Gemilang Terkini

Sabtu, 18 Mei 2019

19.09

Bupati OI Ajak buka Bersama Sambil Jalin Ukhuwah Insaniyah

INDRALAYA, gmjnews.com- Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam, SE, SH, MM bekerjasama dengan Kodam Sriwijaya dan POLRES OI menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama dalam rangka ciptakan situasi untuk memperkokoh Ukhuwah Insaniyah di Kab. Ogan Ilir, Jum'at (17/05) bertempat di Gedung Pendopoan KPT Tanjung Senai Indralaya

Bupati OI menyampaikan "acara ini adalah bentuk silahturahmi untuk menjauhkan kita dari perselisihan dan provokasi

apapun mengenai Pesta Demokrasi yang baru saja di gelar, jangan sampai terhasut oleh isu berbentuk memecah bela bangsa, karena pada dasarnya kita semua bersaudara. Mari kita tunggu keputusan ahir , sebab situng KPU yang sedang berjalan saat ini belum bisa kita jadikan panutan, dan agar perlu kita ketahui keputusan resmi adalah hitung manual dari PPS, PPK, KPU KABUPATEN, KPU PROVINSI, KPU PUSAT, Baru keputusan MK yang sudah diberikan kepercayaan untuk menentukan hasil dari Pesta Demokrasi yang sudah kita ikuti.

Semoga kedepan dapat berjalan aman dan lancar", tutupnya.
 
Kapolres Ogan Ilir AKBP Gazali Ahmad S.ik MH mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir agar tidak terprovokasi terkait adanya people power yang akan dilakukan dijakarta.

"Ya, saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat OI agar tidak terprovokasi dengan isu akan adanya people power ini,"ujara Kapolres saat menghadiri acara Silaturahmi dan buka puasa bersama dalam rangka perkokoh ukhuwah insaniyah

Sementara itu Ketua MUI OI Najib Subhi  mengatakan khususnya bagi umat muslim dan kelompok lainnya mari mendukung jalannya pemilu ini apa pun keputusannya nanti harus hormati siapa pun presidennya.

"Mari kita dukung jalannya pemerintahan nantinya janganah terpecah belah oleh bedah pilihan, tali persaudaraan harus tetap dijaga,"katanya. (Red)
19.08

WTP Kembali di Raih Pemkab Ogan ilir

 
INDRALAYA, gmjnews.com- Bupati kabupaten Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam SE. SH. MH menerima laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan tahun anggaran 2018 digedung BPK RI perwakilan prrovinsi sumatera selatan, jalan demang lebar daun no 2 kecamatan ilir barat 1 kota palembang
Opini Tertinggi itu kembali diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sumsel kepada Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam. Jum'at, 17 Mei 2019.

Ini merupakan penghargaan tertinggi atas proses peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.
Pemberian opini WTP tersebut menjadi suntikan semangat kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.
 Konsekuensinya, pemerintah akan terus melakukan langkah perbaikan guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang  tertib, transparan dan akuntabel.
Perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 ini bukanlah akhir dari suatu proses perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan di lingkup Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, tetapi  merupakan babak baru untuk terus menerus menyempurnakan kualitas akuntabilitas.

Setiap pihak yang berkolaborasi bersama dalam mewujudkan opini WTP, mulai dari Tim Pemeriksa BPK RI perwakilan Sumsel, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumsel.

Diharapkan kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Untuk semua yang terlibat dalam proses ini telah membuktikan bahwa kerenda hatian, saling dukung, kerja keras hingga larut malam bahkan pagi, telah membuktikan bahwa pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati HM. Ilyas Panji Alam SE. SH. MH bisa mempertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). (Red)
19.07

Safari Rhomadhon Sambil Paparkan Program

INDRALAYA, gmjnews.com- Kiat rutin Bupati kab ogan ilir HM. Ilyas Panji Alam SH. MH , Dalam melakukan Safari Ramadhan , bersama jajaran pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terus berlanjut, lima kafilah secara serentak mengunjungi empat titik di empat kecamatan. Adapun empat lokasi tersebut yakni Kecamatan Muara Kuang, Lubuk Keliat, Kandis, dan Payaraman.

Adapun kafillah I dipimpin oleh Bupati langsung, sedangkan kafilah II di Pimpin Sekretaris Daerah H Herman MM mengunjungi Masjid At-Taqwa Desa Betung 1 Kecamatan Lubuk Keliat, Kafilah III yang Di Pimpin Asisten I A Raman Rosidi mengunjungi Masjid Al Muhajirin Desa Lubuk Rukam Kecamatan Kandis.

Sedangkan Kafilah IV yang di Pimpin Asisten II Muhsin Abdullah ST, MM, mengunjungi Masjid At-Taqwa Kelurahan Muara Kuang dan terakhir Kafilah V di Pimpin Asisten III Drs H Lukmasyah mendatangi Desa Rengas I Kecamatan Payaraman.

Dalam kunjungan ini, setiap kafilah memberikan bantuan dan memaparkan berbagai program-program Bupati OI H. M Ilyas Panji Alam SE, SH, MM yang telah dan akan dilaksanakan, seperti berbagai pembagunan infrastruktur, bidang kesehatan, Pendidikan, program satu desa satu madrasah, dan berbagai program lainnya.
Dalam Sambutan tertulis Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam yang dibacakan Asisten II Muhsin Abdullah menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan “untuk meningkatkan rasa sensitifitas Pemerintah Daerah dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat,”ucapnya dihadapan ratusan masyarakat setempat.

Lebih lanjut ditambahkan Bupati OI H M Ilyas Panji Alam berbagai program pembangun yang dilakukan Pemerintah Kabupaten tidak Akan berjalan dengan baik Tanpa Ada filings dari masyarakat, oleh sebab itu dibutuhkan dukungan berbagai pihak. Dan diakhir sambutannya Bupati OI sangat mengapresiasi Pemilu Presiden-Wakil Presiden dan legislatif tahun 2019 berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan ini kafilah IV menyalurkan Bantuan dari Bupati OI H. M Ilyas Panji Alam yang diwakili Asisten II Muhsin Abdullah dan diterima oleh Pengurus Masjid At-Taqwa sebesar 20 juta rupiah. Selain memberikan bantuan berupa uang Bupati juga memberikan paket sembako kepada keluarga kurang mampu. (Red)
19.05

DPRD Kabupaten OI, Kedatangan 2 Rombongan Tamu Kehormatan

INDRALAYA, gmjnews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Ilir menerima dua rombongan tamu kehormatan yaitu DPRD Kabupaten Semarang dan DPRD Kabupaten Belitung, Kamis 16/5.




Ke dua rombongan anggota DPRD ini diterima oleh Anggota DPRD kabupaten Ogan Ilir Rahmadi Djakfar, S. Sos, MTP didampingi Kepala Bagian Humas Protokol Saudi Aryanto,SKM,MKM serta beberapa orang Dewan Pakar , Medi Irawan,S.Si, MH dan Eko Irianto,MT, serta turut hadir Juga dari Bagian Hukum Pemda Ogan Ilir Yep Zuledi,SH,MH yang berlangsung di ruang rapat pimpinan DPRD Ogan Ilir.
Kunjungan DPRD Kabupaten Semarang yang diketuai oleh Suradi,SH, MH dengan tujuan untuk menambah referensi dan melengkapi informasi, dalam rangka penyusunan Program Pembentukan Peraturan daerah kabupaten semarang.

Kedatangan rombongan dprd semarang ke Ogan Ilir ini dalam rangka sharing untuk menambah referensi menyusun peraturan daerah dan diharapkan dari pertemuan ini Ada hal-hal yang bisa diterapkan di Semarang,”ujarnya
Begitu juga hal senada disampaikan Budi Prastiyo selaku ketua rombongan DPRD dari Kabupaten Belitung yang mengatakan datang ke Ogan Ilir ini untuk sharing berbagai program unggulan pemerintah dalam memajukan daerahnya,”

Sementara itu Rahmadi Djakfar mengatakan Sangat senang mendapat kunjungan dari dua Daerah ini, selain saling tukar menukar informasi dalam membangun daerah juga meningkatkan talisilaturahmi antar parlemen.”

Diakhir Pertemuan tersebut DPRD Semarang dan DPRD Belitung bertukar cindramata, dan mengharapkan kepada DPRD Ogan ilir agar di lain waktu dapat berkunjung ke DPRD Semarang dan DPRD Belitung. (Red)

Selasa, 14 Mei 2019

07.52

Tinjau Jalan Longsor, Wagub Sumsel Minta Jalan Segera Diperbaiki


INDRALAYA, gmjnews.com- Jalan Penghubung yang merupakan Jalan Provinsi yang berada di Desa Ulak Kembahang Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI) bahkan menghubungkan antar Kabupaten longsor dan amblas, akibatnya Badan jalan tersebut nyaris putus hanya tertinggal setengah meter.
Longsornya jalan Provinsi tersebut disebabkan tingginya intensitas curah hujan yang akhir-akhir ini kerap melanda. Ditambah lagi derasnya arus sungai yang ada di sepanjang jalan. 

Salah satu warga sekitar Syamsuri mengatakan bahwa imbas dari jalan yang longsor dan amblas ini membuat kendaraan tak bisa melintas, jangankan kendaraan roda empat, kendaraan roda dua pun sangat susah jika harus melintasi jalan tersebut. 
“Dak bisa lewat lagi kendaraan, kalaupun ada itu kendaraan roda dua, itupun  harus didorong dengan perlahan, jika tidak mau kendaraanya jatuh. Sedangkan kendaraan roda empat harus menghentikan laju kendaraannya dan memutar balik.” Katanya.
Senada dikatakan warga yang lain, Bastari menurutnya dengan longsor dan amblasnya jalan tersebut dikhawatirkan perekonomian warga akan lumpuh total, jika tidak ada tindakan tanggap darurat dari Pemerintah Provinsi Sumsel. Untuk itu, warga setempat berharap kepada Gubernur Sumsel untuk segera turun ke lapangan guna mengecek dan memperbaiki jalan longsor yang ada agar aktivitas kembali normal begitu juga perekonomian.

“Diharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel agar kiranya meninjau langsung ke lokasi dan juga kiranya jalan longsor ini bisa segera diperbaiki, Apalagi mengingat sebentar lagi akan memasuki Lebaran, tentu akses jalan itu sangat diperlukan masyarakat” Harapnya.



Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya Usai mendapat informasi jalan putus akibat diterjang hujan deras dan air Sungai Ogan di Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten OI, Selasa (14/5/2019) sore, langsung meluncur ke lokasi bersama Dinas PU PR Sumsel.

Meski mendapati kerusakan cukup parah, Mawardi memastikan akses jalan utama masyarakat ini paling lambat sepekan sudah bisa kembali dilalui.

“Paling lama seminggu jalan ini harus sudah bisa dilewati mobil dan kendaraan lainnya. Bukan hanya itu seluruh lobang-lobang dalam yang ada di sepanjang jalan ini juga saya minta diatasi. Makanya Dinas PU, kontraktor dan PPTK hari ini kita bawa semua meninjau langsung ke lokasi,” tegas mantan Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) dua priode ini.

Bahkan Wagub Sumsel langsung mengnstruksikani kepala bidang jalan Dinas PUPR Provinsi untuk memperbaiki jalan tersebut. 

“Ya, kita targetkan selesai dalam tiga hari kedepan dan pengerjaannya harus dikebut siang dan malam, Sehingga aktivitas masyarakat seputar, bisa kembali normal begitu pula masyarakat yang hendak bepergian ke OKU bisa lancar kembali,” tutur Wagub Sumsel H Mawardi Yahya. (EL)



 

Senin, 13 Mei 2019

07.05

Bupati OI Sampaikan Jawaban atas Pandangan Fraksi


INDRALAYA, gmjnews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Paripurna tentang Agendan Mendengarkan Jawaban Bupati terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi, Senin (13/5/2019). 

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI H Endang PU Ishak MM, dan didampingi oleh Wakil Ketua II Wahyudi ST, sedangkan dari Pemda OI dihadiri langsung oleh Bupati OI H. M Ilyas Panji Alam, SE, SH, MM, Sekda H Herman MM, serta para Asisten dan sejumlah Kepala Badan/ Dinas di Lingkungan Pemkab OI. 

Dalam penyampaiannya Bupati OI HM Ilyas Panji Alam mengatakan, mengenai masukan dari Fraksi Nasdem terhadap pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang kurang maksimal dan seringnya merujuk Pasien ke RS di Palembang karena kurangnya fasiltas alat kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.  


"Pemda OI akan terus berupaya agar pelayanan kesehatan baik fasilitas maupun SDM di RSUD Tanjung Senai terus ditingkatkan dengan penambahan alat-alat kesehatan dan Bimbingan Teknis terhadap para Petugas Rumah sakit," Kata Bupati OI. 

Dijelaskannya, "Selain peningkatan pelayanan di RSUD Pemkab OI melalui Dinas Kesehatan juga meningkatkan sarana dan prasarana sejumlah Puskesmas antara lain penambahan ruangan untuk empat Puskesmas yakni Puskesmas Kandis,  lebung Bandung, Sungai  Pinang dan Rambang Kuang dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019" Paparnya. 

Sedangkan masukan dari Fraksi Golkar terhadap taman kota dan pembangunan Gubah Masjid An Nur Tanjung Senai, Bupati mengatakan belum selesainya pembangunan Taman Kota di Lokasi eks Terminal Timbangan 32.  

"Karena proyek tersebut dilaksanakan tahun  jamak 2017-2020 sedangan diubahnya warna gubah Masjid An-Nur Karena cat yang lama sudah pudar dan tak mungkin dilakukan pembersihan. Oleh karena itu dilakukan pengecatan menggunakan cat khusus tembaga pada motif gubah tersebut." Pungkasnya. (012)
 


Sabtu, 11 Mei 2019

00.37

Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam menjalankan ibadah puasa karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala. Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?

Apa yang Anda makan saat sahur, mempengaruhi tingkat rasa haus di siang hari

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat Anda merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, Anda pasti akan merasakan kehausan. Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa Anda akan dilarang untuk minum atau makan, sehingga Anda akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang Anda konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.
Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa Anda cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga Anda mudah merasa haus dan lapar.
Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh Anda. Ada baiknya Anda biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?

Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu Anda untuk tidak mudah merasa haus, Apalagi jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar ruangan. Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh adalah mandi atau berendam dengan air yang sejuk.
Pastikan suhu air sejuk, bukan dingin. Seharusnya suhu air ini di bawah suhu tubuh. Jika terlalu dingin, saat sudah selesai mandi atau berendam, tubuh Anda pun menanggapi dengan mengeluarkan panas untuk menghangatkan diri.
Untuk Anda yang berangkat ke kantor menggunakan sepeda motor dan terlalu lama di jalan karena menghadapi kemacetan. Anda akan merasakan kelelahan dan kehausan sesampainya di kantor.
Jika Anda sudah sampai di kantor, Anda bisa mencoba menaruh es batu di dalam handuk tipis dan menaruhnya selama dua menit di leher dan di pergelangan tangan, yang merupakan dua titik nadi yang bisa Anda pegang kapan saja di sepanjang hari.
Hal ini bisa mendinginkan tubuh karena titik nadi merupakan area di mana pembuluh darah berada dekat dengan permukaan kulit sehingga Anda bisa mentransfer dingin ke tubuh.
Anda juga bisa meletakkan handuk dingin ini di sekitar pangkal kepala dan leher di air yang sejuk selama 5-10 menit. Di area ini ada banyak pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit dan bisa membantu Anda mendinginkan tubuh dengan cepat.

Cara mencegah agar tidak haus saat puasa

Agar ibadah puasa Anda tidak terganggu dan tetap lancar sampai takbir berkumandang, Anda bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasi haus saat puasa. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Perbanyak minum air putih saat sahur

Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat Anda terhidrasi dengan baik saat Anda menjalankan puasa. Anda bisa menempatkan air minum dalam wadah botol ketika Anda akan tidur, yang bisa Anda minum ketika terbangun di tengah malam.
Usahakan minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu Anda tidak kehausan pada jam-jam puasa.

2. Konsumsi banyak buah-buahan

Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa Anda dapatkan di buah-buahan.
Semangka, stroberi, anggur dan melon mengandung sekitar 90-92% air. Buah persik, rasberi, nanas, aprikot dan blueberi mengandung sekitar 85-89% air. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus, dan dikonsumsi saat sahur. Anda bisa juga mencampurkan beberapa buah untuk membuat salad buah.

3. Siapkan yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt mengandung sekitar 85% air? Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein, sangat baik untuk Anda yang sedang berpuasa. Anda bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.
* https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/tips-mencegah-dan-mengatasi-rasa-haus-saat-sedang-puasa/



Kamis, 09 Mei 2019

19.13

Pansus III DPRD Kabupaten Rejang Lebong Kunker Ke DPRD OI


INDRALAYA, gmjnews.com- Anggota Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Rejang Lebong Anggota Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam rangka Koordinasi dan konsultasi tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2018.

Kedatangan Rombongan tersebut disambut langsung oleh Sekretaris DPRD OI Muchsinah, SE, M.Si yang didampingi oleh Kepala bagian Legislasi Sekretariat DPRD Yubhar, S.IP yang berlangsung diruang rapat pimpinan DPRD Ogan Ilir, Rabu (08/05/2019).



Ketua rombongan Pansus III DPRD Kabupaten Rejang Lebong Yurizal ,M.BE, S,Sos mengatakan tujuan kedatangannya dalam rangka menanyakan tentang mekanisme Pansus dalam membahas LKPJ Bupati. 

“Kedatangan kami hari ini untuk melakukan shearing tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati, untuk tahun 2018” Ujarnya.

Sebelumnya Sekretaris DPRD Muchsinah, SE, M.Si mengatakan mohon maaf yang sedalam dalamnya karena Anggota DPRD Kabupaten Ogan ilir pada hari ini tidak bisa menerima kunjungan DPRD Rejang Lebong, karena DPRD Kabupaten Ogan Ilir terutama Alat Kelengkapana Dewan (AKD) Badan Anggaran, Badan Legislasi dan Badan Kehormatan sedang melakukan kunjungan ke luar daerah dalam rangka persiapan Pembahasan Pertanggungjawaban APBD Tahun 2018.

“Mohon maaf kepada Anggota Pansus III DPRD Rejang Lebong Karena Anggota DPRD kami tidak bisa menerima bapak ibu sekalian, karena mereka anggota DPRD OI sedang melakukan kunjungan ke luar daerah dalam rangka persiapan Pembahasan Pertanggungjawaban APBD Tahun 2018” Kata Muchsinah.

Diakhir Pertemuan, Sekretaris DPRD OI Muchsinah, SE, M.Si mengucapkan terimakasih atas kunjungannya yang dilanjutkan bertukar Cendramata bersama DPRD Rejang Lebong, dan DPRD Rejang Lebong mengharapkan agar dilain waktu DPRD Ogan Ilir dapat berkunjung ke DPRD Rejang Lebong. (AS)