Gemilang Terkini

Kamis, 31 Agustus 2023

04.04

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Dapat Penghargaan Dari Kemenkes RI Sebagai Lokus Uji Coba ILP Sejak Tahun 2022


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI Sebagai Lokus Uji Coba ILP sejak tahun 2022.

Pada acara launching nasional integrasi pelayanan kesehatan primer dan penguatan perencanaan pembangunan kesehatan oleh Kemenkes RI Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. Kamis (31/08/23) Bertempat di Grand Ballroom  JIEXPO Convention Centre & Theatre, Arena JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penghargaan mitra lokus uji coba Intergrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) Se-Indonesia kepada Bupati, yang diberikan oleh Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa PDTT, Menko PMK RI.

Terimakasih atas penghargaan Lokus uji
coba ILP sejak tahun 2022, ini di dapatkan atas jeri payah sinergitas stakeholder terkait sehingga Peran kader kesehatan sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

Semoga dengan di berikanya penghargaan ini dapat memicu semangat kinerja para tenaga kesegatan yang ada di daerah untuk terus lebih baik lagi kedepannya. (Ril/Red)

Kamis, 24 Agustus 2023

07.04

Rapat Paripurna VII DPRD Ogan Ilir Tahun Sidang 2023


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Soeharto Hs, Didampingi Wakil Ketua II, Ahmad Syafe'i, Pimpin Rapat Paripurna VII DPRD Kab. Ogan Ilir Tahun Sidang 2023, selasa (8/8/2023).

Paripurna tersebut dalam rangka Penyampaian Nota Penjelasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan penandatanganan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Ogan Ilir dan Bupati Ogan Ilir Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Ristribusi Daerah.  

Hadir wakil Bupati Ogan Ilir, Forkompimda, Staff Ahli, OPD, Camat Se-Kabupaten Ogan Ilir, Tokoh Masyarakat, Media Cetak, Media Elektronik dan Tamu Undangan lainnya. (Ril/Red)
07.00

Ketua DPRD OI Hadiri Upacara Penaikan Bendera HUT RI Ke 78


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Ogan Ilir, Ketua IKATRI, Wakil Ketua II dan Anggota DPRD Ogan Ilir, menghadiri Upacara Penaikan Bendera dalam rangka puncak peringatan HUT Ke- 78 Republik Indonesia.

Upacara tersebut berlangsung dilapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir KPT Tanjung Senai, Kamis, 17 Agustus 2023.  

Dalam upacara tersebut Ketua DPRD Ogan Ilir, Soeharto Hs, membacakan Pembukaan UUD 1945, bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Ogan ilir, hadir dalam upacara tersebut Forkompimda, OPD, Para tokoh masyarakat. (Ril/Red)
06.49

Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir Hadiri Pembukaan Lomba Bidar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Soeharto Hs, di dampingi Ibu Elly Soeharto dan Anggota DPRD Ogan Ilir Dapil III Beserta Ibu Sekretaris Dewan dan Staff, menghadiri Pembukaan Lomba Bidar Tradisional.

Perlombaan lomba bidar tradisional tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 RI di Tanjung Raja. Di buka langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir,  dihadiri oleh Forkompimda Ogan Ilir, OPD dan Camat Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)
06.36

DPRD Kabupaten Ogan Ilir Gelar Rapat Paripurna VI tahun sidang 2023


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- DPRD Kabupaten Ogan Ilir Gelar Rapat Paripurna VI tahun sidang 2023 dalam rangka Pembahasan Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ogan Ilir Tahun Anggaran 2022. Senin (03/07/2023) Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Ogan Ilir KPT Tanjung Senai.

Rapat yang bertempat di Gedung Paripurna DPRD Ogan ilir ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Soeharto HS didampingi Wakil Ketua Ahmad Syafe'i dan para anggota DPRD Ogan Ilir dan dihadiri oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, SH pada pembicaraan tingkat
Kedua yakni Penyampaian Laporan Komisi-komisi DPRD Kab. Ogan Ilir Pengambilan Keputusan DPRD Kab. Ogan Ilir dan Pendapat Akhir Bupati Ogan Ilir.

Dalam penyampaian Laporan Komisi-Komisi untuk Juru bicara Komisi I yakni Rahmadi Djakfar, S.Sos., MTP Komisi 2 Basri M.Zahri, S.Pd., M.Si Komisi 3 Sukarni, S.Sos dan Komisi 4 Amir Hamzah, SH. Dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan DPRD Kab.Ogan ilir dan Pendapat Akhir Bupati Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan "Rapat Paripurna yang digelar saat ini tidak lain untuk memberikan dasar hukum yang jelas sekaligus dalam rangka mewujudkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang taat pada peraturan perundang-undangan, akuntabel, efesien, efektif, ekonomi dan transparan."

"Banyak saran, pendapat dan masukan yang kami terima dari DPRD, baik dalam pemandangan umum fraksi-fraksi dalam raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Ogan Ilir tahun anggaran 2022 beberapa kali terhadap berbagai saran dan masukan tentunya telah menjadi bahan perhatian dan perbaikan bagi kami. (Ril/Red)
06.34

DPRD Kabupaten OI Banggar Bersama TAPD


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Ogan Ilir  bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Ogan Ilir.

Banggar tersebut dalam rangka Pembahasan hasil evaluasi Gubernur Sumatera Selatan terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 dan rancangan peraturan Bupati Ogan Ilir tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022. Selasa, (1/8/2023).

Rapat bertempat diruang Rapat Pimpinan DPRD Ogan Ilir dan di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe'i beserta Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)
06.30

Rapat Paripurna VIII DPRD Kabupaten OI mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 78

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Rapat Paripurna VIII DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD OI, Rabu (16/08/2023).
 
Rapat Paripurna tersebut, dibuka langsung oleh Ketua DPRD OI, Suharto HS didampingi Wakil Ketua I dan dihadiri langsung Bupati OI, Panca Wijaya Akbar.
 
Selain itu, hadir juga Sekda OI H. Muhsin Abdullah, Forkopimda, seluruh kepala OPD, perusahaan BUMN,BUMD, Camat se Kabupaten OI, unsur pemuda, organisasi kemasyarakatan lainnya.
 
Presiden Jokowi pada pidato kenegaraan tampil dengan memakai pakaian adat dari Panimbar Propinsi Maluku, antara lain dalam pidato kenegaraannya menyampaikan, bahwa kebudayaan santun sepertinya sudah mulai menghilang dan juga berpesan agar bisa  menjaga mentalitas, moralitas sehingga kita bisa maju menuju Indonesia Emas 2045 dan sekarang Indonesia 68 persen penduduk nya berusia produktif. 
 
Peluang besar kita untuk meraih Indonesia emas 2045, adalah penduduk usia produktif di sinilah kunci peningkatan produktivitas nasional.
 
Kemudian, perlindungan sosial 2015 sampai 2023 sehingga kita juga harus mengembangkan sektor ekonomi baru yang membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya yang memberikan nilai tambah sebesar-besarnya,  karena Indonesia sangat kaya sumber daya alam termasuk bahan mineral hasil perkebunan hasil kelautan serta sumber energi baru.
 
Lanjutnya, kaya sumber daya alam saja, jadi pemilik saja juga tidak cukup karena itu akan membuat kita menjadi bangsa pemalas yang hanya menjual bahan mentah kekayaannya tanpa ada nilai tambah tanpa ada keberlanjutan.
 
“Saya ingin tegas Indonesia tidak boleh seperti itu Indonesia harus menjadi negara yang juga mampu mengolah sumber dayanya, mampu memberikan nilai tambah dan mensejahterakan rakyat dan ini bisa kita lakukan ratusan kali saya sampaikan, puluhan kali saya sampaikan adalah yang memanfaatkan sumber energi baru dan terbaru mewajibkan perusahaan tambang sekarang ini untuk membangun pusat pembibitan membangun pusat persemaian,” ulas Presiden Jokowi. (Red)

Rabu, 23 Agustus 2023

23.37

112 Pejabat Di Ogan Ilir Dilantik


Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat JPT, Administrator, Pengawas, Penugasan Kepala UPT Puskesmas Pemkab Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Pendopo Bupati Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Bupati Ogan Ilir Bapak Panca Wijaya Akbar didampingi Sekretaris Daerah Ogan Ilir Bapak Muhsin, ST., MM melantik dan mengambil sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas dan Penugasan Kepala UPT Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Bupati Ogan Ilir dalam sambutannya berpesan agar pejabat-pejabat yang dilantik agar dapat bekerja lebih giat dan berinovasi untuk mewujudkan visi misi Bupati Ogan Ilir. 

Selain itu pelantikan ini dilaksanakan untuk mengisi kekosongan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan penyegaran dalam rangka meningkatkan pelayanan dibidang Pemerintahan serta pembangunan dan kemasyarakatan secara menyeluruh.

Adapun Pejabat yang dilantik adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 12 (Dua Belas) Orang, Pejabat Administrator sebanyak 35 (Tiga Puluh Lima) orang, Pejabat Pengawas 63 (Enam Puluh Tiga) orang dan Penugasan Kepala UPT Puskesmas 2 (Dua) orang. (Ril/Red)

22.47

947 PPPK Ogan Ilir Dilantik

947 PPPK Ogan Ilir Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Selamat kepada 947 orang pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja dan 172 orang pejabat fungsional guru dari pegawai negeri sipil yang telah dilantik dan disumpah pada hari ini. 

Melantik dan pengambilan sumpah/janji PPPK Formasi tahun 2022 dan pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional guru. Bertempat di gedung serbaguna komplek perkantoran terpadu pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Tanjung Senai. 

Acara ini disaksikan langsung oleh Perwakilan kepala kantor Regional 7 BKN Palembang Bapak Yanuar S.Psi MM. 

Terima kasih dan apresiasi kepada BKN Regional VII Palembang dan BKPSDM Kabupaten Ogan Ilir yang telah berupaya penuh dan berhasil menyelenggarakan seleksi PPPK dengan transparan dan akuntabel. 

Kepada saudara bahwa diluar sana banyak sekali masyarakat yang bercita-cita berada diposisi saudara saat ini, namun tidak semua orang memperoleh kesempatan tersebut. 

Berikanlah karya yang terbaik, pengabdian yang tulus kepada masyarakat, bangsa dan negara. Jadikan momentum ini untuk mulai membangun kapasitas diri. bekerjalah dengan semangat, cerdas, melayani dengan sepenuh hati, dan tetap menjaga kinerja, dedikasi serta loyalitas. (Ril/Red)

Senin, 07 Agustus 2023

05.17

Sumsel Merupakan Salah Satu Provinsi Ujung Tombak Penyangga Pangan Di Tanah Air

Sumsel Merupakan Salah Satu Provinsi Ujung Tombak Penyangga Pangan Di Tanah Air

PALEMBANG gmjnews,co.id

Majunya sektor pertanian di Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel H. Herman Deru rupanya menjadi perhatian pemerintah pusat.
 
Bahkan, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyebut jika Sumsel merupakan salah satu provinsi ujung tombak penyangga pangan di tanah air.
 
Sebab itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI melibatkan Sumsel dalam gerakan nasional dalam menghadapi elnino yang diprediksi akan menyebabkan krisis pangan dunia.
 
"Sumsel sudah menjamin 2000 ton beras untuk Indonesia. Ini sangat kita apresiasi dan kita harap Sumsel tidak hanya menjadi provinsi yang nyaman pangan di daerahnya tapi juga penyangga pangan nasional," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo, saat meninjau Tanam Perdana Padi Gemas Elnino di Desa Pelabuhan Dalam Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Senin (7/8).
 
Tidak hanya itu, dia juga menantang Sumsel untuk menambah lahan tambah tanam seluas 150 ribu hektar.
 
"Saya optimis Sumsel mampu menambah 150 ribu hektar lahan tambah tanam ini. Apalagi Sumsel ini tidak kekurangan dalam hal pertanian, terangnya.
 
Terlebih, lanjutnya Sumsel sendiri sudah memberi jaminan untuk berkontribusi dalam menghadapi dampak elnino.
 
"Kurang lebih 150 ribu hektar lahan di Sumsel ini bisa jadi eksisiting yang akan menghasilkan pangan dan jadi lumbung bagi negara ini. Saya yakin Sumsel dapat menjadi pahlawan dalam hal pangan," bebernya.
 
Disisi lain, Mentan menyebut, jika sejauh ini stok beras di tanah air masih sangat aman dan terkendali.
 
"Untuk stok beras nasional saat ini sangat baik. Apalagi kedepan masih ada 800 ribu hektar sawah yang siap panen. Tapi kita tidak boleh juga terlalu percaya diri dan mengupayakan cadangan pangan dalam menghadapi elnino," paparnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan, jika Sumsel sangat siap untuk menambah lahan tambah pangan seluas 150 ribu hektar untuk menghadapi dampak elnino.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat juga terus memberikan perhatian khusus terhadap produksi pertanian di Sumsel.(Heryadi)

Selasa, 01 Agustus 2023

23.25

Saat Liputan, Arman Wartawan Media Online Kehilangan Sepeda Motor

Saat Liputan, Arman Wartawan Media Online Kehilangan Sepeda Motor

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Nasib apes yang di alami salah satu wartawan media online di Ogan Ilir saat peliputan di lokasi kebakaran gudang minyak BBM Ilegal di jalan baru Lingkar Selatan Pegayut Ogan Ilir hari Selasa tgl 01/08/2023 motornya di gondol maling. 

Pada saat peliputan Arman salah satu wartawan media online memarkirkan motornya Nopol 5171 Acp Motor Geneo warna putih lis biru di parkir di depan tampal ban yang berjarak 200 meter dari gudang terbakar.

Situasi di tempat kejadian gudang terbakar banyak warga yang menonton sehingga agaknya sulit terpantau. 

Pada saat di wawancarai arman mengatakan memang saya melihat dari kejauhan orang memindahkan motor saya memakai baju kaos hitam, saya tidak merasa tidak curiga mungkin karena situasi kondisi lagi ramai dak terpikir dan tidak tergerak untuk mencegahnya, kebetulan pada saat saya sibuk membuat video kebakaran untuk dijadikan bahan berita, ungkapnya. 

Lanjutnya Setelah usai kejadian kebakaran saya mencari keberadaan motor di tempat saya parkirkan " bak disambar petir di siang bolong " Motor kesayangan tidak ada lagi, dengan hati tidak menentu saya mencari keberadaan motor dan menanyakan kepada warga sekitar kalau ada yang melihat motor saya, semua orang menjawab tidak tahu.! 

Dan akhir saya membuat laporan kehilangan di Polsek Pemulutan dan sekarang masih dalam proses penyelidikan. Tutupnya. (Heryadi)
22.54

Sah, Pengurus DPD IWO Indonesia Ogan Ilir Resmi Dilantik

Sah, Pengurus DPD IWO Indonesia Ogan Ilir Resmi Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sah, Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) secara resmi dilantik olek Ketua Umum DPP NR. Icang Rahardian, SH.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati OI H. Ardani, SH, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Seluruh Ketua DPD IWO Indonesia Se- Sumatra Selatan.

“Alhamdulillah hari ini Pengurus DPD IWO Indonesia OI resmi di lantik Ketua Umum DPP NR. Icang Rahardian, semoga ke depan dapat bekerjasama membangun Kabupaten OI lebih maju “Kata ketua IWO Indonesia OI Yasandi di damping Wakil Ketua Ikhsan, Sekretaris Edi lestari, Bendahara Iik Sandi, S.Pd dan Ketua Panitia Gopar saat di wawancarai awak media Selasa (01/08/2023).

Ditambahkannya, kalau organisasi IWO Indonesia tidak mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten OI, akan tetapi cukup diberi kail.

”Saya tekankan organisasi IWO Indonesia OI tidak akan menerima bantuan Pemda, tapi kami cukup di beri kail” imbuhnya.

Begitu juga dengan Ketum DPP IWO Indonesia NR Icang Rahardian dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten OI yang telah mensuport dan mendukung atas Pelantikan pengurus DPD IWO Indonesia OI.

”Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab OI yang telah mensuport dan mendukung Organisasi IWO Indonesia” Katanya.

Dirinya berharap DPD IWO Indonesia OI dapat di terima masyarakat serta menjadi mitra pemerintah dalam pembanggunan.

“Ya saat ini Pengurus DPD IWO Indonesia OI sudah di lantik, mudah-mudahan nantinya menjadi Jurnalis terpercaya yang memerangi berita bohong serta di percaya masyarakat dan menjadi mitra pemerintah dalam pembanggunan” Harapnya.

Senada dikatakan Wakil Bupati OI H.Ardani,SH, jika hari ini Pengurus DPD IWO Indonesia OI sudah di lantik,selamat semoga sukses.

“Alhamdulillah kegiatan kita hari ini pelantikan pengurus DPD iWO Indonesia OI berjalan dengan baik kepada kawan-kawan saya ucapkan selamat semoga sukses tentu harapan kita dapat bersinergi dan berkoordinasi serta dapat berkomunikasi dengan baik sama-sama membangun Kabupaten Ogan Ilir yang kita cintai ini, ayo kita lawan berita bohong" Ujarnya. (Bujuk/Red)