Gemilang Terkini

Senin, 31 Oktober 2022

16.10

Bantuan Berdatangan Untuk Renny Dan Kelima Anaknya

Palembang, gmjnews.co.id- Setelah viral di berbagai media, bantuan untuk janda miskin dengan lima anaknya ini mulai berdatangan. Edi alfian SH Lurah Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati Kota Palembang Provinsi Sumsel, setelah mengetahui adanya kabar tersebut langsung turun dan meninjau langsung ke lokasi sesuai yang ada dalam pemberitaan yang sedang beredar.

Mendengar berita tersebut tim dari Baznas Kota Palembang juga langsung turun ke lokasi dan memberikan bantuan. Salah satu ibu rumah tangga Emi warga Jalan Mata merah Kelurahan Sungai selincah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang, mendengar adanya pemberitaan tersebut jauh jauh datang untuk memberikan bantuan.

Dalam pemberitaan yang beredar sebelumnya Renny novita sari setelah suaminya meninggal dunia tiga tahun yang lalu, terpaksa mengamen untuk menghidupi ke lima anaknya yang masih kecil kecil, belum lagi tempat tinggalnya yang sangat memprihatinkan. Sementara bantuan dari pemerintah tak kunjung ia rasakan.

Berdasarkan keterangan Emi saat di konfirmasi awak media ini mengatakan, hati nuraninya merasa terpanggil untuk membantu setelah membaca pemberitaan yang di tayang oleh Media 


" Bantuan yang saya berikan ini tulus dari hati saya yang paling dalam, tidak ada unsur pencitraan dan tidak ada unsur politik yang mengikat" katanya.

Dirinya berharap semoga dengan adanya bantuan yang di berikannya ini dapat meringankan beban Renny bersama kelima anaknya yang masih kecil kecil.

" Semoga dengan adanya tim dari Baznas Kota Palembang yang telah meninjau langsung melihat kondisi keberadaan tempat tinggalnya yang sangat memprihatinkan, segera memberikan bantuan bedah rumah kepadanya, karna keluarga seperti inilah yang semestinya layak menerima bantuan dari pemerintah" ucapnya usai memberikan bantuan. (Heryadi)

Sabtu, 29 Oktober 2022

16.42

Mengharapkan Uluran Tangan Para Dermawan, Janda Lima Anak Mengamen Mencari Nafkah

Palembang, gmjnews.co.id- Seorang janda tidak mampu ( Gakin ) terpaksa ngamen  mencari nafkah untuk menghidupi kelima anaknya yang masih kecil-kecil, uang hasil dia mengamen untuk biaya kebutuhannya sehari hari bersama kelima anaknya. Lokasi  tempat tinggalnyapun yang berada di jalan porka pangkal Rt 012 Rw 002 kelurahan Ogan baru Kecamatan Kertapati Kota Palembang sangat sangat memprihatinkan.

Renny Novita Sari (36) dan kelima anak nya tersebut sangat mengharapkan uluran tangan dari para Dermawan dan pemerintah, sepeninggal suaminya dia terpaksa berkerja keras dengan mengamen untuk mencari makan sehari hari untuk kelima anaknya.

Semestinya orang seperti ini yang harus mendapatkan bantuan dari pemerintah, apalagi kondisi rumah yang mereka tempati sangatlah tidak layak huni Dan menjangkau rumahnya saja harus melewati jamban bambu.

Pada saat di konfirmasi oleh awak media gmjnews.co.id di kediamannya Renny mengatakan, sepeninggal suaminya dia harus berjuang mencari nafkah untuk menghidupi kelima anaknya.

" Uang hasil saya mengamen setiap hari hanya cukup untuk makan, itupun hanya makan seadanya, saya setiap hari mengamen" katanya.

Masih kata Renny, memang berat beban saya alami ini,Jadi pengamen terpaksa ia lakukan.

" Rasa malu saya buang jauh jauh dari benak saya demi untuk menghidupi kelima anak saya," ucapnya.

Terkait bantuan dari pemerintah, dirinya menjelaskan, bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

" Rumah yang kami tempati saja sangat memprihatinkan,mau memperbaikinya saya tidak punya uang, uang hasil mengamen ini cukup untuk makan kami saja sudah bersyukur" tuturnya.

Dia sangat berharap agar penderitaan yang di alaminya ini dapat di dengar oleh pemberi bantuan, baik dari para donatur maupun pemerintah." Harapnya

Sementara itu ST Warga setempat membenarkan ibu Renny Novita Sari ini tidak pernah tersentuh bantuan pemerintah sama sekali,seperti kartu Indonesia sehat (KIS) saja tidak punya padahal yang bersangkutan layak mendapatkan bantuan seperti bantuan kesehatan,"ungkapnya,Sabtu (29/10/22)

"Yang terpenting dahulukan terlebih dahulu Kartu Indonesia sehat (KIS) tolong diajukan buat ibu Renny Novita Sari sama kelima anak nya ini  kasihan kalau tiba-tiba datang sakit biaya berobat nya mau mencari kemana mereka kalau tidak minta bantu sama pemerintah,tutupnya."(Heryadi)

Kamis, 27 Oktober 2022

20.57

AKP Alfredo Hidayat, S.IK: Ayo Bersama-sama Jaga Kamtibmas

 

Palembang, gmjnews.co.id- Untuk mencegah aksi tawuran antar pemuda seperti yang marak terjadi diluar wilayah hukum Polsek kertapati.kepala kepolisian sektor kertapati AKP Alfredo Hidayat,S,ik,SH mengajak semua Element masyarakat agar dapat bersama-sama aparat keamanan baik polri maupun TNI untuk menjaga Kamtibmas yang kondusif

Kapolsek meminta agar image bangga bila suka berkelahi atau menganiaya, dan bahkan membunuh orang itu dihilangkan

Hilangkan image bangga kalau terkenal suka berkelahi,bisa pukul dan bunuh orang itu sudah tidak ada zamannya lagi,"pintanya

Untuk mengatasi aksi tawuran AKP Alfredo mengaku telah memerintahkan jajaran nya untuk menindak tegas para pelaku sebagaimana peraturan dan undang-undang hukum yang berlaku,Jum"at (28/10/22)

"Saya sudah perintahkan tindak tegas dan hukum seberat beratnya bagi siapapun itu pelaku yang terlibat tawuran,'Tegasnya

Menurutnya perilaku suka tawuran atau berkelahi sudah tidak zaman nya lagi,orang saat ini telah berlomba lomba untuk meraih kesuksesan ilmu dan melawan kemiskinan

"Saat ini kalau mau berkelahi,berkelahi lah dengan kemiskinan,berkelahi dengan kebodohan,berkelahi melawan intoleransi,dan upaya-upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,"ajaknya

Olehnya itu,semua pihak agar memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga wilayah 

Semua pihak punya tanggung jawab besar untuk menjaga Kamtibmas mulai dari diri sendiri dan semua aparat kelurahan,dan kecamatan serta semua tokoh-tokoh masyarakat,"harapnya 

"Harusnya ini menjadi intropeksi diri bagi semua pihak jangan sedikit-sedikit salahkan aparat,"tutup kapolsek,(Heryadi)
01.36

Desa Naikan Tembakang Bagikan BLT DD Tahap Tiga

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Bertempat di halaman rumah Kepala Desa (Kades), sebanyak 88 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Naikan Tembakang Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Kamis (27/10/2022).

Kepala Desa Naikan Tembakang Zainuri ketika diwawancarai mengatakan hari ini kita melaksanakan pembagian BLT DD periode Juli, September, Oktober, dan nantinya setiap KPM menerima sebanyak 300 ribu rupiah per bulan.

"Ya, hari ini sebanyak 88 KPM desa naikan tembakang menerima BLT DD tahap 3, dengan harapan semoga bagi yang menerima BLT DD ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin" Kata Zainuri.

Dikatakannya, "Disini kita tidak membedakan siapa yang menerima yang jelas kita usahakan setiap penerima memang yang berhak menerima dan merupakan warga desa setempat dibuktikan dengan identitas ktp, serta belum menerima program bantuan yang lain" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Terima kasih kepada seluruh penyelenggara acara ini, baik itu dari perangkat desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Tim Kecamatan, PMD, dan PLD yang telah mendukung dan mengawal hingga kegiatan ini dari awal sampai akhir. Sehingga pembagian BLT DD bisa berjalan lancar dan tertib"Imbuhnya.

Lebih lanjut Zainuri mengatakan, BLT DD yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga akhirnya, bisa disalurkan. Walaupun hanya sebanyak 3 bulan sebesar Rp 900 ribu dan jumlah warga yang menerima bantuan dana BLT yakni 88 KPM.

Sementara itu, Edi (33) warga Desa Naikan Tembakang mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya BLT DD ini. "Alhamdulillah akhirnya hari ini dibagikan karena sudah lama ditunggu ditambah lagi beberapa hari lagi kita mau lebaran, jadi sangat terbantu" Singkatnya. (Red)

Minggu, 23 Oktober 2022

23.13

Gegara Mengingatkan Masalah Hutang, AG Marah Cabut Pisau Ingin Menikam ND


Palembang, gmjnews.co.id- Tidak senang di ingatkan masalah hutangnya dengan AN, AG cabut pisau ingin menikam ND. Kejadian tersebut terjadi di wilayah Rt 07 Rw 02 Belakang SMP Negeri 12 Kelurahan Kemas rindo Kecamatan Kertapati Kota Palembang Provinsi Sumsel. Minggu (23/10/2022) Pukul 17. 40 wib.

Dampak dari kejadian tersebut PN yang bermaksud ingin menghalangi RS pada saat akan mengarah ke anaknya nama AN, malah dirinya jadi korban dan darah bercucuran di mukanya, melihat orang tuanya berlumuran darah di mukanya, AN panik lalu mengejar RS dan terjadilah perkelahian di antara mereka berdua, warga berhasil memisahkan mereka berdua. Dalam posisi tidak sadarkan diri AN di pondong oleh ibu ibu ke rumahnya. 

Merasa tidak ada salah dan hanya menyampaikan saja pesan dari AN, ND melaporkan AG yang akan menikamnya ke Polsek Kertapati dengan Laporan Polisi nomor : LP. B/ 255/ X/ 2022/ SPKT/ POLSEK KERTAPATI/ POLRESTABES PALEMBANG/ POLDA SUMSEL tanggal (23/10/2022).
Warga Rt 07 yang berada saat kejadian siap jadi saksi kalau AG memang ada menyabut pisau ingin menikam ND.

Berdasar keterangan ND saat di konfirmasi awak media ini di Polsek Kertapati mengatakan, kejadian berawal dari dirinya menyampaikan pesan dari AN menanyakan hutang AG dengan dia, rupanya AG tidak senang dan menghunus pisau dari pagi ingin menikam dirinya.

" Sore menjelang mahgrib kejadian itu terjadi, tepatnya di depan warung noni, AG memanggil dan langsung aku dekati, tiba tiba AG menyabut Pisau yang ada di pinggangnya bermaksud akan menikam dirinya, warga yang sedang berada di dekatnya tidak tinggal diam dan langsung melerai" katanya.

Sambungnya, kalau luka yang di alami PN dirinya tidak tahu oleh apa, karna dirinya sudah di suruh warga menghindar masuk ke dalam rumah, dirinya keluar setelah melihat AN pingsan di pondong oleh ibu ibu ke rumahnya.

" Masalah AN pingsan aku juga tidak tahu oleh apa, yang pasti dalam hal ini saya merasa tidak ada salah dan hanya menyampaikan pesan dari AN, itu saja" ucapnya.

Sementara itu AN setelah sadar di hubungi di rumahnya membenarkan bahwa dirinya telah menyuruh ND menanyakan hutang dengan AG, karna pada saat AG meminjam uang tersebut janjinya hanya satu hari, tapi sudah tiga hari hutang tersebut tidak ada kabar beritanya.

" Aku idak nyangka bakal terjadi hal seperti ini, karna pada saat AG menemui aku minjem duit tersebut janjinya cuma satu hari, tapi saat aku minta tolong ND untuk menayakan prihal hutangnya tersebut, dia mungkir dan mengatakan bukan dia yang berutang tapi RK, kenyataannya dia yang menemui aku dan menyambut duit itu dari tangan aku" terangnya.

Saksi mata di lokasi kejadian N di hubungi menyampaikan, bahwa dirinya melihat AG menyabut Pisau dari pinggangnya akan menikam ND, tapi ke buru di lerai oleh warga yang sedang berada di depan warung Noni dekat Mushollah Al Ikhsan.

" Warga yang ada di depan warung tersebut tahu semua, pada saat AG menyabut pisaunya dari pinggang, AG meronta minta di lepaskan saat di pinggang oleh ibu ibu di depan warung tersebut" tutupnya.(Heryadi)

Jumat, 21 Oktober 2022

03.11

13 DPC Total Dukung Fitri Ketua Nasdem Palembang

Palembang, gmjnews.co.id- Usaha memang tak kan mengkhianati hasil, mungkin itulah kata-kata yang sesuai dengan apa yang dilakukan 13 Ketua DPC Partai Nasdem kota Palembang. Setelah beberapa kali menyambangi DPW dan liku-liku yang harus dihadapi, akhirnya tuntutan pergantian Ketua DPD yang diperjuangkan pun terwujud. Kemarin 20 Oktober 2022, H. Herman Deru sebagai Ketua DPW Partai Nasdem provinsi Sumatera Selatan resmi menyerahkan SK Fitrianti Agustinda sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kota Palembang dan legislator Donny Prabowo sebagai sekretaris. 

Berdasarkan SK DPP No: 545-kpts/DPP-NASDEM/X/2022 yang ditanda tangani oleh Ketua Umum, Surya Paloh, resmi mengangkat fitri sebagai ketua DPD, dan mencabut serta menyatakan tidak berlakunya lagi SK No: 117-kpts/DPP-NASDEM/V/2020 tentang susunan pengurus DPD Partai Nasdem kota Palembang periode 2020-2024
Lukman (DPC Plaju) dihubungi via telepon menyampaikan Ucapan selamat kepada Kakak Fitri sebagai Ketua yang baru. 

" Kami 13 Ketua DPC mengucapkan selamat dan menyatakan dukungan penuh kepada kakak Fitri sebagai Ketua DPD, saatnya sekarang kita bersatu menyamakan visi dan misi serta berjuang bersama seluruh elemen partai untuk merealisasikan cita-cita Partai. Kita berharap Partai ini meraih kemenangan mulai dari pileg, pilkada kota/provinsi sampai Presiden." ungkap Lukman. 

Terkait dengan keberatan yang disampaikan oleh Armawan, SE, Lukman menyatakan itu hal yang biasa sebagai kader partai. Itu dinamika berorganisasi yg biasa. Tidak ada yang perlu dibesar-besarke, "kalo memang ado niat nak besakke Partai, yo kito berjuang samo-samo, dak usah nak ado nian jabatan baru nak berjuang untuk Partai, itu kalo memang kito KADER MILITAN, apolagi nak nahanke sampe ke pengadilan, jabatan itu kepercayaan, kalo wong la percayo samo wong lain, nak diapoke lagi, ikhlas bae, InsyaAllah hasilnyo bagus untuk kito galo. " pungkas Lukman sembari menutup pembicaraan via handphone. (Heryadi)

Minggu, 16 Oktober 2022

22.09

Deklarasi Pelajar Cinta Damai Anti Tawuran Dan Kekerasan Di Wilayah Hukum Polsek Kertapati

Palembang, gmjnew.co.id- SMP N 25 kertapati palembang menggelar kegiatan deklarasi damai anti tawuran antar pelajar, deklarasi yang digelar dihalaman sekolah dihadiri Kanit binmas Polsek kertapati ipda Martono, SH, para bhabin kamtibmas Polsek kertapati, Bhabinsa kertapati Sertu Dwi, AY, kepala sekolah SMP negeri 25, guru dan staf SMP negeri 25, serta siswa sebanyak 700 anak, dan penandatanganan deklarasi oleh kepala sekolah, Polsek kertapati, dan siswa siswi SMP negeri 25 Senin (17/10/2022)

Kanit binmas Polsek kertapati ipda Martono, SH Selaku Perwakilan Pihak Polsek kertapati menyatakan dengan adanya deklarasi tawuran dan kekerasan ini semoga tidak ada lagi tawuran antar pelajar khusus nya diwilayah Polsek kertapati, kepolisian dalam hal ini Polsek kertapati tidak akan segan-segan bertindak tegas dengan cara memproses hukum yang bersangkutan dan tidak ada toleransi," tegasnya

"Kepada pelajar agar memang benar-benar belajar jauhi tawuran,yang inti nya bahwa tugas siswa saat ini hanya belajar jangan ikut-ikutan kegiatan yang dapat merugikan," tambahnya

Sementara, Fedwin Almuin Halim, S.P.d, MM, M.S,i kepsek SMP negeri 25 saat dikonfirmasi awak media menghimbau  kepada siswa agar tidak mendekati hal-hal yang akan menjadikan tawuran 

"Harapan kedepan agar tidak lagi terjadi tawuran,biar tercipta suasana aman,nyaman dilingkungan sekolah yang kita cintai ini,"harapnya. (Heryadi)

Sabtu, 15 Oktober 2022

20.04

Endang Unggul Sebagai Pemenang Pilkades Desa Ulak Segara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang di selenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Ogan ilir Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Endang yang merupakan calon dengan nomor urut 4 Kini di percaya masyarakat untuk menjabat sebagai kepala Desa Ulak Segara Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI) masa bhakti 2022- 2028 Sabtu (15/10/2022).

Dalam Pilkades yang di gelar di Desa Ulak Segara tersebut Endang memperoleh suara terbanyak dengan total 305 suara, jumlah total surat suara keseluruhan yang di terima oleh panitia Pilkades Ulak Segara Sebanyak 809 surat suara.

Endang selaku kepala Desa Ulak Segara yang baru saja terpilih saat di konfirmasi oleh awak media Melalui Via Telpon mengatakan, sangat mengapresiasi adanya kepercayaan masyarakat yang di berikan kepadanya dalam Pilkades yang baru saja digelar.

"Saya tidak akan menyiayiakan kepercayaan yang di berikan oleh masyarakat ini, saya akan bekerja keras dan akan lebih bersenergi lagi  untuk memajukan Desa ini dan akan terus berusaha mensejahterahkan masyarakat Desa Ulak Segara ini" katanya.

Sambungnya, dengan adanya dirinya Terpilih menjabat sebagai kepala Desa Ulak Segara Kecamatan Rambang Kuang, dirinya akan melanjutkan program program yang tertunda dan akan melanjutkan wacana wacana bersama masyarakat yang belum sempat terlaksana.

"Saya akan mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi saya, dan saya juga akan merangkul para awak media, guna untuk mengexpos setiap kegiatan Positif yang ada di Desa Ulak Segara, supaya perkembangan dan kemajuan Desa ini dapat di ketahui oleh pemerintah Kabupaten Ogan ilir" tuturnya.

Masih kata Endang, untuk mewujudkan itu semua, dirinya tidak mungkin dapat bekerja sendirian tanpa adanya bantuan dan dukungan dari masyarakat. Dengan adanya kerjasama bersama masyarakat, mudah mudahan apa yang di harapkan akan segera terwujud.

"Sekali lagi saya ucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Desa Ulak Segara atas kepercayaannya dan dukungannya kepada saya, kedepan mari kita bekerja sama untuk kemajuan Desa yang sama sama kita cintai ini, tidak ada usaha yang sia sia kalau sama sama di awali dengan hati yang tulus dan bersih" Tutupnya. (Man)
19.54

Pers Polsek Kertapati Gelar Ngopi Bareng Kapolsek

Palembang, gmjnews.co.id- Guna meningkatkan dan mempererat jalinan tali silaturahmi yang lebih baik dengan awak media, kapolsek kertapati AKP Alfredo Hidayat, S.IK ajak awak media ngopi bareng dicafe Tiam Sabtu (15/10/2022) malam.

Kegiatan tersebut diisi dengan bincang santai, kapolsek AKP Alfredo Hidayat, S,IK pada kesempatannya, mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan untuk menjalin silaturahmi yang baik sehingga terciptanya keakraban antara pihak kepolisian dengan para awak media di kecamatan kertapati.
"Kita ini kan mitra jadi harus bersama-sama menjalin komunikasi agar tidak ada informasi atau pemberitaan tersendat atau miskomunikasi," terangnya.

Kapolsek juga mengharapkan dengan ada nya kegiatan ini diharapkan hubungan baik antara pihak kepolisian dan awak media dapat selalu terjaga sehingga kegiatan yang baik seperti ini dapat terus dilakukan

,"Agar awak media jangan segan-segan memberi masukan atau pun ktitik disampaikan langsung kepada saya,"Ujarnya

Sementara itu Toni selaku perwakilan rekan-rekan media mengucapkan terima kasih atas perhatian kapolsek kertapati yang telah mengundang kami dalam ajang silaturahmi ini,"Tutupnya, (Heryadi)

Jumat, 14 Oktober 2022

06.22

Tidak Gunakan Safety, Pekerjaan Proyek Penanganan Kemiskinan Ekstrim (PKE) TA.2022 Di Kemas Rindo Diduga Melanggar UU Ketenaga Kerjaan

Palembang, gmjnews.co.id- Sering kali terlihat dalam suatu pembangunan proyek adanya himbauan, "utamakan keselamatan dan kesehatan kerja," himbauan tersebut adalah himbauan keamanan dalam rangka berkerja, agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Rupanya hal itu wajib diterapkan, sesuai yang tertuang dalam undang-undang ketenaga kerjaan no: 13 tahun 2003 pasal 87 tentang himbauan keselamatan dan kesehatan kerja atau yang sering disingkat K3.
Namun beda halnya dengan para pekerja di proyek penanggulangan kemiskinan ekstrim (PKE) Diwilayah RT 33 kelurahan kemas Rindo kecamatan kertapati Palembang yang mulai dikerjakan pada, senin (10/10/2022) lalu, terlihat mereka sama sekali tidak menerapkan himbauan K3, dilokasi terlihat perkeja tidak dilengkapi alat berkerja seperti sepatu safety atau boat, helm, masker, maupun sarung tangan.
Saat diminta keterangan awak media gmjnews.co.id salah satu tukang yang ada dilokasi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, "kami cuma berkerja, tidak tau apa-apa terangnya" Jum'at (14/10/2022).

Hal itu ditanggapi oleh Alex Berzili, M,Si ketua LPMK kelurahan kemas rindo yang kebetulan ada dilokasi, dirinya sangat menyayangkan tidak adanya fasilitas K3 dalam dalam sebuah perjerjaan proyek penanganan kemiskinan ekstrim (PKE) diwilayah kelurahan kemas rindo ini.

"Ya kasihan para pekerja, demi mencegah hal yang tidak diingkan seharusnya pekerja di fasilitasi K3, apalagi ini adalah perkejaan yang anggarannya bersumber dari negara" ucapnya. (Heryadi)

Rabu, 12 Oktober 2022

19.06

LPMK Kemas Rindo: Tuntut Keterbukaan Informasi Pembangunan Kepada Pihak Kelurahan

Palembang, gmjnews.co.id- Kesuksesan dan Keberhasilan suatu kegiatan antara lain di tentukan dengan komunikasi, koordinasi dan transfaransi dari suatu kegiatan. LPMK adalah salah satu kelembagaan di tingkat Kelurahan yang berorientasi kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan pembangunan atau peningkatan sarana prasarana di lingkungan maupun pemberdayaan masyarakat. 

Betapa sangat ironisnya LPMK yang ada di Kelurahan Kemas rindo Kecamatan Kertapati Provinsi Sumsel, yang tidak pernah di libatkan dalam kegiatan sarana prasarana fisik dan pemberdayaan masyarakat. Padahal dengan adanya kelembagaan itu dapat membantu Optimalisasi kenerja Kelurahan, apabila terjalin sinergisitas dan terbangun dan apabila terjalin dengan baik.

Contoh dengan adanya 50 lebih bedah rumah dari program BSPS Pemerintah pusat di wilayah Rt 33 Rw 08 Kelurahan Kemas rindo, Jalan Setapak 8 Titik Yang Sudah Dilaksanakan di Kelurahan Kemasrindo, ke dua lembaga ini tidak di libatkan dan tidak di beritahukan. LPMK Kelurahan Kemas rindo juga tidak di libatkan dalam rapat pembahasan pembangunan jalan di wilayah Rt 33 Rw 08, dengan rincian anggaran dari Pemerintah pusat sebesar Rp 2, 8 M. Pelaksanaan pengerjaannya di bulan Oktober 2022.

Alex berzili, S. Si selaku Ketua LPMK Kelurahan Kemas rindo saat di konfirmasi awak media ini mengatakan, LPMK sebagai fasilitator masyarakat yang harus bersenergi dengan pihak Kelurahan maupun dengan pihak lembaga lain di tingkat Kelurahan.

" Bagaimana akan terjalin hubungan emosional dengan baik kalau kami tidak pernah di libatkan dalam kegiatan kegiatan sarana prasarana fisik dan pemberdayaan masyarakat" Ungkap Alex, Kamis (13/10/22)

Alex melanjutkan, kegiatan sarana prasarana fisik dan pemberdayaan masyarakat tidak akan berdaya guna dan berhasil guna, apabila tidak melibatkan kelembagaan yang ada di Kelurahan. 

" Saya bukan membandingkan bandingkan tapi ini suatu kenyataan yang ada, kalau di wilayah Kelurahan lain memang betul betul bersernergi, terjalin hubungan yang baik antara pihak Kelurahan, lembaga tingkat Kelurahan, LPMK, TP PKK, Kasi dan Rt/ Rw" jelasnya.

Alex menekankan, kalau memang LPMK  yang ada di Kelurahan Kemas rindo ini tidak gunanya lebih baik di bubarkan saja, untuk apa lembaga ini bertahan kalau tidak pernah di libatkan.

Sementara itu Forum Komunikasi kertapati ( fokker ) DPC Kota Palembang di tempat yang berbeda di hubungi membenarkan tidak adanya informasi dan komunikasi yang baik antara dua lembaga Kelurahan Kemas rindo dengan pihak Pemerintahan Kelurahan Kemas rindo.

" Pihak Pemerintah Kota Palembang melalui Pemerintahan Kecamatan Kertapati atau pihak instansi terkait jangan hanya diam saja, dengan adanya kejadian ini, mestinya mereka cepat ambil tindakan agar hal ini jangan sampai berlarut, karna ini bisa merusak citra dan nama baik Pemerintahan Kecamatan Kertapati" terangnya.

Mereka menambahkan, kalau memang pihak Pemerintah Kecamatan Kertapati tidak mampu menengahi atau menyelesaikan permasalahan yang ada ini, kami akan membawa permasalahan ini ke Dinas terkait yang ada di Kota Palembang dan DPRD Kota Palembang 

" Dengan adanya bedah rumah program BSPS Dana Pemerintah pusat yang mengarah hanya di satu Rt saja dengan jumlah yang cukup banyak, itu bisa menimbulkan kecemburuan sosial dengan para Rt yang lainnya, karna masih banyak terdapat warga kurang mampu di Rt yang lain di wilayah Kelurahan Kemas rindo, yang layak membutuhkan bantuan bedah rumah dari Pemerintah" tandasnya.

Suhaimi Selaku Lurah kemas rindo kecamatan kertapati saat dikonfirmasi awak media gmjnews.co.id Melalui pesan singkat WhatsApp belum memberikan Tanggapan sampai berita ini diturunkan," (Heryadi)

Selasa, 11 Oktober 2022

07.09

Bupati OI Hadiri Rakor Pilkades Serentak Tahun 2022

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar bersama Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Andi Baso Rahman, Dandim 04/02 OKI/OI yang di wakili oleh Danramil Tanjung Batu Kapten Infantri Fhatul, Kajari Ogan Ilir yang di wakili oleh Kasi Pidum Ahmad Sazili, dan Beberapa OPD terkait. Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Ogan Ilir tahun 2022 bersama Forkopimda. Bertempat di Gedung Caram Seguguk, Pemda Lama. Selasa, (11/10/2022).

Dalam Rakor tersebut, Bupati OI Panca Wijaya Akbar menghimbau kepada seluruh panitia agar dapat memahami seluruh aturan dan undang-undang yang berlaku, tentunya bertujuan untuk pada waktu pengambilan keputusan nanti, pemenang bisa memang secara mutlak sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak ada lagi yang hal-hal yang tidak di inginkan bersama dengan forkopinda pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan menindak tegas apabila terdapat pergerakan yang dapat menghambat kegiatan pemilihan kepala desa nanti.

"Ada sekitar 172 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Ogan Ilir, tujuan rakor ini juga untuk mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan menyamakan persepsi dan bekerjasama yang terdapat 3 point yang perlu di perhatikan dalam bekerjasama, komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI, dirinya ingin pada waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa nanti dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan kondusif. Untuk seluruh elemen dan masyarakat untuk saling men-support dan saling menghargai agar tidak terjadi keributan yang berujung tindakan pidana.

" Saya berharap kepada kades yang terpilih nanti agar dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten Ogan Ilir untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir sendiri, dan untuk kandidat yang belum terpilih agar dapat menerima dengan lapang dada tidak perlu berkecil hati masih ada waktu untuk mencalonkan diri di periode berikutnya" Imbuhnya. (Ril/Red)
00.37

Usai Curi Handphone Teman Kencan, Pria di OI Dibekuk Tim Macan Putih Polsek Indralaya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hanya berselang beberapa jam, polisi membekuk tersangka pencurian handphone milik wanita tunasusila di Indralaya Utara, Ogan Ilir.

Tersangka bernama Zainuri (35 tahun) ditangkap setelah mencuri barang berharga milik korban pada Senin (10/10/2022) malam.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman, melalui Kapolsek Indralaya AKP Herman Romlie menerangkan, modus operandi tersangka yakni mengajak korban berkencan.

Setelah menyepakati tarif, tersangka dan korban lalu berkencan di sebuah kafe di Indralaya Utara.

"Keesokannya atau tadi pagi ketika korban bangun tidur, yang bersangkutan menyadari tas dan handphone miliknya sudah tidak ada," kata Herman didampingi Kanit Reskrim Polsek Indralaya Ipda Zulkarnain, Selasa (11/10/2022).

Sementara tersangka tak berada di kamar dan korban pun menyadari telah menjadi sasaran pencurian.

Polisi yang mendapat laporan lalu menciduk tersangka, masih di wilayah Indralaya Utara.

"Tersangka ditangkap tanpa perlawanan," jelas Herman.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti curian berupa dua unit handphone milik korban.

Kepada polisi, tersangka mengaku mencuri karena pendapatan sebagai buruh tak mencukupi untuk kebutuhan ekonomi.

"Tersangka dan Barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Indralaya guna kepentingan penyidikan lebih lanjut," jelas Herman.

Berdasarkan penelusuran aparat kepolisian, tersangka merupakan residivis kasus pencurian pada tahun 2012 dan 2020.

"Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," terang Herman. (Ril/Red)

Minggu, 09 Oktober 2022

22.45

Ketua DPRD OI Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Serentak

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, menghadiri Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak Kabupaten Ogan Ilir tahun 2022, di Mapolres Ogan Ilir, selasa (04/10/2022).

Acara deklarasi tersebut dihadiri, Bupati Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir, Forkompimda, OPD, Camat sekabupaten Ogan Ilir, Para Calon Kepala Desa dari masing-masing Kecamatan di Ogan Ilir. (Ril/Red)
22.41

Ketua DPRD OI Terima Kunjungan Peserta Praktek Kerja Profesi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Ogan Ilir, Soeharto Hs,  didampingi ketua Badan Kehormatan (BK) dan ketua Komisi III DPRD OI dan sekretaris DPRD Ogan Ilir menerima kunjungan peserta Praktek Kerja Propesi dari  Peserta Didik Sespimen Polri yg didampingi oleh Kapolres Ogan Ilir.

Ketua DPRD Ogan Ilir berharap melalui kunjungan ini mudah-mudahan hubungan kerja dan silaturahmi dapat berjalan dg baik antara DPRD Ogan Ilir dan polri dalam hal ini polres Ogan Ilir, Senin, (12/09/2022). (Ril/Red)
22.38

Rapat Paripurna Pembahasan Raperda APBD OI


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, didampingi Wakil Ketua II, Ahmad Syafe'i, pimpin Rapat Paripurna XIV DPRD Kabupaten Ogan Ilir tahun sidang 2022 dalam rangka pembahasan Raperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Ogan Ilir tahun Anggaran 2022 pada pembicaraan tingkat kedua.

Penyampaian Laporan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Ogan Ilir, pengambilan persetujuan serta pendapat akhir Bupati Ogan Ilir, Kamis, (22/09/2022). 

Paripurna tersebut dihadiri Bupati Ogan Ilir, Forkomfimda, OPD, unsur terkait, Camat sekabupaten Ogan Ilir, Media Cetak, Media Elektronik, Tokoh Masyarakat dan tamu Undangan Lainnya. (Ril/Red)
22.34

Ketua DPRD OI Pimpin Paripurna XIV

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs, didampingi Wakil Ketua II, Ahmad Syafe'i, Pimpin Rapat Paripurna XIV DPRD Kabupaten Ogan Ilir Tahun sidang 2022.

Pada pembicaraan tingkat kesatu dalam rangka penyampaian Nota Penjelasan Bupati Ogan Ilir Tentang Raperda Perubahan APBD Kabupaten Ogan Ilir Tahun anggaran 2022, Selasa (13/09/2022). 

Dalam paripurna tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, Forkompimda, OPD, Camat Sekabupaten Ogan Ilir, Media Cetak, Media Elektronik, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Ril/Red)
21.23

Bupati OI Lantik Pejabat Tinggi Pratama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Didampingi Forkopimda Ogan Ilir, Sekda Ogan Ilir, dan Beberapa OPD terkait. Menghadiri Sekaligus Melantik dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Senin, (03/10/2022).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat setiap instansi pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama yang telah diikuti oleh beberapa peserta seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama sejak dari pengumuman tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan tahap akhir seleksi tanggal 20 s.d. 21 September 2022."

Dan telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sesuai dengan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara pada tanggal 29 September 2022 tentang rekomendasi hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Saya juga memeberi arahan, Untuk yang telah dilantik harus mampu membuktikan kemampuannya dalam memimpin dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik dimasa yang akan datang. (Ril/Red)

Jumat, 07 Oktober 2022

06.23

Ketua PWI OI Yasandi : Biarkan Proses Hukum Yang Menentukan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait jumpa Pers kuasa hukum Linda Radhitya Ridho, Sobirin dan A Pulungan di RM Salera Indralaya, selasa (4/10/2022) yang mengatakan masalah cuitan Linda Radhitya Ridho di sosial media facebook hanya kesalahpahaman atau miss komunikasi saja.

Ketua PWI Kabupaten Ogan Ilir (OI) Yasandi angkat bicara sebenarnya pihak kuasa hukum Linda mengatakan miss komunikasi atau kesalahpahaman itu hak mereka untuk memberikan hak jawabnya ke kawan-kawan media.

"Namun kalau mereka bilang tidak ada niat untuk melakukan pencemaran nama baik apalagi pengancaman terhadap dirinya, hanya proses hukum yang bisa menentukan salah atau benar ucapan mereka" Kata Yasandi, rabu (5/10/2022).

Selain itu juga, kata Yasandi, kuasa hukum Linda menjelaskan bahwa kliennya ini tidak pernah mengaitkan dirinya sebagai lembaga intansi pemerintah manapun, itu hal yang mustahil dan sangat menyesatkan, sebab kalau dia tidak mengaitkan ke Pemerintahan, pasti tidak akan mungkin terjadi hal seperti ini, apalagi dia bilang tidak pernah mengkaitkan atau menyerang organisasi manapun termasuk organisasi PWI.

"Kalau masalah awak media belum pernah konfirmasi dengan Linda ataupun kuasa hukum, itu rasanya sangat jauh dari masalah, karena pihak saya atas nama PWI sudah membuka ruang kepada Linda untuk memberikan klarifikasi dikantor PWI, dan saat itu Linda yang mulanya akan didampingi MY dan YM untuk datang ke PWI namun sampai tiga jam ditunggu tapi tak pernah datang, sehingga MY dan YM merasa kecewa dan menyerahkan semuanya kepada kami, dan untuk langkah selanjutnya kami menyerahkan kepada kuasa hukum" Papar Yasandi.

Sementara itu, kuasa hukum Yasandi ,Yaprudin, SH saat diminta keterangannya melalui WhatsApp terkait pernyataan kuasa hukum ibuk Linda menjelaskan bahwa, menanggapi pernyataan  kuasa hukum ibuk linda, Sobirin SH, MH dan kawan kawan yang pertama dia mengatakan hanya miss komunikasi, kalau kuasa hukum ibuk Linda bilang miss komunikasi itu salah besar karena ini menyangkut UU ITE dimedia sosial, sebab yang namanya kalau kita memposting sesuatu pasti ada niat dan ada tujuan dimana arah tujuan postingan tersebut, apalagi postingan itu dalam rangkaian kata.

"Artinya secara sadar dikonsep secara sadar membuat klimat tersebut apalagi menandai nama atau akun seseorang, jadi di media sosial apabila mengetik nama orang yang bertanda warna biru itu berarti tujuan agar langsung masuk ke beranda orang tersebut dan disamping itu tidak mungkin ada asap klau tidak ada api" Ujar Yaprudin, SH

Ditambahkannya, "Yang kedua  para jurnalis menanyakan apa ada kaitan ibu linda ketemu dengan pak yasandi dirumah makan kemaren kuasa hukum ibuk linda mengatakan tidak ada kaitannya, itu sangat salah besar karena dalam suatu perkara penyelidik mengungkap suatu perkara itu secara menyeluruh mulai dari awal sampai akhir akan merunut masalah kronologis akan diselidiki" Terang Yaprudin, SH. (*)

Selasa, 04 Oktober 2022

17.44

Air PDAM Keruh Warga Mengeluh

Palembang, gmjnews.co.id- Banyak warga mengeluh kualitas air bersih yang dikelola oleh perusahaan daerah air minum(PDAM) Tirta Musi sebagian besar mengaku air tidak jernih atau keruh,sehingga tidak layak digunakan

Keluhan lebih banyak diungkap warga melalui media sosial,seperti yang di-posting oleh Rudi Indarto di Facebook ia mengaku air yang diterima nya sangat keruh sehinggah takut digunakan untuk mandi maupun kebutuhan dapur, rabu (05/10/2022)

"Cakmano nak mandi kalau air PAM  yang mengalir cak ini,kiro-kiro sapo yang nak tanggung jawab," tulisnya

Postingan ini didukung foto bak mandi yang menampung air keruh sehingga berwarna agak coklat keluhan ini diupload pada Selasa (04/10/22) kemarin.

Menanggapi hal ini, direktur PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya saat dikonfirmasi awak media gmjnews.co.id melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan,' Mintak nomor langgan biar nanti kami check," tutupnya," (Heryadi)

Senin, 03 Oktober 2022

06.36

Yasandi Selaku Ketua PWI Ogan Ilir Laporkan Oknum Istri Camat Indralaya Selatan ke Polisi


OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Sudah hampir 2 jam Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) beserta pengurus lainnya menunggu kedatangan istri Camat Indralaya Selatan berinisial L untuk menunggu etikat baik dalam meminta maaf terkait cuitannya di media sosial Facebooknya hingga sampai saat ini tak kunjung datang Senin (3/10/2022).

Pasalnya, tak hadirnya inisial L ke kantor PWI dinilai sudah permainkan teman-teman lainnya, karena menurut Yasandi informasinya ia akan hadir untuk menyelesaikan persoalan ini dengan cara mediasi.

“Ya, kami menunggu saudari inisial L ini sudah 2 jam menunggunya di kantor PWI beserta pengurus lainnya, namun setelah mendapat informasi bahwa ia tidak akan hadir ke kesini, kami anggap ia sudah mempermainkan organisasi," Kata Yasandi.

Yasandi menambahkan, tidak adanya etikat inisial L untuk hadir untuk meminta maaf, pihaknya akan mengambil langkah serius ke aparat penegak hukum.

“Saya selaku PWI akan mengambil langkah serius dengan membawa ke APH dikarena tidak adanya etikat baik untuk meminta maaf atas cuitannya di Media Sosial facebook" Imbuhnya.

Ditambahkannya, “Dan hari ini kami telah melapor ke Polres Ogan Ilir,  dengan No. STTLP/B-238/X/2022/SPKT POLRES OI, ini bukti bahwa kami tidak main-main dalam menyikapi permasalahan tersebut” Terangnya. (Red)

Minggu, 02 Oktober 2022

20.09

DPD HNSI Sumsel Gelar Rapat Presidium Terkait Program Kerja

Palembang, gmjnews.co.id- Bertempat di klinik JB lt.2 jln inspektur Marzuki no.0 kelurahan Siring agung kecamatan IB.1 Palembang DPD HNSI Sumsel pada hari ini menggelar rapat presidum terkait program kerja DPD HNSI Sumsel lima tahun kedepan,Minggu (02/10/2022)
Dalam gelar hasil rapat presidum tersebut 
1.menjelaskan hasil kunjungan dari sungsang perumahan untuk nelayan mengatasi masalah BI cheking terhadap nelayan untuk mengambil perumahan buatkan contoh 5 unit untuk memberikan keyakinan kepada nelayan


Adapun masukan dari pengurus DPD HNSI Sumsel
1.segera untuk meminta data nelayan yang ada disumsel terkhusus di sungsang pendataan sudah di mulai kepada nelayan sungsang
2.adminustrasi terkait tanah dan pihak pembiayaan dengan perbankan-perbabkan yang support baru Bank Sumsel
3.prigres dana KUR untuk nelayan untuk segera direalisasikan untuk menjawab atensi dari pak gubernur
4.bahkan pendanaan sekarang sudah dimulai dengan pinjaman koperasi

Program kerja perbidang untuk HNSI Sumsel
1 biro prasarana dan sarana dan energi :pak Mursalin
Mohon menyediakan kantor,energi akan lebih fokus ke PLN
2.pak Indra ketua DPC HNSI banyu asin
Pengkajian untuk perumahan yang akan dibangun disungsang karena letak geografis dan culture
3 ibu Septi,persyaratan untuk mengambil perumahan selain BI cheking, adalah subsidi dari koperasi untuk nelayan 
4 nama perumahan yaitu perumahan HNSI dari pak Ponco
5.masalah perumnas bentuk perumahan gendeng ,pak kades meminta rumah couple dan halaman sama tanah lebih
6.fasikitas yang didapatkan jadi pengurus DPD HNSI sumsel

Program kerja perbidang DPD HNSI sumsel
1.program Diklat dan pengembangan pak Galam 
Diklat kepada pengurus DPD HNSI Sumsel
Diklat pelatihan pengurus DPC HNSI Diklat pelatihan nelayan
2.program sarana dan prasarana pak Galam 
Pengadaan untuk sarana dan prasarana pak Galam 
Pengadaan untuk sarana dan prasarana untuk pengurus HNSI pengadaan untuk sarana dan prasarana untuk nelayan
3 program humas pak Jhoni
Komunikasi Lusi dan Bu Romi bentuk untuk DPC ke kabupaten-jabupaten HNSI bisa datangkan nelayan-nelayan di Palembang sosialisasikan 
4,program Litbang laksanakan event -event HNSI untuk memasarkan produk-produk nelayan event di opi mall
5.KTA bisa dipercepat untuk anggota,menampilkan logo HNSI,media center IG, YouTube,FB,dan id card,untuk pengurus HNSI Sumsel
6.membuat website HNSI segera agar dapat digunakan untuk anggota dan pengurus

Ponco Darmono,SE ketua DPD HNSI Sumsel meminta kepada seluruh pengurus HNSI sumsel segera menyusun program kerja ini dalam rangka mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat nelayan Sumsel,dan HNSI dapat menjadi mitra dalam rangka membangun nelayan Sumsel yang kuat,ujar Ponco sosok yang juga aktif menjabat ketua di AWPI (Asosiasi wartawan propesional Indonesia) Sumsel dan Akbarindo (Asosiasi kontraktor bangunan kontruksi indonesia) kota palembang

Ponco juga berharap semoga HNSI secepatnya bisa membangun rumah nelayan disungsang yang akan diberi nama perumahan HNSI serta bisa kembali mewujudkan harapan nelayan untuk mendapatkan BBM bersubsidi, Senin (03/10/2022). (Heryadi)

Sabtu, 01 Oktober 2022

07.32

Komunitas Kami Bersama (KABESRI) Di resmikan Oleh CAMAT TANJUNG RAJA


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pondok Pesantren Modren Sriwijaya, merupakan Ponpes kebanggaan di Kecamatan Tanjung Raja, tentu untuk keberlangsungannya ini menjadi tanggung jawab kita semua dan alhamdulillah  hari ini telah di resmikan Komunitas Kami Bersama Sriwijaya (Kabesri).

"Semoga dengan telah di resmikannya Komunitas Kabesri,keberlangsungannya ponpes Sriwijaya kedepan semakin maju,karena semua itu menjadi tanggung jawab kita semua"Ujar Camat Tanjung Raja Lukman Ajiz dalam sambutannya Sabtu (01/10/2022)

Ketua Kabesri Sekaligus Kapolsek Tanjung Batu AKP. Sondi Fraguna, SH, M.Si mengatakan kalau Komunitas Kabesri ini di bentuk atas meninggalnya  ustat Idrus Junaidi yang mana telah memelihara dan merawat santri sebanyak  250 santri dari  yang tidak mampu dan  yatim piatu sebanyak 47 orang, tidak di pungut biaya (gratis) dan kam dari Komunitas Kabasri akan meneruskannya dan tetap membiaya khusus makan selama berada di ponpes sriwijaya.

"Kita mulai start Bulan Oktober,kami berkomitmen untuk 1 tahun  dan tidak menutup kemungkinan dua,tiga tahun kedepan untuk terus memikirkan jangka yang lebih ,panjang karena ini baru, tentu kita akan bermusyawarah dengan seluruh  pengurus Jumlah Anggota kabesri sampai saat ini 74 orang ada juga dari luar negeri "terangnya 

Harapannya dengan terbentuknya Kabesri khususnya di Kecamatan Tanjung Raja di harapkan menjadi anggota, kita mengharapkan 100 ribu /bulan mungkin semua khalayak bisa ikut, tidak hanya menengah ke atas akan tetapi menengah kebawah juga bisa, jadi anggota Kabesri artinya kita tidak mengejar nominal yang mereka sumbangkan, jumlah anggota komunitasnya yang kita perbanyak sebab setiap bulan nya sudah kita hitung minimal 23 juta/bulan biaya yang harus dikeluarkan.

"Semua donatur, baik dari kabupaten OI atapun di luar kita butuh hanya nomor telpon kita akan ser via rekening dan akhir bulan kita buat laporannya" paparnya

Kapolres OI AKBP Andi Baso R, SH. S.I.K, M.Si mengungkapkan
Alhamdulillah sore hari ini telah melaksanakan syukuran dan sosialisasi serta peresmian nama  komunutas Kabesri yang ihklas dalam ini membantu Kegiatan yang ada dalam pesantren,kedepan kita harapkan bersama khusus di dalam lingkup Kecamatan Tanjung Raja bisa berjalan dengan lancar agar bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

"Kedepan juga saya bersama anggota polres OI juga nanti mohon kerjasama dalam rangka kegiatan pembinaan  keagamaan, nantinya akan di rencanakan kegiatan seperti itu,saya juga berharap dengan ada Kabesri ini dapat meningkatkan kegiatan kegiatan yang lebih manfaat ponpes modren srwijaya, dengan adanya komunitas ini bisa di jadikan contoh bagi ponpes yang  lain, di mana di ketahui di OI ini banyak ponpes besar harapan kita ponpes - ponpes OI bisa besar membantu kita untuk menjadikan anak anak  lebih mengenal agama"

Di tempat terpisah ketua LP2KI OI yang juga Pengamat Kebijakan Publik Irwan Noviatra,SH mengaku siap mendukung program Komunitas Kabesri, dan anggota LP2KI OI  siap bergabung dengan Komunitas Kabesri dan tentunya dirinya mengajak semua element agar dapat menjadi anggota Kabesri, sebab santri yang tidak mampu dan yatim piatu itu menjadi tanggung jawab kita bersama, 

"Mari para calon donatur menjadi anggota Kabesri,nasib mereka ada pada kita semua," Ajaknya 

Acara Peresmian Kabesri ini di hadiri Kapolres OI,AKBP Andi Baso. R. SH, S. i. K, M. Si, Kapolsek Rantau Alai, Kapolsek Tanjung Batu,  Kapolsek Indralaya, Wakapolsek Tanjung Raja, Camat,lurah,Tokoh Agama serta tokoh Masyarakat. (EMI)