Gemilang Terkini

Rabu, 30 Juni 2021

04.35

Resmi, Pemkab OI Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pada tanggal 30 Juni 2021 Pemerintah Indonesia akhirnya resmi membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai tempat di indonesia. Tak terkecuali di wilayah Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI).

Pemerintah Kabupaten OI Sendiri melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ogan Ilir juga menerima sebanyak 93 kuota untuk PPPK dan sebanyak 56 kuota untuk bagian umum atau CPNS.

Kepala BKPSDM Kabupaten OI Wilson Effendi, didampingi Kabid Edi Setiawan dan juga Lana mengatakan bahwa penerimaan tenaga kerja PPPK dan CPNS ini tersebar di berbagai Instansi diwilayah Kabupaten Ogan Ilir.

"Untuk di Ogan Ilir kita membuka di berbagai intansi baik di sekolah-sekolah juga di ruang lingkup pemkab ogan ilir. Adapun nantinya yang akan kita ambil dari berbagai instansi ini adalah satu dari lulusan cumlude dan satu dari disabilitas," Kata Kepala BKPSDM OI, Rabu (30/06/2021).

Ditambahkannya, "Terkait informasi pendaftaran PPPK dan CPNS  bagi yang berminat nantinya bisa mengakses langsung link http://sscasn.bkn.go.id/. Untuk para pendaftar nantinya dapat mengakses link tersebut dan silahkan melihat persyaratan dari instansi mana saja yang menerima tenaga kerja baik untuk PPPK maupun CPNS," Paparnya.

Masih kata Wilson pendaftaran sendiri dibuka dari tanggal 30 juni sampai 21 juli mendatang. Sedangkan untuk pengumumannya sendiri menurut peraturan perundang-undangan itu berlaku 14 hari. Jadi, pengumumannya sendiri (SSCASN 2021) disampaikan pada tanggal 30 Juni sampai dengan 14 Juli 2021.

"Saya berharap pada prosesnya nanti dapat berjalan dengan lancar. Kalaupun nantinya ada kendala teknis terkait pendaftarannya sendiri dapat mengubungi no Wa 081272544646 atau bisa di email pengadaanasnkaboi@gmail.com" Terangnya. (Red)

Selasa, 29 Juni 2021

23.45

HUT Bhayangkara, Kapolda Sumsel Berikan Bantuan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 75 Tahun 2021 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Kapolres Ogan Ilir (OI) dan Kapolsek Tanjung Raja memberikan bantuan bedah rumah dan bantuan berupa bingkisan kepada Masyarakat miskin di wilayah polsek Tanjung raja, Selasa (29/06/2021).

Acara tersebut berlangsung di rt 08 desa Belanti Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan ilir, hadir pada acara tersebut Kapolda Sumsel Irjen pol prof DR Eko Indra Heri, S.M.M, Kapolres Yusantiyo Sandhy, Kapolsek Tanjung Raja, Wakil Bupati OI Ardani, Sekda, Kepala Dinas Sosial, Dandim 0402 Camat, Kepala desa Belanti dan yang lainya. 

Dengan tetap mengedepankan prokes covid -19 pakai masker dan jaga jarak, pada kesempatan ini kapolda mengatakan, bantuan bedah rumah ini di berikan kepada purnawirawan lettu pol Amin sehud sebagai tanda cinta kasih kami kepada beliau yang pernah menggabdi untuk Negara.

"Selain itu program bedah rumah dan bantuan lainnya di berikan juga kepada kepada masyarakat miskin yang ada di wilayah sum-sel" Kata kapolda.

Ditempat yang sama Amin sehud selaku penerima bedah rumah mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan bedah rumah yg di berikan kepada keluarganya.

Terpisah, Kapolsek Tanjung Raja Iptu Joko Edy Santoso, S.T.K, S.Ik mengatakan, kegiatan bedah rumah ini merupakan program dari Kapolda Sumsel dalam rangka Hari ulang tahun Bhayangkara yang ke 75 tahun 2021mendatang.

"Program bedah rumah ini ditujukan kepada pensiunan polisi yaknibpak Amin Sehud sebagai Apresiasi atas pengabdian beliau" Ujar Kapolsek. (Emi)
02.13

Musrenbang RPJMD Kabuapten OI Resmi Dibuka

 

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Bupati Ogan Ili (OI) Panca Wijaya Akbar resmi membuka Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026, Selasa (29/06/2021).

Bupati OI Panca Wijaya Akbar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RPJMD Kabupaten Ogan Ilir 2021-2026. Dimana dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017, RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang membuat tujuan, sasaran, strategis, arahan, kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah.

“Dalam Musrenbang RPJMD ini juga dibahas program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW, dan RPJMN” Kata Bupati OI.

 

Untuk itu, Bupati mengajak untuk satukan tekat dan lengkah untuk bersama-sama mewujudkan Visi Ogan Ilir Bangkit menuju masyarakat lebih sejahtera dan berkualitas, yang berlandaskan Iman, Tawa, Moral dan Etika.

Sedangkan misi diantaranya membangkitkan tata kelola pemerintahan yang profesional, membangkitkan kualitas pendidikan dn kesehatan yang merata, membangkitkan perekonomian daerah, membangkitkan pembangunan infrastruktur, dan membangkit gairah politik, demokrasi, ketentraman, dan ketertiban masyarakat.

“Visi tersebut merupakan kondisi ideal yang ingin kita capai, dan kita wujudkan bersama selama lima tahun kedepan misi tersebut merupakan langkah-langkah dan strategis yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut,” tukasnya. (Red)

 

 

Minggu, 27 Juni 2021

01.11

Suharto Pimpin Partai Golkar Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke IV Partai Golkar yang digelar di hotel Ilaya Indralaya, Sabtu (26/06/2021). Dewan Pimpinan Daerah ll (DPD) Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir (OI) miliki nahkoda baru, dia adalah Suharto HS SH. Pria yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten OI ini terpilih secara aklamasi.

Sementara itu, usai terpilih Suharto HS SH mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan dari seluruh pengurus partai untuk mengemban tugas yang cukup berat ini. 
"Saya berharap setelah saya terpilih menjadi ketua, kita semua agar menjaga kekompakan serta kerjasama dalam membesarkan partai golkar di Kabupaten Ogan Ilir ke depan. Dan juga mohon doa dan dukungannya tugas ini tentu sangat berat. Semoga jabatan yang saya emban ini bisa amanah" Kata Suharto. 

Hadir dalam Musda ke IV tersebut Ketua DPD Partai Golkar Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin yang sekaligus membuka musda, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati, Ketua Dewan Penasehat Golkar Sumsel Alex Noerdin, Bupati Ogan Ilir Panca wijaya akbar serta para pimpinan kecamatan partai golkar dan pengurus DPD Golkar Ogan Ilir. (Red)

Sabtu, 26 Juni 2021

07.58

Struktur Pengurus Partai Gelora Indonesia Ogan Ilir Dikukuhkan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Gelar Silaturahmi, konsolidasi dan penyerahan SK kepada pengurus DPD Gelora Indonesia Kabupaten OI, Sabtu (26/06/2021).

Kegiatan Silaturahmi ini dilakukan guna untuk memperkuat struktur kepengurusan serta merealisasikan target-target yang telah disepakati dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel).
Acara tersebut digelar di Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia OI, yang beralamat di jalan Tamyiz Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI.

Muhammad Rofiq, SE.Ak, MM, atau yang akrab disapa Rofiq Selaku Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI berharap kiranya kegiatan terbatas ini dapat memberikan pencerahan terhadap para fungsionaris partai dalam mengatasi kendala-kendala di lapangan.

"Saya berharap agar seluruh fungsionaris baik DPD maupun DPC dapat bergerak cepat dalam perekrutan anggota terdaftar di database Dewan Pimpinan Nasional yang berdasarkan KTA" Kata Rofiq.

Dijelaskannya, "Pemenuhan struktur pengurus DPD sudah lengkap, target saat ini membentuk kepengurusan sampai kepengurusan yang paling bawah. Agar semua target yg telah disepakati dapat terealisasi dengan baik, sehingga dapat mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki" Imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir Azwari. B, S.E mengatakan acara ini bertujuan untuk memperkuat dan mengevaluasi program kerja serta melihat sejauh mana target-target yang telah dilaksanakan.

"Semoga semua agenda bisa berjalan dan tercapai sebagaimana amanat dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia yang juga berlaku bagi seluruh pengurus DPD/DPC Partai Gelora Indonesia Se-Sumatera Selatan" Katanya. (Asw/Red)
02.51

Bimtek RDS Kecamatan Pemulutan Selatan Berjalan Lancar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rumah Desa Sehat (RDS) yang diselenggarakan pada 24 sampai 25 Juni 2021 di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) berjalan lancar.

Berdasarkan pantauan, Jum'at (25/06/2021) terlihat para peserta antusias dalam mengikuti kegiatan Bimtek tersebut.

"Alhamdlulillah, untuk kegiatan Bimtek hari terakhir ini berjalan dengan lancar, baik hari pertama yakni kemarin dan juga hari ini semuanya lancar dan para peserta sangat antusian dalam mengikuti rangkaian bimtek tersebut" Kata Camat Pemulutan Selatan, Mun'im.

Ditambahkannya, "Semoga dengan berakhirnya Bimtek pada hari ini bisa bermanfaat, dan para peserta bisa mengaplikasikan apa yang sudah didapat pada kegiatan bimtek ini" Harapnya. (Red)

Kamis, 24 Juni 2021

23.27

Kecamatan Pemulutan Selatan Gelar Bimtek Pengelolaan Rumah Desa Sehat


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, puluhan peserta yang berasal dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Rumah Desa Sehat (RDS) Konvergensi Pencegahan Stunting, Kamis (24/06/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Gedung serbaguna Kecamatan pemulutan selatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OI Zaidan, Camat Pemulutan Selatan, Mun'im, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten OI Irawadi, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Pemulutan Selatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) Pemulutan Selatan, serta para peserta yang ada di 15 Desa di Kecamatan Pemulutan Selatan.

Tenaga Ahli Kabupaten Irawadi mengatakan bahwa kegiatan Bimtek RDS ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat dimana bimtek ini adalah suatu amanat dari implementasi peraturan menteri desa nomor nomor 13 tahun 2020, kemudian amanat pmk no 222 tahun 2020.
"Dimana didalam permendes itu mengamanatkan bahwa program prioritas penggunaan dana desa ini adalah salah satunya adalah program penangganan stunting, kegiatan konvergensi stunting ini banyak dilakukan oleh desa itu melalui forum rumah desa sehat" Kata Irawadi.

Dikatakannya, rumah desa sehat ini merupakan sekretariat bersama yang terdiri dari Kader Pembangunan Manusia (KPM), bidan desa, pengelola paud, bidan desa, dan kader posyandu.

"Pelaksanaan bimtek rumah desa sehat ini diharapkan outputnya agar para kader yang ada di desa, khususnya yang tergabung dalam rumah desa sehat ini mampu melaksanakan kegiatan dalam upaya konvergensi pencegahan stunting di desa" Ujarnya.

Sementara itu Camat Pemulutan Selatan Mun'im mengatakan, diharapkan kepada para peserta yang mengikuti bimtek ini dapat menerima semua materi dan dapat menerapkan semua yang sudah diberikan di dalam kegiatan bimtek ini.

"Kepada mereka (para peserta) bimtek bisa menerapkan apa yang sudah diikuti selama mengikuti bimtek dan bisa menerapkan didesa masing-masing terutama dalam melaksanakan kegiatan di desa yang berhubungan dengan program-program yang ada di desa khususnya, terutama dalam pencegahan stunting, adapun untuk peserta sendiri berasal dari 15 desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan, setiap desa terdiri dari 5 orang" Paparnya. 

Ditambahkannya, "Sedangkan untuk pendanaan dari kegiatan bimtek tersebut berasal dari Dana Desa yang ditransfert oleh masing-masing bendahara Desa ke Rekening Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pemulutan Selatan selaku Panitia Penyelenggara Kegiatan Bersama di Pemulutan Selatan, sedangkan untuk kelas sendiri dibagi menjadi dua kelas kelas A untuk 8 Desa, dan kelas B 7 Desa, dan semuanya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan" Terangnya. (Adv)
07.34

Edi Mawardi Resmi Jabat Lurah Tanjung Raja Utara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, hari ini kamis (24/06/2021) dan bertempat di kantor lurah kelurahan tanjung raja utara kecamatan tanjung raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) Edi Mawardi, S.Sos resmi menjabat Lurah Tanjung Raja Utara.

Edi mawardi S.Sos selaku Lurah yang baru mengundang dan mengajak seluruh lapisan masyarakat dan unsur pemerintahan Tanjung Raja Utara agar dapat lebih saling mengenal satu sama lainnya, supaya dapat bekerja sama untuk memajukan dan agar lebih baik kedepannya.

"Mari kita sama-sama membangun, bahu membahu dan kita terus bekerja sama demi untuk memajukan Kelurahan Tanjung Raja Utara untuk ke depannya" Kata Edi Mawardi.

Sementara itu, Zuhri Asmuni selaku Pemangku adat, mengatakan, saya selaku jajaran pemerintahan tanjung raja utara agar lebih di perhatikan lagi, baik masalah finansialnya ataupun tunjangan.

"Kami selaku pemangku adat dengan adanya lurah yang baru agar kiranya bisa lebih siperhatikan lagi" Harapnya. (Emi)

Rabu, 23 Juni 2021

03.50

Superqurban Terapkan Prokes Ketat dalam Proses Pengelolaan Qurban

GMJNews.co.id- Hingga saat ini Covid-19 masih menjadi ancaman bagi Indonesia. Tingginya kasus Covid-19 di Indonesia mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk dalam pelaksanaan ibadah qurban. Oleh karena itulah sejak 2020, Rumah Zakat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat dalam proses pengelolaan Superqurban.

“Semua proses pengelolaan qurban mulai dari penyembelihan, boning, deboning, hingga pengemasan menjadi kornet atau rendang dilakukan sesuai dengan standar Prokes pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Seluruh sumber daya manusia yang terlibat sudah dipastikan kesehatannya, dan tidak ada kerumunan dalam prosesnya,” ungkap CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Selain menerapkan Prokes yang ketat, Superqurban memiliki manfaat lebih luas karena daya tahan yang lebih lama sehingga distribusinya dapat dilakukan sepanjang tahun. Superqurban dapat menjadi ketahanan pangan bagi Indonesia dalam menghadapi masa-masa sulit seperti bencana alam, daerah rawan pangan, hingga pandemi Covid-19.

“InsyaAllah Superqurban ini sesuai Syariah karena menurut Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, bahwa daging qurban ini boleh diolah dalam kemasan sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama,” ujar Nur Efendi.

 *Desaku Berkurban untuk Desa Minim Pequrban* 

Selain Superqurban, Rumah Zakat pun memiliki program Desaku Berqurban, yakni penyaluran hewan qurban ke desa-desa minim pequrban. Tujuannya agar masyarakat desa yang jarang merasakan daging, dapat menikmati hidangan istimewa di hari raya, sekaligus memberdayakan para peternak di desa.

Tahun lalu sebanyak 3.066 pequrban menitipkan hewan qurban dalam program Desaku Berqurban untuk dibagikan kepada 23.027 penerima manfaat yang ada di desa.  Sementara tahun ini sedah ada para peternak di 100 titik Desa Berdaya Agrobisnis binaan Rumah Zakat yang menyediakan hewan qurban untuk program Desaku Berqurban.

“Tahun ini kami menargetkan 20.000 pequrban berpartisipasi dalam program Superqurban dan Desaku Berqurban. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu dengan lebih maksimal dari program ibadah qurban,” tutur Nur Efendi. (Ril)
03.48

Jelang Musda IV, DPD Golkar OI Gelar Konferensi Pers

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Ogan Ilir (OI) hari ini, Rabu (23/06/2021) menggelar konferensi pers di Sekretariat Golkar Ogan Ilir Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya.

Konferensi Pers tersebut digelar guna untuk persiapan pelaksanaan Musda IV DPD Partai Golkar Kabupaten Ogan llir yang akan digelar di hotel Ilaya pada tanggal 26 Juni 2021 mendatang

Ketua OC Musda IV DPD II Partai Golkar Ogan Ilir, M.Iqbal mengatakan, dengan berakhirnya kepengurusan DPD II Golkar Ogan Ilir dibawah kepimpinan Endang PU Ishak, pada 5 Juni 2021 lalu, DPD I Golkar Sumsel menunjuk Herman Firdaus sebagai Plt Ketua DPD II Golkar Ogan Ilir.

Melalui Plt ketua DPD II Golkar Ogan Ilir, ditugaskan untuk melaksanakan Musda IV DPD II Golkar Ogan Ilir, guna memilih Ketua dan menyusun personalia kepengurusan DPD II Golkar Ogan Ilir.

"Dengan tugas tersebut Plt ketua DPD II Golkar Ogan Ilir lalu menyusun Organisasi Comite (OC) dan Stairing Comite (SC). Dan terpilih Ketua OC M. Iqbal dan Ketua SC Basri M.Zahri" Kata M. Iqbal kepada awak media

Dijelaskannya, “Melalui OC dan SC ini kita akan melakukan koordinasi ke DPD I Golkar Sumsel, akhirnya mendapat petunjuk guna pelaksanaan Musda IV DPD II Golkar Ogan Ilir pada tanggal 26 Juni 2021 di Indralaya Ogan Ilir” Terangnya.

Dikatakan M.Iqbal, adapun telah ditetapkan pula untuk persyaratan pendaftaran pencalonan Ketua DPD II Golkar Ogan Ilir sebagaimana tertuang dalam PDPRT Partai Golkar.

"Paling tidak ada empat kader terbaik DPD II Golkar Ogan Ilir yang siap menduduki kursi Ketua DPD II Golkar Ogan Ilir. Kader Golkar tersebut yaitu, Basri M. Zahri, M.Iqbal dan Kosasih saat ini anggota DPRD Ogan Ilir fraksi Golkar dan Suharto, Ketua DPRD Ogan Ilir" Katanya.

Ditambahkannya, “Selanjutnya dalam Musda IV DPD II Golkar Ogan Ilir tahun 2021 ini, diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kader Golkar untuk bersaing menduduki kursi dan memimpin Golkar Ogan Ilir yang lebih baik kedepan, terlebih lagi menghadapi Pemilu 2024. Kita akan menjadikan Musda IV DPD II Golkar Ogan Ilir yang betul-betul profesional dan proporsional, sehingga menjadikan Golkar yang solid dan mendapat tempat mulia dihati masyarakat Ogan Ilir,” Imbuhnya. (Red)

Jumat, 18 Juni 2021

00.02

Kapolres OI Resmikan Kampung Tangguh Narkoba, Bakti Sosial dan Kesehatan di Desa Sekonjing

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75, Polres Ogan Ilir (OI) berkomitmen terus mendekatkan diri kepada masyarakat melalui berbagai program.

Bertempat di halaman Masjid Nurul Ishlah, Desa Sekonjing, Kecamatan Tanjung Raja, Polres Ogan Ilir meresmikan kampung tangguh narkoba, bakti sosial dan kesehatan.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ikrar tolak narkoba dan komitmen perang terhadap narkoba.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penanganan kasus kepemilikan narkoba di Desa Sekonjing dan Kerinjing, beberapa waktu lalu.

"Kami ingin mengedukasi masyarakat agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba, apalagi sampai berurusan dengan hukum," Kata Yusantiyo di sela kegiatan peresmian kampung tangguh narkoba, Jumat (18/6/2021).

Menurut Yusantiyo, sejak penindakan pada Januari lalu, saat ini kasus penyalahgunaan narkoba di Sekonjing telah jauh berkurang.

Namun bukan berarti Polres Ogan Ilir tak lagi memantau perkembangan di Sekonjing.

"Masih ada satu dua penyalahguna narkoba yang ada di Sekonjing. Kami tetap pantau meski secara keseluruhan sudah baik," ujar Yusantiyo.

Selain peresmian kampung tangguh narkoba, Polres Ogan Ilir juga melaksanakan bakti sosial dan kesehatan.

Pada kegiatan ini, Polres Ogan Ilir bersama Pemkab Ogan Ilir diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Irawan Sulaiman.

Lalu ada Danramil 402-04/ Tanjung Raja, Kapten Kav Teguh Haryadi, Kepala Kejari Ogan Ilir, Marthen Tandi, membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain sembako, kepada masyarakat juga dibagikan peralatan olahraga berupa bola kaki dan bola voli.

"Kami juga membagikan 40 buah Alquran untuk mendukung kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Ishlah.

Bagi masyarakat yang memiliki penyakit ringan, Polres Ogan Ilir juga melibatkan Urkes Poliklinik untuk memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat.

"Masyarakat silakan datang, pengecekan kesehatan, tensi darah, pelayanan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 ini cuma-cuma alias gratis," kata Yusantiyo. (Ril/Red)

Kamis, 17 Juni 2021

23.50

Kirim Atlet Ke Porwada Sumsel, Ini Target Ketua PWI Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir (OI) mulai giat latihan guna mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) tingkat provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banyuasin, 22-24 Juni mendatang.


Dikarenakan situasi masih pandemi Covid-19, tuan rumah dan panitia pelaksana hanya menyiapkan 2 Cabang Olah Raga (Cabor) yakni Tenis Meja dan Bulutangkis yang semuanya mempertandingkan sektor ganda.


Dalam pelaksanannua nanti Panitia dan peserta diwajibkan mematuhi Prokes kecuali saat bertanding pemain diperbolehkan melepas masker. 


Ketua PWI Ogan Ilir Yasandi mengatakan, pihaknya dipastikan berpartisipasi dalam Porwada Sumsel, PWI Ogan Ilir diakuinya akan mengirimkan 4 atlet dicabang bulutangkis, serta mematok juara pada cabang bulutangkis.

"Ya, kita akan turut serta pada perhelatan Porwada yang akan dilaksanakan pekan depan, target juara bukan hal yang mustahil karena pada pertandingan antar wartawan se sumsel tahun lalu yang digelar di Pusri pasangan Syakroni CS berhasil menyabet juara," Kata ketua PWI Ogan Ilir Yasandi, jum'at (18/06/2021).


Selain itu Yasandi juga mengungkapkan dua pasangan ganda bulutangkis tersebut intensif berlatih dibawah pelatih bulutangkis kawakan Ogan Ilir Abdulah Gatmir," Secara mental dan fisik kedua pasangan atlet bulutangkis PWI Ogan Ilir siap bertarung pada Porwada Pekan depan yang akan digelar di Kabupaten Banyu Asin Sumatera Selatan," ujar Yasandi. (***/Red)

Rabu, 16 Juni 2021

20.46

Wabup OI Lantik 155 Pejabat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di gedung pendopoan rumah dinas bupati komplek perkantoran terpadu tanjung senai, sebanyak 155 Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) resmi dilantik Wakil Bupati H Ardani mewakili Bupati OI Panca Wijaya Akbar SH, Rabu (16/06/2021).

Adapun pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional.

Pada kesempatan itu, Wabup Ardani secara langsung menyampaikan pesan yang diamanatkan Bupati Panca teruntuk para pejabat yang dilantik agar dapat bekerja dengan profesional, loyalitas, dan saling berkoordinasi antar OPD terkait.

“Sebagai abdi negara, profesional lah dalam bertugas dan harus ikhlas melayani masyarakat,”kata Bupati melalui Wabup Ardani.

Selanjutnya, Wabup Ardani dalam sambutannya kali ini berpesan kepada Pejabat yang baru dilantiknya agar selalu mengingat akan amanah ini yang nantinya harus dipertanggungjawabkan baik di dunia dan akhirat.

“Jabatan yang diemban saat ini, jangan sampai membuat kita menjadi manusia sombong, karna jabatan ini hanyalah titipan sementara”,kata orang nomor dua di Ogan Ilir ini.

Dikatakan Ardani, Pemkab OI akan selalu melakukan evaluasi atas kinerja para Pejabat di setiap tiga bulan sekali. Apabila dalam evaluasi tersebut, didapati kinerja pejabat yang tak sesuai dengan yang ditargetkan, maka kemungkinan akan diadakan perombakan kembali ke depannya, pungkasnya. (***/Red)
04.47

BNN Kabupaten OI Gelar Workshop P4GN

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Workshop Penggiat Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang diikuti oleh puluhan wartawan yang tergabung dalam kepengurusan PWI Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (16/06/2021).

Dalam penyampaiannya, Rulyadi, ST selaku ketua panitia Pelaksana Rulyadi ST kegiatan workshop mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya workshop ini untuk meningkatkan kemampuan para calon penggiat P4GN, sehingga tumbuh pemahaman sehingga mampu menyampaikan pesan-pesan dalam upaya P4GN.

“Untuk peserta sendiri ada 21 orang pengurus PWI dengan narasumber dari Kepala BNN OI, Kadis Kominfo OI, dan Ketua PWI Oi Yasandi, untuk itu mari kita ikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat diteruskan kepada masyarakat dalam upaya bersama-sama P4GN,” Katanya.

Kepala Dinas Kominfo OI Yohanas yang diwakili Wahyudi selaku narasumber mengatakan, peran pemerintah dalam P4GN belum begitu maksimal, namun ke depan akan ditingkatkan dan dimaksimalkan kembali.

Kepala BNN Ogan Ilir AKBP Irvan Arsanto S Sos mengatakan bahwa untuk hasil survei BNN tahun 2020 Sumsel masuk 5 besar dalam penggunaan narkotika, dan narkoba menjadi permasalahan sosial ke-3 di wilayah rawan setelah pencurian dan miras.

“Sumsel masuk 5 besar hasil survei BNN secara nasional, sampel survey di Sumsel sendiri melibatkan tiga kabupaten dan kota, yakni Palembang, Banyuasin, dan Ogan Ilir,” Ujarnya.

Sementara itu, ketua PWI OI Yasandi mengucapkan terima kasih kepada BNN Kabupaten OI yang telah memberikan kepercayaan untuk dirinya menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

"Saya pribadi mengucapkan terima kasih karena sudah di ikut sertakan untuk menjadi bagian dari narasumber dalam kegiatan workshop P4GN ini, sekali lagi terima kasih atas kepercayaannya" Kata Yasandi. (Red)

Rabu, 02 Juni 2021

01.43

Jalin Sinergitas, Kapolres OI Terima Silaturahmi PWI dan IWO

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di aula Polres Ogan Ilir (OI), Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Yusantiyo Sandhy dan jajaran menerima silaturamni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) OI, Rabu (02/06/2021).

Dalam sambutannya, Kapolres OI AKBP. Yusantiyo Sandhy mengaku sangat bersyukur bahwa hari ini dapat melaksanakan pertemuan silaturahim dengan segenap pengurus PWI dan IWO Ogan Ilir.

"Polri dituntut pengabdian yang positif dalam penegakan hukum dan Kamtibmas. Oleh karenanya, diperlukan sinergisitas dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk didalamnya para insan pers dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat luas" Kata Kapolres OI.

Ditambahkannya, “Kita tidak ingin ada miss komunikasi dengan insan pers, terlebih lagi berdampak negatif di masyarakat. Maka dari itu, Polres OI berkomitmen bermitra dan bersinergitas dengan PWI dan IWO serta seluruh insan pers di Ogan Ilir khususnya,” Paparnya.

Ketua PWI OI Yasandi dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi kebijakan Kapolres OI Yusantiyo Sandhy karena telah welcome terhadap PWI dan IWO serta seluruh insan pers yang bertugas di OI. 

“Maka dari itu, PWI OI juga berharap kemitraan dan sinergitas yang ada dapat ditingkatkan secara lebih baik lagi untuk kedepannya,” Ujar Yasandi.

Sementara itu, Ketua IWO OI Adiwinata, juga menyambut positif kegiatan silaturahim Kapolres OI, ia juga berharap lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang.

Dalam sesi dialog, terungkap banyaknya harapan wartawan agar Polres dan jajarannya lebih terbuka lagi dalam hal memperoleh informasi, baik informasi kriminal maupun umum serta kasus narkoba. Selain itu, wartawan juga butuh perlindungan hukum dan keamanan saat menjalankan tugas dari jajaran Polisi. (Red)

Selasa, 01 Juni 2021

19.46

Wabup Ardani Lantik Pejabat Pemkab OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Ogan Ilir (OI) H Ardani SH MH mewakili Bupati Panca Wijaya Akbar SH melantik dan melakukan pengambilan sumpah jabatan terhadap 56 pejabat eselon yang baru, bertempat di ruang dapat Bupati OI, Senin (31/05/2021).

Adapun pejabat dilantik tersebut, meliputi 5 orang pejabat pimpinan tinggi pratama, 47 orang pejabat administrator dan 4 orang pejabat pengawas. Dalam pengambilan sumpah jabatan tersebut, disaksikan oleh Pj Sekda OI, H Muhsin Abdullah dan Asisten III Setda OI Lukmansyah dan segenap Staf Ahli Bupati.

Wabub Ardani dalam amanat pelantikannya mengatakan, ada beberapa pesan Bupati Panca yaitu, sebagai pejabat eselon dan Kepala OPD agar jangan hanya menunggu perintah pimpinan, tetapi berinovasilah secara profesional. Terkait minimnya dana APBD OI, para Pimpinan OPD diminta untuk melakukan kebijakan jemput bola, mencari dana dari luar, seperti dari APBD provinsi Sumsel maupun APBN pusat, selama tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Wabub Ardani juga menandaskan, amanat yang dipercayakan kepada 54 pejabat baru di lingkup Pemda OI ini tidak dipungut biaya sepeser pun. “Oleh karen itu, setiap pejabat eselon yang diambil sumpah jabatannya agar bekerja secara profesional, mengabdi demi kemajuan Kabupaten OI yang lebih baik, untuk kesejahteraan masyarakat. Kemudian, pejabat yang dipercayakan sebagai pimpinan OPD tentunya harus lebih menguasai lapangan, jangan selalu menunggu perintah pimpinan,” pesan Wabup Ardani.

Terpisah saat wawancara para awak media usai pelantikan, Wabub Ardani, mengakui bahwa SDM yang mumpuni di OI sangat sedikit. “Sehingga, dapat dikatakan belum memenuhi standar the right man on the right place,” katanya.

Saat ditanya untuk menyikapi kondisi tersebut, Pemkab OI dapat menerima jika ada ASN luar OI masuk guna memenuhi standar dimaksud, Wabub Ardani menegaskan jika hal itu bisa saja. “Kami juga minta masukan kepada masyarakat termasuk para rekan-rekan wartawan, guna terpenuhinya standar the right man on the right place guna kepentingan kemajuan OI kedepan. Namun, tentunya terkait jabatan di lingkup Pemda OI ini tidak mengenal adanya titipan dari siapapun,” imbuhnya.

Terpisah, Said warga Indralaya menyambut baik mulai dilakukannya pergantian dan pengisian jabatan kosong jajaran Pemkab OI, dan berharap pejabat diamanahi ini benar-benar mampu sesuai bidangnya, tidak asal bapak senang, tidak arogan, tidak memperkaya diri pribadi dan sadar betul bahwa para ASN telah digaji oleh negara intuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani masyarakat.

“Kita patut mengapresiasi kinerja Bupati dan Wabub OI, adanya pesan agar masyarakat turut menjadi sosial kontrol atas kelemahan Pemkab OI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandas Said. (RB/Red)