Gemilang Terkini

Senin, 26 April 2021

04.30

Wartawan Di Kabupaten OI Terima Kartu BPJS Ketenagakerjaan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di ruang rapat kerja Bupati Ogan Ilir Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Senin (26/04/2021). Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar diwakili Asisten III Drs. H. Lukmansyah didampingi Staf Ahli Bupati, Disnakertrans OI bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang yang diketuai oleh Zain Setyadi secara simbolis menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir. 

Asisten III menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada semua pihak dalam kegiatan penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada PWI Kabupaten Ogan Ilir. Semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

"Pemkab OI sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berjalan, seperti BPJS untuk perangkat Desa, tenaga Non Asn, serta untuk Wartawan yang ada di Ogan Ilir," Katanya.

Dikatakannya, pemberian kartu kepesertaan BPJS ini sebagai bentuk kepedulian dan keseriusan pemerintah dalam mensejahterahkan masyarakat pekerja dengan program-program untuk perlindungan kerja.

"Mudah-mudahan sinergi dan kerjasama yang terjalin ini kedepannya semakin baik lagi, " harap Asisten III Setda OI.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, Zein Setyadi menambahkan bahwa wartawan merupakan pekerja yang rentan, penuh resiko dengan tingkat mobilitas kerja yang tinggi setiap saat dan dimanapun. Kalau tidak ada perlindungan jiwa melalui jaminan sosial, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, para jurnalis bisa lebih tenang dan tidak lagi khawatir.

"Koordinasi BPJS dengan Pemkab OI melalui Disnakertrans OI dapat lebih baik lagi dalam memberikan dukungan bagi para pekerja yang ada di Kab. Ogan Ilir khususnya," ucap Zain Setyadi.

Sementara itu, Ketua PWI Ogan Ilir, Yasandi mengatakan, ada 35 orang wartawan di Ogan Ilir yang mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan ini.

"Layanan BPJS ketenagakerjaan bagi anggota PWI mencakup Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK)," jelas Yasandi.

Menurutnya, PWI Ogan Ilir berinisiatif mendaftarkan para anggotanya sebagai peserta BPJS demi jaminan bagi wartawan saat bertugas.

Setelah pendaftaran gelombang pertama, selanjutnya PWI Ogan Ilir sedang menghimpun data calon peserta BPJS gelombang kedua.

"Untuk gelombang kedua, masih kami data penerima kartu atau sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," jelas Yasandi. (Red)

Senin, 19 April 2021

17.01

Wabup dan Ketua DPRD OI Kecewa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Ogan Ilir (OI) H Ardani kecewa saat melihat nyaris seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak hadir dalam sidang paripurna DPRD Ogan Ilir, Senin (19/4/2021). Tak hanya itu Ketua DPRD Ogan Ilir H Suharto Hasyim yang memimpin rapat paripurna juga mengaku kecewa.

Bahkan menurut H Ardani, karena sidang paripurna hari ini membahas evaluasi kinerja perangkat daerah, kepala OPD seakan acuh tak acuh.

“Tadi saya melihat diawal yang hadir hanya dua OPD, agak kaget juga, kenapa? Karena ini pembahasan kinerja kita di tahun 2020 dan dewan butuh kehadiran mereka, di setiap tahapan seharusnya mereka hadir,”kata Wabup OI Ardani

Dikatakan Ardani, melihat kondisi tersebut ia akan segera melapor ke Bupati Panca agar membuat surat langsung kepada seluruh OPD agar wajib hukumnya untuk menghadiri rapat paripurna seperti ini, dan tidak boleh berwakil.

“Dan kalaupun berhalangan harus seijin tertulis dari Pak Sekda H Muhsin,” tegas Ardani

Ketika ditanya apakah akan ada sanksi terkait ketidakhadiran kepala OPD tersebut, Ardani mengatakan bahwa itu akan jadi bahan evaluasi kepala daerah.

” Tentu itu akan jadi bahan evaluasi kepada daerah dalam hal ini Pak Bupati Panca,” jelas Ardani

Sementara Ketua DPRD Soeharto Hasyim yang memimpin sidang paripurna itu juga tidak bisa menutupi rasa kecewanya. Soeharto mengatakan, sebenarnya anggota DPRD Ogan Ilir sudah akan menginterupsi soal ketidak hadiran kepala-kepala OPD dalam sidang paripurna itu tapi didahului oleh Wakil Bupati. Oleh sebab itu DPRD Ogan Ilir mengapresiasi Wakil Bupati Ardani tersebut.

“DPRD Ogan Ilir mengapresiasi wakil bupati tadi, mestinya kita  yang menginterupsi sebab memang tadi kita lihat OPD tadi boleh dikatakan tidak ada yang hadir, (padahal) ini adalah sidang paripurna membahas kinerja bupati dan OPD, seharusnyo OPD itu semuanya hadir hari ini, karena kita sudah bersurat menginstruksikan agar  OPD itu hadir dengan pakaian lengkap, kalaupun tidak memakai jas minimal memakai pakaian lengkap dengan tanda pangkat, jadi kita mengapresiasi statmen keras dari wakil bupati tadi,” tegas Soeharto.

Soeharto sendiri mengaku kecewa, namun menurutnya tidak perlu disampaikan, hanya saja Soeharto berharap agar saat rapat pansus yang akan digelar tak lama lagi  seluruh kepada OPD hadir.

“Kecewa sih kecewa, tapi tak perlu disampaikan, namun saya berharap saat rapat pansus nanti, ada empat pansus seluruh kepala OPD hadir,” kata Soeharto.

Sebelumnya dalam sidang paripurna DPRD Ogan Ilir hari ini yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ardani dan PJ Sekda Ogan Ilir Muhsin Abdullah hanya terlihat tiga orang perwakilan OPD yang hadir, padahal rapat tersebut membahas ke kinerja Bupati dan Kepala OPD. (JS/Red)

16.55

Wabup Ardani Berharap Peran Aktif Media Demi Kemajuan OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Audiensinya Para Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir  merupakan mitra utama Pemkab Ogan Ilir (OI), dalam memberikan informasi hasil pembangunan, tidak akan ada artinya kinerja Pemkab OI kalau tidak ada dukungan dari PWI.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani didampingi Asisten III H.Lukmansyah dan Kadin Kominfo OI Wahyudi Wibowo, Jumat (16/4/2021) menurutnya wartawan yang tergabung dalam PWI sangat berperan penting dan menjadi mitra Pemkab OI dalam hal publikasi pembangunan dalam kabupaten OI terutama dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk itu pihaknya meminta kepada Dinas Kominfo untuk mendata ulang, memverifikasi media yang ada di OI. Karena suport dari media sudah kami rasakan peran aktifnya untuk kemajuan OI,” Kata Wabup OI H Ardani.

Ketua PWI OI Yasandi mengatakan anggota PWI OI berjumlah 54 orang yang keanggotaannya sudah terverifikasi sebagai anggota PWI. (Red)


Jumat, 16 April 2021

19.40

Berbagi Buka Puasa Untuk Kakek Nasir

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Kakek M Nasir(67) adalah penyandang tunanetra yang hidup berdua dengan anaknya. Ia bertahan hidup dengan hanya mengandalkan gaji anaknya yang bekerja sebagai buruh harian. Kakek nasir tidak bekerja lagi sebagai tukang pijit karena mengalami beberapa masalah kesehatan. 

Dengan menyandang tunanetra di tambah masalah kesehatan akibat usia senjanya yang di alami kakek nasir, tidak mengurangi semangatnya untuk terus belajar Al Quran braille serta menuntaskan puasanya di bulan ramadhan ini. 

Rumah zakat support kegiatan Komunitas tunanetra Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia(ITMI) mengadakan pesantren kilat untuk bulan ramadhan ini, sebagai sarana belajar baca Al-Qur'an braille serta ilmu agama untuk penyandang tunanetra. 

"Alhamdulillah trimakasih rumah zakat  dan semua donatur banyak nasi kotak ini untuk berbuka puasa hari ini semoga mendapat keberkahan dan terlaksanakan semua hajat hajatnya" ujar kakek nasir, kamis (15/04/2021). (Medi RZ)

Kebaikanmu adalah cahaya yang bahkan tunanetra pun bisa melihatnya dengan jelas.  
Salurkan kebaikanmu untuk Kakek nasir dengan cara:
Donasi Berbagi Buka Puasa Rp37.500 

Rek Donasi
Mandiri 132000 481 974 5
BCA 094 301 6001
BSM 701 551824 8 
BNI Syariah 155 555 5589
a.n Yay Rumah Zakat Indonesia.
Konfirmasi Bukti Transfer WA 0853 7414 9199

Senin, 12 April 2021

14.53

STITQI Resmi Jadi Institut Islam Al-Quran Ittifaqiah Indralaya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quran Al-Ittifaqiah (STITQI) mulai hari ini (11/4) berganti status menjadi institut tepatnya Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifqiah Indralaya.

Pergantian status ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No 327 tahun 2021 tentang Izin Perubahan Bentuk STITQI menjadi Institut.

“Al-Ittifaqiah Indralaya sudah sangat layak untuk mendapatkan institut, selain sebuah lembaga terbaik di Sumsel juga berpengaruh di Nusantara. Dengan beralihnya status dari sekolah tinggi menjadi institut tentu saja keberkahan luar biasa bagi keluarga besar Ittifaqiah”.

“Anugerah ini wajib kita syukuri melalui peningkatan mutu pendidikan tinggi khususnya di Ogan Ilir dan Sumatera Selatan. Jadikan masa pandemi, resesi ekonomi dan tantangan revolusi menjadi motivasi pengembangan pendidikan Islam, bukan penghambat untuk ukir prestasi”, ungkap Mudir Drs. K.H.Mudrik Qori, M.A.

Saat ini IAIQ memiliki 6 program studi yaitu Pendidikan Agam Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Anak Usia Dini, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Ilmu Al-Quran Tafsir.

“Insyaallah dalam waktu yang sangat dekat, IAIQ segera membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk pasca sarjana program studi Pendidikan Agama Islam”, ujar Wakil Rektor III IAIQ ustad. Suib Rizal, M.Pd.

Hadir dalam pertemuan ini Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Dr. H. Suyitno, M.Ag., Rektor IAIQ KH. Mukhyidin, M.A., ketua yayasan Islam Al-Ittifaqiah KH. Muhammad Joni Rusli, S.Pd.I., unsur civitas IAIQ, dosen dan sebagian mahasiswa yang tergabung dalam BEM. 

Sumber: https://ittifaqiah.ac.id/stitqi-resmi-jadi-institut-agama-islam-al-quran-al-ittifaqiah-indralaya/

Selasa, 06 April 2021

21.03

Iptu Iklil An anuari Jabat Kapolsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Melalui Surat Telegram dengan Nomor SKep/308/IV/2021 tanggal 1 April 2021, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri menunjuk Iptu Iklil Ananuari sebagai Kapolsek Pemulutan.

Diketahui Iklil sebelumnya menjabat sebagai Ps Panit 2 Unit 1 Subdit II Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandy yang memimpin serah terima jabatan (sertijab) ini, berpesan agar Kapolsek Pemulutan yang baru segera menyudahi diri.

"Untuk Kapolsek yang baru, segera menyesuaikan diri, pelajari karakter anggota, lingkungan. Pelajari juga dinamika masyarakat dan lakukan kegiatan sebaik mungkin untuk menunjang Harkamtibmas," pesan Yusantiyo saat memberikan amanat pada sertijab di halaman Mapolres Ogan Ilir, Indralaya, Rabu (7/4/2021) pagi pukul 08.00.

Seperti diketahui sebelumnya, salah satu Kapolsek di wilayah hukum Polres Ogan Ilir, AKP Apriyadi meninggal dunia karena sakit.

Kabar duka ini disampaikan Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Kaur Humas, Iptu Abdul Haris.

"Assalamualaikum. Mohon ijin komandan dan rekan-rekan Polres Ogan Ilir. Innalillahi wainnailaihi rajiun. Telah meninggal dunia AKP Apriyadi Kapolsek Pemulutan pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021 sekira pukul 20.40 WIB di Rumah Sakit Charitas Palembang," kata Haris melalui rilis yang diterima wartawan.

Kabar meninggalnya Kapolsek Pemulutan yang dikenal ramah ini telah menyebar di grup WhatsApp khususnya di lingkungan kerja almarhum Apriyadi di Polres Ogan Ilir.

"Mohon doa agar beliau husnul khatimah dan diampuni segala dosa serta diterima amal perbuatannya," Kata Haris. (***/Red)
19.58

Meningkatkan Sumber Daya Manusia Bupati Banyuasin Lepas 256 Peserta Pelatihan

BANYUASIN, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Banyuasin melepas 256 Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan ProduktivitasTahun Anggran 2021 di UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Banyuasin Jalan Lingkar Banyuasin KM. 48,5 Kelurahan kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III Pangkalan Balai.

Menurut Bupati Banyuasin Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas melalui Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi seperti ini menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran."terangnya".

Pemkab Banyuasin  menyadari tuntutan kualitas tenaga kerja makin hari makin meningkat, tuntunan mutu yang kian menjadi sorotan dalamdunia usaha. Persaingan yang semakin besar membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai.

Oleh karena itu dengan dilaksanakannya Pelatihan Berbasis Kompetensi ini diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut.

Askolani juga mengatakan Pelatihan Berbasis Kompetensi ditopang oleh tiga pilar utama. Pertama, untuk membangun SDM unggul berbasis kompetensi diperlukan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kedua, Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup Pengetahuan, Keterampilan,dan Sertifikasi.

Sertifikasi Kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi sesuai standar kompetensi, dan dilaksanakan oleh lembaga yang memiliki otoritasseperti Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), kata Askolani

Askolani juga menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan agar hendaknya ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh dapat di aplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat dan berdaya guna.

Saya yakin dan percaya bahwa dengan mendapat pelatihan ini, saudara nantinya akan dapat menjadi orang yang sukses,

”Marilah secara bersama-sama kita bahu membahu, membulatkan tekad menuju Banyuasin Bangkit dengan meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Bumi Sedulang Setudungini,”

“sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia yang ada di Kabupatenkita ini kata Askolani

Sementara itu kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H Noor Yosept  Zaath ST, MT mengatakan

Tuntutandunia kerjadan industri adalah tersedianya sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas. Peningkatan SDM manusia yangdilakukan secara komprehensif meliputi knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan), dan attitude (sikap).

Ke tiga ranah ini akan menjadi indikator keberhasilan dalam proses pengembangan sumber daya manusia yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan yang terprogram dan berkesinambungan.

Dalam mewujudkan Visi & Misi Bupati/Wakil Bupati Banyuasin diantaranya “Meningkatkan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Kesehatan Yang Berkualitas”,

Noor Yosept  juga mengatakan khususnya bagi para pencari kerja yang akan menempati kualifikasi jabatan tertentu di dunia industri,

maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui UPTD BLK Banyuasin mengambil peranan sebagai salah satu balai latihan yang menyelenggarakan berbagai macam program Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Sementara itu mengenai Instruktur menurut  Noor itu berasal, berasal dari Instrukur PNS dan Non PNS di lingkunagn UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Banyuasindan Instruktur Lembaga Pelatihan Kerja Swasta binaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuasin.

Sehingga tujuan terciptanya sumber daya manusia yang professional dan kompeten dibidangnya. sesuai dengan tuntutan para penyedia lapangan kerja dapat kita penuhi

Kepala dinas Depnakertrans juga mengatakan pada tahun 2020, Balai Latihan Kerja Kabupaten Banyuasin telah menyelesaikan tugas pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kompeten sebanyak 15 paket pelatihan dengan lulusan sebanyak 256 peserta yg siap memasuki dunia usaha dan dunia industri.

Penyerapan lulusan melalui Kegiatan Pamaren Pasar Kerja (Job Fair) sebanyak 61 orang yang tersebar di beberapa perusahaan dan 64 peserta membuka UMKM di bidang Jahit, Las, Otomotif, Salon dan Barber serta Make Up Artist.

80% peserta telah mengikuti program Kartu Prakerja dan 20% ikut Bantuan UMKM di Dinas Perdagangan, Industri dan UMKM Kabupaten Banyuasin Pada Program Kartu Prakerja oleh Pemerintah RI.

Alhamdulillah, Banyuasin mendapatkan kuota terbanyak ke 2 se-Sumsel sebanyak 17.123 peserta dari target yang kita usulkan sebanyak 7.882 orang, ujarnya. (RilisSMSIBanyuasin)
19.54

Ciptakan Barista Handal, Dinas Perindustrian Sumsel Gandeng Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Gelar Bimtek

OKUS, gmjnews.co.id- Guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk yang dihasilkan, kementrian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan gandeng Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Selatan gelar Bimtek Barista Bagi IKM Kopi di Kabupaten OKU Selatan selama Tiga Hari yang dimulai dari Selasa  hingga Kamis 8 April 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Rakopa Cafe atau Sekretariat bersama Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Selatan. Dan materi yang diberikan terutama menyangkut Roasting Coffee (proses sangrai kopi) yang merupakan proses utama karena akan menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan.

“Kegairahan para konsumen atau penikmat kopi maupun kafe-kafe kopi saat ini patut disambut gembira. Namun, juga jadi tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya IKM bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi,” ujar Kasi Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel, Drs. H, Harliman.

Untuk itu, pihaknya didukung oleh Kementerian Perindustrian dan Aneka Usaha Kemenkop dan Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Selatan mengambil inisiatif menggelar Bimtek yang intinya diarahkan untuk mempercepat peningkatan kualitas produk kopi dan difokuskan pada proses roasting coffee.

“Mengapa demikian? Karena proses ini sangat menentukan cita rasa kopi yang akan dinikmati konsumen. Dengan kalimat lain, tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial dibanding dengan semua tahapan pengolahan kopi lainnya. Cita rasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan,” jelas Harliman.

Lebih lanjut Drs Harliman menjelaskan, pelaku usaha kopi dari kalangan IKM juga akan diperkenalkan dengan peralatan roasting oleh pihaknya. Sedangkan terkait peluang memasuki akses pasar lokal, domestik dan global akan dibantu, atau oleh praktisi coffee ranger.

Dalam konteks tersebut Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan mengundang Duta Kopi Sumsel sebagai mitra kerja sekaligus menjadi narasumber sesuai keahlian di bidang masing-masing. Adapun narasumber atau instruktur tersebut yakni Ian Muhazan (Duta Kopi Sumsel) dan Bimtek ini diikuti 20 orang terdiri atas pengurus atau anggota IKM di OKU Selatan.

Sementara itu Rohman., M.pd, Ketua Ekraf Kaya Raya SMSI OKU Selatan mengatakan adanya Bimtek ini merupakan salah satu cara pengembangan IKM, untuk peningkatan daya saing produk IKM, agar tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar, “naik kelas” (scaling up), demi mendukung kemandirian perekonomian nasional dan daerah, serta arah strategi memperkuat keberadaan dan posisi IKM, baik di kancah lokal, nasional dan internasional.

Mengapa demikian, kata Rohman karena kenyataannya kini masih banyak IKM yang belum dapat tumbuh dan berkembang. Terutama permasalahan intern klasik yang tidak dapat diselesaikan kalangan IKM. 

"Kami masih memerlukan motivasi dan dukungan pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah supaya dapat meningkatkan produktivitas usaha yang bersifat prospektif",jelasnya

Dikatakan Rohman, pihaknya melalui Ekraf Kaya Rasa SMSI OKU Selatan akan terus berupaya meningkatkan potensi kopi varietas yang sangat baik untuk mempercepat peningkatan kualitas produk kopi yang difokuskan pada roasting coffee. Mengingat proses ini sangat menentukan citarasa kopi yang akan dinikmati. 

"Saya dengar cita rasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung bagaimana proses roasting ini dilakukan,” ujarnya.

Hal senda juga disampaikan Ketua SMSI OKU Selatan, Sri Fitriyana, yang mengatakan, kegiatan bimtek tersebut difokuskan untuk menganalisa manfaat keberadaan energi terkait pengembangan usaha, memberikan kemampuan merancang, melaksanakan dan mengelola, usaha produktif, memahami kewirausahaan dan operasionalisasi usaha produktif khususnya kopi dari sumber energi mikro hidro.

Lebih lanjut Sri mengatakan,  Seperti kita ketahui, beberapa waktu yang lalu Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru telah merilis Sistem Informasi Online IKM (Industri Kecil Menengah) Sumsel (Simfonis) di Griya Agung Palembang. 

Dikatakanya, Simfonis tersebut dinilai dapat menjadi wadah bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Sumsel.

"Apa yang digagas itu untuk mempermudah informasi bagi IKM, sehingga informasi yang diterima semakin cepat," jelasnya.

Menurutnya, informasi yang cepat merupakan syarat mutlak untuk keberlangsungan IKM. Di Simfonis, IKM dapat melihat informasi terkini terkait kualitas, kuantitas, termasuk harga terkini dari sebuah produk yang tengah dipasarkan.

"Saat ini pelaku usaha memang butuh informasi yang real time. Adanya Simfonis ini memberikan kemudahan bagi IKM untuk lebih mengembangkan usaha yang dirintis diantaranya dengan berbagi pengalaman dan wawasan karena dunia usaha itu tidak stagnan, selalu ada pembaharuan-pembaharuan" tuturnya. (RilisSMSIOKUSelatan)
07.35

Wabup Ogan Ilir Ajak Elemen Masyarakat Cegah Konflik Sosial Sejak Dini

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat dirua ng Rapat Bupati Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Ogan Ilir (OI) H. Ardani hari ini, Selasa (06/04/2021) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Konflik Sosial dan Isu Radikalisme serta Isu Terorisme di Kabupaten Ogan Ilir.

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani menyampaikan bahwa konflik sosial memang harus ditangani secara sistematis dan terencana, karena keberhasilan penanganan konflik sosial akan berdampak positif bagi kehidupan, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. 

"Semua elemen organisasi stakeholder yang ada di Kabupaten Ogan Ilir harus bersatu dan bersinergi untuk menjaga zero konflik yang ada di Kabupaten Ogan Ilir ini," Kata Wabup OI H. Ardani

Dirinya juga menambahkan, hal-hal yang memicu terjadinya sebuah konflik sosial, kemajemukan agama, suku, dan golongan, bisa dicegah sedini mungkin.

"Kontestasi politik, seperti pilpres dan pilkada, bisa juga menimbulkan konflik sosial apabila masyarakat tidak dewasa dalam mengikuti isu-isu politik. Sekarang, harus berhati-hati terhadap dampak media sosial, yang bisa menimbulkan konflik sosial yang lebih luas" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Mari bersama kita menjaga Ogan Ilir ini agar selalu kondusif dari segala macam konflik, karena sebagaimana diketahui Kabupaten Ogan Ilir ini merupakan Kabupaten yang dikenal dengan Kota Santri," Imbuhnya. 

Hadir dalam Rakor tersebut Forkopimda Ogan Ilir, Tim Kewaspadaan Dini Pemda, Dandim 0402 OKI/OI, Kapolres OI, Kajari OI, Ketua DPRD OI, Asisten Setda OI, Ketua PWI OI, MUI, FKDM, FPK, FKUB dan Kepala OPD Pemkab OI. (Red)
00.34

Bupati OI : Melalui Pekan Kreasi KMOI Kita Wujudkan Generasi Muda Kreatif Dengan Jiwa Sportivitas, Solidaritas, Kreativitas di Era Milenial

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar didampingi Disdikbud Ogan Ilir menyambut baik Audiensi KMOI dalam rangka KMOI CUP VI Pekan Kreasi KMOI 2021 dengan Tema "Tumbuhkan Semangat Solidaritas, Sportivitas, dan Kreativitas Melalui Pekan Kreasi KMOI", Selasa (6/4) bertempat di Ruang Rapat Kerja Bupati.

Bupati OI Panca menyampaikan Pemerintah Ogan Ilir mendukung penuh segala kegiatan kepemudaan yang bernilai positif dalam mengembangkan Bakat, Kreativitas serta menumbuhkan jiwa Sportivitas kepada generasi muda di Ogan Ilir.

"Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan memfasilitasi kegiatan ini dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan karena di masa pandemi Covid-19 ini adapun bantuan perlengkapan berupa masker," ungkapnya.

Diri berharap, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kepemudaan dan kemahasiswaan yang ada di Ogan Ilir serta kedepan dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten sesuai dengan slogan Ogan Ilir bangkit kembali.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Ogan Ilir yang telah menyambut baik kedatangan kami," ucap Ketua KMOI M. Hakim Ansori.

Menurut Ansori, audensi tersebut bertujuan ingin meminta suport kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Event KMOI CUP VI Pekan Kreasi KMOI 10-11 April 2021 dengan 2 Cabang Olahraga, Futsal dan E-Sport. (Ril/Red)

Senin, 05 April 2021

22.28

Wali Kota Prabumulih Imbau Kendaraan Berat Tak Lewati Jalan Kota

PRABUMULIH, gmjnews.co.id– Menyusul terjadinya keresahan warga Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat atas mobilisasi kendaraan berat milik perusahaan tambang batubara yang melintasi jalan perkampungan beberapa waktu lalu, ditanggapi Wali kota Prabumulih, Ridho Yahya.
“Kami mohon dengan sangat kepada pihak perusahaan untuk mematuhi peraturan wali kota, sayangilah kota kami,” ucapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Senin (5/04/2021).

Ridho Yahya berharap kepada pihak perusahaan agar mematuhi peraturan walikota (Perwako) yang telah dibuat, yang salah satu isinya melarang angkutan batubara dan mobil besar melewati jalan kota.

Selanjutnya, dirinya juga mengajak warga Kota Prabumulih untuk bersama-sama menjaga jalan agar tidak dilintasi kendaraan berat terutama yang melebihi tonase karena ditakutkan akan menyebabkan jalan rusak sebelum waktunya.“Kepada masyarakat Kota Prabumulih sama-sama kita jaga jalan kita jangan sampai rusak sebelum waktunya,” seru adik kandung Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya ini.

Terpisah, Lurah Gunung Kemala, Jusmairi SE melalui Sekretaris Lurah, Tohirin S.Pd mengatakan, pihaknya telah memanggil pihak perusahaan PT.Dana Artha Mining (DAM) yang diwakili oleh Pelaksana Lapangan Jefri Nugroho, untuk bersama-sama memperbaiki jalan yang rusak.“Tadi pihak perusahaan sudah kami panggil dan mereka sepakat untuk memperbaiki jalan dengan Langka Kedaruratan sebelum dilakukan cor beton,” sebut Tohirin, ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut Tohirin menyampaikan, akan segera memanggil seluruh perusahaan yang melintasi jalan pal 6 yang diduga rusak oleh mobilisasi perusahaan tambang.“Kita akan memanggil semua perusahaan yang terkait untuk bersama-sama melakukan perbaikan jalan itu, namun untuk sementara dilakukan pengerasan secara menyeluruh setelah ada kesepakatan dari beberapa perusahaan itu,” tutupnya.(Rilis SMSI Prabumulih/*/Red)
22.25

H.Deswan Irsyad Resmi Jadi Pj Sekda Lahat

LAHAT, gmjnews.co.id- Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, hari ini senin(5/4) resmi dilantik Bupati melalui wakil bupati lahat yang bertempat di Opsroom Pemkab Lahat. 

Bupati lahat Cik Ujang SH melalui Wakil Bupati Lahat Hariyanto SE.MM.MBA Melantik dan mengambil sumpah janji jabatan Drs.Haji Deswan Irsyad M.pdi sebagai Pj. Sekda lahat, Pelantikan tersebut dihadiri oleh asisten I asisten II dan asisten III serta seluruh OPD Pemkab lahat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lahat Hariyanto SE.MM mengatakan, Pejabat Sekda harus dapat mengawal program program kerja Pemkab lahat untuk mewujudkan Visi dan Misi Lahat Bercahaya, disamping Pengawasan dan perencanaan Dinas/OPD dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi."ucapnya."

Sementara itu Drs.H.Deswan Irsyad M.Pdi ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan, bahwa dirinya akan all out bekerja keras untuk mewujudkan program program kerja Bupati dan wakil Bupati Lahat Bercahaya.

Terima kasih kepada Bapak Bupati Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat Hariyanto SE.MM.MBA atas kepercayaan yang diberikan kepada saya kembali mengemban tugas sebagai Pj.Sekda lahat."ungkap Pj Sekda." (***/Red)

Minggu, 04 April 2021

20.04

Puskesmas Rantau Panjang Sudah Laksanakan Suntik Vaksin Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sebanyak 54 orang tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) sudah divaksin.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Rantau Panjang Armayati, SKM, Senin (05/04/2021) menurutnya untuk vaksin covid-19 bagi para nakes dibagi menjadi 2 tahap.

"Tahap pertama itu kita laksanakan pada tanggal 28 februari sedangkan untuk vaksin kedua yakni pada tanggal 5 maret 2021 kemarin, dan Alhamdulillah semua berjalan lancar" Katanya.

Ditambahkannya, "Namun untuk vaksin bagi nakes sendiri ada 54 yang divaksin dengan jumlah seluruh nakes ada 58 orang, sedangkan untuk yang empat nakes lainnya tidak divaksin karena ada penyakit" Terangnya.

Masih kata Kepala UPTD Puskesmas Rantau Panjang Armayati, SKM untuk nakes semuanya sudah selesai dan juga kemarin pihaknya sudah melakukan vaksin terhadap para Lansia.

"Kemarin kita juga sudah melakukan vaksin terhadap 30 orang lansia dengan pembagian tiga hari yakni pada tanggal 23 maret sebanyak 10 orang, pada tanggal 24 maret sebanyak 10 orang dan terakhir pada tanggal 30 maret sebanyak 10 orang, dan kesemuanya berjalan dengan lancar" Paparnya. (Di2/Ani/Red)