Gemilang Terkini

Kamis, 30 April 2020

06.25

Besok Pemkab OI Distribusikan Bantuan Sembako

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 460/352/Dinsos/2020, bahwa besok, Jum’at (01/05/2020) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) akan melaksanakan Pendistribusian Bantuan Sembako kepada Masyarakat dampak Covid-19 di Kabupaten OI.

Adapun pendistribusian tersebut akan dilakukan serentak di 241 Desa dan juga kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, adapun waktu yang dimulai yakni pada Pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Berikut Surat Edarannya:

05.53

Terkait Foto Bupati pada Kemasan Beras Bantuan Covid-19, Ini Kata Bawaslu Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id - Beredarnya kemasan beras bantuan yang diperuntukan bagi warga terdampak wabah covid 19, yang memajang foto Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H. M. Ilyas Panji Alam yang diperuntukkan bagi masyarakat di Kabupaten OI banyak menuai pro dan kontra. Namun hal tersebut menurut Ketua Bawaslu OI Ketua Dermawan melalui Divisi Hukum Idris S. Hi ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan hal tersebut tidak masalah dan tidak menyalahi aturan. Bantuan Sembako yang memajang poto Bupati Ogan Ilir, HM  Ilyas Panji Alam terpasang di karung beras bantuan sosial.

“Terkait foto yang dipajang di beras bantuan Sosial yang bergambar Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam, tidak melanggar dan itu sah-sah saja karena mengingat, Pertama masa kampanye belum berlangsung, kedua  tidak ada unsur kampanye karena foto yang di kantong beras itu menunjukkan beliau sebagai kepala daerah dan merupakan murni bantuan bupati ogan ilir tidak ada unsur kampanye" Katanya, Kamis (30/04/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten OI Irawan Sulaiman ketika ditanya terkait adanya gambar Bupati OI pada beras bantuan tersebut membenarkan adanya kemasan 5 kilogram bergambar Bupati tersebut. Menurutnya, seharusnya bantuan yang diterima masyarakat dalam bentuk 10 kilogram.

"Terkait beras kemasan 5 kilogram itu, yang kemasan 10 kilonya habis. Jadi pihak penyedia ada kantong 5 kilo, jadi saya pikir tidak masalah.  Jadi kalau isinya 5 kilo dia (masyarakat) nanti dapat 2 kantong, jadi tetap 10 kilo," Imbuhnya.

Dijelaskannya, soal gambar Bupati Ogan Ilir yang ada di stiker dan kemasan beras 5 kilogram, ia menampik jika ada kepentingan politik mengingat Ilyas Panji Alam juga Calon Incumbent di Bumi Caram Seguguk.

“Sebab saat ini, Ilyas Panji Alam masih merupakan Bupati aktif, ditambah lagi pelaksanaan Pilkada 2020 diundur. Kami tidak berfikir ke situ (politik), karena ini ada imbauan Bupati. Jadi di situ ada foto Bupati memakai pakaian dinas, bukan sebagai calon bupati," Terangnya.

00.50

Hari Ke 7 Ramadhan, 19 Ribu lebih Paket Ramadhan Didistribusikan

PALEMBANG, gmjnews.co.id– Sebagai upaya lanjutan dari pelaksanaan program Ramadhan yang mengusung campaign Kebahagiaan Ramadhan #DimulaiDariKita, Rumah Zakat terus melakukan upaya untuk menghadirkan kebahagiaan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya mereka yang memang sangat terdampak wabah Covid-19. Salah satunya dengan melaksanakan program khusus ramadhan penanganan Covid-19 yang terdiri dari enam program. 

Salah satu program yang saat ini sedang digencarkan oleh Rumah Zakat adalah program Kado Lebaran Yatim (KLY). KLY merupakan salah satu enam program yang diinisiasi oleh Rumah Zakat yang berupa bingkisan untuk anak-anak yatim dan dhuafa dari Aceh hingga Papua. 

Paket Kado Lebaran Yatim terus di distribusikan ke seluruh Indonesia, salah satunya oleh tim Rumah Zakat Palembang.  Pekan pertama Ramadhan Sampai hari Kamis (30/04/2020) Rumah Zakat Palembang mendistribusikan 72 paket KLY kepada anak yatim dhuafa yang ada di wilayah kota/kabupaten.

Penyaluran paket dilaksanakan melalui 2 skema. Sebanyak 5 anak yang rumahnya tidak jauh dari kantor Rumah Zakat penyerahan bantuannya dilaksanakan di kantor rumah Zakat. sedangkan 9 paket untuk anak lainnya yang jarak rumahnya agak jauh diantarkan langsung ke rumahnya oleh tim relawan Rumah Zakat.

Raut wajah ceria anak-anak terpancar ketika tim relawan rumah zakat menyerahkan bantuan kado Lebaran Yatim.

Habibi salah satu anak dhuafa sangat senang menerima Kado, ini terlihat saat tim Rumah Zakat memberinya bingkisan yang berupa peralatann sekolah dan aneka kue. 

“Makasih Banyak yah kak buat semua nya, semoga Allah membalas semua kebaikan kakak Rumah Zakat dan para Donatur Rumah Zakat yang sudah meberikan kebahagian bagi saya dan teman-teman,” Katanya.

Di hari ke 7 ramadhan ini, total paket Kebahagiaan Ramadhan #DimulaiDariKita yang sudah terdistribusi ke seluruh Indonesia adalah sebanyak 19.376 dengan rincian 12.012 paket Berbagi Buka Puasa (BBP), 1.269 paket Kado Lebaran Yatim (KLY), 3.797 paket Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), 2.254 paket Syiar Qur’an (SQ), serta 44 paket Janda Berdaya (JB).

Rumah Zakat terus mengajak masyarakat untuk terus berbagi di bulan Ramadhan ini, terutama membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. (Medi RZ)

Selasa, 28 April 2020

22.14

Rumah Zakat Berbagi Buka Puasa di tengah Covid 19

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bulan Suci Ramadhan dengan kondisi pandemi covid 19 tercatat 143 Positif pasien yang terkena virus Corona.  Rumah Zakat membantu meringankan warga Sukarami yg terdampak covid 19 dengan penyaluran perdana Program Berbagi Buka Puasa (BBP) di Masjid Muhajirin, RT. 32, RW. 11, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sukarami Kota Palembang Selasa (28/04).

Sebanyak 150 paket BBP yang di distribusikan langsung door to door kepada warga sekitar. Kegiatan ini dimulai pukul 16.00 s.d. selesai Fasilitator Rumah Zakat dan dibantu oleh DKM Masjid Muhajirin mendistribusikan dari satu rumah ke rumah.

Antusias warga penerima manfaat wilayah sekitar Masjid Muhajirin saat paket BBP dibagikan, program berbagi buka puasa ini sedikit banyak meringankan warga sukarami yang semakin hari semakin sulit dampak dari pandemi covid19.

"Alhamdulillah terimakasih banyak program berbagi buka puasa rumah zakat ini meringankan warga kami dan lingkungan mesjid muhajirin yang terdampak covid 19, semoga selalu berkah dan bertambah banyak kebermanfaatannya" ungkap ustadz Ridhwan DKM Masjid Muhajirin.

Sementara itu Sulaiman Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan mengajak semua warga untuk saling membantu dalam kondisi pandemic covid 19.

“Disaat Pandemi ini mari bersama kita saling membantu, Rumah Zakat di Ramadhan ini memiliki program Ramadhan Berbagi Buka Puasa untuk peduli masyarakat terdampak covid 19. Meskipun #dirumahaja sobat tetap bisa berdonasi dengan klik https://www.rumahzakat.org/donasi/#berbagi buka-puasa atau Transfer ke BNI Syariah 155 555 5589 a.n Rumah Zakat Indonesia Konfirmasi call centre 0811-7885-100”, tutupnya. (Medi RZ)
01.36

Kantor PWI OI Disemprot Disinfektan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI menyemprotkan cairan disinfektan di kantor sekretariat PWI OI, Selasa (28/4/2020).

Penyemprotan tersebut dilakukan ke setiap sudut ruangan kantor, mulai dari lantai ruang dalam hingga kelingkungan luar kantor PWI OI yang ada disebelahnya.

Ketua PWI OI Yasandi mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus corona. Selain itu juga memberikan perlindungan kepada seluruh pengurus wartawan yang ada di Kabupaten OI.

"Penyemprotan ini sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Karena kantor sekretariat sering digunakan untuk rapat-rapat," Kata Ketua PWI OI.

Namun di luar itu, Yasandi mengimbau agar para wartawan selalu memperhatikan kesehatan dan keamanan terutama saat melakukan liputan.

“Selalu gunakan alat pelindung diri saat bertugas. Dan juga selalu perhatikan kesehatan dan protokol dalam peliputan,” Ujarnya.

Ia juga meminta agar wartawan tidak menambah kepanikan masyarakat dalam membuat berita tentang virus corona dan Covid-19. 

“Jangan membuat berita yang bisa menimbulkan kepanikan. Berikan edukasi kepada masyarakat dan selalu patuhi etika jurnalistik,” Harapnya. (Red)

Sabtu, 25 April 2020

21.15

BPJAMSOSTEK Bersama Rumah Zakat Salurkan 100 Paket Kepada Keluarga dan Anak Yatim Dhuafa Terdampak Covid-19

PALEMBANG, gmjnews.co.id- BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel salurkan 100 Paket Kepada Keluarga dan Anak Yatim Dhuafa yang terdampak Covid-19 melalui Rumah Zakat Sumsel di kantor BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel, jln. Basuki Rahmat no.1303 A-B, Jum'at (24/04).

Mayriwan Ekaputra, selaku perwakilan BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel menyerahkan bantuan secara simbolis melalui Sulaiman selaku Branch Manager Rumah Zakat Sumsel. 

Mayriwan Ekaputra, selaku perwakilan BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel menyerahkan bantuan secara simbolis melalui Sulaiman selaku Branch Manager Rumah Zakat Sumsel. 

Arief Budiarto, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Sumbagsel menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk rasa empati BPJAMSOSTEK kepada masyarakat. Terlebih di masa wabah COVID-19 ini yang mana sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat. 

"Alhamdulillah kita bisa mengumpulkan sebagian rezeki untuk disalurkan kepada yag berhak sekalian untuk menyambut Bulan Suci Ramadan. Besar harapan bantuan ini memberikan sedikit keringanan bagi masyarakat dalam kondisi kesulitan ekonomi akibat wabah COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari". 

Ditambahkannya,"Kami berharap pihak Rumah Zakat bisa segera menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan bantuan ini menjadi suatu berkah bagi semua,”Pungkasnya

Bantuan kepada warga dhuafa terdampak Covid-19 ini diberikan kepada warga di wilayah kemuning dan seberang ulu 1, salah satunya Cikna (60th) yang awalnya biasa memenuhi kebutuhan pokok dari gaji anaknya, namun karena wabah covid ini anaknya di rumah kan dan tidak bekerja lagi. Sehingga sangat mempengaruhi stabilitas ekonomi. 

Sementara itu, Branch Manager Rumah Zakat Sulaiman mengatakan, bahwa kerjasama dengan BPJAMSOSTEK ini sudah sering dilakukan untuk terus membantu sesama dalam keadaan sulit seperti ini, kami sebagai mitra salur insyaallah akan amanah dalam menyalurkan bantuan dari BPJAMSOSTEK. 

“Semoga momentum Ramadhan ini bisa kita optimalkan dalam berbagi kebaikan dengan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19” tutupnya. 

"Terima kasih kepada BPJAMSOSTEK dan Rumah Zakat, paket ini sangat bermanfaat bagi kami, mengingat keadaan yg sulit di tengah wabah ini, semoga wabah ini cepat berakhir dan kami bisa mendapat pekerjaan lagi." Ujar pak Senen, salah satu penerima paket bantuan. (Medi RZ)

Kamis, 23 April 2020

04.28

Bupati OI Cek Persiapan Pendistribusian Bantuan Sembako

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) dalam waktu dekat ini bakal mendistribusikan paket sembako kepada seluruh Kepala Keluarga (KK) yang ada di Bumi Caram Seguguk. Paket sembako ini dibagikan sebagai wujud hadirnya pemerintah Kabupaten dalam penanggulangan dampak Covid-19.

Hal ini terungkap saat sidak Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam SE SH MM di Gudang Logistik Regional Sumatera Kementerian Sosial Indralaya, Kamis (23/04/2020). Dalam sidak ini Bupati OI didampingi Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi, Dandim 0402 OKI-OI Letkol Czi. Zamroni, Kajari OI Adi Tyogunawan, Sekda OI H. Herman, Asisten dan sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab OI.
Dalam kesempatan ini Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam menyampaikan paket ini dalam waktu dekat akan didistribusikan oleh Dinas Sosial yang mana skema penyalurannya dari kabupaten ke kecamatan dan selanjutnya ke Pemerintah desa.

“Dalam paket ini berupa beras premium 10 kg, mie instan 10 bungkus, sarden 6 kaleng dan kecap manis 1 botol,” Kata Bupati OI.

Orang nomor satu di Ogan Ilir ini menghimbau kepada seluruh masyarakat tenang, pasalnya bantuan ini akan diberikan kepada setiap kepala keluarga, untuk itu masyarakat dihimbau tetap dirumah.

“Saya menghimbau kepala desa jangan melayani bila ada warga yang datang ke kantor kepala desa atau dilokasi tertentu karena dalam suasana covid-19 ini, kita dilarang berkumpul dan saya juga menghimbau Pemdes agar menyebar bantuan tersebut langsung diantar ke rumah setiap warga,” tegas Bupati OI.

Sebagai informasi bahwasanya bantuan ini akan diberikan selama Pandemi virus corona dan karena gudang kementerian sosial ini tidak bisa menampung seluruh paket sembako tersebut jadi diterima secara bertahap untuk itu Bupati OI berharap agar warga bersabar

“Saya berharap agar warga bersabar dan taati anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona sembari terus berdo’a agar permasalahan ini segera selesai,” Pungkasnya. (Red)

Selasa, 21 April 2020

05.48

122.516 KK Dapat Sembako Dari Bupati Ogan Ilir


OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Guna meringankan beban masyarakat yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang terkena Dampak dari Pandemi Covid-19 atau Virus Corona, Pemerintah Kabupaten OI melalui Dinas Sosial akan membagikan Paket Sembako untuk 122.516 Kepala Keluarga (KK) yang ada di 241 Desa/Kelurahan yang tersebar di dalam 16 Kecamatan.

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam melalui Kepala Dinas Sosial, Irawan Sulaiman mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten OI yang diakomodasi Dinas Sosial bersama Tim dari OPD, dibantu Para Kades dan Camat dimasing-masing wilayah sedang mendata nama nama penerima bantuan.

"Untuk sementara sudah 7 Kecamatan yang terdata yang lainnya masih berproses, nantinya paket sembako akan dibagikan untuk 122.516 Kepala Keluarga di 241 Desa/Kelurahan yang tersebar dalam 16 Kecamatan se Ogan Ilir, adapun isi sembako tersebut diantaranya Beras 10 kg, sarden 6 kaleng, kecap 1 botol serta mie instan" Kata Kepala Dinas Sosial, Selasa (21/04/2020).

Lebih lanjut dikatakan Kepala Dinas Sosial, Pembagian sembako ke masyarakat tersebut berdasarkan jumlah KK Bukan jiwa, sebagaimana data yang kami peroleh berdasarkan usulan Kades, diketahui camat dan unsur forum komunikasi kecamatan.

"Jika nanti pembagian Sembako ini terjadi kekurangan maka akan kita tambah lagi sesuai instruksi Bupati, kebijakan ini untuk menghindari kecemburuan sosial, namun yang memang merasa mampu sebaiknya jangan menerima, akhir minggu ini atau awal minggu depan insya Allah sudah bisa didistribusikan langsung ke penerima secara bertahap, bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pendemi wabah Covid-19 Corona" Harapnya. (Red)

04.46

Jalan dan Jembatan Rusak, Pengendara Ngeluh

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kondisi jalan dan jembatan penghubung antara Desa Srijabo Kecamatan Sungai Pinang menuju ke Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan hingga ke Jakabaring Palembang saat ini mulai dikeluhkan oleh pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Keluhan tersebut dikarenakan saat ini ada beberapa titik kondisi jalan dan jembatan didaerah tersebut sudah mulai rusak dan sulit dilalui. Diantaranya jembatan yang berada di Desa Rantau Panjang Ilir dan Juga Jembatan di Desa Sejangko 1 serta Jembatan di Desa Sungai Lebung.
"Kalau tidak salah ada sekitar tiga jembatan yang kondisinya rusak, sehingga bagi kami para pengendara roda empat sulit untuk dilalui, karena jembatan tersebut berlobang dan hanya diperbaiki seadanya oleh warga setempat" Kata Firman salah satu pengendara mobil, Selasa (21/04/2020).

Ditambahkannya, "Bukan hanya jembatan, ada juga jalan cor beton yang pengerjaannya tidak sama, sekitar beberapa meter cor beton kemudian setelahnya tidak lagi cor beton, begitu selanjutnya, jelas kami harus ekstra hati-hati saat berkendara" Terangnya.

Dirinya juga berharap, alangkah bagusnya agar kiranya pemerintah setempat khususnya dinas terkait agar segera memperbaiki jalan dan juga jembatan yang sudah rusak.

"Karena ini kan merupakan jalan alternatif yang menghubungkan beberapa kecamatan yang ada di ogan ilir hingga menuju ke Jakabaring Palembang, ditambah lagi kalau lewat jalan ini bisa cepat dan terhindar dari macet" Imbuhnya. (Red)

00.53

Perlengkapan Isolasi Mulai Diisi di ruangan Anggota DPRD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah serah terima ruangan Anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk ruang isolasi beberapa waktu lalu, kini sudah mulai didatangkan Perlengkapan ruang isolasi oleh dinas kesehatan Kabupaten OI yang didampingi oleh Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si melalui Staf Bagian Umum Sekretariat DPRD OI Nopriandi dan Muslim, Selasa (21/04/2020)

Selain wujud kepedulian DPRD Kabupaten OI terhadap penanggulangan dan pencegahan terhadap penyebaran covid-19, Hal ini mengantisipasi apabila ruang Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten OI tidak tertampung lagi.

Dari pandangan fraksi Anggota DPRD pada saat Paripurna sehari sebelumnya, mengharapkan supaya ruang tersebut untuk segera difungsikan karena  mengingat Kabupaten OI sudah mulai terkepung dari berbagai kabupaten dan Provinsi yang sudah menjadi zona merah dan kuning. Namun Anggota DPRD bersama pemerintah daerah Kabupaten OI terus mengantisipasi supaya Covid-19 tidak menyebar dibumi caram seguguk. (Ril/Red)  

Senin, 20 April 2020

22.29

BPC HIPMI OI Peduli, Bagikan Masker dan Alat Cuci tangan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sesuai dengan arahan dari Bupati Kabupaten Ogan Ilir, dan juga Sebagai Upaya untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19, Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Ogan Ilir (OI), kembali membagikan Masker, dan tempat cuci tangan ke Masyarakat secara gratis, Selasa (21/04/2020).

Sejumlah masker dan alat cuci tangan tersebut, diberikan secara simbolis kepada Kepala Pasar Indralaya, Parta Angga Cipta, di Kantor Pasar.

Ketua BPC HIPMI OI, Sadra Nugraha , mengatakan, pembagian sejumlah masker dan alat cuci tangan tersebut, sebagi bentuk upaya Organisasinya membantu pemerintah melawan dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona di Ogan Ilir.
"Hari ini kita membagikan alat cuci tangan dan juga ribuan Masker yang Kita bagikan ini sebagai bentuk partisipasi BPC HIPMI Ogan Ilir, dalam membantu mencegah, dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona, selain masker yang dibagikan, kami juga menyerahkan tedmont tempat cuci tangan, lengkap dengan beberapa sabun Hand Sanitizernya, semuanya Kita berikan secara simbolis Kepada Kepala Pasar Indralaya" Kata Ketua BPC HIPMI OI, Sadra Nugraha.

Ditambahkannya, "Selain itu, kita juga akan menyerakan masker ke sejumlah tempat lain, yakni pondok pesantren, kecamatan Indralaya, dan beberapa tempat yang lain" Terangnya.

Sementara itu, Kepala Pasar Indralaya Parta Angga Cipta mengucapkan terima kasih karena telah memberikan bantuan, berupa masker dan juga alat cuci tangan ini.

"Kami berharap agar kiranya dengan bantuan ini masyarakat disini, karena ini kan pasar, semoga tidak ada virus corona tersebut dan tidak menyebar, dan juga sekali lagi terima kasih kepada HIPMI Ogan Ilir atas bantuannya. Untuk alat cuci tangan itu sendiri nanti akan kita letakkan didepan, dibelakang dan juga disamping" Ujarnya. (Red)

05.13

Pasca Ditemukan Covid-19, Pemkab OI Gerak Cepat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna Memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid -19) di Bumi Caram Seguguk. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) menambah Posko Covid -19 dari 7 posko menjadi 10 posko. 

Penambahan ini sebagai langkah gerak cepat Pemkab OI menindaklanjuti penetapan zona kuning oleh gugus tugas Covid -19 Provinsi Sumatera Selatan setelah diketahui adanya pasien positif terpapar virus corona berasal dari Ogan Ilir. 

Adapun posko covid-19 Kabupaten OI tambahan tersebut yakni posko perbatasan OI-Prabumulih (Desa Tanjung Bulan Kec Rambang Kuang), Posko Ogan Ilir - OKI  ( Desa Pandang Arang Kec. Kandis) posko perbatasan OI-Palembang/Banyuasin  (Desa Babat Saudagar Kec. Pemulutan).

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam SE SH MM melalui juru bicara covid-19 Kabupaten OI Wahyudi Wibowo SE M.Si mengatakan penambahan ini sebagai tindaklanjut karena adanya satu pasien positif  terpapar Covid 19. 

"Dengan adanya penambahan posko dari 7 menjadi 10 diharapkan langkah antisipatif bisa berjalan dengan maksimal, dan posko tambahan ini sudah berjalan sejak tanggal (19/4/2020) ujarnya , Senin  (20/4/2020) di ruang kerjanya. 

Sedangkan upaya yang dilakukan oleh tim posko covid-19 lanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pengendara yang masuk ke wilayah Ogan Ilir dan mendata perjalanan dan suhu tubuh masyarakat tersebut. Selain itu juga, upaya yang dilakukan.

"Pensterilan kendaraan dari luar Kabupaten,  melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan sosialisasi serta himbauan tentang bahaya covid - 19," Pungkasnya. (Red).
04.53

Tim Satgas Covid-19 Terima Bantuan dari PMI OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Rangka Kesiapsiagaan, Pencegahan, Pengendalian dan Percepatan Penanganan Corona virus disease (Covid-19), Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) memberikan bantuan berupa tempat cuci tangan portable, Alat Pelindung Diri (APD), masker dan hand sanitizer kepada Tim Gugus Percepatan Penanggulangan Covid-19 OI, Senin (20/04/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 OI ini dihadiri oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah OI.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua PMI OI Hj. Meli Mustika kepada Ketua Tim Gugus Fungsi H. Herman, SH, MM dan relawan PMI OI.

"Palang Merah Indonesia Ogan Ilir hari ini berikan bantuan yakni berupa 10 unit tempat cuci tangan portable, 10 paket APD untuk posko gugus fungsi, 25 paket APD untuk puskesmas di Ogan Ilir, 30 paket APD ke IDI Ogan Ilir 1600 masker dan 800 botol hand sanitizer" Kata Ketua PMI OI Hj. Meli Mustika.

Sementara itu, Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan bantuan berupa tempat cuci tangan portable, APD lengkap, masker dan hand sanitizer ini merupakan Donasi dari PMI Ogan Ilir untuk Tim Gugus Penanggulangan Covid 19 yang nantinya akan didistribusikan ke rumah sakit, puskesmas, dan instansi terkait.

“Hari ini kita menerima bantuan alat pelindung diri atau APD untuk semua puskesmas dan instansi terkait seperti BPBD, Damkar dan lainnya,” Kata Bupati.

Ditambahkannya "Semoga bantuan APD yang diserahkan ini nantinya dapat membantu Tim Gugus Beserta Instansi terkait lainnya dalam menjalankan fungsi percepatan penanggulangan wabah virus corona khususnya di Ogan Ilir" Harapnya. (Red)
04.29

Peternak Binaan Rumah Zakat Tanam Rumput Sendiri

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Relawan Rumah Zakat, hari ini Senin (20/04/2020) melakukan supervisi ke peternak binaannya, Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB tersebut, diikuti oleh kelompok ternak sapi angkatan pertama yang saat ini telah memiliki 8 ekor sapi yang terdiri dari 5 ekor sapi jantan dan 3 ekor sapi betina. 

"2 ekor sapi betina telah dikawinkan, dan salah satunya telah menunjukkan tanda tanda kehamilan" Kata Ari Saputra Relawan Rumah Zakat. 

Dikatakannya bahwa kendala yang dihadapi oleh peternak saat ini adalah sulitnya mendapatkan rumput untuk pakan sapi, karena saat ini musim bercocok tanam banyak lahan dibuka untuk tanaman padi dan juga banyak pertenak lain yang mengambil rumput disekitar desa.  

"Oleh sebab itu, Pak Umari (45), selaku ketua kelompok berinisiatif menanam rumput odot sendiri dilahannya dan sekarang, rumput-rumput tersebut telah tumbuh dengan subur" Ujarnya.

Dijelaskannya, "Selain itu, Pak Umari juga dipinjamkan mobil Pickup dari saudaranya, sehingga bisa membantu pak Umari untuk dapat mengambil rumput yang jaraknya jauh kiloan meter untuk pakan" Terangnya. (Red)
04.19

Sambut Ramadhan, Relawan Rumah Zakat bersama Remaja Ikuti Pelatihan dan Bersihkan Masjid

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ditengah mewabahnya virus Corona dan pembatasan ruang publik, tidak menyurutkan semangat Relawan dan Irma (Ikatan Remaja Masjid) Albarokah desa Berdaya Talang Balai Baru II Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk menyebar kebaikan.

Seperti yang dilakukan hari ini, Senin (20/04/2020) dalam Program Pembinaan Masyarakat, Relawan dan Irma Albarokah melakukan kegiatan pembersihan Masjid dengan menyemprotkan disinfektan untuk kedua kalinya setelah bulan lalu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus. 

"Salah satu langkah menyambut bulan suci ramadhan, ya ini dengan mensterilkan masjid" Kata Hendra (35) salah satu Penerima Manfaat Rumah Zakat yang turut membantu.

Sementara itu, Relawan Inspirasi Rumah Zakat Ari Saputra (30) merangkul dan mengajak adik-adik IRMA Albarokah untuk belajar membuat masker kain buatan sendiri. 

"Hari ini kedua kalinya pelatihan buat masker, hasil karya masker adik-adik IRMA ini diperuntukan bagi masyarakat desa berdaya dan sekitarnya secara gratis" Ujar Ari Saputra. (Red)

Sabtu, 18 April 2020

06.54

Pencairan BLT Desa Diawasi Ketat, Jangan Main-main !


Pemerintah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga desa mulai April hingga Juni. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan pengawasan ketat akan diterapkan dalam Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga desa yang terdampak wabah Covid-19.

"Tujuannya supaya program yang didorong oleh Presiden Jokowi ini tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh penumpang gelap," kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/4/2020)

Dia meminta pemerintah daerah , kepala desa, perangkat desa, Pendamping Desa dan juga masyarakat aktif mengawasi pelaksanaan program BLT ini .

"Laporkan segera jika ada kejanggalan- kejanggalan di Lapangan," ujar Budi.

Menurut Budi Arie, program BLT untuk warga miskin di desa adalah salah satu upaya pemerintah meringankan beban masyarakat akibat wabah Covid-19. Progam BLT Desa ini sebagai wujud perhatian kepada warga desa yang menderita akibat imbas Corona

Di sisi lain Corona sudah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bencana nasional sehingga semua pihak harus menjaga keberhasilan program BLT tersebut.

"Jangan ada pihak yang memanfaatkan wabah Covid-19 untuk kepentingan pribadi, ternasuk mempermainkan dana BLT. Kami berharap tidak ada temuan- temuan dan kasus hukum untuk program ini, " kata Budi Arie.

Budi menjelaskan bahwa program BLT tersebut dibiayai dengan APBN sebesar sekitar Rp 22 triliun. Anggaran program BLT diambil dari sebagian Dana Desa tahun 2020 yang totalnya Rp 72 triliun.

Masyarakat miskin di desa akan mendapatkan BLT sebesar Rp 600 ribu tiap kepala keluarga per bulan selama tiga bulan dari bulan April hingga Juni.Ada sekitar 12 juta keluarga yang akan menerima manfaat dari program ini.

Dia menegaskan bahwa mekanisme pengawasan juga tengah disusun untuk memastikan program BLT berjalan tepat sasaran dan efektif sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Progam BLT Desa ini harus tepat sasaran. Cash transfer ini berguna untuk menghidupkan daya beli masyarakat desa yang terpukul. Pendataan warga penerima program ini sedang dilakukan. Jangan sampai tumpang tindih dengan program PKH , Bantuan Pangan Tunai Non agar tetap sasaran. Warga desa yang berhak wajib menerimanya. Harus tepat sasaran , " ujar Wamendes Budi Arie. [detik.com]
03.30

Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang Sosialisasi dan Bagi Masker

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai Bentuk Kepedulian dan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) melakukan Sosialisasi dan juga Pembagian Masker serta Handsanitizer kepada Warga yang berada di Kecamatan Rantau Panjang, Sabtu (18/04/2020).

" Ya, hari ini kami dari Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang, terus berusaha untuk ikut membantu masyarakat, dan tak henti-hentinya melakukan aksi sosialisasi dan pembagian Masker serta Handsanitizer" Kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Rantau Panjang Zevri Iskandar.
Ditambahkannya, "Sebenarnya sudah dari tadi malam kita melakukan hal ini, dan dilanjutkan pagi ini, ini semua sebagai bentuk kepedulian sosial Warga Karang Taruna dan tak luput juga sebagai bentuk kepedulian warga yg ikut serta bergotong royong membantu kegiatan ini" Terangnya.

Dikatakan Zevri, bahwa untuk kegiatan ini banyak sekali masyarakat yang ikut membantu, mulai dari ikut menyumbangkan masker dan handsanitizer serta bingkisan kepada petugas Post yg ada di desa-desa.

"Adapun masker yang dibagikanSekitar 1000 masker, 200 dari bantuan Karang Taruna Kecamatan dan sisanya hasil sumbangan sukarela dari warga, baik warga dari dalam Kecamatan maupun luar Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan ilir" Imbuhnya. (Red)