Gemilang Terkini

Senin, 30 Mei 2022

20.10

Bupati Ogan Ilir Dampingi Gubernur Sumsel Hadiri Haflah RU ke 72

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar bersama Forkopimda Ogan Ilir, Asisten I Setda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah Ogan Ilir, mendampingi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Herman Deru menghadiri Haflah Milad PPRU ke 72 Wisuda Santriwan Santriwati Kelas Akhir Tahun Pelajaran 2021-2022. Bertempat di Gedung Olahraga dan Serbaguna Ponpes RU Sakatiga Indralaya. Sabtu, (28/05/2022).

Haflah milad ke 72 ini selain dihadiri oleh Gubernur sumatera selatan juga dihadiri oleh Mudir Pondok Pesantren RU,serta Forkopimda Provinsi Sumsel dan Kepala Perangkat Daerah PemProv. Sumsel terkait.

Dalam sabutannya panca Wijaya Akbar berharap Semoga dengan adanya Haflah Milad ke 72 Wisuda Santriwan Santriwati Pondok Pesantren RU dapat mencetak generasi bangsa yang berkualitas dari segi keimanan, akhlak dan intelektualitasnya.

Karena menurut panca pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa, dengan pendidikan yang baik akan menghasilkan sumberdaya yang handal bagi pembangunan bangsa.

"Saya juga berharap 107 Hafiz 30 Juz Al Quran Pondok Pesantren RU dapat menyebar dan bersinergi dengan Program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Satu Desa Satu Rumah Tahfiz agar para pengajarnya benar-benar orang yang tepat sehingga dapat membagi ilmunya agar dapat membangun bangsa di Daerah khususnya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir dan Sumatera Selatan" Ungkap panca. (Red)
20.00

Ogan Ilir Kembali Dapat Predikat WTP

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar S.H, didampingi sekertaris daerah (Sekda) H. Muhsin abdulah, ST.MT menerima langsung Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemKab Ogan ilir tahun anggaran 2021, Rabu (18/05/2022) Bertempat di Kantor BPK perwakilan Prov. Sumsel.

Pencapaian opini WTP  pemerintah kabupaten Ogan ilir telah diperoleh sebanyak enam kali sejak LK tahun 
Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan BPK RI atas laporan keuangan tahun 2021 , BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Laporan keuangan tahun anggaran tahun 2021 itu diserahkan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Selatan.

Panca mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah melakukan audit atas laporan keuangan, masukan, koreksi serta arahan.

"Alhamdulillah, hasilnya kita mendapatkan WTP," ucap Panca di kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Rabu (18/5/2022).

"Ini menjadi acuan dan semangat. Mudah-mudahan ke depan tata kelola keuangan Pemkab Ogan Ilir semakin lebih baik lagi, transparan, akuntabel dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Panca. (Red)

19.47

41 Pejabat Fungsional Pemkab Ogan Ilir Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Bertempat di Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai, sebanyak 41 Pejabat Fungsional yang terdiri dari tiga orang ahli madya dan 38 orang ahli muda dilantik oleh Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani. Senin, (30/05/2022).

Pelantikan tersebut sebagai upaya melaksanakan aturan yang telah di tetapkan pemerintah pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, terkait Peraturan Menteri (Permen) PANRB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional.

Wakil Bupati OI H. Ardani berharap dengan dilantiknya pejabat fungsional tersebut, tugas dan fungsi (Tupoksi) yang ada di Pemkab OI dapat lebih maksimal dan fungsional.

"Dengan dilantiknya pejabat fungsional ini kita berharap kinerja mereka akan lebih baik sesuai tengan tugas dan fungsinya. Karena mereka yang sesuai dengan kapasitas dan bidangnya masing-masing" Kata Ardani.

Diapun menyampaikan, dengan beralihnya jabatan struktural ke fungsional sama sekali para Pegawai Negri Sipil (PNS) tidak ada yang di rugikan malah justru di untungkan.

"Jadi mereka ini di untungkan sebenarnya. Seperti halnya jabatan eselon III ketika beralih ke Fungsional masa pensiunnya bisa sampai 65 tahun, dan saya juga mengajak dan berpesan agar para pejabat yang dilantik dapat bekerja sebaik mungkin" Harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Wilson Efendi mengatakan, pelantikan ini merupakan lanjutan dari pelantikan Bulan Desember tahun 2021 lalu.

"Jadi ketentuanya pejabat Fungsional Ini merupakan Invasing. Dimana pejabat yang cocok dengan organisasinya langsung di vasingkan" Ujarnya.

Akan tetapi untuk mengisi jabatan yang di tinggalkan nantinya kemungkinan akan sedikit sulit karena regulasinya tidak ada atau belum ditentukan oleh pemerintah pusat. (*/Red)

Jumat, 27 Mei 2022

05.16

Sempat Buron 4 Bulan, Pelaku Bobol Ruko Dibekuk Tim Macan Putih Polsek Indralaya


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polisi mengamankan seorang pria yang dilaporkan telah membobol ruko di Indralaya, Ogan Ilir.

Pria yang kini ditetapkan tersangka itu bernama Mulyadi alias Dong (26 tahun) kini diamankan di Mapolsek Indralaya.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Indralaya AKP Herman Romlie menerangkan, tersangka melancarkan aksinya pada akhir Januari lalu.

"Saat itu, tersangka membobol ruko tepatnya di samping SPBU kilometer 36," kata Herman didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Jumat (27/5/2022).

Kejadian tersebut pertama kali diketahui pemilik ruko yang curiga pengganjal pintu belakang ruko tersebut rusak.

Pemilik ruko yang merasa curiga lalu mengecek barang-barang dagangannya. 

"Ada barang-barang yang hilang diantaranya baju satu bal, sebuah bor listrik dan sebuah mesin air," terang Herman. 

Mendapat laporan pencurian, Tim Macan Putih Polsek Indralaya mengejar tersangka.

Polisi akhirnya mendapatkan informasi keberadaan tersangka di Kayuagung, OKI.

"Tersangka kami amankan di Kayuagung tadi siang. Barang bukti berupa sepeda motor dan pakaian korban saat membobol ruko, juga kami amankan," jelas Herman. (Red)

Kamis, 26 Mei 2022

06.12

Bupati OI Terima Kunker Komisi II DPR RI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar menerima kunjungan kerja spesifik Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rabu (25/5/2022) di ruang rapat Bupati Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai.

Kunjungan kerja DPR RI Tahun ke IV selain dihadiri Bupati Ogan ilir Panca Wijaya Akbar juga hadir, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir H. Muhksin Abdullah, ST. MT, Kepala Kejaksaan Negeri yang diwakili oleh Hamdan, Polres ogan ilir yang diwakili Kabag Ops Polres Ogan Ilir Kompol Harsono, SH, Pabung 0402 OKI Kapten Inf Jauhari, Kadin PMD  Kabupaten Ogan Ilir Ahmad Lutfi., S.Sos., M.Si.

Selanjutnya, ada Asisten I Setda Ogan Ilir Dicky Syailendra, S.Sos, Kasat Pol PP Pemkab Ogan Ilir Samrowi, Kepala dinas Capil  Kabupaten Ogan Ilir Zaidan Msi, Para Camat para kepala desa dan tamu undangan lainnya.

Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar saat menerima kunjungan kerja dari Tim Komisi II DPR RI di ruang rapat utama bupati Meminta , agar regulasi atau syarat minimal untuk pencalonan kepala desa adalah tamatan SMP atau setara dirubah. Agar bisa dipastikan calon kades yang mendaftarkan diri dengan melampirkan ijazah tersebut bakal tidak bisa mencalonkan diri.

"Mohon kiranya regulasi tamatan SMP ini dapat diubah, karena ini akan menyulitkan mereka sendiri nantinya jika terpilih" Kata Bupati OI. 

Menurutnya, saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dituntut untuk melek teknologi. Apalagi, kalau di daerah tersebut terkendala jaringan tentunya akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

"Saya ingin SDM di Kabupaten Ogan Ilir ini memadai, untuk mengejar ketertinggalan dengan perkotaan" Ujarnya.

Sementara itu wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin mengatakan, kunjungan Tim Komisi II DPR RI ini bertujuan untuk mengevaluasi terkait penyelenggaraan pemerintahan desa di Ogan Ilir.

"Permasalahan-permasalahan yang kami dapatkan dari Kabupaten Ogan Ilir ini akan kita bawa ke pusat. Dan ini juga menjadi koreksi bersama di Ogan Ilir" Katanya. (Red)
06.08

Sekda OI Hadiri Acara Pelatihan ASN Angkatan ke III Dan IV

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Saya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintahan, bupati kabupaten, Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH diwakili oleh Sekda OI H Muhsin Abdullah S.T., M.M., MT, menghadiri acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III dan IV Tahun 2022, Selasa, (24/05/2022) di aula putri kembang dadar  No 77 Bukit lama, Bukit besar kota palembang sumatera selatan kode post 30138.

Pelatihan kepemimpinan administrator ini dibuka secara langsung oleh Kepala BPSDMD Provinsi Sumatra Selatan Hj. Tarbiyah Yahya S. Pd., MM.

Menurut Sekretaris daearah (Sekda), pelatihan ini adalah sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manuaia (SDM).

"Maka ASN yang memegang amanah jabatan administrator diwajibkan untuk memenuhi persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai dengan jabatan" Katanya.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir Muhsin Abdullah berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya akan memberikan perubahan kualitas dari ASN dalam hal pelayanan publik.

"Karena, ASN dituntut untuk memiliki kompetensi, sikap, perilaku yang profesional dan bertanggung jawab sebagai pelayanan publik" Imbuhnya. (Red)

06.04

Sekda Ogan Ilir Monitoring Pelayanan Publik


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) H Muhsin Abdullah ST, MT, secara rutin lakukan Monitoring Evaluasi (Monev) Penyelenggaraan Pelayanan Publik ke Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, selasa (24/05/2022).

Monev yang dilakukan Sekda, bertempat di Kantor Balitbangda, Dishub dan BPBD Kabupaten Ogan Ilir. Dalam kunjungannya Sekda Muhsin mengecek kelengkapan serta SOP yang ada, di setiap kantor yang dikunjungi.

Menurut Sekda, giat ini guna mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas. "Sehingga dapat memperoleh predikat kepatuhan tinggi (zona hijau red), terkait kepatuhan standar pelayanan publik di lingkungan Pemkab Ogan Ilir" Ujarnya.

Dikatakannya, "Mulai dari pimpinan sampai staf paling bawah, penerapan sistem manajemen mutu diharapkan melakukan perbaikan/peningkatan kualitas pelayanan publik" Pungkasnya. (Red)
06.00

Wabup OI Hadiri Pembukaan MTQ ke XXIX


PALEMBANG, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H. Ardani S.H M.H didampingi Sekda Ogan Ilir, Asisten I Setda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati dan Kabag Kesra Ogan Ilir,mewakili Bupati Panca Wijaya Akbar menghadiri langsung Opening Musabaqoh Tilawatil Qur’an XXIX Provinsi Sumsel tahun 2022.

Kegiatan MTQ Sum- Sel ke XXIX di buka langsung oleh Gubernur H. Herman Deru, Senin (23/05/2022) di Halaman Griya Agung Palembang.

Menurut Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani, dengan dibukanya Musabaqoh Tilawatil Qur’an XXIX Provinsi Sumsel tahun 2022, diharapkan Kafilah Ogan Ilir dengan segala persiapan dan usaha yang telah dilakukan akan membawa nama baik bagi Kabupaten Ogan Ilir.

"Kita tetap optimis bahwa Kafilah Ogan Ilir akan mendapatkan juara umum di MTQ tingkat Provinsi Sumsel kali ini, sehingga dapat diikutsertakan di tingkat Nasional nantinya," Katanya.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya, Forkopimda Provinsi Sumsel, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumse, Kepala Daerah Bupati/Wali Kota Se Provinsi Sumsel, dan Kepala Perangkat Daerah terkait Se Provinsi Sumsel. (Red)

Rabu, 25 Mei 2022

04.17

Bentuk Pengabdian Pada Masyarakat, Partai Gelora OI Baksos Gelorakan Gen 170, Ibu Sehat Bayi Hebat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk yang keduakalinya Partai Gelora Ogan Ilir melaksanakan kegiatan bakti sosial Gen170 yang pesertanya ibu-ibu hamil dan anak-anak umur dibawah 3 th.

Kegiatan ini dalam rangka merealisasikan program dari Dewan Pimpinan Nasioanal Partai Gelombang Rakyat Indonesia yang terfokus pada Kesehatan khususnya untuk mengatasi masalah Stunting. 

Maka dari itu Dewan Pimpinan Daerah Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kabupaten Ogan Ilir  mengadakan kegiatan Bakti Sosial dengan judul “GELORAKAN GEN 170. IBU SEHAT BAYI HEBAT’ sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.
 
Acara ini diadakan di desa Kandis 1 kecamatan Kandis, dan dihadiri oleh ketua DPD Gelora Ogan Ilir Muhammad Rofiq, SE.Ak, MM, dalam sambutannya mengatakan, Partai gelora Indonesia hadir dengan cita-cita besar mewujudkan Indonesia menjadi kekuatan ke-5 dunia. Cita-cita besar itu memerlukan persiapan yang tak kalah besar, salah satunya dalam pembangunan manusia seutuhnya.

"Indikator kuantitatif yang bisa dijadikan tolak ukur adalah tinggi badan, tinggi badan yang memadai adalah antitesis dari stunting atau tinggi badan kurang akibat kekurangan gizi pada masa krusial 1.000 hari pertama. "GEN-170 adalah satu gagasan agar ke depan manusia Indonesia memiliki tinggi rata-rata 170 cm. Ini postur yang sehat, kuat, dan punya indikasi kecerdasan lebih baik. Jika kita ingin merancang Indonesia menjadi kekuatan kelima dunia, maka kita harus mulai dari merancang kualitas manusia Indonesia. Generasi 170 cm, yang disingkat GEN-170, menjadi ukuran fisik yang bisa dan harus dicapai," imbuhnya.

Pada kesempatan itu Oktalia anggiasasi, SE sebagai Perwakilan dari Gelora DPW Sumsel Bidang Perempuan menjelaskan akan pentingnya gizi dan vitamin pada ibu hamil dan anak Batita (bayi dibawah usia tiga tahun). 

"Ini sangat fundamental untuk memulai perjalanan dalam pembangunan masyarakat Indonesia yang unggul, dimulai dari sejak anak itu ada dalam kehamilan sampai masa pertumbuhan. Nutrisinya harus diperhatikan karena fondasi dari satu negara yang kuat itu adalah masyarakatnya yang kuat" Tegasnya. 

Selain mengingatkan akan pentingnya Gizi dan vitamin diadakan juga pemeriksaan Mata dan Gula Darah pada peserta yang hadir secara Cuma-Cuma (gratis).

Hadir pula wakil ketua DPD OI Jaka Satria, “saya sangat mendukung acara Gen 170  ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan saya akan mengawal kegiatan ini agar terus dilaksanakan di semua kecamatan khususnya kecamatan yang berada di Dapil 3 Ogan Ilir ini. “Beli sawo di pulau bali,  Insha Allah kami akan datang lagi” tutup Jaka. (Ril)

Senin, 23 Mei 2022

22.47

H. Ali Imron: Minta Perusahaan Wajib Tanggung jawab Atas Kerusakan Jalan Kecamatan Tulung Selapan

OKI, gmjnews.co.id- Warga di Kecamatan Tulung Selatan dan Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir mengeluhkan adanya aktivitas kendaraan milik perusahaan yang beroperasi Melebihi Muatan Atau Over Kapasitas Sehingga Hal tersebut di sejumlah titik ruas jalan di beberapa Kecamatan mengalami rusak parah akibat terus menerus dilalui oleh kendaraan bermuatan berat.

Salah satu warga Tokoh Masyarakat di Desa Tulung Selapan ”H. Ali Imron, berharap agar pemerintah Kabupaten OKI yang setidaknya dapat bertindak tegas terhadap perusahaan yang tidak bertanggungjawab atas kerusakan sarana transportasi di desa mereka.

Menurutnya, seiring dengan rusaknya akses jalan di daerah tersebut menyebabkan akses perekonomian masyarakat Menjadi Lumpuh dan Terganggu. 

“Padahal jalan yang rusak tersebut berstatus jalan umum dan Urat Nadinya Bagi Warga Sekitar, Namun hampir setiap hari dilewati kendaraan milik perusahaan untuk mengangkut muatan Sawit Yang Bermuatan berat,” jelasnya, Selasa (24/5/2022). 

Padahal sebelumnya, sambung ”H.Ali Imron, jalan rusak tersebut merupakan jalan penghubung yang sangat nyaman dilalui dan bahkan sempat diaspal oleh Pemerintah setempat. Oleh karena itu, dirinya menyayangkan sarana yang sudah baik tersebut saat ini harus rusak lantaran adanya aktivitas kendaraan muatan milik perusahaan.

“Selama ini perusahaan perkebunan sama sekali tak bertanggung jawab atas rusaknya jalan di desa. Mereka tak punya itikad baik dalam memperbaiki jalan yang sudah rusak ini,” katanya.
Disamping itu, ia juga mengungkapkan bahwa tak sedikit masyarakat sekitar yang mengeluhkan rusaknya akses jalan tersebut, terlebih apabila hujan mengguyur daerah mereka jalan tersebut semakin bertambah rusak dan sulit dilewati.
 
“Disini kita sebagai warga hanya berharap agar Pemerintah bisa bertindak tegas terhadap perusahaan yang tidak beritikad baik memperbaiki jalan rusak seperti ini. Karena ini sangat merugikan kita sebagai masyarakat,” harapnya. (Arman/Red).
17.14

196 Kepala Keluarga di Desa Kotadaro 1 Terima BLT DD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di kantor Desa Kotadaro 1 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) sebanyak 196 Kepala Keluarga (KK) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2022, Senin (23/05/2022).

"Ya, hari ini kita membagikan BLT DD kepada sebanyak 196 kepala keluarga, BLT DD ini untuk tahap pertama, terhitung dari bulan januari sampai dengan bulan maret tahun 2022" Kata Kepala Desa Kotadaro 1 Abdul Halim ketika diwawancarai.

Ditambahkannya, "Sedangkan untuk jumlah perbulan yakni tiga ratus ribu rupiah dan total keseluruhan tiga bulan jadi sembilan ratus ribu rupiah, dengan harapan semoga bisa membantu perekonomian warga, dan bisa bermanfaat" Harapnya.

Sementara itu, salah satu warga yang menerima bantuan mengatakan saat di wawancarai mengatakan sangat berterima kasih kepada seluruh pengurus desa dan juga kepala desa, dengan adanya bantuan ini dapat meringankan kebutuhan kami sekeluarga.

Hadir dalam pembagian BLT DD tersebut, Camat Rantau Panjang atau yang mewakilinya, Babinkamtibmas, pendamping desa, kasi kesra, serta perangkat desa yang ada di desa kotadaro 1. (Emi/Red)
06.48

Diduga Tanpa Izin Pihak PLN Ogan Ilir Potong Pohon di Jalur Hijau

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ironis tanam tumbuh yang sengaja ditanan untuk keindahan didesa palamraya sengaja ditebang dan diduga tanpa Standar Operasional Prosedur (SOP ) oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN )tanpa meminta izin dari dinas terkait ,baik dari kepala dinas PUPR ,kepala dinas PU PERKIM ataupun kepala DLH 

Diketahui Selain dapat mereduksi panas, pohon juga berperan sebagai paru-paru kota, sehingga kita wajib menjaga serta memelihara tanam tumbuh yang berada di jalur hijau khususnya Ruang Terbuka Hijauakan(RTH) ,untuk itu penebangan pohon dijalur hijau harus mendapat izin dari dinas terkait.

Larangan menebang pohon di jalur hijau itu berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, pada pasal 12 huruf G, yang menyatakan dilarang memotong, menebang pohon atau tanaman yang tumbuh di sepanjang jalan, jalur hijau dan taman.

Kepala Desa palam raya Irham puadi sabtu (21/05/2022) saat dikonfirmasi di kantornya mengatakan pihak PLN tidak pernah meminta Izin untuk penebangan pohon tapi hanya ada pemberitahuan untuk perapian pohon dengan cara memampas dahan dahan .

Pihak PLN cuma Memberitahu akan merapikan dan memampas dahan supaya jangan mengganggu aliran listrik,bukan untuk memotong batang seperti yang terjadi sekarang,"ungkapnya

"Saya juga kecewa kalau melihat pemotongan pohon dijlur hijau,"jelas Puad

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mohm Husni Tamrin Msi melalui kepala Bidang Pertamanan tata kota  kabupaten Ogan ilir , Taufan Arnol mengingatkan masyarakat agar tidak menebang pohon pelindung dan tanaman yang tumbuh di sepanjang jalur hijau.

Ditegaskan, "pihaknya akan tetap melakukan penegakan hukum bagi warga atau instansi yang melakukan penebangan pohon tanpa izin, karena keberadaan pohon di jalur hijau, taman dan jalan merupakan bagian dari pelestarian lingkungan hidup"tegas taufan

Edi, koordinator Bidang jaringan salah satu pelaku pemotongn pohon saat di konfirmasi mengatakan mereka hanya diperintahkan agar tidak terjadi gangguan jaringan listrik

Sementara itu Manager PLN UP3 Ogan Ilir, Sanggam Robaga Parsaoran S, ketika dikonfirmasi melalui fia whatsaap 0813 7928 xxxx Hanya membaca pesan tidak pernah memberikan tanggapan baik lewat telpon ataupun via SMS terkait penebangan pohon dijalur hijau tersebut. (*/Red)

Sabtu, 21 Mei 2022

04.21

Ketua DPRD OI H Suharto Ikuti Rapat Dengar Pendapat Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2022 Bersama Pimpinan DPRD se-Sumsel

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) H Suharto Hasyim didampingi Wakil Ketua DPRD H Ahmad Syafei dan Wahyudi menghadiri Rapat Koordinasi Dengar Pendapat Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi tahun 2022 wilayah Provinsi Sumsel Bersama Pimpinan DPRD se-Sumsel.

Rapat tersebut  diselenggarakan oleh KPK RI. Bertempat di Griya Agung, Palembang, Kamis(19/05/2022). Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan dipimpin langsung oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pemberantasan korupsi
Ketua DPRD Ogan Ilir H Suharto Hasyim bersama seluruh jajaran DPRD Ogan Ilir terus meningkatkan tata kelola pemerintahan legislatif yang transparan dan akuntabilitas untuk mengelola keuangan negara.

 “Ya memang rapat koordinasi Dengar Pendapat Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi tahun 2022 wilayah Provinsi Sumsel Bersama Pimpinan DPRD se-Sumsel, ini sangat penting karena dalam mengelola keuangan negara harus transparansi dan berakuntabilitas,”kata H Suharto Hasyim

Gubernur Sumsel Herman Deru sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh KPK RI dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakoor) Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Tahun 2022.

Gubernur menyampaikan bahwa, melalui rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini dapat melihat sejauh mana progresnya dalam upaya pencegahan korupsi.

Ketua KPK RI Firli Bahuri menyampaikan arahan kepada seluruh daerah melalui Kepala daerah untuk membangun budaya antikorupsi.

Ketua KPK juga mengajak semua stakeholder untuk bersama sama bersatu mensukseskan visi misi dan tindakan dalam pencegahan korupsi. Mari membangun sistem untuk mencegah korupsi. Sehingga dapat memberikan andil besar dan manfaat bagi rakyat.

Acara ini dihadiri oleh Deputi bidang koordinasi KPK RI, inspektur jendral kemendagri simanjuntak, Deputi BPKP, direktur pengawasan akuntabilitas keuangan daerah, forkopimda sumsel, Bupati dan Walikota se-Sumsel serta Kepala perangkat daerah Provinsi Sumsel. (*/Red)

Senin, 16 Mei 2022

17.52

Ade Saputra Remaja Keramasan Hilang 8 Hari, Keluarga Berharap Segera Pulang

Palembang, gmjnews.co.id- Hendra Cipta Warga jalan putri dayang rindu RT.09 RW.02 kelurahan keramasan kecamatan kertapati Palembang mencari keberadaan sepupunya bernama Ade Saputra

Pasalnya, remaja berusia 37 tahun itu sudah sekitar 8 hari tak pulang kerumah dan tidak tahu keberadaannya.

"Awalnya sepupunya tersebut pergi dari rumah tujuan mau ke Lubuk Linggau. Ade Saputra meninggalkan rumah sudah 8 hari sampai sekarang belum pulang" Ungkapnya, Senin (16/05/2022)

Ditambahkannya, Ade saputra keluar rumah tanpa bembawa salinan pakaian hanya pakaian dibadan, pakaian yang dikenakan saat meninggalkan rumah baju berwarna hitam celana bawahan hitam serta memakai topi hitam.

"Upaya yang akan dilakukan pihak keluarga dan akan membuat laporan orang hilang kepada pihak kepolisian" Ujarnya.

Hendra cipta pun berharap,bagi masyarakat yang mengetahui keberadaan atau pernah melihat nya,untuk dapat menghubungi Hendra Cipta dinomor hp 0821-8480-7781,"(Heryadi)
17.19

Buka Giling Diresmikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- PT Buma Cima Nusantara (BCN) Unit Cinta Manis melaksanakan Buka Giling Tebu, di Pabrik Gula Cinta Manis, Ketiau, Lubuk Keliat, Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (16/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut Direktur PT BCN, Putu Sukarmen berharap seluruh jajaran Cinta Manis bisa mengawali kegiatan giling dengan semangat tinggi untuk meraih target dalam bekerja.
"Tingkatkan kerjasama dan konsolidasi serta perbaiki kinerja, agar bisa meraih hasil terbaik untuk mendapatkan laba terutama dalam merealisasikan target gula yakni 56.745 ton," harapnya.

Selain itu juga dirinya mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh karyawan, yang berhasil memulai giling tahun ini sesuai rencana kerja meski banyak halangan dan rintangan. 

"Mari kita satukan tekad dan jaga suasana kerja termasuk dengan stakeholder lainnya, agar bisa mencapai target produksi yang telah ditetapkan dalam rencana kerja tahun ini," tutupnya.

Sementara itu Kepala Bagian Operasional II PTPN 7, Wiyoso menambahkan, target kerja tahun ini lebih tinggi daripada tahun sebelumnya yakni 56.745 ton target produksi gula.

"Target yang tinggi tersebut tentunya tidak akan bisa dicapai sendiri, butuh sinergi dan konsolidasi antar karyawan serta dengan stakeholder maupun lingkungan sekitar perusahaan," ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat,Kapolsek dan ramil kecamatan Tanjung batu atau yang mewakilinya dan masyarakat sekitarnya.Bersama para kepala desa dan lurah yang merupakan wilayah kerja PTPN 7 Cinta Manis. (EMI.S)

Sabtu, 14 Mei 2022

22.43

Mengenal Lebih Dekat Sosok Heri Pransisco, Bakal Calon Kepala Desa Pegayut 2022

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa serentak di Wilayah Kabupaten Ogan Ilir,
Salah satunya di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir yang bakal di langsungkan pada tanggal 15 Oktober 2022 mendatang.

Mulai ramai bermunculan bakal calon Kepala Desa (Bacakades) untuk meramaikan kontestan pesta demokrasi tingkat desa atau pemilihan kepala desa,

Dari banyaknya nama-nama Bakal calon kades latar belakang dan profesi mereka pun berbeda-beda ada Pengusaha, tokoh Pemuda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama

Salah satu di antara Bacakades yang siap maju adalah Heri Pransisco atau yang akrab di sapa Heri.

Salah satu tokoh Muda Kelahiran Pemulutan 23 April 1986 yang berdomisili di Desa Pegayut dari Tahun 2008 hingga sekarang menyatakan Siap maju bertarung meramaikan bursa kandidat calon Kepala Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Heri juga mengaku siap mengabdikan diri nya untuk warga Desa Pegayut.

Saat awak media berkunjung ke kediaman nya Minggu 15 Mei 2022 di Jl.Lingkar Selatan Desa Pegayut Rt.06 Pemulutan

Modal utama saya maju atas Doa dan dukungan penuh idari stri saya Yeyen dan orang tua khusus Ibunda saya tercinta dan juga keluarga besar serta dorongan dari masyarakat Desa Pegayut ucap Heri.

Putra ke dua dari lima bersaudara dan memiliki tiga orang putri ini cukup di kenal di wilayah Kecamatan Pemulutan Khusus nya di Desa Pegayut.

Sosok muda dengan kiprahnya sebagai Wartawan (media) dan dikenal Dermawan dan memiliki rasa sosial yang sangat tinggi mengaku siap bertarung dalam pemilihan pilkades serentak 15 Oktober 2022 mendatang 

Heri menambahkan jika diri nya di beri kesempatan untuk memimpin Desa Pegayut diri nya akan membenahi berbagai persoalan mulai dari insfrastruktur,Adminitrasi serta bantuan sosial dari pemerintahan dan sarana prasarana pendukung kemajuan kesejahtraan ekonomi masyarakat.

Mengenai Adminitrasi nantinya akan kita benahi karena masih ada persoalan yang memang sangat perlu kita benahi dan juga tentang pengelaan dana Desa kita akan transfaran dan sangat terbuka sehingga masyarakat tahu kegunaan dan besaran keuangan desa Khusus bantuan sosial juga tak luput akan jadi perhatian kita karna memang  sangat perlu kita benahi karna banyak nya kecemburuan di kalangan masyarakat desa karna bantuan yang mengalir tidak sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat.

Tekadnya maju menjadi bacakades di dasari oleh ketulusan rasa ingin memajukan desa Pegayut dan menurut nya memajukan Desa merupakan panggilan jiwa dan wajib di laksanakan.

Jika dirinya nanti di beri amanah menjadi kades akan melibatkan semua unsur dalam membangun desa. Baik itu masyarakat,Tokoh muda,Tokoh Agama,Tokoh Adat semua akan dilibatkan.

Atas nama Pribadi dan keluarga saya mengharap doa restu dan dukungan dari 
Masyarakat,saudara dan teman - teman 
Doa kan saya agar di permudah dalam segala urusan khusus nya di pilkadas mendatang.

Saya juga berharap pilkades di Desa Pegayut nanti berjalan lancar,aman, dan kondusif sesuai dengan tahapan dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar amanah dan tulus mayani masyarakat.

"Saya siap maju dalam pertarungan Pilkades 15 Oktober 2022" Tutup Heri. (Heryadi)

Jumat, 13 Mei 2022

00.18

173 Desa Ikuti Pilkades Serentak 2022

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebanyak 173 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Launching tahapan pelaksanaan pemilihan 173 Kepala Desa Serentak Se-kabupaten Ogan Ilir tahun 2022 secara tatapmuka (offline), kamis (12/5/2022) yang diikuti Camat Se-kabupaten Ogan Ilir, Kepala Desa Pelaksana Pilkades 2022  dan Ketua BPD.

Pesta demokrasi atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ogan Ilir yang digelar dengan ditandai suara sirine tanda Launching Pilkades serentak oleh Bupati Panca Wijaya Akbar Launching dihadiri Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, Wakil Bupati . H. Ardani SH MH, Sekretaris Daerah H. Mukhsin Abdullah, ST, MM, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantyo Sandi, SH, Kodim 04/02 OI/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos., M.M., M.I., Pol Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala Perangkat daerah terkait dan Kabag Lingkup Setda di gedung serbaguna caram Seguguk komplek perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung senai.

Bupati Ogan ilir dalam arahannya mengungkapkan, Pilkades yang akan dilaksanakan merupakan yang pertama dilaksanakan, dimana berbagai rintangan dan hambatan pasti kita lalui, dan berharap agar Pilkades serentak 2022 berlangsung aman dan sukses.

"Setelah melaksanakan launching, panitia di tingkat kabupaten akan turun untuk melaksanakan sosialisasi di masing-masing desa tempat pelaksanaan Pilkades ataupun di kecamatan. Upaya ini dimaksudkan guna untuk memastikan seluruh masyarakat, perangkat desa yang ada siap untuk mensukseskan Pilkades di tahun 2022 ini" Kata Bupati.

Selain elemen masyarakat, Bupati juga berharap kepada TNI/Pori dan perangkat daerah terkait khususnya Diskominfo  dan Sat Pol PP serta awak media juga harus membantu DPMD untuk menyukseskan serta menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkades serentak ini berlangsung.

Kepada para Camat yang hadir, Bupati ogan ilir meminta untuk menyesuaikan jadwal Bupati dan Wakil Bupati sehingga kedepannya untuk langsung turun ke tiap kecamatan, dan mempersiapkan diri melakukan pendampingan terkait Pilkades Serentak 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Akh Lutfi S.Sos, M.Si dalam laporannya, pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 diikuti 173 desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

"Pelaksanaan pemilihan, pemungutan suara dan perhitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2022 dan pelantikan kepala desa dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022" Imbuhnya.

Dalam upaya menyukseskan kegiatan Pilkades serentak di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022 telah ditetapkan tim, antara lain Tim Pengawas dan Monitor yang terdiri dari Tim Pengawas Tingkat Kabupaten yang terdiri dari Bupati dan Forkompimda. Tim Tingkat Kabupaten bertugas memberikan pencerahan, pembinaan terhadap kegiatan Pilkades kepada panitia dengan melibatkan beberapa instansi terkait lingkup Pemerintah Kabupaten. Disamping itu terdapat Tim Pengawas Kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil serta Tim Pengawas Desa yang terdiri dari kepala desa dan BPD.

"Kita menggelar Pilkades serentak pada 2022, bulan Oktober. Hal itu sesuai Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kades" Pungkasnya. (Red)

Kamis, 12 Mei 2022

04.17

Pilkades Serentak Kabupaten Ogan Ilir Dilaunching

GANILIR, gmjnews.co.id- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ogan Ilir (OI) resmi dimulai. Hal itu setelah di launchingnya Pilkades Serentak oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, yang berpusat di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai, Kamis (12/05/2022)

Selain Bupati kabupaten Ogan Ilir  Panca wijaya akbar. acara  tersebut juga di hadiri oleh wakil Bupati  kabupaten Ogan ilir Ardani, Sekda kab OI Muksin Abdullah, ketua DPRD kabupaten Ogan ilir Suharto,kepala Dinas PMD kabupaten Ogan ilir Akhmad Lutfi, Camat sekabupaten Ogan ilir, 173 kepala desa, serta BPD se kabupaten Ogan ilir. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Ilir, Akhmad Lutfi mengatakan, Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2022 mendatang, akan diikuti oleh 173 desa dari 227 desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

"Setelah acara launching ini kami minta kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menyurati kepala desa yang telah habis masa jabatannya pada enam kedepan" Katanya.

Dalam menjelang pilkades ada empat tahapan pelaksana pilkades 1. persiapan, 2. pencalonan, 3. pemungutan suara, 4. penetapan suara terbanyak. 

Dalam tahapan persiapan ada enam macam kegiatan 1. Launching pilkades kabupaten OI kamis tgl 12 Mei 2022. 2. pemberitahuan BPD kepada kepala desa mengenai berakhirnya masa jabatan, yang disampaikan secara  tertulis 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan. 3. BPD mengadakan rapat bersama pemerintah desa dan tokoh masyarakat untuk membentuk panitia pemilihan, yang di tetapkan dlm jangka waktu  paling lama 10(sepuluh)hari setelah  pemberitahuan akhir masa jabatan  dan pelantikan BPD. 4.BPD menyampaikan surat keputusan panitia pemilihan kepada camat . 5.Camat menyampaikan surat keputusan panitia pemilihan  kepada  Bupati melalui DPMD.
6.panitia kabupaten  melaksanakan Bintek terhadap panitia  pemilihan. 

Tahapan ll adalah pencalonan, di tahapan pencalonan ada 21 kegiatan, pendaftaran calon kades di buka mulai tgl 13 sampai18 juli 2022,melalui tiga tahap. Tes Urine di laksanakan pada tgl 19 sampai 23 juli 2022.

Sedangkan penetapan dan pengumuman  calon kades dan  pengambilan nomor urut di tetapkan pada tgl 3 Agustus 2022.pada tgl 3 Agustus  2022 itu pula masa cuti kepala desa berlaku sampai dengan di tetapkan calon terpilih. 

Tahap lll adalah pemungutan suara. Pemungutan  suara dan penghitungan  hasil suara di TPS di laksanakan  pada hari sabtu tgl 15 Oktober 2022.Dihari itu juga ketua KPPS menyampaikan Berita Acara penghitungan suara serta kelengkapan suara kepada  panitia pemilihan.  

Tahapan lV adalah penetapan  suara terbanyak, calon kepala desa terpilih  akan di lantik pada tgl 15 November 2022. (*/Red)

Selasa, 10 Mei 2022

08.26

Hampir Sepekan Sejumlah Lampu Penerangan Jalan Umum Dijalan Kimarogan Mati

Palembang, gmjnews.co.id- Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Dijalan Kimarogan, mati hampir satu pekan. Hal ini dikeluhkan warga karena membuat jalan gelap gulita dan khawatir dapat memicu kecelakaan dan aksi kejahatan

Dari pantauan gmjnews.co.id lampu jalan umum yang padam dapat terasa mulai dari simpang sungki sampai depan masjid alfalah.

Akibat padamnya lampu itu, mengganggu aktivitas masyarakat, para pengguna jalan harus berhati-hati saat melintas ruas jalan tersebut

Salah satu warga Muhamad Firdaus, mengeluhkan adanya lampu penerangan jalan umum (PJU) yang padam disekitar jalan kimarogan kondisi itu dianggap membahayakan

"Saya mau melaporkan jika ada lampu jalan mati sudah hampir satu minggu, mohon untuk diperbaiki sebelum ada korban jiwa karena sering sekali kecelakaan diakibatkan penerangan jalan yang sangat gelap" Ujar firdaus, Selasa malam (10/05/2022)

Dirinya juga berharap agar kiranya dinas terkait untuk tanggap dan lebih peka dan jangan tutup mata atas keluhan masyarakat, jangan menunggu adanya kejadian yang membahayakan baru mau memperbaiki lampu jalan yang rusak. 

"Keberadaan lampu jalan ini sangatlah membantu masyarakat setidaknya mengantisipasi terjadinya aksi tindak kejahatan dan kriminalitas dimalam hari" Kata Firdaus yang juga merupakan Waka Satgas Forum Kertapati Bersatu (FOKER). (Heriyadi)