Gemilang Terkini

Jumat, 29 Desember 2023

03.47

Bakar Semangat Warga Ogan Ilir, Mawardi Yahya Siap Menangkan Prabowo-Gibran


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Mawardi Yahya selaku Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Pemenangan Prabowo-Gibran di Sumatera Selatan, mengajak warga Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk memenangkan duet pasangan capres-cawapres nomor urut 2 tersebut.

Hal ini disampaikan langsung oleh Mawardi Yahya saat mengunjungi Ogan Ilir dalam rangka konsolidasi dengan partai anggota Koalisi Indonesia Maju. Adapun partai-partai pendukung tersebut selain Gerindra yakni Golkar, Demokrat, PAN, Gelora, PSI, PBB, Garuda, dan Partai Prima.

Ini merupakan konsolidasi di daerah ke-16 di Sumatera Selatan yang dilakukan Mawardi Yahya sebelum menuju daerah terakhir yakni kota Palembang.

Di hadapan ribuan pendukung dan simpatisan di Ogan Ilir, Mawardi Yahya yakin Prabowo-Gibran merupakan pasangan tepat untuk memimpin Indonesia.

"Prabowo-Gibran yang akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia ini,” kata Mawardi saat orasi di depan para pendukung di Indralaya, Jumat (29/12/2023).

Pria yang pernah menjabat Bupati Ogan Ilir dua periode ini menerangkan, Prabowo-Gibran punya komitmen melanjutkan pembangunan Indonesia ke depannya.

Menurut Mawardi, pembangunan Indonesia saat ini sudah berada di jalur yang tepat dan Prabowo-Gibran punya komitmen melanjutkan pembangunan tersebut.

"Termasuk pembangunan di Sumatera Selatan khususnya Ogan Ilir. Kita tentunya ingin daerah kita tercinta semakin maju lewat tangan pasangan Prabowo-Gibran,” Kata Mawardi Yahya disambut tepuk tangan para pendukung.

Setelah melakukan konsolidasi di hampir seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, Mawardi Yahya melihat ada kobaran semangat dari kader partai Koalisi Indonesia Maju dan para pendukung.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2018-2023 ini optimistis Prabowo Gibran menang di Sumatera Selatan dengan satu putaran.

"Insya Allah, bukan tidak mungkin hanya satu putaran dan harapan kita tercapai. Saya mohon bantuan dari masyarakat Ogan Ilir untuk memberikan kepercayaan kepada Prabowo-Gibran" pesan Mawardi.

Sementara, Syahrial Oesman selaku Dewan Penasihat TKD Prabowo-Gibran Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa pada Pilpres 2019 lalu, Prabowo meraup 60 persen suara di Sumsel.
Dengan modal tersebut, ditambah lagi trah Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka yang bersanding dengan Prabowo, Syahrial yakin hati masyarakat Sumatera Selatan akan kembali terpaut dengan Prabowo.

“Seperti disampaikan Bapak Mawardi Yahya, Insya Allah menang di atas 50 persen yang berarti satu putaran,” kata Syahrial.

Di tempat sama, Ketua TKD Prabowo-Gibran di Ogan Ilir, Aswan Mufti mengatakan bahwa saat fokus dia dan timnnya adalah menyosialisasikan program kepada masyarakat.

Selain program pembangunan nasional, Prabowo-Gibran juga jeli melihat hal-hal kecil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Prabowo-Gibran ada program makan siang dan minum susu gratis. Program yang sebelumnya tidak terpikiran dan ini akan diwujudkan saat memenangi Pilpres mendatang,” Katanya. (*/Red)

02.12

Kantor Camat Pemulutan Selatan Direhab

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Ogan Ilir merehab kantor camat Pemulutan Selatan yang berada di Desa Sungai Lebung Kecamatan Pemulutan Selatan, kejar target. 
"Ya, disini saya selaku pelaksana pekerjaan dan untuk kegiatan pembangunan tersebut bersumber dari dana APBD Tahun 2023 dengan fisik bangunan yang akan dibangunkan dengan total dana 1,4 miliar rupiah" Kata Faisal, Jum'at (29/12/2023).

Dikatakan Faisal, untuk pekerjaan terdiri dari penimbunan sampai dipasang komblok untuk halaman kantor dan gedung serbaguna, kemudian jalan cor menuju kantor dengan panjang 39 meter, lebar 3,5 meter dan tebal 20 cm.
"Bangunan ini banyak yang diganti baru atau pasang baru, sementara untuk pengerjaannya dilakukan oleh tenaga kerja dan kita libatkan warga desa setempat" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Untuk pekerjaan lumayan, lebih maksimal karena saya ingin yang terbaik biar di mata masyarakat bagus dan pegawai yang dikantor camat ini lebih nyaman, dengan  harapan kedepan kalau kita masih dipakai karena bangunan tidak mengecewakan" Imbuhnya. (Red)

Rabu, 27 Desember 2023

21.56

Bupati OI Membuka Workshop Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB)

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Sekda Ogan Ilir, Asisten Setda OI, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah OI Membuka Workshop Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), Kegiatan Lini Lapangan dan Pemberian Bantuan Kepada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA). Kamis (28/12/2023) Bertempat di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai Indralaya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumsel Mediheryanto S.H M.H, Camat Se Kab. OI dan Kader Penyuluh KB Se Kab. OI.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan "Kegiatan ini merupakan salah satu langkah efektif, guna meningkatkan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat."

"Sehingga ke depannya, kegiatan pendukung program KB, terutama dari keluarga pra sejahtera dan sejahtera ini, dapat meningkatkan kesejahteraan hidup keluarganya." Ujarnya

Bupati Panca berharap "Dengan adanya pemberian bantuan kepada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dapat menumbuhkan jiwa wirausaha dengan mengajak keluarga memiliki produk usaha demi meningkatkan kemandirian perekonomian keluarga, memahami pentingnya berfikir inovatif, kreatif, adaptif dalam menjalankan usaha." Harapnya

Di akhir acara Bupati, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumsel dan Sekda OI menyerahkan bantuan serta hadiah penghargaan kepada kecamatan dan kepalda serta kader penyuluh KB. (Ril/Red)

Senin, 25 Desember 2023

19.53

Kecamatan Pemulutan Selatan Gelar Bimtek TPPS

Konvergency Pencegahan Stunting Di Desa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di balai kantor camat Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI), melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Kecamatan Pemulutan Selatan Gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dengan tema Konvergency Pencegahan Stunting di Desa, Selasa (26/12/2023).
Koordinator Kecamatan TPP P3MD Kecamatan Pemulutan Selatan Muslim Ansori, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini Bimtek digelar selama dua hari, adapun untuk peserta ada 75 peserta dari 15 desa di Kecamatan Pemulutan Selatan.

"Untuk jumlah peserta berjumlah 75 orang, yang terdiri dari 5 orang per desa yakni ibu kepala desa Ketua Tim PKK, Kader Pembangunan Manusia, Bidan Desa, Kader KB, Kader Posyandu, hari ini pembukaan dan juga langsung penyampaian materi dari para narasumber" Kata Muslim.
Sementara itu, Camat Pemulutan Selatan Robinhud, S.Pd, M.Si mengatakan, hari ini merupakan hari pertama Bimtek di Kecamatan, untuk peserta sendiri ada 15 Desa, harapan kita setelah adanya Bimtek ini, bisa menurunkan angka stunting di Kecamatan Pemulutan Selatan.

"Ke depan semoga dengan digelarnya bimtek ini bisa menurunkan dan bahkan tak ada lagi stunting di setiap desa, terutama di Kecamatan Pemulutan Selatan, oleh karena itu dengan ucapan bismillah, kegiatan bimtek ini resmi saya buka" Ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pemulutan Selatan Robinhud, S.Pd, M.Si, Kasi PMD Marius, S.Pd, Narasumber dari Tenaga Ahli P3MD OI, Koordinator PD Kecamatan Pemulutan Selatan Muslim Ansori, SE, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Seluruh Kades Se Kecamatan Pemulutan Selatan, panitia dari BKAD Kecamatan Pemulutan Selatan, serta seluruh peserta. (Red)

Minggu, 24 Desember 2023

19.34

Bapenda OI Gelar Tax Gathering Dan Apresiasi Pajak Daerah Tahun 2023

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar giat Tax Gathering Dan Apresiasi Pajak Daerah Kabupaten OI Tahun 2023, Jum'at (8/12/2023).

Kepala Bapenda Kabupaten Ogan Ilir, Merry Darmawati, menyampaikan bahwa pajak daerah memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Ogan Ilir, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pembangunan lainnya.

Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah, Bapenda Ogan Ilir memberikan apresiasi dan reward kepada wajib pajak.

Ada beberapa kategori apresiasi pajak yang diberikan oleh Bapenda Ogan Ilir. Pertama, kategori wajib pajak daerah yang berkontribusi terbesar atas pembayaran pajak dengan nilai miliaran rupiah. Kedua, kategori wajib pajak teladan yang selalu memberikan kontribusi terbaik kepada pajak daerah. Ketiga, kategori Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) untuk desa yang aktif dalam merelisasikan pajak PBB. Kategori keempat diberikan kepada notaris dan pejabat pembuat akte tanah yang berpartisipasi dalam pembayaran pajak daerah dan pembuatan akte tanah. Kelima, apresiasi diberikan kepada wajib pajak restoran atau rumah makan yang telah menerapkan pelaporan secara elektronik. Keenam, apresiasi diberikan kepada desa yang berinovasi aktif dalam perbaikan data objek pajak PBB di wilayahnya.

Apresiasi dan reward juga diberikan kepada mitra tempat pembayaran pajak daerah, seperti bank, kantor pos, dan minimarket.

Pemberian ini merupakan ungkapan terima kasih Bapenda Ogan Ilir atas kontribusi wajib pajak dalam membangun daerah Kabupaten Ogan Ilir.
Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan objek wajib pajak lainnya dapat ikut berkontribusi dalam pembayaran pajak daerah.

"Pada malam Tax Gathering ini ada banyak rangkaian acara dan juga penghargaan, selain itu juga banyak hadiah atau Doorprize yang dibagikan kepada para wajib pajak yang hadir" Kata Kepala Bapenda OI Merry Darmawati, S.Sos, M.Si melalui Kabid Firmansyah Kabid Perencanaan dan Pelaporan Penerimaan Daerah Bapenda OI.

Ditambahkannya, "Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi wajib pajak Kabupaten Ogan Ilir untuk pembangunan dan memberikan apresiasi kepada petugas pajak dan wajib pajak dalam peran sertanya dalam pembangunan Kabupaten Ogan Ilir" Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati OI Panca Wijaya Akbar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) OI H. Muhsin Abdullah, ST, MM, MT dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran semuanya. Kegiatan tahun ini memiliki nuansa yang berbeda dengan tahun-tahun lalu karna kegiatannya terlihat meriah.

"Tentunya kegiatan ini mengapresiasi kegiatan dengan tujuan memicu wajib pajak serta menghimbau kepada wajib pajak yang belum taat agar taat wajib pajak." Imbuhnya. (Red)

Jumat, 22 Desember 2023

04.21

Ketua IWO Indonesia OI Pertanyakan Benih Padi Bantuan Dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Yasandi pertanyakan benih padi jenis ciherang bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten OI untuk diserahkan kepada masyarakat.

"Berdasarkan data dan informasi, bahwa untuk pengadaan benih padi tersebut dananya berasal dari dana APBD OI tahun 2023 dengan anggaran sebesar 484.750.000 rupiah, dengan jenis paket belanja barang untuk dijual/diserahkan kepada masyarakat (benih padi)" Kata Yasandi, Jum'at (22/12/2023).

Ditambahkannya, "Oleh karena itulah kami mempertanyakan sudah sejauh mana penyaluran benih padi tersebut, berapa yang sudah diserahkan, dan berapa ton benih padi yang tersedia" Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ogan Ilir Abi Bakrin Sidik S.P M.SI ketika dikonfirmasi awak media melalui whatsaap terkait pengadaan benih padi tersebut mengatakan bahwa, anggaran bantuan benih yang dijual untuk masyarakat tidak besar seperti itu, dan menyarankan agar koordinasi langsung dengan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura.

"Anggaran tidak besar seperti itu pak, coba koordinasi dengan pak Maskur sebagai kabidnya, karena dia yang membidangi dan bibit tersebut sudah diserahkan dengan poktan," ujar Abi.

Terpisah, Kepala bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian OI Masykur Efendi S.P saat diwawancarai awak media diruang kerjanya Jumat (22/12/2023) menjelaskan bahwa anggaran memang sengaja dibesarkan Rp.484 juta lebih supaya tercaper dengan jumlah benih yang di butuhkan, sebab pengadaan benih sifatnya E-katalog harga tidak boleh lebih ataupun kurang dari ketentuan pemerintah.

"Begini pak, harga benih padi sudah ditentukan pemerintah jadi anggaran yang dikeluarkan hanya sebatas kebutuhan benih, sisanya tidak boleh diambil," jelas Masykur.

"Anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan bibit benih ciherang sebesar 267 juta rupiah sedangkan total Benih yang di butuhkan 19 Ton dengan Harga Rp.13000/Kg plus ongkos sebesar Rp.800, itulah jumlah kontrak anggaran yang dibayarkan, sedangkan untuk sisa anggaran dikembalikan sebagai SiLPA" ungkapnya.

Masih kata Masykur, "Benih yang dibeli dari Penangkar berlebel Biru dari CV….desa Lempuing kabupaten Ogan Komering Ilir, telah diserahkan sebanyak 48 kelompok tani yang berada di 8 kecamatan, dengan jumlah luas lahan 485 hektar dengan rincian masing-masing 40 kg/hektar," jelasnya. (Red)

Rabu, 20 Desember 2023

15.34

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran APBN tahun 2024 dan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah di kabupaten Ogan Ilir


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan daftar Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) ini berlangsung dalam Rapat koordinasi akselerasi penyaluran dana transfer ke daerah dan pelaksanaan APBN tahun 2024 dan dilaksanakan simbolis secara digital dengan penekanan touch screen oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S. H, bersama KPPN Palembang. Bertempat di ruang rapat utama Bupati Ogan Ilir. Rabu, (20/12/2023).

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S. H, menyampaikan pada kesempatan ini, atas nama pemerintah kabupaten Ogan Ilir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua stake holder terkait atas terselenggaranya koordinasi akselerasi penyaluran dana transfer ke daerah dan pelaksanaan APBN tahun 2024 serta penyereahan dipa dana alokasi dan transfer ke daerah 2024.

Penyerahan Dipa dan alokasi TKD ini bertema " mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan " ini merupakan awal dari proses pelaksanaan Apbn tahun 2024 yang telah disepakati oleh dewan perwakilan rakyat (DPR) bersama pemerintah. " Penyerahan DIPA dan daftar alokasi TKD sebelum dimulainya tahun anggaran 2024 dilaksanakan dengan harapan agar program dan kegiatan tahun 2024 dapat segera dilaksanakan dan manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan oleh masyarakat, " ujarnya.

Bupati juga mengajak kepada para kuasa pengguna anggaran (KPA) agar dapat menjaga amanah pengelolaan keuangan negara dengan sebaik-baiknya sehingga alokasi apbn dan apbd benar-benar sepenuhnya diperuntukkan bagi kemajuan dan peningkatan kesejahtraan rakyat.

Acara ini dihadiri oleh, KPPN Palembang, Kajari Ogan Ilir, Perwakilan Polres Ogan Ilir, Asisten Sekda Ogan Ilir, serta Kepala perangkat daerah pemkab Ogan Ilir. (Kominfo/Red)
06.38

233 Mahasiswa IAIQI Indralaya Resmi Wisudah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Caram Seguguk, Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya, sebanyak 233 wisudawan Institut Agama Islam Al-Quran Al-Itifaqiah (IAIQI) Indralaya diwisudah dan resmi sandang gelar sarjana, Rabu, (20/12/2023).

Dari total 233 wisudawan tersebut sebanyak 232 Wisudawan dengan gelar Sarjana Strata S1 dari 6 prodi yang ada dan satu diantaranya sebagai lulusan Pasca Sarjana atau Strata 2.

Dari total tersebut tiga diantaranya lulus dengan predikat sebagai lulusan terbaik tingkat Fakultas. 

Kemudian 7 wisudawan lainya lulus dengan predikat terbaik Prodi dan 12 lainya merupakan lulusan terbaik sebagai hafiz-harizah 30 Juz Al-Quran.

Rektor Institut IAIQI Indralaya Dr Hj Muyasaroh dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat terhadap para wisudawan.

"Selamat atas gelar yang baru disandang, harapanya ilmu yang di dapat nantinya dapat berguna dan bermanfaat baik itu secara pribadi juga terhadap kelurga, masyarakat, bangsa, negara dan utamanya Agama," katanya.

Dia juga mengingatkan para wisudawan untuk mawas diri dan terus belajar karena sejatinya belajar itu hingga nafas berhenti berhembus alias wafat.

"Gunakan ilmu yang didapat di IAQI Indralaya dengan sebaik-baiknya dan teruslah belajar. Semoga nanti dapat berkarir di tempat yang terbaik sesuai denga yang di cita-citakan," Harapnya. (*/Red)
06.28

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 Tahun 2023 Berlangsung Meriah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dihadiri Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Ogan Ilir Terkait, Kepala UPTD Puskesmas Se Kab. OI, Para Peserta Tenaga Kesehatan.

Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” mutlak akan kita laksanakan.”

Dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar tranformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Adapun enam pilar adalah Pilar pertama, tranformasi layanan primer, Pilar kedua, transformasi layanan rujukan, Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan Kesehatan, Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan, Pilar kelima, transformasi SDM Kesehatan dan Pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan.”

Seluruh pegawai dan pejabat pemerintah daerah dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan serta mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan. Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Tidak korupsi, layani masyarakat dengan sepenuh hati.

Dan di akhir kegiatan saya berserta para jajaran menyerahkan secara simbolis mobil ambulan untuk beberapa puskesmas di Ogan Ilir dan mobil box untuk obat-obatan, dilanjutkan dengan pemberian piala, piagam penghargaan dan hadiah menarik untuk beberapa perlombaan yang telah dilaksanakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59. (Red)

Selasa, 05 Desember 2023

03.01

100 Pasang Pengantin Ikuti Itsbat Nikah

 

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- hari ini selasa dan rabu yakni pada tanggal 5 hingga 6 desember 2023 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Ilir (OI) akan menggelar itsbat nikah. Adapun untuk pelayanan terpadu itsbat nikah dan penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran, serta dokumen kependudukan lainnya.   

Kepalal Dinas Dukcapil OI, Zaidan Sukarno saat diwawancarai diruang kerjanya, selasa (5/12/2023) mengatakan, bahwa sebelumnya selama 2 tahun ini kegiatan itsbat nikah sempat vakum karena wabah pandemi covid-19 melanda negeri ini termasuk kabupaten kita ini.

"Alhamdulilah untuk tahun ini tahun 2023 pada tanggal 5-6 desember besok, kita mulai gelar kembali itsbat nikah yang sempat dua tahun vakum tersebut" Kata Kepala Dinas Dukcapil OI Zaidan Sukarno.

Dikatakannya, dalam rangka pelayanan terpadu itsbat nikah dan penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran, serta dokumen kependudukan lainnya. Untuk itsbat nikah kali ini kita mengambil tema "Dalam Rangka Meningkatkan Akses Pelayanan Menuju Masyarakat Lebih Sejahtera Dan Berkualitas."

"Untuk peserta itsbat nikah ini berjumlah 100 pasang, yang diambil dari 16 kecamatan yang ada di bumi caram seguguk, sedangkan untuk pelaksanaan itsbat nikah ini kita bekerjasama dengan pengadilan agama kayuagung dan menerjunkan langsung 4 hakim untuk pelaksanaan itsbat nikah tersebut" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Mudah-mudahan pelaksanaan itsbat nikah besok akan berjalan dengan lancar dan insya Allah tahun depan akan kita laksanakan secara rutin" Ujar Kepala Dinas Dukcapil OI. (EL)

Senin, 13 November 2023

20.40

SMPN 1 Rantau Panjang Siap Lakukan KBM Seperti Biasa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pasca dikeluarkannya surat edaran Bupati Ogan Ilir nomor 420/2045/SD.1/D.Dikbud.Kab.OI/2023, bahwa proses kegiatan belajar mengajar di dalam dan luar kelas, kembali seperti semula sebelum terjadinya kabut asap.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut artinya setiap sekolah baik tingkat SD maupun tingkat SMP kembali melakukan Kegiatan Belajar Mengajar seperti semula.

"Sebelumnya karena kabut asap kita masuk sekolah pada pukul 9, namun setelah keluarnya surat edaran tersebut maka kegiatan belajar mengajar kembali seperti semula, yakni masuk pukul 7.30 WIB" Kata Kepala SMP Negeri 1 Rantau Panjang Zidninuri, S.Pd ketika diwawancarai di ruang kerjanya, senin (13/11/2023).

Dikatakan Zidninuri, dirinya sangat bersyukur karena kabut asap saat ini sudah tidak ada dan semoga kedepan kabut asap ini tidak terjadi lagi karena banyak sekali dampaknya, selain mengganggu proses belajar mengajar juga sangat mengganggu kesehatan siswa dan masyarakat terutama pernapasan dan penglihatan mata.

"Untuk SMP Negeri 1 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir sendiri siap untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasa sesuai surat edaran bupati, dan juga intruksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir" Imbuhnya. (Red)

Minggu, 12 November 2023

21.15

KBM di Ogan Ilir Normal Kembali, Besok 9 November Siswa Masuk Pukul 7 Pagi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ogan Ilir menormalkan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti biasa pasca dilanda kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Besok 9 November 2023 siswa di satuan pendidikan masuk sekolah seperti biasa yaitu pada pukul 7.30 WIB.

Kebijakan tersebut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terkait kondisi kualitas udara di bumi ‘Caram Seguguk’ semakin membaik.

“Berkurangnya kabut asap akibat Karhutla, maka pihaknya mencabut surat edaran yang sebelumnya diterbitkan,” jelas Kadisdikbud Ogan Ilir Sayadi, Rabu 8 November 2023.

Kadisdikbud Sayadi menyebutkan berdasarkan Surat Edaran Bupati Ogan Ilir nomor 420/2045/SD.1/D.Dikbud.Kab.OI/2023, bahwa proses kegiatan belajar mengajar di dalam dan luar kelas, kembali seperti semula sebelum terjadinya kabut asap.

“Di mana, mulai besok siswa di Kabupaten Ogan Ilir masuk sekolah pada pukul 07.30 WIB sampai pukul 12.45 WIB pada Senin hingga Kamis dan pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.35 pada Jumat,” ungkapnya.

“Kemudian, setiap warga satuan pendidikan tetap terus meningkatkan pola hidup bersih dan sehat,” tambahnya.
Dijelaskan Sayadi, dengan terbitnya surat edaran ini, maka surat edaran Bupati Ogan Ilir 420/1652/SD.1/D.Dikbud.Kab.OI/2023 tanggal 2 Oktober 2023, tentang Perubahan Jam Belajar Mengajar di Satuan Pendidikan Akibat Kabut Asap dengan ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

“Jika kondisi dampak kabut asap kembali memburuk, maka akan dievaluasi kembali sesuai situasi kabut asap di wilayah Kabupaten Ogan Ilir,” sebutnya kembali.

Adapun pemberlakuan jam normal ini, diberlakukan sejak 9 November 2023 atau besok hari.
Sebelumnya, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, telah mengeluarkan surat edaran mengenai perubahan jam belajar mengajar di sekolah akibat kabut asap.

Surat edaran tersebut tertuang dalam Nomor : 420/1652/SD.1/D.Dikdikbud.Kab.OI/2023.
“Dasar kita mengeluarkan surat edaran ini, karena sebelumnya sudah dilakukan kajian oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir,” terangnya, Senin, 2 Oktober 2023.

Berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, situasi polusi udara kabut asap akibat kebakaran lahan di Ogan Ilir, semakin meningkat beberapa hari terakhir ini.

Yakni, dengan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Ogan Ilir pada tanggal 30 September 2023, dengan Kategori Kualitas Udara Tidak Sehat dan Sangat Tidak Sehat.

“Dengan parameter kritis komponen PM 2,5 yang berpotensi mengganggu kesehatan, terutama pada anak-anak peserta didik kita,” sebutnya.

Adapun isi dari surat edaran tersebut, yakni, proses kegiatan belajar mengajar setiap satuan pendidikan di Ogan Ilir dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. “Serta untuk kegiatan istirahat ditiadakan,” ujarnya.

Kepada seluruh jenjang satuan pendidikan untuk setiap Jam Pelajaran dikurangi selama 10 menit. Lalu, kegiatan diluar kelas, seperti olahraga, ekstrakurikuler, upacara dan kegiatan lainnya untuk sementara ditiadakan.

Diminta agar seluruh satuan pendidikan dapat memfasilitasi masker untuk siswa siswi dan tenaga pendidik, serta berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat untuk bantuan masker. Agar seluruh warga satuan pendidikan tetap memakai masker selama didalam maupun diluar ruangan.

“Surat edaran ini berlaku mulai tanggal ditetapkan yakni 2 Agustus 2023, dan akan di evaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi kabut asap di wilayah Kabupaten Ogan Ilir,” paparnya.

Ditambahkan Sayadi, untuk wilayah Kabupaten Ogan Ilir memang belum bisa dilakukan kegiatan belajar mengajar Dalam Jaringan atau Daring, karena masih dalam kategori tidak sehat.
“Tapi seluruh siswa dan guru harus tetap memakai masker,” pungkasnya. (Red)
21.10

Bangku Belajar SD-SMP di Ogan Ilir ‘Gress & Cozy’ KBM Lebih Nyaman

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir menargetkan tak ada lagi sekolah khususnya SD dan SMP di daerah tersebut yang kekurangan bangku belajar.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), selain mencukupi kebutuhan bangku, Pemkab Ogan Ilir menyediakan mebeler berupa meja dan kursi belajar yang lebih ‘gress serta cozy’.

Kepala Disdikbud Ogan Ilir Sayadi mengatakan meja dan kursi yang disediakan tampilannya sangat elegan. “Ini bangku belajarnya lebih bagus dan berbeda dengan meja belajar biasa,” kata Sayadi kepada wartawan di Indralaya, Jumat 3 November 2023.

Dijelaskannya, bangku belajar tersebut menggunakan bahan kayu olahan berupa material Medium Density Fiber (MDF) dan High Pressure Laminates (HPL).

MDF adalah serpihan kayu yang dipadatkan menjadi papan, sementara HPL adalah salah bahan kayu olahan dengan pelapis berlaminasi.

Sayadi menyebut Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar ingin meningkatkan kualitas pendidikan, dimulai dari pembaharuan sarana-prasarana belajar.

“Dimulai dari fasilitas belajarnya dulu yang harus dibenahi agar menimbulkan kenyamanan bagi siswa,” ujarnya.

Masih kata pria berkacamata ini, di tahun 2023 pengadaan mebeiler untuk 120 ruang kelas. Sementara jumlah ruang kelas yang terdata untuk mendapat mebeler yakni 236 ruang kelas SD dan 124 ruang kelas SMP.

“Pengadaan bangku belajar ini secara bertahap bagi sekolah yang memang benar-benar meja dan kursinya sudah tidak layak,” terangnya.

Ditargetkan di tahun mendatang tak ada lagi sekolah di bawah naungan Disdikbud Ogan Ilir, SD dan SMP yang menggunakan terdapat bangku belajar tak layak.

Sayadi pun meminta pihak sekolah maupun pelajar bisa menjaga meja dan kursi yang sudah disediakan tersebut.
“Jangan di coret-coret, dirusak. Dijaga baik-baik agar proses belajar-mengajar kita makin baik,” pesan Sayadi.

Selain pengadaan mebeiler, Pemkab Ogan Ilir juga secara bertahap memperbaiki  gedung sekolah rusak. “Perbaikan seperti ruang kelas, musala, toilet, pagar sekolah,” lanjut dia.

“Tujuannya untuk membuat guru dan pelajar kita bergairah dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar agar menghasilkan SDM berkualitas,” tambahnya. (Red)
21.06

Peringati Harganas Ke 39 Tahun Dinas Pendidikan OI Suport Pendidikan Anak Usia Dini

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Pada Kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 Tahun dan Hari Anak Nasional yang ke 39 Tahun 2023 yang di Pusatkan di Kecamatan Rantau Panjang, Senin (16/10/2023).

Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ogan Ilir Support Pendidikan Anak dari Usia Dini dari Pos Anggaran Biaya Operasional PAUD (BOP). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ogan Ilir Sayadi, S.Sos.

Menurutnya dalam peringatan Hari Anak Nasional yang ke 39 Tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Ogan Melaui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ikut berpartisipasi dalam lomba Kreatif Anak.

“Diharapkan Anak- Anak di Kabupaten Ogan Ilir nantinya dapat bercita- cita dan pada gilirannya dapat menjadi SDM yang baik di Ogan Ilir,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut Sayadi Mengungkapkan Lomba Kreatif Anak berupa lomba Menggambar dan mewarnai dengan berbagai corak ini di ikuti oleh Anak – Anak PAUD dari Lima Kecamatan yaitu Kecamatan Rantau Panjang, Kecamatan Tanjung Raja, Kecamatan Sungai Pinang, Kecamatan Kadis dan Kecamatan Rantau Alai.

“Alhamdulillah Sudah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar dan para pemenangnya sudah di umumkan dan diberikan Hadiah Berupa Tropi dan Para Peserta Anak Usia Dini yang mengikuti Lomba diberikan Hadiah Berupa Kaper bag,” ujarnya. (Red)
21.02

Bupati OI Keluarkan Surat Edaran Perubahan Jam Belajar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Meluasnya kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar akhirnya mengeluarkan surat edaran mengenai perubahan jam belajar mengajar di sekolah.

Surat edaran mengenai perubahan jam belajar mengajar disekolah disampaikan melalui kepala dinas pendidikan kabupaten Ogan Ilir “Sayadi S.Sos kemudian diteruskan kekorwil dan keseluruh kepala sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama.

Menurut keterangan Sayadi .S.sos ketika diwawancarai awak media diruang kerjanya Senin 2/10/2023 selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir mengatakan, surat edaran tersebut tertuang dalam Nomor : 420/1652/SD.1/D.Dikdikbud.Kab.OI/2023.

“Dasar kita mengeluarkan surat edaran ini, karena sebelumnya sudah dilakukan kajian oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir,” ujarnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, situasi polusi udara kabut asap akibat kebakaran lahan di Ogan Ilir beberapa hari terakhir ini semakin meningkat yakni dengan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Ogan Ilir pada tanggal (30/09/2023). Dengan Kategori Kualitas Udara Tidak Sehat dan Sangat Tidak Sehat.

“Dengan parameter kritis komponen PM 2,5 yang berpotensi mengganggu kesehatan, terutama pada anak-anak peserta didik kita,” ucapnya.

Adapun isi dari surat edaran tersebut yakni proses kegiatan belajar mengajar setiap satuan pendidikan di Ogan Ilir dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.”Serta untuk kegiatan istirahat ditiadakan,” ujarnya.

Sambungnya, Kepada seluruh jenjang satuan pendidikan untuk setiap Jam Pelajaran dikurangi selama 10 menit. Lalu, kegiatan diluar kelas, seperti olahraga, ekstrakurikuler, upacara dan kegiatan lainnya untuk sementara ditiadakan.

Dia juga meminta agar seluruh satuan pendidikan dapat memfasilitasi masker untuk siswa siswi dan tenaga pendidik, serta berkoordinasi dengan pihak Puskesmas terdekat untuk bantuan masker.

“Saya menghimbau, agar kepada seluruh warga satuan pendidikan, agar tetap memakai masker selama didalam maupun diluar ruangan,” tandasnya.

“Surat edaran ini berlaku, mulai dari ditetapkannya pada tanggal (02/08/2023) dan akan di evaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi kabut asap diwilayah Kabupaten Ogan Ilir,” tuturnya.

Sayadi menambahkan, untuk di wilayah Kabupaten Ogan Ilir memang belum bisa dilakukan kegiatan belajar mengajar Dalam Jaringan atau Daring, karena masih dalam kategori tidak sehat.”Seluruh siswa dan guru harus tetap memakai masker,” pungkasnya. (Red)

Selasa, 07 November 2023

06.38

BKPRMI Ogan Ilir Launching Program Satu Rumah Satu Hafizh/ Hafizhoh

BKPRMI Ogan Ilir Launching Program Satu Rumah Satu Hafizh/ Hafizhoh 

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengelar kegiatan Wisuda Santri ke XVIII TK/ TPA se Kabupaten, di Gedung Olahraga (GOR) Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Sakatiga Selasa, (7/11/2023).
Pada Wisuda Santri Tahun 2023 ini, diikuti oleh 525 santri dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani didampingi oleh Ibu Hj. Faizah Ardani Wakil Ketua 1 TP. PKK Ogan Ilir, Ketua BKPRMI Ogan Ilir Idham Syazili, S.Pd, M.Pd, Ketua BKPRMI Sumsel Firdaus, SH., M. Effendi, S. Pd. Komisaris PT. QBahhtera Satya Igama dan sejumlah Pejabat dilingkungan Pemda Ogan Ilir serta Ustadz Ustadzah dan keluarga santri yang datangnya dari 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. 

Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Ogan Ilir Idham Syazili, S.Pd, M.Pd mengatakan "Untuk program ini BKPRMI Ogan Ilir bekerja sama dengan PT. QBahhtera Satya Igama yang merupakan Pengembang Perumahan Pesona Impian Residence yang beralamat di Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara yang posisinya persis berada didepan Kantor Camat Indralaya Utara dan Kantor Kemenag Ogan Ilir" Ujarnya.

"Kedua belah pihak sudah sepakat untuk menghadirkan lingkungan yang baik, diawali dari Perumahan Impian Residence dengan Program Satu Rumah Satu Hafizh/ Hafizhoh" tambahnya

Adapun Launching dilakukan  Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani. SH., MH bersama Ketua DPW BKPRMI Sumsel Firdaus, SH. disaksikan seluruh tamu undangan, Ustadz Ustadzah, Santri dan Wali Santri yang hadir pada acara tersebut.

Ketua DPW BKPRMI Sumsel Firdaus,  SH. menyampaikan "Program Satu Rumah Satu Hafizh/ Hafizhoh yang digagas oleh BKPRMI Ogan Ilir,  merupakan sebuah ide inovatif untuk menghadirkan Hafizh/ Hafizhoh dan lingkungan Penghafal Al-Qur'an yang bisa dijadikan contoh bagi DPD BKPRMI Se-Sumsel" ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani menyampaikan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi inovasi tersebut "Pemerintah Daerah menyambut baik dan mendukung inovasi dari BKPRMI Ogan Ilir, untuk dapat menghadirkan lingkungan para Penghafal Al-Qur'an" ungkapnya. 

Komisaris PT. QBahhteraSatyaIgama M. Effendi,  S. Pd. ketika dikonfirmasi terkait Program tersebut menyatakan "BKPRMI Ogan Ilir memiliki potensi untuk pengembangan program tersebut dan untuk Program Satu Rumah Satu Hafizh/ Hafizhoh kita bekerja sama dengan Yayasan Karantina Tahfidz Qur'an Nasional (YKTN) yang berpusat di Kuningan Jawa Barat yang nantinya Guru Tahfidz kita akan dibekali dengan Metode yang memungkinkan bisa menghafal Al-Qur'an sebanyak 30 Juz dalam waktu satu bulan" imbuhnya (Red)
06.12

BKPRMI Ogan Ilir Wisuda Santri TK-TPA dan Beri Penghargaan Untuk Guru Ngaji

BKPRMI Ogan Ilir Wisuda Santri TK-TPA dan Beri Penghargaan Untuk Guru Ngaji 

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengelar kegiatan Wisuda Santri ke XVIII TK/ TPA se Kabupaten, di Gedung Olahraga (GOR) Pondok Pesantren Roudhotul Ulum Sakatiga Selasa, (7/11/2023).

Wisuda Santri Tahun 2023 ini, diikuti oleh 525 santri dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani didampingi oleh Ibu Hj. Faizah Ardani Wakil Ketua 1 TP. PKK Ogan Ilir, Ketua BKPRMI Ogan Ilir Idham Syazili, S.Pd, M.Pd, Ketua BKPRMI Sumsel Firdaus, SH. dan  sejumlah Pejabat dilingkungan Pemda Ogan Ilir serta Ustadz Ustadzah BKPRMI Ogan Ilir dan keluarga santri yang datangnya dari 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, sehingga acara berlangsung dengan semarak dan terlihat sangat ramai.
Ketua BKPRMI Ogan Ilir Ideham Syahzili, S. Pd., M. Pd. berharap melalui Kegiatan Wisuda Santri ini "Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat, sehingga kedepan diharapkan lahir Generasi Qur’ani yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Ogan Ilir" Ujarnya.

Lalu pada Wisuda Santri Tahun  2023 ini BKPRMI Ogan Ilir memberikan penghargaan kepada 2 Orang Guru Ngaji atau Ustadz Ustadzah Terbaik  yang merupakan hasil dari penilaian Tim Seleksi BKPRMI Ogan Ilir serta diberikan juga penghargaan kepada Unit TK-TPA terbaik dan DPK terbaik.
Ketua DPW BKPRMI Sumsel Firdaus, SH menambahkan dalam sambutannya "Ini adalah bentuk partisipasi dari BKPRMI kepada Kabupaten Ogan Ilir, yaitu dengan melahirkan anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an. Sudah bisa dilatih Seni Baca Al-Qur'an, Berzanji, Nagom, dan lainnya yang pada akhirnya menjadi SDM yang akan memperkaya Hasanah Islam di Kabupaten Ogan Ilir" ujarnya. "Tentu saja itu merupakan hasil karya dari para Guru Ngaji Ustadz Ustadzah BKPRMI Ogan Ilir" tambahnya.
Sementara Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, SH., MH. dalam sambutannya menyampaikan "Pemerintah Daerah Ogan Ilir memberikan  apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BKPRMI Ogan Ilir dan tentu saja berharap agar program yang dibuat oleh BKPRMI Ogan Ilir sejalan dengan arah pembangunan Kabupaten Ogan Ilir".

"Agar program tersebut dapat berjalan selaras dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kedepan harus ada koordinasi antar BKPRMI Ogan Ilir dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir" tambahnya (Red).
02.17

Wabup OI Hadiri Wisuda Santri XVIII TK/TPA Al-Qur’an LPPTKA-DPD BKPRMI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di gedung olahraga Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya, Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, S.H., M.H didampingi Ketua 1 TP. PKK Ogan Ilir Hj. Faizah Ardani, Staf Ahli Bupati beserta Kepala Perangkat Daerah terkait, Hadiri Wisuda Santri XVIII TK/TPA Al-Qur’an LPPTKA-DPD BKPRMI Kabupaten Ogan Ilir (OI) Selasa (07/11/2023).

Wakil Bupati Ogan Ilir dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada semua anak-anak yang akan di wisuda pada hari ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengucapkan selamat kepada santri/santriwati yang sudah berhasil melewati proses pendidikan.

"Dengan semangat yang tinggi serta memiliki ilmu yang berkualitas yang akan menjadi kebanggaan keluarga serta masyarakat Kabupaten Ogan Ilir" Kata Ardani.

Ditambahkannya, Oleh karena itu Wisuda Santri LPPTKA-DPD BKPRMI ini merupakan sebuah langkah yang strategis, agar anak-anak kita tumbuh dan berkembang menjadi insan-insan Qur’ani yang berakhlakulkarimah.

"Sehingga bisa menjadi generasi penerus yang akan membawa Kabupaten ini menjadi Kabupaten yang selalu dalam limpahan Rahmat Allah SWT". Paparnya. (Ril/Red)

Senin, 06 November 2023

22.11

Perumahan Pesona Impian Residence Tawarkan Satu Rumah Satu Hafidz/Hafidzah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk warga Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang mau anak-anaknya bisa baca Qur'an, kini hadir perumahan yang menawarkan konsep satu rumah satu hafidz/hafidzah yaitu perumahan pesona impian residence yang berlokasi di depan kantor camat Indralaya Utara dan Kemenag Ogan Ilir.

"Ya, disini kami menawarkan konsep untuk setiap warga ogan ilir bisa untuk membaca al-qur'an, sehingga anak-anak dan tidak menutup kemungkinan orang tua bisa untuk belajar membaca al-qur'an bahkan sesuai dengan program bisa sampai hafidz qur'an" Kata owner Perumahan Pesona Impian Residence, Selasa (7/11/2023).

Dikatakannya, diperumahan kami menyiapkan 2 orang ustadz dan juga ustadzah untuk tenaga pengajar belajar al-qur'an, jadi dari yang belum bisa ngaji akan langsung diajari oleh ustadz dan ustadzah yang ada di perumahan.

"Semoga program ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan, sehingga nantinya tidak ada lagi yang tidak bisa baca al-qur'an" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Untuk perumahan ini konsepnya sama seperti perumahan subsidi lainnya dengan tipe 36, dengan dp 250 ribu rupiah dan juga dengan syarat-syarat yang sudah ada, seperti fotocopy ktp, kk, buku nikah dan lain-lain, dan untuk lebih jelasnya bisa langsung datang ke lokasi" Terangnya. (Red)

Rabu, 18 Oktober 2023

06.10

Bupati Panca Hadiri Rapat FORKOPIMDA Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumsel

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menghadiri Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumsel Tahun 2023, terkait Teknis pelaksanaan dan potensi masalah pada pemilu 2024.

Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru.

Dengan adanya Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah diharapkan dapat menyatukan frekuensi terkait kendala-kendala yang ada di daerah khususnya Pemilu mendatang.

Dalam sambutan nya Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Herman Deru mengatakan, Kepala Daerah harus paham terhadap update peraturan-peraturan terkait pemilu, atau informasikan regulasi tersebut melalui billboard atau videotrone yang ada sehingga peserta pemilu dapat mengerti dan menaati peraturan-peraturan yang ada.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir siap bersinergi dengan Forkopimda Ogan Ilir untuk mengikuti intruksi dari Gubernur Sumsel Bapak H. Herman Deru terkait Keamanan dan ketertiban Pemilu yang akan datang khususnya di Daerah Ogan Ilir.

Acara ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Instansi Vertikal Prov. Sumsel, Bupati/Wali Kota Se Prov. Sumsel, Forkopimda Se Prov. Sumsel, Ketua KPU dan Bawaslu Se Prov. Sumsel. (Ril/Red)
06.05

Bupati OI Kukuhkan Forum Anak Tingkat Kabupaten


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bersama istri yang juga sebagai Ketua TP-PKK Ogan Ilir ibu Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) dilantik sebagai ayah genre dan bunda genre Ogan Ilir dilanjutkan dengan Pemasangan selempang.

Selanjutnya Bupati Ogan Ilir (OI) mengukuhkan Forum Anak Tingkat Kabupaten Ogan Ilir, Ayah dan bunda genre kecamatan, lembaga lanjut usia, forum anak daerah kabupaten Ogan Ilir, duta genre desa kelurahan se kabupaten Ogan Ilir.

Acara tersebut adalah dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2023. Bertempat di Kantor Camat Rantau Panjang. 

Kegiatan ini merupakan hari yang sangat istimewa karena  dapat hadir pada acara peringatan hari keluarga nasional (Harganas) tingkat kabupaten Ogan Ilir ke-30 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2023.

Dimana harganas merupakan perwujudan dari pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Dari keluargalah kekuatan dalam pembangunan suatu bangsa akan muncul. Selain itu, harganas juga menjadi wadah untuk merefleksikan peran penting keluarga karena peringatan harganas dapat dijadikan momentum dalam mewarisi semangat kepahlawanan dan perjuangan bangsa. (Ril/Red)
06.01

Bupati OI Monitoring Khitanan Massal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Didampingi ketua TP-PKK Ogan Ilir, Tikha Alamsjah Panca Wijaya B.A. (Hons), memonitoring Kegiatan khitanan masal dan pemeriksaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Ogan Ilir Tahun 2023 di Puskesmas Talang Pangeran dan Puskesmas Palem Raya. 

Kali ini melanjutkan monitoring serta meninjau langsung Kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan di seluruh puskesmas di kabupaten Ogan Ilir yaitu bertempat di DesaTalang Pangeran kecamatan Pemulutan Barat dan Desa Palem Raya kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 ini Kegiatan sunatan masal dan pemeriksaan kesehatan gratis ini dilaksanakan. Semoga kegiatan ini dapat meringankan beban keluarga yang ingin melakukan sunatan pada anaknya dan untuk pemeriksaan kesehatan juga dapat membantu masyarakat sekitar.

Di desa Talang pangeran kecamatan Pemulutan Barat,  menyerahkan secara simbolis yaitu rumah Layak huni kepada yang membutuhkan oleh Baznas Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)
06.00

Jelang Pemilu 2024, Pemkab Ogan Ilir Kuatkan Sinergi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten  Ogan Ilir menjaga netralitas pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, sudah jauh-jauh hari mengingatkan jajarannya untuk tidak menunjukkan keberpihakan terhadap kontestan Pemilu.

“Sudah beberapa kali saya peringatkan kepada seluruh jajaran, ASN, kepala desa untuk menjaga netralitas pada Pemilu mendatang,” tegas Panca usai menghadiri apel pasukan Operasi Mantap Brata di Mapolres Ogan Ilir, Selasa (17/10/2023).

Diungkapkannya, konflik pada Pemilu seringkali akibat ketidaknetralan, diantaranya oleh ASN.

“Jangan sampai karena tidak netral lantas memicu, memancing gesekan-gesekan di tengah masyarakat,” katanya mengingatkan.

Ditambahkan Panca,  dalam aturan ASN juga ada sanksinya bagi yang tidak netral, apabila secara nyata mendukung salah satu paslon maupun parpol.

Pemkab Ogan Ilir menegaskan akan terus bersinergi dengan unsur Forkopimda dalam menyukseskan jalannya Pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya yakni dengan penandatanganan kesepakatan anggaran pengamanan Pilkada dan Pileg.

"Insya Allah ada MoU anggaran pengamanan dan semoga bisa diawasi dan tidak ada masalah pada Pemilu mendatang,” kata Bupati Panca.

Pada kesempatan yang sama  Kapolres Ogan Ilir AKBP H. Andi Baso Rahman menegaskan jajarannya siap mengamankan Pemilu 2024.Tidak kurang dari  370 personel Polri dikerahkan dalam Operasi Mantap Brata di Ogan Ilir selama tahapan Pemilu.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata juga diisi oleh Tim Gakkumdu terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu.

Tiga unsur ini bersinergi melakukan pencegahan dan penindakan apabila terjadi pelanggaran pada Pemilu  juga diperlukan  peran serta masyarakat  dalam menyukseskan Pemilu. (*/Red)
05.59

Bupati OI Berikan Bantuan Bibit Ikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, sebagai bukti mendukung pelestarian ikan lokal di alam Pemkab Ogan Ilir melalui dinas perikanan menyiapkan restoking 1 juta bibit ikan di alam di tahun 2024.

Sebagai upaya dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan menyerahkan bantuan sarana pengembangan perikanan tangkap pada program peningkatan kapasitas nelayan kecil. Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat khususnya nelayan untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan, terutama dapat meringankan biaya untuk membeli peralatan tangkapnya.

"Saya mengajak para kepala desa untuk berkolaborasi melalui bumdes dengan pengelolaan ikan di BBI, dan dapat bekerjasama dengan pemkab Ogan Ilir" Kata Bupati OI.

Dikatakannya, kami selain membantu agar berhasil ada sosialisasi dan subsidi. Apabila kepala desa mau mengembangkan budidaya pelestarian melalui dana desa dengan bumdes yang ada. Insyaallah kita tidak akan lepas tangan sampai benar-benar bisa mandiri.

Adapun bantuan yang diserahkan terdiri dari paket alat penangkapan ikan seperti Perahu, mesin, jaring ikan, pelampung dan perlengkapan pendukung lainnya.

Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis kepada nelayan yang tergabung dalam 102 kelompok pembudidaya ikan. Dengan jumlah 1.020 orang pelaku usaha. (Ril/Red)

Selasa, 17 Oktober 2023

19.23

Bupati OI Tinjau Kebakaran Lahan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar meninjau langsung kebakaran lahan yang terjadi di kelurahan Indralaya raya Jln kopral Juni menuju Komplek Perkantoran Tanjung senai, Selasa (17/10/2023).

Sebelum api menyebar lebih luas, Satgas penanganan karhutla, BPBD, Damkar, TNI dan Polri langsung melakukan tindakan cepat dengan terjun ke lapangan untuk memadamkan. 

"Kepada seluruh lapisan masyarakat  Kabupaten Ogan Ilir untuk peduli dengan lingkungan sekitar dan harus mengetahui bahwa perbuatan membakar hutan dan lahan juga dapat berakibat sanksi hukum kepada pelakunya dan disampaikan juga kepada masyarakat untuk tidak lagi membakar" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya, "Karena apabila terbukti membakar walaupun tujuannya membersihkan kebun, akan diproses hukum dengan sanksi penjara 15 tahun dan denda Rp 5 miliar sesuai dengan undang undang dan peraturan pemerintah" Pungkasnya. (Ril/Red)

Jumat, 13 Oktober 2023

02.29

Bupati Ogan Ilir Melebung Di Desa Sungai Rotan

Bupati Panca Bersama Kepala Desa Se Kabupaten OI Ajak Masyarakat Desa Sungai Rotan Melebung Ikan Bersama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Forkopimda Kab.OI, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Hadiri Silaturahmi Kepala Desa se Kabupaten Ogan Ilir disertai Melebung Ikan Bersama Masyarakat Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang. Jum'at (13/10/2023) Bertempat di Desa Sungai Rotan.
Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan "Kegiatan memanen ikan bersama-sama disaat musim kemarau adalah tradisi dari Daerah Kabupaten Ogan Ilir yang disebut melebung."

"Selain meningkatkan silahturahmi antara Kepala Desa Se Kab. Ogan Ilir kegiatan ini juga mengajak masyarakat mencintai sebuah budaya daerah." Ujarnya

Bupati Panca menambahkan "Teruntuk Kepala Desa Se Kabupaten Ogan Ilie agar jangan sampai lalai dalam menghadapi karhutlah yang rawan terjadi saat ini, tetap siaga agar dapat mengantisipasi adanya titik-titik kebakaran yang ada di daerahnya masing-masing." Jelasnya. (Ril Kominfo)

Jumat, 22 September 2023

03.53

Tim Relawan Pemadam dan Penyelamatan Kebakaran Desa Dibentuk

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di aula kantor camat Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Ogan Ilir menggelar Sosialisasi Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023, Jumat (22/9/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Ogan Ilir Sunarto melaui Plh Kepala Bidang Pencegahan Amir Syarifuddin mengatakan, sesuai dengan yang sudah
 dijadwalkan di 16 Kecamatan dalam Kabupaten OI Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengadakan Sosialisasi Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran yang sesuai dengan arahan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar terkait Kebakaran lahan dan hutan yang melanda Ogan Ilir selama ini. 
"Ini bertujuan untuk memaksimalkan bantuan kita kepada masyarakat, relawan tersebut dibentuk 10 orang di setiap desa, yang terdiri dari 8 orang laki- laki dan 2 orang Perempuan dari umur 19 hingga 55 tahun dan bukan dari perangkat desa" Ujarnya.

Dikatakannya, tugas relawan bukan hanya memadamkan api tetapi juga Penyelamatan, sesuai dengan nomenklatur Penyelamatan dan sesuai dengan arahan Bupati dan Kementrian  Dalam Negeri.

"Untuk Penyelamatan inilah yang akan kita bentuk untuk Relawan Pemadam Kebakaran terkait Eksekusi Ular, Eksekusi Sarang Tawon, Ibu-ibu yang perlu bantuan seperti cincin yang lekat  di jari, sifatnya luas bukan hanya Pemadam Kebakaran saja" Terangnya.

Sementara itu, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si ketiaka diwawancarai mengatakan dengan adanya Sosialisasi Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023 ini, dirinya berharap bagi desa yang belum membentuk Relawan segera membentuk Relawan Karhutlah 10 orang perdesa, langkah selanjutnya mengaktifkan peran Relawan tersebut dalam hal-hal mencegah terjadinya Kebakaran 

"Kita usahakan semaksimal mungkin jangan terjadi kebakaran, agar wilayah Kecamatan Rantau Panjang ini lahan yang rawan terjadi Kebakaran sangat minim" Kata camat.

Ia berharap setelah terbentuk Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di setiap Desa agar para Relawan memahami secara Tekhnis Tugas Relawan tersebut dalam mengantisipasi Karhutla dan hal lainnya.

"Disesuaikan dengan kondisi desa masing- masing, kepala desa dan Relawan lebih paham dan lebih tau bagaimana caranya mengatasi secara Teknisnya" Imbuhnya. (Red)

Senin, 18 September 2023

00.55

Bupati Ogan Ilir Hadiri Opening Ceremony Porpov Sumsel XIV dan Peparprov Sumsel ke IV Lahat Tahun 2023


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar hadiri Opening Ceremony Porpov Sumsel XIV dan Peparprov Sumsel ke IV Lahat Tahun 2023. di Lapangan Seganti Setungguan Lahat. 

Sebelum menghadiri opening ceremony Bupati Ogan Ilir menyempatkan menyaksikan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada atlet asal Ogan Ilir. Dengan menyaksikan partai final cabang billiard, atlet Ogan Ilir berhasil meraih medali emas dan menyaksikan pertandingan cabang hoky di mana Ogan Ilir berhadapan dengan tuan rumah Lahat. 
Pembukaan Porprov Sumsel XIV dan Peparprov IV 2023 ditandai dengan penyerahan obor dari pesilat putri Sumsel berprestasi internasional Nia Larasati kepada Gubernur Sumsel, bapak H Herman Deru. 

"Untuk atlet Ogan Ilir yang mengikuti Poprov Lahat agar senantiasa menjaga semangat dan Fokus dalam menghadapi pertandingan serta selalu junjung tinggi sprotivitas" Kata Bupati Ogan Ilir

Dikatakannya, Kita tidak terlalu mempersoalkan hasil, namun apapun perolehan dalam Porprov ini akan kita evaluasi, terutama terkait infrastruktur dan Fasilitas olahraga juga pelatih dan atlet agar Porprov berikutnya hasilnya lebih baik. 

"Saya berharap secara luas dari Porprov Lahat akan muncul atlet-atlet handal dari seluruh wilayah Sumatra Selatan yang nantinya dapat mengharumkan nama Sumatera di pentas nasional" Harapnya

Ditambahkannya, "Dan saya sangat bangga karena atlet yang mewakili Ogan Ilir mayoritas asli Ogan Ilir sehingga dapat menjadi tolak ukur pembinaan atlet kedepannya" Pungkasnya. (Ril/Red)

Jumat, 15 September 2023

05.11

SD Negeri 2 Rantau Panjang Butuh Tambahan Lokal dan Mobiler


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- SD Negeri 2 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan saat ini sangat membutuhkan tambahan lokal dan juga mobiler untuk sekolah.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh kepala SD Negeri 2 Rantau Panjang Amri M. Ali, S.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/09/2023) kemarin, menurutnya untuk lokal saat ini kita sangat butuh, karena sekolah kita kekurangan lokal.

"Ya, kami saat ini sangat butuh lokal paling karena mengingat murid kami yang ada, selain itu juga kami juga butuh tambahan mobiler untuk di kelas, dan saat ini kami memakai kursi plastik untuk siswa belajar" Katanya.

Disinggung apakah sudah mengajukan proposal kepada dinas terkait, dirinya mengatakan sudah, untuk proposal sudah lama kami ajukan, dan kemarin juga bulan juli pihak sekolah juga sudah mengajukan proposal selain itu juga di aplikasi dapodik pun juga sudah.

"Semua sudah kita lakukan, baik melalui proposal dan juga aplikasi dapodik, dan kami sangat berharap sekali agar pemerintah kabupaten ogan ilir khususnya dinas pendidikan ogan ilir agar bisa membantu kami untuk lokal dan mobiler tersebut" Harapnya. (Red)

Kamis, 14 September 2023

22.09

Road Show Super Suprize September Astra Motor Indralaya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Rangka Road Show Super Suprize September Astra Motor Indralaya.

Mari Ramaikan & Saksikan Pertunjukan Silat DEBUS CIMANDE Macan Guling Banten,
Pameran Motor DP Ringan, Potongan Angsuran, Potongan Bulan, Juga Berbagai Games & Hadiah Menarik Lainnya.

Acara tersebut digelar pada selasa 19 September 2023, bertempat di lapangan Pasar Lorok Indralaya Utara, jangan Sampai Ketinggalan Buruaannn
Alamat : Kantor Timbangan Astra Motor Indralaya-Timbangan Samping Colombus WA 0838-3386-0880. (Ril/If Honda) 
20.08

Wabup OI Lepas Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV

Pelepasan Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV, Wabup Ardani : Ikuti Dengan Penuh Semangat dan Menjujung Tinggi Sportivitas

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani SH., MH., didampingi Asisten Sekda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan Ketua KONI Ogan Ilir Melepas Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV Tahun 2023. Kamis (14/09/2023) bertempat di Halaman Kantor Bupati. 

Diawali dengan laporan Ketua KONI Ogan Ilir Bapak Aswan Mufti mengatakan kontingen Kab. Ogan Ilir mengikuti 37 cabang olahraga (cabor) dari 44 cabang olahraga (cabor) yang ada di PORPROV Sumsel ke IV tahun 2023.

"Kontingen Ogan Ilir mengirimkan perwakilan sebanyak 517 atlet dan mengikuti 37 cabor dari 44 cabor yang ada".

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani dalam sambutannya mengatakan kontingen Ogan Ilir dalam mengikuti event 2 tahunan ini, tentu harus kita ikuti dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas. 

"Dalam mengikuti perlombaan tentu harus bersemangat, menjaga sportivitas dan mendapatkan hasil yang maksimal".

Wakil Bupati H. Ardani juga menambahkan untuk kepada semua manajer dari setiap cabang olahraga untuk mengurus dan benar-benar diikuti sesuai dengan cabangnya masing-masing sehingga dapat meraih hasil yang maksimal

"Pemerintah Kab. Ogan Ilir menargetkan kontingan Ogan Ilir pada Porprov Sumsel tahun ini untuk masuk peringkat 10 besar" Ujarnya. 

Acara ini juga dihadiri Ketua KONI Kecamatan se Kab. Ogan Ilir, Semua Staf Pelatih official dan seluruh atlit Porprov sumsel ke IV. (Ril/Red)

Selasa, 12 September 2023

21.00

Puluhan Siswa dan Siswi SD Negeri 3 Rantau Panjang Disuntik BIAS

Petugas Puskesmas Lakukan Suntik BIAS di SD Negeri 3 Rantau Panjang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Puluhan siswa dan siswi SD Negeri 3 Rantau Panjang lakukan suntik imunisasi atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Rabu (13/09/2023). 

Hal ini yang dikatakan oleh Kepala SD Negeri 3 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Berori, S.Pd, menurutnya hari ini pihak dari puskesmas Rantau Panjang melakukan suntik BIAS di sekolahnya.
"Untuk peserta sendiri yakni siswa dan siswi dari kelas satu dan dua, dan untuk kegiatan suntik BIAS ini sendiri belangsung selama satu hari, dengan harapan semoga dengan adanya suntik BIAS ini diharapkan nantinya para siswa dan siswi bisa terhindar dari berbagai macam penyakit" Imbuhnya.

Sementara itu, petugas puskesmas Rantau Panjang Heri, mengatakan hari ini pihak puskesmas Rantau Panjang melakukan suntik BIAS yang dilakukan diseluruh SD baik negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Rantau Panjang.

"Ya, hari ini kita lakukan suntik BIAS di seluruh SD di kecamatan Rantau Panjang, semoga dengan dilakukannya suntik BIAS ini mereka bisa terhindar dari berbagai macam penyakit" Pungkasnya. (Red)

Kamis, 31 Agustus 2023

04.04

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Dapat Penghargaan Dari Kemenkes RI Sebagai Lokus Uji Coba ILP Sejak Tahun 2022


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI Sebagai Lokus Uji Coba ILP sejak tahun 2022.

Pada acara launching nasional integrasi pelayanan kesehatan primer dan penguatan perencanaan pembangunan kesehatan oleh Kemenkes RI Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. Kamis (31/08/23) Bertempat di Grand Ballroom  JIEXPO Convention Centre & Theatre, Arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penghargaan mitra lokus uji coba Intergrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) Se-Indonesia kepada Bupati, yang diberikan oleh Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa PDTT, Menko PMK RI.

Terimakasih atas penghargaan Lokus uji
coba ILP sejak tahun 2022, ini di dapatkan atas jeri payah sinergitas stakeholder terkait sehingga Peran kader kesehatan sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

Semoga dengan di berikanya penghargaan ini dapat memicu semangat kinerja para tenaga kesegatan yang ada di daerah untuk terus lebih baik lagi kedepannya. (Ril/Red)