Gemilang Terkini

Minggu, 28 Februari 2021

21.44

Tak Lama Lagi Tenaga Kependidikan di Ogan Ilir Akan Segera Di Vaksin

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, setiap orang akan dilakukan vaksin, tak terkecuali tenaga kependidikan dalam hal ini guru, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Ogan Ilir (OI) Dr. Ariyanto, M.Pd ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (01/03/2021), menurutnya bahwa untuk tenaga kependidikan tak lama lagi akan dilakukan vaksin atau di vaksin.

"Untuk guru saat ini datanya lebih dari 3 ribu guru, dan untuk yang divaksin bukan hanya guru PNS saja namun juga seluruh guru termasuk guru honorer, staff dan juga tenaga kebersihan juga akan dilakukan vaksin" Katanya.

Dijelaskannya, untuk jadwalnya sendiri kemungkinan dalam minggu-minggu ini, dan saat ini jadwalnya sudah diatur oleh dinas pendidikan, dan akan segera kita lakukan himbauan.

"Diharapkan agar semuanya bisa di vaksin, karena kalau tidak di vaksin saya rasa rugi, karena kan vaksin itu sendiri untuk mengantisipasi dan juga mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 ini sendiri. Sedangkan untuk sanksi sendiri tidak ada, namun sekali lagi kalau ada yang tidak mau di vaksin alangkah ruginya" Terangnya. (Red)

Sabtu, 27 Februari 2021

06.43

Sedekah Pangan Rumah Zakat Bahagiakan Nek Rumiah Dan Para Lansia

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Action Palembang menyalurkan 10 paket sedekah pangan. Sedekah pangan ini salah satu amanah dari donatur Rumah Zakat yang diberikan kepada 10 kaum dhuafa yang membutuhkan Jumat kemarin (26/02).
 

Sedekah pangan ini dibagikan dibeberapa lokasi seperti di Lr. Karang Anyar 8, di Lr. RRI Pratama, dan di Kelurahan Siring Agung. Paket sedekah pangan ini berupa 2kg beras, 1kg gula pasir, 1kg gandum, 1kg minyak sayur, susu, dan 3 kaleng Super Qurban. 

Nenek Rumiah (65), salah satu penerima paket sedekah pangan ini hidup sebatangkara di kolong rumah warga yang dikontrakan. Dia bekerja sebagai buruh cuci untuk bertahan hidup. Saat didatangi relawan, beliau sedang sakit dan baru saja pulang dari tempatnya bekerja.

"Alhamdulillah nak, trima kasih nian sudah inget samo nenek, sampe nganteri sembako, semoga dikasih rezeki yang banyak, pahalo belimpah," ujar nek Rumiah penuh haru.
Yuk peduli sesama, ini Link Sedekahnya http://bit.ly/SedekahHatiTenang atau Transfer Sedekah melalui
BNI Syariah 155 555 5589 dan Mandiri 132000 481 974 5 a.n Yayasan Rumah Zakat konfirmasi transfer via WA 085374149199. (Medi RZ)

Selasa, 16 Februari 2021

03.44

PWI Ogan Ilir Jalin Kerjasama Dengan Polres

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam upaya untuk mendukung program kapolri dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjadikan SDM polri yang unggul diera police 4.0, Polres Ogan Ilir menerima audensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir sebagai mitra guna mewujudkan pelayanan publik yang terintegritas .

Rencana silaturahmi dalam bentuk audiensi ini dijadwalkan pekan lalu atau bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2021.
Namun karena suatu hal, kegiatan ini baru terlaksana hari ini.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy didampingi oleh Kaur Humas Iptu Sutopo mengatakan, pihaknya sangat terbuka dengan kegiatan silaturahim semacam ini termasuk dengan awak media.

"Polri dan media itu saling keterikatan dan harus bersinergi dalam membangun daerah," kata Yusantiyo diruang press confrence mabes polres ogan ilir, Selasa (16/2/2021).

Sinergi Polri dan media yang dimaksud Yusantiyo diantaranya mengenai kontrol sosial dan peran media dalam mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan.

Selain penangan kasus kejahatan konvensional, Polri juga masuk dalam jajaran Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

"Oleh karenanya, segala informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, tentunya rekan-rekan media punya peran besar untuk mencerahkan," ujar Yusantiyo.

Salah satu contoh spesifik adalah sosialiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) agar masyarakat semakin paham.

"Prokes itu seperti apa, lalu begitu pentingnya prokes untuk memutus rantai Covid-19. Ini peran kita bersama," tegas pria yang pernah menjabat Kasatlantas Polrestabes Palembang ini.

Kemudian juga yang menjadi pembahasan adalah bagaimana media massa harus mampu menjadi tolok ukur dan panduan jelas di saat ada informasi hoaks yang tak jelas sumbernya.

Ketua PWI Ogan Ilir, Yasandi menegaskan, Kegiatan silaturahim dengan petinggi seperti ini sudah menjadi tradisi bagi PWI,karena media siap menjadi mitra Polri dalam hal terutama yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi aparat penegak hukum.

"Kami datang ke Mapolres Ogan ini dalam rangka menjalin silaturahim dan menyatakan kami selalu siap menjadi mitra Polri," tegas Yasandi.

Ia melanjutkan, peningkatan sinergitas antara Polri dan media juga perlu ditingkatkan dimulai dengan jalinan komunikasi yang baik.

"Tentunya komunikasi, koordinasi, interaksi, diskusi dan sebagainya. Ini yang perlu kita tingkatkan" pungkasnya.

Dijelaskan Yasandi, "awak media yang bekerja di ogan ilir ini lumayan banyak, lebih kurang 70 wartawan namun yang termasuk dengan di organisasi PWI anggotanya ada 50 orang, selebihnya ada organisasi lain. Untuk itulah PWI OI akan memberikan daftar anggota pwi agar mudah difilter mana wartawan yang betul-betul bertugas di ogan ilir dan mana wartawan yang tugasnya se sumsel" tutup yasandi. (Jo/Red)

Senin, 08 Februari 2021

19.10

Ketua DPRD OI dan Anggota Banmus Gelar Rapat Rencana Kegiatan Dewan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ketua Dewan Perwakailan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Ilir (OI) Soeharto dan Anggota Badan Musyawarah Kabupaten Ogan Ilir Menggelar Rapat Rencana Kegiatan Dewan bertempat diruang rapat pimpinan DPRD KPT Tanjung Senai, Selasa, (19/01/2021).

Rapat yang dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan dipimpin oleh Ketua DPRD Soeharto Hs bersama Anggota Badan Musyawah yaitu Marzuki A.Karim, Mulyadi Abdullah, Rozuli Muhammad, Taufik Artama, Sukarni, S.Sos, Arham Fadholi, Desmaniar, Zainab, Dwi Rosalina 

Hadir Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si yang diwakilkan Kabag Legislasi Yubhar.S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, Kasubag Keuangan Engga, Staf Persidangan Meri, Staf Keuangan Dina dan Dini, staf komisi Arif Nurahman  serta Staf Khusus Ketua DPRD Eko Irianto, MT

Ketua DPRD beserta Anggota Banmus melaksanakan musyawah bertujuan membahas tentang rencana jadwal kegiatan DPRD Kabupaten Ogan Ilir beberapa pekan kedepan. (Ril/Red)
19.06

DPRD OI Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penetapan Program Pembentukan Perda Kabupaten OI Tahun Anggaran 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paripurna Dalam Rangka Penetapan Program Pembentukan Perda Kabupaten OI Tahun Anggaran 202, bertempat diruang rapat paripurna DPRD OI Tanjung Senai Indralaya, Senin (18/01/2021).

Rapat Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI, Soeharto Hs dan dihadiri Anggota DPRD dengan menerapkan Protokol Kesehatan, hadir dalam paripurna tersebut Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam yang diwakili Sekretaris Daerah Ir. Badrun Priyanto, MT, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Muspida melalui Virtual serta para media baik cetak maupun elektronik.

Dan hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M,Si, yang diwakili Kabag Humas & Protokol Yuniarti, S.IP., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST. Kasubag Aspirasi Cahya Loka, Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Staf Persidangan Sari Safrina, Agus Ramdani dan dadang 

Program Penetapan Pembentukan Peraturan Daerah disampaikan oleh Ketua Bapemperda Rahmadi Djakfar, S.Sos., MTP yaitu terdapat 28 Raperda, 24 Raperda Usul Pemerintah Daerah dan 4 Raperda merupakan Inisiatif DPRD Kabupaten OI.

Adapun 24 Raperda tersebut yaitu 1.Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Ogan Ilir  (Dinas Pariwisata), 2. Penambahan Penyertaan Modal Pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir pada PT. Bank Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, PDAM Tirta Ogan dan PD. ( Petrogas Kabupaten Ogan Ilir), 3. Desa (Pemerintahan Desa, BPD, Perangkat Desa, BUMDes (DPMD), 4. Pajak dan Retribusi Daerah (BAPENDA), 5. Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Bag Organisasi)

6. Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (DISDUKCAPIL), 7. Perubahan Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 (BPKAD), 8. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) (BAPPEDA), 9. Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 (BPKAD), 10. Badan Usaha Milik Daerah (Bag Perekonomian). 

11. Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) (PDAM), 12 Pendirian BUMD PT Covida Sejahtera Abadi (Perseroda) (Bag Perekonomian), 13.Pembentukan PD Petrogas (Perseroda) (Bag Perekonomian), 14. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 1 Tahun 2012 tentang RT RW Kabupaten Ogan Ilir (Dinas PUPR), 15.Instrumen Pengendalian Pemanfaatan Ruang di Koridor Palindra (Dinas PUPR), 

16.Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 (BPKAD), 17.Peternakan dan kesehatan Hewan Dinas Perikanan, 18. Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (Dinas Pertanian), 19.Pesantren (Bag Kesra), 20. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3) (Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan).

21. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 39 Tahun 2006 tentang Ketertiban Umum (Sal Pol PP), 22. Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Transportasi (Dinas Perhubungan), 23. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 16 Tahun 2008 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan (Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan), 24. Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 22 Tahun 2005 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi  Kecamatan Dalam Kabupaten Ogan Ilir (DPMD) 

25. Kabupaten Layak Anak (Inisiatif DPRD), 26. Pengarusutamaan Gender (Inisiatif DPRD), 27. Perlindungan Pohon (Inisiatif DPRD), 28. Adat Istiadat (Inisiatif DPRD)  

Usai penyampaian Oleh Ketua Bapemperda Rahmadi Djakfar S.Sos., MTP, Program Pembentukan Perda Disampaikan kepada Ketua DPRD yang selanjutnya disetujui Sidang Paripurna dan dilanjutkan pembacaan Keputusan oleh Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si yang diwakilkan dan disampaikan oleh Kepala Bagian Humas & Protokol Yuniarti, S.IP., M.SI, Usai Pembacaan Keputusan Sidang Paripurna Ditutup Oleh Ketua DPRD Soeharto Hs. (Ril/Red)
19.01

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Reses Ke II Tahun 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Bertempat di ruang rapat paripurna KPT Tanjung Senai, Dewan Perwakailan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat paripurna dalam rangka Penyampaian laporan Reses Ke II Tahun 2020, Senin, (11/01/2021).

Rapat Paripurna yang dilaksanakan secara Virtual dan menggunakan protokol kesehatan dipimpin oleh Ketua DPRD Soeharto Hs didampingi wakil Ketua Ahmad Syafe’I, S.Sos., M.Si, perwakilan beberapa Anggota DPRD yang selebihnya video comprence, dihadiri Sekretaris Daerah Ir. M. Badrun Priyanto, dan diikuti juga OPD Setda Ogan Ilir melalui dinas masing-masing.

Hadir juga Sekretaris DPRD Kabupaten OI Mukhsinah, SE.,M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, Kasubag Risala Dasmi Amelia Sari staf persidangan Agus Ramdana dan Meri.

Dalam penyampaian laporan reses dibacakan perdapil, Dapil I Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara Selatan dan Indralaya Utara disampaikan oleh Zahrudin, SE, Daerah Pemilihan II Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat dan Pemulutan Selatan disampaikan oleh Andika Ismail, Dapil III Kecamatan Tanjung Raja, Kandis, Sungai Pinang, Ranjang Panjang dan Rantau Alai disampaikan oleh Amir Hamzah, SH, Dapil IV Kecamatan Muarakuang, Rambang Kuang dan Lubuk Keliat disampaikan oleh Arsudin Ruslan, ST  dan Daerah Pemilihan V Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman didampaikan oleh Arham Fadoli.

Mudah-mudahan aspirasi yang diterima oleh perwakilan anggota Dewan dimasing masing Daerah Pemilihan, dapat dirumuskan bersama oleh anggota DPRD untuk menjadi rumusan pokok-pokok pikiran DPRD dan dibicarakan bersama Bupati dan dikorelasikan dengan pokok–pokok pikiran dari pihak eksekutif sehingga menjadi kebijakan umum APBD Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

Selasa, 02 Februari 2021

02.49

MENYEJUKKAN DAN MELEMBUTKAN HATI DENGAN AL-QUR’AN

MENYEJUKKAN DAN MELEMBUTKAN HATI DENGAN AL-QUR’AN

Oleh : Sulastri (Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang)

Sejak Nabi Adam as. Sampai Nabi Muhammad saw. Para rasul datang untuk menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umatnya. Sebagai manusia biasa, para rasul juga akan meninggal dunia. Sepeninggalan para rasul kehidupan umat manusia mengalami pergeseran dan ada yang mulai meninggalkan ajarannya. Saat itulah kehidupan umat manusia mulai kacau karena mereka tidak lagi berpedoman sebagaiamana yang telah diturunkannya kitab suci, umat manusia memiliki pedoman hidup yaitu Agama. 

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diwahyukan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril secara beransur-ansur kepada Nabi Muhammad Saw. Al-qur’an merupakan kitab suci yang terakhir dan merupakan penyempurna kitab-kitab sebelumnya. 

Isi kitab suci al-qur’an mencakup seluruh inti wahyu yang telah diturunkan kepada para nabi sebelumnya. Al-qur’an adalah mukjizat nabi Muhammad SAW. Yang terbesar dan abadi di antara mukjizat-mukjizat lainnya. Oleh karena itu al-qur’an idealnya menjadi pedoman sekaligus menjadi dasar hukum bagi kehidupan seluruh umat manusia dalam mencapai kebagiaan di dunia dan diakhirat. 

Rasulullah saw menegaskan bahwa manusia tidak tersesat dalam menjalani hidupnya selama berpegang teguh pada al-qur’an dan hadis.

Di dalam Al-qur’an dipenuhi arahan serta kata-kata bijak yang dapat menuntun manusia menjadi seorang muslim yang taat. 

Sebagai seorang muslim yang beriman, kita diharapkan selalu bijak dalam menghadapi sebuah masalah ataupun ujian yang diberikan oleh Allah SWT. 

Adakalanya kita merasa terpuruk dan lelah dengan segalanya, namun menyerah bukan sebuah opsi. Bangkit dan terus berjuang adalah hal yang harus dilakukan. Dengan terus menjalani hidup di jalan Allah dan berpegang teguh kepada Al-qur’an dan hadis, Allah menjanjikan tempat terindah di surga.

Al-qur’an dapat menyejukkan dan melembutkan hati bagi yang membaca maupun yang mendengar lantunan-lantunan ayat suci Al-qur’an, seperti Umar bin Khattab. Umar adalah sosok yang sangat disegani baik teman maupun lawannya, namun perangai Umar yang keras tersebut tiba-tiba bisa berubah menjadi sangat lembut. Umar tak segan menangis berlama-lama. Dia dilembutkkan hatinya untuk menerima Islam.

Umar memang tetap khas dengan ketegasannya. Namun setelah mendapat bimbingan iman lewat Al-qur’an dia memilih menggunakan ketegasannya di jalan Allah. Umar adalah sosok yang sangat pandai dalam sastra. Maka, saat dia mendengar Al-qur’an dia sangat yakin perkataan ini bukanlah perkataan seorang manusia. Al-qur’an seolah membangkitkan umar dari kematian.

Al-qur’an telah mengubah hidup Umar 180 derajat. Dia tetap mimiliki keberanian dan ketegasan sebagai sifatnya. Namun, Allah karuniakan kelembutan hati saat Umar bercengkrama dengan Al-qur’an.

Begitulah seharusnya interaksi seseorang dengan Al-qur’an hatinya menjadi sejuk dan sangat lembut. Betapa banyak orang masuk Islam karena mendengar lantunan Al-qur’an. Benarlah jika Al-qur’an dikatakan sebagai mukjizat. Meski tidak mengerti artinya ada ketenangan yang menyelinap saat kita mendengar bacaan Al-qur’an.

 “ maka saya mengajak seluruh Umat Muslim mari kita membaca Al-qur’an agar kita mendapatkan ketenangan hati sebagaimana yang telah Allah sebutkan bahwasanya Al-qur’an lah obat dari segala penyakit jiwa, bagi Umat muslim yang rutin membaca dan mengkaji Al-qur’an maka Allah akan berikat pahala dan di angkat derajatnya”.

Salah satu rahasia Al-qur’an adalah mampu menundukkan dan meluluhkan hati pendengarnya. Inilah keistimewaan Al-qur’an mendengarnya saja hati orang beriman langsung tunduk. Badannya tersungkur dan bersujud dan meneteskan air mata. Hal ini akan terasa jika hati orang yang membacakan dan orang yang mendengarkan dipenuhi dengan keimanan dan tidak ada motif apapun.