Gemilang Terkini

Selasa, 29 Desember 2020

13.44

Usulan Yang Ada di Musrenbangdes 2021 Desa Tambangan kelekar diharapkan dapat terwujud dan terealisasikan

Muara Enim, gmjnews.co.id- Camat Gelumbang yang diwakilkan oleh Kasubag umum dan kepegawaian Kecamatan Gelumbang Jabarti S.Pd berharap semua aspirasi dari Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di tahun 2021 di Desa Tambangan kelekar, Kecamatan Gelumbang, kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dapat terwujud.

" Kami berharap kepada tim dari Musrenbangdes Tambangan kelekar, untuk semua usulan yang terangkum dalam Musrenbangdes Desa Tambangan kelekar dapat diakomodir dan terealisasi secara merata, agar masyarakat tidak kecewa," kata kasi kasubag umum dan kepegawaian kecamatan Gelumbang dalam sambutannya di kantor desa Tambangan kelekar pada selasa (29/12/2020).

" Musrenbangdes ini harus menjadi catatan bagi kepala desa untuk menyusun Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) agar secara utuh kewajiban terlaksana dengan baik dan benar," lanjut Jabarti.

Umar Dani selaku kepala Desa mengatakan dalam sambutannya bahwa Musrenbangdes ini adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholder ditingkat Desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbangdes, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa.

Lanjut kepala desa, Musrenbangdes untuk tahun anggaran 2021 memang untuk mengakomodir pembangunan dari aspirasi masyarakat untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2021.

" Saya juga berharap kepada karang taruna dan muda-mudi desa tambangan kelekar untuk memajukan desa tambangan kelekar ini dengan kreativitas," ungkap kepala desa dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala desa beserta perangka dan jajarannya, Camat Gelumbang yang diwakilkan Kasubag umum dan kepegawaian, Babinkamtibmas Polsek Gelumbang, Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang, Pendamping Lokal Desa, BPD dan anggota, ibu-ibu PKK, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama,  BUMDES, KKN Universitas Sriwijaya dan masyarakat. (Anil)

Sabtu, 26 Desember 2020

05.49

Dampak Covid-19, Dagangan Sepi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sejak virus corona atau covid-19, yang telah melanda beberapa bulan yang lalu, berdampak signifikan bagi para pedagang, terutama para pedagang kecil.

Hal ini yang dikatakan oleh salah satu pedagang yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menurutnya sejak pandemi covid-19 ini dagangan jadi sepi.

"Sejak covid-19 ini dagangan jadi sepi dan kurang laku, jadi kita mau tidak mau harus putar otak untuk bisa menghasilkan rupiah, karena kan kalau biasanya, sebelum covid-19 disini lumayan ramai pembeli" Katanya, Sabtu (26/12/2020).

Ditambahkannya, "Kalau sekarang sepi karena disini dulunya banyak mahasiswa yang ngekost diseputaran sini, namun sejak covid-19 mereka para mahasiswa pulang kampung, karena perkuliahan diliburkan dan belajar via olnine" Imbuhnya.

Oleh karena itulah, kami selaku pedagang kecil sangat berharap sekali agar covid-19 ini bisa segera berlalu, kami bisa berjualan seperti biasa.

"Semoga covid-19 segera berlalu, dan keadaan bisa kembali normal seperti biasa dan kami sebagai pedagang bisa mendapatkan penghasilan seperti biasa" Harapnya. (Ani/ Red)
05.25

Pesta Pernikahan Ditengah Pandemi Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ditengah Pandemi Covid-19, tak mengurungkan untuk melakukan pesta pernikahan, seperti yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI), walaupun masih pandemi covid-19, namun pesta pernikahan tetap digelar.

"Ya, walaupun kita menggelar pesta pernikahan, namun kita tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan cara memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak" Kata salah satu warga yang saat itu menggelar pesta pernikahan, Sabtu (26/12/2020).

Dijelaskannya, "Kita menyiapkan tempat cuci tangan, masker bagi para tamu undangan, jadi walaupun pesta insya Allah kita akan terus patuhi protokol kesehatan" Ujarnya.

Dirinya juga berharap agar kiranya kedepan virus corona atau covid-19 ini segera berlalu, agar semua kegiatan bisa berjalan seperti sediakala.

"Saya juga berharap semoga covid-19 ini segera berlalu, sehingga aktifitas bisa berjalan normal, para pelajar bisa masuk sekolah seperti biasa" Harapnya. (Red) 

04.58

Ditengah Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Semangat Untuk Berolahraga

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Inilah yang dilakukan oleh anak-anak yang ada di Desa Naikan Tembakang (NTB) Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI), walaupun masa pandemi covid-19 namun mereka tetap semangat untuk berolahraga.

"Olahraga itu kan sehat, dan bisa membuat tubuh kita menjadi segar bugar, apalagi olahraganya adalah bermain sepakbola, jadi pasti keluar keringat" Kata Joka, salah satu anak yang saat itu sedang bermain sepakbola, Sabtu (26/12/2020).

Dirinya juga mengajak agar kiranya untuk anak-anak yang lain supaya lebih giat lagi untuk berolahraga, supaya tubuh menjadi sehat dan bugar.

"Selain olahraga juga selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19" Pungkasnya. (Red)

04.44

Masyarakat Dihimbau Agar Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah terus menghimbau agar masyarakat selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

"Tetap patuhi protokol kesehatan, agar kita terhindar dari covid-19, karena hingga sekarang covid-19 masih ada" Kata Armayati, SKM Kepala UPTD Puskesmas Rantau Panjang, Sabtu (26/12/2020).

Dirinya juga mengajak agar kiranya masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan pola makan teratur, terus berolahraga serta jaga kesehatan.

"Pakai masker saat keluar rumah, cuci tangan pakai sabun, serta hindari kerumunan, yang paling utama tetap jaga kesehatan, dengan memakan makanan yang bergizi, dan perbanyak makan buah" Imbuhnya. (Red)

03.58

Selalu Terapkan Protokol Kesehatan, Ini Harapan Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wabah Pandemi Covid-19 saat ini yang terus melanda, hingga sekarang pun masih belum berakhir membuat masyarakat harus tetap waspada, jangan sampai terpapar Covid-19 ini.

Ini yang dikatakan oleh salah satu warga Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) Anita, Sabtu (26/12/2020) menurutnya virus corona atau covid-19 ini merupakan virus yang sudah sejak lama melanda negeri.

"Hingga sekarang virus corona atau covid-19 ini masih ada, oleh karenanya kita harus tetap menerapkan yang namanya Protokol Kesehatan yakni dengan cara tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan hindari kerumunan" Katanya.

Ditambahkannya, "Semoga dalam waktu dekat virus corona atau covid-19 ini bisa segera berlalu, dan seluruh masyarakat bisa berktifitas seperti sedia kala, terutama para pelajar, dan juga mahasiswa mereka saat ini sedang merindukan yang namanya belajar tatap muka" Terangnya. (Red)

Jumat, 25 Desember 2020

00.05

Cerita Penjual Rujak Buah Ditengah Pandemi Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Mang Junai sapaan akrabnya, seorang pria asal Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan, yang berusia sekitar 30 tahunan, yang berprofesi sebagai penjual rujak buah dipinggir jalan lintas timur depan Universitas Sriwijaya (Unsri) Indralaya, ditengah pandemi covid-19 ini dan dengan semangat yang luar biasa dirinya tak kenal lelah walaupun terkadang ditengah teriknya panas matahari, hujan dan juga debu yang setiap saat menghampiri.

Hidup dengan segala macam rasa pahit manis sudah pernah dijalaninya, dan semua itu sama sekali tidak meragukan mang Junai untuk terus berjuang mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga untuk makan sehari-hari. Apapun itu yang penting bisa menghasilkan uang yang halal dan akan selalu dikerjakan semampunya, tanpa pernah mengeluh.

"Berbagai macam pekerjaan dan usaha telah saya dilakukan, berawal menjadi seorang penjual model di timbangan indralaya ogan ilir, bekerja di toko sepatu yang terletak di Pasar bawah lahat, menjadi  karyawan disebuah toko baju di 16 pun pernah saya lakoni" Kata Mang Junai dengan semangat, Kamis (24/12/2020).

Setiap hari, dikatakan mang Junai, dirinya melakukan pekerjaannya dengan semangat, dan menyembunyikan rasa lelahnya dibalik doa yang selalu ia panjatkan kepada Allah SWT. 

"Saya yakin bahwa dipertengahan jalan hidup saya nantinya akan menjadi sebuah proses panjang untuk menuju sebuah kesuksesan, itulah harapan saya" Ujarnya.

Masih kata mang Junai, suatu saat ia berfikir dan merasa bodoh jika dirinya terus bekerja kepada orang lain, akhirnya sempat terfikir untuk keluar atau berhenti diri dari toko baju yang sudah ia abdikan hidupnya selama dua belas tahun.

"Saya ingin sekali membuka usaha sendiri, akhirnya saya keluar kemudian membuka usaha sendiri. Semuanya berawal dari menjual jagung rebus, memang tidak terlalu menarik bagi tamu yang berkunjung berbelanja di Mangga Dua, karena penjual jangung rebus sudah banyak dan berserakan dimana-mana" Cerita mang Junai.

Lalu dirinya alih profesi lagi dengan menjadi penjual rujak buah dan Alhamdulillah hingga sekarang masih bertahan. Dirinya pun tidak pernah merasa iri dengan teman penjual lainnya karena rezeki sudah ada yang ngatur orang yang sedang sukses pasti tidak jauh dari orang yang yang sirik. 

"Saya sendiri Alhamdulillah ya tidak pernah iri dengan rezeki orang, karena saya yakin bahwa rezeki itu sudah diatur oleh Allah, dan kalau memang rezeki kita tak akan kemana" Ujar mang Junai.

Ditambahkannya, "Saya juga pernah ada orang-orang yang tidak suka atas kesuksesannya, tidak sedikit orang yang menggunjing, memfitnah rujak buah saya ini, ya dengan harapan agar kurang pelanggannya. Sudah banyak yang mengikuti resep bahkan ada yang menyerupai nama rujaknya. Namun saya tetap sabar, berdoa dan terus bekerja. Alhasil buah dari kesabaran bisa menghasilkan pelanggan dan peminat tidak sama sekali berpaling dari rujak saya" Terangnya.

Apalagi saat ini, sambung mang Junai, kondisi sekarang ini masih dalam suasana wabah Covid-19, namun mau tidak mau dirinya harus keluar rumah untuk mencari nafkah demi kebutuhan keluarga.

"Harus keluar, karena kalau tidak keluar rumah mana bisa menghasilkan rupiah, karena kan penghasilan saya hanya dari jualan rujak buah ini saja, dan Alhamdulillah walaupun diluar rumah, saya pribadi tetap menerapkan Protokol Kesehatan, dengan memakai masker tentunya, kemudian cuci tangan pakai sabun. Saya juga berharap agar wabah covid-19 ini segera berlalu, sehingga semua bisa berjalan seperti sediakala" Harapnya. (Ani/ Di2/ Red)

Kamis, 24 Desember 2020

22.01

Terapkan Protokol Kesehatan, Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan menerapkan Protokol Kesehatan guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, yakni dengan cara memakai masker, cuci tangan dengan sabun, serta jaga jarak, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan bersama hasil pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021, bertempat diruang Paripurna DPRD Ogan Ilir KPT Tanjung Senai, Jumat, (11/12/2020).

Rapat yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS didampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i. S.Sos., M.Si dihadiri perwakilan anggota fraksi DPRD OI dan
Hadir juga Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam dan beberapa OPD selebihnya melalui Vidcom.

Hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP,  Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag, kasubag Risalah Dasmi Amelia sari, SH, M.Si, Kasubag Protokol Hj. Sa' Adah, staf legislasi Agus Ramdani, Meri,  Dadang Muslim dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto,MT

Paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan bersama Bupati HM. Ilyas Panji Alam dan Ketua DPRD Soeharto Hs.

Usai rapat penanda tanganan dilanjutkan dengan nota penjelasan bupati terhadap RAPBD TA 2021. (Red)
19.55

Berharap Covid-19 Segera Berlalu, Ini Harapan Mahasiswa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wabah Virus Covid-19 yang sudah maret 2020 yang lalu melanda seluruh masyarakat, tak terkecuali Indonesia pun juga merasakan wabah covid-19 atau virus corona ini.

Dengan merebaknya virus corona tersebut membuat dunia pendidikan terganggu, baik pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Dalam hal ini pemerintah pun mengambil kebijakan dengan meliburkan seluruh sekolah maupun universitas, dan diganti proses belajar mengajar dengan cara online atau sistem daring. Dengan tujuan untuk antisipasi penularan virus corona atau Covid-19.

Terkait kebijakan tersebut, Pro dan kontra belajar daring pun mengalir deras dari kalangan masyarakat. Namun, pemerintah tetap melanjutkan proses belajar daring demi menyelamatkan generasi muda serta menekan penyebaran Covid-19. 

Sudah hampir satu tahun proses belajar online atau daring berjalan. Para pelajar dan juga mahasiswa pun mulai jenuh dengan proses belajar jarak jauh melalui handpone (HP). Terlebih lagi tidak adanya kepastian kapan Covid-19 akan berakhir.

Hal ini membuat rasa rindu tersendiri ingin belajar tatap muka pun mulai menyelimuti para pelajar dan juga mahasiswa. Kerinduan itu bukan tanpa alasan. Dimana saat ini mereka ingin bertemu langsung dengan guru maupun dosen serta teman-teman yang bisa diajak bermain maupun diskusi. 

"Sebenarnya sudah lama sekali belajar dari rumah sudah satu semester lebih. Pingin masuk kampus dan bisa tatap muka langsung dengan dosen dan juga teman-teman yang lain, karena sejak mulai awal kuliah sudah belajar online atau daring, namun hingga sekarang belum ada kepastian kapan bisa belajar tatap muka" Kata Nurhaliza salah satu mahasiswa yang tinggal di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jum'at (25/12/2020).

Dirinya pun berharap, Corona yang telah merebak hampir satu tahun segera berlalu dan cepat menghilang, sehingga kami semua bisa kembali belajar tatap muka dan bisa bertemu langsung dengan teman-teman yang lain.

"Selama belajar dari rumah, saya kadang merasa jenuh, dan juga terkadang pelajaran pun tidak masuk. Beda sama belajar langsung, kalau kita banyak main pasti dimarah sama guru ataupun dosen, dan juga bisa melihat dan membentuk karekter masing-masing dari para mahasiswanya" Ujarnya. (Red)
19.25

Cegah Penyebaran Covid-19, Orang Tua Selalu Awasi Kegiatan Anak

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, terutama saat ini yakni virus covid-19, oleh karena itu kegiatan anak-anak dalam bermain diluar rumah selalu dipantau.

Hal ini yang dikatakan oleh Ahmad selaku orang tua dirinya selalu mengingatkan anak-anaknya dalam bermain, baik diluar rumah maupun didalam rumah, dirinya selalu menerapkan pola hidup sehat.

"Yang jelas kita selaku orang tua selalu mengiginkan yang terbaik untuk anak, terutama dalam hal kebersihan dan kesehatan, kita selalu ajarkan anak-anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun, dan setiap keluar rumah pakai masker" Katanya, Kamis (24/12/2020).

Karena menurutnya, kita tidak tahu sampai kapan virus covid-19 ini, yang jelas kita harus waspada, dan selalu terapkan pola hidup sehat, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

"Selalu terapkan pola hidup sehat, makan teratur, sering olahraga, serta selalu terapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini, dan ini selalu kita ajarkan pada anak-anak" Ungkapnya. (Red)

17.32

Jelang Natal dan Tahun Baru, Masyarakat Dihimbau Jangan Berkerumun

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berdasarkan Himbauan dari Kepolisian Republik Indonesia tentang jangan berkerumun menjelang natal dan juga tahun baru, guna mencegah dan juga memutus penyebaran mata rantai covid-19.

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkerumun, karena saat ini covid-19 masih ada dan belum berakhir.

"Untuk perayaan natal dan tahun baru kita jangan sampai melakukan kerumunan karena hal tersebut bisa berdampak, ditambah lagi saat ini covid-19 belum berakhir" Kata Zen salah satu tokoh masyarakat, Kamis (24/12/2020)

Dijelaskannya, "Alangkah baiknya untuk tetap dirumah dan berkumpul dengan keluarga, lebih aman dan juga bisa terhindar dari penyebaran covid-19 ini. Semoga kita semua tetap sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit dan juga virus berbahaya" Pungkasnya. (Red)

17.19

Cegah Covid-19, Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, agar tidak menyebar, setiap masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan, Rabu (23/12/2020) terlihat disalah satu bank yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) setiap masyarakat yang antri di bank mematuhi protokol kesehatan diantaranya dengan memakai masker, cuci tangan dan juga jaga jarak.

"Karena saat ini kan masih pandemi covid-19, jadi kita harus mematuhi anjuran dari pemerintah, diantaranya kalau mau kemana-mana harus pakai masker" Kata Nur salah satu nasabah ketika diwawancarai.

Dikatakan Nur, bahwa selain memakai masker dirinya juga membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun, sehingga dengan cara menerapkan protokol kesehatan ini bisa mencegah yang namanya virus corona.

"Cuci tangan, dan juga jaga jarak, itu juga penting, terutama cuci tangan kan sudah menjadi kebiasaan kita setiap mau berkatifitas, apalagi saat mau makan pasti cuci tangan dulu. Intinya biasakan untuk tetap hidup sehat" Imbuhnya. (Red)
17.09

Patuhi Protokol Kesehatan, Banggar DPRD OI Sampaikan Laporan Pembahasan Raperda APBD TA 2021

OGAN ILIR,gmjnews.co.id- Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, yang hingga sekarang belum juga berakhir.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan anggaran dan pengambilan persetujuan atas Raperda Tentang APBD TA 2021 serta pendapat akhir bupati, bertempat diruang rapat paripurna DPRD OI Tanjung Senai Indralaya, Selasa (15/12/2020).

Rapat Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI, Soeharto Hs didampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si dan dihadiri anggota DPRD dengan mengikuti protokol Kesehatan, hadir dalam paripurna tersebut Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Muspida melalui Virtual serta para media baik cetak maupun elektronik.

Dan hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M,Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST. Kasubag risalah Dasmi Amelia Sari, SH., M.Si, Staf Legislasi Agus Ramdani, Dadang dan sari safrina

Dalam laporannya yang disampaikan oleh Anggota Badan Anggaran Amir Hamzah, SH, bahwa dari pembahasan yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya DPRD menyetujui untuk dijadikan Perda APBD 2021.  

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan persetujuan bersama oleh Ketua DPRD Soeharto Hs dan Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam, dan pimpinan rapat oleh Wakil Ketua Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si

Usai penandatangan persetujuan bersama, Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam dalam pandangan akhirnya menyampaikan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah bekerja keras dan seluruh alat kelengkapan dewan yang terhormat sehingga keputusan ini dapat disetujui.(Red)

17.05

Patuhi Protokol Kesehatan, Badan Anggaran DPRD OI Bersama TAPD Laksanakan Pembahasan Raperda Tentang APBD TA 2021


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam masa pandemi covid-19, DPRD Ogan Ilir menggelar rapat banggar, rapat banggar tersebut digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali melaksanakan pembahasan Raperda tentang APBD TA 2021 bertempat diruang rapat pimpinan DPRD OI KPT Tanjung Senai Senin (14/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD OI Wahyudi, ST, dan wakil ketua Ahmad Syafe’i. S.Sos., M.Si, anggota banggar DPRD M. Iqbal, Basri M. Zahri S.Pd., M.Si, Muhammad Ali, H. Kosasi, SKM., MM, Amir Hamzah, SH, Pathul Jaya, Andika Ismail, Afrizal, SH, Rizal Mustopa, S.IP., M.Si,  Abdul Rozak, ST, Zahruddin, SE, Mulyadi Abdullah, Rahmadi Djakfar, Armin heryadi, Sonedi Ariyansyah, Dedi Damhudi dan Haryata,  

Hadir juga Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag, staf legislasi Agus Ramdani, Meri, Sari Safrina dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto, MT serta dari TAPD diketuai oleh Muhsin Abdulah, ST., MM. (Red)
16.55

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, KPU OI Gelar Rapat Pleno Terbuka

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) hari ini, Selasa (15/12/2020) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OI Tahun 2020.

Proses rekapitulasi suara di tingkat kabupaten pada Pilkada Ogan Ilir 2020 tersebut telah rampung dilaksanakan oleh KPU OI. Seluruh suara dari 895 TPS di 16 kecamatan dan 241 desa serta kelurahan sudah dihimpun di KPU OI dan telah direkapitulasi dengan melibatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan saksi dari paslon 1 maupun paslon 2.

Adapun hasil dari rekapitulasi tersebut bahwa paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani sebagai pemenang Pilkada Ogan Ilir mengalahkan paslon 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak.

“Rekapitulasi Pilkada Ogan Ilir 2020 sudah rampung. Hasilnya, paslon 1 total memperoleh 149.791 suara, sementara paslon 2 memperoleh suara 84.983,” kata Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati didamping komisioner Rusdi Daduk dan Roby Ardiansyah.

Dikatakan Ketua KPU OI Massuryati, mengenai hasil rekapitulasi, paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani unggul di 15 kecamatan, sedangkan paslon nomor urut 2, Ilyas Panji Alam-H Endang PU Ishak hanya menang di satu kecamatan saja yakni Rambang Kuang.
Di Kecamatan Rambang Kuang, Ilyas-Endang memperoleh 6.126 suara, sementara Panca-Ardani dengan 5.568 suara.

Berikut perolehan suara real count hasil rekapitulasi 16 PPK pada Pilkada Ogan Ilir 2020 :

1. Indralaya
Paslon 1 : 15.747 suara
Paslon 2 : 6.999 suara
2. Indralaya Utara
Paslon 1 : 13.549 suara
Paslon 2 : 6.324 suara
3. Indralaya Selatan
Paslon 1 : 9.133 suara
Paslon 2 : 4.400 suara
4. Pemulutan
Paslon 1 : 14.970 suara
Paslon 2 : 9.955 suara
5. Pemulutan Barat
Paslon 1 : 5.131 suara
Paslon 2 : 3.239 suara
6. Pemulutan Selatan
Paslon 1 : 5.767 suara
Paslon 2 : 4.346 suara
7. Tanjung Raja
Paslon 1 : 16.420 suara
Paslon 2 : 9.028 suara
8. Sungai Pinang
Paslon 1 : 8.359 suara
Paslon 2 : 5.589 suara
9. Rantau Panjang
Paslon 1 : 6.799 suara
Paslon 2 : 2.815 suara
10. Kandis
Paslon 1 : 3.949 suara
Paslon 2 : 2.101 suara
11. Rantau Alai
Paslon 1 : 4.437 suara
Paslon 2 : 1.722 suara
12. Muara Kuang
Paslon 1 : 6.758 suara
Paslon 2 : 3.966 suara
13. Lubuk Keliat
Paslon 1 : 6.097 suara
Paslon 2 : 3.420 suara
14. Tanjung Batu
Paslon 1 : 18.172 suara
Paslon 2 : 9.492 suara
15. Payaraman
Paslon 1 : 8.935 suara
Paslon 2 : 5.461 suara
16. Rambang Kuang
Paslon 1 : 5.568 suara
Paslon 2 : 6.126 suara

“Dengan jumlah total dari kedua paslon, kami menghitung suara sah yang direkapitulasi total sebanyak 234.774 suara,” Terang Massuryati.

Seperti diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Ogan Ilir ialah sebanyak 294.729 orang.

Massuryati menjelaskan, dengan jumlah suara yang masuk dikomparasikan dengan jumlah DPT, maka partisipasi masyarakat Ogan Ilir pada Pilkada mencapai 83,58 persen. Jumlah ini melampaui target nasional sebesar 77,50 persen.

“Jadi partisipasi masyarakat pada Pilkada Ogan Ilir 2020 melampaui target nasional, selanjutnya, KPU Ogan Ilir akan melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan secara resmi pemenang Pilkada Ogan Ilir" Tegas Ketua KPU OI.

Ditambahkannya, “Penatapan secara resmi rencananya paling lambat tiga hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi (MK) jika seandainya ada gugatan dari paslon tertentu,” Paparnya. (Red)
16.53

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, KPU OI Distribusikan Logistik Pilkada

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hari ini, minggu (6/12/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mulai melakukan distribusi logistik untuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang ke 5 (lima) Kecamatan di Ogan Ilir.

Pendistribusian tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 atau virus corona.

Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, ini merupakan hari pertama distribusi logistik ke 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. Logistik yang didistribusikan diantaranya kotak suara, surat suara, bilik suara, tinta, formulir, APD untuk petugas TPS maupun warga yang memilih.

" Pada hari pertama, logistik didistribusikan ke 263 TPS di 5 Kecamatan yakni Tanjung Batu, Payaraman, Lubuk Keliat, Muara Kuang dan Rambang Kuang. Sementara logistik untuk 632 TPS di 11 kecamatan lainnya akan didistribusikan secara bertahap hingga tuntas sehari sebelum pencoblosan" Kata Massuryati saat acara simbolis distribusi logistik Pilkada di halaman kantor KPU OI di Indralaya

Ditambahkannya, " Untuk logistik di 11 kecamatan lainnya dikirim besok, bertahap, selanjutnya, logistik yang tiba di kecamatan akan didistribusikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke setiap TPS" Terangnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam yang memimpin simbolis distribusi logistik, berharap penyelanggaraan Pikada tahun ini khususnya di Ogan Ilir, berjalan lancar, aman dan sukses. 

“Semoga Pilkada Ogan Ilir kali ini berjalan sukses, saya juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 9 Desember mendatang, mari gunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 mendatang, Pilkada ini butuh partisipasi kita semua" Kata Bupati OI Ilyas Panji Alam. (Red)

Rabu, 23 Desember 2020

17.56

Bertahun-tahun Rusak Parah, Warga Harapkan Jalan Segera Diperbaiki

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sudah sejak beberapa tahun yang lalu jalan Tamyiz yang tembus menuju jalan lingkar citra kondisinya rusak parah dan perlu perbaikan, karena jalan tersebut merupakan jalan alternatif warga sekitar untuk menuju ke Indralaya.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Ketua RT 03 RW 02, Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Iir (OI) Rendi, Rabu (23/12/2020) menurutnya jalan ini memang sudah lama rusak, namun belum pernah diperbaiki.
"Iya kalau tidak salah sudah sekitar empat tahunan jalan ini kondisinya seperti ini, kalau hujan rusak berlumpur sedangkan kalau musim panas kondisinya berlobang dan berdebu" Kata Rendi Ketua RT 03 didampingi warga sekitar Aswari.

Dikatakannya, dirinya selaku RT 03 dan juga atas nama warga setempat berharap sekali pada Pemerintah Kabupaten OI, khususnya dinas terkait agar bisa memperbaiki jalan tersebut, karena jalan ini sama sekali belum pernah diperbaiki.

"Saya selaku ketua RT 03 berharap sekali dengan adanya pemberitaan ini jalan ini bisa segera diperbaiki, mengingat jalan ini kondisinya yang rusak, ditambah lagi jalan ini bisa dikatakan jalan lingkar atau jalan alternatif" Harapnya. 

Terpisah, Lurah Timbangan Ikhwani ketika dikonfirmasi via seluler, Kamis (24/12/2020), terkait jalan yang rusak, dirinya menyarankan agar RT setempat bisa membuat Proposal untuk perbaikan jalan tersebut.

"Untuk jalan yang rusak tersebut saya selaku Lurah, berharap agar jalan tersebut segera diperbaiki, oleh karena itulah saya meminta agar RT setempat khususnya RT 03 segera membuat proposal, nantinya proposal tersebut akan segera kita tindak lanjuti" Singkatnya. (Ani/ Di2/ Red)



Minggu, 20 Desember 2020

04.10

Nurul Aqiqah Palembang Bekerjasama Dengan Pusat Khitan Sumsel Adakan Program Berbagi

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Nurul Aqiqah Melalui Pusat Khitan Sumsel Mengelar program berbagi dengan khitanan massal gratis sebanyak 63 peserta. Kegiatan yang diselenggarakan di Jln Swadaya, kelurahan srijaya, kecamatan alang-alang lebar masjid As Saidi. 

Acara yang juga di hadirkan oleh Lurah Srijaya, DPP Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Imdonesia (BKPRMI)dan ketua DPD BKPRMI kota Palembang ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan banyak apresiasi. 

“Program berbagi dengan kegiatan khitan massal ini bertujuan untuk membantu santri TK TPA, dhuafa dan masyarakat umum agar bisa melaksanakan khitan secara gratis tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dengan demikian diharapkan anak-anak bisa tumbuh dengan sehat,” ujar Safrianto Owner Nurul Aqiqah Palembang, Minggu (20/12/2020).

Sebelum kegiatan dimulai, para peserta khitan dan orangtua mendapatkan pengarahan dan penyuluhan dari dr. Alfredo berkaitan dengan perawatan pasca khitan. 

“Alhamdulillah kegiatan khitanan massal sebanyak 63 anak kali ini berjalan dengan lancar. Semoga bisa memberikan keberkahan bagi kita semua” Kata pimpinan masjid As Saidi

Salah satu peserta khitan, Rangga (8) mengucapkan banyak terimakasih kepada Nurul Aqiqah dan Pusat Khitan karena telah mengkhitan secara gratis, selain di khitan Rangga juga mendapatkan bingkisan. Semoga Nurul Aqiqah dan Pusat Khitan senantiasa amanah dan mendapatkan keberkahan." tutup orang tua Angga. (Medi RZ)

Sabtu, 19 Desember 2020

16.21

Terapkan Protokol Kesehatan, Pembagian Raport Berjalan Lancar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus penyebaran mata rantai covid-19, pelaksanaan pembagian raport di MTs Negeri Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) berjalan lancar.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (19/12/2020), terlihat mulai dari mau masuk gerbang hingga ke dalam, semuanya harus sesuai dengan protokol kesehatan.

"Saat mau masuk gerbang, untuk kendaraan diparkir diluar gerbang, kemudian saat mau masuk dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu, kemudian akan langsung diarahkan ke lokasi pembagian raport oleh salah satu guru yang memakai masker" Kata Di salah satu wali siswa yang mau mengambil raport.

Dikatakannya, setiap orang yang mau masuk untuk mengambil raport dilakukan hal yang sama, sehingga semua berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sedikitpun.

"Jadi untuk setiap orang yang masuk dilakukan hal yang sama, dan juga setelah diarahkan oleh guru yang memakai masker tadi, maka wali siswa bisa langsung menemui wali kelas masing-masing, langsung akan dipanggil dan dibagikan raportnya" Imbuhnya. (Ani/ Di2/ Red)

Kamis, 17 Desember 2020

20.34

Rumah Zakat Raih Penghargaan Customer Experience Champion dan Top 3 Digital Marketing Champion 2020

BANDUNG, gmjnews.co.id– Rumah Zakat berhasil mendapatkan penghargaan Customer Experience Champion 2020 untuk Kategori ZIS dan Top 3 Digital Marketing Champion yang digelar dalam acara Indonesia Customer Experience Champions 2020 and Digital Marketing Champion 2020 oleh majalah SWA dan Business Digest.

Acara ini merupakan Sebuah apresiasi kepada merek dan perusahaan yang berhasil meraih pengakuan pelanggan dalam memberikan pelayanan mengesankan selain itu juga apresiasi kepada perusahaan yang berhasil mengelola teknologi digital dalam bidang pemasaran dan penjualan. 

Pencapaian ini menjadikan Rumah Zakat lebih berkomitmen untuk terus menjadi lembaga yang profesional dan amanah terutama dalam memberikan pelayanan dan memberikan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia dan dunia.

“Alhamdulilah, terimakasih atas doa dan dukungan semua pihak atas diraihnya penghargaan ini, mohon doa dan dukungannya selalu untuk terus amanah serta menjadi lebih baik terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” ujar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, Kamis (17/12).

Selama 2020 melalui optimalisasi dana Zakat Infak dan sedekah dari para donatur Rumah Zakat telah memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi 2,8 Juta Penerima Manfaat. 1.686 Desa Berdaya, 19 Sekolah Juara, 8 Klinik Kesehatan, serta telah mendistribusikan 348.491 paket Superqurban pada masyarakat mebutuhkan yang terdampak covid-19. (Medi RZ)

Rabu, 16 Desember 2020

05.42

Banggar DPRD OI Sampaikan Laporan Pembahasan Raperda APBD TA 2021

GAN ILIR,gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan anggaran dan pengambilan persetujuan atas Raperda Tentang APBD TA 2021 serta pendapat akhir bupati, bertempat diruang rapat paripurna DPRD OI Tanjung Senai Indralaya, Selasa (15/12/2020).

Rapat Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI, Soeharto Hs didampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si dan dihadiri anggota DPRD dengan mengikuti protokol Kesehatan, hadir dalam paripurna tersebut Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Muspida melalui Virtual serta para media baik cetak maupun elektronik.

Dan hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M,Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST. Kasubag risalah Dasmi Amelia Sari, SH., M.Si, Staf Legislasi Agus Ramdani, Dadang dan sari safrina

Dalam laporannya yang disampaikan oleh Anggota Badan Anggaran Amir Hamzah, SH, bahwa dari pembahasan yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya DPRD menyetujui untuk dijadikan Perda APBD 2021.  

Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan persetujuan bersama oleh Ketua DPRD Soeharto Hs dan Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam, dan pimpinan rapat oleh Wakil Ketua Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si

Usai penandatangan persetujuan bersama, Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam dalam pandangan akhirnya menyampaikan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah bekerja keras dan seluruh alat kelengkapan dewan yang terhormat sehingga keputusan ini dapat disetujui. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
05.38

Badan Anggaran DPRD OI Bersama TAPD Laksanakan Pembahasan Raperda Tentang APBD TA 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali melaksanakan pembahasan Raperda tentang APBD TA 2021 bertempat diruang rapat pimpinan DPRD OI KPT Tanjung Senai Senin (14/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD OI Wahyudi, ST, dan wakil ketua Ahmad Syafe’i. S.Sos., M.Si, anggota banggar DPRD M. Iqbal, Basri M. Zahri S.Pd., M.Si, Muhammad Ali, H. Kosasi, SKM., MM, Amir Hamzah, SH, Pathul Jaya, Andika Ismail, Afrizal, SH, Rizal Mustopa, S.IP., M.Si,  Abdul Rozak, ST, Zahruddin, SE, Mulyadi Abdullah, Rahmadi Djakfar, Armin heryadi, Sonedi Ariyansyah, Dedi Damhudi dan Haryata,  

Hadir juga Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag, staf legislasi Agus Ramdani, Meri, Sari Safrina dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto, MT serta dari TAPD diketuai oleh Muhsin Abdulah, ST., MM. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
03.54

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Jawaban atau Penjelasan Bupati OI Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Penyampaian Nota Keuangan RAPBD 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Kembali menggelar Paripurna Jawaban atau Pandangan Bupati Terhadap Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Ogan Ilir RAPBD TA 2021, bertempat diruang Paripurna DPRD Ogan Ilir KPT Tanjung Senai, Minggu, (13/12/2020).

Rapat yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Ketua DPRD Soeharto HS  didampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si dan dihadiri juga perwakilan anggota fraksi DPRD dan hadir juga Bupati Ogan Ilir yang dikuasakan kepada Asisten II H. Muhsin Abdulah, ST., MM dan dari BPKAD Fakhruddin Ginta Pratama, SE., M.Si dan beberapa OPD secara virtual.

Hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP,  Kabag Humas Yuniarti, S.IP., M.Si, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, staf legislasi Meri, dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum.

Jawaban atau penjelasan Bupati Kab. Ogan Ilir disampaikan oleh Asisten II Setda Ogan Ilir H. Muhsin Abdulah, ST., MM atas penyampaian Fraksi-Fraksi sehari sebelumnya yakni Fraksi Golkar disampaikan oleh Dwi Rosalina, Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Zainab, SPd, Fraksi Nasdem Fina Meilani, S.Sos., M.Si, Fraksi PPP H. Sopian HM.Ali, S.IP, Fraksi Bergerak disampaikan oleh H. Husnul Anam, SH.i dan Fraksi Persatuan Bangsa disampaikan oleh Desmaniar. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
03.41

Pemdes Tambangan Kelekar Terima Penghargaan

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Pemerintahan Desa (Pemdes) Tambangan Kelekar, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Menerima penghargaan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kepala Desa Tambangan Kelekar Umar Dani yang diberikan langsung kepadanya di kantor Desa pada Rabu (16/12/2020) kemarin.

Piagam penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh pihak kecamatan Gelumbang pada saat selesai acara pembagian BLT DD tahap terakhir di kantor Desa Tambangan Kelekar.

Kepala Desa Tambangan Kelekar Umar Dani mengaku, sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima tersebut.

"Penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kita semua. Prestasi yang kita raih ini akan kita pertahankan," ungkap Umar Dani kepada media.

Dikatakannya, "Terimakasih untuk semua perangkat Desa dan yang lainnya tak bisa saya sebutkan satu-persatu yang sudah membantu dan memfasilitasi Penyaluran BLT DD sehingga tanpa ada kendala apapun, dan Alhamdulillah kita dapat menyelesaikan dengan cepat," tutupnya. (Anil)

Selasa, 15 Desember 2020

18.11

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Kembali menggelar Paripurna Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD OI terhadap RAPBD OI TA 2021, bertempat diruang Paripurna DPRD Ogan Ilir KPT Tanjung Senai, Sabtu, (12/12/2020).

Rapat yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Ketua DPRD Soeharto HS  disampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i, S.Sos., M.Si dan dihadiri juga perwakilan anggota fraksi DPRD dan
Hadir juga Bupati kabupaten Ogan Ilir yang dikuasakan kepada Asisten II H. Muhsin Abdulah, ST., MM dan beberapa OPD secara virtual.

Hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP,  Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag Humas Hj. Saadah, staf legislasi Agus Ramdani, Meri, dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto, MT

Dalam penyampaiannya, Fraksi Golkar disampaikan oleh Dwi Rosalina, Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Zainab, SPd, Fraksi Nasdem Fina Meilani, S.Sos., M.Si, Fraksi PPP H. Sopian HM. Ali, S.IP, Fraksi Bergerak disampaikan oleh H. Husnul Anam, SH.i dan Fraksi Persatuan Bangsa disampaikan oleh Desmaniar.

Dan 7 Fraksi menerima dan Menyetujui Raperda APBD 2021 Menjadi Perda APBD TA 2021. (Ril Humas DPRD OI/ Red)  
18.07

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna Penandatanganan Bersama Pembahasan Hasil KUA PPAS APBD TA 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan bersama hasil pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021, bertempat diruang Paripurna DPRD Ogan Ilir KPT Tanjung Senai, Jumat, (11/12/2020).

Rapat yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS didampingi wakil ketua DPRD Ahmad Syafe'i. S.Sos., M.Si dihadiri perwakilan anggota fraksi DPRD OI dan
Hadir juga Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam dan beberapa OPD selebihnya melalui Vidcom.

Hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP,  Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag, kasubag Risalah Dasmi Amelia sari, SH, M.Si, Kasubag Protokol Hj. Sa' Adah, staf legislasi Agus Ramdani, Meri,  Dadang Muslim dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto,MT

Paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan bersama Bupati HM. Ilyas Panji Alam dan Ketua DPRD Soeharto Hs.

Usai rapat penanda tanganan dilanjutkan dengan nota penjelasan bupati terhadap RAPBD TA 2021. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
18.04

Rapat Banggar yang dipimpin Ketua DPRD OI, Setujui Pembahasan KUA PPAS APBD 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali melaksanakan rapat  KUA/PPAS RAPBD TA 2021, bertempat diruang rapat pimpinan DPRD OI KPT Tanjung Senai pukul 19.30 wib s/d selesai, Kamis (10/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS yang didampingi Wakil Ketua DPRD OI Wahyudi, ST, dan wakil ketua Ahmad Syafe’i, S.Sos., M.Si,  anggota banggar DPRD M. Iqbal, Basri M. Zahri S.Pd., M.Si, Muhammad Ali, H. Kosasi, SKM., MM, Amir Hamzah, SH, Pathul Jaya, Andika Ismail, Afrizal, SH,  Rizal Mustopa, S.IP., M.Si, Abdul Rozak, ST, Firmansyah, Zahruddin, SE, Ahmad Yadi, Mulyadi Abdullah, Hj. Febti Wulansari, Rahmadi Djakfar, Armin heryadi, Sonedi Ariyansyah, Dedi Damhudi dan Haryata,  

Hadir juga Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag, staf legislasi Agus Ramdani, Meri, Sari Safrina dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Eko Irianto, MT serta dari TAPD dketuai oleh Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto.

Dari hasil rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Ogan Ilir bersama TAPD tersebut, DPRD Kabupaten Ogan Ilir melaui Badan Anggaran menyetujui pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
17.49

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Banmus Untuk Menjadwalkan Kegiatan DPRD


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali menjadwalkan kegiatan DPRD OI bertempat diruang rapat pimpinan DPRD KPT Tanjung Senai, Kamis, (10/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS didampingi wakil Ketua DPRD Wahyudi, ST bersama Anggota Banmus DPRD Sukarni, S.Sos, Dwi Rosalina, Safari, Fina Meilani Sari Dewi, S.Kep, Marzuki A.Karim, SH, Rozuli Muhammad, Arham Fadholi, Desmaniar , Rosita Dewi beserta Anggota DPRD Lainnya 

Rapat tersebut juga dihadiri Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Afrizal, ST, staf legislasi Agus Narajaya, Meri, Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, Ir. Ako Aryanto, MT serta dari Bagian Hukum Yep Zuledi. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
17.46

Banggar DPRD OI di Ketuai Soeharto HS, kembali Lakukan Pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021 bersama TAPD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali melaksanakan rapat  KUA/PPAS RAPBD TA 2021, bertempat diruang rapat pimpinan DPRD KPT Tanjung Senai, Sabtu (05/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS yang didampingi Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe’i, S.Sos., M.Si,  anggota banggar DPRD M. Iqbal, Basri M. Zahri S.Pd., M.Si, H. Kosasi, SKM., MM, Rizal Mustopa, S.IP., M.Si, Abdul Rozak, ST, Zahruddin, SE, Mulyadi Abdullah, Hj. Febti Wulansari, Sonedi Ariyansyah, Dedi Damhudi dan Ahryata,  

Hadir juga Sekretaris DPRD OI Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, kasubag risalah dasmi Amelia sari SH., M.Si, staf legislasi Agus Ramdani, Meri, Sari Safrina dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M. Hum,Ir. Eko Aryanto, MM serta dari TAPD dketuai oleh Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto.

Rapat Tersebut dilaksanakan guna pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
17.41

Sekretaris DPRD Mukhsinah Terima Kunjungan Pjs. Bupati OI


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mukhsinah, SE., M.Si Kabupaten Ogan Ilir (OI) menerima kunjungan Pjs. Bupati Aufa Syahrizal, SP, M.Sc bertempat diruang rapat pimpnan DPRD KPT Tanjung Senai, Jum’at, (04/12/2020).

Kunjungan tersebut diterima langsung Oleh Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si bersama staf sekretariat DPRD, dan kunjungan Pjs. Bupati Aufa Syahrizal, SP M.Sc didampingi Asisten I Mukhsin Abdulah dan Kepala Dinas Kesbangpol Wilson Efendi.

Kunjungan Pjs. Bupati Aufa Syahrizal, SP M.Sc tersebut bertujuan berpamitan setelah berakhirnya jabatan beliau sebagai Pjs. Bupati Ogan Ilir, dan kembali sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan.

Mukhsinah SE., M.Si sebagai Sekretaris DPRD Ogan Ilir mewakili pimpinan beserta anggota DPRD Ogan Ilir mengucapkan mohon maaf apabila ada hal yang salah baik senagaja maupun tidak disengaja semoga kita semua kedepan selalu dalam kebaikan.

"Selaku Sekretaris DPRD Ogan Ilir, saya mengucapkan terimakasih kapada Pjs. Bupati Aufa Syahrizal, SP M.Sc atas semua bimbingan dan arahannya" Kata Mukhsinah. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
17.37

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Badan Musyawarah

OGAN ILIR,gmjnews.co.id- Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali menjadwalkan kegiatan DPRD OI satu bulan kedepan bertempat diruang rapat pimpinan DPRD OI KPT Tanjung Senai, Senin (30/11/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS  bersama Anggota Banmus DPRD OI Sukarni, S.Sos, Arif Fahlevi, Marzuki A. Karim, SH, Ahmad Yadi, SH, Rozuli Muhammad, Asrudin Rusla, ST, Arham Fadholi, Desmaniar beserta Anggota DPRD Lainnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Kabag Legislasi Yubhar,S.IP, staf legislasi Agus Narajaya, Meri, Dadang, Sari Safrina, Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi,M.Hum, serta dari BAPEDA Oktafiadi. (Ril Humas DPRD OI/ Red)
17.33

Banggar DPRD OI Kembalikan Dokumen KUA/PPAS RAPBD TA 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali melaksanakan rapat bersama TAPD Setda OI , bertempat diruang rapat pimpinan DPRD Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Sabtu (21/11/2020).

Rapat Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe’i, S.Sos., M.Si, anggota banggar DPRD M. Iqbal, H. Kosasi, Amir Hamzah, Afrizal, Rizal Mustopa, Abdul Rozak, Firmansyah, Zahrudin, Mulyadi Abdullah, Hj. Febti Wulansari, Rahmadi Djakfar, Sonedi Ariyansyah, dan Haryata,  yang juga dihadiri Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, dan Staf Khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum, staf legislasi Agus Narajaya, Meri dan Sari Safrina serta dari TAPD diketuai oleh Pj. Sekda OI Ir. M. Badrun Priyanto.

Usai rapat, pimpinan rapat Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe'i yang didampingi Rahmadi Djakfar anggota Banggar menyerahkan dan mengembalikan Dokumen KUA/PPAS RAPBD TA 2021 kepada TAPD Setda Ogan Ilir yang diterima langsung oleh Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto. (Ril Humas DPRD OI/Red)
05.44

KPU OI Gelar Rapat Pleno Terbuka, Ini Hasilnya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) hari ini, Selasa (15/12/2020) menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OI Tahun 2020.

Proses rekapitulasi suara di tingkat kabupaten pada Pilkada Ogan Ilir 2020 tersebut telah rampung dilaksanakan oleh KPU OI. Seluruh suara dari 895 TPS di 16 kecamatan dan 241 desa serta kelurahan sudah dihimpun di KPU OI dan telah direkapitulasi dengan melibatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan saksi dari paslon 1 maupun paslon 2.

Adapun hasil dari rekapitulasi tersebut bahwa paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani sebagai pemenang Pilkada Ogan Ilir mengalahkan paslon 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak.

“Rekapitulasi Pilkada Ogan Ilir 2020 sudah rampung. Hasilnya, paslon 1 total memperoleh 149.791 suara, sementara paslon 2 memperoleh suara 84.983,” kata Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati didamping komisioner Rusdi Daduk dan Roby Ardiansyah.

Dikatakan Ketua KPU OI Massuryati, mengenai hasil rekapitulasi, paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani unggul di 15 kecamatan, sedangkan paslon nomor urut 2, Ilyas Panji Alam-H Endang PU Ishak hanya menang di satu kecamatan saja yakni Rambang Kuang.
Di Kecamatan Rambang Kuang, Ilyas-Endang memperoleh 6.126 suara, sementara Panca-Ardani dengan 5.568 suara.

Berikut perolehan suara real count hasil rekapitulasi 16 PPK pada Pilkada Ogan Ilir 2020 :

1. Indralaya
Paslon 1 : 15.747 suara
Paslon 2 : 6.999 suara
2. Indralaya Utara
Paslon 1 : 13.549 suara
Paslon 2 : 6.324 suara
3. Indralaya Selatan
Paslon 1 : 9.133 suara
Paslon 2 : 4.400 suara
4. Pemulutan
Paslon 1 : 14.970 suara
Paslon 2 : 9.955 suara
5. Pemulutan Barat
Paslon 1 : 5.131 suara
Paslon 2 : 3.239 suara
6. Pemulutan Selatan
Paslon 1 : 5.767 suara
Paslon 2 : 4.346 suara
7. Tanjung Raja
Paslon 1 : 16.420 suara
Paslon 2 : 9.028 suara
8. Sungai Pinang
Paslon 1 : 8.359 suara
Paslon 2 : 5.589 suara
9. Rantau Panjang
Paslon 1 : 6.799 suara
Paslon 2 : 2.815 suara
10. Kandis
Paslon 1 : 3.949 suara
Paslon 2 : 2.101 suara
11. Rantau Alai
Paslon 1 : 4.437 suara
Paslon 2 : 1.722 suara
12. Muara Kuang
Paslon 1 : 6.758 suara
Paslon 2 : 3.966 suara
13. Lubuk Keliat
Paslon 1 : 6.097 suara
Paslon 2 : 3.420 suara
14. Tanjung Batu
Paslon 1 : 18.172 suara
Paslon 2 : 9.492 suara
15. Payaraman
Paslon 1 : 8.935 suara
Paslon 2 : 5.461 suara
16. Rambang Kuang
Paslon 1 : 5.568 suara
Paslon 2 : 6.126 suara

“Dengan jumlah total dari kedua paslon, kami menghitung suara sah yang direkapitulasi total sebanyak 234.774 suara,” Terang Massuryati.

Seperti diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Ogan Ilir ialah sebanyak 294.729 orang.

Massuryati menjelaskan, dengan jumlah suara yang masuk dikomparasikan dengan jumlah DPT, maka partisipasi masyarakat Ogan Ilir pada Pilkada mencapai 83,58 persen. Jumlah ini melampaui target nasional sebesar 77,50 persen.

“Jadi partisipasi masyarakat pada Pilkada Ogan Ilir 2020 melampaui target nasional, selanjutnya, KPU Ogan Ilir akan melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan secara resmi pemenang Pilkada Ogan Ilir" Tegas Ketua KPU OI.

Ditambahkannya, “Penatapan secara resmi rencananya paling lambat tiga hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi (MK) jika seandainya ada gugatan dari paslon tertentu,” Paparnya. (Red)

Minggu, 13 Desember 2020

22.03

Kolaborasi Untuk Ciptakan Lansia Sehat Jasmani Dan Rohani

EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Relawan Inspirasi Rumah Zakat Candra Wijaya berkolaborasi dengan para siswi SMK Negeri 1 Empat Lawang jurusan Asisten Keperawatan, bidan RSUD Empat Lawang, tenaga medis dari dinas kesehatan Kabupaten Empat Lawang serta anak-anak Irma Al-Hadid Ahad (13/12/2020).

“Lansia merupakan bagian dari tatanan masyarakat, yang berperan penting dalam memberikan contoh kepada generasi dibawahnya. Sehingga dengan itu, sudah sepatutnya di usia senjanya para lansia mendapatkan perhatian khusus dalam segi kesehatan dan keaktifan serta produktivitas di kesehariannya”, ujar Chandra.

Layanan Kesehatan diberikan kepada para lansianya. Pelayanan kesehatan tersebut berupa cek metabolik, penyuluhan gaya hidup sehat, serta pemberian makanan tambahan dan tidak lupa membagikan masker. (Medi RZ)

Sabtu, 12 Desember 2020

19.31

Terapkan Protokol Kesehatan, Warga NTB Ogan Ilir Antusias Lakukan Pencoblosan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan juga meski dalam suasana dingin akibat diguyur hujan semalaman.

Warga yang berada di Desa Naikan Tembakang (NTB) Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) antusias lakukan pencoblosan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar hari ini, Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan pantauan di TPS 02 yang berada di Dusun II Desa NTB terlihat warga berbondong-bondong untuk mencoblos guna memilih Calon Bupati dan juga Calon Wakil Bupati Kabupaten OI.

"Ini merupakan momen penting, jadi kita harus menggunakan hak pilih kita untuk menentukan pilihan, serta untuk pemimpin Ogan Ilir untuk lima tahun kedepan" Kata Ahmad.

Dikatakannya, "Dengan telah kita melakukan pencoblosan berarti kita juga telah menentukan siapa yang bakal memimpin Ogan Ilir lima tahun kedepan, dan semoga nantinya siapa saja yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati OI nantinya bisa memajukan Kabupaten Ogan Ilir untuk kedepannya" Harapnya.

Diketahui bahwa dalam Pelaksanaan Pilkada serentak ini ada dua pasang Calon Bupati dan juga Wakil Bupati OI yakni Paslon 01 Panca-Ardani dan juga Paslon 02 yakni Ilyas-Endang. (Red)

Selasa, 08 Desember 2020

01.09

Ilyas-Endang Di Prediksi Menang di 173 Desa

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Menjelang H-1 waktu pencobolsan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupti di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Pasangan Calon nomor urut 2 Ilyas-Endang di Prediksi bakal menang di 173 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Prediksi tersebut, berdasarkan hasil dari survei internal Partai Pengusung maupun hasil dari survei beberapa Lembaga Survei kredibel yang ada di Sumsel.

Menurut Seketaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PDI Perjuangan Ogan Ilir Muhammad Rizal. ST. Prediksi kemenangan ini bukan mengada-ada, murni dari hasil survei yang dilakukan internal partainya, Senin (7/12/2020) 

"Kami telah melakukan survei di seluruh Desa, hasilnya Alhamdulillah cukup memuaskan, dari 241 Desa dan Kelurahan yang ada, Paslon yang Kami usung unggul di 173 Desa, mudah-mudahan hasil ini tidak terjadi pergeseran sampai hari pencoblosan, sehingga Kami dapat memenangkan Pilkada serentak di Ogan Ilir ini " Kata Rizal

Lebih lanjut Rizal mengatakan, selain survei Internal Partainya, ada juga survei yang lakukan dari beberapa lembaga survei kredibel lainnya, dan hasilnya pun hampir sama Ilyas-Endang tetap    Unggul, walaupun ada perbedaan sedikit persentase kemenangannya" Ujar Rizal

Dari hasil survei, keunggulan Ilyas-Endang berdasarkan animo masyarakat yang setuju dengan Tiga Program unggulan visi misi yang akan dilaksanakan Pasangan Ilyas-Endang kedepan, yaitu Program Transformasi Pertanian, Program Kesehatan Prima dan Program seragam sekolah gratis. (Red)

Minggu, 06 Desember 2020

05.05

KPU OI Distribusikan Logistik Pilkada

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hari ini, minggu (6/12/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) mulai melakukan distribusi logistik untuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang ke 5 (lima) Kecamatan di Ogan Ilir.

Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, ini merupakan hari pertama distribusi logistik ke 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. Logistik yang didistribusikan diantaranya kotak suara, surat suara, bilik suara, tinta, formulir, APD untuk petugas TPS maupun warga yang memilih.

" Pada hari pertama, logistik didistribusikan ke 263 TPS di 5 Kecamatan yakni Tanjung Batu, Payaraman, Lubuk Keliat, Muara Kuang dan Rambang Kuang. Sementara logistik untuk 632 TPS di 11 kecamatan lainnya akan didistribusikan secara bertahap hingga tuntas sehari sebelum pencoblosan" Kata Massuryati saat acara simbolis distribusi logistik Pilkada di halaman kantor KPU OI di Indralaya

Ditambahkannya, " Untuk logistik di 11 kecamatan lainnya dikirim besok, bertahap, selanjutnya, logistik yang tiba di kecamatan akan didistribusikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke setiap TPS" Terangnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam yang memimpin simbolis distribusi logistik, berharap penyelanggaraan Pikada tahun ini khususnya di Ogan Ilir, berjalan lancar, aman dan sukses. 

“Semoga Pilkada Ogan Ilir kali ini berjalan sukses, saya juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 9 Desember mendatang, mari gunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 mendatang, Pilkada ini butuh partisipasi kita semua" Kata Bupati OI Ilyas Panji Alam. (Red)

03.44

Hasil Survei Ilyas-Endang Diprediksi Menang Besar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) 2020 tinggal menghitung hari. beberapa lembaga survei telah merilis hasil surveinya. Kali ini lembaga survei potret research yang merilis hasilnya, bertempat di Restoran Sederhana Minggu, (06/12/2020).

“Survei ini dilakukan pada tanggal 30 November sampai dengan 5 Desember 2020” Kata Direktur Potret Research Eka Saputra.

Pelaksanaan survei ini dilakukan di 16 Kecamatan yang terpilih secara acak dan Proposional 420 responden. Metodologi survei mulitstage random sampling, dengan Tingkat Kepercayaan (confidence level) sebesar 95 persen. Sedangkan rentan margin of error sebesar 4,5 persen.

Dari simulasi elektabilitas kedua pasangan calon, hasilnya 58 persen pemilih ogan ilir memilih Ilyas Endang, 33 persen memilih Panca Ardhani dan 9 persen belum menentukan pilihannya.

“dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pasangan urut 2 Ilyas Endang sangat berpeluang menang besar. Selisih 23 persen sampai dengan 25 persen dari pasangan urut 1 Panca Ardhani yang hanya meraih pilihan sebesar 33 persen,” ujar Eka.

Selain itu, lanjut Dia, berdasarkan hasil uji sebaran cross-tabulation atau elektabilitas dengan Daerah Pemilihan di 16 kecamatan. Calon petahana Ilyas Endang unggul di 12 Kecamatan yaitu Muara Kuang, Rambang Kuang, Lubuk Keliat, Payaraman, Tanjung Batu, Indralaya, Indralaya Utara, Indralaya Selatan, Pemulutan, Pemulutan Barat, Rantau Alai dan Sungai Pinang. Sementara Pasangan urut 1 Panca Ardhani unggul di 4 kecamatan yaitu Tanjung Raja, Kandis, Rantau Panjang dan Pemulutan Selatan.

Eka menegaskan, data tersebut menunjukkan terdapat 64,4 persen yang menyatakan pilihannya sudah tetap atau mantap. Hanya 25,6 persen responden yang menyatakan masih mungkin berubah pilihannya. Kemudian dalam temuan data tersebut, mayoritas 61% menyatakan masih menginginkan Bupati petahana Ilyas Panji Alam, hanya 31% yang mengatakan ingin bupati baru dan 8% tidak tahu tidak menjawab.
 
Eka menilai dari angka survei tersebut menunjukkan Pilkada Ogan Ilir masih akan dilanjutkan oleh Bupati petahana. Sulit pasangan calon urut 1 memenangkan pilkada 9 desember 2020 mendatang karena jarak selisihnya sudah diatas 20%. terang dia. (Red)

Senin, 30 November 2020

06.37

Alex Noerdin : Rawe rawe Rantas, Malang malang Putung 9 Desember Pilih Ilyas-Endang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kembali di pekan terakhir masa kampanye Alex Noerdin Ketua Dewan Pertimbangan Partai GOLKAR Propinsi Sumsel, melakukan road show keliling Ogan Ilir dalam rangka mendukung penuh dan memenangkan Paslon Bupati Wakil Bupati Ogan Ilir Nomor urut 2 ILYAS ENDANG.

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini meyakinkan warga untuk memilih pemimpin yang bisa membawa kemajuan daerah

"Jangan ragu mantapkan hati, maju terus pantang mundur, 'rawe- rawe rantas malang malang putung' pilih nomor urut 2 Ilyas Endang" Kata Alex Noerdin, disambut gemuruh tepuk tangan warga Desa Ulak Kerbau Lama Kecamatan Tanjung Raja, Senin (30/11/2020).
Lebih lanjut mantan Gubernur Sumsel dua periode menjelaskan, bahwa kemajuan sebuah kabupaten menandakan bahwa kepala daerahnya berkualitas, mampu dan berpengalaman.

"Pasangan Ilyas Endang memenuhi persyaratan itu dan saya saya menilai , saya menganggap, saya berkeyakinan pasangan nomor urut dua ini pasangan yang bisa membawa Ogan Ilir lebih baik.  Maka dari itu kita dukung dan pilih nomor urut 2 Ilyas Endang" Ujarnya.

Dijelaskannya, alasannya kenapa kita pilih Ilyas-Endang, 9 Desember 2020 nanti, karena mereka berdua sudah terbukti dan teruji dalam memimpin.

"Mana bisa memimpin tanpa bekal dan pengalaman, dan sudah banyak contoh, kalau kita salah memilih pemimpin, akhirnya tidak bisa menjaga dan mempertanggung jawabkan kepemimpinannya. Maka dari itu jangan salah pilih, kita pilih Ilyas-Endang" tegas Alex.

Disamping pasangan calon nomor urut 2, Ilyas-Endang, turut hadir mendampingi H Alex Noerdin dalam rangkaian road show kelililing Ogan Ilir selama dua hari di beberapa lokasi diantaranya Desa Pulau Negara Pemulutan Barat, KM 32 Timbangan, dan Desa Ulak Kerbau Tanjung Raja, Indralaya Utara, antara lain hadir Sekretaris Partai Golkar Sumsel Ir Herpanto dan pengurus lainnya, Ketua Fraksi Partai GOLKAR Sumsel Fatra Radezayansyah, ST, MT, Anggota DPRD Sumsel Fraksi Partai GOLKAR H Nawawi, SH Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto Hs, dan seluruh anggota DPR Fraksi Partai Golkar, beserta jajaran pengurus kader dan simpatisan partai Golkar.

Pada kesempatan itu juga baik Ilyas maupun Endang dalam orasinya kembali menegaskan kepada warga, bahwa program dan misi yang ditawarkan lima tahun ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar masyarakat yaitu pendapatan perkapita yang meningkat dengan transformasi pertanian, kesehatan prima gratis dan pendidikan prima gratis. (Ril/Red)
04.09

Rumah Zakat Berikan Support Kepada Sonia

GMJNews- Hampir setiap minggunya Sonia selalu di rawat inap Rumah Sakit Moehammad Hoesin Palembang untuk cuci darah dan kemoterapi. Selain itu juga harus mengkonsumsi obat-obatan yang tidak di tanggung oleh BPJS.

Hal ini membuat Ony  Ibu dari Sonia terus berusaha mencari uang untuk biaya pengobatan Sonia.  Karena kondisinya yang naik turun membuat kondisi fisik Sonia pula berubah dan lemah. 

Karena sakit autoimun membutuhkan perawatan yang panjang, itu tidak membuat Sonia menyerah, tim Rumah Zakat mendatangi RSMH tempat perawatan Sonia untuk menyalurkan hasil donasi yang digalang dari donatur melalui kitabisa.

“Alhamdulillah, terimakasih Rumah Zakat dan Kitabisa.com telah membantu Sonia untuk tetap berjuang melawan penyakit Auto Imunnya. Semoga Sonia Bisa sehat seperti sediakala dan yang membantu dimudahkan rezekinya," ucap Ony. (Medi RZ)

Jumat, 27 November 2020

21.10

Feature: Jeritan Pedagang Kecil Ditengah Pandemi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pandemi Covid-19 yang telah menyebar sejak beberapa bulan yang lalu membuat kehidupan para pedagang dipasaran terutama para pedagang kecil menjerit, karena untuk memenuhi kebutuhan sangat sulit ditambah lagi adanya virus covid-19.

Jadi mau tidak mau para pedagang kecil harus berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari, dan tak ayal mereka harus ekstra keras memutar otak demi memenuhi kehidupannya.

Belum lagi kondisi perekonomian menjadi salah satu hal utama dan paling utama yang mereka rasakan, dan membuat bingung para pedagang kecil tersebut.

Sebut saja Budi salah satu pedagang kecil yakni berdagang sayur-sayuran yang biasa berjualan di pasar tradisional di Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang merasakan "perihnya" kondisi ekonomi ditengah pandemi covid-19.

"Saya hampir kurang lebih satu minggu tidak berjualan, karena tidak boleh keluar rumah dulu, terutama ditengah pandemi covid-19. Jelas saya merasakan hal yang berbeda, terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari belum lagi untuk kebutuhan-kebutuhan yang lain" Kata Budi, Sabtu (28/11/2020).

Dikatakannya, belum lagi kalau ada kebutuhan yang mendesak, misalnya beras habis namun uang tak ada, jadi terpaksa kami harus berhutang pada tetangga.

"Bagaimana mungkin, penghasilan kami hanya dari berjualan, otomatis tidak berjualan selama seminggu membuat kebutuhan kami dirumah mulai habis terutama beras" Keluhnya.

Bantuan Pemerintah Mulai Bergulir

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terus mengambil sikap, terutama sikap dalam memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak covid-19 ini, adapun bantuan yang diberikan berupa sembako dan juga kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Bantuan tersebut disalurkan langsung Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir yang disalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat yang perekonomiannya susah ditengah pandemi covid-19.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah tersebut membuat masyarakat yang berada di Kabupaten Ogan Ilir merasa terbantu, ya walaupun masih ada masyarakat yang masih belum terpenuhi kebutuhannya, tapi setidaknya bisa sedikit meringankan beban dari pada masyarakat sendiri.

"Walaupun sedikit, namun kami sebagai masyarakat tentunya tetap mengucapkan terima kasih pada pemerintah kabupaten ogan ilir, karena telah membantu meringankan beban ditengah pandemi ini" Kata Ahmad warga Ogan Ilir.

Dirinya mengaku, walaupun untuk aktifitas seperti biasa masih terbatas, namun paling tidak dengan adanya bantuan ini bisa membantu untuk bertahan.

"Alhamdulillah, sedikit membantu, dan mudah-mudahan covid-19 ini bisa segera berlalu, dan masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa" Harapnya. (Red)
20.37

Mengedepankan Protokol Kesehatan, Polres OI Beri Pelatihan Linmas Se Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan yakni dengan cara tetap memakai masker dan juga menjaga jarak, gun memutus penyebaran covid-19, Polres Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Pol PP OI beri pelatihan pada Linmas Se Kabupaten OI.

Kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan Sat Pol PP Ogan Ilir ini digelar di Aula Polres Ogan Ilir jalan lintas Palembang-Prabumulih Kecamatan Indralaya Utara, Kamis (26/11/2020)

Adapun dalam fungsinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban ditingkat bawah khususnya wilayah lingkungan, Linmas juga merupakan Garda terdepan dalam menjalankan tugas ini. 

Ini yang dikatakan langsung oleh
Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi SIK, MH saat diminta menjadi Narasumber dalam kegiatan pembekalan terhadap ratusan perwakilan linmas dari 16 kecamatan Se Kabupaten Ogan Ilir.

"Dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas sesuai tugas dan fungsinya, dalam membantu Pemerintah Daerah dalam mengawal seluruh tahapan pilkada pada tahun ini" Kata Kapolres OI.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi memberikan arahan dan bimbingan, terkait fungsi dan tugas seorang Linmas dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Desa dimana mereka bertugas.

"Tugas Pokok Linmas berkerja sama dengan pihak Kepolisian tidak bisa di pisahkan, jadi jelas TNI – POLRI dan Linmas itu sendiri, harus saling menunjang dalam pelaksanaan menuju keamanan ketertiban dalam masyarakat" Imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Ogan Ilir Drs Akhmad Fauzi didampingi Kabid Pembinaan Satlinmas, JF Pol PP Madya Imtihana berharap agar seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber bisa dipahami oleh seluruh peserta.

“Diharapkan, dengan adanya pelatihan dan pembinaan ini mereka bisa menyerap apa yang disampaikan oleh Narasumber ataupun Instruktur, sehingga pada saat menjalankan tugas dilapangan sesuai dengan dengan aturan guna menciptakan keamanan dan ketertiban diwilayah masing-masing" Harapnya. (Red)