Gemilang Terkini

Sabtu, 29 Februari 2020

04.54

Rumah Zakat Ikut Meriahkan Try Out Akbar

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Try Out Akbar yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring hari ini, yang dihadiri Gubernur Sumsel H. Herman Deru, SH, MH dan Duta Literasi Sumsel Hj. Percha Leanpuri BBus MBA Sabtu (29/02/2020). Rumah Zakat sebagai Lembaga Kemanusian juga turut Aktif memeriahkan event ini.

"Ambulance Rumah Zakat siaga, jika ada peserta lomba Try Out yang membutuhkan pertolongan. Kita juga siapkan tim medis" ujar R. Gunawan Driver Rumah Zakat.

Menurut Gunawan, Rumah Zakat open donasi jika ada pengunjung yang membayar Zakat dan juga menyediakan produk UMKM binaan Rumah Zakat.
"Saya dan tim Rumah Zakat di stand menyediakan kopi susu dan kopi hitam (produk UMKM binaan) yang siap langsung diminum. Jadi setiap Membeli kopi juga termasuk sudah memberdayakan UMKM lokal", pungkasnya.

Selain itu tambah Gunawan, Sop buah juga menghiasi Stand Rumah Zakat. Setelah SMA N 7 Palembang tampil debus disambut meriah oleh penonton, langsung Relawan Rumah Zakat memberikan Sop Buah secara gratis kepada siswa SMA N 7 Palembang ini. (Medi RZ)

Jumat, 28 Februari 2020

21.08

Sedang Tunggu Relasi Bandar Narkoba Asal Palembang Ini Dibekuk Polisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Her (47) akhirnya tidak dapat berkutik saat petugas dari SatresNarkoba Polres Ogan Ilir melakukan penangkapan terhadapnya. Bandar narkoba ini dibekuk polisi saat sedang duduk menunggu pembeli dirumahnya dipinggir jalan Lr Pandawa Rt014/003 Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Palembang.

Kapolres Ogan Ilir AKBP. Imam Tarmudi SIk. MH, melalui Kasat Narkoba Iptu Fajri Anbiya, SIK kepada.awak media mengatakan, Sat Resnarkoba Polres Ogan Ilir berhasil mengungkap kasus narkotika pada Selasa 25 Februari 2020 pukul 14.00 WIB. Tersangka bernama Her (47) ditangkap berada dirumahnya. 

"Bandar narkoba ini dibekuk saat sedang duduk menunggu tersangka HLM yang lebih dulu ditangkap, untuk.memberikan narkotika jenis Shabu," Katanya.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa  2 (dua) paket Narkotika jenis Shabu di dalam plastik klip bening di dalam Kotak rokok di dalam kantong plastik dengan berat bruto 13,73 gram. Selanjutnya pelaku berikut barang bukti tersebut diamankan ke Satres Narkoba Polres Ogan Ilir untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Karena telah melawan hukum melalukan perbuatan tindak pidana memiliki, menyimpan dan menguasai Narkotika jenis Shabu. Maka pelaku akan dikenakan UU No.35 tahun 2009 tentang  Narkotika Pasal 111, 112, 113, 114 adalah penjara  minimal 4 tahun dan maksimal hukuman mati," Pungkasnya.(Gheka).
00.27

Rumah Zakat Bangkitkan Perekonomian Desa


EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Relawan Inspirasi Rumah Zakat menyalurkan bantuan Modal Usaha kepada Leka Popilaya di desa berdaya binaan Rumah Zakat, kamis, (27/02/2020).

Jon Kenedi Relawan Inspirasi membuat Action Plan program ekonomi, melihat dari potensi yg ad di Desa. Ia melakukan assessment sejak September 2019 lalu, bersama masyarakat salah satunya membuat kelompok usaha ternak itik yg potensi untuk kita kembangkan di desa kita.

Dilihat dari hasil assasment, program ekonomi yang bisa dijalankan. “Saya diskusi sistem dan struktur pemberdayaan program ekonomi, saya berharap kelompok kita profesional dalam membangkitkan perekonomian Desa dan bakal menjadi percontohan bagi masyarakat lain”ujar Jon.

Sementara itu Leka Popilaya penerima modal usaha Rumah Zakat program ekonomi menyampaikan terima kasihnya kepada Rumah Zakat yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami.

“Saya berterima kasih sebebesar-besarnya kepada rumah zakat yg sudah memberikan bantuan modal usaha untuk membangkitkan perekonomian di desa kami. Semoga usaha ternak itik ini bisa berhasil dan mewujudkan perekonomian Desa kami yg Lebih Baik lagi”, Pungkasnya. (Medi RZ)

Kamis, 27 Februari 2020

22.29

KPUD Ogan Ilir 80 PPK Terpilih

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berdasarkan Hasil Pasca Klarifikasi Tanggapan Masyarakat Tahap II pada tanggal 22 Februari 2020–25 Februari 2020 dan dituangkan dalam Berita Acara Rapat Pleno Nomor : 021/PP.04.1-BA/1610/KPU.Kab/II/2020 tanggal 25 Februari 2020, dengan ini Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Ilir mengumumkan Penetapan 5 (Lima) Orang Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2020.

Berikut lampiran Pengumuman Penetapan 5 (Lima) Orang Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. (Red)

00.14

Bupati OI Gelar Sosialisasi PPID

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, diwakili Asisten I dan II Setda OI bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten OI dan Narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Gelar Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kamis (27/02/2020) Bertempat di Ruang Rapat Bupati Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya.

Asisten II Setda OI menjelaskan, PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

"Dimana Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik." Katanya.

Ditambahkannya, "Ada asas dalam mengelola informasi publik yaitu adanya keterbukaan, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Semoga dengan terselenggaranya Sosialisasi PPID Ini peserta yang hadir dapat memberikan keterbukaan dalam mengolah informasi untuk masyarakat Kab OI dan mampu memberikan informasi yang sebenar-benarnya." Tutupnya. (Ril/Red)

Rabu, 26 Februari 2020

01.46

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Salurkan Modal Usaha untuk Pemberdayaan Ekonomi

LAHAT, gmjnews.co.id- Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi Rahmad Sugeharto menyalurkan modal usaha kepada Ilham Maulana Selasa (25/02/2020) di Aceh Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Program ini adalah salah satu program Rumah Zakat dalam pemberdayaan ekonomi di desa berdaya Aceh.

"Salah satu Upaya untuk memberikan solusi ekonomi bagi masyarakat adalah dengan memberikan modal usaha agar mereka bisa berdaya dan mandiri, karena pemberian modal usaha bisa membantu menuntaskan permasalahan ekonomi mereka", Ujar Rahmad Sugeharto.

Ilham Maulana selama ini adalah petani lepas yg kesehariannya membantu orang tua menanam padi di sawah. Bantuan disalurkan di rumah Relawan Inspirasi.

Dengan adanya bantuan modal usaha ini, Rumah Zakat berharap bisa membantu tokoh pemuda ini agar lebih berdaya dan mandiri dan dapat mengembangkan dan meningkatkan pendapatannya.

Mendapat bantuan modal dari Rumah Zakat, penerima manfaat sangat senang karena dengan bantuan tersebut dapat memberi solusi ekonomi keluarganya.

“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah memberikan bantuan modal usaha kepada saya. insyaAllah, dengan bantuan modal usaha yang saya dapatkan dari Rumah Zakat ini, akan saya gunakan sebaik mungkin untuk kemajuan saya” pungkas Ilham. (Medi RZ)

Senin, 24 Februari 2020

19.48

Satresnarkoba Polres OI Berhasil Bekuk Kurir Narkoba

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Nova Jaya Permana (31) seorang Pelaku yang diduga kurir Narkoba jenis Pil ekstasi jenis kodok berhasil dibekuk oleh Kepolisian Resort (Polres) Ogan Ilir (OI)

Pelaku behasil dibekuk saat petugas melakukan penyamaran menjadi pembeli ,saat bertransaksi dengan petugas itulah pelaku berhasil dibekuk tim Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Ogan Ilir.

Pelaku berhasil diamankan di pangkalan ojek Simpang Palm Raya tepatnya di samping Indomaret Palm Raya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, jumat (21/2/2020).
Kepala Bagian Humas Polres Ogan Ilir AKP. Zainalsyah mengatakan, penangkapan pelaku diawali dari anggota Sat Res Narkoba Polres Ogan Ilir melakukan penyelidikan lalu melaksanakan UCB (Undercover Buy).

"Ya,sekira pukul 10.30 WIB pelaku yang bernama Nova datang menemui anggota yang sedang UCB di pangkalan ojek samping mini market Indomart,  bersama 1 (satu) orang temannya yang bernama Cakok, dimana teman pelaku menunggu di warung depan Pom Bensin Palm Raya, "Ujarnya.

Dijelaskannya, kemudian pelaku mendekati anggota yang melakukan penyamaran, lalu pelaku memperlihatkan bungkusan kantong plastik warna putih kepada anggota yang sedang UCB dan mengatakan harganya Rp. 13.000.000,- (tiga belas juta rupiah), setelah anggota melihat bungkusan kantong plastik warna putih, kemudian anggota kepolisian yang sedang UCB (Undercover Buy) langsung membekuk pelaku.

"Atas kejadian tersebut pelaku beserta barang bukti dibawa ke Sat Res Narkoba Polres Ogan Ilir guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut." Terangnya. (Red)

04.38

Santri Rumah Qur’an Binaan Rumah Zakat Juara 1 FASI

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Santri Rumah Qur'an Binaan Rumah Zakat turut serta dalam Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) tingkat Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim diikuti yang diikuti 200 an anak Se Kecamatan Rambang Minggu (23/02/2020) kemarin.

Lomba yang diadakan diantaranya Pembacaan Quran Tartil, Hifzil, Lomba mewarnai, lomba pidato dan lainnya. Salah satu Santri Rumah Quran Muhammad Fatih Fawwaz ikut lomba Sholat.

Saat dipanggil Namanya Muhammad Fatih Fawwaz sebelum tampil merengek menangis sehingga membuat peserta lain dan penonton tertawa. Namun hal ini tidak membuat Muhammad Fatih Fawwaz patah semangat

Dengan keteguhan hatinya. Ia berhasil memenangkan lomba Sholat dan mendapat nilai 90 sehingga menjadi Juara 1. Dengan nilai yang didapat, Muhammad Fatih Fawwaz selanjutnya akan mewakili Kecamatan Rambang dalam Festival Anak Sholeh Indonesia tingkat Kabupaten Muara Enim.

Muhammad Fatih Fawwaz saat ini baru menginjak kelas 1 SD, ia menjadi santri rumah Quran sejak awal berdiri. Lebih kurang 1 tahun ia tekun belajar di rumah Quran.

Orang tua Muhammad Fatih Fawwaz yang berprofesi seorang Petani di Desanya. Ia bercerita setelah mendengar juara 1 terkejut dan senang. 

“Alhamdulillah, tidak menyangka juara 1. Tadi pas disebut mendapat juara 1 saya kaget dan senang. Ini berkat bimbingan ustadz di Rumah Quran”, Katanya, Senin (24/02/2020). (Medi RZ)
03.35

Pemkab OI Melalui Disdukcapil Adakan Itsbat Nikah 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk keempat kalinya, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) melalui dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OI bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kayu Agung, Kemenang Ogan Ilir, menggelar Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu, dalam rangka mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan yang bertempat di Gedung Serbaguna KTP Tanjung Senai, Senin (24/02/2020).

Adapun Jumlahnya tidak kalah dengan tahun sebelumnya, tercatat ada 600 pasang yang mengikuti isbat nikah yang digelar selama 5 hari (24 februari sampai 28 Februari ).

Kegiatan Itsbat nikah yang diadakan untuk ke empat kalinya tersebut dibuka langsung oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam yang ditandai dengan pemukulan gong.

"Itsbat nikah sendiri sudah digelar untuk ke 4 kalinya dan untuk peserta yang mengikuti itsbat nikah tersebut sebanyak 600 pasangan dari 16 Kecamatan yang ada dikabupaten ogan ilir" Kata Kadisdukcapil OI Akh. Lutfi, S.Sos, M.Si.

Dikatakan Akh. Lutfi, "Program Isbat nikah merupakan salah satu program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kayuagung dan Kemenag OI" Ungkapnya.

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan,  program Isbat Nikah yang digelar ini merupakan yang keempat kalinya,  diharapkan masyarakat yang sudah menikah dikabupaten OI semuanya mempunyai buku nikah dan bagi yang mengikuti Isbat Nikah.

"Para peserta tak perlu bersusah payah untuk memikirkan biaya, karena untuk biaya Itsbat Nikah sendiri ditanggung oleh pemerintah kabupaten ogan ilir" Kata Bupati OI.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Sumsel Herfiansyah turut hadir dalam acara Itsbat Nikah yang diadakan Pemerintah Kabupaten OI melalui dinas Disdukcapil OI bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kayu Agung, Kemenang Ogan Ilir, 

Herfiansyah Kepala Disdukcapil Sumsel menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu pada tahun 2020 ini. Sebab menurutnya, melalui pelaksanaan sidang isbat ini dapat membantu dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal memperoleh buku nikah.

“Harapan saya dengan tercatatnya pernikahan ini secara sah menurut hukum negara, bukan saja dapat memberikan kebahagian bagi pasangan suami istri, tetapi juga membantu bagi keluarga yang belum tercatat pernikahannya". Imbuhnya. (AP/Red)

Minggu, 23 Februari 2020

21.31

Asisten I Sampaikan Program Pemkab OI


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berbagai macam Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) baik yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan memberi banyak manfaat sekali bagi masyarakat Kabupaten OI.

Hal ini yang dikatakan oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam melalui Asisten I Pemkab OI Abdul Rahman Rosyidi dalam acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Senin (24/02/2020), menurutnya sudah banyak sekali Program Pemerintah yang telah dilakukan oleh Pemkab OI diantaranya, program Satu Desa Satu Diniyah, ATM Beras, Transpormasi Pertanian, Ngopi OI, dan Kewajiban ASN untuk berzakat.

"Ya, program-program Pemerintah sudah banyak sekali dilakukan, kita ambil contoh program Ngopi OI disana kita bisa menyaring aspirasi dari masyarakat, dimana keluhan-keluhan dari masyarakat kita dengarkan dan kita bantu" Kata Asisten I Pemkab OI.

Disinggung apakah ada kendala selama menjalankan Program Ngopi OI, Asisten I Pemkab OI Abdul Rahman Rosyidi mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada kendala sama sekali.

"Untuk Kendala tidak ada, paling-paling ada masyarakat yang minta dana tunai, nah disitu kita tidak bisa kasih, namun kita akan koordinasi dengan Pihak Baznas Ogan Ilir" Ujarnya.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah sedang menggalakkan Program Transpormasi Pertanian, dimana Masyarakat nantinya akan bisa panen padi dua kali dalam satu tahu.

"Dan itu harapan kita bersama, dengan adanya program transpormasi pertanian ini bisa menambah penghasilan dari masyarakat" Pungkasnya. (Red)

Sabtu, 22 Februari 2020

20.20

Bekerjasama Dengan Pemkab, PWI OI Gelar UKW

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka memenuhi Standarisasi Wartawan yang Profesional dan sesuai program Dewan Pers menjadikan wartawan yang berkompeten, maka Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI melalui dana Hibah Pemkab OI tahun 2020 menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan yang bertugas di Kabupaten OI.

UKW ini meliputi tingkat Muda dan Madya yang diikuti sebanyak 24 wartawan khusus di Kabupaten OI, tingkat Muda dan Madya berlangsung yang selama dua hari yakni dari tanggal 24 hingga 25 Februari 2020 yang dilaksanakan di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan (Sumsel) Indralaya. Dengan tim penguji PWI Nasional dan Dewan Pers.

Ketua PWI OI periode 2017-2020 Gusti M. Ali, patut mengapresiasi kerjasama Pemkab Ogan Ilir yang peduli kepada peningkatan mutu profesi wartawan dengan memberikan dana hibah tahun 2020. Dengan dilaksanakannya UKW bagi wartawan, khususnya wartawan yang bertugas di Ogan Ilir, dirinya berharap profesi ini tidak lagi dipandang sebelah mata atau profesi murahan oleh masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya UKW ini, tidak ada lagi wartawan yang hanya menyandang kartu wartawan, tetapi tidak memiliki tulisan atau berita, baik di media cetak, elektronik maupun online dan semua memahami 5W+1H dan Kode Etik Jurnalistik serta UU 40 tahun 1999 tentang Pers dan PDPRT organisasi” Kata Gusti M. Ali, Minggu (23/02/2020).

Ditambahkannya, "Kita juga ingin bahwa wartawan di Kabupaten Ogan Ilir menjadi contoh bagi teman-teman seprofesi lainnya, minimal di Sumsel bahwa wartawan Ogan Ilir memang profesional" Katanya. (Red)

04.52

Rumah Zakat Baturaja Gelar Seminar dan Workshop Kewirausahaan

BATURAJA, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Baturaja sebagai mitra Baitul Maal PT. Semen Baturaja dan Baturaja Farm tengah mengadakan Seminar dan Workshop Kewirausahaan yang diperuntukkan bagi pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten OKU, Sabtu (22/02/2020) di Q-Shams Cafe.

Kegiatan yang bertema 'Peran Pemuda bagi Kemandirian Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat' ini menghadirkan pemateri yang kompeten dibidangnya, diantaranya, Ardi, SE yang merupakan seorang  praktisi ekonomi. 

Dalam penyampaian Materinya, Ardi menuturkan bahwa untuk memulai membangun startup sebuah usaha, pemuda harus menemukan passionnya dimana ia akan berkecimpung. 

"Temukan passion mu dan mulailah aksimu, begitulah seharusnya seorang pemuda bergerak, karena dengan berwirausahalah kebermanfaatan yang lebih luas akan dirasakan"ujarnya.

Fitri sebagai Ketua Baturaja Farm sekaligus  mitra kerja Rumah Zakat menuturkan bahwa agenda ini merupakan kegiatan yang memang diperuntukkan untuk pemuda sebagai pelopor kemandirian bangsa.

"Permasalahan dan kesenjangan yang terjadi di Indonesia saat ini bisa diatasi dengan kemandirian ekonomi oleh masyarakatnya, dan semua itu dimulai dari pemuda."ujar perempuan yang juga merupakan salah satu Finalis Pemuda Pelopor Nasional tahun 2019 ini.

Lebih lanjut, dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten dibidangnya diharapkan dapat membuka mindset pemuda saat ini bahwa kesejahteraan Indonesia akan terwujud dengan kedaulatan ekonomi. 

Selain itu, sesi workshop kedua diisi oleh Koordinator Rumah Zakat Baturaja, Wahyu Andre. Dalam pemaparannya, kemandirian ekonomi berawal dari kemandirian finansial pribadi.

"Cara paling efektif bagi pemuda yang mayoritas aktivis yaitu memulai membuka usaha dengan bermitra, mulai aja dulu dengan bermindset bisa membayar uang kuliah sendiri dan cobalah untuk menuangkan ide-idenya dalam bentuk proposal agar bisa menarik investor dari berbagai bidang maupun lembaga baik swasta pun pemerintahan"ujarnya. 

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 13.00 WIB sampai ashar menjelang, diawal juga sempat dijelaskan mengenai asal mula Baturaja Farm dan Mitra-mitra Rumah Zakat serta brain besar kedepannya. (Medi RZ)

Kamis, 20 Februari 2020

23.15

Terima Pengurus PWI di "Ngopi OI", Bupati OI Media Mitra Pemerintah Dalam Membangun

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam, SE, SH, MM, menerima Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam "Ngopi OI" Jum'at  (21/2/2020) di Rumah Dinas Bupati Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab. OI Tanjung Senai Indralaya.

Dalam pertemuan ini Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam menyampaikan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dengan Media Cetak, Elektronik maupun Online merupakan mitra yang harus saling mendukung untuk memajukan Kabupaten ini sehingga sejajar dengan Kabupaten lainnya yang lebih maju.

"Berbagai Program Pemerintah seperti Satu Desa Satu Diniyah, Transformasi Pertanian, Pembangunan Infrastruktur Jalan Jembatan dan Program Pembangunan lainnya akan tersampaikan kepada masyarakat dengan adanya bantuan dari awak media", Kata Bupati OI dihadapan pengurus PWI OI.

Lebih lanjut disampaikan Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam, Pemkab OI siap mendukung berbagai Program PWI OI dalam meningkatkan kompetensi para awak media yang bertugas di Bumi Caram Seguguk.

"Pemkab OI siap menerima masukan kritik dan saran dari insan pers, hanya saja berita yang yang dibuat harus objektif dan berimbang", tegas Bupati OI.

Sementara Ketua PWI OI terpilih Yasandi menyampaikan terima kasih kepada Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam yang telah menerima dengan hangat dan mendukung program PWI.

"Kita siap bersinergi dengan Pemkab OI dalam memajukan berbagai pembangunan yang ada." Pungkasnya. (Ril/ Red).

Berikut Videonya:

18.22

Resmikan TK Arwana, Bupati OI Tegaskan Pendidikan Anak Usia Dini Harus Di Prioritaskan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Halaman PT. Arwana, Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) Bupati Kabupaten OI HM. Ilyas Panji Alam SE, SH. MM dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim meresmikan berdirinya TK Arwana di Kabupaten OI bersama Forkopimda OI sekaligus menghadiri acara kebersamaan  para Distributor PT. Arwana, Kamis (20/02/2020).
Bupati OI Menyampaikan bahwa pendidikan Anak Usia Dini menjadi prioritas saya sebagai penanggung jawab pendidikan di daerah ini, atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah ikut dalam mendukung pembangunan sekolah ini. Semoga bermanfaat, terpelihara, dan berkesinambungan.

"Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah kita raih saat ini, merupakan salah satunya hasil kerja keras dari semua komponen masyarakat termasuk PT. Arwana. Kami berharap kedepannya PT. Arwana akan selalu mendukung dan membantu Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk mensejahterakan masyarakatnya menuju Ogan Ilir Gemilang", Kata Bupati OI.
Dikatakannya, "Melalui acara ini juga kita bisa bersilaturahmi dengan bertatap muka bersama para karyawan dan Distributor PT. Arwana di seluruh Indonesia. Semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua", Harapnya. (Ril/Red)


01.32

Disdikbud dan BNNK OI Gelar Sosialisasi P4GN

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menekan maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat dan sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar kegiatan Sosialisasi pembentukan Satgas P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba), Kamis (20/2/2020)

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OI Dr. Ariyanto yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Herianto, S.Pd, M.Si tersebut digelar di SMPN I Indralaya yang diikuti 160 peserta dari siswa-siswi pengurus OSIS tingkat SMP se- Kabupaten OI dan sebagai Narasumber yakni Rulyadi, ST dari BNNK OI.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OI melalui Sekretaris Dinas Herianto mengatakan bahwa Penyalahgunaan Narkotika hingga saat ini masih menjadi perhatian utama di hampir semua negara. Berbagai jenis Narkotika, seperti ganja dan sabu merupakan Narkotika ilegal yang menjadi masalah utama, khususnya di Indonesia. Saat ini, penyalahgunaan Narkotika cukup mengkhawatirkan mengingat barang haram ini menjangkau berbagai kalangan dan usia.

“Saat ini Indonesia sudah masuk kategori darurat Narkoba, karena Narkoba sudah menyasar pengguna dari berbagai kalangan dan tingkatan umur,” Kata Herianto.

Dikatakannya, bahwa bahaya penyalahgunaan Narkoba bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah kabupaten saja, tetapi jadi tanggung jawab bersama. Untuk itu pihaknya menggandeng berbagai pihak agar penyalahgunaan Narkoba ini bisa dapat efektif dicegah dari sekolah-sekolah.

“BNN dan Disdik harus menjadi pionir yang selalu mengingatkan para anak didik maupun anak masing-masing agar jangan sampai terkena dan dipengaruhi oleh Narkoba", Katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh kepala sekolah dan guru-guru di Ogan Ilir untuk berhati-hati dengan barang haram tersebut. Pasalnya, usia remaja khususnya anak sekolah akan menjadi sasaran utama pelaku untuk menghancurkan generasi penerus bangsa.

“Bagi bapak dan ibu guru di sekolah, wajib hukumnya melakukan pengawasan ekstra. Jadilah tauladan yang baik untuk anak didik kita,” Imbuhnya. (Ril/Red)

Rabu, 19 Februari 2020

22.27

Rumah Zakat dan Kitabisa.com Galang Dana untuk pembangunan Masjid

EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Bersama kitabisa.com melakukan penggalangan dana untuk pembangunan masjid Di Desa Pulau Emas, Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Melalui link https://kitabisa.com/campaign/masjidpulauemas terkumpul dan terus banyak yang berdonasi.

Relawan Rumah Zakat Hari ini kamis (20/02/2020) menyalurkan donasi yang sudah terkumpul dari platform kitabisa.com tersebut.

"Bak Pantai Merindukan Ombak melihat kondisi butuhnya biaya pembangunan masjid dan pelunasan Pembebasan Lahan dalam waktu dekat ini dan Alhamdulillah turunnya pertolongan Allah melalui perantaraNya berupa bantuan dari Rumah Zakat Palembang yang menghimpun dana”ucap Jon Kenedi.

Donasi untuk pembangunan masjid pulau emas ini langsung diterima oleh Bendahara Masjid Masjid At-Taqwa Pulau Emas Putra Darussalam, S.Pd.I.

“Terima kasih banyak kepada Donatur dan Rumah Zakat Palembang yang sudah membantu kami dalam pembangunan masjid kami. Semoga menjadi Amal jariyah Aamiin”, pungkas Putra. (Medi RZ)

Selasa, 18 Februari 2020

23.46

Rumah Zakat Salurkan Modal Usaha

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat menyalurkan bantuan modal usaha kepada Petty salah satu member binaan rumah zakat di desa berdaya pipareja, ilir barat 2 Palembang.

Petty memiliki usaha warung sarapan pagi di Pipareja. Ia sudah menggeluti usaha ini sudah beberapa tahun guna membantu perekonomian keluarganya. Terkendala modal usaha untuk memproduksi lebih banyak jajanan. 

"Saya sangat butuh tambahan modal agar usaha saya maju sehingga lebih banyak varian yang di jual kepada pelanggan", ujarnya.

Melihat Kondisi ini Rumah Zakat menyalurkan modal usaha agar Ibu Petty berdaya. Mendapat modal usaha dari program desa berdaya Rumah Zakat ini petty sangat terbantu dengan mendapat program tersebut kendala produksi ibu petty pun bisa di atasi.

"Alhamdulillah trimakasih banyak bantuan modal usahanya sangat membantu kami semoga kedapanya rumah zakat semakin sukses dengan programnya" ujar tukas Petty.

Sementara Itu Sulaiman Branch Manager Rumah zakat Sumatera Selatan menambahkan Zakat yang dihimpun Rumah Zakat disalurkan dalam program Pemberdayaan.

"Zakat yang disalurkan ke Rumah Zakat, kita kelola agar para penerima zakat Berdaya baik ekonomi dan spiritualnya", pungkas Sulaiman. (Medi RZ)
20.35

Disdik OI Sebarkan Ribuan Telur ke PAUD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam upaya pencegahan Penyakit Stunting kepada Anak-anak usia Dini, Ibunda PAUD Kabupaten Ogan Ilir, Ny. Melly Mustika Ilyas Panji Alam, membuat program sebarkan telur keseluruh Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada dikabupaten Ogan Ilir.

Di serahkan langsung oleh Ibunda PAUD Ogan Ilir, Ny. Melly Mustika, Ribuan telur-telur mentah tersebut, akan disalurkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ogan Ilir, ke seluruh PAUD yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Ibunda PAUD Ogan Ilir, Ny.Melly Mustika , berharap, dengan adanya asupan gizi yang seimbang, anak-anak usai Dini Ogan Ilir terbebas dari Stunting.

"Penyebaran telur yang kita lakukan ini, sebagai upaya dalam mencegah Stunting, pada anak-anak berusia Dini, Kita berharap anak-anak usia dini di Ogan Ilir, terbebas dari Stunting, dengan adanya asupan gizi yang seimbang.  salah satu pencegahannya ialah dengan mengkonsumsi telur dengan rutin " Terang Ny.Melly Mustika

Stunting: adalah sebuah kondisi di mana tubuh seseorang jauh lebih pendek, dibanding dengan tinggi badan Orang   seusianya. penyebab Utamanya ialah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir, yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun. (Red)
00.11

Warga Harapkan Jembatan Sejangko I Diperbaiki

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Warga yang berada di Desa Sejangko I Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan butuh Perbaikan jembatan, karena saat ini kondisi jembatan tersebut sudah mulai rusak.

"Kami minta kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir khususnya dinas terkait agar bisa memperbaiki jembatan sejangko ini karena kondisinya sudah mulai rusak" Kata Aries warga yang melintas, Selasa (18/2/2020).

Ditambahkannya," Karena kan saat kondisi jalan disini sudah bagus dan sering dilalui oleh kendaraan baik roda empat maupun roda dua dan hampir setiap hari kendaraan melintas, terutama dipagi hari dan sore hari banyak" Ujarnya. (Red)

Berikut Videonya:


Senin, 17 Februari 2020

04.02

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Upgrade Kapasitas Pemberdayaan

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Sugandi Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Pagaralam melakukan survei dan upgrade ilmu tentang mesin roasting kopi di kedai Kopi Umakku 4 Lawang di Plaju, Palembang Senin (17/02/2020).

Sugandi mengatakan bahwa tahun ini, desa berdaya Pagaralam masuk kategori pemberdayaan level 2. Pada level 2 ini, dibutuhkan instrumen-instrumen tambahan untuk meng-upgrade kapasitas produksi kopi dan pemberdayaan masyarakat kelurahan Pagaralam. 

“Oleh sebab itu, saya bersama Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) GAPU Pagaralam berencana menambah instrumen, salah satunya mesin roasting (sangrai/goreng) kopi. Jadi kedepannya pemberdayaan UMKM di desa berdaya bisa maksimal”, ujar Gandi.

Ia berharap dengan penambahan mesin roasting dan mengupgrade ilmu tentang mengoperasikan mesin roasting ini bisa menambah kapasitas produksi bubuk kopi yang siap didistribusikan keseluruh Indonesia.

"Kami sedang melakukan survei untuk membeli mesin roasting kopi. Mudah-mudahan bisa menambah kapasitas produksi kopi dan pemberdayaan di desa berdaya Pagaralam," Kata Gandi (RI Pagaralam).

Sementara itu, Ari febri owner Kedai kopi Umakku senang dikunjungi Relawan Inspirasi sehingga bisa berbagi ilmu. Ia memberikan harga khusus mesin roasting kopi ini untuk program pemberdayaan Rumah Zakat.

"Khusus untuk program pemberdayaan Rumah Zakat kami berikan harga spesial jika membeli mesin roasting kami. Ini yang kami bisa bantu untuk pemberdayaan di Pagaralam," pungkas Ari Febri. (Medi RZ)
03.56

Gedung Reskrim Polres OI Terbakar Bupati Akan Bantu Renovasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam SE SH MM akan membantu renovasi gedung Reskrim Polres Ogan Ilir (OI) yang habis terbakar Senin pagi, (17/2/2020).

Bupati didampingi Sekda dan Asisten Sekda saat meninjau gedung Reskrim yang terbakar berjanji akan membantu renovasi gedung reskrim tersebut.

"Saya lihat tadi Kebakaran tersebut terjadi diduga akibat arus pendek dan sedang dalam penyelidikan tim labfor. Dan dalam waktu dekat kita dalam hal ini pemda Ogan Ilir akan membantu merehab, membangun ulang gedung Reskrim tersebut. Sehingga Bapak-bapak anggota Polres Ogan Ilir bisa kembali bekerja melayani masyarakat. Dan itu akan dilaksanakan sesingkat-singkatnya" Kata Bupati

Disinggung berapa besaran anggaran yang akan digunakn untuk rehab gedung tersebut, Bupati OI mengatakan itu nanti sedang dilihat. 

Diketahui akibat kebakaran tersebut satu blok gedung Reskrim habis terbakar.

Kapolres Ogan Ilir AKBP. Imam Tarmudi SIK MH, didampingi Wakapolres OI Kompol Nila kepada awak media, pada pukul. 07.20 WIB informasi awal didapat dari Waka ada kebakaran, sementara dirinya sedang mengikuti rapat di Polda.

"Dugaan sementara api berasal dari ruang Logistik terus merambat ke Bimas sampai ruang Reskrim. Dan kami  juga minta tolong Labfor untuk meneliti" Katanya.

Dikatakan Kapolres, "Untuk ruang logistik, senjata dan amunisi bisa diamankan. Selanjutnya kejadian ini akan dilakukan pendalaman dengan menghadirkan tim labfor" Terangnya.

Disinggung soal pelayanan masyarakat, pemilik melati dua dipundaknya ini mengatakan pihaknya sementara untuk pelayanan masyarakat, berkas dan Bimas bisa memakai ruang disebelah satlantas, dan juga Gedung Panuluan II.

"Ada empati dari Bupati beserta Sekda serta para Asisten Sekda melihat langsung, dan sebagaimana peran Pemerintah ada hibah untuk renovasi gedung tersebut. Kedepan kita akan perbaiki lagi begitu juga instalasinya" Ujar Kapolres OI. (Gheka)
02.33

Pasca Kebakaran, Bupati Siap Bangun Satu Blok Perkantoran Reskrim Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pasca Kebakaran yang terjadi di Perkantoran Reskrim Polres Ogan Ilir (OI), Senin (17/2/2020) Bupati OI Ilyas Panji Alam beserta jajaran meninjau langsung lokasi kebakaran gedung Reskrim Polres Ogan Ilir, serta Bupati OI juga berjanji akan segera membangun satu blok perkantoran Reskrim polres Ogan ilir yang terbakar.

Bupati OI Ilyas Panji Alam dilokasi kebakaran saat dikonfirmasi mengatakan, menurut informasi sementara ini dari arus pendek. Saat ini lagi diteliti di periksa dari Tim Labfor untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut.
"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan kita akan bangun kembali gedung ini, pemerintah kabupaten Ogan Ilir akan membantu merehab membangun ulang bangunan tersebut sehingga bapak kepolisian Polres Ogan Ilir bisa kembali bekerja melayani masyarakat" Kata Bupati.

Dikatakan Bupati OI, dalam waktu yang sesingkat singkatnya pemerintah kabupaten Ogan Ilir akan membangun kembali satu blok gedung Reskrim polres Ogan Ilir, dan untuk anggaran akan kita lihat dan hitung dulu setelah selesai ini dari Dinas PU Perkim akan menghitung kira-kira seperti apa dan berapa biayanya.

"Untuk armada pemadam kebakaran untuk saat ini cukup dengan dua unit damkar bisa memadamkan api dan satu unit bantuan dari BPBD OI jadi total tiga unit cukup sementara ini" Ujarnya. (Red)

Berikut Videonya:

Minggu, 16 Februari 2020

21.50

Gedung Satreskrim Polres OI Terbakar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Gedung Bagian Satuan Reskrim, gudang Logistik, dan gedung Binmas Polres Ogan ilir, habis dilahap sijago merah Senin (17/2/2020) sekitar pukul 07.30 WIB.

Menurut pantauan, api masih nampak tersisa sedikit di bangunan yang biasa dipakai untuk penyidik dari satuan Reserse Kriminal dan penyimpanan senjata dan amunisi.

Nampak juga para instansi seperti Kepolisian sendiri, Satuan Pol PP hingga Pemadam Kebakaran Pemkab Ogan Ilir, nampak sibuk memadamkan sisa-sisa api yang tersisa.

Menurut Kasat Pol PP dan Damkar Ogan Ilir, Ahmad Fauzi, pihaknya dihubungi oleh Polres Ogan Ilir sekitar pukul 07.30 WIB.

Setelah dihubungi, ia langsung menerjunkan personel sebanyak 2 unit mobil pemadam dan 20 orang pemadam. “Sebenarnya ada satu bantuan mobil pemadam dari Universitas Sriwijaya, tapi tampaknya macet,” ujarnya.

Selain 2 unit mobil pemadam dari Damkar plus satu mobil dari Unsri, ada pula mobil Armored Water Cannon (AWC) milik Polres Ogan Ilir dan mobil tangki BPBD Ogan Ilir.

Untuk sementara, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dirinya belum bisa berkomentar banyak, terkait dugaan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Sebab saat ini, personelnya masih sibuk memadamkan api yang masih nampak di puing-puing bangunan.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi mengaku, bahwa dugaan sementara kebakaran karena arus pendek. “Sebagian berkas bisa diselamatkan, begitu juga senjata dan amunisi yang gedung logistik juga ikut terbakar bisa diselamatkan,” jelasnya.

Sementara Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam, didampingi pejabat lain melihat kondisi gedung yang terbakar.
“kemungkinan dugaan sementara dari arus pendek. Yang pasti, yang terbakar akan segera dibangun supaya pihak Polres bisa segar melayani masyarakat,” kata Bupati. (KR/Red)

Berikut Videonya:

Kamis, 13 Februari 2020

18.57

CEO Rumah Zakat menerima amanah berupa penghargaan The Best CEO 2019 versi majalah SWA

JAKARTA, gmjnews.co.id- Tahun ini CEO Rumah Zakat Nur Effendi menerima amanah berupa penghargaan The Best CEO 2019 versi majalah SWA. Adapun yang menjadi kriteria penilaiannya yakni kemampuan leadership dengan pendekatan sebagai perintis, penyelaras, pemberdaya, dan panutan, serta kemampuan meraih komitmen dan kepercayaan dari karyawan.

Transformasi menjadi kunci Nur Efendi dalam upaya membawa Rumah Zakat menjadi salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya. Tahun ini Rumah Zakat akan bertransformasi menjadi World Digital Philantrophy Organization, sebuah lembaga pengelola dana ZIS dan Wakaf yang memberikan beragam kemudahan, serta pengalaman baru bagi masyarakat dunia untuk berbagi kepada sesama. Dan kini Rumah Zakat telah memiliki jaringan di 30 negara.

Dalam praktiknya, Rumah Zakat menyediakan beragam kanal digital bagi para donatur untuk melihat laporan dan implementasi program dari donasi mereka seperti website rumahzakat.org, desaberdaya.id, Virtual Reality, dan social media updates. 

Sementara untuk memberikan pengalaman baru dalam berbagi bagi para donatur, Rumah Zakat membangun sharinghappiness.org yang kini menjadi crowdfunding terbesar kedua di Indonesia. 

Kemudian disusul oleh lelangbintang.com sebagai tempat bagi para influencer melelang barang-barangnya, untuk kemudian hasil lelangnya didonasikan. Serta Infaq.id yang merupakan digital platform untuk berdonasi infak dimana pun dan kapan pun. Dan di bulan Ramadhan nanti Rumah Zakat akan meluncurkan Digital Islamic Style (DIS), sebuah aplikasi untuk menemani aktivitas ibadah umat muslim.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas doa dan dukungan Anda. Doakan kami tetap amanah dan profesional dalam menebarkan manfaat bagi dunia dengan ridha Allah SWT", pungkas Nur. (Medi RZ)
02.53

Yasandi Resmi Pimpin Ketua PWI Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Yasandi Resmi Pimpin Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) periode 2020-2023, setelah melalui Proses demokrasi yang baik dan melalui dua kali proses pemilihan, karena pemilihan tahap pertama tidak mencukupi suara 50 persen per satu.

Dalam Proses pemilihan tahap pertama Yasandi unggul dengan meraih 12 suara, disusul Herman Sawiran 11 suara, dilanjutkan Heny Primasari satu suara dan Sarono satu suara. Kemudian Pada pemilihan kedua, Yasandi kembali unggul dengan memperoleh 13 suara sedangkan Herman 10 suara.

Sementara itu, Ketua PWI OI Terpilih ketika diwawancarai mengatakan bahwa, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang sudah mempercayakan dirinya untuk jadi Ketua PWI OI.
“Tekat saya, kedepan menjadikan seluruh wartawan Ogan Ilir profesional. Selain itu, akan lebih transparan dalam pengolahan uang Sekretariat dan kegiatan PWI Ogan Ilir,” Katanya

Dikatakannya, "Harapan kedepan, untuk teman-teman wartawan agar kiranya kedepan bisa lebih solid lagi, dan bersatu, jangan lagi ada perbedaan diantara teman-wartawan" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya: