalkan kenapa bisa terjadi seperti ini mungkin ada manajemen yang keliru dari pihak rumah sakit dan sama-sama nanti akan kita bahas dan kita berharap akan ada jalan keluar dari permasalahan ini hingga pelayanan kesehatan di kabupaten ogan ilir akan tetap berjalan dengan baik terutama pelayanan terhadap para pasien yang terpapar covid-19” Kata Rizal Mustofa.

Dikatakannya, ada beberapa tuntunan yang mereka sampaikan, yakni yang pertama mereka menuntut APD sesuai tahapan, APD lengkap sesuai tahapan, sesuai dengan fungsi mereka, kemudian yang kedua mereka meminta jaminan rumah singgah atau isolasi ketika mereka menangani pasien yang terpapar virus covid-19, yang ketiga mereka meminta tambahan vitamin, karena timing penanganan pasien covid-19 ini kita tidak bisa menentukan jadwal yang pasti jadi mereka meminta tambahan vitamin, dan yang keempat mereka meminta tambahan insentif atau uang lelah dan ini kami akan fasilitasi pada pihak manajemen rumah sakit.

“Bila perlu nantinya akan kami fasilitasi ke pemerintah daerah agar perbupnya dikeluarkan sehingga ini bisa terpenuhi, tentunya dengan menimbang dan memperhatikan keuangan daerah, adapun hasil pertemuan tadi mereka pihak rumah sakit membuka diri, terkait rumor yang berkembang akan adanya pemberhentian itu tidak benar, dan pihaknya sudah me warning pihak rumah sakit dan soal pemberhentian itu hanya miskominukasi dan nantinya akan kita luruskan melalui mediasi  dari komisi IV, sebelum permasalahan ini selesai tidak ada pemberhentian satu pun terhadap para tenaga medis, dan mereka tetap bekerja seperti biasa” Terangnya. (Red)

Minggu, 17 Mei 2020

21.13

Maybank Indonesia Gandeng Rumah Zakat Berikan Santunan Yatim & Dhuafa Terdampak Covid-19

gmjnews.co.id- PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) melanjutkan kegiatan sosial melalui inisiatif ”MyCareforYouandMe” untuk memerangi Covid-19. Sebelumnya, Maybank Indonesia telah menyalurkan 1.100 alat pelindung diri (APD) ke 38 rumah sakit di seluruh Indonesia melalui Yayasan Anne Avantie dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) yang merupakan bagian dari rangkaian aktivitas donasi Maybank Indonesia kepada masyarakat.

Melalui inisiatif ”MyCareforYouandMe”, Maybank Indonesia kali ini menyalurkan bantuan berupa santunan kepada anak yatim piatu yang dilaksanakan melalui Maybank Unit Usaha Syariah (Maybank UUS). Melalui dana kebajikan yang dikelola oleh Maybank UUS, menyalurkan santunan kepada 1.050 anak yatim dan dhuafa di kantor pusat dan 16 kantor cabang syariah (KCS) Maybank Indonesia di seluruh Indonesia. Dalam penyalurannya, Maybank Indonesia menjalin kemitraan dengan lembaga lokal di mana KCS berada, termasuk dengan Daurit Tauhid, Rumah Zakat  dan Yayasan Baitul Maal Masjid Jogokariyan. 

Pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa bertujuan agar tetap memberikan sikap optimis dan semangat dukungan kepada mereka yang menjalankan ibadah Ramadan di tengah pendemi Covid-19 hingga sampai pada perayaan Idul Fitri.

”Program santunan anak yatim yang sekarang adalah bagian program santunan kepada 1.050 anak yatim dan dhuafa yang disalurkan oleh Maybank Indonesia. Santunan ini sebagai bentuk kepedulian Maybank Indonesia khususnya KC Syariah Jatinegara kepada anak yatim disekitar kantor kita yang penyalurannya dibantu oleh lembaga Rumah Zakat. Selain bekerjasama dalam menyalurkan santunan, kita juga sudah kerjsama dalam pengadaan alat pembayaran QRIS yang digunakan oleh Rumah Zakat untuk mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran zakat dan infaqnya.Kegiatan santunan ini juga rutin kita lakukan setiap tahun di bulan ramadhan dengan harapan kita bisa membantu sesama khusunya anak yatim ujar” Wiweko Budilaksono, Branch Manager KCS Jatinegara

Maybank UUS juga memberikan pilihan alternatif berdonasi melalui keikutsertaan pada program ”Save & Transact for Charity” , dimana nasabah dapat membuka rekening Syariah (tabungan atau deposito) dan melakukan aktivitas transaksi seperti pembayaran tagihan bulanan, top up–money dan pembayaran zakat, infak dan sedekah melalui M2U ID App Maybank. Dari setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah, Maybank UUS akan menyisihkan donasi sebesar Rp10 ribu per transaksi yang diambil dari dana kebajikan untuk program perangi Covid-19. (Medi RZ)

Sabtu, 16 Mei 2020

07.38

Melalui MusrenbangDes, Ketua DPRD OI Ajak Kades Rehab Rumah Tak Layak Huni

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bersama Istrinya Ketua DPRD Kabupaten Ogan ilir (OI) Suharto HS mendatangi rumah seorang janda, Anung (75) Desa Talang Pangeran Ulu Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten OI yang kondisi rumahnya tidak layak huni, Sabtu (16/05/2020).

Sembari memberikan bantuan Sembako, Dirinya sangat perihatin melihat keadaan rumah milik ibu Anung yang tidak layak untuk dihuni. Tak hanya itu, selain rumah ibu Anung yang seorang janda ini, masih ada beberapa lagi rumah milik warga yang berada di desa tersebut, kondisinya nyaris sama dan tidak layak huni.

"Nanti kita panggil kepala desa dan akan kita upayakan agar dapat dianggarkan dengan Dana Desa untuk bedah rumah atau rehab rumah yang tak layak huni" Kata ketua DPRD OI.

Dikatakan Suharto, nantinya melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), desa bisa mengusulkan program bedah rumah Yang dananya diambil dari Dana Desa, karena bagaimana pun juga kebutuhan akan tempat yg layak dan sehat merupakan kebutuhan bagi warga.

"Dan berbagai instansi terkait harus bersinergi menangani ini baik itu dinas sosial, dinas perumahan dan pemukiman begitu juga dengan lembaga terkait lainnya yang mempunyai tugas kewenangan fungsi mengurus persoalan yang dialami rakyat pedesaan, kita semua tidak boleh membiarkan persoalan ini terus dialami warga Ogan Ilir. Mari bersama cari solusi yang tidak melanggar aturan" Tegas Ketua DPRD OI. (Red)
07.24

Pemerintah Desa Rantau Panjang Ilir dan Rantau Panjang Ulu serta Masyarakat Ucapkan Terima Kasih Pada Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pembagian Paket Sembako Covid-19 di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Terus didistribusikan pada seluruh warga masyarakat yang ada di Kabupaten OI, seperti hari ini, Sabtu (16/05/2020) paket sembako tersebut didistribukan di beberapa desa yang ada di Kabupaten OI.

Diantaranya di Kecamatan Rantau Panjang yakni di Desa Rantau Panjang Ilir dan Desa Rantau Panjang Ulu Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten OI.

"Untuk sembako telah datang ke desa kami, dan Alhamdulillah saat sembako datang tim relawan Covid dan juga para RT dan Kadus langsung bergerak cepat mengemas dan langsung didistribusikan pada seluruh masyarakat Desa Rantau Panjang Ulu dan Alhamdulillah semua sembako telah selesai dibagikan pada seluruh warga" Kata Kepala Desa Rantau Panjang Ulu Helmi.

Senada dikatakan oleh Kepala Desa Rantau Panjang Ilir Evandri bahwa untuk Sembako sudah tiba, dan akan langsung dibagikan kepada seluruh warga yang ada di Desa Rantau Panjang Ilir.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat Desa Rantau Panjang Ilir untuk menunggu dirumah dan biarlah Tim Relawan Covid dibantu ketua RT yang akan mengantar langsung kerumah warga.

Sementara itu salah satu warga Kecamatan Rantau Panjang mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih sekali pada Bupati OI karena sudah memberikan bantuan sembako, dan juga bantuan sembako ini sudah lama kami tunggu.

"Saya selaku masyarakat mengucapkan terima kasih, kepada Bupati Ogan Ilir, Bapak Ilyas Panji Alam, karena bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami, terutama saat musim covid-19 ini dan sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya" Imbuhnya. (Red)

06.07

Peduli Sesama, Ketua DPRD OI Bagikan Sembako

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Suharto Hs didampingi Anggota DPRD OI Fraksi Golkar Sukarni S Sos bersama Kemas Khoirul Muhlis Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19, anggota DPR RI Dapil 2 Sumsel H. Alex Noerdin, membagikan paket Sembako ke warga kurang mampu dan yang terkena danpak covid-19.

Sebanyak 200 bungkus paket sembako dibagikan pada warga kurang mampu yang ada di beberapa Desa yakni di Desa Pulau Negara, Ulak Kembahang dan Talang Pangeran Ulu Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (16/05/2020).

"Ada sekitar 200 paket sembako yang kita bagikan langsung ke rumah warga, adapun pembagian paket sembako, merupakan bentuk komitmen membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya menurunkan angka dampak ekonomi yang terjadi akibat wabah Covid-19" Kata Ketua DPRD OI.

Dikatakan Ketua DPRD OI, kegiatan ini juga sebagai bentuk solidaritas Partai Golkar kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti himbauan pemerintah, terapkan jarak fisik, cukup dirumah saja, sayangi diri kita, sayangi keluarga dan orang-orang sekitar kita" Imbuhnya. (Red)
05.09

Bupati OI Pantau Langsung Pembagian Sembako

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, terus memantau langsung Pembagian Sembako Pandemi Covid-19 yang terus didistribusikan kepada semua warga yang ada di Kabupaten OI. Seperti hari ini, Sabtu (16/05/2020).

Pembagian sembako Covid-19 di distribusikan dibeberapa desa di OI diantaranya, Kecamatan Indralaya yakni di Desa Muara Penimbung Ulu, Kecamatan Indralaya Selatan Desa Mandi Angin dan Tanjung Dayang Utara, Kecamatan Indralaya Utara Desa Payakabung, Kecamatan Tanjung Raja Desa Talang Balai Lama dan Talang Balai Baru 2, Kecamatan Rantau Panjang Desa Rantau Panjang Ilir dan Rantau Panjang Ulu, dan Kecamatan Tanjung Batu Kelurahan Tanjung Batu.

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, mengatakan bahwa bantuan ini di distribusikan secara bertahap agar seluruh masyarakat di 16 Kecamatan di OI kebagian rata tanpa terkecuali. Hal ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Pemerintah Kabupaten OI ditengah wabah Covid-19 di Bulan Ramadhan ini.

"Bagi masyarakat, tunggu saja di rumah masing-masing nanti ada relawan yang didampingi TNI dan Polri yang akan datang kerumah untuk memberikan paket sembako ini, Insya Allah semua pasti kebagian", Kata Bupati OI.

Dikatakannya, dipastikan 241 Desa/ Kelurahan di Kabupaten OI menerima Bantuan Sembako tersebut, dan dipastikan setiap Desa/Kelurahan menerima secara merata tanpa terkecuali.

"Dengan harapan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Mohon doanya, bagi yang belum dapat ataupun menerima sembako mohon bersabar karena masih dalam proses pendistribusian" Terangnya. (Red)

Jumat, 15 Mei 2020

21.41

Peduli Sesama, Polres OI Bagi Sembako

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Peduli terhadap sesama dan juga sebagai bentuk kepedulian Polri dan TNI kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang terdampak Covid-19 ratusan paket sembako kembali dibagikan langsung oleh Polres OI kepada masyarakat Kabupaten OI, Jumat (15/05/20).

Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi, S.Ik, MH mengatakan bahwa bantuan ini murni insiatif dari seluruh anggota Polres OI dan TNI yang ingin berbagi dengan masyarakat di Kabupaten OI di wilayah hukum Polres OI. Kegiatan pelaksanaan secara serentak Bhakti sosial Polres OI sebagai wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat  yang terdampak Covid-19.

Adapun Bantuan tersebut berupa, Beras 950 Kg, Gula 80 Kg, Mie 4.995 bungkus, Minyak Goreng 84 Kg, Susu 54 kaleng, Tepung Terigu 124 Kg, Blue Band 30 bungkus,

Odol 100 kotak,Sikat Gigi 200 buah,Minuman Lasegar 1200 sachet, Sabun Colek 100 bungkus, Sarden 20 kaleng, Sirup Marjan 30 Botol,Teh Kotak 30 kotak, Kecap 30 botol dan Nasi kotak 200 kotak dan sebanyak 80 personel dari Polres Ogan Ilir di bantu 60 Personil dari Polsek.

Pelaksanaan kegiatan Bhaksos dimulai dari apel serta arahan Kapolres Ogan Ilir dan Wakapolres Ogan Ilir Untuk personil Polres Ogan Ilir dibagi menjadi 4 Tim, Tim 1 dipimpin oleh Kapolres Ogan Ilir, Tim 2 di pimpin oleh Wakapolres Ogan Ilir, Tim 3 dipimpin oleh Kabag Ren dan Tim 4 dipimpin oleh Kabag Sumda, untuk Polsek Jajaran masing-masing 1 tim.

Selanjutnya kapolres Ogan Ilir beserta Pabung 0402 OKI/OI,dan Danramil 402-07 Indralaya dan Rombongan melepas rombongan yang akan melaksanakan Bhaksos dengan sasaran berupa pembagian sembako dan nasi kotak ke Ponpes, Panti Asuhan, Panti Sosial dan rumah masyarakat (door to door).

Untuk Tim 1 Kapolres Ogan Ilir beserta Pabung 04/02 OKI/0I dan Danramil Indralaya beserta Rombongan Melaksanakan Baksos di Desa Tanjung Pering.

Polres Ogan Ilir dan TNI Bhakti Sosial Peduli Covid-19, Bagikan Sembako ke Masyarakat dan Panti Asuhan, Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Mengenai sasarannya, perwira berpangkat melati dua ini mengungkapkan bantuan sembako lebih mengutamakan anak yatim, fakir miskin, pekerja tidak tetap, seperti buruh, pemulung, tukang ojek, korban PHK, serta keluarga Polri terdampak Covid-19.

“Mungkin tak seberapa, namun kami berharap dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak,” Katanya.

Kapolres Ogan Ilir didampingi Wakapolres, Pabung 0402 OKI-OI Mayor Inf Heribertus, Danramil 402-07 Indralaya Kapt. Tamzil dan Pejabat Utama Polres Ogan Ilir terjun langsung menyerahkan sembako, salah satunya ke Yayasan Mawar Putih Indralaya.

Salah satu pengurus Panti Asuhan Mawar Putih Indralaya menyampaikan terima kasih dan sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Kapolres Ogan Ilir.

Pihaknya berharap rasa kepedulian dengan sesama dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang lainnya. (Red)

Kamis, 14 Mei 2020

22.26

Camat Sungai Pinang Pastikan 11 Orang Terkonfirmasi Positif Segera Diisolasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Camat Sungai Pinang Edi Rahmat memastikan 11 orang warga kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang terkonfirmasi positif akan segera di Isolasi ke Wisma Atlit Jakabaring Palembang, menyusul 5 warga yang Kamis (14/05/2020) malam sudah di isolasi. 

Hal ini dikatakan langsung oleh Camat Sungai Pinang Edi Rahmat ketika dikonfirmasi via ponselnya Jumat (15/05/2020), pihaknya akan memberikan pengertian dan pendekatan secara persuasif kepada 2 KK yang terdiri dari 11orang ini agar bisa diisolasi ke Palembang secepatnya. 

"Kami akan memberikan pengertian kepada 11 warga ini, karena selama menjalani isolasi di palembang akan mendapat pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya secara gratis, begitu juga jaminan selama tiga bulan kedepan" Kata Edi Rahmat.

Seperti diketahui jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten OI melonjak drastis. Hal itu terungkap setelah hasil pelacakan dan tes SWAB, dari tindak lanjut kasus-kasus sebelumnya.

Hingga Kamis (14/5/20) kemarin,  pasien terkonfirmasi positif berjumlah 26 orang. Padahal satu hari sebelumnya, jumlah yang terkonfirmasi positif hanya 9 orang.

Sementara itu, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di OI, Wahyudi Wibowo mengatakan bahwa terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 17 kasus per 14 Mei kemarin.

"Jumlah kenaikan itu didapat dari hasil tracking dan tes swab yang kontak erat dengan penderita, dalam rangka menindak lanjuti kasus sebelumnya" Ujarnya. (Red)

00.19

Zakat Bisa Jadi Solusi Perangi Dampak Pandemi

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Wabah Covid-19 bukan hanya mengancam kesehatan warga, tapi juga mempengaruhi kehidupan perekonomian mereka. Akibat wabah ini banyak di antara mereka tiba-tiba miskin karena dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) UMKM kini hanya gigit jari akibat merosotnya daya beli dan berkurangnya konsumen. Pandemi Covid-19 diprediksi akan meningkatkan jumlah masyarakat miskin di Indonesia.

Kini tanggung jawab bukan hanya di tangan negara, saatnya kita mengambil bagian untuk meringankan beban saudara yang tengah mengalami kekurangan melalui zakat.
.
"Pemanfaatan harta zakat untuk penanggulangan wabah COVID-19 dan dampaknya, hukumnya boleh asalkan penerima termasuk salah satu golongan (asnaf) zakat" (Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020)

“Kondisi ekonomi yang kritis akibat meluasnya wabah Covid-19 membuat sejumlah pengusaha kecil harus terus memutar otak agar tetap bisa berpenghasilan. Bukan tidak mungkin, dalam situasi seperti saat ini untuk melanjutkan usaha”, ujar Sulaiman Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan.

Tuntutan hidup yang harus dipenuhi, kebutuhan sehari-hari yang harus diusahakan, menjadikan para pengusaha kecil yang terdampak Covid 19 membuka usaha baru.

“Rumah Zakat mengajak semua stakeholder dan masyarakat untuk saling bahu membahu membantu Pemerintah dalam penanganan Covid 19 dan pertumbuhan ekonomi. Sesuai dengan Fatwa MUI, Zakat yang di salurkan ke Rumah Zakat akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak dari Covid 19 (asnaf zakat)”, ucapnya.

Menurutnya Penyaluran Zakat di Rumah Zakat dalam bentuk sembako dan bantuan UMKM agar masyarakat yang terdampak covid 19 bisa bangkit. Mari raih keberkahan di bulan Ramadhan #DimulaiDariZakatKita, tunaikan zakat sekarang dengan klik http://rumahzakat.org/donasi atau bisa konsultasi via Telephon 0811-7885-100. (Medi RZ)

Rabu, 13 Mei 2020

06.34

Secara Simbolis, Bupati OI Serahkan BLT Dana Desa Di Senuro Timur

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Secara Simbolis Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M Ilyas Panji Alam didampingi Ketua TP-PKK OI Meli Mustika, menyerahkan langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Senuro Timur Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI, Rabu (13/05/2020).

Bantuan sebesar 600 ribu rupiah per bulan selama 3 bulan kedepan tersebut diberikan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima, dan juga para penerima bantuan ini merupakan hasil musyawarah desa khusus antara Kepala Desa, BPD dan masyarakat.

"Bantuan ini diberikan kepada warga yang sangat membutuhkan ditengah pandemi covid -19 dengan diberikan bantuan ini semoga dapat meringankan beban masyarakat, para penerima bantuan BLT merupakan hasil kesepakatan antara Kepala Desa, BPD dan masyarakat dengan kriteria yang sudah ditentukan," Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, untuk penyaluran bantuan ini, Pemkab OI bekerja sama dengan Bank BRI. Dipilih nya Bank BRI karena cabang dan agen Brilink nya sudah ada hampir disetiap desa.

"Masyarakat tidak perlu datang ke kantor bank yang ada di Kecamatan, akan tetapi tunggu di desa masing-masing, karena untuk mencairkan dana BLT bisa melaui Agen Brilink dan agen Brilink ini sudah ada hampir disetiap desa," Ujarnya 

Sementara itu, salah satu penerima BLT Mustopa (50) seorang buruh harian mengaku sangat gembira bisa mendapatkan bantuan BLT ditengah himpitan ekonomi yang terjadi pada suasana pandemi covid-19.

"Terima kasih sudah diperhatikan pak Bupati, selama ini kami belum mendapatkan bantuan PKH maupun bantuan sosial lainnya" Ungkapnya dengan senyum penuh dengan rasa haru.

Untuk diketahui BLT ini akan diberikan disetiap desa se kabupaten Ogan Ilir. Dan dari 227 desa sudah ada 131 desa yang sudah menyampaikan data BLT DD hasil MUSDESUS dan 58 desa  sudah setor ke Bank BRI Sedangkan 38 desa lainnya masih dalam tahap MUSDESUS Penetapan. (Red)

06.01

Warga Kemang Agung Datangi Kantor Lurah

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Warga RT 44 Kelurahan Kemang Agung Kertapati Palembang berbondong-bondong datangi kantor Lurah, Rabu (13/05/2020).

Kedatangan warga ke kantor Lurah tersebut guna mempertanyakan Program Bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikeluarkan oleh Pemerintah pada tahun 2012 lalu yang dikabarkan bisa dicairkan. Namun sayang, sesampainya mereka di kantor lurah, ternyata Kartu KKS yang mereka miliki tidak bisa dicairkan dikarenakan saldo di kartu tersebut kosong, sehingga membuat warga kecewa.

"Saya kebingungan dan kecewa bercampur sedih, pasalnya, bantuan berupa bansos ataupun uang saat sangat kami butuhkan, apalagi disaat wabah Virus Corona melanda tambah sulit mencari nafkah, oleh karena itu kami sengaja datang kemari untuk mengharapkan bisa mendapat bantuan tersebut" Kata Ana (43) salah satu warga RT 44.

Dikatakannya, “Sebenarnya saya berharap bisa dapat dan membawa bansos itu pulang kerumah, namun saat ditanya disini ternyata saldonya kosong atau terblokir" Keluhnya.

Sementara itu, petugas dari DTKS Dinas Sosial Sofian, ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa Kartu KKS saat ini adalah data tahun 2011-2012 lalu, namun karena tidak di update ataupun di verifikasi per 31 Agustus 2018, maka di undanglah para Camat, Lurah dan DTKSK, ke kantor Dinas Sosial Provinsi.

"Bahwasanya kartu ini tidak akan dibantu lagi karena Bansosnya belum diverifikasi atau belum di update dari pihak Kelurahan, dan jika mau dibantu ya silahkan daftar ulang di pihak kelurahan" Kata Sofian

Dikatakan Sofian, "Maka dari itu KKS ini bisa didaftar ulang lagi bila dia masih berstatus warga miskin menurut Pemerintah. Serta Proses tersebut tetap diberi jeda waktu maksimal 3 hingga 6 bulan kedepan, dan proses data ini akan diberi ID DTKS" Ujarnya.

Disinggung bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan seperti KKS, dan kartu lainnya, Sofian Menjelaskan bahwa Bansos Yang dikeluarkan Pemerintah adalah data dari pihak Kelurahan, dan RT sebab mereka yang paling tau apakah betul warga itu miskin atau kaya. (Arman/Red).

Selasa, 12 Mei 2020

00.47

Bupati OI Tinjau dan Bantu Korban Rumah Roboh

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M., ditengah wabah Covid-19 menyempatkan diri bertemu dan memberi bantuan langsung dengan 4 kepala keluarga yang menjadi korban rumah roboh akibat hujan dan angin kencang di Desa Muara Dua Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Selasa (12/05/2020).

Bupati OI turut prihatin kepada 4 kepala keluarga yang tertimpa musibah rumah roboh. Melalui Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI dan Baznas OI memberikan bantuan sembako dan uang tunai, semoga dengan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban keluarga musibah rumah roboh. 
"Kita sekarang lagi dalam fase dampak virus Covid-19 atau yang lebih sering dikenal dengan Virus Corona saya menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati segala himbauan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya," Adapun upaya pencegahan yakni dengan jaga jarak, jaga kebersihan, selalu lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta kalau ada masyarakat yang tiba-tiba sakit dan memiliki gejala Covid-19, segera laporkan ke Kepala Desa setempat. Nanti ada bidan desa yang langsung melihat kondisi pasien di Rumahnya" Terangnya. (Red)

Senin, 11 Mei 2020

02.54

Rumah Zakat Ajak Jaga Nyai Dari Wabah

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Daya tahan tubuh yang lemah menjadi salah satu alasan para lansia ini menjadi korban covid-19 terbanyak. Menyikapi situasi yang seperti ini Rumah Zakat meluncurkan program Jaga Nyai (panggilan khusus Wanita Lansia di Palembang) Dari Wabah Pandemi Covid 19.

Hal ini membuat Rumah Zakat peduli terhadap Para Nyai di Palembang Sulaiman Branch Manager rumah Zakat Sumatera Selatan mengatakan bahwa pasien Positif Covid 19 kebanyakan para lansia, sehingga kita ajak masyarakat untuk peduli Lansia.

“Banyak Sumatera Selatan terutama lansia yang rentan terhadap virus, terutama Virus Covid 19. Oleh karena itu Rumah Zakat berupaya untuk menjaga Kesehatan Lansia melalui program edukasi dan pemenuhan gizi”, Katanya, Senin (11/05/2020).

Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Fatwa Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah untuk Penanggulangan Covid-19 dan Dampaknya. 

“Zakat yang sahabat zakat amanahkan ke rumah zakat disalurkan untuk menjaga Kesehatan lansia di desa melalui program edukasi dan juga pemenuhan gizi. Ini Ketika di desa berdaya ada nyai yang mengisolasi mandiri  rumah zakat juga bisa support”, ujar Sulaiman.

Ia mencotohkan Ratno Relawan Inspirasi Rumah Zakat Pacarejo Kecamatan Semanu Gunungkidul D I Yogyakarta, dengan didampingi kader lansia tempatan dengan cekatan memberikan pelayanan kesehatan berupa timbang berat badan, cek tensi,cek kolesterol, cek gula darah, dan cek asam urat.

“Untuk itu mari Bersama kita Lawan Corona, baik mengikuti Protokoler yang sudah ada dan membantu dengan sesame. Kita menyediakan kemudahan donasi meskipun sobat zakat #dirumahaja, caranya tinggal klik https://www.rumahzakat.org/donasi/#zakat “, tukasnya. (Medi RZ)

Sabtu, 09 Mei 2020

23.49

16 DPC Partai Gelora Kabupaten OI Segera Terbentuk

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Partai Gelombang Rakyat atau Partai Gelora yang merupakan partai baru yang digagasi oleh Fahri Hamzah dan Anis Matta. Dan pada 10 November 2019 lalu Partai Gelora baru saja melakukan mendeklarasikan stuktur partai.

Partai Gelora sendiri merupakan transformasi dari Ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi), pembentukan Garbi menjadi Partai Politik merupakan niatan dari anggota-anggota ormas itu sendiri.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelora Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan, Hariansyah, SH, Minggu (10/05/2020) yang mengatakan bahwa itu tadi sekilas tentang Partai Gelora.

“Partai Gelora sendiri lahir pada 28 oktober 2019 lalu, dan sudah berdiri di 34 Provinsi serta di setiap Kabupaten diseluruh Indonesia sudah ada DPD nya, partai ini sendiri didirikan oleh Anis mata, Fahri Hamzah dkk, adapun azaz Partai Gelora Indonesia adalah Pancasila” Kata Ketua DPD Partai Gelora Ogan Ilir.

Dikatakannya, Partai Gelora Ogan Ilir sendiri sudah terdaftar di kesbangpol Ogan Ilir Untuk Partai Gelora di Sumatera Selatan sudah ada di seluruh Kabupaten/ Kota, sedangkan untuk Ogan Ilir, untuk DPC sendiri sudah terbentuk di 13 kecamatan dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

“Saya sendiri sebagai Ketua DPD Partai Gelora Ogan Ilir insya Allah dalam waktu dekat seluruh DPC di 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir akan segera terbentuk, mohon doanya” Imbuhnya. (Red)
23.22

Lihat Persiapan Hadapi Covid-19, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Kunker Kegedung DPRD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD OI, Suharto HS, SH menerima kunjungan kerja (Kunker) Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj. RA Anita Noeringhati dalam rangka memantau ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD), obat-obatan, dan bantuan sosial terkait Pandemi Covid-19 di Kabupaten Ogan Ilir, di ruang Ketua DPRD dan Ketua DPRD Sumsel juga keliling keruang-keruang kerja DPRD OI sampai kegedung keruang rapat paripurna milik DPRD OI, Jum’at (08/05/2020).

Ketua DPRD Sumsel Hj. RA Anita, didalam kunjungannya mengatakan, bahwa Ia bersama rombongan ingin mengecek LKPJ dalam penanganan Covid-19, sekaligus ingin mengetahui informasi sudah sejauh mana penanganan, pencegahan, pemberantasan Covid-19 di Kabupaten OI.

“Tujuan saya ke Ogan Ilir ini, sebagai Ketua DPRD Provinsi adalah untuk memastikan masalah anggaran tentang penanganan covid-19 karena hal ini janganlah dianggap remeh, dan Alhamdulillah setiap Kabupaten Kota yang kami kunjungi tidak hanya di Ogan Ilir ini, bahkan kami sudah ke Muba, Muara Enim, Lahat dan OKI” Katanya.

Ditambahkannya, “Kita berharap seluruh Kabupaten Kota itu di dalam recofusing, anggaran itu haruslah mengingat tiga hal yaitu Dimensi kesehatan, jaringan pengaman sosial dan stimulus ekonomi. Karena walau bagaimanapun juga rakyat kita ini perlu untuk diperhatikan apalagi dengan meluasnya dampak covid-19 ini” Paparnya.

Dikatakannya, Kunjungan kami hari ini juga selaku wakil ketua gugus tugas bertemu dengan ketua DPRD OI, Suharto HS, guna mengetahui bahwa benar Pemkab OI ini telah memberikan bantuan sosial kepada seluruh warganya di Kabupaten Ogan Ilir.

“Untuk masalah surat himbauan tersebut, Memang benar Saya mengeluarkan surat himbauan pada bahwa DPRD Provinsi tidak boleh menerima kunjungan dari DPRD provinsi lain tetapi kalau untuk DPRD Kabupaten Kota kita masih bisa berkunjung, seperti hari ini kan jumlah kita di sini masih bersifat koordinatif” Imbuhnya. (Red)