Gemilang Terkini

Selasa, 30 Juni 2020

02.31

Bupati OI Hadiri Apel Kesiapsiagaan Karhutla

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Kebun Raya Sriwijaya Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI), Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam menghadiri kegiatan apel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020, Selasa (30/06/2020).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Komandan Upacara Dandim OKI-OI Letkol CZI Zamroni. Kegiatan ini juga dihadiri Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Sepuluh Kepala Daerah, sejumlah Dandim, Kapolres dan pasukan dari berbagai unsur TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub, Menggala Agni dan Masyarakat yang peduli lingkungan.

Disela-sela kegiatan tersebut Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten OI harus siap menghadapi musim kemarau yang tak lama lagi dan dalam menghadapi karhutla Pemda. OI sudah mematangkan persiapan dengan baik, baik personil maupun peralatan.

"Jelang musim kemarau berbagai persiapan sudah dilakukan untuk penanggulangan karhutla mulai dari kesiapan personil hingga peralatan pemadam kebakaran," Kata Bupati OI.

Dalam penanggulangan karhutla Bupati OI mengajak seluruh lapisan masyarakat turut peduli dalam mengatasi permasalahan tersebut.

"Untuk penanggulangan karhutla dibutuhkan peran aktif seluruh komponen masyarakat mulai dari TNI, Polri, BPBD, Pemerintah Desa hingga masyarakat peduli lingkungan dan peduli api," Imbuhnya. (Ril/Red)

Senin, 29 Juni 2020

22.56

DPRD OI Terima Kunjungan DPRD Banyuasin

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menerima kunjungan dari Anggota Banmus DPRD Kabupaten Banyuasin, Selasa (30/06/2020).

kunjungan tersebut diterima langsung oleh anggota DPRD OI Zahruddin, SE, Abdul Rozak Rusdy, ST, Sukarni, S.Sos, Safari, Asrudin Ruslan, ST dan Amril Auliah, SH bertempat diruang rapat pimpinan DPRD OI KPT Tanjung Senai.

Rapat dipimpin langsung oleh Zahrudin, SE yang didampingi oleh Kabag Humas Protokol Yuniarti, S.IP, M.Si, Kasubag Protokol Sa’adah.

Kunjungan yang berjumlah sepuluh orang tersebut diketuai oleh Noor Ishmatuddin Wakil Ketua DPRD Banyuasin yang didampingi sebanyak tujuh orang staf sekretariat. (Ril/Red)
04.27

Ketua DPRD OI Soeharto Terima Kunjungan DPRD Bangka Tengah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bertempat di ruang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI), DPRD OI menerima kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Senin (29/06/2020).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten OI Soeharto Hs yang didampingi anggota DPRD OI Sukarni, S.Sos, H. Kosasi, S.KM, MM dan Hj. Febti Wulansari, SKM, M.Kes.

Kunjungan yang berjumlah delapan anggota Komisi II DPRD Bangka Tengah tersebut diketua oleh Wakil Ketua DPRD Batianus, SE yang didampingi satu orang staf Sekretariat DPRD Bangka Tengah dan kunjungan tersebut dalam rangka Studi Banding Peran DPRD dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. (Ril/Red)
03.39

Peringati HARGANAS, Bupati OI Kunjungi Puskesmas dan Tinjau Pelaksanaan KB Gratis

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-27 tahun 2020, Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam didampingi Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) tinjau pelaksanaan pelayanan KB di Puskesmas Pegayut Kecamatan Pemulutan, Puskesmas Sakatiga Kecamatan Indralaya, Puskesmas Kerinjing, Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja, dan Puskesmas Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang, Senin (29/06/2020) 

Dalam kunjungannya, Bupati OI dalam memeriksa semua sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pelayanan KB harus berjalan baik dan optimal.
"Dihari Keluarga Nasional atau Harganas ke-27 ini Pemerintah Kabupaten OI terus meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas di setiap Puskesmas di Kabupaten OI dan mewujudkan pelayanan KB Satu Juta Akseptor dengan tiga jenis pelayanan" Kata Bupati OI.

Dijelaskannya, adapun tiga jenis pelayanan tersebut yaitu pelayanan KB Baru, Ulangan, dan Ganti Cara yang di targetkan 4338 Akseptor untuk Kabupaten OI. Satu Desa/Kelurahan minimal 18 Akseptor dari 241 Desa dan Kelurahan di Kabupaten OI  melalui 3 Jenis Kontrasepsi baik IUD/Implan, Suntik dan Pil atau Kondom.

"Harganas ke 27 ini juga membuat kita mengingat kembali tentang betapa pentingnya mencintai dalam keluarga, dan pentingnya perencanaan pembangunan keluarga demi masa depan yang lebih baik, 2 anak cukup" Imbuhnya. (Red)

Minggu, 28 Juni 2020

22.58

Asosiasi Korea Serah Terima Donasi 250 Paket Sembako Kepada Rumah Zakat

JAKARTA, gmjnews.co.id– KSBB (Kolaborasi Sosial Berskala Besar) merupakan salah satu program pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membantu masyarakat kurang mampu. Program ini adalah panggilan kepada warga yang tinggal di Jakarta untuk membantu warga lainnya yang terdampak Covid-19.

Saat ini, wabah Covid-19 yang terjadi di Indonesia masih belum memunculkan tanda akan berakhir. Bahkan, lonjakan kasusnya pun masih terus meningkat semenjak pelonggaran PSBB. Hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran banyak pihak, baik itu masyarakat maupun pemerintah yang harus memikirkan regulasi untuk mengurangi penularan yang terjadi.

Tidak hanya itu, wabah Covid-19 juga membuat kondisi ekonomi terpuruk sehingga mengakibatkan banyak orang kehilangan mata pencahariannya. Akhirnya, banyak dari mereka yang kini kesulitan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Karena itulah, pemprov DKI meluncurkan program KSBB di mana Rumah Zakat ikut terlibat sebagai Lembaga yang akan menjembatani kebagian dari warga yang sudah ikut membantu.

Bentuk dukungan juga diberikan oleh Asosiasi Korea yang berada di Jakarta. Bertempat di Balairung, Balaikota, Rabu (25/06) Asosiasi Korea menyerahan bantuan berupa 250 paket sembako kepada Rumah Zakat.

“Kami bisa turut serta membantu dalam program KSBB, berupa 250 paket sembako, yang berasal dari bantuan warga Korsel yang ada diJakarta,” ujar Johnny Park dari perwakilan Asosiasi Korea. (Medi RZ)

21.44

DPC PDI Perjuangan Datangi Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna mengusut Pembakaran Bendera Partai, dalam hal ini bendera Partai PDI Perjuangan. 

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang dikomandoi oleh Ketua DPC PDI Perjuangan OI Wahyudi, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan OI M. Rizal beserta pengurus dan juga kader datangi Polres OI, Senin (29/06/2020).

"Ya, Kedatangan kami ini merupakan bentuk aksi lanjutan dari dibakarnya bendera partai, kami juga datang kesini dalam rangka solidaritas dari kita sendiri selaku kader partai PDI Perjuangan" Kata Wahyudi.

Ditambahkannya, "Dalam hal ini kita tidak akan melakukan hal yang anarkis, oleh karena itulah selain dari silaturahmi ini juga sekali lagi sebagai bentuk solidaritas kami kepada partai" Terangnya.

Kedatangan DPC PDI Perjuangan Kabupaten OI beserta para kader dari PDI Perjuangan tersebut disambut langsung oleh Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi, Kasat Reskrim, Kabag Ops, serta Kasi Intel. (Red)

Sabtu, 27 Juni 2020

18.30

Ketua GMNI: Pemilih Cerdas, Tentukan Pemimpin Bersih dan Berkompeten

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilukada serentak yang dijadwalkan berlangsung Desember mendatang. Namun telah banyak mendapat respon dan tanggapan dari berbagai pihak, tak terkecuali Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Ogan Ilir (OI).

GMNI Ogan Ilir mengajak masyarakat Sumsel umumnya dan khususnya di Kabupaten OI untuk cerdas memilih pemimpin yang bersih, dan berkompeten, memiliki kemampuan sebagai visioner, bersih dan merakyat. Ini disampaikan Asep Jovi RS, Sabtu (27/06) di Indralaya.

Dipaparkannya, ada kriteria yang melatar belakangi dalam memilih pemimpin. Antara lain lanjutnya yakni latar belakang keluarga, pendidikan serka rekam jejak atau 

"track record". "Calon pemimpin tersebut dapat dilihat dari bagaimana ia memimpin dalam keluarganya, dan bagaimana keberhasilan keluarganya, serta peranan keluarganya dimasyarakat, kedua pendidikannya," papar Asep Jovi RS. 

Disamping itu pula, ia mengingatkan kepada masyarakat dalam memilih calon pemimpin itu, hendaknya intelektualitas calon pemimpin dan keahlian ilmu pengetahuan yang dimiliki yang berguna sebagai pondasi dasar dalam diri untuk membawa kemajuan di daerah, dan ketiga rekam jejak pengalaman. 

Disitu, dapat dilihat bagaimana pengalaman seorang pemimpin dalam karir seumur hidupnya. Itulah yang sangat penting karena dari sisi tersebut bisa menilai kemampuan kepemimpinan yang dimiliki. 

"Dan tentunya kita juga bisa melihat kebersihan diri seorang pemimpin, dan tidak terkena permasalahan baik kriminal maupun perbuatan tercela lainnya," terang Asep Selaku Ketua GMNI Ogan Ilir.  

Lanjut Asep Jovi RS mengingatkan, bahwa masyarakat jangan sampai memilih hanya oleh politik transaksional atau pun politik uang. Selain itu, Asep Jovi RS berharap momen dimana saatnya masyarakat memilih pemimpin yang bersih, jelas pengalamannya dan benar-benar layak memimpin untuk dapat membawa kemajuan daerah. 

"Hendaknya sosok pemimpin jangan sampai terulang kembali seperti pemimpin sebelumnya yang pernah tersandung kasus hukum," harapnya. (***/Red)

Kamis, 25 Juni 2020

05.31

Kapolres OI Silaturahmi dan Ngobrol Bareng Wartawan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menjalin silaturahmi dan sinergitas menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-74 pada 1 Juli 2020 mendatang, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ogan Ilir (OI) AKBP. Imam Tarmudi, SIk, MH Kunjungi Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OI, di Komplek Kantor Pemerintahan Daerah (Pemda) lama, Indralaya OI, Kamis (25/06/2020).

Kunjungan Kapolres OI bersama jajarannya tersebut dalam rangka Silaturahmi dengan para awak media di Kabupaten Ogan Ilir, dan disambut puluhan jurnalis yang bernaung dibawah bendera PWI Ogan Ilir.

Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi, S.Ik, MH mengatakan bahwa dengan Hari Ulang Tahun Bhanyangkara ini lebih dapat memotivasi antara polres dengan awak media yang ada di Ogan Ilir.

"Ya, ini semarak sebagai bentuk wujud kebersamaan antara Polres dengan seluruh awak media yang ada di Ogan Ilir," Ujarnya santai dibarengi tawa bersama para awak media.

Dikatakan Kapolres, Ogan ilir adalah kota penyangga provinsi, jadi dengan cara yang bagaimana semua stakeholder dapat menarik para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Ogan Ilir.

"Media merupakan ujung tombak dalam menyampaikan situasi dan kondisi daerah, jadi mari kita bersama-sama ciptakan suasana yang kondusif, dengan demikian para investor lebih menggeliat lagi untuk berinves di kabupaten Ogan Ilir," Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten OI Yasandi berharap dengan adanya kunjungan dari Kapolres OI dan juga jajarannya ini bisa bersinergi dan kerjasama dengan polres ogan Ilir tetap terjalin.

"Saya berharap dan juga dulu wartawan dipermudah membuat SIM jadi untuk kedepan mohon bantuan bapak kapolres supaya pembuatan SIM untuk para wartawan di Ogan Ilir tetap dipermudah," Harapnya.

Diakhir pertemuan  para awak media anggota PWI Ogan Ilir secara bersama mengucapkan selamat ulang tahun buat jajaran Kepolisian Republik Indonesia.

"Semoga Polres Ogan Ilir Jaya Selalu dan tetap bersahabat, Polisi Dolor Kito, Yes," Tegas para awak media Ogan Ilir penuh Semangat. (***/Red)

Berikut Videonya:

Selasa, 23 Juni 2020

04.39

Dibawah Kepemimpinan Ilyas Panji Alam, Ogan Ilir Raih 3 Kali Predikat WTP

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dibawah Kepemimpinan H.M. Ilyas Panji Alam Sebagai Bupati Ogan Ilir (OI), kembali Apresiasi Tertinggi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kepada Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, Senin, (22/06/2020)

Penghargaan tertinggi tersebut diberikan atas proses Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan yang baik dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. 

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa pemberian WTP tersebut menjadi suntikan semangat kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir,  akan terus melakukan langkah perbaikan guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel.

"Ini bukanlah akhir dari suatu proses perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan di lingkup Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, tetapi ini merupakan babak baru untuk terus menerus menyempurnakan kualitas akuntabilitas keuangan Kabupaten Ogan Ilir kedepan" Kata Bupati OI. 

Dikatakannya, "Terima kasih juga kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Kita semua yang terlibat dalam proses ini telah membuktikan bahwa kerendahatian, saling dukung, kerja keras hingga larut malam bahkan pagi, telah membuktikan bahwa kita bisa" Imbuhnya.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Ketua BPK Perwakilan Sum-Sel, di gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang beralamat  di Jl.Demang lebar Daun, Palembang. (Red)

04.20

Terkait Pemotongan PKH, Dinsos OI Angkat Bicara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait beredaranya video permasalahan bantuan sosial (bansos) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah, yang diduga dipotong oleh oknum pendamping di media sosial (medsos) dengan jumlah yang cukup fantastis senilai Rp 90 juta.

Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir (OI) bersama Koordinator Kabupaten (Korkab) Program Keluarga Harapan (PKH) angkat bicara.

Melalui Korkab PKH OI, Wiwin Muhawarna, pihak Dinsos OI menjelaskan bahwa mereka akan melakukan pemanggilan terhadap seluruh pendamping PKH guna dimintai penjelasan tentang permasalahan tersebut.

Menurut Wiwin, informasi yang bersumber dari media sosial yang menyebutkan disetiap desa terkumpul Rp90 juta, yang diasumsikan 60 orang per desa oleh pendamping itu tidak benar dan tidak masuk akal.

Wiwin menjelaskan bahwa PKH disetiap desa itu berbeda-beda, bahkan ada yang hanya berjumlah 5 keluarga penerima manfaat (KPM).

Kalau di medsos itu menyebutkan disetiap desa itu diasumsikan 60 KPM, itu tidak masuk logika. Karena berdasarkan data kita ada desa yang hanya 5 KPM,” jelas Wiwin saat dikonfirmasi, Selasa (23/06/2020).

Kemudian, lanjut Wiwin, ada uang senilai Rp1,5 juta sementara komponen PKH yang paling kecil itu Rp900 ribu. Jadi menurut Wiwin hal itu sangat tidak masuk akal.

Selain itu, Wiwin juga menjelaskan bahwa buku tabungan untuk KPM itu dipegang oleh KPM itu sendiri dan bukan oleh pendamping. “Jadi yang berhak mengambil uang itu KPM itu sendiri, tidak boleh pendamping,” terangnya lagi.

Lebih jauh Wiwin menjelaskan bahwa sejak adanya pandemi virus Covid-19, ada kenaikan senilai 25 persen dari total sebelumnya yang diterima KPM. “Misalnya KPM semula menerima Rp2 juta untuk SMA, maka jadi Rp2,5 juta dan itu biasanya dibagikan bertahap. Namun saat ini berbeda, itu dibuat perbulan. Jadi kalau disebut tadi Rp1,5 juta per tiga bulan maka sebulan jadi 500 tetapi ada penambahan 25 persen,” bebernya.

Terkait penambahan 25 persen sudah ada surat edaran dari Kementerian Sosial dan hal tersebut disosialisasikan ke KPM melalui pertemuan-pertemuan bulan. “Kalau adanya isu pemotongan, itu masih kita selidiki. Kalau ada itu mungkin ulah oknum dan ada sanksi atas perbuatan tersebut,” pungkasnya.(***/Red)

Senin, 22 Juni 2020

05.25

Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Siap Mendukung Ilyas Panji Alam

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) Siap mendukung dan juga memenangkan Ilyas Panji Alam sebagai Calon Bupati Kabupaten OI pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut yang dikatakan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Hariansyah, SH, yang didampingi pengurus partai Gelora Indonesia serta para DPC Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI, menurutnya partai Gelora Indonesia siap mendukung Ilyas Panji Alam.

"Ya, kami dari DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir serta para DPC serta kader yang lain siap untuk mendukung dan juga memenangkan Ilyas Panji Alam sebagai Calon Bupati Ogan Ilir 9 Desember mendatang" Ujarnya, Senin (22/06/2020).

Dijelaskannya, walaupun partai Gelora Indonesia merupakan partai baru, namun para kader partai gelora indonesia, khususnya di Kabupaten OI akan siap memenangkan Ilyas Panji Alam sebagai calon Bupati OI.

"Memang kami partai baru, namun kami serta para kader partai gelora indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenangkan bapak Ilyas Panji Alam sebagai calon bupati ogan ilir, dan kami yakin Bapak Ilyas Panji Alam bisa menang dan kembali memimpin Kabupaten Ogan Ilir" Paparnya. (Red)

Kamis, 18 Juni 2020

04.57

PDI Perjuangan Ogan Ilir Minta KPU Sosialisasikan PKPU Nomor 1 Tahun 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ogan Ilir (OI) meminta pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OI mensosialisasikan PKPU Nomor 01 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017, tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan, atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Sekjen DPC PDIP Ogan Ilir, M Rizal dihadapan Komisioner KPU Ogan Ilir, Bawaslu, Pengurus Partai Politik dan undangan lainnya saat sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 di Aula RM Sederhana Indralaya, Kamis (18/06/2020).

Menurut Rizal, seharusnya KPU Ogan Ilir juga mensosialisasikan PKPU No 1 tentang Pencalonan, bukan hanya PKPU Nomor 5 tentang Jadwal, Program dan Penyelenggaraan Pilkada. “Karena harusnya PKPU Nomor 1 sudah harus didiskusikan dan dipelajari oleh KPU, agar partai politik tidak terjebak dalam pengusungan calon,” Tegas Rizal.

Di dalam PKPU No. 1 tahun 2020, lanjut Rizal, ada syarat yang harus dipenuhi bagi pasangan calon yakni tidak pernah melakukan perbuatan tercela dalam huruf A, sebagaimana bunyinya dalam Pasal 4 ayat 2E, menyatakan bahwa syarat sebagai calon bupati adalah tidak pernah melakukan perbuatan tercela sebagai mana dalam ayat 1 huruf J dikecualikan bagi, A pemakai narkotika karena alasan kesehatan.

Lalu poin B, sambungnya, mantan pemakai narkotika yang karena kesadarannya sendiri melaporkan diri dan selesai menjalani proses rehabilitasi, C mantan pemakai narkotika yang terbukti sebagai korban yang berdasarkan penetapan/putusan pengadilan diperintahkan menjalani rehabilitasi dan dinyatakan sudah selesai rehabilitasi.

“Jadi menurut kami PKPU Nomor 1 tahun 2020 sangat penting, sehingga perlu disosialisasikan kepada partai politik agar mereka paham. Hal ini sangat perlu, agar parpol dan masyarakat tidak salah dalam mengusung dan memilih figur, karena pada Pilkada Ogan Ilir dikhawatirkan ada calon Bupati yang pernah tersandung kasus Narkoba bakal mencalonkan diri,” Tandasnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Massuryati selaku Ketua KPU OI mengatakan, PKPU No 1 belum disosialisasikan dikarenakan masih menunggu apakan PKPU No 1 ini tidak ada perubahan baru. “Kita akan sosialisasikan juga PKPU Nomor 1 tersebut. Hanya saja kami masih menunggu apakah ada perubahan atau tidak dalam pasal per pasal dalam PKPU Nomor 1 tersebut,” Ujarnya. (***/Red)

Rabu, 17 Juni 2020

02.10

Bidan Desa Sakatiga Sebrang Ucapkan Terima Kasih Pada Bupati OI


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam kunjungi serta memberi bantuan pada pasien covid-19 yang sembuh, yang berada di Desa Sakatiga Sebrang Kecamatan Indralaya Kabupaten OI, Rabu (17/06/2020).

Dalam kunjungannya tersebut selain memberikan bantuan pada pasien covid-19 yang sembuh juga meninjau bangunan rehab gedung Poskesdes Desa Sakatiga Sebrang yang baru saja selesai direhab dengan menggunakan Dana Desa.

Bidan Desa Sakatiga Sebrang Meyrina Ayu Pertiwi, Am.Keb ketika diwawancarai terkait kunjungan Bupati OI guna meninjau bangunan gedung poskesdes Desa Sakatiga Sebrang mengucapkan terima kasih.

"Semoga dengan adanya rehab gedung baru ini bisa meningkatkan semangat serta kerja kita sebagai bidan desa, serta tak lupa saya ucapkan terima kasih juga untuk bapak Presiden, bapak Jokowi, kementrian Desa, Bupati OI, Pemerintah Kecamatan, serta Kepala Desa Sakatiga Sebrang dan juga perangkat desa" Kata Meyrina yang akrab disapa Bidan Karin.

Ditambahkannya, "Saya sangat senang, apalagi hari ini Poskesdes Desa Sakatiga Sebrang dikunjungi Bupati langsung, dan semoga bisa memberikan semangat dalam bekerja, serta selalu menjalankan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai covid-19" Pungkasnya. (Red)

Berikut Videonya:

01.02

Bupati OI Berikan Semangat dan Bantu Pasien Covid-19


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai Bentuk Perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) terhadap warga yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 setelah dilakukan perawatan.

Dengan didampingi Camat Indralaya Rahmini, Kades Sakatiga Sebrang Muhammad Kamil, serta Bidan Desa Sakatiga Sebrang Meyrina Ayu Pertiwi, Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam Kunjungi serta bantu pasien yang sembuh dari Covid-19 yang berada di Desa Sakatiga Sebrang Kecamatan Indralaya Kabupaten OI, Rabu (17/06/2020), bantuan tersebut berupa Sembako serta uang saku. 

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam ketika diwawancarai mengatakan bahwa Virus Corona ini bukan aib dan bisa disembuhkan, juga pemerintah membantu kepada pasien yang dikarantina, baik karantina mandiri maupun karantina di Rumah Sakit.

"Mereka akan dibantu oleh Pemerintah sebesar Rp 100 ribu Perhari untuk mengganti selama mereka tidak mempunyai Penghasilan, kalau dia (Kata Bupati, red) selama 14 hari, paling tidak mendapatkan 1 juta 400 ribu rupiah, lebih dari itu kita kalikan dua,  per 14 hari, karena setelah pulang pun mereka kita diwajibkan untuk karantina lokal sampai benar-benar sembuh " Ujarnya. (Red)

Berikut Videonya:


Selasa, 16 Juni 2020

01.54

Bupati OI Kunjungi dan Bantu Pasien Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai Bentuk Perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) terhadap warga yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan sembuh dari Virus Corona atau Covid-19 setelah dilakukan perawatan.

Dengan didampingi Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi, Lurah Tanjung Raja Barat Awaluddin, serta Kepala UPTD Puskemas Tanjung Raja Nelly Anggia  Murni, Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam Kunjungi serta bantu pasien yang sembuh dari Covid-19 yang berada di Kelurahan Tanjung Raja Barat Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI, Selasa (16/06/2020), bantuan tersebut berupa Sembako serta uang saku. 

Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam ketika diwawancarai mengatakan bahwa ada 48 Pasien Positif Corona dan dinyatakan sembuh sebanyak 47 orang, tinggal 1 orang lagi yang masih karantina mandiri.

"Virus Corona ini bukan aib dan bisa disembuhkan, juga pemerintah membantu kepada pasien yang dikarantina, baik karantina mandiri maupun karantina di Rumah Sakit, mereka akan dibantu oleh Pemerintah sebesar Rp 100 ribu Perhari untuk mengganti selama mereka tidak mempunyai Penghasilan" Kata Bupati OI.

Dijelaskannya, "Kalau dia (Kata Bupati, red) selama 14 hari, paling tidak mendapatkan 1 juta 400 ribu rupiah, lebih dari itu kita kalikan dua,  per 14 hari, karena setelah pulang pun mereka kita diwajibkan untuk  karantina lokal sampai benar-benar sembuh " Ujarnya. (Red)

Berikut Videonya:

00.57

Warga Desa Sarang Lang dan Pulau Negara Antusias Sambut Pra TMMD Kodim 0402/OKI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Persiapan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI mulai dilakukan oleh prajurit Kodim 0402/OKI bersama-sama masyarakat Desa Sarang Lang, Selasa (16/06/2020).

Diantaranya adalah melaksanakan kegiatan Pra TMMD, khususnya pada sasaran fisik pekerjaan pembersihan dan pembuatan patok untuk jalan tembus yang menghubungkan antara Desa Sarang Lang dengan Desa Pulau Negara Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten OI sepanjang 1.8 Km dengan lebar 7 meter.

“Mulai kemaren (Senin, red), setiap hari Kodim menerjunkan personel sebanyak 40 personel, dibantu dari Dinas terkait, dan masyarakat untuk kegiatan Pra TMMD ini” Kata Pasiter Kodim Kapten Inf Jauhari.

Dikatakan Pasiter Kodim 0402/OKI, pelaksanaan TMMD ke-108 ini nantinya hanya dibatasi waktu selama 30 hari, dan harus mampu menuntaskan semua pekerjaan fisik yang ada.

“Sehingga pelaksanaan Pra TMMD ini harus dimaksimalkan, dengan harapan sebelum pelaksanaan penutupan TMMD, semua sasaran kegiatan fisik TMMD dapat tercapai 100 persen,” Ujarnya.

Dikatakannya,"Semoga program TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI berjalan lancar dan sukses" Harapnya.

Selain pengerjaan pembuatan jalan sepanjang 1,8 kilometer, kegiatan TMMD ini juga akan memperbaiki atap dua buah Masjid di Desa Sarang Lang dan di Desa Pulau Negara.

“Gorong-gorong juga nanti kita akan buat sebagai saluran drainase di sepanjang jalan yang akan dibuat, dalam pelaksanaan kegiatan Pra TMMD yang akan digelar selama 15 hari itu melibatkan personel baik dari TNI dan Polri serta masyarakat di dua Desa tersebut" Terangnya. (Ril)
00.41

Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja Himbau Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam menghadapi serta memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19, setiap masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja Hj. Nelly Anggia Murni, SKM, Selasa (16/06/2020) menurutnya dalam menghadapi virus corona atau covid-19 diharapkan masyarakat agar bisa terus menjaga kesehatan.

"Kami menghimbau, terutama untuk masyarakat di kecamatan tanjung raja agar masyarakat tetap tenang, tetap patuhi protokol kesehatan mengenai covid-19 ini dan masyarakat tidak perlu resah, karena untuk positif covid tetap kita tangani bersama sesuai dengan SOP bidang kesehatan" Kata Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja.

Dikatakannya, jadi masyarakat agar tetap tenang, kami akan atasi dan semua akan kami bantu, jadi tidak perlu takut, dan juga tidak perlu dikucilkan.

"Jadi masyarakat tidak boleh mengucilkan yang positif corona karena mereka juga akan kita lakukan dengan SOP yang ada sesuai dengan aturan yang ada, tetap kita harus hidup berdampingan, tetap protokol kesehatan itu harus kita pakai, jadi tetap pakai masker, tetap harus cuci tangan pakai sabun, serta tetap jaga jarak pada saat kita berkomunikasi dengan teman-teman kita" Paparnya. (Red)

Berikut Videonya:


Senin, 15 Juni 2020

03.43

Ditengah Masa Pandemi pun Peternak Rumah Zakat Bisa Raih Keuntungan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kali ini team relawan membuat gebrakan baru dan berbeda, Relawan Rumah Zakat tidak hanya memberi bantuan, namun juga pendampingan pembuatan pupuk kompos dan pakan buatan ke penerima manfaat (PM) Bantuan Ekonomi ternak binaan Rumah Zakat. Kegiatan berlangsung dari pukul 13.00 WIB, Senin, (15/06/2020).

Kegiatan perdana yang dilakukan peternak binaan rumah zakat di Ogan Ilir kali ini, adalah pemanfaatan potensi yang hasilkan ternak bantuan ekonomi dikoneksikan dengan pertanian, antara ternak dan pertanian sebelumnya sudah berjalan sendiri-sendiri sekarang sudah bisa saling mendukung. Pendampingan berlangsung di kandang ternak beralamat Desa talang Balai Baru 1, Dusun 05 Rt. 10 Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.

Kelompok ternak membuat pakan sendiri, disaat rumput hijauan masih susah didapatkan dan memanfaatkan kotoran sapi untuk bahan pupuk tanaman. Kelompok ternak sapi yang telah lama merawat 8 ekor sapi, sehingga kotorannya kadang dapat menjadi gangguan di lingkungan masyarakat sekitar ketika tidak di olah dan belum termanfaatkan cara maksimal. 

Oleh karena itu pemanfaatan kotoran sapi bisa menjadi keuntungan buat peternak jika dijual Rp. 25.000 per karungnya dan bisa menjadi pupuk pertanian sayur mayur dan tanaman lainnya yang dimiliki peternak. Selain itu di desa berdaya ada program pertanian butuh pupuk kandang saat masa tanamnya. Sebab itu, Relawan berinisiatif membuat pupuk untuk pertanian dan nanti ketika pertanian panen limbah sisa pertanian bisa diolah dan dimanfaatkan untuk pakan ternak. 

"Sebelumnya kami bingung bagaimana mengolah kotoran sapi ini agar baunya tidak mengganggu warga, syukurlah sekarang dapat termanfaatkan untuk pertanian", Ujar pak Umari (54 tahun).

Selanjutnya kedepan Relawan berharap ini bisa terus dikolaborasikan secara maksimal dan terbantukan untuk peternak dan pertanian. (Ari RZ)

Minggu, 14 Juni 2020

23.19

Optimalkan Dana ZIS, Rumah Zakat Bantu Pelaku UMKM Di 144 Titik Desa Di Indonesia

OKU SELATAN, gmjnews.co.id– Sebagai akibat dari wabah Covid-19 yang mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Wabah Covid-19 yang melanda memaksa setiap negara untuk mengambil langkah cepat sebagai salah satu tindakan pencegahan agar bisa meminimalisir penyebaran wabah di masyarakat. Beberapa pencegahan tersebut antara lain Physical Distancing, Social Distancing, serta Lock Down.

Di Indonesia sendiri, pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi dampak penularan. Namun, sebagai dampak dari pemberlakukan kebijakan ini adalah adanya kelumpuhan yang terjadi pada sektor ekonomi, termasuk sektor UMKM.

Berkurangnya jumlah pembeli atau pendapatan yang diterima, mengakibatkan banyak pelaku UMKM mengalami kerugian karena tidak sesuainya jumlah pendapatan dengan pengeluaran. Akhirnya, tidak sedikit diantara mereka harus gulung tikar alias bangkrut.

Tidak ingin hal tersebut terus terjadi, Rumah Zakat Kembali bergerak untuk mendorong para pelaku UMKM agar bisa bangkit di tengah kondisi sulit saat ini. Salah satunya adalah dengan memberikan Bantuan Modal Usaha kepada para pelaku UMKM.

Seperti yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa berdaya Pasar Lama, Kel. Bumi Agung, Kec. Muaradua, Kab. OKU Selatan Sumatera Selatan. Melalui Fasilitator Desa Berdaya Herlensi, Rumah Zakat memberikan pendampingan bantuan berupa modal usaha dan sembako kepada Ibu Jaleha, salah satu Penerima Manfaat yang mempunyai usaha menekuni usaha kecil-kecilan yakni berdagang makanan ringan, gorengan.

"Selama PSBB di kabupaten OKU Selatan dapat dikatakan pemasukan sangatlah kurang dari penjualan dari dagangannya.  Ditambah sekarang ini anak ibu sedang membutuhkan uang semesteran, sehingga modal usaha sebelumnya harus dipakai untuk membayar uang sekolah, karena bagi ibu kebutuhan anak paling penting," ungkapnya.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian Rumah Zakat memberikan bantuan modal usaha kepada Ibu Jaleha dan Ibu Hajima Senin (15/06/2020). Tentunya, bantuan modal usaha yang diberikan oleh Rumah Zakat sangat membantu Ibu Ilot untuk memulai usaha kembali. (Medi RZ)

Sabtu, 13 Juni 2020

21.29

Selamat Jalan Mantan Kasad, Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo

Bogor Cikeas, gmjnews.co.id–  Mantan Kasad, Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo telah meninggal dunia.Adik kandung dari almahrumah Ibu Ani Yudhoyono itu meninggal di usia 65 tahun. Ayahnya, Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo.

Pramono Edhie Wibowo adalah sosok jenderal yang bertabur bintang, sebagi tanda jasa kehormatan Negara yang dianugerahkan kepadanya atas prestasi dan dedikasinya. Dilansir dari Merdeka.com, dalam karirnya, ia pernah dipercayakan menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri, di tahun 2001.

Berbagai tanda jasa kehormatan Negara yang dianugerahkan kepada almarhum yaitu Bintang Mahaputra Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi, Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera/Singapura), Meritorious Service Medal, SL. Dharma Bantala, SL. Kesetiaan XXIV, SL. Kesetiaan XVI,  SL. Kesetiaan VIII, SL. GOM VII, SL. GOM IX, SL. Ksatria Yudha, SL. Seroja, SL. Dwidya Sistha, SL. Wira Karya

Kabar kepergian mantan Panglima Kostrad (2010-2011) itu datang dari Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangan persnya di Jakarta, yang diterima SelatanIndonesia.com, Sabtu malam (13/6/2020).

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar TNI AD. Mantan Kasad, Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, meninggal dunia dalam usia 65 tahun, pada hari Sabtu malam pukul 19.30, tanggal 13 Juni 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, karena sakit,” demikian 

Almarhum beserta keluarganya sedang berlibur di Kediaman Ds. Ciwalen Kec. Sukaresmi dan mendadak sakit dengan diagnosa serangan jantung.

Dijelaskan Kadispenad bahwa “Saat ini Jenazah Almarhum masih dalam perjalanan dari di RSUD Cimacan menuju ke tempat persemayaman di Rumah Duka dengan Alamat Puri Cikeas Indah No. 08 RT 03 RW 02 Jl. Alternatif Cibubur Nagrak, Kec Gunung Putri, Bogor 16967, Jawa Barat Indonesia dan rencana besok akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada hari Minggu (14/6/2020).

Diungkapkan Kadispenad bahwa bahwa Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, kelahiran Magelang, 5 Mei 1955 merupakan Kasad ke-27 yang menjabat sejak tanggal 30 Juni 2011 hingga  20 Mei 2013. Sebelumnya Almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad, Panglima Kodam III/Siliwangi dan Komandan Jenderal Kopassus

Almarhum Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, meninggalkan seorang istri bernama Ny. Kiki Gayatri dan dua orang anak bernama Patri Astuti Dewi Anggrain dan Dewanto Edhie Wibowo

“Sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian Almarhum Jenderal TNI Purn Pramono Edhie Wibowo, seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat mulai hari Minggu (14/6) selama 7 hari mengibarkan bendera setengah tiang,” pungkas Nefra.

Untuk diketahui, setelah reformasi bergulir, karier Pramono terus melejit. Apalagi ketika Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai Presiden menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pramono terpilih menjadi Ajudan Megawati pada tahun 2001.

Pada tahun yang sama, Pramono menempuh Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), dan kemudian menjabat sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sesko TNI 2004.

Ia dilantik menjadi Kasad pada 2011 menggantikan Jenderal TNI George Toisutta. Inilah puncak karier Pramono Edhie sebelum akhirnya pensiun secara resmi dari militer.

Setelah pensiun dari dunia militer, ia masuk ke dunia politik dengan Partai Demokrat. Pramono Edhie Wibowo juga menjadi salah satu kandidat peserta Konvensi Capres Partai Demokrat bersama 10 orang kandidat lainnya. Di Demokrat, Pramono menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP partai Demokrat. 

Riwayat Jabatan:

Komandan Pleton Grup I Kopassandha (1980-1981)

Perwira Operasi Grup I Kopassandha (1981)

Komandan Kompi 112/11 grup I Kopassandha (1984)

Dik Seskoad (1995)

Kasi Ops Grup 1 Kopassus (1994-1996)

Perwira Intel Operasi grup I Kopassus (1996)

Wakil komandan Grup 1/Kopassus (1996-1998)

Komandan Grup 1/Kopassus (1998-2001)

Ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri (2001)

Dikreg Sesko TNI (2001)

Perwira Tinggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sesko TNI (2004-2005)

Wakil Danjen Kopassus (2005-2007)

Kasdam IV/Diponegoro (2007-2008)

Danjen Kopassus (2008-2009)

Pangdam III/Siliwangi (2009-2010)

Panglima Kostrad (2010-2011)

Kepala Staf Angkatan Darat (2011-2013)*

(***)

Jumat, 12 Juni 2020

05.14

Kursi Roda Bahagiakan Agung Persembahan Rumah Zakat di tengah Pandemi covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Relawan Rumah Zakat menyalurkan kursi Roda kepada Agung warga dusun 03 Rt. 06 lrg. Sehati, Desa Talang Balai Baru 2. Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) Privinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Jumat (12/06/2020).

Siti Awan Ibunda Agung menceritakan, Agung mengalami gangguan syaraf sejak lahir sehingga meskipun umurnya sudah 16 tahun tidak bisa jalan.
“Beginilah kondisi agung sejak kecil, selama beberapa minggu terakhir kita pijat secara rutin. Kami melihat kondisi Agung seperti ini kasihan, sehari-hari hanya berguling-guling saja dirumah. Ada juga berencana membawa Agung ke dokter syaraf di Palembang agar Agung sehat seperti teman seusianya”, Kata Awan.

Ibu Agung sehari-hari seorang Ibu Rumah Tangga, sedangkan ayahnya jualan martabak. Namun sejak pandemic covid-19 mengakibatkan tidak aktif jualan lagi.

Terlihat bahagia terpancar wajah Agung saat Relawan rumah zakat membawa kursi roda untuk Agung. Kursi roda ini agar memudahkan aktifitas Agung sekitaran rumah. 

"Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih kepda donatur yang telah memberi Agung kursi roda ini. Insya Allah dengan kursi roda ini, Agung bisa jalan-jalan sekitaran rumah dan tidak jenuh didalam rumah aja. Semoga donatur dan Rumah Zakat diberkahi rezekinya oleh Allah SWT Aamiin”, Ujarnya. (Medi RZ)

Kamis, 11 Juni 2020

20.06

Kejari OI Musnahkan BB Perkara Tindak Pidana Umum

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah memiliki hukum tetap (incrach) hasil pengungkapan kasus sejak Januari sampai dengan Juni 2020.

Giat pemusnahan barang bukti berlangsung Kamis (10/06) bertempat di kantor Kejari Kabupaten OI Jalinsum Indralaya-Prabumulih yang dipimpin oleh Kepala Kejari OI Adi Tyogunawan diwakili Kasi Pengelolaan Barang Bukti Ahmad Yantoni.

Sepanjang tahun 2020 ini, di Kabupaten OI pengungkapan perkara kasus narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) cenderung lebih menonjol bila dibandingkan kasus lainnya. 

Setidaknya jajaran Kejari Kabupaten OI memusnahkan ratusan gram narkoba. Pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 409 gram, pil ekstasi serta ganja dilakukan dengan cara diblender. Selain itu, untuk barang bukti lainnya yang dilakukan pemusnahan antara lain yakni 13 buah senjata tajam (sajam) jenis pisau.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong besi. Kemudian, pemusnahan sebanyak 45 berkas perkara dilakukan dengan cara dibakar. Usai menggelar pemusnahan barang bukti perkara pengungkapan kasus, Kepala Kejari Kabupaten OI yang diwakili Kasi Intel Efan Apturedi berharap untuk kedepan semoga perkara yang ada di Kabupaten OI menurun. 

"Ya, hari ini kita melakukan pemusnahan barang bukti antara lain barang bukti narkoba, sajam serta berkas perkara hasil dari pengungkapan kasus sepanjang Januari sampai dengan Juni yang telah memiliki hukum tetap (incrach)," Kata Kasi Intel Kajari OI Efan.

Giat pemusnahan barang bukti berlangsung lancar dan dihadiri sejumlah perwakilan unsur Kepolisian, serta BNN Kabupaten Ogan Ilir. (***/Red)

Berikut Videonya:

03.29

Luar Biasa, Kerja Petugas PLN OI Patut Diacungi Jempol

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kerja para petugas PLN Kabupaten Ogan Ilir (OI) Patut diacungi jempol, betapa tidak, setelah mendengar ada kerusakan salah satu kabel listrik yang ada di wilayah Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir mereka para petugas PLN dengan sigap langsung ke lokasi untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

"Ya, Alhamdulillah kalau masyarakat berkata demikian, insya Allah kita akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat, selagi kita bisa maka pasti akan kita bantu" Kata Munawir, HS salah satu petugas PLN wilayah Kecamatan Pemulutan Selatan, Kamis (11/06/2020).

Salah satu warga Desa Naikan Tembakang (NTB) Kecamatan Pemulutan Selatan Zul mengaku puas dengan apa yang dilakukan oleh para petugas PLN.

"Mereka dengan sigap, dengan penuh keikhlasan membantu dan memperbaiki kerusakan pada setiap kabel listrik, oleh karena itulah kerja para petugas PLN ini patut diacungi jempol, kerja ikhlas demi untuk masyarakat" Imbuhnya. (Red)

Berikut Videonya:

Rabu, 10 Juni 2020

19.28

Demokrat Ogan Ilir Berprinsip Inginkan Kader Bersih

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak yang dijadwalkan berlangsung Desember mendatang. Khususnya di Kabupaten Ogan Ilir (OI), tahapan saat ini sejumlah pengurus partai politik mulai merekomendasikan dukungan kepada bakal calon Bupati dan wakil Bupati yang akan bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

Kendati belum ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umun (KPU). Namun terlihat untuk peserta pemilukada di Kabupaten OI didominasi dua orang kader calon kandidat kuat yang bakal maju antara lain yakni "Incumbent" HM Ilyas Panji Alam dan pasangan Balonbup AW Nofiadi - Ardhani. 

Mencuatnya dua nama tersebut, membuat para pengurus parpol yang ada di Kabupaten OI saat ini, mulai merekomendasikan dukungan baik kepada pasangan Balonbup AW Nofiadi - Ardhani maupun Balonbup HM Ilyas Panji Alam. Diantaranya kecuali partai PDIP, Golkar, PBB. Diluar dari partai dimaksud yakni DPC dan DPD parpol seperti partai Nasdem, Berkarya, Perindo, partai Gerindra dan beberapa pengurus parpol lainnya, jauh-jauh hari sudah merekomendasikan dukungan kepada bakal pasang calon Bupati dan Wakil Bupati OI AW Nofiadi - Ardhani. 

Tersisa, dua partai besar antara lain partai Golkar dan partai Demokrat. Seperti diketahui, kedua partai tersebut sempat menjadi pucuk pimpinan di pemerintahan pusat. Namun sampai sejauh ini partai Golkar Kabupaten OI belum menyatakan rekomendasi sikap dukungan, baik kepada bakal calon Bupati HM Ilyas Panji Alam maupun bakal calon Bupati AW Nofiadi. Begitu pun juga partai Demokrat juga menyatakan sikap demikian.

Akan tetapi, partai Demokrat yang memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten OI ini, memiliki prinsip tersendiri mengenai kader yang akan diusung. Mereka menginginkan dukungannya kepada kader yang bersih tanpa cacat hukum. Ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Demokrat Kabupaten OI Addinul Ikhsan, Rabu (10/06/2020) di Indralaya. 

Pada dasarnya dijelaskan Addinul, sampai saat ini partai Demokrat OI belum menyatakan sikap dukungan. Namun pada prinsipnya partai Demokrat bersikap terbuka terkait kader yang bakal diusung sebagai calon Bupati yang akan bertarung pada Pemilukada nantinya. "Dengan catatan partai Demokrat tidak akan mengusung kader yang cacat hukum," tandas Addinul.

Ia menyakini akan hal itu, mengingat AHY selaku Ketua Umum DPP partai Demokrat tentu lebih selektif dalam memutuskan untuk menyatakan sekaligus memberikan SK dukungan kepada calon Bupati yang bakal diusung. 

Apalagi beliau (AHY) merupakan mantan perwira menengah TNI, dan tentunya sebelum menentukan keputusan, beliau sangat memahami dan membaca "track record" bakal calon Bupati yang akan diusung.

"Contoh gambaran, apakah bisa seorang anggota tentara yang dipecat dan diberhentikan tidak dengan hormat bisa kembali menjadi TNI aktif. Tentu tidak bisa," ucap Addinul.

Begitu pun juga dijelaskannya, terkait dukungan, partai Demokrat tidak akan merekomendasikan dukungan kepada kader yang pernah tersandung masalah hukum. (***/Red)
04.22

Alhamdulillah, 37 Pasien Covid-19 di Ogan Ilir Sembuh

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa saat ini ada 37 pasien Covid-19 di Kabupaten Ogan Ilir yang dinyatakan sembuh.

"Ya, Alhamdulillah kita bersyukur atas kesembuhan bagi pasien yang positif terkena virus covid-19, sehingga saat ini mereka bisa berkumpul lagi bersama keluarga, kerabat dan masyarakat," Kata Bupati OI, Rabu (10/06/2020).

Dikatakan Bupati, Dari 61 pasien positif covid19 di Kabupaten Ogan Ilir, saat ini yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 37 orang.

"Memang ada satu pasien yang meninggal dunia, namun untuk pasien yang meninggal dunia belum bisa dipastikan terpapar Covid-19 atau tidak, karena  pasien tersebut terlebih dulu meninggal, sebelum dinyatakan positif corona. Saat ini pasien tersebut sudah dimakamkan dengan prosedur covid-19," Ujar Bupati. (***/Red)
02.12

Desa Tangkal Diharapkan Cegah Covid-19 dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai Desa percontohan kampung Tangkal Covid-19, Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan juga bertujuan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan stok pangan di desa juga aman.

Oleh karena itulah, setelah peresmian desa tangkal di Tanjung Gelam ini yang sudah diresmikan beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI berencana akan membentuk desa-desa lain sebagai desa tangkal yang disiapkan guna untuk menghadapi covid-19 dalam rangka menuju New Normal.

"Ini fungsinya untuk mendeteksi siapa saja yang datang, dan mendeteksi kalau ada masyarakat yang memiliki gejala-gejala harus segera selidiki," Kata Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, Rabu (10/06/2020).

Dikatakan Bupati OI, desa tangkal yang diprakarsai oleh Kapolda Sumsel dan Kapolres OI ini, dibentuk dalam rangka memutus mata rantai covid-19 juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena telah disediakan upaya ketahanan pangan. 

"Untuk pangan saya rasa cukup dan bisa meningkatkan perekonomian, dengan kerjasama dengan seluruh unsur lapisan, wabah Covid-19 dapat dikendalikan dan segera dihentikan penyebarannya" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Seluruh lapisan dari pemerintah hingga TNI dan Polri sejak 3 bulan yang lalu telah bersinergi untuk melakukan penanganan virus ini, dan tren penyebarannya sudah turun," Terangnya.

Menurut data, Kata Ilyas Panji Alam, dari 61 pasien positif Covid-19 di Ogan Ilir, Alhamdulillah ada 37 pasien yang sembuh dan hanya 1 yang meninggal dunia, namun belum bisa dipastikan terpapar Corona atau tidak, lantaran pasien terlebih dulu meninggal, sebelum dinyatakan positif corona. 

"Namun tetap dimakamkan dengan prosedur covid-19, saya juga berharap masyarakat Ogan Ilir tetap disiplin dan mematuhi protokol Covid-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalani aktifitas dengan normal seperti sediakala" Harapnya.(***/Red)

01.58

Desa Tangkal Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Warga

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Selain memutus mata rantai Covid-19, Desa Tangkal Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang diprakarsai oleh Kapolres OI dan disupport oleh Kapolda Sumsel pada beberapa hari yang lalu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI berencana membentuk desa tangkal di beberapa desa yang ada di Bumi caram Seguguk dalam rangka memutus mata rantai covid-19.

"Dengan pembentukan Desa Tangkal ini, diharapkan selain memutus mata rantai covid-19, diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat" Kata Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, Rabu (10/06/2020).

Dijelaskan Bupati OI, mengenai data pasien sendiri, "Alhamdulillah ada kemajuan dimana dari 61 pasien positif, ada 37 pasien sembuh dan hanya 1 yang meninggal dunia, namun belum bisa dipastikan terpapar Corona atau tidak lantaran pasien terlebih dulu meninggal, sebelum dinyatakan positif corona namun dimakamkan dengan prosedur covid-19" Paparnya. (***/Red)

Selasa, 09 Juni 2020

18.36

16 Warga Kecamatan Sungai Pinang Sembuh dari Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebanyak 16 dari 17 warga Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang beberapa waktu lalu sempat dinyatakan positif terpapar covid-19, kini dinyatakan sembuh.

Mereka dinyatakan sembuh usai menjalani karantina selama beberapa minggu di Rumah Sehat Jakabaring Palembang. Hal ini disampaikan juru bicara tim gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 Kabupaten OI Wahyudi Wibowo, Selasa (09/06/2020) pukul 17.30 WIB.

"Sebanyak 16 dari 17 orang warga Desa Sungai Pinang yang di karantina di rumah sehat Jakabaring Palembang sudah boleh pulang dan kembali ke pihak keluarga. Mereka sudah dinyatakan sembuh," Kata Jubir Wahyudi Wibowo. 

Dijelaskan Wahyudi, mereka sebanyak 16 orang warga yang dinyatakan sembuh dari covid-19 berdasarkan pemeriksaan "test swab" yang hasilnya negatif. Sedangkan satu orang warga Sungai Pinang lainnya yakni kasus pasien anak-anak berusia lima tahun masih menunggu jadwal keluarnya hasil "test swab"."mudah-mudahan hasilnya juga negatif," jelas Wahyudi Wibowo.

Disebutkan Wahyudi, beberapa minggu yang lalu pihaknya mengevakuasi sebanyak 17 orang warga Desa Sungai Pinang yang terpapar covid-19 ke Rumah Sehat Jakabaring Palembang. Mereka (17 warga) yang positif covid-19 usai menjalani pemeriksaan "test swab" di RSUD Kayuagung Kabupaten OKI. 

Ternyata setelah ditelusuri, penularan berasal dari transmisi lokal atau kontak langsung dengan orang yang terlebih dahulu dinyatakan positif covid-19.

"Melalui pendekatan persuasif kepada pihak keluarga. Akhirnya mereka berkenan untuk dilakukan karantina di Rumah Sehat Wisma Atlit Jakabaring Palembang. Hasilnya, hari ini sebanyak 16 dari 17 warga yang positif dinyatakan sembuh," kata Jubir Wahyudi Wibowo.

Sementara diketahui, berdasarkan data yang diterima oleh Timgus Covid-19 Kabupaten OI dari Sumsel, sampai dengan Selasa (9/6) kasus covid-19 di Kabupaten OI terkonfirmasi positif berjumlah 59 kasus. Sedangkan kasus yang dinyatakan sembuh berjumlah 26 orang. (***/Red)

07.16

Sekjen HIPMI: Pilkada OI Pemimpin Harus Bersih dari Narkoba


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sekretaris Jendral (Sekjen) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan juga merupaka salah satu Tokoh pemuda OI Awang Darmawan mengatakan bahwa pada Pesta Demokrasi lima tahunan di Ogan Ilir pernah tercoreng oleh salah satu calon yang tersandung Narkoba, sehingga hal ini mencederai hati masyarakat yang ada di Bumi Caram Seguguk.

Untuk itu, kata Awang, pihaknya menegaskan hal ini harus ingatkan kepada masyarakat, bahwa banyak putra daerah yang baik, bersih dari Narkoba untuk maju dan memimpin Ogan Ilir kedepannya. 

Dan juga, pihaknya mengingatkan partai-partai agar dapat merekom kader-kader terbaiknya dan jika ada partai merekomendasi salah satu kader yang pernah tersandung Narkoba, maka akan menjadi catatan hitam bagi masyarakat.

"Kalau yang pernah tersandung kasus Narkoba kita pilih untuk memimpin Ogan Ilir, saya tidak tau bagaimana daerah ini kedepan. Tidak ada yang tersandung saja untuk memberantas Narkoba begitu sulit, bagaimana kalau pemimpinnya sudah terkontaminasi dengan Narkoba, bisa kacau pemerintahan," Katanya.

Awang berharap masyarakat Ogan Ilir yang sudah cerdas dapat menentukan pilihan yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. 

"Kami berharap pemimpin Ogan Ilir kedepan orang yang bersih dan berkeinginan kuat memberantas habis peredaran Narkoba, ingat pelaku narkoba adalah musuh negara yang harus diberantas habis," Harapnya.

Kita ketahui bersama Aw Noviadi dalam Vonis Hakim Pengadilan Negeri Kelas 1A Palembang No.1220/Pid.Sus/2016/PN-Plg memberlakukan Pasal 127 ayat (1) huruf a Juncto Pasal 103 Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (***/Red)

Senin, 08 Juni 2020

05.23

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Laporan Pansus

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Pansus I dan II terkait dengan Raperda tentang Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya Perikanan dan Raperda tentang Pembentukan Organsasi dan Tata Kerja Badan Kesatuan dan Politik menjadi Perda Kabupaten OI.

Hadir Dalam Rapat tersebut perwakilan fraksi yang selebihnya mengikuti melalui Video Conference, hadir juga Bupati Kabupaten OI HM. Ilyas Panji Alam, Para OPD melaui dinas masing-masing, Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Humas & Protokol Yuniarti, S.IP., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST.

Dalam penyampaiannya Pansus I Raperda tentang Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya Perikanan disampaikan oleh Hj. Febti Wulansari, SKM., M,Kes, dan Pansus II Tentang Pembentukan Organsasi dan Tata Kerja Badan Kesatuan dan Politik disampaikan Oleh Safari.

Dari kedua Raperda ini, berdasarkan penyampaian dari Pansus I Raperda Tentang Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya Perikanan ditunda dan dikembalikan kepada aturan sebelumnya, sedangkan Raperda tentang Pembentukan Organsasi dan Tata Kerja Badan Kesatuan dan Politik disetujui menjadi Perda Kabupaten Ogan Ilir.    

Setelah penyampaian laporan kedua Pansus, paripurna dilanjutkan dengan pengambilan persetujuan terhadap raperda atas usul pemerintah kabupaten Ogan ilir  yang dipimpin oleh Ketua fraksi Nasdem Afrizal, SH untuk dilakukan penanda tanganan oleh Ketua DPRD Kabupaten OI Soeharto Hs, yang selanjutnya diterima oleh Bupati Kabupaten OI HM. Ilyas Panji Alam. 

Rapat Paripurna diakhiri setelah penyampaian Akhir Oleh Bupati Kabupaten Ogan ilir HM. Ilyas Panji alam. (Rls/Red)
02.02

Kurang Dari 8 Jam, Polres OI Ringkus Pelaku Pembunuhan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kurang dari 8 jam Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ogan Ilir (OI) berhasil meringkus M. Adi Kurniawan warga Kalidoni Kota Palembang yang merupakan pelaku pembunuhan mayat laki-laki tanpa identitas dibawah jembatan kurung di jalan lintas timur KM.18 Palembang- Indralaya Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI beberapa hari yang lalu.

Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi S.ik MH didampingi Kasat Reskrim Polres OI AKP. Malik Fahrin dalam press realese yang digelar di halaman Mapolres OI, Senin (08/06/2020) mengatakan bahwa Pelaku juga merupakan residivis pada tahun 2015 dan pernah dipidana kasus pencurian mini market di Kabupaten OI.

"Pelaku mengaku menghabisi korban dengan cara dicekik dan dibenturkan ke dinding beton jembatan kurung, saat dicekik dan kepala korban dibenturkan didinding jembatan, siswa SMP itu lemas dan akhirnya tenggelam di aliran sungai tersebut" Ujarnya.

Dikatakannya, kemudian sepeda motor Honda supra milik orang tua korban dibawa lari dan dijual kepada penada bernama Yudi Kurniawan warga Kertapati Kota Palembang.

Dari pengakuan pelaku uang dari hasil penjualan sepeda motor korban untuk membayar kontrakannya sebesar 650 ribu rupiah

“Karena itulah kenapa dibagian kepala korban terdapat luka saat pemeriksaan luar dan kasat mata. Jadi korban tidak hanya dihabisi dicekik tapi dibenturkan didinding jembatan, maka dari itu ditemukan banyak percikan darah didinding jembatan,” Kata Kapolres.

Ditambahkannya, "Pelaku sendiri akan dijerat dengan pasal 340 KUHP dan pasal 365 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara" Imbuhnya. (***/Red)

Minggu, 07 Juni 2020

03.16

Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Siap Sukseskan Pilkada

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) siap untuk ikut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati OI mendatang.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Hariansyah, menurutnya terkait Pilkada Ogan Ilir bahwa Pilkada itu adalah hak kader hak DPC dan kita akan bahas bersama-sama dengan masukan-masukan yang disampaikan ketua DPW Partai Gelora Indonesia Sumsel.

"Kita tidak ada keberpihakan khusus tetapi kita menjaring aspirasi daripada DPC dan masyarakat siapa yang layak akan kita dukung, jadi bukan istilah membeli kucing dalam karung langsung milih-milih tidak, jadi kita langsung dari aspirasi masyarakat" Katanya, Minggu (07/06/2020) seusai acara Rakor.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Sumsel Erza Saladin terkait Pilkada OI mengatakan bahwa partai Gelora Indonesia akan melakukan jaring pendapat kepada masyarakat, dan semua itu kami serahkan kepada DPD Ogan Ilir.

"Kita Objektifikasi keinginan masyarakat kepada calon mana, artinya kita terbuka dan kita siap bekerjasama dengan para kandidat dan kita juga siap menyukseskan kandidat yang nanti kita pilih, tetapi sekali lagi kita tidak mau terprovokasi, sampai katakanlah membuat suasana kekondusifan kabupaten ogan ilir tercederai, intinya pilkada adalah pesta yang harus dilakukan dengan demokratis yang harus dilakukan dengan mengedepankan ide dan gagasan tapi juga kita memahami tuntutan masyarakat yang lain" Paparnya. (Red)
03.13

DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Gelar Rakor

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19, Dewan Pimpinan Daerah Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Minggu (07/06/2020).

Dalam acara rakor tersebut selain membahas masalah Partai Gelora Indonesia kedepan, juga berlangsung penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Indonesia Sumsel ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten OI, serta penyerahan SK dari DPD OI kepada seluruh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gelora Indonesia OI.
Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Sumsel Erza Saladin mengatakan bahwa Partai Gelora Indonesia didirikan pada tanggal 28 Oktober 2019 dan dipublikasikan secara masif dipublik pada tanggal 10 november 2019 plus pelantikan para Ketua DPW dan penyerahan SK ketua DPW.

"Partai Gelora ini sendiri bersifat terbuka, bersifat berfikir maju kedepan, kemudian siap bekerjasama dengan berbagai pihak, serta akan melakukan revolusi kebaikan di indonesia lebih khusus di sumsel dan ogan ilir" Kata Erza Saladin.

Dikatakannya, hari ini kita melakukan rapat koordinasi, dan hari ini juga kita memberikan SK kepada DPD, dan juga SK untuk seluruh DPC yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

"Serta kedepan kita juga akan melakukan konsolidasi agar melakukan pemenuhan struktur dan pemenuhan rekrutment kader, rekrutment anggota sesuai yang sudah diputuskan atau diarahkan dari dewan pimpinan nasional" Ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gelora Indonesia OI Hariansyah mengatakan, dengan kedatangan beliau yakni Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Sumsel semoga bisa membawa support yang besar bagi kader-kader DPD dan juga DPC.

"Jadi kenapa saya, karena sesuai dengan arahan kita memanfaatkan DPW sebagai memotivasi untuk DPD dan DPC. Insya Allah kedepan, kita akan pemenuhan struktur, baik dari DPD, DPC, dan PAC, sesuai dengan arahan dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN), untuk kedepan partai Gelora Insya Allah 2024 ditempatkan sama posisi dengan partai-partai yang lain sebagai peserta pemilu" Terangnya. (Red)

Berikut videonya:

Sabtu, 06 Juni 2020

04.25

PTPN VII Cinta Manis Resmi Buka Giling Tahun 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Bertempat di Halaman Produksi PTPN VII Cinta Manis yang berada di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan ditandai dengan sirine, jajaran Direksi PTPN VII dan PT Buma Cima Nusantara, PTPN VII Unit Usaha Pabrik Gula Cinta Manis resmi buka giling produksi gula tahun 2020, Sabtu (06/06/2020).

Doni P Gandamiharja selaku Direktur Utama PTPN VII ketika diwawancarai berharap dengan dimulainya buka giling tahun pada tahun 2020 ini diharapkan bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan dan hambatan.

"Kami mohon maaf apabila aktifitas kami selama ini ada kurang berkenan mohon dimaafkan, kami juga mohon do'a semoga tahun ini kami sukses, tahun kemaren terjadi kebakaran semoga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan," Katanya.

Direktur Utama PT Buma Cima Nusantara Putu Sukarmen menjelaskan bahwa  kesuksesan buka giling tahun 2020 adalah kesuksesan semua pihak secara bersama.

"Apalagi dalam kondisi dan situasi pandemi saat ini, dan kita tetap beraktivitas namun tetap menjalankan protokol kesehatan sehingga buka giling ini akan sukses,dengan tetap memakai protokol kesehatan" Ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OI H. Herman SH MH juga mengharapkan dengan buka giling produksi tahun 2020, produksi dapat meningkat dan untuk tenaga kerja buka giling bersumber dari tenaga kerja lokal.

"Ya, khususnya tenaga kerja, kita berharap dari wilayah kabupaten Ogan Ilir dan semoga produksi untuk tahun 2020 ini bisa meningkat dari tahun kemarin" Imbuhnya.

Hadir dalam acara buka giling produksi tersebut diantaranya Dandim 0402 OKI/OI, Kapolres OI, para direksi, karyawan PTPN Cinta Manis, unsur muspika Kecamatan Tanjung Batu, serta para Kades sekecamatan Tanjung Batu dan Lubuk Keliat. (***/Red)

Berikut Videonya:

Jumat, 05 Juni 2020

02.20

Pemerintah Desa Sungai Lebung Ulu Ucapkan Terima Kasih Pada Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M., ditengah wabah Covid-19 menyempatkan diri bertemu dan memberi bantuan langsung dengan warga Desa Sungai Lebung Ulu Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir keluarga yang menjadi korban rumah roboh akibat hujan dan angin kencang di Desa Sungai Lebung Ulu beberapa waktu yang lalu, Jum'at (05/06/2020).

Bupati OI turut prihatin kepada warga yang tertimpa musibah rumah roboh. Oleh sebab itu, melalui Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI dan Baznas OI memberikan bantuan sembako dan uang tunai, semoga dengan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban keluarga musibah rumah roboh. 

"Kita sekarang lagi dalam fase dampak virus Covid-19 atau yang lebih sering dikenal dengan Virus Corona saya menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati segala himbauan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya," Adapun upaya pencegahan yakni dengan jaga jarak, jaga kebersihan, selalu lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta kalau ada masyarakat yang tiba-tiba sakit dan memiliki gejala Covid-19, segera laporkan ke Kepala Desa setempat. Nanti ada bidan desa yang langsung melihat kondisi pasien di Rumahnya" Terangnya. 

Sementara itu Kepala Desa Sungai Lebung Ulu Suhaimi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir karena telah memberikan bantuan pada warga yang terkena musibah.

"Kepada Bapak Bupati Ogan Ilir, terima kasih karena telah memberikan bantuan pada warga kami, semoga dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat yang tertimpa rumah roboh" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Adapun bantuan tadi yang diberikan oleh Bupati Ogan Ilir yakni berupa Sembako dan juga uang tunai, sekali lagi kami Pemerintah Desa Sungai Lebung Ulu Kecamatan Pemulutan Selatan mengucapkan terima kasih pada Bupati Ogan Ilir" Paparnya. (Red)

Berikut Videonya :

02.12

Bupati OI Bantu Korban Rumah Roboh di Desa Kapuk


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M., ditengah wabah Covid-19 menyempatkan diri bertemu dan memberi bantuan langsung dengan warga dusun II Desa Kapuk Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir keluarga Bapak Subroto (60) yang menjadi korban rumah roboh akibat hujan dan angin kencang di Desa Kapuk beberapa hari yang lalu, Jum'at (05/06/2020).

Bupati OI turut prihatin kepada 2 warga yang tertimpa musibah rumah roboh. Oleh sebab itu, melalui Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI dan Baznas OI memberikan bantuan sembako dan uang tunai, semoga dengan bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban keluarga musibah rumah roboh. 
"Kita sekarang lagi dalam fase dampak virus Covid-19 atau yang lebih sering dikenal dengan Virus Corona saya menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati segala himbauan pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19" Kata Bupati OI.

Ditambahkannya," Adapun upaya pencegahan yakni dengan jaga jarak, jaga kebersihan, selalu lakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta kalau ada masyarakat yang tiba-tiba sakit dan memiliki gejala Covid-19, segera laporkan ke Kepala Desa setempat. Nanti ada bidan desa yang langsung melihat kondisi pasien di Rumahnya" Terangnya. 

Sementara itu Kepala Desa Kapuk A. Sohib mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir karena telah memberikan bantuan pada warga yang terkena musibah.

"Kepada Bapak Bupati Ogan Ilir, terima kasih karena telah memberikan bantuan pada warga kami, semoga dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat yang tertimpa rumah roboh" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Adapun bantuan tadi yang diberikan oleh Bupati Ogan Ilir yakni berupa Sembako dan juga uang tunai, sekali lagi kami Pemerintah Desa Kapuk Kecamatan Pemulutan Selatan mengucapkan terima kasih pada Bupati Ogan Ilir" Paparnya. (Red)

Berikut videonya :