Gemilang Terkini

Selasa, 16 Februari 2021

PWI Ogan Ilir Jalin Kerjasama Dengan Polres

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam upaya untuk mendukung program kapolri dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjadikan SDM polri yang unggul diera police 4.0, Polres Ogan Ilir menerima audensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir sebagai mitra guna mewujudkan pelayanan publik yang terintegritas .

Rencana silaturahmi dalam bentuk audiensi ini dijadwalkan pekan lalu atau bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2021.
Namun karena suatu hal, kegiatan ini baru terlaksana hari ini.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy didampingi oleh Kaur Humas Iptu Sutopo mengatakan, pihaknya sangat terbuka dengan kegiatan silaturahim semacam ini termasuk dengan awak media.

"Polri dan media itu saling keterikatan dan harus bersinergi dalam membangun daerah," kata Yusantiyo diruang press confrence mabes polres ogan ilir, Selasa (16/2/2021).

Sinergi Polri dan media yang dimaksud Yusantiyo diantaranya mengenai kontrol sosial dan peran media dalam mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan.

Selain penangan kasus kejahatan konvensional, Polri juga masuk dalam jajaran Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.

"Oleh karenanya, segala informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, tentunya rekan-rekan media punya peran besar untuk mencerahkan," ujar Yusantiyo.

Salah satu contoh spesifik adalah sosialiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) agar masyarakat semakin paham.

"Prokes itu seperti apa, lalu begitu pentingnya prokes untuk memutus rantai Covid-19. Ini peran kita bersama," tegas pria yang pernah menjabat Kasatlantas Polrestabes Palembang ini.

Kemudian juga yang menjadi pembahasan adalah bagaimana media massa harus mampu menjadi tolok ukur dan panduan jelas di saat ada informasi hoaks yang tak jelas sumbernya.

Ketua PWI Ogan Ilir, Yasandi menegaskan, Kegiatan silaturahim dengan petinggi seperti ini sudah menjadi tradisi bagi PWI,karena media siap menjadi mitra Polri dalam hal terutama yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi aparat penegak hukum.

"Kami datang ke Mapolres Ogan ini dalam rangka menjalin silaturahim dan menyatakan kami selalu siap menjadi mitra Polri," tegas Yasandi.

Ia melanjutkan, peningkatan sinergitas antara Polri dan media juga perlu ditingkatkan dimulai dengan jalinan komunikasi yang baik.

"Tentunya komunikasi, koordinasi, interaksi, diskusi dan sebagainya. Ini yang perlu kita tingkatkan" pungkasnya.

Dijelaskan Yasandi, "awak media yang bekerja di ogan ilir ini lumayan banyak, lebih kurang 70 wartawan namun yang termasuk dengan di organisasi PWI anggotanya ada 50 orang, selebihnya ada organisasi lain. Untuk itulah PWI OI akan memberikan daftar anggota pwi agar mudah difilter mana wartawan yang betul-betul bertugas di ogan ilir dan mana wartawan yang tugasnya se sumsel" tutup yasandi. (Jo/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar