Gemilang Terkini

Rabu, 18 Oktober 2023

06.10

Bupati Panca Hadiri Rapat FORKOPIMDA Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumsel

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menghadiri Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel Tahun 2023, terkait Teknis pelaksanaan dan potensi masalah pada pemilu 2024.

Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru.

Dengan adanya Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah diharapkan dapat menyatukan frekuensi terkait kendala-kendala yang ada di daerah khususnya Pemilu mendatang.

Dalam sambutan nya Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru mengatakan, Kepala Daerah harus paham terhadap update peraturan-peraturan terkait pemilu, atau informasikan regulasi tersebut melalui billboard atau videotrone yang ada sehingga peserta pemilu dapat mengerti dan menaati peraturan-peraturan yang ada.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir siap bersinergi dengan Forkopimda Ogan Ilir untuk mengikuti intruksi dari Gubernur Sumsel Bapak H. Herman Deru terkait Keamanan dan ketertiban Pemilu yang akan datang khususnya di Daerah Ogan Ilir.

Acara ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Instansi Vertikal Prov. Sumsel, Bupati/Wali Kota Se Prov. Sumsel, Forkopimda Se Prov. Sumsel, Ketua KPU dan Bawaslu Se Prov. Sumsel. (Ril/Red)
06.05

Bupati OI Kukuhkan Forum Anak Tingkat Kabupaten


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bersama istri yang juga sebagai Ketua TP-PKK Ogan Ilir ibu Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) dilantik sebagai ayah genre dan bunda genre Ogan Ilir dilanjutkan dengan Pemasangan selempang.

Selanjutnya Bupati Ogan Ilir (OI) mengukuhkan Forum Anak Tingkat Kabupaten Ogan Ilir, Ayah dan bunda genre kecamatan, lembaga lanjut usia, forum anak daerah kabupaten Ogan Ilir, duta genre desa kelurahan se kabupaten Ogan Ilir.

Acara tersebut adalah dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2023. Bertempat di Kantor Camat Rantau Panjang. 

Kegiatan ini merupakan hari yang sangat istimewa karena  dapat hadir pada acara peringatan hari keluarga nasional (Harganas) tingkat kabupaten Ogan Ilir ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2023.

Dimana harganas merupakan perwujudan dari pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul. Selain itu, harganas juga menjadi wadah untuk merefleksikan peran penting keluarga karena peringatan harganas dapat dijadikan momentum dalam mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa. (Ril/Red)
06.01

Bupati OI Monitoring Khitanan Massal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Didampingi ketua TP-PKK Ogan Ilir, Tikha Alamsjah Panca Wijaya B.A. (Hons), memonitoring Kegiatan khitanan masal dan pemeriksaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Ogan Ilir Tahun 2023 di Puskesmas Talang Pangeran dan Puskesmas Palem Raya. 

Kali ini melanjutkan monitoring serta meninjau langsung Kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan di seluruh puskesmas di kabupaten Ogan Ilir yaitu bertempat di DesaTalang Pangeran kecamatan Pemulutan Barat dan Desa Palem Raya kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 ini Kegiatan sunatan masal dan pemeriksaan kesehatan gratis ini dilaksanakan. Semoga kegiatan ini dapat meringankan beban keluarga yang ingin melakukan sunatan pada anaknya dan untuk pemeriksaan kesehatan juga dapat membantu masyarakat sekitar.

Di desa Talang pangeran kecamatan Pemulutan Barat,  menyerahkan secara simbolis yaitu rumah Layak huni kepada yang membutuhkan oleh Baznas Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)
06.00

Jelang Pemilu 2024, Pemkab Ogan Ilir Kuatkan Sinergi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten  Ogan Ilir menjaga netralitas pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, sudah jauh-jauh hari mengingatkan jajarannya untuk tidak menunjukkan keberpihakan terhadap kontestan Pemilu.

“Sudah beberapa kali saya peringatkan kepada seluruh jajaran, ASN, kepala desa untuk menjaga netralitas pada Pemilu mendatang,” tegas Panca usai menghadiri apel pasukan Operasi Mantap Brata di Mapolres Ogan Ilir, Selasa (17/10/2023).

Diungkapkannya, konflik pada Pemilu seringkali akibat ketidaknetralan, diantaranya oleh ASN.

“Jangan sampai karena tidak netral lantas memicu, memancing gesekan-gesekan di tengah masyarakat,” katanya mengingatkan.

Ditambahkan Panca,  dalam aturan ASN juga ada sanksinya bagi yang tidak netral, apabila secara nyata mendukung salah satu paslon maupun parpol.

Pemkab Ogan Ilir menegaskan akan terus bersinergi dengan unsur Forkopimda dalam menyukseskan jalannya Pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya yakni dengan penandatanganan kesepakatan anggaran pengamanan Pilkada dan Pileg.

"Insya Allah ada MoU anggaran pengamanan dan semoga bisa diawasi dan tidak ada masalah pada Pemilu mendatang,” kata Bupati Panca.

Pada kesempatan yang sama  Kapolres Ogan Ilir AKBP H. Andi Baso Rahman menegaskan jajarannya siap mengamankan Pemilu 2024.Tidak kurang dari  370 personel Polri dikerahkan dalam Operasi Mantap Brata di Ogan Ilir selama tahapan Pemilu.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata juga diisi oleh Tim Gakkumdu terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu.

Tiga unsur ini bersinergi melakukan pencegahan dan penindakan apabila terjadi pelanggaran pada Pemilu  juga diperlukan  peran serta masyarakat  dalam menyukseskan Pemilu. (*/Red)
05.59

Bupati OI Berikan Bantuan Bibit Ikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, sebagai bukti mendukung pelestarian ikan lokal di alam Pemkab Ogan Ilir melalui dinas perikanan menyiapkan restoking 1 juta bibit ikan di alam di tahun 2024.

Sebagai upaya dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan menyerahkan bantuan sarana pengembangan perikanan tangkap pada program peningkatan kapasitas nelayan kecil. Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat khususnya nelayan untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan, terutama dapat meringankan biaya untuk membeli peralatan tangkapnya.

"Saya mengajak para kepala desa untuk berkolaborasi melalui bumdes dengan pengelolaan ikan di BBI, dan dapat bekerjasama dengan pemkab Ogan Ilir" Kata Bupati OI.

Dikatakannya, kami selain membantu agar berhasil ada sosialisasi dan subsidi. Apabila kepala desa mau mengembangkan budidaya pelestarian melalui dana desa dengan bumdes yang ada. Insyaallah kita tidak akan lepas tangan sampai benar-benar bisa mandiri.

Adapun bantuan yang diserahkan terdiri dari paket alat penangkapan ikan seperti Perahu, mesin, jaring ikan, pelampung dan perlengkapan pendukung lainnya.

Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis kepada nelayan yang tergabung dalam 102 kelompok pembudidaya ikan. Dengan jumlah 1.020 orang pelaku usaha. (Ril/Red)

Selasa, 17 Oktober 2023

19.23

Bupati OI Tinjau Kebakaran Lahan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar meninjau langsung kebakaran lahan yang terjadi di kelurahan Indralaya raya Jln kopral Juni menuju Komplek Perkantoran Tanjung senai, Selasa (17/10/2023).

Sebelum api menyebar lebih luas, Satgas penanganan karhutla, BPBD, Damkar, TNI dan Polri langsung melakukan tindakan cepat dengan terjun ke lapangan untuk memadamkan. 

"Kepada seluruh lapisan masyarakat  Kabupaten Ogan Ilir untuk peduli dengan lingkungan sekitar dan harus mengetahui bahwa perbuatan membakar hutan dan lahan juga dapat berakibat sanksi hukum kepada pelakunya dan disampaikan juga kepada masyarakat untuk tidak lagi membakar" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya, "Karena apabila terbukti membakar walaupun tujuannya membersihkan kebun, akan diproses hukum dengan sanksi penjara 15 tahun dan denda Rp 5 miliar sesuai dengan undang undang dan peraturan pemerintah" Pungkasnya. (Ril/Red)

Jumat, 13 Oktober 2023

02.29

Bupati Ogan Ilir Melebung Di Desa Sungai Rotan

Bupati Panca Bersama Kepala Desa Se Kabupaten OI Ajak Masyarakat Desa Sungai Rotan Melebung Ikan Bersama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Forkopimda Kab.OI, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Hadiri Silaturahmi Kepala Desa se Kabupaten Ogan Ilir disertai Melebung Ikan Bersama Masyarakat Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang. Jum'at (13/10/2023) Bertempat di Desa Sungai Rotan.
Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan "Kegiatan memanen ikan bersama-sama disaat musim kemarau adalah tradisi dari Daerah Kabupaten Ogan Ilir yang disebut melebung."

"Selain meningkatkan silahturahmi antara Kepala Desa Se Kab. Ogan Ilir kegiatan ini juga mengajak masyarakat mencintai sebuah budaya daerah." Ujarnya

Bupati Panca menambahkan "Teruntuk Kepala Desa Se Kabupaten Ogan Ilie agar jangan sampai lalai dalam menghadapi karhutlah yang rawan terjadi saat ini, tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di daerahnya masing-masing." Jelasnya. (Ril Kominfo)