Gemilang Terkini

Rabu, 30 September 2020

19.46

Rumah Zakat Ringankan Biaya Persalinan Keluarga Dhuafa

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa biaya persalinan kepada keluarga amransyah untuk ringankan biaya persalinan anak pertamnya dari keluarga dhuafa di Jalan Panca usaha kota Palembang rabu (30/09). Amransyah menceritakan sehari-hari bekerja sebagai buruh serabutan, dengan penghasilan tidak tetap.
 
“saya dulu kerja jadi tukang parkir di salah satu RS namun sudah habis kontrak dan belum ada kejelasan untuk diperpanjang. Jadi sambil nunggu saya kerja serabutan dan tidak bergaji tetap”, ungkapnya kepada Rumah zakat news.

Satu bulan lalu ia Bahagia Ketika anak pertamanya lahir diberi nama Aisah Nasiyah Al Mahyra, namun juga diliputi kesedihan Ketika pihak rumah sakit tempat istrinya melahirkan meminta biaya 15 juta sampai 30 juta.  Dikatakan Amransyah karena keadaan ekonomi maka ia tidak sanggup untuk membayarnya.

“saya sempat cari pinjaman kekerabat, teman dan kenalan karena covid 19 ini tidak dapat pinjaman. Tiga hari sudah melahirkan itulah pas diminta pembayarannya. Setelah dilobi bisa juga keluar anak saya dan istri”, ujarnya.

Melihat dan mendengar kondisi ini, Rumah Zakat sebagai Lembaga amil zakat dan Lembaga sosial hadir untuk meringankan beban dari keluarga Amransyah.

“Terima kasih kepada rumah zakat yang sudah membantu keluarga kami. Semoga menjadi amal jariah untuk rumah zakat dan para donatur yang berzakat”, pungkasnya. (Medi RZ)

Senin, 28 September 2020

05.26

Pjs Bupati OI: Media Merupakan Bagian Dari Pentahelix

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc mengatakan bahwa media merupakan bagi terpenting dari suatu daerah, kenapa, karena menurutnya media itu bagian dari Pentahelix.


"Pentahelix itu lima, penta dalam membangun negara, membangun destinasi, membangun daerah, pentahelix, pertama adalah pemerintah, kedua akademisi, ketiga adalah pelaku-pelaku usaha apapun usahanya itu, kemudian keempat komunitas, njo, lsm yang sifatnya positif, ikut membantu dan yang terakhir kelima media" Kata Pjs Bupati OI.


Oleh karena itulah dikatakan Pjs Bupati OI, media adalah bagian dari pentahelix, kalau media memberikan pemberitaan-pemberitaan yang negatif maka images daerah ini akan menjadi negatif, namun bila media memberikan berita-berita yang positif, maka daerah ini akan menjadi images yang positif bagi masyarakat luas.


Disinggung apakah dirinya bisa melakukan mutasi, Pjs Bupati OI Aufa Syahrizal mengatakan tidak bisa dan tidak punya kewenangan, karena kalaupun ada ASN yang melanggar aturan, melanggar aturan yang memang tidak layak untuk dilakukan sebagai ASN misalnya, tapi itu tentunya proses.


"Tidak serta merta saya dengan arogannya, saya sebagai bupati, langsung saya pecat langsung saya mutasi tidak boleh, memang saya tidak punya kewenangan, karena saya masih ada pimpinan diatas itu namanya gubernur, kita ada aturan, negara ini punya aturan, negara ini bukan hukum rimba yang berlaku, aturan negara yang sudah jelas diatur dalam undang-undang, begitu juga dengan ASN" Ujarnya.


Ditambahkannya, "Kalau ASN melanggar, dan sudah jelas karena undang-undang ASN tidak boleh terlibat politik praktis, tidak boleh berpihak, masalah dia mendukung si A dan si B silahkan saja individu kan, dukungan itu dibuktikan dengan di kotak suara, kan begitu jadi itu intinya, artinya jangan khawatir temen-temen, insya Allah mohon bantuan, karena sekali lagi media itu adalah bagian dari pentahelix" Terangnya. (Red)



04.31

KPU OI Gelar Rakor Persiapan Kampanye Untuk Menentukan Jadwal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI), melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2020 yang akan dimulai pada hari Sabtu tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020, jum'at (25/09/2020).


Rapat koordinasi persiapan kompanye pemilihan Bupati dan wakil bupati OI tersebut dilaksanakan di RM Sederhana Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI.

Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut Selain Komisioner KPUD OI dihadiri Bawaslu Ogan Ilir, Polres OI, Kodim 0402, Para OPD, Tim Paslon serta Undangan lainnya.

Masjidah Selaku Anggota KPU Kabupaten Ogan Ilir yang membidangi Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM  penjelasannya, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memasuki masa kampanye.

Masa kampanye nanti melibatkan banyak sektor sehingga diperlukan koordinasi. “Ya pastinya koordinasi dengan masing-masing Pasangan Calon, Tim Penghubung, Tim Kampanye masing-masing partai politik pengusung, serta TNI Polri, Bawaslu, dan Pemerintah,” ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar Menyampaikan dalam melaksanakan Kampanye dihimbau bagi Pasangan Calon harus taat aturan dan agar menerapkan Protokol Kesehatan ” untuk melaksanakan Kampanye tatap muka diusahakan untuk mengumpulkan masa tidak lebih dari 50 orang ” katanya.

Ia juga menyampaikan dalam mengunakan Alat Peraga Kampanye (APK) harus mengikuti aturan yang telah disepakati bersama ” bila alat peraga kampanye tidak sesuai aturan kami akan ditertibkan bersama Pol PP" Ungkapnya. (Jo/Red)


Jumat, 25 September 2020

03.22

Bantu Satwa di Tengah Pandemi, Avoskin Donasikan 100 Juta Rupiah

 


GMJNews.co.id- Merebaknya kasus Covid-19 membuat aturan pembatasan sosial dikeluarkan oleh pemerintah. Salah satu dampaknya, kebun binatang harus tutup demi menghindari kerumunan. 

Tutupnya aktivitas kebun binatang menimbulkan efek cukup signifikan dalam pemenuhan kebutuhan harian operasional kebun binatang. Pasalnya, penarikan tiket retribusi pengunjung selama ini digunakan salah satunya untuk memberi pakan satwa setiap harinya. Tidak kurang dari Rp 120 - 300 juta harus kebun binatang keluarkan untuk pakan satwa dalam sebulan.

Ditutupnya kebun binatang untuk sementara waktu hingga dibuka dengan kuota terbatas membuat masalah keuangan operasional tersebut terus bergulir. Segala cara telah dilakukan oleh pengelola kebun binatang mulai dari mengurangi gaji karyawan dan manajemen dan dialokasikan untuk pakan koleksi satwa, namun ternyata hal ini pun masih belum cukup. Oleh karen itu Rumah Zakat bekerjasama dengan kitabisa.com menggalang dana untuk bantu satwa makan.

Avoskin tergerak untuk ikut serta dalam program yang diusung oleh Rumah Zakat dengan berdonasi senilai Rp100 juta.  Bantuan tersebut ditujukan untuk meringankan biaya operasional kebun binatang yang mengalami kesulitan selama masa pandemi ini.

“Program ini menjadi bagian dari campaign #LoveAvoskinLoveEarth yang bertujuan untuk membantu pelestarian alam, terutama satwa di tengah kondisi pandemic” ujar Erny Kurniawaty, Brand Director Avoskin

Erny menambahkan bahwa donasi yang yang diberikan Avoskin tak terlepas dari turut serta para customer setia Avoskin karena donasi yang diberikan merupakan sebagian dari keuntungan Avoskin selama ini.

“Kami menyambut baik kolaborasi ini. Donasi ini akan didistribusikan bagi satwa diseluruh Indonesia. Kami mengapresiasi Avoskin atas kepeduliannya terhadap pelestarian alam, terutama satwa, terimakasih,” ujar Brand Management Rumah Zakat, Agustin Santriana. (Medi RZ)


Kamis, 24 September 2020

07.35

Bupati OI Tabur Bibit Ikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OI Ariyanto dan juga Camat Kandis, serta para Kades Se Kecamatan Kandis dan juga warga sekitar, hari ini kamis menebar bibit ikan di Desa Pandan Arang Kecamatan Kandis Kabupaten OI, Kamis (24/09/2020).

Bantuan tersebut merupakan bantuan CSR dari Bank Sumsel Babel cabang Indralaya, sebagai bentuk kepedulian sosial dan juga kepedulian lingkungan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Cabang Bank Sumsel babel Cabang Indralaya, Yantris Darmawan bahwa hari ini dari dana CSR Bank Sumsel babel pihaknya akan memberikan 50 kolam terpal.

"Ini merupakan sebagai bentuk kepedulian sosial dan kepedulian lingkungan, dan semoga bermanfaat bagi warga sekitar dan warga di Kabupaten ogan ilir" Katanya.

Ditambahkannya, "Ucapan terima kasih juga pada bupati OI, dan juga ucapan terima kasih seluruh dinas semoga bisa bersinergi dengan baik, kedepan semoga kerjasama kita makin baik, dan kedepan CSR ini akan kami tingkatkan lagi" Paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OI Ariyanto mengharapkan dengan bantuan ini bisa bermanfaat bagi para penerima bantuan.

"Nantinya akan ada penebaran bibit ikan yang akan dilakukan oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam. Dan semoga dengan bantuan yang diberikan, bisa memberikan manfaat bagi para penerima bantuan" Pungkasnya.

Sementara itu, Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa hari ini dirinya akan menyerahkan bibit ikan lele dan keramba untuk para wirausaha, serta akan langsung menaburkan bibit ikan di keramba.

"Bantuan ini merupakan CSR dari bank sumsel babel, dan inilah bentuk upaya dari pemerintah, supaya masyarakat dapat menjadi wirausaha sukses, mulai dari bantuan, agar kedepan masyarakat bisa berkarya dari berbagai bidang" Kata Bupati OI. (Red)
07.27

Dapat Nomor Urut Dua, Merupakan Simbol Dua Periode

OGAN ILIR, gmjnews.co.id - Pada Rapat Pleno Terbuka yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati periode tahun 2020, Kamis (24/09/2020).

Adapun dalam pengundian tersebut, Paslon Bupati dan Wakil Bupati OI paslon petahana HM. Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak mendapat nomor urut dua, sementara penantang Panca Wijaya Akbar-H. Ardani mendapatkan nomor urut satu.

Usai pengundian, calon bupati OI, HM. Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak ketika diwawancarai mengatakan bahwa nomor urut dua yang didapatnya merupakan nomor supranational yang selalu menang dalam Pilkada.

"Ya, nomor dua adalah nomor yang diharapkan, nomor yang sudah diprediksi yang merupakan tanda-tanda alam untuk menuju kemenangan, nomor yang mengisyaratkan serta angka sakral dengan kesimpulan Ilyas-Endang menjadi Bupati  "Dua Periode" nomor urut dua merupakan simbol kemenangan di Pilkada tahun ini, Alhamndulillah ini tanda-tanda alam, untuk melanjutkan dua periode bersama Endang PU Ishak" Kata HM. Ilyas Panji Alam didampingi H. Endang PU Ishak.

Dijelaskannya, "Nomor urut dua dengan simbol dua jari sudah menjadi jargon disetiap kegiatan sosialiasi. Kami sudah lama ber suara dua periode yang menjadi simbol saat kami berpose dimana-mana, jangan lirik kiri kanan coblos saja nomor 2" Imbuhnya. (Red)
03.39

Warga Sungai Pinang 3 Sangat Senang Didatangi Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengejutkan warga yang berada di Desa Sungai Pinang 3 Kecamatan Sungai Pinang, betapa tidak dirinya yang seorang pedagang buah dogan merasa sangat terkejut dengan adanya Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam.

"Jujur saya sangat kaget, dan tidak menyangkan pak Bupati Ilyas Panji Alam bisa ada disini dan membeli dogan kami" Kata Husni wati, Kamis (24/09/2020).

Dirinya juga mengaku tak menyangka bisa melihat secara langsung bupati OI, biasanya hanya melihat dari pemberitaan dan juga di kalender.

"Kaget dan juga merasa bangga pak, bisa berfoto secara langsung dengan pak Bupati, dan pak Bupati orangnya baik serta ramah" Pungkasnya.

Ditambahkannya, "Saya juga mendoakan semoga dalam pemilihan bupati nanti pak Ilyas Panji Alam bisa menang sehingga bisa menang" Pungkasnya. (Red)

Rabu, 23 September 2020

22.39

KPU OI Gelar Rapat Pleno Terbuka

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian nomor urut dan deklarasi damai serta penandatanganan fakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 Bupati dan wakil bupati Kabupaten OI tahun 2020, Kamis (24/09/2020).

Adapun berdasarkan pengundian nomor urut paslon Bupati dan wakil Bupati OI  pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang adalah sebagai berikut :

Nomor urut 1 yakni Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Panca Wijaya Akbar Mawardi dan H. Ardani, dengan partai pengusung diantaranya PKS, Perindo, PPP, PKB, Gerindra, Nasdem, PAN, Demokrat, dengan jumlah 21 kursi.

Nomor urut 2 yakni Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati H.M. Ilyas Panji Alam dan H. Endang PU Ishak dengan partai pengusung diantaranya PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PBB, dan Berkarya, dengan jumlah 19 kursi. (Red)

Senin, 21 September 2020

03.22

Warga Menanti Selatan Dihebohkan Dengan Penemuan Mayat Gantung Diri

Muara Enim, gmjnews.co.id-- Warga Desa Menanti Selatan Kecamatan Kelekar Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, dihebohkan  oleh penemuan mayat Anak Laki-laki yang tergantung di kebon karet pada Minggu (20/9/2020) kemarin.

Diketahui korban yang tewas gantung diri bernama Nurpatil Ilhamni alias Ilham (15) warga Desa Menanti Selatan, diduga tewas karena gantung diri, di kebun karet miliknya.

Ayah tiri korban Jailani (51) menjelaskan bahwa pada hari Jumat siang (18/9/2020)  sekitar pukul 01.00 wib Ilham pergi dari rumah memakai sepeda motor miliknya, namun sampai malam Ilham belum juga pulang, dan waktu itu saya dikira dia pergi ke tempat ayahnya di Desa Sungai Medang Prabumulih.

Masih kata Jailani, hari ini Minggu (30/9/2020) Sekitar jam 7.30 wib saya beserta istri Ibu kandung Ilham datang kekebun karet untuk "nakok" ( ambil getah karet) dan Ternyata di kebun ada motor Ilham,  pas dicari dan dipanggil Irwana ibu korban langsung terkejut dan berteriak, mendengar terikan istri sayapun spontan, menghampiri dan melihat Ilham sudah tergantung dipohon Akasia di kebun miliknya, sayapun langsung memanggil warga yang berada di kebun sekitar.

warga sekitar langsung berdatangan menghampiri dan setelah melihat apa yang terjadi masyarakat langsung menghubungi Pemerintah setempat.

Kepala Desa Menanti Selatan Suharman, setelah mendapatkan laporan langsung menghubungi Polsek Gelumbang dan Koramil 404-01 Gelumbang.

Suharman juga menjelaskan bahwa Ilham ini memang tinggal di Desa Menanti Selatan namun baru dua bulan, selama ini dia tinggal di Desa Sungai Medang Prabumulih, jadi kita Pemerintah Desa belum mengetahui perilaku korban ini.

Kapolsek Gelumbang Iptu Harry Dinar dan didampingi Kanit Reskrim, membenarkan bahwa telah mendapat laporan dari warga Desa Menanti Selatan Kecamatan Kelekar Kabupaten Muaraenim, bahwa ada orang tewas gantung diri di kebun karet, yang diduga bunuh diri.

Kapolsek pun memerintahkan Anggotanya untuk segera ke TKP, dan bersama keluarga korban dibawa ke RSUD Gelumbang untuk dilakukan visum. (Anil Sodikin)

03.18

Rumah Baca Binaan Rumah Zakat Adakan Talkshow

LAMPUNG, gmjnews.co.id- Rumah baca Binaan Rumah Zakat Pekon Walur Melaksanakan kegiatan talk show dengan tema Belajar mencintai lingkungan dengan metode bercerita dan praktek di Desa Berdaya Walur Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat Lampung pada Ahad (20/09/2020).

Ricky Ramico selaku Relawan inspirasi mengungkapkan bahwa Talkshow ini diisi oleh mengundang pemateri dari luar desa yaitu Ummi Helda sapaan akrabnya. 

“Anak-anak sangat antusias sekali ini bisa terlihat saat pemateri megisi acara dengan cara bertanya. Kali ini yang hadir sekitar 30 anak usia SD dan PAUD”, ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua Pokja PKK Pekon Walur dan guru-guru rumah Baca. Harapan salah satu anak kegiatan ini agar terus dilaksanakan agar kami lebih rajin membaca dan mencintai lingkungan.

“kita ucapkan terima kasih kepda Perangkat desa yang sudah mendukung kegiatan ini semoga bisa terus bersinergi antara rumah zakat dan perangkat desa di Rumah Baca. Anak-anak tetap patuhi protokol kesehatan saat kegiatan dilaksanakan seperti memakai masker”, tutupnya. (Medi RZ)

Kamis, 17 September 2020

23.32

Modal Usaha Rumah Zakat Sasar Anggota Majelis taklim

OKU SELATAN, gmjnews.co.id- Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi Desber Bumi Agung Herlensi YS melakukan program pemberdayaan ekonomi berupa bantuan Modal Usaha kepada Sri Hartini di Bumi agung, kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan Sumatera Selatan Jumat (28/09). Modal usaha ini sebagai pendukung masyarakat untuk berjualan ditengah pandemik.

“Sri Hartini merupakan salah satu anggota Majelis taklim Bumi Agung pasar lama. Harapannya semoga dengan bantuan ini penerima manfaat rumah zakat bisa berdaya ditengah situasi  pandemi ini”, ujar Herlensi.

Sri Hartini menceritakan sehari-hari berjualan makanan ringan, sayuran dan gorengan. Sejak pandemi COVID-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala termasuk usaha Kartini yang menurun penjualnnya.

“Terima Kasih kami ucapkan kepada Rumah Zakat yang sudah memberi modal usaha. Modal usaha ini  akan saya pergunakan sebaik mungkin sehingga bisa berkembang usaha saya dan menjadi amal jariah bagi Rumah Zakat”, tukasnya. (Medi RZ)
19.21

Warga Kelurahan Indralaya Raya Ucapkan Terima Kasih Pada Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Seiring dengan selesainya pekerjaan pengaspalan jalan guru-guru RT 02, Lingkungan I Kelurahan Indralaya Raya, Kecamatan Indralaya, sejumlah warga disana mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Ogan Ilir (OI), H.M. Ilyas Panji Alam.

Ucapan terima kasih warga ini disampaikan langsung oleh Ketua Lingkungan I, Kelurahan Indralaya Raya, Mursyid saat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk, HM. Ilyas Panji Alam, dan Sekda Kabupaten Ogan Ilir.

Mursyid, Warga Jalan guru-guru saat bertemu Bupati Ilyas Panji Alam, mengucapkan terima kasihnya atas perhatiannya terhadap warga dengan memperbaiki sarana dan insfrastruktur di wilayahnya.

"Perbaikan jalan ini sangat kami rindukan, dan Alhamdulillah, Pak Bupati Ilyas Panji Alam akhirnya merealisasikan permintaan dan harapan masyarakat. Pengajuan proposal perbaikan jalan ini tahun 2019 lalu kita sampaikan saat acar ngopi Oi dan alhamdulillah tahun 2020 ini jalan kami sudah diperbaiki " ungkap Mursyid terharu, Kamis (17/9/2020) kemarin.

Sementara Bupati OI, HM. Ilyas Panji Alam juga menyampaikan rasa harunya terhadap masyarakat, sebab sudah menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah dalam membangun insfrastruktur dan fasilitas, demi kenyamanan dan kelancaran roda perekonomian masyarakat. 

"Sama-sama Pak Ketua Mursyid, inilah yang telah kami perbuat dan akan terus kami lakukan untuk kepentingan masyarakat Ogan Ilir. Tolong dijaga keberadaan jalan tersebut agar tetap dalam kondisi yang baik dan selalu bermanfaat bagi masyarakat," Kata Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dengan bijaksana. (Red)

Rabu, 16 September 2020

23.48

Bupati OI: Transformasi Pertanian Diharapkan Mengurangi Angka Penganguran

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Transfomasi Pertanian yang merupakan Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI), yaitu suatu program pertanian dengan cara membuka lahan tidur diharapkan bisa mengurangi angka penganguran yang ada di Kabupaten OI.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dalam acara panen raya padi yang digelar di Desa Pematang Bangsal Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten OI, Kamis (17/9/2020) menurut Bupati OI dengan adanya Panen Raya bersama masyarakat ini semoga dapat menjalin sinergi dan tali silahturahmi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Kecamatan Pemulutan Selatan.

"Kedepan, Pemkab OI akan menjalankan Program Unggulan Transformasi Pertanian, dimana Transformasi Pertanian merupakan satu dari sekian banyak program unggulan yang dilakukan, dan mudah-mudahan dengan adanya program transformasi pertanian ini bisa mengurangi angka penganguran" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dari program Transformasi Pertanian ini, program pertanian ini akan mengubah cara berfikir para petani dari petani konvensional menuju petani entrepreneur, dan Pemkab OI akan memfasilitasi penuh apa yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bibit hingga pupuk.

"Benih, pupuk, dan keperluan lainnya akan diberikan oleh pemerintah. Masyarakat hanya menyiapkan lahan saja, sedangkan hasilnya akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat itu sendiri. Tanaman yang akan ditanam berupa padi, cabe, singkong, jagung ataupun tanaman yang bisa menghasilkan 1 sampai 3 kali panen dalam setahun" Terangnya. (Red)

07.47

Diduga Lakukan Tindak Pidana, Tim Kuasa Hukum HM. Ilyas Panji Alam Laporkan Akun Facebook Linda Adithya Ridho


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Tim Hukum H.M.Ilyas Panji Alam, melaporkan akun Facebook atas nama Linda Adithya Ridho ke Polres Ogan Ilir atas dugaan telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 27 ayat 3 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang berbunyi : Setiap orang dengan sengaja mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinanaan dan/atau pencemaran nama baik.

Kemudian selanjutnya Pasal 45 Ayat 3 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang berbunyi : Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen eletronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan Pidana Penjara Paling Lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.750.000.000,- (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

Adapun yang dilaporkan adalah konten unggahan berbentuk postingan gambar dalam komentar pada Group Facebook  Ogan Ilir Memilih Pemimpin berisi Gambar dan Tulisan yang mengandung muatan tentang dugaan penghinaan dan atau pencemaran nama baik H.M. ILYAS PANJI ALAM.

Tim Hukum H.M.Ilyas Panji Alam yang diwakilkan oleh Erik Estrada, SH. dan Dedy Heryansyah,SH. Mendatangi langsung Polres Ogan Ilir, dan telah membuat Laporan Polisi sesuai dengan Surat Tanda Terima Laporan dengan Nomor : STTLP:B/297/IX/2020/SPKT RES OGAN ILIR tanggal 16 September 2020.

Dalam hal ini kami Tim Hukum dari H.M. Ilyas Panji Alam telah menyampaikan langsung Laporan dan telah memberikan keterangan awal dan menyampaikan alat bukti dan beberapa saksi terkait dengan dugaan Tindak Pidana sebagaimana dijelaskan diatas, pada kesempatan ini juga kita ingin menyampaikan agar Laporan Polisi ini segera ditindak lanjuti oleh pihak Kepolisian Resort Ogan Ilir, sehingga dapat memberikan Edukasi Hukum kepada masyarakat untuk menggunakan Media Sosial dengan bijak dan cerdas. (Ril/Red)
04.42

Darius Ariyadi Resmi Jabat Ketua Karang Taruna Kecamatan Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Darius Ariyadi yang merupakan warga Tanjung Raja hari ini, Rabu (16/09/2020) resmi menjabat Ketua Karang Taruna Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) setelah dilantik oleh Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam.

Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Tanjung Raja yang dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten OI Wahyudi Maruwan, Camat Kandis, Kadinsos, Kadin PMD, anggota DPRD OI, Kapolsek, Danramil, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Tanjung Raja, serta pengurus Karang Taruna se Kecamatan Tanjung Raja.

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan bahwa Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang bermitra dengan pemerintah, oleh sebab itu berbagai program pemerintah harus didukung dan terus disosialisasikan sehingga sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

"Berbagai program pembangunan yang sudah dilakukan seperti transformasi pertanian, satu desa satu diniyah, sambang desa, ngopi OI, peningkatan jalan dan jembatan serta pembangunan lainnya baik fisik maupun non fisik," Ujarnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raja, Faisal Bermawi, mengucapkan terima kasih atas dilantiknya pengurus Karang Taruna Kecamatan Tanjung Raja sehingga berjalan dengan lancar.

"Saya berharap, semoga karang taruna dapat bekerjasama dengan pemerintah dan juga bisa menjadi jembatan informasi, kegiatan masyarakat yang positif, demi kelancaran pembangunan di berbagai sektor di Kecamatan Tanjung Raja" Harapnya. (Red)
04.27

Relawan Inspirasi Aktifkan Kembali Rumah Quran


BENGKULU, gmjnews.co.id- Relawan Inspirasi hari ini telah menyalurkan bantuan Rumah Zakat berupa Iqra untuk Program Rumah Quran di Desber Tanah Patah Kota Bengkulu Rabu (16/09/2020).

Menurut Randi sandedes Relawan Inspirasi kegiatan belajar yang sempat vakum beberapa bulan terakhir sekarang perlahan mulai di gerakan lagi.

“Kita mulai aktifkan kembai namun tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan terkait Covid. Rumah Quran ini agar santri tidak lupa belajar al quran meskipun ditengah pandemic”, ujarnya.

Tampak wajah bahagia dan antusias anak-anak dengan dimulainya lagi kegiatan ini, mereka terlihat senang dan bersemangat. Untuk mengurangi intensitas pertemuan maka kegiatan rumah quran dilakukan tiga kali saja dalam sepekan.

"Kami bosan dan suntuk dirumah, kami merindukan saat-saat seperti ini. Kami ingin belajar lagi." Ucap Nur Aisyah salah satu murid. (Medi RZ)
01.29

Bupati OI Mewisuda Tahfidz Al-Qur'an Perdana Siswa dan Siswi SD-SMP

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam bersama Dandim 0402 OI OKI, dan didampingi Kepala OPD Pemkab Ogan Ilir (OI) gelar Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Perdana Siswa/i SD-SMP Kabupaten Ogan Ilir sekaligus Penyerahan Hadiah Lomba Festival Anak Sholeh Tahun 2020 dan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Terbatas ke XXIX Tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2020. Rabu (16/09/2020) Bertempat di Gedung Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya.

Bupati OI mengatakan bahwa Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Perdana Siswa/i SD-SMP Kabupaten Ogan Ilir adalah program lanjutan dari program satu desa satu diniyah yang telah kita laksanakan dari tahun 2017 ini adalah yang program pertama di Indonesia.

"Alhamdulillah saat sudah bisa melahirkan generasi-generasi terpilih yang insya Allah dapat membanggakan kedua orang tua, agama, bangsa dan negara" Kata Bupati OI.

Bupati OI juga menuturkan bahwasanya ada 2000 Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Perdana Siswa/i SD-SMP Kabupaten Ogan Ilir tapi karena pandemi covid-19 yang kita alami saat ini jadi hanya 69 Tahfidz Al-Qur'an yang diwisudahkan hari ini dan akan dilanjutkan bertahap.

"Kedepan, karena kita harus tetap menaati dan menerapkan protokol Covid-19 demi keamanan dan kesehatan kita semua" Ujarnya.

Diakhir acara Bupati OI juga menyerahkan hadiah lomba kepada 24 siswa yang mengikuti Hadiah Lomba Festival Anak Sholeh Tahun 2020 yang digelar secara virtual dan Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Terbatas ke XXIX Tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2020. (Ril/Red)

00.56

Pemerintah Desa Sungai Rotan Dukung Penuh Program Transformasi Pertanian

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam kegiatan panen raya padi yang digelar di Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (16/9/2020).

Pemerintah Desa Sungai Rotan dalam hal ini Kepala Desa (Kades) Sungai Rotan Ridho Wahyudi, S.Pd sangat mendukung penuh program pemerintah kabupaten ogan ilir, yakni program transformasi pertanian.

"Kami selaku pemerintah desa sangat mendukung penuh program transformasi pertanian ini, karena sudah jelas sekali berbagai manfaatnya untuk masyarakat desa" Kata Ridho Wahyudi ketika diwawancarai seusai acara.

Ditambahkannya, "Transformasi pertanian ini kan merupakan program unggulan dari pemerintah ogan ilir, yakni dengan cara membuka lahan tidur dan dimanfaatkan untuk lahan pertanian, dengan harapan bisa mengurangi angka penganguran" Paparnya. (Red)

00.39

Bupati OI Gelar Panen Raya Padi di Desa Sungai Rotan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menggunakan Protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, serta tetap memakai masker, dan cuci tangan.

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam didampingi Kepala OPD Pemkab OI, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, Kades Sungai Rotan Ridho Wahyudi, Kades Se-Kecamatan Rantau Panjang serta ratusan masyarakat Desa Sungai Rotan menggelar Panen Raya Padi Bersama di Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang OI, Rabu (16/09/2020).


Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa dengan adanya Panen Raya bersama masyarakat ini semoga dapat menjalin sinergi dan tali silahturahmi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Kecamatan Rantau Panjang.
"Kedepan, Pemkab OI akan menjalankan Program Unggulan Transformasi Pertanian, dimana Transformasi Pertanian merupakan satu dari sekian banyak program unggulan yang dilakukan" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dari program Transformasi Pertanian ini, program pertanian ini akan mengubah cara berfikir para petani dari petani konvensional menuju petani entrepreneur, dan Pemkab OI akan memfasilitasi penuh apa yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bibit hingga pupuk.

"Benih, pupuk, dan keperluan lainnya akan diberikan oleh pemerintah. Masyarakat hanya menyiapkan lahan saja, sedangkan hasilnya akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat itu sendiri. Tanaman yang akan ditanam berupa padi, cabe, singkong, jagung ataupun tanaman yang bisa menghasilkan 1 sampai 3 kali panen dalam setahun" Terangnya. (Red)

Selasa, 15 September 2020

08.23

Bupati Ogan Ilir Lantik Pengurus Karang Taruna Kecamatan Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan jaga jarak, cuci tangan serta pakai masker. Bupati Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam dengan didampingi Ketua Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir (OI) Wahyudi Maruwan, hari ini Selasa (15/09/2020) melantik pengurus Karang Taruna Kecamatan Pemulutan, acara pelantikan tersebut digelar di aula kantor camat Pemulutan.

Dalam sambutannya Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam menyampaikan berbagai program unggulan sudah dan akan terus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten OI, untuk itu dibutuhkan kerjasama semua pihak dan Karang Taruna merupakan salah satu garda terdepan mengawal serta mensosialisasikan berbagai program tersebut.

"Transformasi pertanian merupakan satu dari sekian banyak program unggulan yang dilakukan. Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dari program Transformasi Pertanian ini," Kata Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam.

Dijelaskan Bupati, program transformasi pertanian ini akan mengubah cara berfikir para petani dari petani konvensional menuju petani entrepreneur dan Pemkab OI akan memfasilitasi penuh yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bibit hingga pupuk.

"Benih, pupuk dan keperluan lainnya akan diberikan oleh pemerintah, masyarakat hanya menyiapkan lahan saja sedangkan hasilnya akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat itu sendiri, sedangkan tanaman yang akan ditanam berupa padi, cabe, singkong, jagung ataupun tanaman yang bisa menghasilkan 1 sampai 3 kali panen dalam setahun," Papar Bupati OI dan disambut gemuruh tepuk tangan dari peserta yang hadir.

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam juga berharap program ini dapat disosialisasikan oleh Karang Taruna, serta berikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat program Transformasi Pertanian. 

"Apabila berhasil tentu akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang tinggal di pedesaan" Ujarnya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut, para kepala dinas, kepala bagian, Camat Kecamatan Pemulutan, kades sekecamatan pemulutan, dan ratusan pengurus Karang taruna di kecamatan Pemulutan. (Red)

08.14

Bupati OI Gelar Panen Raya Padi di Kecamatan Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Desa Pemulutan Ulu Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam didampingi Kepala OPD Pemkab OI, Camat Pemulutan, Kades Se-Kec. Pemulutan serta ratusan masyarakat pemulutan gelar Panen Raya Padi Bersama, Selasa (15/09/2020).

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa panen raya ini di gelar dengan masih mengedepankan Protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, serta tetap memakai masker, dan cuci tangan.

"Dengan adanya Panen Raya bersama masyarakat ini semoga dapat menjalin sinergi dan tali silahturahmi antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kecamatan Pemulutan", Kata Bupati OI.

Kedepan, kata Bupati, Pemkab OI akan menjalankan Program Unggulan Transformasi Pertanian, dimana Transformasi Pertanian merupakan satu dari sekian banyak program unggulan yang dilakukan. 

"Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dari program Transformasi Pertanian ini, program pertanian ini akan mengubah cara berfikir para petani dari petani konvensional menuju petani entrepreneur, dan Pemkab OI akan memfasilitasi penuh apa yang dibutuhkan masyarakat mulai dari bibit hingga pupuk" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Benih, pupuk, dan keperluan lainnya akan diberikan oleh pemerintah. Masyarakat hanya menyiapkan lahan saja, sedangkan hasilnya akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat itu sendiri. Tanaman yang akan ditanam berupa padi, cabe, singkong, jagung ataupun tanaman yang bisa menghasilkan 1 sampai 3 kali panen dalam setahun" Terangnya. (Red)
01.47

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam Berikan Penghargaan Prasasti

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Kegiatan Napak Tilas Pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam berikan penghargaan prasasti diatas makam pendiri organisasi HMI tersebut. Adapun dua dari 14 tokoh pemprakarsa organisasi HMI tersebut berasal dari Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI yakni H Dahlan Husin dan Hj Siti Zainah.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (15/9/2020) yang bertempat di pemakaman Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI. Pemberian penghargaan prasasti tersebut dilakukan sebagai wujud penghormatan putra putri Ogan Ilir terhadap dua orang tokoh pendiri organisasi HMI asal bumi "caram seguguk".

"Saya sebagai Bupati, sangat menghormati putra-putri Ogan Ilir. Selayaknya kita selaku warga masyarakat Kabupaten OI menghargai buah pikiran ayahanda H Husin dan Ibunda Hj Siti Zainah selaku tokoh pendiri organisasi HMI," Kata Bupati HM Ilyas Panji Alam. 

Ditambahkan Bupati OI, prasasti penghargaan yang diberikan kiranya menjadi panutan bahwa ada tokoh nasional yang berasal dari Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu. "Mari bersama-sama kita menghargai karya anak-anak Ogan Ilir," ujar Bupati HM Ilyas Panji Alam. 

Giat napak tilas perjuangan HMI ayahanda H Dahlan Husin dan Ibunda Hj Siti Zainah, turut dihadiri Ketua Umum PB HMI Arya Kharisma Hardi, Ketum HMI Palembang Eko Hendiyono, Sekum Indra Setiawan, Ketua HMI cabang Ogan Ilir Sonedi Ariansyah. 

Dalam sambutannya, Ketum PB HMI Arya Kharisma menjelaskan, organisasi HMI berdiri pada tahun 1947 tepatnya 18 bulan setelah Indonesia merdeka. Organisasi HMI berdiri atas pemrakarsa 14 orang tokoh, dua diantaranya berasal dari Desa Tanjung Atap Kabupaten OI yakni H Dahlan Husin dan Hj Siti Zainah. 

Ke-14 orang tokoh tersebut, membentuk organisasi yang bernuansa islam embrionya HMI lahir pasca kemerdekaan RI dan sampai saat ini tetap aktif. 

"Dengan semangat perjuangan, misi pertama kali NKRI menjaga keutuhan NKRI, pertahankan kemerdekaan dan perjuangan islam," ucap Ketum PB HMI. Ia menambahkan, sampai saat ini sudah banyak sudah dilakukan oleh HMI melalui pembinaan pengkaderan. 

Ditambahkannya, "Organisasi HMI telah melahirkan para kader yang pernah menjadi pemimpin seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla serta banyak lagi alumni-alumni HMI lainnya yang tersebar menjadi pemimpin di tanah air," ucap Ketum PB HMI. (Red)

Senin, 14 September 2020

04.44

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang Resmi Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di gedung serbaguna kantor camat Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI), pengurus Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang dan juga pengurus karang taruna yang ada di 12 Desa dalam Kecamatan Rantau Panjang resmi dilantik oleh Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam, Senin (14/09/2020).



Dalam Sambutannya Bupati OI, HM. Ilyas Panji Alam menyampaikan kepada seluruh pengurus Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang bahwa pemuda adalah sebagai generasi penerus cita–cita bangsa, harus giat dalam menempuh proses kehidupan yang lebih baik, karena lahirnya seorang pemimpin tidak harus terlahir dari keluarga yang mampu, berpendidikan tinggi, serta kaya raya, tetapi asal ada kemauan dan berkerja keras, kita pasti bisa maju.

“Karang Taruna adalah bagian dari kepemerintahan, maka dari itu hendaknya, menjadi wadah penampung aspirasi bagi masyarakat, dalam membantu kemajuan sebuah daerahnya masing-masing,” Kata Bupati OI.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang Zevri Iskandar ketika diwawancarai mengatakan bahwa karang taruna Kecamatan Rantau Panjang dan Desa akan mewujudkan Program UMKM dengan melibatkan muda–mudi yang ada didesa.

“Dengan melaksanakan kegiatan kewirausahaan yang selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, selain program UMKM kedepan karang taruna Rantau Panjang juga akan meningkatkan sumber daya manusia dan tata cara berorganisasi yang sebenarnya dan juga menggali sumber daya kepemudaan sebagai bukti kita sudah membuat jas seragam karang taruna serta kartu tanda keanggotaan" Ujarnya.

Sementara itu, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si mengatakan atas nama masyarakat Kecamatan Rantau Panjang mengucapkan terima kasih Kepada Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam yang telah melantik pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Karang Taruna Desa.

"Alhamdulillah Pelaksanan ini berjalan Lancar, semoga ini menjadi awal dari gerakan pemuda untuk membantu pelaksaan roda pemerintahan dan bidang pembangunan dalam melaksanakan dan memajukan kecamatan Rantau panjang" Harapnya. (Red)
03.27

Usai Menerima Kunjungan PMBI, Ketua DPRD OI Terima Kunjungan Ketua DPRD Provinsi Sumsel

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs didampingi anggota DPRD OI Basri M. Zahri, S.Pd.,M.Si, Sukarni, S.Sos, Muhammad Ali Hs, H. Kosasi, SKM., MM, Muhammad Iqbal, Wiro Pratama dan Sekretaris Dewan Mukhsinah, SE.,M.Si, menerima kunjungan Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. RA Noeringhati, SH., MH bertempat diruang kerja ketua DPRD OI KPT Tanjung Senai Indralaya, Senin, (14/09/2020).

Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. RA Noeringhati, SH., MH didamping oleh Tim Ahli Bidang Perbankan, Yonada Andestari, Bidang Hukum Tini Gustari, dan Bidang Media, Abdul Malik, dr Arif Ardiansyah serta staf sekretariat DPRD sumsel, Kunjungan tersebut dalam rangka Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah.

Sebelumnya Ketua DPRD Soeharto Hs, menerima kunjungan Paguyuban Masyarakat Burai Indonesia (PBMI) di Kabupaten Ogan Ilir yang beralamat di Desa Burai yang diketuai oleh Irwan Noviatra, SH dan Anggota.

Tujuan kunjungan tersebut selain bersilatuhrahmi, juga mohon dukungan atas terlaksanannya pemanfaatan lahan tidur yang berada didesa Burai, yang saat ini dari 600 Ha sudah tertanam 50 Ha padi dan 10 Ha perkebunan semangka. (Ril/Red)
03.11

Majelis Taklim Di Desa Berdaya Tingkatkan Iman Masyarakat

OKU Selatan, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Melalui Relawan Inspirasi di Desa Bumi Agung Pasar Lama Kecamatan Muara Dua Ogan Komering Ulu Selatan melaksanakan Majelis Taklim pada Jumat lalu (11/9/2020).

Majelis taklim ibu-ibu di pasar lama bertempat di mushola Al Jakfar ( rumah yang diwakafkan untuk dijadikan mushola).

“Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Qur'an, yakni Qori'a, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua majelis taklim oleh Yusmanizar. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin”, ujar Herlensi Relawan Inspirasi Rumah Zakat Muara dua.

Tujuan diadakan majelis taklim di desa berdaya ini untuk meningkatkan iman agar para masyarakat bertambah ditengah pandemic covid 19.  Diakhiri pengajian dengan doa dan sholat ashar berjamaah. (Medi RZ)

Sabtu, 12 September 2020

03.27

Bantu Korban Lakalantas, Tim Srikandi Beri Bantuan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Warga Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Saidina (16), yang mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu dan mengalami luka, saat ini masih dirawat di RSU Bari Palembang mendapat perhatian dari HM. Ilyas Panji Alam (Bupati OI).

Bantuan berupa paket serta uang tunai langsung diberikan kepada keluarga korban lakalantas di RSU Bari Palembang melalui Tim Srikandi dan bersama-sama Tim Rumah Anak Bangsa.

"Semoga dengan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban keluarga korban dan ini bisa bermanfaat, di saat kondisi merebaknya virus Corona ini," ujar Ketua Tim Srikandi Juriah didampingi Tim Rumah Anak Bangsa, Jumat (11/9) sembari mendoakan agar korban lakalantas lekas sembuh. (***)

Rabu, 09 September 2020

01.17

Kolaborasi Kebaikan Untuk Gerakkan Ekonomi Indonesia

BANDUNG, gmjnews.co.id- Sebagai upaya menghadapi ancaman resesi ekonomi di Indonesia, Rumah Zakat meluncurkan Kolaborasi Kebaikan yang merupakan optimalisasi dana ZISWAF melalui serangkaian program pemberdayaan. Diantaranya adalah Wakaf UMKM, Sahabat Kebaikan, hingga qurban.

Wakaf UMKM adalah optimalisasi dana wakaf untuk membantu para pelaku UMKM dengan tetap memperhatikan aturan-aturan Syariah dari wakaf. Saat ini Rumah Zakat telah menyaluran bantuan wakaf kepada 1.204 UMKM yang tersebar di 24 kota/kabupaten. Targetnya Rumah Zakat dapat membantu 50.000 UMKM melalui dana wakaf.

"UMKM memiliki pangsa sekitar 99% atau lebih dari 60juta unit dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Dan kini ada banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Maka membantu UMKM yang merupakan tulang punggung negara sama dengan membantu perekonomian bangsa," ujar CEO Rumah Zakat Nur Efendi, Rabu (9/9/2020).

Sementara itu, Sahabat Kebaikan merupakan program yang sejalan dengan agenda padat karya yang diinisiasi pemerintah sebagai upaya menurunkan angka pengangguran akibat terdampak pandemi Covid-19. Melalui program Sahabat Kebaikan, Rumah Zakat mengajak masyarakat menjadi bagian dalam melakukan sosialisasi, edukasi, dan penghimpunan dana ZISWAF untuk disalurkan kepada mereka yang terdampak Covid-19 melalui program pemberdayaan.

"Berdasarkan hasil penelitian Purwanti (2020) setiap Rp1 miliar zakat yang berhasil dihimpun akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,12%. Namun dari potensi zakat nasional sebesar Rp233,8 triliun, baru 4,3% yang terhimpun pada 2019 atau sekitar Rp10 triliun. Adanya Sahabat Kebaikan diharapkan mampu mengoptimalkan penghimpunan dana ZISWAF sehingga kita dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia," tutur Efendi.

Selain itu Rumah Zakat pun berkolaborasi dengan mitra perbankan yakni Bank Mega Syariah dan Bank Jatim Syariah untuk meluncurkan program Tabungan Qurban (Taqur). Sejak tahun 2000, Rumah Zakat melakukan optimalisasi daging qurban dengan melakukan pengemasan menjadi kornet dan rendang agar tahan lebih lama dan mudah didistribusikan.

Di masa pandemi Covid-19, Superqurban terbukti dapat menjadi program ketahanan pangan karena dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi masyarakat yang membutuhkan di 1.683 kota/kabupaten di 33 provinsi. Begitu pun dengan program Desaku Berqurban yang turut menggerakan ekonomi masyarakat lewat pemberdayaan peternak lokal terdampak Covid-19 di desa. Hadirnya Tabungan Qurban dapat menjadi solusi dalam menghadapi resesi sehingga memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ibadah qurban serta bermanfaat bagi ketahanan pangan negara Indonesia.

"Kita menyadari bahwa kondisi saat ini masih kurang baik. Pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali berdampak pada ekonomi kita sehingga terancam masuk ke dalam jurang resesi. Maka penting untuk kita saling gotong royong, berkolaborasi untuk bersama atasi krisis ini," ungkap Efendi. (Medi RZ)

Senin, 07 September 2020

21.30

Rumah Zakat Salurkan Santunan Keluarga Pengidap Kanker Payudara

EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat melalui relawan inspirasi menjalankan amanah santunan untuk Keluarga Almh. Leti di Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. Santunan ini berupa uang agar meringankan beban keluarga atas biaya-biaya yang sudah terkeluarkan selama masa pengobatan Almh. Leti Senin (07/09/2020).

Diketahui Leti sebelumnya meninggal akabat kangker payudara sejak Oktober 2019 lalu. Pihak keluarga telah berobat dan dirawat d RS Mohammad Hosein Palembang naming Allah berkehendak lain.

Jon Kenedi Relawan Inspirasi mengunjungi Ibu Lin sebagai penanggung jawab keluarga Almh. Leti yang pernah menjadi Penerima Manfaat Rumah Zakat sepanjang masa pengobatan Almh. Leti di RSMH Palembang. 

Ibu Lin, sebagai penanggung jawab dari keluarga Almh. Leti sudah bertemu langsung dengan Relawan Rumah Zakat dan sangat mengucapkan banyak terima kasih atas respon Rumah Zakat dari penderitaan Adik kami Almh. Leti. 

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada Rumah Zakat lewat ananda Jon Kenedi sudah peduli, dan in syaa Allah segera akan saya sampaikan santunan dari Rumah Zakat setelah ibu beliau pulang dari Upahan panen sahang”, cap Ibu Lin. (Medi RZ)

04.17

KPU OI Terima Berkas Dua Pasang Calon Bupati-Calon Wakil Bupati

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pada saat, atau sejak pembukaan hingga hari penutupan yakni pada 4 - 6 September 2020 pendaftaran calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang akan bertarung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Kabupaten OI Desember mendatang, KPU Kabupaten OI menerima dua berkas pasang Calonbup dan Cawabup. Dua pasang calonbup dan cawabup tersebut, yakni pasangan HM Ilyas Panji Alam - H Endang PU Ishak, (IPA-EPU) yang mendaftar pada hari pembukaan, Jumat (4/9/2020). Kemudian, pasangan calonbup dan cawabup Panca Wijaya Akbar - Ardhani mendaftar dihari kedua Sabtu (5/9/2020). 

Ketua KPU Kabupaten OI Dra Massuryati mengatakan, selama masa pendaftaran pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dipersiapkan oleh pihaknya. "Sampai dengan hari penutupan, dua pasang calon HM Ilyas Panji Alam - Endang PU Ishak, Panca Wijaya Akbar - Ardhani telah mendaftar ke KPU," Kata Massuryati, Minggu (6/9/2020). Ketua KPU Kabupaten OI memastikan keabsahan syarat dan dukungan parpol dari masing-masing pasang calon baik pasang calon HM Ilyas Panji Alam - Endang PU Ishak maupun pasang calon Panca Wijaya Akbar - Ardhani. 

Sementara itu, berdasarkan aturan PKPU mengenai syarat dukungan dari parpol untuk maju di Pemilukada minimal kursi parlemen. Sedangkan, masing-masing kedua paslon tersebut dianggap telah memenuhi syarat atau melebihi delapan kursi DPRD. Paslon HM Ilyas Panji Alam - Endang PU Ishak diusung oleh parpol PDIP, Golkar, Hanura, PBB dan partai Berkarya. Kemudian, paslon Panca Wijaya Akbar - Ardhani diusung oleh sembilan parpol yakni partai Nasdem, Perindo, PPP, PKS, PBB, Gerindra, Berkarya, PAN, serta partai Demokrat. "Pemeriksaan dokumen pencalonan, semuanya telah dinyatakan keabsahannya dan telah diterima oleh KPU Kabupaten Ogan Ilir dengan disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir," Terang Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Massuryati. (***)

Jumat, 04 September 2020

19.12

Pasangan Ilyas-Endang Yakin Menangkan Pilkada OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pasangan Bakal Calon Bupati (Balonbup) Kabupaten Ogan Ilir (OI) H M Ilyas Panji Alam (IPA) dan H Endang PU Ishak (EPU) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna memantapkan langkah menuju Pilkada Ogan Ilir, Jumat (4/9/2020).

Kedatangan kandidat petahana ke KPU Ogan Ilir tersebut didampingi para petinggi partai koalisi, PDIP, Golkar, Hanura, PBB dan Berkarya.  Mereka disambut Ketua KPU Ogan Ilir Massuryati  dan komisionernya untuk menerima berkas pendaftaran.
“Saya yakin, dengan bergabungnya partai-partai ini, kita semakin kuat dan solid. Insya Allah, keyakinan kita IPA dan EPU dalam memenangkan Plkada nantinya semakin besar, dan ini merupakan kemenangan bagi kita semua bersama masyarakat Ogan Ilir,” Kata Ilyas saat deklarasi bersama partai pemenangan.

Ribuan massa dari berbagai elemen partai dan relawan berkumpul di Hotel Ilaya, Indralaya untuk mendeklarasikan pasangan, HM Ilyas Panji Alam dan Endang PU Ishak berkompetisi dalam pemilihan kepala daerah periode 2021-2026.

Dalam sambutannya, HM Ilyas Panji Alam menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang antusias dengan sepenuh hati datang menghadiri acara deklarasi pasangan  bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir dan ini memberikan suntikan energi untuk meraih kemenangan di Pilkada yang akan dilaksanakan tanggal, 9 Desember 2020 mendatang.
Ilyas juga dirinya mengajak seluruh tim agar merapatkan barisan bahu-membahu  dan bekerjasama untuk memenangkan pasangan Ilyas-Endang melanjutkan pembangunan lima tahun ke depan.

“Kita mempunyai program unggulan, program transformasi pertanian. Semua akan dibantu oleh pemerintah mulai dari lahan dan bibit. mengapa program ini baru mau dibentuk untuk lima tahun kedepan, karena saya kan baru tiga tahun ini menjabat sebagai bupati,” ujar politisi PDIP tersebut.

Sementara itu, Endang sang calon wakil bupati yang kaya pengalaman di kancah perpolitikan ini menegaskan, dirinya adalah kader Partai Golkar yang diutus DPP untuk maju dan memimpin Ogan Ilir bersama Ilyas Panji Alam.

“Insya Allah, Pak Ilyas bersama saya, mampu membuat Kabupaten Ogan Ilir  lebih maju lagi maju lima tahun ke depan,” Ujar Endang. (***)

Rabu, 02 September 2020

20.50

Rumah Zakat dan Rumah Sastra Lestarikan Budaya Lokal Melalui Rumah Belajar Besemah

PAGARALAM, gmjnews.co.id- Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi Pagar Alam membuka Rumah Belajar Basemah (RBB) setelah tertunda akibat pandemi covid-19. Lokasi RBB bertempat di rumah warga di Jl. Nurdin Pandji, Belakang PU, kelas. Pagar Alam, kec. Pagar Alam Utara, kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Selasa (02/09).

Sugandi Relawan Inspirasi di Pagar Alam mengutarakan bahwa RBB menyediakan bimbingan belajar gratis. 

“Materi pelajaran yang diajarkan diantaranya baca tulis Al Qur'an (BTAQ), umum (Bahasa Inggris dan Matematika). Sedangkan materi budaya lokal Besemah yaitu tentang aksara Ulu, nyanyian besemah, tarian besemah, bahasa besemah dan lainnya yang berkaitan budaya sini”, paparnya.

Selain rumah Zakat, Rumah Belajar Besemah ini juga di support oleh Rumah Sastra sebagai Pengajar dan pelaksana. Harapannya di masa sekarang budaya lokal yang sudah luncur dengan adanya RBB ini generasi muda akan belajar kebudayaan nenek moyang.

"Targetnya kita mulai pertengahan bulan September ini, mudah-mudahan RBB menjadi wasilah untuk melestarikan budaya Besemah. Tentunya budaya yang tidak bertentangan dengan Agama Islam", tutur Gandi. (Medi RZ)