Gemilang Terkini

Selasa, 31 Desember 2019

19.23

Bupati OI Rotasi 302 Pegawai Negeri Sipil

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam SE SH MH melakukan Rotasi bagi 302 Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI.  Pergeseran tersebut dilaksanakan pada upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama 10 orang, pejabat administrator 71 orang, pejabat pengawas 188 orang dan pejabat fungsional 3 orang di lingkungan pemkab OI, Selasa (31/12/2019) kemarin.

Pergeseran gerbong jabatan diujung tahun tersebut dilakukan guna mengisi jabatan yang kosong dan penyegaran dilingkungan Pemkab OI dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.
Bupati OI HM Ilyas Panji Alam SE SH MH, dalam amanatnya mengatakan, dilakukan diujung tahun ini disamping melaksanakan amanat undang-undang mengisi jabatan kosong karena ada yang pensiun dan meninggal namun juga untuk penyegaran guna optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Bupati OI dalam arahannya mengatakan, jabatan itu tidak selamanya, karena baik jabatan Bupati bahkan Presiden sekalipun ada masanya. 

"Bekerja dengan semangat dan ikhlas untuk pelayanan kepada masyarakat. 
Jabatan itu hanya sementara, bisa saja hari ini datang besok sudah diambil. Karenanya bekerjalah dengan sungguh-sungguh, layani masyarakat. Jika dalam melayani masyarakat dengan baik bukan saja saudara yang akan dikenang namun juga Bupatinya juga," Kata Bupati.

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, Sekda dan para Asisten Sekda, para Kepala Dinas, dalam lingkungan Pemda OI serta undangan lainnya. (Gheka)
07.37

84 Personil Polres Ogan Ilir Naik Pangkat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebanyak 84 personil Polres Ogan Ilir mendapat kenaikan pangkat. Acara kenaikan pangkat tersebut dipusatkan di halaman Mapolres Ogan Ilir dalam upacara korps lapor kenaikan pangkat personil Polres Ogan Ilir dengan Inspektur upacara Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi SH MH. Selasa (31/12/2019).

Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi SIK MH melalui Kabag Humas Polres Ogan Ilir AKP Zaenal, SH kepada awak media mengatakan, Polres Ogan Ilir melaksanakan upacara korps lapor kenaikan pangkat di Mapokres Ogan Ilir.

"Adapun jumlah personil yang mendapat kenaikan pangkat berjumlah 84 personil dengan rincian, Iptu ke Akp 3 personil, Ipda ke Iptu 8 personil, Aipda ke Aiptu 4 personil, Bripka ke Aipda 3 personil, Brigadir ke Bripka 39 personil, Briptu ke Brigadir 3 personil, da  Bripda ke Briptu 24 personil" Katanya.

Ditambahkannya, "Dalam kegiatan tersebut juga ada 1(satu) personil Purnabhakti yakni Kompol Ramlan SH. Selain itu pula diisi dengan kegiatan Press release akhir tahun 2019 yang dipimpin oleh Kapolres langsung dan didampingi wakapolres serta jajaran" Imbuhnya.

Kemudian acara dilanjutkan Sholat Maghrib berjamaah , tausiyah dan Zikir bersama di Masjid Nurul Hikmah Indralaya Utara. (Gheka)
07.30

Resmi, Lukman Ajis Jabat Camat Rantau Panjang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang digelar di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Selasa (31/12/2019).

Lukman Ajis, S.Sos, M.Si yang merupakan Putra Asli Kecamatan Rantau Panjang yakni warga Kelahiran Desa Jagalano kini resmi dilantik Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam sebagai Camat Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten OI.
Dalam kesempatan tersebut Lukman Ajis, S.Sos, M.Si ketika diwawancarai mengatakan bahwa akan melanjutkan Program-program Camat terdahulu, dan akan meningkatkan kinerja Perangkat Kecamatan.

"Tentu kita akan meneruskan apa yang telah dilaksanakan oleh camat sebelumnya, dan akan meningkatkan Kinerja Perangkat Kecamatan serta mendukung Program-program Kepala Desa" Katanya.

Ditambahkannya, "Tentunya kita akan terus meminta dukungan dari setiap Kepala Desa untuk kemajuan Roda Pembangunan yang ada di Kecamatan Rantau Panjang, serta saya juga berharap mudah-mudahan dengan kebersamaan dan dengan kegotong royongan, dukungan seluruh elemen masyarakat semoga kedepan Kecamatan Rantau Panjang akan lebih maju lagi" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya:


Senin, 30 Desember 2019

02.32

Menuju Re Akreditasi, Puskesmas Tanjung Raja Terus Bersolek

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Puskesmas Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat terus "Bersolek", hal ini terlihat dari Indahnya Bangunan Puskesmas Tanjung Raja tersebut.

Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja Hj. Nelly Anggia Murni, SKM ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (30/12/2019) mengatakan bahwa saat ini memang Puskesmas Tanjung Raja terus berbenah dan juga memperindah Bangunan Puskesmas.
"Ya, memang saat ini Puskesmas kita terus "Bersolek" supaya indah dipandang mata, karena kita sudah Akreditasi dan saat ini akan menuju Proses Re Akreditasi, sehingga kita terus melakukan pembenahan pada Puskesmas" Katanya.

Dijelaskannya, Namun, dalam kita melakukan proses pembenahan untuk memperindah Puskesmas, kita tidak akan merubah bentuk daripada Puskesmas itu sendiri, karena Puskesmas ini merupakan Puskesmas tertua yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.
"Tak sedikitpun kita merubah bentuk bangunan Puskesmas ini, dan kita hanya memperindah bangunan, seperti kita akan membuat taman, dan juga mushola, bukan hanya itu saja kita juga akan membuat berbagai Inovasi dalam bidang Program diantaranya Program Jemput Bola Resiko Tinggi (Jebol Resti) dalam hal ini kita sudah bekerja sama dengan perangkat desa dan Kelurahan" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Selain itu kita juga sudah berupaya mengusulkan ke Dinas untuk Perbaikan ataupun rehab beberapa bangunan Puskesmas, diantaranya rehab ruang tunggu Puskesmas satu unit, rehab rumah dinas paramedis, rehab bangunan poned/ klinik bersalin, rehab pintu-pintu dan jendela, serta rehab lantai bangunan" Terangnya. (Red)

Berikut Videonya:


Minggu, 29 Desember 2019

05.55

Nyambi Curi Motor, Karyawan OT ini Dibekuk Polisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Iwan Karthobi bin Puad akhirnya dapat bernapas lega, betapa tidak sepeda motor metik senilai Rp.10.000.000 miliknya dapat diselamatkan dari aksi Curanmor. Kejadian tersebut saat korban menghadiri resepsi, saat makan siang, sepeda motor yang diparkir dihalaman rumahnya di Dusun II Desa Sukaraja Baru Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) mau dicuri orang. Mirisnya pelaku adalah masih pekerja di OT yang dicarter untuk hiburan resepsi. Beruntung aksi pelaku bernama RK (26) sempat diketahui warga dan melaporkan kejadian tersebut di Mapolsek Indralaya.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi, SIK MH, melalui Kapolsek Indralaya AKP Helmi Ardiansyah SH MH dengan didampingi Kanit Reskrim IPDA Supriadi Garna SH mengatakan, Polsek Indralaya ungkap kasus pencurian dengan pemberatan di Dusun II Desa Sukaraja Baru Kecamatan Indralaya Selatan Sabtu tanggal 28 Desember 2019 sekira pukul 13.00 wib.

Modus operandi, pelaku merupakan salah satu pegawai Salah satu Orgen Tunggal yang sedang disewa keluarga korban untuk hajatan. Saat para tamu sedang makan siang di acara hajatan tersebut kemudian pelaku melakukan aksinya dengan cara merusak kunci kontak 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna merah No.pol BG 2026 TR dengan menggunakan alat berupa kunci berbentuk letter "Y" yang sudah dimodifikasi yang mana pada saat pelaku melakukan aksinya tersebut diatas sempat terlihat atau di ketahui oleh saksi atau salah satu warga yang mana kemudian Salah satu warga atau saksi langsung  menghubungi Piket fungsi Polsek Indralaya.

Kronologis penangkapan, Kemudian pada hari sabtu tanggal 28 Desember 2019 sekira pada pukul 12.40 wib setelah piket fungsi polsek indralaya mendapatkan laporan informasi tersebut dengan dipimpin oleh Kapolsek indralaya dengan didampingi oleh kanit Reskrim  bersama sama dengan piket fungsi polsek indralaya langsung menuju ketempat lokasi kejadian dan mendapati pelaku yang tertangkap tangan sedang melakukan pencurian dengan pemberatan (Curanmor) dengan cara merusak kunci kontak Sepeda motor milik korban dengan menggunakan 1(satu) buah kunci letter "Y" yang sudah dimodifikasi dengan ditutupi 1 (satu) helai baju kemeja lengan panjang warna merah.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa1 (satu) buah kunci letter "Y" yang sudah dimodifikasi. 1 (satu) unit sepeda motor honda beat warna merah No.pol BG 2026 TR. 1(satu) helai kemeja lengan panjang warna merah.

Selanjutnya pelaku berikut barang bukti dibawa Mapolsek Indralaya.

"Karena melawan hukum melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan maka pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara," Pungkasnya. (Gheka)
02.23

Bupati OI Lantik 5 Kades di Kecamatan Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam Melantik dan Melakukan Sumpah Kepada para 5 Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tanjung Raja, Minggu (2912/2019).

Ke 5 Kades tersebut yakni Heri Muryanto sebagai Kepala Desa Talang Balai I, Telly Ekarsya Kepala Desa Talang Balai Lama , Ely Supriyadi Kepala Desa Suka Pindah, Muhammad Kepala Desa Ulak Kerbau Baru, dan Maslan Kepala Desa Tanjung Temiang, Periode 2019-2025.

Dalam sambutannya, Bupati OI menyampaikan bahwa, atas nama Pemerintah Kabupaten OI dirinya mengucapkan selamat kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik, dengan harapan kepala desa yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir khususnya di Desa Talang Balai I, Talang Balai lama, Suka Pindah, Ulak Kerbau Baru, dan Desa Tanjung Temiang Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI, dan semoga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. 

"Sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu Saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta pembinaan kemasyarakatan di Desa" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI , nanti akan kita jalankan program Transformasi Pertanian bekerja sama dengan Forkopimda Kabupaten OI dimulai dari Kecamatan Pemulutan dan kecamatan yang lainya, kita akan memanfaatkan seluruh lahan tidur sehingga bisa digunakan untuk bercocok tanam. Hal ini untuk meningkatkan SDA dan SDM di Kabupaten OI sehingga kita kedepan bisa membuat Ogan Ilir menjadi Lumbung Pangan Nasional.

"Teruntuk Camat dan Kades agar segera di data lahan-lahan tidur sehingga tidak ada masalah dalam menjalankan program Transformasi lahan di Kabupaten OI. Sekali lagi saya mengharapkan agar kiranya Saudara Kepala Desa yang baru dilantik dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian, dan senantiasa menempatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas." Harapnya.

Hadir dalam Pelantikan tersebut, Ketua DPRD OI dan Anggota DPRD Kabupaten OI, Sekda OI, Asisten I, II Setda OI, Staf Ahli Bupati, Kapolsek Tanjung Raja, Danramil Kecamatan Tanjung Raja, Kepala OPD Pemkab OI, Camat Tanjung Raja dan Kades Se-Kecamatan Tanjung Raja. (Ril/Red)

Jumat, 27 Desember 2019

00.22

Relawan Rumah Zakat Meriahkan Liburan Akhir Tahun

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Ratusan anak berkumpul dalam agenda Silaturahmi Akbar Santri TPQ Se-nusantara dengan tema "Kesiap Siagaan Bencana" yang di gelar oleh Relawan Nusantara Palembang untuk mengisi hari libur sekolah dengan kegiatan yang positif. Indonesia Mendongeng 7 diadakan di Masjid Darussalam Kecamatan 7 ulu Kertapati Palembang, Rabu (25/12) Kemarin.

Selain berdongeng ria, Serangkaian hiburan juga disuguhkan untuk memeriahkan Indonesia Mendongeng kali ini antara lain Pantomim, sulap, hadroh dan masih banyak lagi. Tak lupa pula adik-adik tersebut diajak berinfaq untuk saudara-saudara kita di Palestine.
Tami selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan positif ini merupakan kegiatan tahunan dari Relawan Nusantara yang diadakan Serentak di 54 titik di Indonesia guna mengisi waktu libur adik-adik kita di penjuru negeri. 

"Semoga nantinya Relawan Nusantara Khususnya  RN Palembang selalu berkontribusi menebar manfaat serta kebahagiaan melalui setiap program Relawan Nusantara kedepan" Katanya, Jum'at (27/12/2019).

Tak hanya hiburan dan dongeng, pihak panitia juga menyediakan berbagai macam doorprize serta makanan ringan untuk anak-anak. Dongeng yang disampaikan oleh Ninuk Sundari dari Kampung Dongeng Sumsel bertajuk menjaga kebersihan. 

Dalam dongengnya kak Ninuk mengajak adik-adik untuk menjaga kebersihan dan menjaga alam agar alam tetap bersahabat dengan manusia. Diakhir kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize untuk peserta dan foto bersama. (Medi RZ)

Rabu, 25 Desember 2019

05.08

Bobol Rumah, Dua Warga Tanjung Lubuk Ini Dibekuk Polisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Islahudin (32) warga Tanjung Lubuk Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) akhirnya tidak dapat berkutik saat petugas dari Satreskrim Polsek Indralaya melakukan penangkapan terhadapnya. Tersangka ditangkap karena melakukan tindak pidana pencurian dirumah Korban David Firdaus (43) Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten OI.

Dalam aksinya tersangka ditemani M.R bin M.M (16) tersangka masih remaja dengan membobol rumah korban dengan menggunakan Kapak. Akibat ulah kedua pelaku tersebut korban mengalami kerugian Rp. 5 juta.

Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi SIK MH melalui Kapolsek Indralaya AKP. Helmi Ardiansyah SH MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Indralaya Ipda Supriadi Garna kepada awak media mengatakan, Polsek Indralaya ungkap kasus pencurian dengan pemberatan selasa 24 Desember 2019 sekira pukul 14.00 WIB di dusun I Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan.

Adapun kronologis kejadian, Pada Hari Minggu Tanggal 22 Desember 2019 sekira pukul 23.30 WIB telah terjadi tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan, bertempat dirumah korban yg berada di Dsn. I Desa Tebing Gerinting Selatan Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir.

Dalam menjalankan aksinya pelaku MR Bin M merusak jendela dan terali rumah korban dengan menggunakan 1 (satu) bilah kapak setelah jendela terbuka kemudian pelaku MR Bin M dan pelaku Islah (32) masuk kedalam rumah dengan tujuan mencari barang-barang berharga milik korban hingga didapatkanlah 1 (satu) unit Laptop merk Acer serta tas dan charger dan uang tunai sebesar Rp. 1.000.000 dari lantai 2 rumah korban.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 5.000.000 dan melaporkan ke Polsek Indralaya. Setelah barang- barang berharga milik korban tersebut didapat oleh para pelaku kemudian para pelaku keluar dari rumah korban dan berencana untuk menjual laptop milik korban dan hasilnya dibagi rata.

Mendapat laporan tersebut, Pada hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sekira pukul 15.00 WIB setelah Polsek Indralaya menerima laporan polisi dari korban tersebut dengan dipimpin oleh Kapolsek Indralaya AKP. Helmi Ardiansyah, SH, MH didampingi Kanit Reskrim Polsek Indralaya Ipda Supriadi Garna berkoordinasi dengan unit K9 Polda sumsel dan unit identifikasi polres ogan ilir melakukan olah TKP dirumah korban untuk menemukan petunjuk arah kepada para pelaku.

Hingga pada pukul 20.00 WIB, setelah dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan intensif terhadap orang yang diduga pelaku atau MR Bin M kemudian sdra MR Bin M mengakui perbuatannya hingga kamipun melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan pelaku Islah.

Dari tangan ke 2 (dua) orang pelaku, petugas  berhasil mengamankan barang bukti berupa Satu unit Laptop Merk Acer Warna Hitam. Selanjutnya kedua pelaku dan barang bukti di amankan di polsek Indralaya.

"Karena melawan hukum melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan secara bersama-sama maka pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun," pungkasnya. (Gheka)

Senin, 23 Desember 2019

18.46

Bupati OI Kukuhkan Satgas LH Desa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam SE SH MM mengukuhkan Satuan Tugas Lingkungan Hidup Desa (Satgas LH Desa). Senin (23/12/2019) Acara dipusatkan di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Pemda Ogan Ilir selain dihadiri para Satgas yang dilantik juga dihadiri oleh para Kades dan Camat se-Kabupaten OI.

Satgas tersebut dibentuk guna menjaga lingkungan dari berbagai limbah yang ada didesa tersebut mulai dari limbah rumah tangga ataupun limbah perusahaan.

Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam SE SH MM dalam sambutannya mengatakan, untuk memelihara dan menanggulangi pencemaran lingkungan ada pada setiap desa bukan hanya tugas Pemda namun juga perlunya partisipasi setiap elemen masyarakat.

“Disetiap desa memiliki berbagai limbah, untuk itu diperlukan kerjasama semua pihak dalam mengelola dan menjaga kebersihan lingkungan”, ujar Bupati OI dihadapan ribuan peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Diakhir sambutan Bupati OI memberikan motivasi kepada satgas, yang berprestasi akan diberikan reward.

“Bagi Satgas yang berprestasi Pemerintah Daerah akan memberikan penghargaan berupa umroh gratis dan penilaiannya dimulai dari sekarang hingga bulan Juli tahun 2020 mendatang”, tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Pemkab OI, Dicky Sailendra mengatakan satgas ini berjumlah sembilan orang yang terdiri dari pemeritahan desa, pemuda, tokoh adat dan masyarakat yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Tujuan dari dibuatnya Perbup dan satgas ini untuk menjaga lingkungan tetap asri dan bersih dilingkungan desa masing-masing”, jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Ogan Ilir. (Gheka)

04.13

AW. Noviadi Mawardi, Panca WA Mawardi dan Ardani Cabup dan Cawabup OI Sampaikan Visi Misi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Acara Muskercab Ke IV Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Ogan Ilir (OI), dengan Tema "Meneguhkan Keislaman dan Kebangsaan sebagai dasar Kebangkitan Perjuangan" Ahmad Wazir (AW) Noviadi, Panca WA Mawardi dan Ardani yang merupakan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten OI hari ini, Senin (23/12/2019) sampaikan Visi dan Misinya. 
Dalam penyampaiannya, AW. Noviadi Mawardi berkomitmen akan fokus dalam upaya peningkatan perekonomian dan juga terus berupaya menekan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten OI.

“ Insya Allah, nantinya jika saya terpilih dan diizinkan menjadi bupati Ogan Ilir dipilkada tahun 2020 saya akan meningkatkan perekonomian dan juga menekan angka kemiskinan di OI,” Katanya.
Ditambahkannya, "Untuk maju, Pemerintah Daerah harus ada hubungan baik antara eksekutif dan juga legislatif. Dan Insya Allah pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” Jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung soal terobosan kedepan apabila terpilih menjadi bupati OI, AW. Noviadi Mawardi mengatakan, akan lebih fokus untuk meningkatkan perekonomian terlebih dahulu.

“Saat ini belum ada terobosan lainnya, dan kita lebih fokus untuk meningkatkan perekonomian terlebih dahulu. Caranya dengan menarik sejumlah investor untuk meningkatkan PAD OI dan barulah kita berbicara hal lain,” Imbuhnya. (Red)

Berikut Videonya:


Minggu, 22 Desember 2019

19.35

Pemanfaatan Gedung Olahraga Desa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Gedung Olahraga Desa yang terletak di Desa Mayapati Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan merupakan Gedung yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa.

Adapun dengan adanya gedung olahraga ini sangat membantu dan juga sangat bermanfaat sekali, baik bagi remaja putra maupun remaja putri karena dengan adanyan gedung olahraga ini mereka bisa menyalurkan hobinya dibidang olahraga.
Ini yang dikatakan oleh Pjs Kepala Desa Mayapati Ma'ruf, Kamis (19/12/2019), menurutnya perlu diketahui, bahwa Gedung olahraga ini dibangun dengan menggunakan dana desa tahun 2018, yang mana gedung olahraga ini dikelola ataupun diusahakan oleh masyarakat desa mayapati.

"Pada saat itu kepala desa sebelumnya yaitu pak Aman Basri, dimana gedung ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kami khususnya warga desa mayapati, terutama bagi kawula muda, sangat bermanfaat sekali dibidang olahraga, diantaranya bulu tangkis, beladiri, takraw, voli kecil dan lain sebagainya" Katanya.

Dijelaskannya, "Kemudian juga gedung ini sangat bermanfaat sekali untuk digunakan oleh masyarakat pada acara hajatan-hajatan, dan itu sangat mengurangi beban bagi yang menggunakan hajat, kemudian bagi masyarakat juga gedung ini juga digunakan untuk acara-acara pertemuan-pertemuan koordinasi dari pendamping desa, dan dari pemerintah kecamatan" Imbuhnya.
Dikatakannya, selain itu gedung ini juga bermanfaat sekali bagi masyarakat sekitar, mengapa karena umpama ada usaha, usaha warung sangat maju dan bisa menambah keuntungan bagi pemilik warung.

"Kami juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada pemerintah yang telah memberikan berupa dana desa ini khususnya bagi desa mayapati dan umumnya bagi kecamatan kami pemulutan selatan ini, dan kami juga selama kami menjabat ini sementara dimana untuk tahun 2019 ini kami alokasikan untuk berupa terali jendela kemudian aksesoris yaitu perlengkapan penerangan digedung olahraga ini" Pungkasnya. (Red)

Sabtu, 21 Desember 2019

11.58

Jalan Titian Wisata Desa Sungai Lebung Ulu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jalan Titian sepanjang lebih kurang satu kilometer yang berada di Desa Sungai Lebung Ulu Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan yang dibangun dengan menggunakan dana desa saat ini sangat bermanfaat sekali bagi warga Desa Sungai Lebung Ulu.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala Desa Sungai Lebung Ulu, Suhaimi, menurutnya memang jalan titian ini sejak mulai dibangun sudah banyak sekali manfaatnya terutama untuk anak-anak sekolah dan juga para petani yang mengangkut hasil pertanian.

"Sejak awal dibangun jalan titian ini ramai dikunjungi para muda mudi yang ada di Desa Sungai Lebung Ulu dan juga warga Desa sekitar, hampir tiap sore jalan titian ini ramai dikunjungi, mereka rata-rata berfoto diatas jalan titian ini dengan latar belakang Pemandangan Alam sehingga seolah-olah di Desa Sungai Lebung Ulu ini ada wisatanya, dan Alhamdulillah jalan titian ini sudah selesai bersama Pos lintas" Katanya.
Ditambahkannya, "Oleh Karena itu saya selaku Pemerintah Desa bersama tim inovasi desa berinisiatif dan ingin berinovasi kedepan insya Allah pada tahun 2020 akan membangun tempat Wisata ataupun tempat rekreasi, dan pemancingan, outbond, pembuatan rumah terapung, lomba bidar mini, sky air, dan speedboat" Bebernya.

Dikatakan Suhaimi, disinilah harapan kami semoga hasil pekerjaan kami ini menjadi satu hal yang positif yang dapat menghasilkan income desa ataupun untuk mengembangkan Bumdes yang ada di Desa Sungai Lebung Ulu.
"Sehingga Bumdesnya berhasil sesuai dengan harapan-harapan kami sebagaimana kami telah berjalan melakukan study banding ke daerah-daerah yang ada di pulau jawa yang sangat maju sekali bumdesnya sehingga mencapai aset milyaran maka dalam hal ini kami sebagai study banding untuk belajar dari perjalanan kepala desa ke jawa terebut maka terjadilah pemikiran-pemikiran kami untuk membangun desa wisata khususnya Desa Sungai Lebung Ulu Kecamatan Pemulutan Selatan" Imbuhnya.

Dijelaskannya, "Disinilah harapan kami dari pemerintah desa dan badan usaha milik desa kepada tim inovasi desa untuk ikut bekerjasama bersama kami dalam membangun inovasi desa ini sehingga harapan kami desa sungai lebung ulu menjadi desa percontohan untuk kecamatan pemulutan selatan" Ujar Suhaimi. (Red)
04.33

Gerakan Gelombang Wakaf Untuk Berdayakan Indonesia

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat kembali menggelar “Roadshow Gelombang Wakaf” Sabtu (21/12/2019) di Hotel Grand Inna Daira, Jln. Jenderal Sudirman No. 153, Palembang. 

Gelombang wakaf ini mengusung tema yang sama "Ke Surga Bersama Keluarga", acara ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat luas bahwa wakaf tidak hanya berbentuk bagunan atau tanah saja. 

Chief Wakaf Officer Rumah Zakat, Soleh Hidayat menerangkan bahwa Wakaf menjadi salah satu cara untuk menuntaskan kemiskinan. 

“Saat ini masyarakat masih kurang literasi tentang Wakaf, padahal memiliki nilai sustainability (Jangka panjang) sehingga optimalisasi Wakaf sangat bisa untuk  menuntaskan kemiskinan. Kita bisa memberikan kebermanfaatan kepada lebih banyak orang dimulai dari wakaf kita” ujar Soleh, Chief Wakaf Officer Rumah Zakat saat menjadi narasumber Roadshow Gelombang Wakaf.
Menurut Soleh, potensi Wakaf di Indonesia 180 Triliun (data Badan Wakaf Indonesia) dan  belum maksimal, dengan Gerakan gelombang wakaf ini diharap bahwa menambah literasi wawasan wakaf kepada masyarakat.

“Saat ini masyarakat hanya mengetahui bahwa wakaf hanya dalam bentuk tanah, padahal wakaf bisa dalam bentuk uang asalkan kebermanfaatan yang dimanfaatkan dan tidak habis melainkan hasil/laba yang diwakafkan itu menjadi amal jariyah bagi yang berwakaf”, tutur soleh.

Roadshow Gelombang wakaf ini juga dihadiri oleh Kepala Dinsos Sumsel, Rosyidin Hasan mewakili gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

“Saya mewakili pemerintahan Sumatera Selatan mendukun Gerakan gelombang wakaf ini dan mengapresisasi Rumah Zakat dalam membantu program-program pemerintah”, pungkas Rosyidin hasan.

Tak hanya itu, dalam roadshow ini juga diisi oleh Prof Dr dr H Yuwono M Biomed, Founder Sekolah Alam Palembang sebagai narasumber yang menyampaikan mengenai edukasi parenting.

Gelombang Wakaf ini adalah rangkaian Road Gelombang Wakaf Rumah Zakat yang sebelumnya diselenggarakan di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Bandung dan Jakarta.

Diakhir acara dilakukan pelelangan dan penggalangan wakaf untuk menghadirkan Rumah Quran di Sumatera Selatan. Dana yang terkumpul uang sejumlah 190.400.000, tanah seluas 225 M2 dan logam mulia 24 gram untuk Pembangunan Rumah Quran di Sumatera Selatan. (Medi RZ)

Jumat, 20 Desember 2019

18.17

Manfaat Tembok Penahan Tanah Desa Cahaya Marga

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Desa Cahaya Marga Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2018, dengan menggunakan Dana Desa telah mengalokasikan dan membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berada di dusun II Desa Cahaya Marga.

Mahari salah satu warga Desa Cahaya Marga ketika dibincangi dilokasi TPT mengatakan bahwa sejak adanya TPT ini sangat banyak sekali manfaatnya.
"Manfaat dari TPT ini diantaranya yakni bermanfaat untuk kebutuhan daripada masyarakat untuk lahan pertanian, dan juga untuk kebutuhan bagi para nelayan supaya air itu tidak terlalu cepat turun, nah itulah manfaat bagi masyarakat dusun II Desa Cahaya Marga ini" Ujar Mahari.

Sementara itu, Kepala Desa Cahaya Marga Kurnianto ketika diwawancarai Kamis (19/12/2019) mengatakan untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah tersebut dibangun tahun 2018 kemarin dengan Dana Desa.
"Dengan adanya Dana Desa Sangat membantu sekali bagi Desa Cahaya Marga khususnya kami bisa membangun TPT yang sudah begitu lama diinginkan masyarakat kami, dan Alhamdulillah dengan bantuan dana desa TPT kami berjalan lancar sesuai dengan harapan masyarakat" Kata Kurnianto.

Dikatakannya, "Alhamdulillah sejak adanya TPT ini tanah yang dulunya tidak bisa dikelola masyarakat sekarang sudah dikelola. Jadi dengan adanya Dana Desa ini kami sangat terbantu dan saya mewakili Pemerintah Desa Cahaya Marga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten serta seluruh yang terkait dengan Dana Desa" Pungkasnya. (Red)