Gemilang Terkini

Jumat, 22 September 2023

03.53

Tim Relawan Pemadam dan Penyelamatan Kebakaran Desa Dibentuk

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di aula kantor camat Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Ogan Ilir menggelar Sosialisasi Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023, Jumat (22/9/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Ogan Ilir Sunarto melaui Plh Kepala Bidang Pencegahan Amir Syarifuddin mengatakan, sesuai dengan yang sudah
 dijadwalkan di 16 Kecamatan dalam Kabupaten OI Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengadakan Sosialisasi Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran yang sesuai dengan arahan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar terkait Kebakaran lahan dan hutan yang melanda Ogan Ilir selama ini. 
"Ini bertujuan untuk memaksimalkan bantuan kita kepada masyarakat, relawan tersebut dibentuk 10 orang di setiap desa, yang terdiri dari 8 orang laki- laki dan 2 orang Perempuan dari umur 19 hingga 55 tahun dan bukan dari perangkat desa" Ujarnya.

Dikatakannya, tugas relawan bukan hanya memadamkan api tetapi juga Penyelamatan, sesuai dengan nomenklatur Penyelamatan dan sesuai dengan arahan Bupati dan Kementrian  Dalam Negeri.

"Untuk Penyelamatan inilah yang akan kita bentuk untuk Relawan Pemadam Kebakaran terkait Eksekusi Ular, Eksekusi Sarang Tawon, Ibu-ibu yang perlu bantuan seperti cincin yang lekat  di jari, sifatnya luas bukan hanya Pemadam Kebakaran saja" Terangnya.

Sementara itu, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si ketiaka diwawancarai mengatakan dengan adanya Sosialisasi Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023 ini, dirinya berharap bagi desa yang belum membentuk Relawan segera membentuk Relawan Karhutlah 10 orang perdesa, langkah selanjutnya mengaktifkan peran Relawan tersebut dalam hal-hal mencegah terjadinya Kebakaran 

"Kita usahakan semaksimal mungkin jangan terjadi kebakaran, agar wilayah Kecamatan Rantau Panjang ini lahan yang rawan terjadi Kebakaran sangat minim" Kata camat.

Ia berharap setelah terbentuk Relawan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di setiap Desa agar para Relawan memahami secara Tekhnis Tugas Relawan tersebut dalam mengantisipasi Karhutla dan hal lainnya.

"Disesuaikan dengan kondisi desa masing- masing, kepala desa dan Relawan lebih paham dan lebih tau bagaimana caranya mengatasi secara Teknisnya" Imbuhnya. (Red)

Senin, 18 September 2023

00.55

Bupati Ogan Ilir Hadiri Opening Ceremony Porpov Sumsel XIV dan Peparprov Sumsel ke IV Lahat Tahun 2023


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar hadiri Opening Ceremony Porpov Sumsel XIV dan Peparprov Sumsel ke IV Lahat Tahun 2023. di Lapangan Seganti Setungguan Lahat. 

Sebelum menghadiri opening ceremony Bupati Ogan Ilir menyempatkan menyaksikan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada atlet asal Ogan Ilir. Dengan menyaksikan partai final cabang billiard, atlet Ogan Ilir berhasil meraih medali emas dan menyaksikan pertandingan cabang hoky di mana Ogan Ilir berhadapan dengan tuan rumah Lahat. 
Pembukaan Porprov Sumsel XIV dan Peparprov IV 2023 ditandai dengan penyerahan obor dari pesilat putri Sumsel berprestasi internasional Nia Larasati kepada Gubernur Sumsel, bapak H Herman Deru. 

"Untuk atlet Ogan Ilir yang mengikuti Poprov Lahat agar senantiasa menjaga semangat dan Fokus dalam menghadapi pertandingan serta selalu junjung tinggi sprotivitas" Kata Bupati Ogan Ilir

Dikatakannya, Kita tidak terlalu mempersoalkan hasil, namun apapun perolehan dalam Porprov ini akan kita evaluasi, terutama terkait infrastruktur dan Fasilitas olahraga juga pelatih dan atlet agar Porprov berikutnya hasilnya lebih baik. 

"Saya berharap secara luas dari Porprov Lahat akan muncul atlet-atlet handal dari seluruh wilayah Sumatra Selatan yang nantinya dapat mengharumkan nama Sumatera di pentas nasional" Harapnya

Ditambahkannya, "Dan saya sangat bangga karena atlet yang mewakili Ogan Ilir mayoritas asli Ogan Ilir sehingga dapat menjadi tolak ukur pembinaan atlet kedepannya" Pungkasnya. (Ril/Red)

Jumat, 15 September 2023

05.11

SD Negeri 2 Rantau Panjang Butuh Tambahan Lokal dan Mobiler


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- SD Negeri 2 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan saat ini sangat membutuhkan tambahan lokal dan juga mobiler untuk sekolah.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh kepala SD Negeri 2 Rantau Panjang Amri M. Ali, S.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/09/2023) kemarin, menurutnya untuk lokal saat ini kita sangat butuh, karena sekolah kita kekurangan lokal.

"Ya, kami saat ini sangat butuh lokal paling karena mengingat murid kami yang ada, selain itu juga kami juga butuh tambahan mobiler untuk di kelas, dan saat ini kami memakai kursi plastik untuk siswa belajar" Katanya.

Disinggung apakah sudah mengajukan proposal kepada dinas terkait, dirinya mengatakan sudah, untuk proposal sudah lama kami ajukan, dan kemarin juga bulan juli pihak sekolah juga sudah mengajukan proposal selain itu juga di aplikasi dapodik pun juga sudah.

"Semua sudah kita lakukan, baik melalui proposal dan juga aplikasi dapodik, dan kami sangat berharap sekali agar pemerintah kabupaten ogan ilir khususnya dinas pendidikan ogan ilir agar bisa membantu kami untuk lokal dan mobiler tersebut" Harapnya. (Red)

Kamis, 14 September 2023

22.09

Road Show Super Suprize September Astra Motor Indralaya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Rangka Road Show Super Suprize September Astra Motor Indralaya.

Mari Ramaikan & Saksikan Pertunjukan Silat DEBUS CIMANDE Macan Guling Banten,
Pameran Motor DP Ringan, Potongan Angsuran, Potongan Bulan, Juga Berbagai Games & Hadiah Menarik Lainnya.

Acara tersebut digelar pada selasa 19 September 2023, bertempat di lapangan Pasar Lorok Indralaya Utara, jangan Sampai Ketinggalan Buruaannn
Alamat : Kantor Timbangan Astra Motor Indralaya-Timbangan Samping Colombus WA 0838-3386-0880. (Ril/If Honda) 
20.08

Wabup OI Lepas Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV

Pelepasan Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV, Wabup Ardani : Ikuti Dengan Penuh Semangat dan Menjujung Tinggi Sportivitas

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani SH., MH., didampingi Asisten Sekda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan Ketua KONI Ogan Ilir Melepas Kontingen PORPROV SUMSEL ke IV Tahun 2023. Kamis (14/09/2023) bertempat di Halaman Kantor Bupati. 

Diawali dengan laporan Ketua KONI Ogan Ilir Bapak Aswan Mufti mengatakan kontingen Kab. Ogan Ilir mengikuti 37 cabang olahraga (cabor) dari 44 cabang olahraga (cabor) yang ada di PORPROV Sumsel ke IV tahun 2023.

"Kontingen Ogan Ilir mengirimkan perwakilan sebanyak 517 atlet dan mengikuti 37 cabor dari 44 cabor yang ada".

Wakil Bupati Ogan Ilir H. Ardani dalam sambutannya mengatakan kontingen Ogan Ilir dalam mengikuti event 2 tahunan ini, tentu harus kita ikuti dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas. 

"Dalam mengikuti perlombaan tentu harus bersemangat, menjaga sportivitas dan mendapatkan hasil yang maksimal".

Wakil Bupati H. Ardani juga menambahkan untuk kepada semua manajer dari setiap cabang olahraga untuk mengurus dan benar-benar diikuti sesuai dengan cabangnya masing-masing sehingga dapat meraih hasil yang maksimal

"Pemerintah Kab. Ogan Ilir menargetkan kontingan Ogan Ilir pada Porprov Sumsel tahun ini untuk masuk peringkat 10 besar" Ujarnya. 

Acara ini juga dihadiri Ketua KONI Kecamatan se Kab. Ogan Ilir, Semua Staf Pelatih official dan seluruh atlit Porprov sumsel ke IV. (Ril/Red)

Selasa, 12 September 2023

21.00

Puluhan Siswa dan Siswi SD Negeri 3 Rantau Panjang Disuntik BIAS

Petugas Puskesmas Lakukan Suntik BIAS di SD Negeri 3 Rantau Panjang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Puluhan siswa dan siswi SD Negeri 3 Rantau Panjang lakukan suntik imunisasi atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Rabu (13/09/2023). 

Hal ini yang dikatakan oleh Kepala SD Negeri 3 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Berori, S.Pd, menurutnya hari ini pihak dari puskesmas Rantau Panjang melakukan suntik BIAS di sekolahnya.
"Untuk peserta sendiri yakni siswa dan siswi dari kelas satu dan dua, dan untuk kegiatan suntik BIAS ini sendiri belangsung selama satu hari, dengan harapan semoga dengan adanya suntik BIAS ini diharapkan nantinya para siswa dan siswi bisa terhindar dari berbagai macam penyakit" Imbuhnya.

Sementara itu, petugas puskesmas Rantau Panjang Heri, mengatakan hari ini pihak puskesmas Rantau Panjang melakukan suntik BIAS yang dilakukan diseluruh SD baik negeri maupun swasta yang ada di Kecamatan Rantau Panjang.

"Ya, hari ini kita lakukan suntik BIAS di seluruh SD di kecamatan Rantau Panjang, semoga dengan dilakukannya suntik BIAS ini mereka bisa terhindar dari berbagai macam penyakit" Pungkasnya. (Red)