Gemilang Terkini

Jumat, 31 Desember 2021

20.43

Jalin Silaturahmi Ketua DPRD Kota Palembang Sambut Baik Kedatangan Pengurus FOKER Bersatu

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Guna menjalin dan mempererat tali silaturahmi ketua DPRD kota Palembang H. Zainal Abidin, SH yang juga selaku dewan pembina FOKER BERSATU menerima para pengurus FOKER BERSATU bertempat dikediamannya pada selasa (28/12/2021) lalu.

"Alhamdulilah kami diterima langsung oleh ketua DPRD kota Palembang Bapak H. Zainal Abidin, SH tentunya untuk berkoodinasi terkait program FOKER kedepannya" Ujar Dony Saputra Sekjen FOKER BERSATU didampingi Hery. KA bendahara umum FOKER dan Ketua Satgas FOKER Demil Pian, Sabtu (1/1/2022)

Dikatakan Dony, "Dalam waktu dekat kita juga akan beraudiensi dengan Camat, Kapolsek, dan Koramil. Pihaknya juga menyusun agenda terkait program-program apa yang bisa dikerjakan nanti oleh FOKER BERSATU dan kami berharap setelah audensi nanti karakter generasi muda FOKER harus aktif khususnya diwilayah Kertapati" Paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palembang H. Zainal Abidin, SH mengatakan dirinya menyambut baik silaturahmi bersama FOKER BERSATU semoga peran FOKER menjadi garda terdepan untuk membangun Kertapati.

"Kedepan FOKER harus membangun Kertapati baik sebagai kontrol dan maupun mitra, saya juga meminta kepada FOKER untuk lebih peduli kepada lingkungan, FOKER harus jadi pengontrol oleh karena itu saya menyambut baik dengan kehadiran FOKER BERSATU ini" Imbuhnya. (Heryadi/Red)

Kamis, 30 Desember 2021

05.19

Bidang Organisasi, Kelembagaan Dan Humas FOKER Bersatu Silaturahmi Ke Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) setiap organisasi selalu berupaya untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan membuat berbagai inovasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai.

Inilah yang dilakukan oleh Bidang Organisasi, Kelembagaan, dan Humas Forum Kertapati (Foker) Bersatu, dalam hal ini melakukan silaturahmi dikelurahan Karya Jaya dalam rangka pokok bahasan guna membahas seputar wilayah Kertapati.

"Alhamdulilah wilayah Kecamatan Kertapati sekarang semakin tertata dengan baik mulai maju pesat, salah satunya Infrastruktur, ini juga sebagai wujud perhatian Bapak Zainal Abidin SH selaku ketua DPRD Kota Palembang terhadap wilayah kita Kertapati ini"  Ujar Deo Ledy Vera, ST, MM selaku Plt. Lurah Karya Jaya Kecamatan Kertapati saat diwawancarai, Kamis (30/12/2021).

Dikatakannya, dalam waktu dekat ini juga di wilayah Kecamatan Kertapati tepatnya di RT 31 Kelurahan Karya Jaya akan dibangun Poltek Negeri Sriwijaya yang sekarang sedang dimulai pengerjaannya.

"Tentunya dengan adanya pembangunan tersebut, kita berharap kedepan, wilayah Kertapati lebih maju lagi dan juga untuk mencegah penyebaran covid-19, vaksinasi tetap harus diupayakan" Imbuhnya. (Heriyadi/Red)

Rabu, 29 Desember 2021

22.54

Gasak HP Demi Beli Narkoba, Pencuri di Pemulutan Terlacak Saat Pesan Barang Via Online

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polisi meringkus pelaku bobol rumah warga di Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir, beberapa bulan lalu. 

Satu pelaku yang kini ditetapkan tersangka yakni Saropi, pemuda 20 tahun asal desa setempat. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari menerangkan, tersangka melakukan aksinya pada pagi hari saat pemilik rumah masih tidur. 

"Pengakuan tersangka, dia masuk (mencuri di) rumah warga sekitar pukul 05.00. Kejadiannya dua bulan lalu," terang Iklil didampingi Kanit Reskrim Polsek Pemulutan Ipda Zulkarnain, Kamis (30/12/2021). 

Tersangka lalu masuk ke kamar pemilik rumah dan mengambil sebuah handphone yang sedang diisi daya baterai. 

Polisi yang mendapat laporan pencurian ini lalu melakukan penyelidikan dengan menggelar olah TKP dan memeriksa saksi-saksi. 

"Hasil penyelidikan, diduga kuat pelaku pencurian merupakan warga sekitar karena paham kondisi rumah sasaran pencurian," ungkap Iklil. 

Kecurigaan polisi pun terbukti saat terpantau ada aktivitas belanja online yang dilakukan oleh nomor handphone milik korban pencurian. 

"Awalnya kami melacak bahwa nomor handphone korban terpantau melakukan pemesanan barang secara online," ujar Iklil. 

Polisi lalu menelusuri nomor handphone tersebut dan mendapatkan fakta bahwa akun emailnya telah diganti. 

"Akun email pemilik handphone berganti menjadi nama tersangka Saropi," terang Iklil. 

Polisi lalu menyelidiki nama Saropi tersebut hingga berhasil mengamankan tersangka pada Rabu (29/12/2021) malam. 

Saat diamankan, tersangka sedang nongkrong di pinggir jalanan Desa Simpang Pelabuhan Dalam. 

"Ternyata benar yang kami amankan bernama Saropi dan yang bersangkutan mengakui dialah yang mencuri handphone di rumah warga," jelas Iklil. 

Tersangka lalu digelandang ke Mapolsek Pemulutan untuk diperiksa lebih lanjut. 

Selain tersangka, polisi mengamankan barang bukti dua unit handphone, masing-masing milik korban pencurian dan milik tersangka. 

"Jadi tersangka ini memindahkan SIM card handphone curian ke handphone miliknya. Lalu tersangka pesan barang via online menggunakan handphone-nya itu, sehingga yang tampil ialah nomor handphone korban," beber Iklil. 

Dari hasil penyidikan, tersangka Saropi merupakan residivis kasus pencurian yang sebelumnya pernah mendekam di penjara. 

Kepada petugas, tersangka mengaku mencuri untuk membeli narkoba. 

"Pengakuannya mau beli sabu. Kami terus mendalami perkara pencurian ini, termasuk sudah berapa kali tersangka ini bobol rumah," terang Iklil. 

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. 

Sementara tersangka Saropi mengaku kapok mencuri, dia tak ingin lagi mengulangi perbuatannya. 

"Saya menyesal, tidak mau lagi mencuri. Minta maaf," kata tersangka. (Ril/Red)

Selasa, 21 Desember 2021

22.22

Peringati Hari Ibu, Srikandi Marhaen Pemuda Demokrat Indonesia DPC Kota Palembang Senam Bersama

PALEMBANG gmjnews.co.id- Peringatan Hari Ibu lebih dari sekedar mother's day', saatnya generasi milenial memaknai dengan aksi nyata, Peringatan Hari Ibu adalah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan dalam berbagai sektor pembangunan untuk Indonesia maju yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Momentum Peringatan Hari Ibu Bertujuan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Dalam Pemenuhan Hak Perempuan Dan Anak Serta Untuk Memajukan Perempuan Indonesia Dimassa Pandemi Covid 19 Dimana Banyak Perempuan Indonesia Dimassa Pandemi Covid 19 Dimana Banyak Perempuan Terpuruk Menjadi Korban' Kekerasan,Bahkan Memikul Beban Ganda" 

Dalam Memperingati Hari Ibu Yang Ke-93  Tahun 2021 Yang Jatuh Pada Hari ini 22- Desember-2021 Srikandi Marhaen Pemuda Demokrat Indonesi DPC Kota Palembang Menyelenggarakan Senam Sehat Bersama Rabu (22/12/2021) 

Dalam Penyelenggarakan Senam Sehat Ini Tentunya Tidak Lepas Penerapan Dari Protokol kesehatan Guna Mencegah Penyebaran Virus Covid 19 

Senam Sehat Bersama Ini Selain Untuk Memperingati Hari Ibu Juga Meningkatkan Imunitas Tubuh Ditengah Pandemi Covid 19 ini Senam Sehat Ini Merupakan Rangkaian Acara Dalam Memperingati Hari Ibu"Kata Yuyun Pirliyanto Ketua Srikandi Marhaen Pemuda Demokrat Indonesia DPC Kota Palembang Saat Dikonfirmasi Awak Media gmjnews.co.id 

Ungkap Nya" Setelah Senam Sehat Acara Dilanjutkan Dengan Door prize Berbagai Hadiah Yang Dibagikan Kepada Para Peserta Yang Beruntung 

Arti Penting Dalam Kegiatan ini Ialah Mengajak Ibu-Ibu Untuk Senantiasa Bergerak Dengan Penuh Semangat Melawan Pandemi Covid 19 Bagai Manapun Kata " Yuyun Ibu Ialah Sosok yang Mempunyai Pengabdian Merawat Anak-Anak Nya Berserta Suaminya Ditengah Pandemi ini.
Dihari Ibu Yang Ke-93 ini Perjuangan Seorang Ibu Tidak Cuma Melawan Pandemi Covid 19 Tapi Bagaimana Melindungi Anggota Keluarganya Dari Penyebaran Covid 19 Karena Itu Peran Ibu Sangat Penting Kami Dari Perempuan Srikandi Marhaen Tak Henti-Henti Nya Mengajak Ibu-ibu Dan Juga Para Remaja Supaya Menjaga Diri Dari Virus Covid 19 Dengan Menerapkan Protokol kesehatan Ditiap Kegiatan Yaitu Memakai Masker,Mencuci tangan dan Menjaga Jarak Serta Olahraga Dan Mencukupi Asupan Vitamin"Jelas Yuyun

Yuyun Juga Tak Lupa Mengucapkan Terima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Telah Mendukung Terselenggaranya Peringatan Hari Ibu Ini Terima Kasih Atas Partisipasinya Sehingga Kegiatan Hari Ibu Ini Bisa Terlaksana Dengan Lancar Sehingga Kita Bisa Lepas Dari Pandemi Ini,Jangan Lupa Penerapan Protokol kesehatan Pungkas" Yuyun (Heryadi/Red)
18.16

Aksi Pencurian Terekam CCTV Diungkap Tim Crocodile Polsek Pemulutan, Residivis Susul Teman ke Penjara


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polisi menangkap satu lagi pelaku pencurian terekam CCTV di Desa Babatan Saudagar, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir.

Setelah sebelumnya menangkap tersangka bernama Agus, kini satu tersangka lainnya bernama Hendra diamankan. 

Menurut keterangan polisi, pencurian tersebut dilakukan oleh dua tersangka pada Selasa (14/12/2021) lalu sekira pukul 22.30.

"Saat melakukan patroli hunting, kami mendapat informasi ada pencurian di salah satu rumah warga di Desa Babatan Saudagar," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari, Rabu (22/12/2021).

Tim Crocodile Polsek Pemulutan dipimpin Ipda Zulkarnain yang menerima laporan warga, lalu menuju lokasi dan melakukan olah TKP.

Polisi juga memeriksa rekaman CCTV saat kedua pelaku menyatroni rumah dan mengambil alat press tambal ban.

"Rekaman CCTV dan keterangan saksi mata mengarahkan kami kepada petunjuk keberadaan kedua tersangka," ungkap Iklil.

Petugas lalu melakukan pengejaran terhadap kedua tersangka yang ketika itu diperikirakan masih berada di wilayah Pemulutan.

Sekira pukul 01.20, tersangka pertama yakni Agus berhasil ditangkap.

Polisi lalu melakukan pengejaran terhadap tersangka Hendra, hingga dia berhasil diamankan di Jakabaring, Palembang, pada Selasa (21/12/2021) malam sekira pukul 19.30.

"Tersangka ditangkap tanpa perlawanan dan kini diamankan di Mapolsek Pemulutan," kata Iklil. 

Sama seperti tersangka sebelumnya, tersangka Hendra juga merupakan residivis kasus pencurian yang sebelumnya pernah diproses hukum. 

Barang bukti yang disita polisi dari kedua tersangka yakni alat press tambal ban dan sepeda motor yang digunakan untuk mencuri.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

"Kasus pencurian terekam CCTV di Babatan Saudagar tuntas. Dua tersangka sudah diamankan, tentunya akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Iklil menegaskan. (Ril/Red)
18.14

Satu dari Tiga Begal di Pemulutan Selatan Dibekuk Polisi, Muncul dari Semak-semak, Ancam Korban Pakai Sajam dan Senpi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polisi meringkus satu dari tiga begal yang beraksi di wilayah Pemulutan Selatan, Ogan Ilir. 

Aparat Polsek Pemulutan menangkap satu pelaku bernama Romzi (35 tahun) yang dilaporkan membegal dua orang wanita, beberapa hari lalu. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari menerangkan, pelaku beraksi bersama dua orang rekannya yang kini buron. 

"Pelaku kini ditetapkan tersangka. Dia beraksi dengan dua rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran," kata Iklil didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Selasa (21/12/2021). 

Iklil menerangkan, para pelaku melancarkan aksi mereka dengan mengincar korban terutama wanita yang sedang berkendara di jalanan sepi. 

Saat korban sedang berkendara melewati perkebunan di wilayah Desa Ulak Aurstanding, Pemulutan Selatan, tersangka bersama rekannya tiba-tiba muncul dari balik semak-semak. 

"Jadi tersangka ini sembunyi di balik semak-semak. Saat ada korban yang dirasa dapat dijadikan sasaran begal, tersangka muncul dan menodong korbannya," terang Iklil. 

Saat beraksi, tersangka bersama kedua rekannya berbagi peran dan membekali diri dengan senjata tajam serta senjata api. 

Menurut pengakuan tersangka, kata Iklil, dia dan rekannya yang buron itu ada yang mengancam pakai senpi dan ada yang menodongkan pisau ke arah kedua korban. 

"Persisnya, tersangka menggunakan senpi yang dia pinjam dari rekannya. Satu pelaku lagi pakai sajam dan satu pelaku lainnya bertugas mengawasi situasi di TKP," jelas Iklil. 

Karena takut, kedua korban terpaksa menyerahkan sepeda motor dan handphone mereka. 

Ketiga begal tersebut lalu kabur dengan membawa barang-barang milik korban. 

Polisi yang mendapat laporan lalu melakukan penyelidikan dan memburu para pelaku. 

"Setelah beberapa hari anggota kami melakukan penyelidikan, salah satu pelaku berhasil kami amankan di kediamannya di Pemulutan Selatan," kata Iklil. 

Tersangka Romzi pun tak berkutik saat diciduk polisi dan dia mengakui perbuatannya. 

Barang bukti berupa masker dan celana yang dia pakai saat membegal, juga diamankan petugas. 

"Tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," terang Iklil. 

Sementara dua pelaku begal lainnya, kini masih dalam pengejaran aparat Polsek Pemulutan. 

"Untuk dua pelaku begal yang kabur, kami sudah tahu identitas mereka dan sedang dalam pengejaran," tegas Iklil. (Ril/Red)

Senin, 20 Desember 2021

22.07

Bupati Panca Lantik Pengurus TP PKK Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar melantik pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten OI masa bakti 2021-2026, Selasa (21/12/2021).

Dalam sambutannya, Bupati OI Panca Wijaya Akbar mengucapkan selamat kepada pengurus TP PKK yang baru, karena telah diberikan amanah untuk jadi pengurus, dan diucapkan terima kasih kepada para pengurus TP PKK yang lama.

"Dan hampir 75 persen pengurus TP PKK ini masih di isi oleh kepengurusan yang lama, dan pada kesempatan ini juga saya mengucapkan permohonan maaf karena ibu tim penggerak PKK OI tidak bisa hadir, karena saat ini sedang hamil, mohon doanya. Saya juga minta tolong dengan tim penggerak PKK ibu Ardani untuk dapat mewakili kegiatan TP PKK Ogan Ilir" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya, "Harapan saya kedepan kita menunggu prestasi dari TP PKK Ogan Ilir, agar bisa mengharumkan nama baik TP PKK Ogan Ilir, jadi untuk seluruh TP PKK baik di kecamatan maupun di desa agar bisa memberikan yang terbaik. Dan untuk TP PKK saat ini sudah kita berikan fasilitas jadi mohon untuk prestasi TP PKK Ogan Ilir bisa terus ditingkatkan dan bisa membuat bangga TP PKK Ogan Ilir" Harapnya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Bupati OI Panca Wijaya Akbar, Wakil Bupati OI Ardani dan ibu, para OPD pemkab Ogan Ilir, serta para pengurus TP PKK Ogan Ilir dan tamu undangan. (Red)
00.48

Akses Masuk Ke Dinkes OI Serba Digital

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Di era saat ini khususnya di masa pandemi covid 19, kita semua dituntut untuk melakukan serba digital, tak terkecuali di setiap dinas.


Ini yang berlaku di Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir (OI), setiap tamu yang mau masuk harus melewati dua pintu yakni pintu utama yang mengharuskan tamu untuk melakukan scan digital guna untuk mengecek apakah tamu sudah divaksin atau belum.


"Kita melakukan ini semua demi kenyamanan kita bersama, dan juga bisa mengajarkan kita tentang digital, sebelum masuk kita melakukan scan barcode dulu, setelahnya akan tampil identitas kita" Kata Hendra Kudeta, S.KM ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (20/12/2021).


Menurutnya setelah dari pintu utama nantinya akan diarahkan ke pintu selanjutnya, nah di pintu kedua inilah ada satu lagi barcode yang di scan, yakni barcode tujuan.


"Dipintu kedua akan diarahkan dan tamu diharuskan mengisi formulir yang tertera, mulai dari email, nama, pekerjaan, alamat hingga tujuannya kemana, setelah semuanya selesai barulah kita diarahkan ke ruang tunggu oleh petugas. Hal ini tak lain guna untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19" Terangnya.


Menanggapi hal tersebut, ketua PWI OI Yasandi yang saat itu sedang berkunjung ke dinkes mengatakan ini pengalaman pertama, dan ini bagus demi tertibnya para tamu yang datang, dan juga guna mencegah penyebaran covid-19.


"Menurut saya ini hal yang luar biasa, apalagi saat ini di era digital semuanya dituntut paham tentang dunia digital, dan ini pengalaman pertama saya, jadi dari sebelumnya belum mengetahui dan alhamdulillah sekarang sudah tahu" Ujarnya. (Red)

Minggu, 19 Desember 2021

23.09

Bupati OI Yang Diwakili Wabup Ardani Lepas 351 Atlet

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebanyak 351 atlet kontingen Ogan Ilir secara resmi dilepas oleh Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar yang diwakili oleh wakil Bupati Ardani, Jumat (19/11/2021).

Ke 351 atlet tersebut 60 pelatih, dan 51 ofisial pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XIII di OKU Raya. Pelepasan dilakukan di Aula Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai.

Wabup Ardani dalam amanatnya berpesan kepada atlet untuk berjuang sekuat tenaga mengukir prestasi dan membawa Kabupaten OI Berjaya pada Porprov OKU Raya.

“Berusaha sekuat tenaga meraih medali emas di Porprov Sumsel. Mari kita jaga dan kita harumkan nama Ogan Ilir,” pesannya.

Dalam kesempatan ini, Ardani juga berpesan kepada Manajer yang bertanggungjawab pada cabor yang turun mewakili Ogan Ilir, untuk dapat memberikan support langsung.

Atlet-atlet ini, kata Ardani, butuh motivasi. Peran dari manajer ini sangat penting untuk dapat membakar semangat atlet sehingga bisa membawa pulang medali emas.

"Saya tahu betul KONI Ogan Ilir sudah berjuang keras untuk membantu dan memfasilitasi atlet dan pelatih, sehingga bisa mewakili Ogan Ilir di OKU Raya,” ucapnya. (Red)
23.02

Semangat Hari Pahlawan, Bupati OI Ayo ‘Berperang’ Melawan Virus Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Semangat juang para pahlawan yang patut diteladani bersama dimasa mengisi kemerdekaan. Ada hal-hal penting yang terkandung dalam pelaksaan ini, apa itu pertama nilai semangat, nilai juang, kesatuan dan persatuan, ini perlu kita teruskan ke generasi akan datang. Saat ini kondisi kekinian kita dihadapkan pada ‘perang’ melawan virus covid-19.

"Pemerintah saat ini sudah menyiapkan senjata untuk memerangi virus covid-19 dengan cara vaksin, kita sama-sama berusaha agar vaksin terus dapat diterima masyarakat guna mencapai herd immunity dan kita bisa keluar dari kondisi sulit yang disebabkan oleh virus covid-19 yaitu bidang perekonimian dan sebagainya" Kata Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Rabu (10/11/2021).

Dikatakannya, Saat ini capaian vaksin kita sudah 40 persen, optimis sampai akhir tahun sudah mencapai herd immunity. GAenerasi muda saat ini patuh mencontoh ketaladan pahlawan untuk diimplementasikan dimasa kemerdekaan, sebab Negara ini dibangun atas jasa-jasa para pahlawan yang rela berkorban untuk tanah air.

"Saya berpesan kepada generasi milenial bahwa saat ini Indonesia memiliki binus demografi yang tinggi, artinya persaingan untuk mencari lapangan pekerjaan makin tinggu, untuk itu pemuda dituntut dapat menciptakan lapangan pekerjaan bukan menunggu lapangan pekerjaan" Ujarnya. (Red)

Jumat, 17 Desember 2021

22.18

PONDASI Bangsa Bersama Polda Sumsel Gelar Vaksinasi Massal Untuk Ribuan Warga

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dalam rangka mendukung pemerintah membentuk herd immunity dan mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 di tanah air.

Asosiasi Petani, Pedagang, dan Nelayan (PONDASI) Bangsa kota Palembang bekerjasama dengan kepolisian Daerah (POLDA) Sumatera Selatan (SUMSEL) menyelenggarakan program Vaksinasi massal di jalan Sido ING Lautan 35 Ilir Palembang, Rabu (15/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh anggota DPRD Kota Palembang M Akbar Alfaro yang juga sebagai Pembina Pondasi Bangsa kota Palembang.

"Disaat ditanya awak media M Akbar Alfaro mengatakan kegiatan ini sangat bagus dalam rangka untuk meningkatkan masyarakat Vaksinasi,dan setiap yang sudah di Vaksin kita beri sembako berupa mberas.

Vaksinasi ini merupakan salah satu antisipasi dalam rangka menimalisir penyebaran Covid-19 ia pun berharap seluruh warga Palembang mau Vaksin.Apalagi saat ini sudah menurun karena sudah bnyak juga yg  di Vaksin.

Selain itu, Vaksinasi ini untuk menjaga tubu kita secara pribadi, Keluarga,dan orang disekitar kita, jika kita sayang  sama mereka terutama orang tua yang lanjut usia segera lah Vaksin bagi yg belum,pada saat ditanya awak media.

Kedepannya nanti ada program Vaksinasi untuk anak anak usia 6-11 THN yg mana kemungkinan untuk di SUMSEL dimulai di bulan Januari, katanya di tanya.

Sementara itu ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Pondasi Bangsa Sumsel Nanik Wahyuni mengharapkan untuk kedepannya kegiatan seperti ini yg diselenggarakan oleh Pondasi kota Palembang menjadi contoh buat Pengurus pondasi kabupaten lainnya yang ada di Sumsel.

Sumsel ada 17 kabupaten kota,Namun juga beberapa kabupaten kota lain yang telah melaksanakan, katanya

Target kita di acara ini sebanyak 1200 ternyata minat masyarakat disekitarnya melebihi target,bahkan yg mendaftar sampai 1400 tapi tetap pihaknya Batasin Sampai 1200 peserta.

Kita tidak menyangka, akan minat masyarakat disekitar ini melebihi yang ditargetkan, Insyallah kedepannya kami akan menyelenggarakan kembali, Pungkasnya. (Heryadi/Red)

Kamis, 16 Desember 2021

21.08

Puskesmas Rantau Panjang Lakukan Vaksin Kepada Pelajar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Puskesmas Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) lakukan vaksin Sinovac dosis satu dan dua untuk para pelajar di SMP Negeri (SMPN) 1 Rantau Panjang.

Kepala UPTD Puskesmas Rantau Panjang Armayati, SKM mengatakan bahwa hari ini kita melakukan vaksin sinovac yang kesatu dan dua untuk sasaran hari ini adalah di SMPN 1 Rantau Panjang.

"Untuk vaksin pihak puskesmas menyiapkan 60 pial vaksin, dengan rincian 1 pial untuk 2 orang, adapun untuk capaian hari ini adalah 46 pial, dengan harapan agar kecamatan rantau panjang bisa tercapai 100 persen untuk vaksin" Katanya, Jum'at (17/12/2021).

Ditambahkannya, "Untuk petugas vaksinator kami menyiapkan 11 orang tim vaksinator, dan hari ini pelaksanaan di SMPN1 Rantau Panjang disiapkan 3 orang tim vaksinator, selain di sekolah kita juga lakukan vaksin di desa-desa" Paparnya. (Di2/Red)
02.48

Batara Hutasoit Jabat Kalapas Kelas II Tanjung Raja Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Kadiv Pas Dedi Mulyadi Bersama Lembaga Pemasyarakatan, tanjung raja memimpin acara Serah Terima Jabatan Kepala Lapas Kelas IIA Tanjung Raja yang dilaksanakan di Lapas Tanjung Raja pada hari, kamis (16/12/2021).

Acara ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan memori jabatan dari pejabat yang lama kepada pejabat yang baru.

Adapun estafet kepemimpinan Kalapas Tanjung Raja diserahkan dari Ramdani Boy, Bc.Ip, S.Sos, M.Si kepada Batara Hutasoit, Bc.Ip, SH Selanjutnya acara diteruskan dengan lepas sambut, di mana masing-masing pejabat menyampaikan salam perpisahan dan sambutan selamat datang.

Pada kesempatan itu juga hadir kepolisian dan Danramil Setempat, yang turut menyampaikan kata sambutan kepada Kalapas yang baru. 

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa peran Lembaga Pemasyarakatan dalam pembinaan warga binaan sangatlah penting. "Tanpa adanya komitmen dari pimpinan, tentu visi pembinaan di lapas tidak akan berjalan maksimal. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih atas kinerja yang telah dilakukan Kalapas, terkhusus untuk upayanya menjalin sinergi dengan Pemerintah kabupaten Ogan ilir dalam melakukan pembimbingan di dalam lapas," Ungkapnya.

Menutup kegiatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan pun menyampaikan sambutan pada acara lepas sambut. Dalam sambutannya, Kadivpas menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) senantiasa dituntut untuk selalu siap ditempatkan di mana saja dalam kondisi apapun karena merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban terhadap beban tugas yang diemban.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa di bawah kepemimpinan Pak Batara Hutasoit, Bc.Ip, SH Lapas Tanjung Raja semakin maju dan berkembang dalam segala aspek mulai dari pelayanan, capaian target kinerja, penyerapan anggaran, hingga berperan aktif memajukan Lapas Tanjung Raja dalam meraih predikat terbaik," Ujarnya.

Ditambahkannya, "Tak mudah untuk mengikuti alur perpindahan yang cepat antara satu orang dengan yang lain, namun Saya yakin dan percaya, ke depannya komitmen dan  tanggung jawab dari pemimpin yang baru dapat perubahan yang lebih baik di Lapas Tanjung rajo dan Lapas lain," Pungkasnya. (Emi/Red)

Selasa, 14 Desember 2021

21.49

Dua Kali Masuk Bui Tak Kapok Mencuri, Kali Ini Dibekuk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Aksi pencurian terekam CCTV terjadi di Desa Babatan Saudagar, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir. 

Peristiwa di salah satu rumah warga itu terjadi pada Selasa (14/12/2021) malam sekira pukul 22.30.

Menurut keterangan polisi, pencurian dilakukan oleh dua orang. 

"Saat melakukan patroli hunting, kami mendapat informasi ada pencurian di salah satu rumah warga di Desa Babatan Saudagar," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari, Rabu (15/12/2021). 

Tim Crocodile Polsek Pemulutan dipimpin Ipda Zulkarnain yang menerima laporan warga, lalu menuju lokasi dan melakukan olah TKP. 

Polisi juga memeriksa rekaman CCTV saat kedua pelaku menyatroni rumah dan mengambil barang-barang berupa sepeda motor dan alat press tampal ban. 

"Rekaman CCTV dan keterangan saksi mata mengarahkan kami kepada petunjuk keberadaan kedua pelaku," ungkap Iklil. 

Petugas lalu melakukan pengejaran terhadap pelaku yang masih berada di wilayah Pemulutan. 

Sekira pukul 01.20, satu dari dua pelaku pencurian berhasil ditangkap. 

Pelaku yang kini ditetapkan tersangka itu bernama Agus, usia 24 tahun warga Seberang Ulu I Palembang. 

"Satu pelaku berhasil diamankan dan satu orang lainnya berhasil kabur. Sedang dalam pengejaran anggota kami," terang Iklil. 

Tersangka beserta barang bukti motor dan alat press lalu dibawa ke Mapolsek Pemulutan guna proses lebih lanjut. 

Iklil mengatakan, berdasarkan hasil penyidikan, tersangka Agus merupakan residivis kasus pencurian yang sebelumnya pernah diproses hukum. 

"Tersangka pernah dua kali dipenjara karena kasus yang sama (pencurian)," ujar Iklil.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. 

"Tentunya akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Iklil menegaskan. (Ril/Red)

19.40

Bupati OI Optimis Bisa Menjadi Distributor Ikan ke Pasar tradisional Maupun Supermarket Di Sumsel

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Didampingi oleh Kepala dinas Perikanan dan peternakan Kabupaten Ogan Ilir Bapak Bustanul Arifin, Assisten II, Staf Ahli Bupati, dan beberapa OPD terkait menghadiri MOU pengawasan antara dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Ogan Ilir dengan Satwas PSDKP KKP RI, dan penyerahan bantuan bidang perikanan tangkap dan lomba kontes ikan hias tingkat Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2021.

Ini dalam rangka peringatan Hari Nusantara Ke 21. Bertempat di Balai Benih Ikan Lokal (BBIL). Tanjung Putus, Indralaya, Selasa, (14/12/2021).

Dengan momentum ini, saya berharap bisa memanfaatkan balai benih dengan sebaik mungkin, agar bisa berdampak baik untuk PAD di Kabupaten Ogan Ilir dan juga untuk kesejahteraan masayarakat Kabupaten Ogan Ilir.

Untuk dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Ogan Ilir, Saya berharap bisa membantu pemerintah Kabupaten Ogan Ilir agar bisa mengurangi angka stunting di Kabupaten Ogan Ilir dengan cara mensosialisasikan budidaya atau ternak ikan, mengingat Kabupaten Ogan Ilir memiliki SDA yang meilmpah khusus nya di bagian perairan tentu ini harus bisa di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat maupun pemerintahan.

Kedepan nya saya sangat optimis, Kabupaten Ogan Ilir bisa menjadi distributor Ikan ke pasar pasar tradisional maupun sumper market yang ada di provinsi Sumatera Selatan maupun provinsi lain nya.

Acara ini di hadiri juga oleh Kepala SATWAS Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Palembang yang di wakili oleh Staff Pengawas Perikanan Bapak Hafid Al Fajri, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan yang di wakili Oleh Kabid PUPMHKP DPK Ibu Diah Fitriani. (Ril/Red)
19.24

Pakai Dana Pribadi, Bupati Panca Kucurkan Bonus Rp 30 Juta ke Atlit NPC Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk ketiga kalinya kontingen National Paralympic Commitee (NPC) Kabupaten Ogan Ilir (OI) berhasil meraih juara umum. Terakhir pekan yang lalu atlit dan offisial NPC Kabupaten OI meraih juara umum diajang kejuaraan pekan olahraga nasional paralympic tingkat provinsi (Peparprov) 2021 di Baturaja. 

Sebagai wujud kepedulian dan rasa bangga, usai pulang membawa medali emas, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar langsung memberikan bonus senilai Rp 30 juta kepada para atlit serta offisial. Pemberian bonus yang disampaikan Bupati Panca, berlangsung Selasa (14/12) bertempat di ruang pertemuan Bupati OI di KPT Tanjung Senai Indralaya. 

"Terima kasih kepada semua atlet, pelatih dan official, rasa bangga atas capaian yang diraih pada ajang peparprov di OKU, yang berhasil menjadi juara umum untuk ketiga kalinya," ujar Bupati pada kegiatan pengalungan mendali diruang rapat Bupati, Selasa (14/12/2021). 

Keberhasilan ini kata Bupati, mengobati rasa luka disaat hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sebelum ajang peparprov menuai hasil yang kurang memuaskan, dengan berada di peringkat ke 16. "Sekali lagi, terima kasih kepada NPCI OI yang sudah mengobati rasa luka ini," kata Bupati.

Tak hanya itu, Bupati juga menghaturkan permohonan maaf atas belum cairnya anggaran kegiatan tersebut. "Mohon maaf atas birokrasi yang lambat terkait anggaran. Insyaallah uang Bonus secepat mungkin akan segera di bayarkan, sebelum kering keringat," tegas Bupati. 

Bupati memberikan uang sebesar 30 juta secara pribadi atas ucapan terima kasih dan rasa bangga terhadap kontingen NPCI OI yang sudah berhasil dan mengharumkan nama Ogan Ilir pada even Peparprov I,II dan III sebagai juara umum. Sementara itu, Ketua NPCI Ogan Ilir, Syafarudin Gultom mengucapkan ribuan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati kepada pihaknya. "Ini akan menjadi motivasi kita untuk lebih baik kedepan," ucap Bupati Panca. (Red)

Senin, 13 Desember 2021

05.18

Pembangunan Galian Pembuangan Air Limbah PDAM Tanjung Raja Ancam Keselamatan Anak

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pembangunan Penggalian Pembuangan air limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ogan Ilir unit Tanjung Raja ancam keselamatan jiwa anak-anak, karena dilokasi pembangunan anak-anak bebas bermain dan mandi dilobang galian tersebut.

Frans Diharja pemerhati Sosial  Masyarakat (LSM) Gagak, mengatakan sewaktu dikonfirmasi, Sabtu, (11/12/202), saat dilokasi penggalian pembangunan air limbah, tidak menemukan papan proyek dan Kepala unit PDAM Tanjung Raja menyampaikan penggalian memakai eksapator ini menggunakan dana pribadi.

"Kita bingung galian sebesar itu memakai dana pribadi, setau saya PDAM itu milik pemerintah," Kata Frans, Senin (13/12/2021).

Dikatakannya, sangat disayangkan pembangunan tersebut tidak memperhatikan keselamatan warga disekitar pembangunan galian pembuangan air limbah, dikarenakan galian tersebut diameter kedalamannya mencapai 2 meter lebih.

"Ya, seputaran area galian ini pemukiman warga, takutnya anak-anak mandi nanti tenggelam, jadi mohon kepada PDAM kita meminta jaminan keselamatan anak-anak, kalau sudah ada yang tewas tenggelam siapa yang mau disalahkan," Jelasnya.

Sementara itu, Raka Kepala Unit PDAM Tanjung Raja ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pembangunan penggalian air limbah PDAM unit Tanjung Raja ini merupakan pengerjaan PDAM Tirta Ogan.

"Jadi silahkan pak konfirmasi kekantor Tanjung Seteko Indralaya, dan anggap pembicaraan kemarin tidak ada," Singkatnya.

Terpisah, Direktur PDAM Tirta Ogan H Sobli Rozali ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (13/12/2021) menerangkan bahwasannya pengerjaan pembangunan galian untuk air limbah itu bukan proyek, melainkan tanggap darurat.

"Ya, itu bukan proyek melainkan tanggap darurat, untuk membuat air jernih kita harus menguras endapan air dibak penampungan, untuk itulah kita buat galian untuk pembuangan air limbah," Ujarnya.

Sobli juga menegaskan untuk safety (keamanan) PDAM Tirta Ogan segera akan membuat pagar, apakah itu dari kawat berduri dan akan memberdayakan petugas di Unit Tanjung Raja untuk mengawasi anak-anak yang bermain digalian tersebut. 

"Untuk keamanan akan kita buat pagar, tekhnisnya nanti bisa dari kawat berduri untuk pagarnya, dan petugas PDAM  akan kita berdayakan," Terangnya. (MJ/Emi/Red)

Kamis, 09 Desember 2021

08.33

Akhirnya, Terduga Pelaku Pembunuhan Siswa SMA Berhasil Diringkus

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jajaran Polsek Tanjung Raja akhirnya berhasil meringkus terduga pelaku pembunuhan siswa SMA yang bernama Mukhsinin (17) pada rabu (8/12) kemarin malam sekira pukul 17.00 WIB, yang mayatnya ditemukan di kebun jambu dekat kalangan kemis Desa Rantau Panjang Ulu.

Terduga pelaku yang diamankan tersebut bernama Sandi yang tak lain adalah anak angkat orang tua korban. Sandi berhasil ditangkap ditempat persembunyiannya, di Desa Tanah Abang, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, Kamis (9/12/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.

Kapolsek Tanjung Raja AKP. Joko Edy Santoso melalui Kanit Reskrim Ipda Hadi Wijaya menuturkan, usai melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan penyelidikan, pihaknya berhasil mengendus keberadaan terduga pelaku tersebut.

"Setelah kita lakukan penyelidikan, kita berhasil mengetahui keberadaan pelaku yang berada di Desa Tanah Abang, Kabupaten Pali. Setelah mengetahui lokasi pelaku kita langsung melakukan penyergapan" Katanya.

Dikatakan Kanit, terduga pelaku diamankan terlebih dahulu di Polsek Tanjung Raja, setelah itu baru kita lakukan BAP, nanti perkembanganya seperti apa nanti kita kabari.

"Dalam kasus ini, dikatakannya dapat di indikasikan sebagai pembunuhan berencana dimana diduga pelaku sendiri merupakan kakak angkat korban. Jadi bisalah ini dikatakan pembunuhan berencana karena pelaku dan korban ini saling mengenal, nanti setelah kita periksa baru akan kami rilis kasusnya pada media" Terangnya.

Diberitakan sebelumnya, naas dialami seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muksinin (17) warga Dusun 4 Desa Ulak Kerbau Lama, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir.

Pelajar SMA tersebut meregang nyawa alias tewas dengan kondisi mengalami 8 luka tusuk, yaitu dibagian bawah ketiak kiri 3 lobang, ketiak kanan 2 lobang dan paha kaki kanan.

Belum diketahui siapa pelaku pembunuhan terhadap korban, namun diduga korban dibunuh oleh SN, yang merupakan kakak angkatnya yang sudah tak lama pulang.

Dikatakan paman korban, Sobirin (52) warga yang sama, peristiwa itu bermula ketika ibunya Rohmatin (50) memerintahkan korban untuk mengantar pelaku pulang ke rumah orang tua kandungnya yang berada di Desa Rantau Panjang Ulu, Kecamatan Rantau Panjang, untuk mengambil Kartu Keluarga (KK) karena istrinya hendak melahirkan.

"Jadi sekitar Jam 11.00 WIB siang tadi, setelah lama tidak muncul pelaku datang ke rumah korban bermaksud meminta antar untuk mengambil KK dirumah ayah kandungnya. Ketika korban pulang dari sekolah sekitar pukul 01.00 WIB (siang). Bahkan ketika korban yang hendak makanpun tidak jadi karena disuruh ibunya segera mengantar pelaku" Uajrnya, Rabu (08/12) ketika mengantar mayat korban ke RSUD Tanjung Senai.

Sungguh tak disangka, sampai di tempat kejadian perkara (TKP) disebuah kebun Jambu didekat kalangan Kamis, antara Desa Jagaraga ke Desa Rantau Panjang Ilir, pelaku SN dengan tega menghabisi nyawa korban.

"Setelah sampai jam 17.00 WIB tak kunjung pulang, kami keluarganya mencari hingga akhirnya ketemu di kebun jambu dalam kadaan terlentang. Motor Viar dan HP korban di bawa lari oleh pelaku" tambah paman korban. (Emi/Red)

Rabu, 08 Desember 2021

20.16

Camat Pemulutan Selatan Buka Pelatihan Penatausahaan Keuangan Bumdesa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari 15 desa yang ada di kecamatan pemulutan selatan serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 Pemerintah Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Pelatihan Penatausahaan Keuangan Bumdesa, Kamis (9/12/2021).

Camat Pemulutan Selatan Kabupaten OI Mun'im, S.IP dalam sambutannya mengatakan sekaligus membuka pelatihan mengucapkan terima kasih dengan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan pelatihan ini terutama para panitian dari BKAD Pemulutan Selatan.

"Saya harapkan dengan pelatihan ini kedepan bumdes akan menjadi badan usaha yang bisa mendorong perekonomian desa, dan juga pelatihan ini sangat penting guna memajukan usaha yang ada di desa, sehingga nantinya untuk bumdesnya bisa lebih baik, terutama dalam penatausahaan keuangan bumdes, sehingga bisa untuk menjadi kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada di desa" Terangnya.

Ditambahkannya, "Sekali lagi kepada peserta tolong ikuti pelatihan ini sampai selesai, karena pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dan besok merupakan hari terakhir pelatihan ini, dengan mengucapkan bismillah maka pelatihan bumdes ini resmi saya buka" Imbuhnya. (Di2/Red)
20.02

Kecamatan Pemulutan Selatan OI Gelar Pelatihan Penatausahaan Keuangan Bumdesa


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 Pemerintah Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Pelatihan Penatausahaan Keuangan Bumdesa, Kamis (9/12/2021).

Ketua Panitia Pelaksana dari BKAD Kecamatan Pemulutan Selatan Retno Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa, ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelatihan atas partisipasinya sehingga kegiatan pelatihan ini bisa berjalan dengan lancar.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan penatausahaan keuangan bumdesa, kedepan bisa menguatkan agar bumdesa bisa lebih maju lagi" Katanya.
Camat Pemulutan Selatan Kabupaten OI Mun'im, S.IP dalam sambutannya mengatakan, terima kasih dengan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan pelatihan ini terutama para panitian dari BKAD Pemulutan Selatan.

"Saya harapkan dengan pelatihan ini kedepan bumdes akan menjadi badan usaha yang bisa mendorong perekonomian desa, dan juga pelatihan ini sangat penting guna memajukan usaha yang ada di desa, sehingga nantinya untuk bumdesnya bisa lebih baik, terutama dalam penatausahaan keuangan bumdes, sehingga bisa untuk menjadi kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada di desa" Terangnya.

Ditambahkannya, "Sekali lagi kepada peserta tolong ikuti pelatihan ini sampai selesai, karena pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dan besok merupakan hari terakhir pelatihan ini, dengan mengucapkan bismillah maka pelatihan bumdes ini resmi saya buka" Imbuhnya.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Camat Pemulutan Selatan Mun'im, S.IP, Sekcam Pemulutan Selatan Hendra, Kasi PMD Pemulutan Selatan Marius, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten OI Ardani, Pendamping Desa (PD) Apuk dan Yopi, Pendamping Lokal Desa Pemulutan Selatan (PLD) Muslim, serta para peserta pelatihan dari 15 Desa Se-Kecamatan Pemulutan Selatan. (Di2/Red)
04.03

Warga RT 49 Kelurahan Kemang Agung Kertapati Keluhkan Banyaknya Lampu Penerangan Jalan Yang Rusak

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Lampu Jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) yang merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari sehingga mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari.

Lampu Penerangan Jalan Umum merupakan barang-barang elektronik yang rentan atau dapat dikatakan memiliki umur pakai yang pendek, sehingga kegiatan-kegiatan perbaikan dan pemeliharaan mutlak dibutuhkan.

Akhir-akhir ini banyak lampu penerangan jalan mengalami kerusakan, sehingga tidak menyala pada malam harinya, hal ini membuat warga lorong utama RT 49 RW 01 Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati mengeluh karena dampaknya suasana dalam lorong menjadi gelap.

"Sebagian besar lampu penerang didalam lorong sudah banyak yang padam padahal dengan adanya lampu penerang jalan besar manfaatnya terhadap masyarakat yakni pemukiman penduduk terasa terang pada malam harinya banyaknya kerusakan lampu penerangan jalan ini diharapkan menjadi perhatian oleh instansi terkait" Kata Alex salah seorang warga lorong utama RT 49 saat dikonfirmasi minggu (8/12/2021).

Ditambahkannya, "Setidaknya melakukan pendataan dan perbaikan, dengan matinya lampu penerang jalan suasana lorong menjadi sepi ungkap" Pungkasnya.

Hal senada dikatakan Herman Ketua RT 49 Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati Palembang dilorong utama ini ada 6 titik lampu penerangan jalan yang padam.

"Warga sangat berharap agar hal ini segera diperhatikan oleh instansi terkait dengan melakukan perbaikan lampu yang rusak" Ujarnya. (Heryadi/Red)

Selasa, 07 Desember 2021

17.57

Wujud Perhatian Bapak Zainal Abidin Ketua DPRD Kota Terhadap Masyarakat

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Sebagai wujud perhatian Bapak Zainal Abidin Ketua DPRD Kota Palembang terhadap masyarakat, pembangunan infrastruktur diwilayah Kertapati sudah mulai dilakukan, diantaranya di lingkungan RT 49 RW 01 Kelurahan Kemang Agung Kecamatan kertapati palembang tepatnya dilorong utama sampai dengan lorong kemana.

Hermanto Selaku Ketua RT 49 Kelurahan Kemang Agung saat dikonfirmasi Awak Media gmjnews.co.id dikediamannya mengatakan dirinya mewakili warga khususnya RT 49 mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Zainal Abidin selaku Ketua DPRD Kota Palembang maupun Pemerintah Sumatera Selatan.

"Ucapan terima kasih kepada ketua DPRD Kota Palembang melalui Dinas PUPera KP atas kepeduliannya dengan perbaikan jalan lorong, warga merasa senang, memang kami mengharapkan, membutuhkan dan memerlukan" Kata Pria yang akrab disapa Herman ini, Rabu (8/12/2021)

Sementara itu, salah satu tokoh Pemuda Kertapati Tony, ST mengatakan pembangunan infrastruktur jalan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup karena Infrastruktur jalan merupakan salah satu kebutuhan vital yang harus dipenuhi.

"Jalan merupakan salah satu sarana yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat, kami berharap dengan dibangunnya jalan yang memadai ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Zainal Abidin yang sudah berperan aktif dimasyarakat, ini merupakan salah satu upaya guna menciptakan hubungan yang harmonis dalam suasana kekeluargaan" Imbuhnya. (Heryadi/Red)

Minggu, 05 Desember 2021

20.11

Awal 2022, Anis Matta Akan Gelar Roadshow Kolaborasi ke Wilayah Sumatera

JAKARTA, gmjnews.co.id - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta akan menggelar roadshow kolaborasi ke wilayah Sumatra pada awal 2022 mendatang dalam rangka konsolidasi menghadapi Pemilu 2024. 

Hal ini dilakukan usai melakukan roadshow dan konsolidasi di sebagian besar wilayah Pulau Jawa selama satu bulan terakhir, yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Barat. 
"Selama hampir satu bulan kita roadshow di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa,  Alhamdulillah saya mendapatkan kesan yang sangat kuat, bahwa kemampuan mereka bekerja jauh lebih besar dari yang kita duga," kata Anis Matta saat menyampaikan arahan dalam Rakor I Teritori Sumatra di Pomelotel Hotel Kuningan Jakarta, Minggu (5/12/2021) malam. 

Dalam Rakor yang dihadiri Ketua Bidang Teritori I Sumatra DPN Partai Gelora Mohammad Syahfan Badri Sampurno dan 10 DPW se-Sumatera ini, Anis Matta mengatakan, kemampuan DPW dan DPD di wilayah Jawa dalam memobilisasi kader di lapangan sungguh luar biasa. 

"Kita akan melanjutkan roadshow ke Sumatera dan kita juga akan mengcover seluruh wilayah Indonesia mulai awal tahun depan. Kita juga ingin melihat kemampuan mereka melakukan mobilisasi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," katanya. 

Dalam kesempatan ini, Anis Matta memberikan lima arahan kepada para Ketua DPW se-Sumatra, sebelum melakukan roadshow ke Sumatra pada awal 2022 mendatang. 

Arahan pertama adalah soal permainan pikiran atau kognitif terhadap suatu keyakinan yang ditargetkan. 

Kedua, berani melaksanakan cara-cara otentik dan originilitasnya sendiri, serta tidak meniru cara orang lain sehingga memiliki karakternya sendiri  

Ketiga, berpikir dari luar ke dalam. Maksudnya, melihat permasalahan rakyat di luar dan perubahan apa yang diinginkan mereka agar hidup mereka menjadi lebih baik untuk kemudian kita melakukan langkah-langkah guna mewujudkannya 

Keempat adalah fokus pada kekuatan sendiri, tidak perlu memikirkan kekuatan orang lain atau partai lain. 

Kelima berani membuat eksperimen, inovasi metode-metode baru dan menyiapkan seribu cara dan strategi, apabila cara satu gagal bisa pakai cara yang lain. 

"Insya Allah dengan dengan 5 poin ini, kita bisa memberikan harapan yang lebih besar kepada rakyat, bahwa Partai Gelora-lah yang mereka tunggu-tunggu," ujarnya. 

Anis Matta menjelaskan, rencana roadshow ke Sumatra akan dilakukan pada Pebruari 2022, dan pada Maretnya ke wilayah Sulawesi. Setelah itu, dilanjutkan ke Kalimantan, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tengara Barat.  

"Kita ingin mendengar harapan seluruh rakyat Indonesia,  dan kita buat roadmapnya menuju ke sana. JIka kita menempuh jalan ini,  hidup mereka Insyaallah akan berubah menjadi jauh lebih baik dan inshaALLAH rakyat bisa menyaksikan negaranya menjadi kekuatan kelima dunia," tegasnya. 

Anis Matta menambahkan, fondasi dasar Partai Gelora  sebagai partai baru relatif sudah terbentuk, tinggal menyempurnakan struktur di 7.235 kecamatan (DPC)  yang sudah mencapai 90 persen.  

"Insya Allah sampai akhir tahun ini atau paling tidak awal tahun depan struktur kita sudah selesai 100% sampai di DPC,  dan yang menarik bersamaan sekarang ini sudah ada sekitar 13 persennya dari total 83 ribuan  desa dan kelurahan. Ini tentu perkembangan menggemberikan, apalagi rekruitmen anggota kita  yang terus bertumbuh setiap hari bertambah  1.000 , 2.000 dan 3.000 anggota," pungkasnya. (Ril/Red)

Sabtu, 04 Desember 2021

19.08

Antisipasi 3C, Sajam dan Senpi, Polsek Pemulutan Gelar KRYD di Jalan Desa Babatan Saudagar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, Polsek Pemulutan menggelar razia pada Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari mengatakan, KRYD ini dilaksanakan di jalanan Desa Babatan Saudagar. 

“Kami melaksanakan KRYD pada Sabtu malam untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas,” kata Iklil didampingi Wakapolsek Iptu Ahmad Rosyidi dan Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Minggu (5/12/2021).

Iklil melanjutkan, KRYD yang diikuti sejumlah personel Polsek Pemulutan ini guna pengamanan di malam libur. 

“Adapun sasaran KRYD ini yakni kejahatan 3C, senpi, sajam, premanisme, narkoba dan miras,” jelas Iklil.

Adapun hasil giat ini telah dilakukan teguran bagi pengguna kendaraan yang tidak menggunakan helm dan masker.

Giat KRYD selesai pada pukul 23.00 dalam keadaan aman dan kondusif.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,” pesan Iklil. (Ril/Red)

Kamis, 02 Desember 2021

23.26

Mahasiswi Terduga Korban Pelecehan Tak Masuk Daftar Yudisium, BEM-KM Unsri Protes

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Salah seorang terduga korban pelecehan seksual tak masuk dalam daftar yudisium di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) kampus Indralaya, Ogan Ilir.

Hal ini pun mendapat protes dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Unsri.

Situasi sempat riuh di dalam aula Fakultas Ekonomi tempat berlangsungnya yudisium pada Jumat (3/12/2021) pagi.

"Kemarin, rekan kami yang merupakan salah seorang korban pelecehan, ada namanya di daftar yudisium. Hari ini, nama rekan kita yang mahasiswi ini tidak ada" kata Presiden Mahasiswa (Presma) Unsri, Dwiki Sandy.

Mahasiswa lalu mengerubungi Dekan Fakultas Ekonomi Unsri, Prof. Mohamad Adam.

Mereka mempertanyakan mengapa rekan mereka dicoret dari daftar yudisium.

Adam pun bergeming dan melangkah menuju gedung Fakultas Ekonomi.
"Selain daftar nama dicoret, kursi yudisium rekan kami juga tidak ada" ujar Dwiki.

Saat diminta konfirmasi oleh wartawan, Adam menolak memberikan komentar.
“Siapa ini (wartawan)? Saya tidak kenal,” kata Adam sambil berlalu.

Hingga berita ini diturunkan, mahasiswa masih menunggu di depan gedung Fakultas Ekonomi dan menunggu hasil audiensi Adam. (jelajahsumsell/Red)
02.38

Dalam Hitungan Jam, Tim Crocodile Polsek Pemulutan Berhasil Bekuk Dua Pencuri Aki Mobil

OGAN ILIR, gmjnews.co.id - Setelah mendapatkan laporan masih mengenai adanya pencurian aki mobil, Tim Crocodile Polsek Pemulutan membekuk dua orang pemuda yang kini ditetapkan tersangka. 

Kedua tersangka yakni Dedi Saputra (21 tahun) dan Suprianto (18 tahun). 
Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari menerangkan, aksi pencurian aki mobil dilakukan saat pemilik kendaraan sedang tertidur. 

"Kejadiannya tadi pagi sekira pukul 03.00," kata Iklil didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Kamis (2/12/2021). 

Saat matahari mulai terbit, lanjut Iklil, sopir pemilik kendaraan hendak menyalakan mesin mobil. 
Sopir curiga karena mesin mobil tak kunjung menyala. 

"Saat dicek, ternyata dua unit aki mobil tersebut sudah hilang dari tempatnya," ujar Iklil. 

Polisi yang mendapat laporan lalu melakukan olah TKP dan memeriksa saksi-saksi. 

Dari hasil penyelidikan, Tim Crocodile Polsek Pemulutan berhasil membekuk dua orang tersangka. 

"Saat diamankan sekira pukul 10.00, kedua tersangka masih berada di wilayah Desa Simpang Pelabuhan Dalam," terang Iklil. 

Selain kedua tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa dua buah aki mobil merk GS Hybrid, sebuah kunci pas ukuran 10 dan 12 serta lima buah baut. 

"Kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya 7 tahun penjara," kata Iklil. (Ril/Red)

Rabu, 01 Desember 2021

20.11

Ketua DPD Gelora Ogan Ilir Kecam Keras Tindakan Pelecehan Terhadap Mahasiswa Unsri

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang juga sekaligus sebagai alumni Universitas Sriwijaya (Unsri) Muhammad Rofiq, SE. Ak. MM mengecam keras dugaan pelecehan yang dilakukan oleh oknum dosen Unsri tersebut.

"Menyikapi adanya kasus pelecehan seksual oleh oknum Dosen Universitas Sriwijaya, saya Muhammad Rofiq SE. Ak. MM selaku ketua DPD Partai Gelora Ogan Ilir sekaligus alumni Unsri Merasa prihatin dan mengecam keras atas terjadinya peristiwa tersebut. Apalagi hal ini telah mendapat liputan luas dari media secara nasional itu" Kata Muhammad Rofiq, Rabu (2/12/2021).

Dirinya juga meminta, kepada Pimpinan Unsri untuk melakukan tindakan nyata atas peristiwa ini dan mendukung pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya untuk memproses secara hukum kepada pelaku serta melakukan perlindungan kepada korban.

"Kepada pihak kepolisian usut tuntas dugaan pelecehan tersebut, dan beri efek jera serta tindak sesuai hukum yang berlaku, jelas hal ini telah memalukan, dan semoga hal ini tidak terulang lagi" Pungkasnya. (Di2/Red)
19.55

Biadab, Mahasiswi Unsri Dipaksa Pegang Kemaluan Oknum Dosen hingga Ejakulasi Sampai Keluar Sperma

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polda Sumsel akhirnya merampungkan olah TKP pertama untuk dugaan kasus pelecehan seksual terhadap mahasiswi Universitas Sriwijaya (Unsri). Hasilnya sungguh biadab, diketahui bahwa oknum dosen FKIP A terbukti memaksa korban mahasiswa FKIP DR untuk memegang alat kelaminnya hingga ejakulasi dan mengekuarkan sperma.

Olah TKP dilakukan di ruangan Laboratorium Pendidikan Sejarah area Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsri Indralaya, pada Rabu (1/12/2021) petang.

Olah TKP berlangsung selama kurang lebih 15 menit, mulai pukul 16.25 hingga pukul 16.40.

Kasubdit IV PPA Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, Kompol Masnoni meminta mahasiswi berinisial DR tersebut, memeragakan saat-saat ia mengalami perlakuan senonoh dari oknum dosen pada Sabtu, 25 September lalu sekira pukul 09.00.

"Mahasiswi berinisial DR mengalami dugaan pelecehan saat ia meminta tanda tangan untuk skripsi" kata Masnoni.

Di sela perbincangan dengan dosen, kata Masnoni, DR dan oknum dosen berinisial A bertukar cerita di luar keperluan skripsi.

Diduga terbawa suasana dan memanfaatkan suasana ruangan yang lengang, berdasarkan pengakuan DR, A melakukan perbuatan asusilanya itu.

"Berdasarkan adegan yang diperagakan korban saat olah TKP, tindak pelecehan itu ada. Kejadian pada Hari Sabtu, 25 September lalu, saat kampus sepi apalagi saat pandemi. Kasihan ini korbannya mahasiswinya, dia tertekan. Dia cerita sambil menangis" tegas Masnoni.

Tindakan yang dimaksud Masnoni yakni saat A memegang, memeluk dan mencium DR. Bahkan A juga memaksa DR memegang kemaluannya hingga ejakulasi dan mengeluarkan sperma.

"A mengarahkan korban memegang kemaluannya hingga klimaks. Iya (hingga ejakulasi) sampai keluar sperma" jelas Kompol Masnoni.

Setelah itu, A membersihkan tangan DR menggunakan tisu, lalu mahasiswi tersebut keluar dari ruangan sambil menangis.

Meski telah mendapat gambaran dari DR, polisi tetap akan memeriksa saksi-saksi dan mengumpulkan bukti.

"Jika semua (saksi dan bukti) terkumpul, maka akan dilakukan tahap selanjutnya,” kata Masnoni.

Presma Unsri Dwiki Sandy sangat menyayangkan kejadian bejat dan biadab tersebut sampai terjadi, "ini harus ditindak tegas, sesuai  hukum yang berlaku agar pelaku predator jera. Ini sangat memalukan Unsri, kasihan mahasiswanya" jelasnya. (Jelajahsumsell/Red)

Selasa, 30 November 2021

06.19

Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Desa Sungai Pinang I Hangus Terbakar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Diduga akibat konsleting listrik, sebuah rumah yang berlokasi di dusun II RT 03 Desa Sungai Pinang I, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir (OI) hangus terbakar, Selasa (30/11/2021) petang sekira pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan Informasi bahwa kebakaran yang melanda rumah milik salah satu warga yang bernama Sangkut, dan pada saat terjadi kebakaran, rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya.

Sangkut yang merupakan pemilik rumah mengatakan bahwa pada saat sebelum terbakar dirinya dan istri sedang berada di rumah orang tua. Dirinya pun mengetahui peristiwa tersebut setelah diberi tahu oleh anaknya yang sedang berada di Jakarta.

"Anak saya telepon, dikasih tahu tetangga kalau rumah kami terbakar, setelah mendengar kabar tersebut saya dan istri lalu bergegas menuju rumah yang mulai terbakar di bagian atap tersebut" Kata Sangkut.

Dikatakannya, api lalu dengan cepat menyebar ke seluruh bagian rumah panggung yang terbuat dari kayu tersebut. Dirinya pun cuma bisa selamatkan sepeda motor, surat rumah dan tanah ludes tidak sempat diselamatkan.

"Saya menduga api berasal dari hubungan arus pendek atau korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik yakni kabel di atap rumah itu pemicunya" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Untuk sementara ini numpang dulu di rumah saudara. Alhamdulillah, nyawa selamat. Itu dulu yang penting" Imbuhnya. 

Warga sekitar lalu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tak berselang lama, dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke TKP hingga api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 45 menit. (Emi/Red)

Senin, 29 November 2021

21.04

Pengurus NPCI Kabupaten Ogan Ilir Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bertempat di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya, Pengurus National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) masa jabatan tahun 2020-2025 dilantik oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S.H diwakili Asisten I Setda Ogan Ilir Dr. Hj. Siska Susanti, M.Kes didampingi Kepala Perangkat Daerah Pemkab. Ogan Ilir dan sekaligus menyerahkan Mendali PEPARNAS di Papua Bersama Ketua Umum NPCI Sumsel Rian Jauhari dan Ketua umum NPCI Ogan Ilir Syafarudin Gultom, Selasa (30/11/2021).

Asisten I Ibu Dr. Hj. Siska Susanti menyampaikan “Pelantikan pengurus NPCI Kabupaten Ogan Ilir kali ini, mempunyai arti yang sangat penting, karena para pengurus yang dilantik, tidak saja mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam memajukan pembinaan olahraga difabel di daerah.
“Oleh karena itu Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik, dengan harapan kiranya saudara-saudara akan dapat melaksanakan tugas yang telah dipercayakan dalam memajukan olahraga di difabel Kabupaten Ogan Ilir.” Ujarnya

Asisten I Setda Ogan Ilir juga berharap ” para pengurus yang telah dilantik akan lebih proaktif, dalam arti mampu mengantisipasi masalah-masalah dan perubahan-perubahan di masa yang akan datang dengan menetapkan sasaran jangka panjang yang selanjutnya dijabarkan dalam sasaran jangka pendek (tahunan).

"untuk itu diperlukan suatu hubungan koordinasi yang baik dan harmonis dengan stakeholder yang berhubungan dengan olahraga difabel". Imbuhnya. (***/Red)
05.20

Operasi Senpi Musi 2021, Polsek Pemulutan Terima Penyerahan Sepucuk Senpira Revolver dengan 5 Butir Amunisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan penuh kesadaran patuh terhadap hukum, Kepala Desa Mekarjaya, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir, menyerahkan senjata api rakitan (senpira) kepada pihak berwajib.

Senpira laras pendek tersebut diserahkan oleh Kades bernama Musiadi kepada Polsek Pemulutan.

Penyerahan senpira ini diterima langsung Kapolsek Iptu Iklil Alanuari, didampingi Wakapolsek Iptu Ahmad Rosyidi, Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain dan personel Polsek Pemulutan lainnya.

"Hari ini kami menerima penyerahan senpira jenis Revolver enam silinder berikut lima butir amunisi," kata Iklil di Mapolsek Pemulutan, Senin (29/11/2021).

Iklil mengungkapkan, sebelumnya polisi telah menyosialisasikan Operasi Senpi Musi 2021 yang dimulai sejak 15 November lalu.

Kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Pemulutan, Iklil mengimbau untuk menyerahkan senpira secara sukarela.

"Silakan menyerahkan senpira dan sesuai instruksi Bapak Kapolda Sumatera Selatan, tidak akan diproses hukum," jelas Iklil.

Namun bagi yang kedapatan menyimpan atau memiliki senpira, kata Iklil, maka akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Iklil menjelaskan, konsekuensi bagi yang kedapatan membawa senpira maupun sajam maupun bahan peledak, dapat dipidana sesuai dengan Undang Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dan dapat diancam 10 tahun penjara.

"Maka sekali lagi kami mengimbau, silakan menyerahkan senpira secara sukarela jika tidak ingin berurusan dengan hukum," tegasnya.

Selanjutnya, senpira beserta satu butir amunisi tersebut diserahkan ke Satreskrim Polres Ogan Ilir untuk proses lebih lanjut.

Sementara, Musiadi selaku pihak yang menyerahkan senpira mengaku telah mengetahui adanya Operasi Senpi Musi 2021.

Pria 43 tahun ini tak mau ambil risiko dan berurusan dengan aparat penegak hukum.

"Karena sudah ada peringatan dari kepolisian, maka kami menyerahkan senpira ini. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh warga lainnya dengan penuh kesadaran," ucap Musiadi. (Ril/Red)

Jumat, 26 November 2021

19.48

Rini Penderita Tumor Mandi Gula Kondisinya Sekarang Sudah Membaik

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Selama 2 tahun dalam perawatan dan pengawasan Yayasan Umi Romlah yang bekerjasama dengan Yayasan Insan Bumi Mandiri (IBM) akhirnya kini kondisi Rini sudah berangsur membaik.

Ibu Endang Sasi selaku pihak yang mewakili Yayasan IBM saat dikonfirmasi mengatakan selama dalam masa perawatan Rini pihaknya sempat terkendala Rini sempat depresi akibat penyakit yang dideritanya, kami butuh waktu untuk menenangkan psikis Rini agar proses operasinya bisa berjalan lancar.

"Alhamdulilah setelah operasi kondisi Rini sekarang sudah membaik dari kondisi semula selama 2 tahun Rini dalam pengawasan pihak kami Yayasan. 1 tahun sebelum operasi 1 tahun sesudah operasi" Ujarnya, Sabtu (27/11/2021).

Dikatakannya, tidak ada orang di dunia ini yang ingin sakit semua orang tentu ingin memiliki raga yang sehat secara fisik sehingga bisa beraktivitas kapan pun dan memiliki usia panjang.

"Kesembuhan menjadi hal yang berharga kami memberikan dukungan dan semangat agar cepat sembuh namun manusia tetaplah manusia tubuh adalah fana sehingga bisa rusak alias sakit, harapan kedepan Rini bisa sehat kembali bisa beraktivitas dan bersekolah seperti biasa" Ujar Endang.

Dalam kesempatan yng sama saat ditemui awak media dikediamannya disimpang meranti Sungki Kertapati bapak Cek Duk mewakili pihak keluarga tidak lupa juga mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah memberikan sumbangsihnya.

"Tidak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dari KONGSI (Komunitas Wong Sungki) Bapak Rudi Kurniawan selaku ketua serta rekan-rekan dari DPC Pemuda Demokrat Indonesia Kota Palembang yang dikomandoi langsung ktua DPC PD Bapak Pirliyanto, SH yang sudah menjembatani kesemua pihak baik pihak pemerintah ataupun pihak Yayasan sehingga cepat tanggap dengan kondisi Rini" Tutup Cek Duk. (Heryadi/Red)

Sabtu, 20 November 2021

21.07

Lagi Asyik Main, Bandar Judi Togel Online Diciduk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Tim Crocodile Unit Reskrim Polsek Pemulutan menciduk seorang pelaku judi togel online. 

Berbekal informasi dari masyarakat, polisi mengamankan seorang tersangka judi bernama Jirin (36 tahun). 

"Tersangka diamankan tadi malam sekira pukul 02.00 di wilayah Desa Pegayut," kata Iklil didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Minggu (21/11/2021). 

Saat polisi memeriksa ponsel tersangka, yang bersangkutan ternyata merupakan bandar judi togel Hongkong dan Singapura. 

Dari tangan tersangka, polisi juga menyita barang bukti judi berupa uang tunai diduga hasil judi sebesar Rp 283 ribu. 

Selain itu, satu unit ponsel dan sepeda motor tersangka juga diamankan polisi. 

"Tersangka bersama barang bukti kita amankan ke Mapolsek Pemulutan untuk diproses lebih lanjut," kata Iklil. 

Masih kata Iklil, tersangka melanggar Pasal 303 KUHP tentang perjudian dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Polisi juga akan melakukan pengembangan terhadap aktivitas permainan judi khususnya di wilayah Pemulutan. 

"Kami akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut. Kami imbau kepada masyarakat jangan bermain judi kalau tidak ingin berurusan dengan hukum," tegas Iklil. (Ril/Red)
21.04

Antisipasi Tindak Kejahatan, Iptu Iklil Alanuari Pimpin Polsek Pemulutan Gelar KRYD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, Polsek Pemulutan menggelar razia pada Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari mengatakan, KRYD ini dilaksanakan di enam desa. 

Yakni Desa Babatan Saudagar, Pematang Bungur, Segayam, Mayapati, Sungai Lebung dan Pemulutan Ilir

“Kami melaksanakan KRYD pada Sabtu malam untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas,” kata Iklil didampingi Wakapolsek Iptu Ahmad Rosyidi dan Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Minggu (21/11/2021).

Iklil melanjutkan, kegiatan di lapangan juga diikuti Kanit Samapta, Kanit Propam, Kasium dan personel Polsek Pemulutan lainnya. 

“Adapun sasaran KRYD ini yakni kejahatan 3C, senpi, sajam, premanisme, narkoba dan miras,” jelas Iklil.

Adapun hasil giat ini telah dilakukan teguran bagi pelanggar pengguna kendaraan yang tidak menggunakan helm dan masker.

Giat KRYD selesai pada pukul 23.55 dalam keadaan aman dan kondusif. 

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,” pesan Iklil. (Ril/Red)

Rabu, 17 November 2021

01.50

Bimtek Pengelolah RDS Dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Puluhan orang peserta dari 15 desa se Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Rumah Desa Sehat (RDS) Konvergensi Pencegahan Stunting, di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tanjung Raja. Bimtek tersebut dilaksanakan selama 2 hari Rabu  - Kamis (17 - 18 Nopember 2021).
 
Peserta berasal dari setiap desa terdiri, kepala Desa, ketua TP PKK, Tutor Paud dan KPM. 
 
"Tujuan kegiatan adalah untuk membantu Pemerintah Desa dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama bidang kesehatan. Kita melaksanakan ini sesuai Peraturan Kementerian Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi no 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa 2021. Yang ditetapkan bahwa dana desa diprioritaskan salah satunya melaksanakan bimtek" jelas Ketua Pelaksana Zulkarnain Berlian, Rabu (17/11/2021)

Selain itu Zulkarnain mengungkapkan, tujuan dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rumah Desa Sehat Konvergensi Pencegahan Stunting adalah supaya Ketua TP PKK Desa, bidan desa, tutor paud dan KPM mengetahui tugas dan foksi mereka masing. Bahwasanya Rumah desa sehat sangat penting untk masyarakat yang ada di desa masing - masing, Serta mngetahui bahwa pencegahan stunting itu penting sekali. 

Perihal yang sama dikatakan Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Kecamatan Tanjung Raja Muhamad melalui Rudi Mahdum, Ia mengatakan kegiatan bimtek dapat memberikan dampak positif bagi peserta guna meningkatkan  kualitas SDM untuk melayani masyarakat, dan para peserta nanti bisa menerapkan didesa masing - masing tentang pentingnya rumah Desa Sehat . 

Selain itu kata Rudi, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu membentuk konvergensi untuk penanganan  masalah stunting di desa dalam wadah Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai rumah inovasi pengembangan sumber daya manusia

"Ya, kami berharap bimtek ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta guna meningkatkan kualitas SDM untuk melayani masyarakat," ungkap Rudi Mahdum yang juga menjabat sebagai ketua forum kades Kabupaten Ogan Ilir.

Sementara Camat Tanjung Raja Lukman Aziz S.Sos MSi menerangkan, Rumah Desa Sehat (RDS) adalah sekretariat bersama bagi para pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa di bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.

" Ya, RDS merupakan sekretariat bersama pegiat pemberdayaan masyarakat Desa dan pelaku pembangunan Desa. Yang dimaksud dengan pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembanguan Desa adalah Kader Posyandu, guru PAUD, kader kesehatan, unit layanan kesehatan, unit layanan pendidikan, kader PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting. RDS dimaksudkan untuk membantu pemerintah Desa dalam pengelolaan sumber daya manusia utamanya," Terang Lukman kepada awak media. (Emi)