Gemilang Terkini

Kamis, 31 Maret 2022

23.22

Zaitun Mawardi Dilantik Sebagai Ketua KORMI OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan ilir Panca Wijaya Akbar, didampingi Ketua TP PKK Ogan Ilir Ibu Mikhailia Tikha Alamsjah, Sekda Ogan Ilir, Forkopimda Ogan Ilir, dan Beberapa OPD terkait. Menghadiri Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Ogan Ilir Masa Bakti 2022-2026.

Pelantikan ketua KORMI Ogan ilir dilantik langsung oleh Ketua KORMI Provinsi Sumatera Selatan Ibu Samantha Tivani. Bertempat di Gedung Caram Seguguk, Tanjung Senai. Kamis, (31/03/2022).

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua KORMI Provinsi Sumatera Selatan Bapak Ahmad Wazir Noviadi, Ketua KONI Ogan Ilir Bapak Aswan Mufti, Direktur Bank Sumsel Babel Ogan Ilir, dan seluruh anggota KORMI.

"Saya mengucapkan selamat kepada Ketua KORMI Kabupaten Ogan Ilir Ibu Zaitun dan seluruh jajaran KORMI Ogan Ilir yang sudah dilantik, Semoga dengan dilantiknya pengurus baru dapat memberi semangat baru dan dapat mengembalikan lagi gairah pengiat olahraga rekreasi di Kabupaten Ogan Ilir".

Dan pada tanggal 29 juni - 7 juli 2022 akan ada FORNAS yang akan di selengarakan di Provinsi Sumatera Selatan. Alhamdulillah, Ada dua cabang olahraga yang akan dilaksanakan di Kabupaten Ogan Ilir. Saya atas nama pemerintah siap mendukung penuh dan mengsukseskan FORNAS 2022. (Red)
23.20

Bupati OI Hadiri Haflah SMA 1 Indralaya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar  Didampingi Kepala dinas pedidikan ogan ilir Sayadi ST, Forkopimda Ogan Ilir, dan beberapa OPD terkait. Menghadiri Tasyakur dan Pelepasan Peserta Didik SMAN 1 Indralaya Tahun Pelajaran 2021/2022. Bertampat dijalan lintas timur KM 35 Sma Negri 1 Indralaya. Kamis, (31/03/2022).

Acara pelepasan ini dihadiri juga oleh PLH Kabid SMA Dinas Provinsi Sumatera Selatan Bapak Joko Edi Purwanto, Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Bapak Pudio Laksono, dan seluruh jajaran SMAN 1 Indralaya.

Dalam sambutannya panca Wijaya Akbar mengucapkan selamat kepada seluruh siswa yang sudah menyelesaikan studynya.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh siswa siswi yang telah lulus, Semoga ilmu yang didapat ketika sekolah di SMAN 1 Indralaya bisa bermanfaat untuk kedepan".

Dan semoga siswa siswi yang telah lulus dapat melanjutkn ke Universitas yang diinginkan. Adapun pesan saya terus belajar dengan tekun, Tentu itu semua untuk menciptakan SDA SDA unggul asli Kabupaten Ogan Ilir, dan kedepan bisa bersaing didunia kerja.

“Semoga ilmu yang didapat ketika sekolah di SMAN 1 Indralaya bisa bermanfaat untuk kedepan dan dapat melanjutkn ke universitas yang diinginkan,” kata Panca. (Red)

23.18

Bupati Panca Tekankan RKPD Ogan Ilir Tahun 2022 Fokus Pembangunan Infrastruktur

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menekankan anggaran tahun 2022 ini, lebih fokus terhadap pembangunan infrasturktur yang ada di bumi "caram seguguk". Ini disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Ogan iIir dihadapan para Camat, Kepala Desa (Kades) serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), etika membuka giat Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2022 yang berlangsung Rabu (30/3/2022) di gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai Indralaya.

Dengan mengucapkan bismillah, Musrenbang RKPD Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka," ucap Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar.

Bupati Panca Wijaya mengatakan dengan tersedianya infrastruktur yang memadai mulai dari tingkat Kecamatan hingga Desa-desa. Tentunya akan berdampak pula terhadap peningkatan perekonomian  masyarakat. 

"Sudah saya sampaikan, saya tekankan anggaran 2021-2022 fokus pembangunan infrastruktur yang dimulai dari tingkat Kecamatan hingga desa-desa," ungkap Panca.

Dijelaskan orang nomor satu di Kabupaten OI ini, infrasturktur yang dimaksud yakni berkenaan dengan pembangunan jalan Kabupaten di wilayah Kecamatan dan Desa-desa.

"Untuk itu, jalan di Kabupaten OI tidak ada lagi yang terputus. Harapan saya, yang mana jadi prioritas yang dapat dilalui oleh masyarakat, itu yang harus dikerjakan. Insyaallah baiknya infrastruktur tentu dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat," ucap Bupati Panca.

Bupati juga menyinggung soal infrastruktur yang ada di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Indralaya. Dimana, Tanjung Senai sudah masuk kedalam tahapan rencana pembangunan jangka menengah daerah dengan melibatkan stakeholder-stakeholder terkait. "Dana bantuan baik bersumber dari APBD, Provinsi maupun pihak swasta, dengan tetap mengedapankan skala prioritas pembangunan. (Red)
23.14

RSUD OI "Operasi Bibir Sumbing Gratis Mendapat Dukungan Dari Bupati"

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) kabupaten Ogan Ilir, bekerjasama dengan RSUD Mohammad Hoesin Palembang dan Yayasan Ummi Romlah serta Smile Train Indonesia, adakan Bakti sosial Oprasi bibir sumbing secara gratis, Rabu (30/3/2022) di RSUD Tanjung senai.

Bakti sosial Operasi  bibir sumbing dan celah langit gratis bagi warga dari kalangan tak mampu di motori oleh yayasan Ummi romlah ini disamping mendapat fasilitas juga mendapat dukungan dari Bupati.

Direktur RSUD Ogan Ilir, dr. Siska Susanti menerangkan, ada 19 warga yang dilayani untuk operasi bibir sumbing dan celah langit.

Warga yang mendapatkan oprasi gratis mulai dari usia 3 bulan hingga 38 tahun yang menjalani operasi di rumah sakit kita," ujar siska.

Dilanjutkannya, kegiatan ini dimulai sejak sehari sebelumnya di mana para pasien menjalani screening dan rontgen terlebih dahulu.

Dan hari ini, operasi dilaksanakan terhadap seluruh pasien dari berbagai kalangan usia tersebut. Ungkapnya.

"Alhamdulillah, operasi berjalan lancar. Satu orang pasien hanya perlu waktu 20 menit untuk diambil tindakan operasi," jelas Siska.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar berpesan kepada RSUD agar menyediakan layanan terbaik bagi para pasien.

Bahkan Panca juga minta pasien diantar ke rumah masing-masing dengan menggunakan ambulans.

"Saya minta pasien diantar pulang pakai ambulans. Agar tidak merepotkan keluarga yang tidak memiliki kendaraan," kata Panca.

Panca mengaku tak ingin melihat anak-anak Ogan Ilir mentalnya turun dan terhambat sosialisasinya karena kelainan yang dialami.

"Diupayakan ke depan paling tidak 10 atau 15 orang bisa menjalani operasi gratis bibir sumbing ini," kata Panca.

Sementara Ketua Yayasan Ummi Romlah, Dr. Iqmal Perlianta, SpBP-RE mengungkapkan, operasi gratis bibir sumbing dan celah langit mulai dilakukannya sejak 2012 lalu.

Kini, lebih dari 2.930 lokasi operasi telah didatangi Dr. Iqmal dan tim dari Smile Train Indonesia.

"Kami datang dengan niat tulus dan ikhlas membantu. Mengembalikan senyum saudara-saudara kita merupakan kebahagiaan tersendiri," ucap dokter bedah plastik rekonstruksi dan estetik kraniofasial ini.

Menurut Iqmal, operasi bibir sumbing gratis ini perlu sumbangsih semua pihak karena biaya yang tidak sedikit.

"Insha Allah kami akan terus melayani masyarakat dengan peralatan terbaik, dokter berkompeten. (Red)

Rabu, 30 Maret 2022

23.48

Ketua PWI OI: Ketika Ada Wartawan Ke Sekolah Hadapi dan Jangan Takut

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam acara diskusi dengan seluruh kepala SMP negeri dan swasta di kabupaten Ogam ilir (OI) dalam hal ini MKKS dan juga PWI OI, ketua PWI Ogan Ilir Yasandi mengatakan ketika ada wartawan tolong dilayani dan dihadapi jangan takut.

"Karena kami ini para wartawan punya kode etik, dan punya undang-undang pers, jadi ketika ada wartawan tolong dihadapi dan jangan takut, karena kami ini adalah mitra" Kata Yasandi, Kamis (31/03/2022).

Dikatakan Yasandi, kalau ada masalah tolong diselesaikan dan janganlah ada momok yang menakutkan ketika mendengar dan ada wartawan yang datang ke sekolah.

"Sekali lagi tolong jangan takut, kami juga manusia, dan kalau tidak ada masalah janganlah untuk takut, wartawan mitra bagi setiap kepala sekolah, saya harapkan janganlah wartawan dijadikan momok yang menakutkan, semoga dengan adanya diskusi hari ini kita semua bisa bekerjasama dengan baik, dan tidak ada lagi yang namanya pihak sekolah alergi dengan wartawan" Terangnya. (Di2/ Red)

21.27

Wujudkan Sinergisitas Dengan Insan Pers, MKKS Ogan Ilir Gandeng PWI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di SMP Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan dengan tema "Sinergisitas MKKS SMP bersama PWI Dalam Mewujudkan Bangkitnya Pendidikan di Kabupaten Ogan Ilir" dan guna mewujudkan Sinergitas dengan insan pers yang berada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OI, Kamis (31/03/2022).

Ketua MKKS OI Junaidi mengatakan, hari ini kita mengajak dan mengundang PWI OI guna untuk mewujudkan sinergitas antara PWI dalam hal ini wartawan dengan Kepala SMP yang ada di Ogan Ilir.
"Harapan kami agar PWI dan wartawan itu kedepan bisa membantu kita untuk pendidikan di ogan ilir, dan mudah-mudahan setelah adanya diskusi hari ini diharapkan kita sebagai kepala sekolah ketika menghadapi wartawan dan LSM tidak lagi takut, karena mereka merupakan mitra kita semua" Ujarnya.

Dra. Herlina selaku Kepala SMP Negeri 1 Indralaya yang juga merupakan Sekretaris MKKS OI mengatakan, hari ini kita menggandeng PWI Ogan Ilir, dalam musyawarah kerja kepala sekolah tingkat SMP, dimana acara hari ini kita lebih mengedepankan diskusi, yakni diskusi antara seluruh kepala sekolah tingkat SMP dengan para wartawan yang ada di ogan ilir.
"Adapun setelah diskusi hari ini diharapkan kepada seluruh kepala sekolah yang menghindar kalau ada wartawan yang datang ke sekolah, karena wartawan itu merupakan mitra kerja kita, berkat wartawan kita bisa maju yakni melalui pemberitaan, begitu juga sebaliknya" Katanya.

Ketua PWI OI Yasandi dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk kepala sekolah hendaknya tidak perlu takut kalau ada wartawan yang datang ke sekolah karena mereka adalah mitra bagi setiap sekolah.
"Wartawan dalam menjalankan tugasnya mempunyai kode etik, dan mereka juga merupak mitra dari sekolah, dan saya harapkan janganlah wartawan dijadikan momok yang menakutkan, semoga dengan adanya diskusi hari ini kita semua bisa bekerjasama dengan baik, dan tidak ada lagi yang namanya pihak sekolah alergi dengan wartawan" Imbuhnya.

Hal senada dikatakan Gusti M Ali selaku Dewan Penasehat PWI Ogan Ilir mengatakan bahwa, tolong dibedakan antara wartawan dan LSM, karena wartawan punya dua id card, yakni id card wartawan dan id card organisasi.
"Karena kalau untuk hanya sekedar id card mudah saja dibuat, tapi id card organisasi dalam hal ini id card PWI, dan satu lagi id card kompetensi, adapun tingkatan kompetensi tersebut ada tiga tingkatan yang pertama wartawan muda, wartawan madya, dan wartawan utama" Kata Gusti M. Ali

Ditambahkannya, "Jangan pernah takut dengan wartawan, yang jadi masalah suka kejar-kejaran, seharusnya bapak dan ibu kepala sekolah bisa menbedakan mana wartawan yang berkompetensi dan mana yang tidak" Terangnya.

Sementara itu, Heny Primasari selaku Bendahara PWI OI, tidak semua wartawan itu tingkah laku dan etikanya tidak seperti itu, dan itu merupakan oknum, dan biasanya para wartawan akan datang ke sekolah ketika ada gedung yang rusak dan roboh biasanya wartawan akan datang.

"Yang jelas tujuannya hanya untuk konfirmasi, terkait adanya kerusakan dan juga adanya gedung yang roboh, tapi kalau sudah mengarah ke dana BOS, untuk mengetahui berapa jumlah BOS itu tidak diperbolehkan karena itu privasi dari sekolah tersebut" Kata Heny.

Dijelaskannya, "Nah kalau untuk kartu tadi, kalau sudah memiliki dua kartu itu sudah cukup, dan jadi wartawan itu tidak mudah" Pungkasnya.

Hadir dalam diskusi tersebut, Ketua MKKS Ogan Ilir Junaidi, Sekretaris MKKS OI Dra. Herlina, Bendahara MKKS OI Reni, Ketua PWI OI yang juga merupakan Pimpinan Redaksi media online jejakopd.com, Bendahara PWI OI Heny Primasari yang juga merupakan Pimpinan Redaksi media online Jelajahsumsell, Wakil Sekretaris II PWI OI Edi Lestari yang merupakan Pimpinan Redaksi Media cetak dan online GMJNews, Gusti M Ali yang juga merupakan Pimpinan Redaksi media online radarbahtera, dan Kitum Selaku Bidang Pembelaan Wartawan PWI OI, serta seluruh kepala sekolah SMP Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. (Di2/Red)

Selasa, 29 Maret 2022

19.23

Pesan Singkat Wakil Bupati Ogan ilir Terhadap CJH Saat Mengikuti Manasik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kepala Kantor Kementerian Agam (Kakankemenag) Kabupaten Ogan Ilir, Kholil Azmi Gelar kegiatan Manasik Haji di  di Masjid Agung An Nur Tanjung Senai, Indralaya, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan manasik haji ini dilakukan setelah  185 orang JCH, menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di RSUD Ogan Ilir.

Menurut Kakankemenag Ogan ilir  pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat mengenai keberangkatan haji tahun ini,dan berdasarkan informasi dari Kemenag RI, pemerintah Kerajaan Arab Saudi tak lagi memberlakukan PCR test saat tiba di Tanah Suci.

Begitu juga dengan kegiatan ibadah, jemaah diperbolehkan tak mengenakan masker selama menjalani rangkaian ibadah.

Namun para jemaah harus bersabar karena harus menunggu keputusan final dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

“Kami terus berkoordinasi dan menunggu arahan dari pusat. Setiap perkembangan akan kami laporkan kepada para JCH,” kata Kholil.

Sementara itu Wakil Bupati Ogan Ilir H.Ardani SH.MH saat menghadiri kegiatan Manasik berpesan kepada para jemaah calon haji (JCH) untuk mengikuti manasik dengan semangat dan sungguh-sungguh.

“Ikutilah manasik ini dengan sungguh-sungguh karena kita harus matangkan seluruh persiapan ibadah haji ini,” ucap Ardani kepada ratusan JCH.

Ardani mengimbau para JCH menjaga kesehatan selama proses menuju keberangkatan ke Tanah Suci.

“Yang utama, kita siap lahir dan batin, fisik dan mental. Insha Allah bisa berangkat tahun ini,” ujarnya. (Red)
19.20

Bupati Panca Wijaya Akbar Hadiri SUMMIT Seminar Di Semarang

Semarang, gmjnews.co.id- Dalam Rangka Penyelenggaraan seminar summit Kota Sehat Indonesia 2022 periode kelima ,senin 28/3/2022 di Patra Hotel dan Convention, Semarang dengan melibatkan perwakilan kementerian/lembaga, 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, baik dari pemerintahan maupun Forum Provinsi/Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia.

Acara summit seminar kota sehat 2022 tersebut diselenggarakan pada 27-30 Maret 2022 melibatkan 649 peserta dan ditayangkan live streaming melalui YouTube bagi peserta yang tidak dapat hadir secara langsung di lokasi kegiatan.
Penerapan protokol kesehatan yang ketat pun menjadi prioritas dalam penyelenggaraan Summit Kota Sehat.

Hal itu diimplementasikan dengan penggunaan barcode untuk registrasi peserta, scan aplikasi PeduliLindungi, serta kewajiban menyertakan hasil swab antigen negatif bagi peserta. Panitia juga memfasilitasi swab antigen di lokasi untuk registrasi peserta dan akomodasi kepulangan peserta pada hari terakhir kegiatan.

Bupati kabupaten Ogan ilir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Ogan Ilir Bapak Hendra Kudeta, Menghadiri Undangan Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia Tahun 2022. Bertempat di Patra Hotel dan Convention, Semarang. Senin, (28/03/2022).

Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia Tahun 2022, Mengambil tema Healthy Cities For All, tentu ini dapat memotivasi peserta untuk mengintegrasi konsep Kabupaten/Kota sehat dalam aspek perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Dalam tulisan Mesia sosialnya Bupati berharap kesadaran masyarakat pada kesehatan semakin tumbuh, perhatian terhadap ibu hamil meningkat sampai perbaikan tata kelola sektor kesehatan di level kabupaten/kota.

Mengingat dalam kondisi pandemi Covid-19,  Penerapan Kabupaten/Kota sehat akan mempercepat penanggulangan pandemi, Mengurangi dampak disektor kesehatan, sosial, dan ekonomi, Serta meningkatkan capaian indikator pembangunan di masing - masing daerah. (Red)
19.15

BPK RI Perwakilan sumsel Bersama Bupati Ogan Ilir Gelar Enty Meeting

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati kabupaten Ogan ilir Panca Wijaya Akbar SH Didampingi Assisten II, Staf ahli Bupati, dan beberapa OPD terkait,gelar acara Enty Meeting Bersama BPK RI Perwakilan.

Acara Menggelar Enty Meeting BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Pada Pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Bertempat di Ruang Rapat Bupati, Tanjung Senai. Selasa, (22/03/2022).

Acara ini dihadiri juga oleh Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan bagian penanggung jawab Bapak Rusdiyanto, dan anggota Tim BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Panca wijaya akbar dalam sambutannya mengatakan "Saya mengungucapkan terimakasih kepada BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Dengan ada nya pemeriksaan ini saya sebagai bupati merasa terbantu".

Tentu dengan pemeriksaan ini, Saya memberi arahan untuk seluruh OPD agar lebih efektif dalam menentukan anggaran, Agar seluruh anggaran atau pun kegiatan pembangunan bisa di rasakan oleh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

Bukan itu saja, Saya memberi tugas kepada seluruh OPD agar menyelasaikan temuan tersebut, Agar kedepan untuk atensi - atensi yang di temukan bisa berkurang bukan malah bertambah. (Red)
19.12

Untuk Mewujudkan Visi & Misi Pemkab OI adakan Bimtek

BANDUNG, gmjnews.co.id- Dalam rangka mewujudkan visi dan Misi pemerintah kabupaten ogan ilir Bangkit,Bupati Panca wijaya Akbar adakan Bimbingan teknis(BIMTEK)tentang percepatan Reformasi Birokrasi terhadap perangkat daeara ,Sabtu (19/03/2022).

Bimtek ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 18-20 Maret 2022  yang dihadiri Oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Ogan Ilir Ibu Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B. A (Hons), Sekretaris Daerah Kab. Ogan Ilir H Muhsin Abdullah S. T., M., M., M. T. Seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Camat Se Kabupaten Ogan Ilir dan Narasumber Dari Kemenpan-RB.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar secara langsung membuka acara dan memberikan arahan pada bimbingan teknis (Bimtek) tentang Percepatan Reformasi Birokrasi Kabupaten Ogan Ilir, untuk memberikan kontribusi secara nyata terhadap capaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. 

Dalam sambutan arahannya, Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Ogan Ilir adalah suatu keharusan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki birokrasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dapat memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Dengan adanya Bimtek ini Bupati berharap jajaran Pemkab Ogan Ilir bisa meningkatkan rasa kekeluargaan diantara OPD. "Semoga Kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar agar apa yang dilakukan disini dapat berdampak kepada masyarakat dan akan membawa kebaikan dan kebangkitan untuk Kabupaten Ogan Ilir". Harapnya.

Sementara itu Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah Mengatakan bahwa Kemenpan RB telah menerbitkan peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 tahun 2014 tentang pedoman evaluasi reformasi birokrasi instansi Pemerintah. Maka, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan bimbingan teknis untuk meningkatkan Reformasi Birokrasi agar berdampak pada peningkatan pelayanan publik dan birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif dan efisien. (Red)

Senin, 28 Maret 2022

07.21

Gelar KRYD, Tim Crocodile Polsek Pemulutan Sita 6 Jerigen Tuak dan 73 Botol Miras

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polres Ogan Ilir beserta Polsek jajaran saat ini sedang gencar melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) maupun operasi penyakit masyarakat (pekat). 

Seperti yang dilakukan Polsek Pemulutan yang melaksanakan KRYD dengan menyisir beberapa lokasi di wilayah hukumnya. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan AKP Herry Yusman menerangkan, daerah yang menjadi sasaran patroli diantaranya Desa Sungai Lebung, Sungai Lebung Ulu, Talang Pangeran Ilir, Ulak Kembahang 1, Teluk Kecapi dan Pelabuhan Dalam. 

"Sasaran penindakan kami adalah pencurian, pencurian dengan kekerasan, pencurian ranmor, penyalahgunaan senpi, sajam, premanisme, narkoba dan miras," terang Herry didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Senin (28/3/2022). 

Dari hasil patroli hunting, Tim Crocodile Polsek Pemulutan mengamankan enam buah jerigen tuak, masing-masing kapasitas 35 liter. 

Petugas juga mengamankan 73 botol miras berbagai merek yang siap dijual maupun dikonsumsi. 

"Minuman tuak kami sita dari tiga lokasi berbeda. Untuk puluhan botol miras, disita dari dua lokasi berbeda," ungkap Herry. 

Selain mengamankan puluhan botol miras dan jerigen tuak, petugas mengingatkan penjual untuk tak menyediakan miras lagi. 

"Kami mendata para penjual miras. Jika masih menjual, maka kami tindak," kata Herry menegaskan. 

Dilanjutkannya, KRYD ini tak sebatas sampai di sini saja, melainkan akan terus digelar rutin demi tercipta Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pemulutan. 

"Polsek Pemulutan komitmen ciptakan kondusifitas, mencegah segala potensi gangguan keamanan diantaranya melalui KRYD ini," tegas Herry. (Ril/Red)
04.05

Polsek Tanjung Raja Ogan Ilir Rilis Kasus Pembunuhan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Patut di apresiasi Tim Rajawali polisi Sektor (Polsek) Tanjung Raja  dalam dua jam Berhasil megamankan dua pelaku kakak beradik Fd (19) thn dan fl (21) thn pelaku pembunuhan terhadap Sukarni alias etet warga Talang Balai Baru yang disampaikan dalam pres rillis Bertempat di Halaman Mapolsek Tanjung Raja yang di pimpin lansung oleh Kapolsek AKP Halim Kusumo SH ,M,Si  Senin (28/03/2022).

Dalam pres rillis Kapolsek Tanjung Raja AKP Halim Kusumo SH,M,Si dan di dampingi jajaranya menerangkan Motip kejadian bermula pelaku PD menanyakan kepada korban kenapa

Yang saat itu berada di pondokan atau amben yang terletak di desa Tanjung Raja Selatan kecamatan Tanjung Raja,pelaku

Menanyakan kepada korban ,kenapa mau megorok saya, korban mendekat sambil tersenyum lansung menampar pelaku ,pelaku tidak senang  dgn perbuatan korban lansung saja pulang dan megambil pisau dan menemui korban kembali  .

Lanjut nya PD berkelahi dengan korban  ,korban pun memegang kayu dengan ukuran satu meter ,korban berjalan kaki megarah ke pingir jalan

Melihat adiknya FL kakak kandung korban melerai, Pelaku PD megejar korban kembali sambil megang senjata jtajam jenis pisau ,dan kakak PD kembali melerai ,korban memukul pelaku pakai kayu yg di pegangya namun tidak megenai tubuh pelaku ,melihat keselamatan adik ya terancam  FL lansung memegang korban megambil kayu dan sebilah pisah yang ada di pingang korban,sedangkan pelaku PD menancapkan pisau yang di pegangya secara bertubi tubi  lebih kurang sebanyak sepuluh tusukan korban kondisi tergelempang masih di pukul pelaku korban etet meningal dunia di tempat.

Tersangka kakak beradik Beserta barang bukti sudah berhasil di amankan di Polsek Tanjung Raja ,tersangkaelangar pasal 338 Jo,55,56, KUHP pidana atau 170 ayat (2)ke 3 KHUP pidana dengan ancaman kurungan di atas lima tahun kata Kapolsek. (Emi)

Minggu, 27 Maret 2022

00.11

Jaga Pola Hidup Sehat, Partai Gelora Ogan Ilir Ajak Masyarakat Senam Bersama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Meski disibukkan dengan persiapan Verifikasi Faktual KPU, namun DPD Gelora Kabupaten Ogan Ilir (OI) meluangkan waktu untuk mengajak masyarakat di sekitar kantor sekretariat meluangkan waktu untuk menjaga pola hidup sehat dengan senam bersama, minggu (27/03/2022).

Senam bersama ini dipandu langsung oleh Pengurus Partai Gelora Ogan Ilir Bidang Gaya Hidup dan Olahraga (GAHORA) Fanny dan dihadiri langsung oleh Ketua DPD Gelora Ogan Ilir Muhammad Rofiq, SE.Ak, MM. serta beberapa pengurus lainnya.
Muhammad Rofiq selaku Ketua DPD Partai Gelora OI mengatakan bahwa senam bersama hari ini berupa senam jantung sehat serta senam pencegahan penyakit tidak menular. "Senam sehat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengajak untuk bersama-sama berperilaku hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari" Kata Muhammad Rofiq. 

Selain itu, menurut Rofiq untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui aktifitas fisik, termasuk pencegahan penyakit tidak menular yakni, hipertensi dan diabetes.

"Ini menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat. Sebab ini suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup" Ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gelora OI Azwari mengatakan, selain senam sehat bersama, juga dilakukan pembagian paket sembako kepada peserta senam. Kegiatan ini juga dilakukan untuk lebih memperkenalkan Partai Gelora kepada masyarakat Ogan Ilir, agar masyarakat merasa lebih dekat dengan partai gelora. 

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian partai dalam rangka mensosialisasikan hidup sehat, dengan harapan masyarakat memahami pentingnya hidup sehat karena kesehatan itu tidak bisa dinilai dengan bentuk apapun, selagi masih sehat mari kita menjaga kesehatan dengan mengikuti senam sehat" Imbuhnya. (Ril/Red)

Sabtu, 26 Maret 2022

23.18

Pastikan Kondusifitas Keamanan dan Ketertiban, Kalapas Muara Enim Herdianto Lakukan Bintorwasdal dan Cek Sarpras Keamanan

Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka memastikan Kondisi Keamanan dan Ketertiban yang Kondusif, Kalapas Muara Enim Herdianto melakukan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) serta Pengecekan Sarana dan Prasarana Keamanan. Minggu, (27/03/2022)

Dalam kesempatan itu, Herdianto memonitor kesiapan petugas jaga yang sedang bertugas. Selanjutnya Guna memastikan keamanan dan ketertiban yang Kondusif, Herdianto  melakukan Kontrol Blok Hunian, pengecekan Kelengkapan Administrasi buku Laporan Petugas Jaga,  Pengecekan Sarpras Keamanan seperti Apar, Instalasi Listrik, CCTV dan Kelengkapan Lainnya.

Kondisi Lapas Muara Enim dalam Kondisi yang aman dan tertib.

Herdianto melanjutkan pemberian pengarahan pada saat serah terima regu jaga.

" Sebagaimana Instruksi DirjenPas untuk benar benar mengimplementasikan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergi bersama APH serta plus 1 Back to Basic. Oleh karenanya komitmen kita untuk terus tertanam dengan baik.

" Selain itu, Berdasarkan Surat Edaran Kakanwil Kemenkumham Sumsel Nomor : W.6-UM.01.01-0566 mengenai Peningkatan Kewaspadaan menghadapi Libur akhir Pekan maka hal ini juga menjadi pedoman kita bersama dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung Jawab" Tegas Herdianto

Herdianto berpesan "Wapada Jangan Jangan"  selama bertugas, Jangan menjadi pengkhianat. Kuatkan Komitmen Ciptakan Lapas Muara Enim Zero Halinar.

Terakhir Herdianto mengajak Petugas Jaga untuk bertekad menjadikan Lapas Muara Enim sebagai Lapas Percontohan tidak hanya di Sumsel bahkan di Indonesia" (Heryadi)

Rabu, 23 Maret 2022

02.14

Dandim 0402/OKI Resmikan Kampung Pancasila di Desa Kepahyang

Ogan Komering Ilir, gmjnews.co.id- Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol meresmikan Kampung Pancasila yang terletak di Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Rabu (23/3/2022). 

Program Kampung Pancasila ini digagas oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai bentuk kecintaan dan penguatan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol menyampaikan Desa Kepahyang ini ditunjuk sebagai desa tauladan sehingga Sebelum penunjukan menjadi kampung pancasila ada kajian- kajian yang diambil dan nilai positif dari kampung tersebut.

“Pancasila yang memang sudah ada selama ini merupakan bagian dari pertahanan bangsa kita dan Pancasila merupakan ruh dan jiwa yang harus terus digaungkan di seluruh pelosok negeri"

Termasuk di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir Dandim memastikan, selain di Desa Kepahayang, Kampung Pancasila juga dibentuk di seluruh pelosok Kabupaten OKI.

Di akhir tahun, nantinya akan diadakan penilaian kampung pancasila. Nilai yang terbaik akan mendapatkan penghargaan, ujar Dandim. 

Kepala Desa Kepahyang, Bpk Supriyadi mengapresiasi dan menyambut baik dibentuknya Kampung Pancasila. Ia berharap, dengan diresmikannya Kampung Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terus terpelihara.

"Ini penting guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Desa Kepahyang. Harapannya kedepan dengan terbentuknya kampung pancasila menjadi Desa percontohan walaupun berbeda suku ras dan agama namun masyarakat hidup rukun dan damai" ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH. MH, Kadispora Kab.OKI Bpk.Repli, Danramil 402-10/Kayu Agung Letda Inf Edi Gunawan, Kapolsek Lempuing AKP AK Sembiring SH.MH, Camat Lempuing Bpk Sujito, Pengurus PBNU OKI H.Sodiq, Kepala Desa Kepahyang Bpk Supriyadi, Para Tokoh agama,Tokoh Masyarakat Desa Kepahyang, serta Masyarakat Desa Kepahyang. (Ril/Red)
01.59

Perkuat Sinergitas, Kalapas Muara Enim Herdianto Sambangi Kapolres Muara Enim


Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka memperkuat Jalinan Sinergitas antar Aparat Penegak Hukum (APH), Kalapas Muara Enim Herdianto di dampingi KaKPLP Ressy Setiawan dan Kasiminkamtib Agusnadi sambangi Polres Muara Enim. Rabu, (23/03/2022).

Kalapas Muara Enim Herdianto beserta Jajaran di sambut langsung oleh Kapolres Muara Enim AKBP. Aris Rusdiyanto, SIK, M.Si.

Dalam kunjungannya, Herdianto secara khusus bersama Kapolres Muara Enim AKBP. Aris Rusdiyanti membahas mengenai Sinergitas dalam memperkuat keamanan di Lapas Muara Enim.

Herdianto mengungkapkan Terimakasih atas Sinergitas dan Kolaborasi yang telah berjalan baik selama ini.

Menurutnya Pihak Polres Muara Enim selama ini telah banyak mendukung Lapas Muara Enim terutama dalam hal menciptakan Keamanan di Lapas. Seperti adanya kegiatan Titik Sambang dari Polres Muara Enim yang di lakukan rutin.

" Tidak hanya itu, Polres Muara Enim juga mendukung Lapas Muara Enim dalam memberikan Vaksinasi Covid - 19 terhadap para Warga Binaan. Tentu hal ini menjadi sebuah Sinergi yang baik." Tandas Herdianto

Ditempat yang sama Kapolres Muara Enim AKBP. Aris Rusdiyanto menuturkan bahwa sudah menjadi keewajiban kita dalam menciptakan rasa aman di Masyarakat, apalagi di lingkungan Lapas tentu menjadi salah satu prioritas kita.

" Polres Muara Enim akan terus memberikan Dukungan terhadap Lapas Muara Enim dalam menciptakan Kondisi yang aman dan Kondusif" Ucap Kapolres (Heryadi)
01.57

Sindikat Pencurian Hewan Ternak Digaruk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polisi mengamankan kawanan pencuri hewan ternak yang kerap beraksi di wilayah Pemulutan, Ogan Ilir. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan AKP Herry Yusman menerangkan, ada sejumlah laporan masyarakat yang resah dengan pencurian hewan ternak ini. 

"Oleh karenanya, anggota kami memburu para pelaku pencurian ini," kata Herry didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Rabu (23/3/2022). 

Setelah melakukan penyelidikan dan menerima laporan masyarakat, Tim Crocodile Polsek Pemulutan bergerak menuju Desa Lebung Jangkar. 

Petugas pun mengamankan seorang pemuda bernama Jimmy (21 tahun), saat yang bersangkutan akan menuju Palembang.

"Saat diinterogasi, tersangka mengaku telah mencuri kambing ternak di wilayah Pemulutan Selatan, pada akhir tahun lalu," terang Herry. 

Polisi lalu melakukan pengembangan dan berhasil membekuk satu tersangka lainnya yang merupakan otak pencurian. 

Tersangka bernama Adi Putra (22 tahun) dibekuk tanpa perlawanan di kediamannya di Pemulutan Selatan. 

Kedua tersangka lalu digiring ke Mapolsek Pemulutan beserta barang bukti berupa satu unit sepeda motor dan satu setel pakaian yang dibeli dari hasil penjualan kambing curian. 

"Kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," tegas Herry. (Ril/Red)

Minggu, 20 Maret 2022

20.55

Pimpin Rapat,Kalapas Muara Enim Herdianto: Ambil Langkah Cepat Dan Tepat Untuk Pemasarakatan Maju

Muara Enim, gmjnews.co.id- Kalapas Muara Enim Herdianto Pimpin Rapat Dinas Internal untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kinerja Jajarannya yang di Ikuti oleh Seluruh Pejabat Struktural. Senin, (21/03/2022)

Mengawali Rapat tersebut, Herdianto menerima Laporan dari Seluruh Pejabat Struktural atas pelaksanaan kinerja selama tiga bulan terakhir pada tahun 2022 ini.

Dari hasil Laporan, Program kerja setiap Jajaran secara garis besar telah berjalan sesuai dengan Pedoman dan Timeline yang ada di dalam Target Kinerja.

Herdianto mengatakan Kamajuan Zaman yang begitu Pesat mengharuskan kita untuk bisa beradaptasi dan berkakselerasi dengan baik. Oleh Karenanya, Langkah Cepat dan Tepat menjadi Instrumen bagi kita untuk Pemasyarakatan yang Maju.

" Sebagaimana instruksi Pimpinan bahwa Lapas / Rutan harus senantiasa melakukan Deteksi Dini, Berantas Narkoba, sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH)  serta Laksanakan Tusi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Maka laksanakan Intstruksi tersebut dengan penuh tanggung jawab " Ujar Herdianto

Selanjutnya Herdianto menekankan proses pembinaan Kepribadian dan Kemandirian Warga Binaan agar menghasilkan output yang berorientasi pada Hasil. Baik itu untuk pengembangan diri SDM WBP itu sendiri maupun Produktifitasnya.

Dipenghujung Arahannya, Herdianto memotivasi seluruh Jajarannya bahwa apa yang kita lakukan dengan Tujuan Baik, InsyaAllah bernilai Ibadah (Heryadi)

Selasa, 15 Maret 2022

02.42

Kalapas Muara Enim Ikuti Kegiatan Penguatan Tugas dan Fungsi Ka.Kanwil Kemenkumham Sumsel

Muara Enim, gmjnews.co.id- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim ikuti Kegiatan Penguatan Tugas dan Fungsi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Harun Sulianto. Selasa, (15/03/2022)

Dalam arahannya Kakanwil Harun Sulianto menegaskan bahwa Lapas / Rutan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk senantiasa melakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib, melakukan Antisipasi serta Mitigasi Resiko.

selain itu Kakanwil juga membahas Isu - Isu Teraktual yang ada di Lapas / Rutan Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh Kalapas Muara Enim Herdianto, Kalapas Kelas I Palembang Kadiyono, Kalapas Tanjung Raja Batara Hutasoit, Karutan I Palembang Bistok Oloan Situngkir dan Kalapas Narkotika Banyuasin Royhan.

Seusai kegiatan, Kalapas Muara Enim Herdianto saat di konfirmasi mengatakan bahwa segenap Lapas Muara Enim terus berupaya melakukan langkah - langkah Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Antisipasi dan Mitigasi Resiko.

" Pada Lapas Muara Enim setiap harinya di lakukan program Tour to Blok yang mana seusai Apel Pagi seluruh petugas memberikan pengarahan, perawatan dan Kontrol Kondisi Warga Binaan. Selain itu setiap pekan dilakukan Kontrol Brandgang secara Rutin dan Terjadwal. Hal tersebut menjadi bagian dari berbagai upaya dalam menciptakan Kondisi Lapas Muara Enim yang Aman dan Kondusif, sehingga proses pemberian Pembinaan bisa berjalan dengan Optimal" Terang Herdianto.

Herdianto juga menambahkan bahwa untuk memperkuat Keamanan, kita juga selalu bersinergi bersama Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya, seperti Polres Muara Enim dan Kodim 0404 Muara Enim "(Heryadi)

Minggu, 13 Maret 2022

23.09

Pastikan Layanan Berjalan Optimal,Tim ULP Lapas Muara Enim Buka Kontak Aduan Blok Hunian WBF

Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka memastikan Pemberian Layanan berjalan dengan Optimal, Tim Unit Layanan Pengaduan (ULP) Lapas Muara Enim membuka Kotak Aduan di Blok Hunian Warga Binaan. Senin, (24/03/2022)

Pembukaan Kotak Aduan ini di ketuai oleh Agusnadi yang di lakukan rutin setiap Awal Bulan, guna melihat saran, masukan ataupun aduan dari para Warga Binaan yang mana menjadi bahan Evaluasi dalam memberikan Layanan terhadap Warga Binaan.

Kalapas Muara Enim Herdianto menuturkan Warga Binaan bisa menyampaikan saran masukan maupun pengaduan dari mereka melalui kotak aduan yang bisa langsung di manfaatkan dengan cara menuliskannnya pada kertas dan dimasukkan melalui kotak aduan yang telah disediakan.

"Tim ULP sendiri selalu menanggapi dan menindaklanjuti langsung surat yang masuk pada kotak aduan yang disediakan tujuan dari pada kotak pengaduan ini adalah agar pelayanan yang diberikan kepada warga binaan telah sesuai Standar. Apabila terdapat keluhan akan dievaluasi, kemudian untuk meminimalisir terjadinya praktik pungutan liar." Ujar Herdianto (Heryadi)

Jumat, 11 Maret 2022

04.57

Disetop Tim Crocodile, Pengendara Motor di Pemulutan OI Pura-pura Jatuh, Ternyata Simpan Senpira

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Tim Crocodile Polsek Pemulutan meneruskan perburuan terhadap pemilik senjata api rakitan (senpira).

Meskipun Operasi Senpi Musi di awal tahun 2022 telah berakhir, Polsek Pemulutan terus melakukan upaya preventif dan represif terhadap penyalahgunaan senpira. 

Hasilnya, seorang pria diamankan di Desa Lebung Jangkar, Kecamatan Pemulutan, Organ Ilir, karena kedapatan menyimpan senpira. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan AKP Herry Yusman menerangkan, pengungkapan kepemilikan senpira ini menindaklanjuti laporan masyarakat. 

"Kami menerima laporan masyarakat yang resah karena masih ada yang menguasai senpira tanpa hak. Maka kami tindak," kata Herry didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Jumat (11/3/2022). 

Dijelaskan Herry, setelah menerima laporan masyarakat, Tim Crocodile Polsek Pemulutan menyusuri wilayah Desa Lebung Jangkar pada Kamis (10/3/2022) malam sekira pukul 22.30.

Saat petugas sedang bersiaga, melintas seorang pengendara sepeda motor matic yang diduga pemilik senpira seperti yang dilaporkan warga. 

"Anggota kami lalu menyetop pria pengendara motor matic itu," ujar Herry. 

Namun saat akan diberhentikan, pria tersebut tampak membuang sesuatu dari pakaiannya. 

Petugas lalu melakukan penggeledahan dan mencari barang yang dibuang pria tersebut. 

"Ternyata benar, barang itu adalah senpira jenis Revolver lima silinder berisi dua butir peluru," terang Herry. 

Sementara pria pemilik senpira itu diketahui bernama Ardi usia 41 tahun, warga Banyuasin. 

Kepada petugas, pelaku mengaku senpira tersebut miliknya yang dibeli seharga Rp 1,2 juta. 

Oleh petugas, pelaku digelandang ke Mapolsek Pemulutan beserta barang bukti senpira berikut amunisi, motor dan handphone.

"Pelaku terancam Pasal 1 Ayat (1) Undang Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang tindak pidana memiliki, menguasai, menyimpan senjata senpira. Ancaman hukumannya 10 tahun penjara," terang Herry. (Ril/Red)

Kamis, 10 Maret 2022

22.40

Mitigasi Risiko, Lapas Muara Enim Rutin Kontrol Brandgang

Muara Enim, gmjnews.co.id- Sebagaimana Janji Kinerja Tahun 2022 yang tertera pada Point Ke - 3 yaitu Menyiapkan Langkah Antisipasi dan Mitigasi Sedini Mungkin untuk meminimalisasi Risiko, Lapas Muara Enim melakukan upaya tersebut salah satunya dengan melaksankan Kontrol Brandgang secara rutin setiap Pekannya. Jum'at, (11/03/2022)

Kegiatan ini juga sebagai Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban.

Kalapas Muara Enim Herdianto menerangkan bahwa Langkah Antisipasi dan Deteksi Dini Gangguan Kamtib sangatlah penting pada Lapas/Rutan. Keamanan yang Kondusif menjadi Prioritas kita sehingga dalam memberikan Pembinaan ataupun Kinerja kita bisa terlaksana dengan Optimal.

"Untuk Kontrol Brandgang di Lapas Muara Enim kita lakukan setiap pekan dengan terdiri 2 tim yaitu Brandgang Dalam dan Brandgang Luar. Tidak hanya itu, Kondisi Brandgang di Lapas Muara Enim kita manfaatkan sebagai Lahan Perkebunan sehingga hasilnya bisa bermanfaat" Ujar Herdianto

Herdianto juga menegaskan bahwa agar setiap Petugas Lapas Muara Enim melaksanakan Tugasnya dengan Penuh Tanggung Jawab dan berpedoman pada Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan"(Heryadi)
03.52

Hadiri Sertijab Kakanwil Kemenkumham Sumsel dan Lepas Sambut Pimti Pratama, Kalapas Muara Enim Herdianto Ucapkan Selamat Dan Sukses

Muara Enim, gmjnews.co.id- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim Herdianto Hadiri kegiatan Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumater Selatan dan Lepas Sambut Pimti Pratama. Kamis, (10/03/2022)

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan Harun Sulianto menerima pandu kepemimpinan dari Plt. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Rifqi Adrian Kriswanto.

Dalam sambutannya, Harun menyampaikan apresiasinya atas kinerja Kanwil Kemenkumham Sumsel di era kepemimpinan sebelumnya. “Saya melihat banyak upaya dari para Pimpinan Tinggi Pratama sebelumnya untuk menjadikan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel menjadi kantor wilayah yang unggul. Untuk itu saya berjanji akan melanjutkan program-program yang ada dan menambah inovasi-inovasi baru demi terwujudnya Kanwil Kemenkumham Sumsel yang Semakin PASTI dan terdepan,” ungkap Harun.

Beberapa prestasi dari Kanwil Kemenkumham Sumsel diantaranya Penghargaan BMN Awards selama 4 tahun berturut-turut, Satuan Kerja Terbaik dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Temuan yang diberikan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham, hingga penghargaan “Insan Pendidkan Kolaboratif Sumatera Selatan” kepada Kepala Kantor Wilayah atas pelaksanaan Program Penyuluhan Hukum di lingkungan pendidikan.

Adapun prestasi terbaik sekaligus menorehkan sejarah, Kanwil Kemenkumham Sumsel berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang dianugerahkan oleh Presiden RI melalui Kementerian PAN-RB, serta menjadi Kanwil Terbanyak Kedua yang memperoleh predikat WBK/WBBM. “Begitu banyak prestasi yang telah ditorehkan, saya optimis di masa saya kita mampu membawa Kanwil Kemenkumham Sumsel memperoleh predikat WBBM,” ujar Harun.

Prosesi Serah Terima Jabatan disaksikan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Iwan Kurniawan yang hadir secara virtual. Dalam sambutannya, Sahli Iwan Kurniawan menyampaikan amanat dari Menkumham kepada pejabat yang baru dilantik. "Jabatan adalah amanah dan kepercayaan negara yang diberikan kepada kita. Jaga amanah tersebut dengan bekerja sesuai tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dan selalu jaga kesehatan agar dapat memberikan yang terbaik bagi instansi," ujarnya.

Lebih jauh, Iwan juga mengajak Kakanwil agar menjadi contoh teladan yang baik dalam pelaksanaan tusi sehari-hari maupun berkehidupan di masyarakat. "Terakhir adalah tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak, sehingga tusi Kemenkumham bisa berjalan baik dalam rangka berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara," pesannya.

Pejabat lama, Rifqi Adrian Kriswanto selaku Plt. Kakanwil Kemenkumham Sumsel juga turut menyampaikan salam perpisahannya. "Terima kasih atas kerja sama dan sinergitas yang telah terjalin selama ini. Saya yakin dan percaya Bapak Harun bisa melanjutkan atau bahkan meningkatkan prestasi kinerja Kanwil Kemenkumham Sumsel," tutur Rifqi

Kalapas Muara Enim Herdianto saat di konfirmasi menyampaikan Ucapan Selamat dan Sukses kepada Bapak Harun yang secara resmi komandoi Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel serta Bapak Bambang Haryanto sebagai Kadivpas Sumsel, Bapak Idris sebagai Kadivmin Sumsel dan Bapak Parsaoran Simaibang sebagai Kadiv Yankum sumsel. Semoga senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran, kemudahan dan kesuksesan dalam melaksanakan Tugas.

cara Serah Terima Jabatan Kakanwil juga dirangkaikan dengan lepas sambut Para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sumsel. Sebelumnya, Harun Sulianto merupakan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan dan pernah menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas I Palembang pada 2014 silam. Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Rifqi Adrian Kriswanto resmi menjabat sebagai Kadivmin di Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan dan digantikan oleh Idris, yang sebelumnya menjabat Kabag Rumah Tangga Biro Umum Setjen Kemenkumham. Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Dadi Mulyadi menjabat sebagai Direktur Fasilitasi dan Informasi HAM pada Ditjen HAM, dan digantikan oleh Bambang Haryanto yang merupakan Kadivpas Kanwil Sulawesi Utara. Serta, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham), Siar Hasoloan Tamba yang memasuki masa purna bhakti dan digantikan oleh Parsaoran Simaibang yang sebelumnya Kadiv Yankumham Kanwil Jambi"(Heryadi)

Rabu, 09 Maret 2022

17.50

Kantor UPTD Jalan Dan Jembatan OKI-OI Di Resmikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Jalan dan Jembatan Ogan Komering Ilir (OKI) - Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatra - Selatan yang beralamat di kelurahan Tanjung Raja Utara, Kecamatan Tanjung Raja hari ini di resmikan, Rabu (09/03/2022).

Kepala UPTD Jalan dan Jembatan OKI - OI Hj. Mejiarti dalam laporannya mengatakan Pembangunan Kantor UPTD Jalan dan Jembatan OKI ini menelan biaya 3 Milyar 99 juta dengan luas 400 M berlantai dua.

"Kami telah bersyukur sudah di bangun gedung kantor UPTD ini, mudah-mudahan menjadi semangat untuk memotivasi kinerja para pegawai dan untuk kawan kawan agar dapat menjaga dan merawatnya dengan harapan kedepannya  dapat di bangun lagi tempat pakir" Katanya.

Sementara itu, plt Kepala Dinas PUBM dan Tata ruang sumsel Ir. Supriono dalam sambutannya kalau peresmian kantor UPTD sebagai bentuk agar dapat digunakan sebaik mungkin dalam rangka operasional gedung kantor baru ini.

"Semoga dengan fasilitas yang ada agar dapat menunjang kinerja para pegawai, di sumsel semua kantor pelayanan publik di 17 kabupaten, kita berharap dapat memonitor jalan dan jembatan untuk melayani masyarakat, bagi yang masuk usia pensiun kami berterima kasih atas dedikasinya ,pak sawali berahkhir dengan baik "ujarnya

Ditambahkannya, "Gedung yang bagus ini jangan dilihat saja, tapi bisa bekerja dengan baik dan dapat di tingkatkan lagi, untuk kedepan pemerintah sumsel akan membanggun kantor samsat" Imbuhnya. (Emi)
04.54

Wabup Ogan Ilir Bagikan 1400 Liter Minyak Goreng Secara Simbolis Di Kecamatan Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di halaman kantor camat Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI). Pemerintah OI melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM menggelar operasi pasar minyak goreng, Rabu (09/03/2022).

Sebanyak 1400 liter minyak goreng yang dibagikan untuk memenuhi kebutuhan warga di Kecamatan Tanjung Raja .

Pembagian minyak goreng murah kepada warga yang sudah mendapatkan kupon melalui Antrian ,di bagikan Wakil Bupati H. Ardani secara simbolis.

Wakil Bupati OI H. Ardani mengatakan operasi minyak goreng murah ini untuk mempermudah dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Sementara itu, salah satu warga Tanjung Raja Rika yang menerima minyak goreng tersebut mengatakan dengan adanya minyak murah kali ini kami merasa bersyukur.

"Sangat bersyukur, kami yang selama ini kesulitan untuk membeli minyak goreng dan walaupun ada di warung harganya sangat mahal, dan semoga kedepannya kami berharap kami harga minyak goreng tidak mahal dan mudah didapat" Harapnya. 

Hadir dalam pembagian minyak goreng murah ini tersebut, wakil Bupati OI H. Ardani, anggota DPRD dari dapil 3, asisten II, Sekretaris Disperindagkop, kadin BPBD, Camat Tanjung Raja Lukman Ajis, S.Sos, M.Si, UPTD pasar serta kepala desa dan lurah yang ada di Kecamatan Tanjung Raja. (Emi/Red)
04.40

484 Warga Binaan Lapas Muara Enim Vaksin Booster Covid-19

Muara Enim, gmjnews.co.id- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim bekerjasama dengan Kodim 0404 Muara Enim memberikan Vaksinasi Booster kepada 484 Warga Binaan Lapas Muara Enim. Rabu, (09/03/2022)

Penyuntikan Vaksinasi Bosster Covid - 19 ini merupakan lanjutan dari pada pelaksanaan Vaksin tahap I dan II Sebelumnya, hal ini sebagai upaya untuk menanggulangi penyebaran Covid - 19 serta memperkuat Herd Immunity.

Kalapas Muara Enim Herdianto melalui Kasibinadik Taufik mengatakan bahwa dukungan dari Kodim 0404 Muara Enim terhadap Lapas Muara Enim terutama dalam pemberian Vaksinasi Covid - 19 sangat membantu Lapas Muara Enim dalam melakukan Pencegahan Penyebaran Covid -19.

" Tidak hanya itu, dari Pemberian Vaksin Tahap I dan II hingga Tahap III ini Lapas Muara Enim juga menggandeng Polres Muara Enim dan Dinas Kesehatan Muara Enim. Oleh Karenanya kami Ucapkan Terimakasih. Semoga Jalinan Sinergitas ini terus berjalan dengan baik demi kepentingan bersama dalam rangka untuk kemajuan Bangsa dan Negara" Imbuh Taufik

Turut menambahkan Kasubsi Perawatan Anton Sandrayadi menjelaskan bahwa pada hari ini sebanyak 484 Warga Binaan kita mendapatkan Vaksinasi Bosster Covid -19 dengan bekerjasama pihak Kodim 0404 Muara Enim.

" Pemberian Vaksin ini akan kita terus lakukan hingga semua WBP mendapatkannya. Untuk diketahui bahwa seluruh WBP Lapas Muara Enim telah mendapatkan Vaksin Tahap I dan II sementara untuk Tahap III ini akan dilakukan secara berkala yang tentunya Lapas Muara Enim juga menggandeng Polres Muara Enim dan Dinkes Muara Enim " Ujar Anton (Heryadi)

Selasa, 08 Maret 2022

03.37

Penuhi Hak WBF, Lapas Muara Enim Jalin Kerja Sama Dengan Lembaga Biro Bantuan Hukum Serasan (LBBHS)

Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka memenuhi Hak Warga Binaan mendapatkan Layanan Bantuan Hukum, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim menjalin Kerjasama dengan Lembaga Biro Bantuan Hukum Serasan (LBBHS). Selasa, (08/03/2022)

Kalapas Muara Enim Herdianto mengungkapkan bahwa sebagaimana seorang warga negara memiliki Hak untuk mendapatkan layanan bantuan hukum dan oleh karenanya Lapas Muara Enim berupaya agar Hak tersebut bisa di dapatkan oleh para Warga Binaan Lapas Muara Enim.

" Kendati demikian, Pemohon Bantuan Hukum merupakan yang secara ekonomis tidak mampu membayar jasa advokat sebagaimana diatur dalam perundang-undangan tentang pedoman pemberi layanan bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu, yang memerlukan bantuan untuk menangani dan menyelesaikan perkara hukumnya " Tutur Herdianto

Ditempat yang sama,Ketua LBBHS Welly Hartoni menyampaikan Ucapan Terimkasihnya atas Jalinan Kerjasama ini.

Pihaknya mengaku akan memberikan Layanan Bantuan Hukum berdasarkan Prinsip Keadilan, Non Diskriminasi, Keterbukaan, Akuntabilitas, Kepekaan Gender, Perlindungan bagi Masyarakat kurang mampu dan perllindungan khusus bagi kelompok penyandang disabilitas serta Perlindungan Anak.

Pada kegiatan tersebut, turut mendampingi pula Kasibinadik Taufik dan Kasubsi Regbimkemas Akbar Guntara "(Heryadi)
01.07

Wujudkan Program Lapas Produktif,BLP Lapas Muara Enim Penuhi Pesanan Baju WBF Lapas Lahat

Muara Enim, gmjnews.co.id- Sebagai Lapas Produksi, melalui Balai Latihan Produktif (BLP) - nya Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim Penuhi Pesanan Baju WBP Lapas Lahat sebanyak 520 Lembar. Selasa, (08/03/2022)

Diketahui bahwa dalam proses pengadaan baju WBP tersebut Lapas Lahat  bekerjasama dengan Koperasi Pengayoman Lapas Muara Enim yang telah berbadan Hukum, kemudian Pihak Koperasi menggandeng BLP Lapas Muara Enim terkait proses pengerjaan.

Kalapas Muara Enim Herdianto turut di dampingi Kasibinadik Taufik, Kasiminkamtib Agusnadi dan Kasubsi Giatja Zulaiwan berkunjung langsung ke Lapas Lahat dalam rangka Silaturahmi sekaligus melakukan Mou antara Koperasi Pengayoman Lapas Muara Enim dan Lapas Lahat tentang Pemasaran Produk Hasil Karya WBP Lapas Muara Enim serta Penyerahan secara simbolis pesanan baju WBP Lapas Lahat sebanyak 520 lembar.

Kalapas Muara Enim Herdianto menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Kalapas Lahat yang telah memesan produk hasil karya WBP Lapas Muara Enim berupa baju kokoh sebanyak 520 lembar untuk para WBP Lapas Lahat.

Selanjutnya, Herdianto mengajak kepada seluruh Lapas / Rutan di Wilayah Sumatera Selatan untuk bisa memesan produk - produk karya WBP Lapas Muara Enim yang dijamin Kualitasnya.

Turut menambahkan, Zulaiwan Fajri selaku Kasubsi Giatja menyampaikan bahwa Pengerjaan Baju tersebut menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Untuk Pemesanan dapat melalui Kontak Person dan Akun Medsos BLP Lapas Muara Enim.

Pada Kesempatan yang sama, Kalapas Lahat Soetopo Berutu mendukung sepenuhnya Program Lapas Industri yang dicanangkan oleh Bapak Dirjen Pas . Mari seluruh Jajaran Lapas / Rutan khususnya di wilayah sumsel untuk mendukung Lapas Muara Enim dengan membeli Produk Unggulan  hasil karya para WBP - nya.

"Lapas Lahat sudah sering melakukan pemesanan produk - produk hasil karya WBP Lapas Lahat seperti Baju Batik, Souvenir, Handycap dan saat ini memesan Baju Muslim untuk para WBP Lapas Lahat. Ujarnya"(Heryadi)

Jumat, 04 Maret 2022

23.35

Sambangi Lapas Muara Enim, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Bintorwasdal

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Sambangi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB MUara Enim, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Dadi Mulyadi melakukan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal). Sabtu, (05/03/2022)

Dalam kunjungannya, Sebagai bagian dari Bintorwasdal. Kadivpas Dadi Mulyadi  memberikan pengarahan tentang Tusi Pemasyarakatan kepada Kalapas Muara Enim Herdianto serta para pejabat struktural yakni Kasi Binadik Taufik, Kasimin Kamtib Agusnadi, Kasubag TU Firmanzah dan Ka. KPLP Ressy Setiawan.

Diketahui juga bahwa Dadi Mulyadi baru saja dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM RI sebagai Direktur Fasilitasi dan Informasi Hak Asasi Manusia pada jumat, (04/03/2022) yang diselenggarakan secara Virtual.

Pada kesempatan itu, Kadivpas meninjau Pelaksanaan pembinaan kemandirian, Sarana Edukasi dan Asimiliasi (SAE) serta Arena ATV Lapas Muara Enim.

Kadivpas mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan dalam rangka Penguatan tugas dan Fungsi dalam bidang keamanan dan ketertiban serta sebagai bentuk Bintorwasdal kepada Insan Pemasyarakatan di Wilayah Sumatera Selatan.

" Laksanakanlah Tugas dan fungsi sebagai Insan Pemasyarakatan dengan berintegritas, oenuh tanggungjawab dan sesuai dengan SOP yang berlaku" Ujar Kadivpas

Beliau juga menerangkan terkait pelaksanaan Instruksi Dirjenpas tentang 3 kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini Gangguan Kamtib, berantas Narkoba dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) plus 1 Back to Basics.

Dalam kesempatan yang sama Kalapas Muara Enim Herdianto menyampaikan Ucapan Selamat kepada Bapak Dadi Mulyadi atas pelantikannya sebagai Direktur Fasilitasi dan Informasi Hak Asasi Manusia. Semoga Sukses Selalu.

Herdianto juga menuturkan Terimakasih kepada Bapak atas Bimbingan dan Arahannya selama ini. Tentu Hal tersebut menjadi Motivasi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik terhadap kemajuan Instansi" (Heryadi)
21.47

Kantor Pos Tanjung Raja Lakukan Pembagian BPNT di Desa Kotadaro 1

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Kediaman Kepala Desa (Kades) Kotadaro 1 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI). Sebanyak 183 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap ketiga, Sabtu (5/3/2022).
Ruslan salah satu warga RT 04 Desa Kotadaro 1 mengaku dirinya sangat senang dengan adanya pembagian melalui kantor pos dan di tempatkan di rumah kepala desa, terutama kami tidak mengeluarkan ongkos dan waktu.

"Kami sangat senang dan bersyukur sekali, dengan adanya pembagian yang dilakukan di rumah kades jadi mempermudah kami dalam mengambil bantuan BPNT tersebut, apa lagi kami sudah tua, sekali lagi kami sangat besyukur" Katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kotadaro 1 Abdul Halim atau yang akrab disapa "bo,ok" mengatakan dengan adanya pembagian BPNT di desa kami setidaknya bisa meringankan dan juga mempermudah warga, terutama warga yang sudah tua.

"Saya selaku kepala desa berharap agar dengan adanya bantuan ini, kiranya bisa meringankan beban warga, dan dengan adanya bantuan ini bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari" Harapnya. (Emi)

Kamis, 03 Maret 2022

22.47

Lepas Tiga Orang Pegawainya,Ini Pesan Kalapas Muara Enim

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim Herdianto melepas 3 (Tiga) orang Pegawainya yang Pindah Tugas ke Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) yang Baru. Jum'at. (04/03/2022)

Ketiga orang pegawai tersebut Atas Nama Rivaldo Pindah Tugas ke Lapas Kelas IIA Lahat, Juanda Pindah Tugas ke Lapas Kelas III Pagaralam dan Dian Pramana Putra Pindah Tugas ke Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin.

Dalam acara pelepasan tersebut Kalapas Muara Enim Herdianto berpesan agar Pegawai yang Pindah Tugas bisa mengimplementasikan Ilmu dan Pembelajaran yang di dapat di Lapas Muara Enim secara baik di tempat tugas yang baru.

" Jadilah Petugas Pemasyarakatan yang Profesional dan Berintegritas. Semoga Sukses dalam menjalankan Tugas di tempat yang baru " Ujar Herdianto.

Senada dengan hal itu, Ka.KPLP Ressy Setiawan selaku atasan langsung dari ketiga pegawai tersebut mengharapkan agar Saudara bisa memberikan kontribusi kinerja yang baik di tempat tugas yang baru.

Masih dalam kesempatan yang sama, Salah Satu Perwakilan Pegawai yang Pindah Tugas, Juanda menyampaikan Ucapan terimakasih atas Bimbingan dan Arahan selama ini, khususnya kepada Bapak Kalapas.

"Banyak Ilmu dan Pembelajaran yang kami dapat di Lapas Muara Enim, terutama Rasa Kekeluargaan yang terbentuk dengan kuat. Kami Juga mengkhaturkan permohonan maaf apabila selama ini ada salah kata ataupun perbuatan baik sengaja ataupun tidak disengaja. Mohon Doanya agar kami bisa memberikan kontribusi yang baik di tempat tugas yang baru" Imbuhnya

Juanda berharap agar Jalinan Silaturahmi bisa tetap terjaga dengan Baik.

Diakhir acara Kalapas Muara Enim Herdianto beserta Jajaran Lainnya memberikan Cindremata kenang-kenangan dari Lapas Muara Enim"(Heryadi)

Rabu, 02 Maret 2022

01.29

Forum Peduli Perempuan dan Anak (FPPA) Yayasan Mutiara Apresiasi Lapas Muara Enim dalam Mendukung atasi Masalah Perlindungan Perempuan dan Anak

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim yang senantiasa mendukung atasi Masalah Perlindungan Perempuan dan Anak khususnya di wilayah kabupaten Muara Enim mendapatkan Apresiasi dari FPPA Yayasan Mutiara. Rabu, (02/03/2022)

Dalam kesempatan tersebut ketua Yayasan Mutiara Rita Ratnawati menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada Kalapas Muara Enim Herdianto.

Herdianto mengatakan bahwa Lapas Muara Enim sangat mendukung adanya keberadaan Yayasan Mutiara Tanjung Enim yang mana sebagai tempat merehabilitasi perempuan dan anak yang tergolong masuk dalam kategori ODGJ ringan.

" Tidak hanya itu, Yayasan Mutiara juga membantu dalam aspek psikologis terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan hukum" Ujar Herdianto

Menurutnya Lapas Muara Enim dan Yayasan Mutiara sudah sering melaksanakan kegiatan - kegiatan positif yang berorientasi pada pembinaan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Yayasan Mutiara Rita Ratnawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kalapas Muara Enim yang selalu mendukung kami dalam atasi permasalahan perempuan dan anak.

"Kalapas Muara Enim sangat peduli dan concern terhadap pembinaan para Warga Binaan dan Alhamdulilah kami turut disertakan dalam proses pembinaan khususnya terhadap perempuan dan anak yang tersangkut masalah hukum" imbuh Rita

Pada pertemuan tersebut turut mendampingi Kasibinadik Taufik, Kasubag TU Firmanzah, Kasiminkamtib Agusnadi dan Kasubsi Giatja Zulaiwan Fajri

Diakhir kegiatan Kalapas Muara Enim menyerahkan Cinderamata berupa Baju Batik Hasil Karya Warga Binaan Lapas Muara Enim"(Heryadi)
00.49

Perkuat Sinegritas Dan Jalin Silaturahmi, Kalapas Muara Enim Herdianto Sambut Hangat Kepala BNNK Muara Enim

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim Herdianto sambut hangat kunjungan dari Kepala BNNK Muara Enim. AKBP Irzan Haryono. Rabu, (02/03/2022)

Diketahui AKBP Irzan Haryono, baru saja dilantik menjadi Ka.BNNK Muara Enim pada Januari 2022 lalu, yang mana sebelumnya menjabat sebagai Ka.BNNK Garut.

Pada Kesempatan tersebut, Kalapas Muara Enim Herdianto mengucapkan Selamat mengemban amanah baru sebagai Kepala BNNK Muara Enim.

“Sinergitas dan hubungan erat yang telah terjalin selama ini harus terus ditingkatkan. Kerjasama dan Kolaborasi dalam hal pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) menjadi komitmen kita bersama" Ungkap Herdianto

Turut mengamini, AKBP Irzan Haryono menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari Kalapas Muara Enim. Jalinan Sinergitas yang telah berjalan baik tentu akan saya terus tingkatkan menjadi lebih baik.

“Kunjungan ini merupakan dalam rangka merajut tali silaturahmi sekaligus memperkuat sinergitas yang baik antara BNNK Muara Enim dan Lapas Muara Enim,” ucap Irzan

Dalam pertemuan tersebut turut hadir, Kasubag TU Lapas Muara Enim Firmanzah, Ka. KPLP Ressy Setiawan, Kasiminkamtib Agusnadi dan Kasibinadik Taufik"(Heryadi).

Selasa, 01 Maret 2022

00.34

Pelepasan Purna Bhakti Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko, Kalapas Muara Enim Herdianto: Terimakasih Atas Bimbingan Dan Arahannya Selama Ini

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Suasana Haru menyelimuti Pelepasan Purna Bhakti Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Indro Purwoko, bertempat Hotel Aryaduta Palembang. Selasa, (01/03/2022).

Kakanwil Indro Purwoko menyerahkan tongkat estafet kepemimpinannya kepada pejabat pelaksana tugas (Plt) Rifqi Adrian Kriswanto. Kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 itu dihadiri oleh jajaran pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kanwil Kemenkumham sumsel dan seluruh Kepala Satuan Kerja serta pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham sumsel.

Dalam sambutannya, Indro Purwoko mengatakan Terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak internal maupun eksternal selama saya bertugas disini. Setiap keberhasilan yang telah diraih tak luput dari sinergitas yang telah kita jalin bersama. Setiap kesuksesan seseorang selalu ada peran penting dibelakangnya. Selalu ingat peran penting orang tersebut, yang dalam hidup saya, ada istri saya sendiri," ujar Kakanwil penuh haru.

Plt. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Rifqi Adrian Kriswanto juga menyampaikan kata pengantarnya. "Kami mewakili seluruh jajaran menghaturkan permohonan maaf setulusnya jika selama pelaksanaan tugas ada perilaku tidak berkenan. Banyak sudah legacy yang bapak tinggalkan untuk Kanwil Kemenkumham Sumsel. Semoga Bapak selalu sehat, dan selamat memasuki purna bhakti," tutur Rifqi.

Terkenang banyak torehan prestasi yang di raih kanwil kemenkumham sumsel selama di pimpin oleh Indro Purwoko. Prestasi yang paling mentereng di bidang reformasi birokrasi yakni Indro Purwoko berhasil membawa Kanwil Kemenkumham Sumsel meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Selain itu, Indro Purwoko banyak meninggalkan Legacy. Beliau dikenal sebagai sosok yang tegas, disiplin, Bijaksana dan mengedepankan prinsip kekeluargaan. Banyak ilmu dan pembelajaran yang diteladani dari beliau.

Kalapas Muara Enim Herdianto menyampaikan Ucapan Selamat kepada bapak Indro Purwoko atas purna bhaktinya. Terimakasih atas bimbingan dan arahan bapak indro purwoko selama ini. Tidak hanya sebagai pimpinan tetapi sebagai orang tua kami. Semoga Bapak indro selalu diberikan kesehatan dan terutama selalu dalam lindungan Allah SWT"(Heryadi)