Gemilang Terkini

Rabu, 29 September 2021

23.31

Warga Kelurahan Tanjung Raja Keluhkan Kubangan Lumpur, Diduga Dari Pengurasan Dari PDAM

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Warga kelurahan Tanjung Raja lk 2 RT 003 Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) tepatnya di Belakang PDAM Unit Tanjung Raja mengeluhkan jalan yang digenangi air bercampur lumpur di sebabkan oleh pengurasan yang di lakukan PDAM Unit Tanjung Raja.

Salah satu warga yang rumahnya di masuki air bercampur lumpur inisial S warga lk 2 RT 003 mengatakan kondisi seperti ini sudah lama, setiap kali PDAM melakukan pengurasan pasti air bercampur lumpur di buang ke jalan di depan rumah.
"Kami terpaksa tidak tidur menunggu dan mengalirkan air bercampur lumpur karna kalau tidak ditunggu air dan lumpur mengalir memasuki rumah warga" Katanya, kamis (30/09/2021).

Sementara itu, saat di temui awak media di PDAM Unit Tanjung raja pak Padli yang merupakan Bagian Produksi mengatakan, kami sudah mengajukan ke provinsi dan pusat untuk membuat saluran pembuangan limbah tapi sampai sekarang belum terealisasi.

"Kalau untuk pengajuan kami sudah, dan sebelum adanya penampungan pembuangan limbah ya masih seperti itulah kemungkinan begitulah, cuma kedepan kami berusaha karena saat ini sudah mendesak, sudah tiga tahun kami tidak menguras, takut melimpah kerumah warga ,tapi di sisi lain pelanggan mengeluh karena air keruh, jadi kami mencari solusi juga dan akhirnya mau tak mau sementara ini" Imbuhnya.

Lain lagi pernyataan warga setempat yang namanya tidak mau di sebutkan, uj umur 45 tahun, menurutnya tidak benar selama tiga tahun ini terjadi banjir air bercampur lumpur di sekitar sini.

"Sebelumnya sering terjadi, kadang banjir air, mungkin saat mengisi bak penampungan air kepenuhan dan berkemungkinan yang kerja di bagiannya tertidur" Katanya.

Berdasarkan Pantauan awak media air bercampur lumpur yang mengalir tersebut diduga dari kandang batako PDAM yang kandang tersebut sepertinya diduga sengaja dibolongi. (Emi/Red)

00.45

Diduga Ada Oknum Wartawan Kurang Pengertian, Kiki Berikan Hak Jawabnya


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait dengan terbitnya berita dari salah satu media online yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Kepala BPBJ Kabupaten Ogan Ilir, Kiki Sumarce angkat bicara.

Menurut kepala BPBJ Ogan Ilir, video yang diambil oleh salah satu awak media terkesan sengaja untuk mendiskriditkan dirinya selaku kepala BPBJ.

Video itu diambil ketika stafnya lakukan chek sound mempersiapkan serah terima jabatan dari kepala BPBJ yang lama Hernawan, SE, M.Si dengan dirinya, dan saat itu didalam ruangan juga hadir ketua PWI Ogan Ilir, pak yasandi dengan pak pusriadi untuk mengambil gambar.

Tindakan awak media ini diduga ingin menggiring opini, supaya saya yang baru menjabat dikepala BPBJ ini tercoreng.

"Saya menjawab mau konfirmasi dulu, karena di acara itu ada wartawan juga, kenapa ada lagi wartawan mau komfirmasi dengan kegiatan tersebut" Kata Kiki.

Dan saya hanya menyarankan kepada awak media tersebut supaya konfirmasi dengan ketua PWI, karena waktu itu mereka hadir.

Sementara itu, Pusriadi saat di konfirmasi terkait kehadirannya menjelaskan, "ya memang benar pada hari jumat dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 15.00 dirinya bersama ketua PWI ada di dalam ruangan persiapan serah terima jabatan antara kak iwan dengan kiki, dan sebenarnya mencuatnya berita opini ini tak lain dari salah pengertian, kalau mau dipermasalahkan masih banyak tempat-tempat yang melakukan hal tersebut ketika menjelang kegiatan" terang Edi

Hal serupa yang diungkap oleh ketua PWI OI Yasandi menurutnya "saya tidak mengerti status dari oknum ini,apakah wartawan atau LSM, karena sejauh ini diorganisasi PWI atau IWO tidak terdadtar, namun semua itu hak mereka tapi saya berharap berita yg diterbitkan harus memenuhi unsur 5W+1H agar tidak terkesan penggiringan opini" Ujarnya. (Yasandi)

Senin, 27 September 2021

06.06

KRYD Polres OI Menindak Ranmor Yang Tidak Dilengkapi Surat Menyurat Kendaraan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Yusantiyo Sandhy, SH melalui KBO Lantas Polres Ogan Ilir Iptu Rusdi, didampingi Ipda Sutan Jaya, Ipda H. Manurung dan Pawas Polres OI Iptu Sutopo dan jajaran Polres dan Polsek Indralaya melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). 

KRYD dirangkaikan dengan Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan, dilaksanakan dengan menggelar razia statis di Jalan Lintas Timur KM 36 Indralaya Ogan Ilir tepatnya di depan Polsek Indralaya.

KRYD dan Ops Yustisi Polres Ogan Ilir dan jajaran pada hari Sabtu malam Minggu (25/9/2021) sekira pukul 20.00 Sampai 21.15 WIB ini dipimpin oleh Iptu Rusdi diikuti oleh puluhan personel gabungan. 

"Sasaran KRYD ini yaitu, miras, narkoba, sajam, premanisme, kejahatan jalanan serta bentuk-bentuk penyakit masyarakat (pekat) lainnya. Selain itu, kami juga melaksanakan Operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan di lokasi keramaian" Kata KBO Lantas Polres Ogan Ilir Iptu Rusdi.

Dikatakannya, KRYD dan Ops Yustisi Polres Ogan Ilir juga menindak pengguna jalan dengan menindak dengan menilang dua Ranmor yang tidak dapat menunjukan surat menyurat, dan Satu STNK Kendaraan roda dua dan juga dilakukan peneguran kepada penguna jalan yang tidak mematuhi prokes.

"Kami juga memberikan teguran terhadap masyarakat yang ridak menggunakan masker, untuk gangguan Kamtibmas baik 3C, Senpi/Sajam, Narkoba, Perjudian, Premanisme dan Miras belum ditemukan namun selaku perwira pengendali terus memberikan himbauan kepada warga yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker serta berkerumun di lokasi keramaian, dan dilanjutkan Patroli Jantung terhadap daerah-daerah yang dianggap rawan kejahatan seperti Begal, Curas, Curat di tempat- tempat yang dicurigai" Terangnya.

"3C, Penyalahgunaan Senpi/Sajam, Narkoba, Perjudian, Premanisme dan Miras Serta melaksanakan Oprasi Wajib Masker Kepada Masyarakat. Langkah yang kami lakukan adalah memberikan peringatan atau teguran serta himbauan agar masyarakat peduli dan patuh akan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19" Paparnya. (Hms)

05.56

Kadis Perindagkop dan UKM OI Menolak Saat Hendak Dikonfirmasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait dengan penertiban para pedagang pasar di terminal Tanjung Raja, dan sesuai dengan surat edaran Bupati Ogan Ilir akan melaksanakan penertiban dan pembongkaran lapak para pedagang yang ada di seputaran terminal Tanjung Raja.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.A.Tafif saat hendak dikonfirmasi, Senin (27/9/2021) menolak dengan alasan rapat, dan hal ini disampaikan langsung oleh staffnya setelah menerima WA dari atasannya.

Kemudian, saat ditanya lagi kepada staffnya jam berapa ada waktu untuk konfirmasi, staffnya menjawab tidak tahu pak.

Berdasarkan Pantauan langsung dikantornya bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan Visi dan Misi Dinas Perindustian dan Perdagangan Koperasi dan UKM seperti poin 1 dan 4 yang tangguh dan mandiri berbasis potensi lokal.

Adapun Misi : 1. Memberikan pelayanan prima di bidang perindustrian perdagangan koperasi dan usaha kecil menengah, 4. Meningkatkan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan di sektor industri perdagangan koperasi dan UKM itu hanya slogan saja yang menempel di dinding Disperindag Koperasi dan UKM.

Hasil pantauan dilapangan para pedagang yang ada dikawasan terminal Tanjung Raja menjerit dan resah dengan adanya surat edaran Bupati terkait penertiban tersebut.

Disisi lain Wakil Rakyat DPRD OI dari Dapil III seperti Sukarni dari golkar Amir Hamzah, Fathul Jaya dari PDI P Rojak dari Hanura semua meminta pemerintah untuk memberikan lahan para pedagang sebelum mereka ditertibkan.

Sementara kepala dinas yang terkait ketika mau dikonfirmasi di kantornya menolak dengan alasan rapat. Ada apa ini sepertinya ada yang disembunyikan terkait surat edaran bupati untuk penertiban para pedagang yang ada di kawasan terminal Tanjung Raja. (Rilis SMSI OI)

Sabtu, 25 September 2021

23.39

DPD Partai Gelora Ogan Ilir Gelar Rakor

DPD Partai Gelora Ogan Ilir Gelar Rakor

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Bangter I Sumatera dengan tema Menuju Sumsel Bergelora, Ahad (26/09/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus DPD Partai Gelora Indonesia dan juga pengurus DPC Partai Gelora Indonesia Se Kabupaten Ogan Ilir, Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI, Ketua DPW Partai Gelora Sumsel dan juga Ketua Bangter I Sumatera.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Muhammad Rofiq mengatakan bahwa Partai Gelora Indonesia kedepan harus menang, oleh karena itulah diharapkan dukungan dari semua pengurus, baik itu DPD, dan juga DPC.

"Mari kita satukan tekad, demi mewujudkan kemenangan untuk partai Gelora ke depan, yakni target kita pada 2024 mendatang, dan kita mulai dari sekarang" Kata Muhammad Rofiq

Sementara itu, Erza Saladin selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa untuk target kedepan untuk partai Gelora, adapun yang akan kita persiapkan yakni agenda pemenangan menuju februari 2024.

"Nanti kita akan menlakukan penjelasan tentang peta dapil, pengetahuan merumuskan peta dapil, yakni persiapan kita untuk menang, mari kita kumpulkan data, demi mewujudkan kemenangan.
Bangsa indonesia ini bisa menjadi besar, bisa menjadi bangsa yang hebat" Ujarnya. (Di2/Ani/Red)

Kamis, 23 September 2021

04.08

Satres Narkoba Polres Ogan Ilir Ringkus Pengedar Sabu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Heri alias Lay (47 tahun) seorang pengedar narkotika jenis sabu yang merupakan warga Dusun 1 Rt 02 Desa Sungai Pinang Nibung Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir, berhasil diringkus oleh Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Ogan Ilir, Selasa (21/09/2021), sekitar pukul 23.10 WIB, di kediamannya.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Kasatres Narkoba Polres Ogan Ilir AKP Zon Prama, mengatakan bahwa anggota kita Unit 1 Satres Narkoba Polres OI mendapatkan informasi dari masyarakat yang resah dengan pelaku diduga menjual sabu di desanya. 

"Berbekal informasi tersebut kita melakukan penyelidikan, dan anggota kita melihat ciri-ciri orang yang diduga pelaku. Ketika kita geledah ternyata benar anggota kita mendapatkan barang haram tersebut disembunyikan pelaku di sebuah rumah kosong tak jauh dari rumahnya" Kata Kasatres Narkoba Polres Ogan Ilir AKP Zon Prama, Kamis (23/09/2021).

Dikatakan Kasat, dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa satu buah wadah senter warna hijau berisi 16 paket sabu dibungkus klip bening dengan berat bruto 6,30 Gram, bong/alat hisap Sabu, dua Korek Api Gas, Hp merk Oppo warna gold, serta uang tunai Rp8 juta.

"Dihadapan petugas tersangka mengakui bahwa barang bukti sabu tersebut merupakan barang miliknya. Selanjutnya tersangka berikut barang bukti dibawa ke Satres Narkoba Polres Ogan Ilir guna diproses sesuai hukum yang berlaku. Pelaku kita jerat berdasarkan UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara" Paparnya. (Red)
03.38

Polisi Ringkus Pelaku Pembunuhan Wanita di Pemulutan Barat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Petugas gabungan dari Satreskrim Polres Ogan Ilir (OI) dan Polsek Pemulutan akhirnya berhasil meringkus pelaku pembunuhan seorang wanita paruh baya bernama Tarbiyah (52 tahun) di dusun II Desa Seribanding Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten OI.

"Pelaku bernama Syazili (34 tahun), warga Dusun I Desa Seribanding, Kecamatan Pemulutan Barat, tersangka sendiri dijerat dengan pasal 338 (KUHP, kasus pembunuhan)," Kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, Kamis (23/9/2021).

Dikatakan Kapolres OI, kecurigaan terhadap tersangka sudah ada sejak awal penyelidikan. Namun polisi masih menunggu hasil Laboratorium Forensik Polda Sumatera Selatan, untuk memastikan kecocokan dengan keterangan saksi mata dan barang bukti yang ditemukan.
"Setelah hasil labfor keluar kemarin sore, barulah kami bergerak menangkap tersangka di kediamannya semalam," Ujar Kapolres.

Dikatakannya, saat ditangkap tersangka sedang tidur pulas dan tak melawan saat dicokok petugas. Dan dari tangan tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti utama berupa sebilah parang untuk membunuh korban.

"Barang bukti lainnya berupa pakaian tersangka dan korban juga sudah diamankan, tersangka tercatat merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Tersangka pun sempat dibawa polisi ke Rumah Sakit Ernaldi Bahar di Palembang sebelum diproses lebih lanjut. Kami masih terus melakukan pengembangan terhadap tersangka ini. Yang jelas, saat ini sudah kami amankan dan menunggu proses selanjutnya," Terangnya. (Red)

Rabu, 22 September 2021

07.03

Syaiful Bahri Ketua Umum Bamukoi Serahkan Bansos Beras Dari Gubernur Sumsel

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bantuan Beras Bansos Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Yang Diwakili Oleh Bapak H.Syahrial Oesman, memberikan perhatiannya kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 di Kecamatan Kertapati Kota Palembang.

Dengan ini bersama Persatuan (Bamukoi) memberikan bantuan berupa beras diberikan kepada masyarakat Yang Bertempat di Posko Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, Rabu (22/09/2021)

Menurut “Syarial Oesman, Yang Diwakili Oleh Syaiful Bahri, Selaku Ketua Umum PP Bamukoi, ini merupakan bentuk kepedulian dan stimulan kepada sesama. Sebagai Mantan Gubernur Sumatera Selatan dirinya Sangatlah Peduli Terhadap Kesejahteraan Anggota dan kepentingan masyarakat apalagi di masa Pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Syaiful Bahri mengatakan Beliau Saat ini Memimpin Organisasi Sebanyak 58 Yang Tersebar Sampai Aceh, Salah Satunya PP Bamukoi ini. Tuturnya.

"Selain itu Tonny ST, Selaku Anggota Kepengurusan Bamukoi ini Mengucapkan terimakasih kepada Bapak Syahrial Oesman, atas bantuannya dalam mendistribusikan beras kepada masyarakat yang berkompeten menerima dan saya juga mengajak pak “Syahrial Oesman sebagai yang pernah jadi Gubernur Sumsel untuk memberikan masukan-masukan ide bagi masyarakat," 

Ketua Umum Bamukoi “Syaiful Bahri, mengucapkan terimakasih kepercayaannya dalam mengelola pendistribusian beras kepada masyarakat sebesar 15 Ton atau 1500 Karung. (Arman/Red)

Senin, 20 September 2021

06.32

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna XV

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto HS yang didampingi Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe’I, S.Sos Pimpin Rapat Paripurna XV DPRD Kabupaten Ogan ilir Tahun Sidang 2021 dalam rangka Penyampaian Nota Penjelasan oleh Bupati Ogan ilir atas Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Ogan ilir Tahun Anggaran 2021. 

Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto Hs bertempat diruang rapat paripurna KPT Tanjung Senai, Senin (20/09/2021).

Paripurna dengan menggunakan protokol kesehatan tersebut selain dihadiri para anggota DPRD dihadiri juga oleh Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, SH, Sekda Kabupaten Ogan Ilir Mukshin Abdulah, ST, MM, Ketua Badan Kehormatan DPRD Basri M. Zahri, S.Sos., M.Si, Forkopimda, OPD serta media cetak dan elektronik.

Hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsina, SE.,M.Si, Kabag legislasi yubhar, .S.IP, Kabag Humas Protokol Saudi Aryanto, MKM, Kabag umum dan keuangan Cahya Lika, S.IP, kasubag persidangan Dedi Afrizal, ST, Yuliana, S.H, M.H Ksb. Hukum & perundang-undangan, Kasubag protokol Hj. Saadah, sari Safrina dan dadang.

Selanjutnya Bupati Panca Wijaya Akbar,SH. menyampaian Nota Penjelasan atas Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Ogan ilir Tahun Anggaran 2021.

Penyampaian Oleh Bupati, rapat paripurna kembali ditutup oleh Ketua DPRD Soeharto Hs. (Ril/Red)
05.05

105 Pejabat di Lingkungan Pemkab OI Diganti

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Seusai melantik Sekda Kabupaten Ogan Ilir (OI) Muhsin Abdullah, kali ini di hari yang sama, Bupati OI Panca Wijaya Akbar melalui Wakil Bupati Ardani kembali melakukan penggantian jabatan struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab Ogan Ilir. 

Sebanyak 105 orang pejabat mulai eselon IV hingga II yang menempati struktur posisi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dirombak. 

Bupati OI Panca Wijaya Akbar melalui Wakil Bupati OI Ardani mengatakan, rotasi jabatan berupa hal biasa guna penyegaran organisasi. 

"Rotasi dan mutasi jabatan ini hal biasa. Ini juga untuk penyegaran dan meningkatkan kemampuan ASN di bidang yang ditempatinya," kata Ardani saat melantik 105 pejabat di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai, Senin (20/9/2021) petang. 

Beberapa nama pucuk pimpin OPD yang dimutasi diantaranya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Irawan Bulhasan yang dimutasi ke Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. 

Kasat Pol PP Akhmad Fauzi dimutasikan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan. 

Lalu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Nur Samsu yang diberi tugas sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Akhmad Lutfi, dimutasikan menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). 

Dan Inspektur Daerah Muhammad Ridhon yang kini diberi tugas menggantikan Nur Samsu, yakni Kepala Dinas PMPTSP. 

"Sebagian posisi ini dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Untuk jabatan definitifnya nanti Pak Bupati yang melantik," terang Ardani. 

Selain lima nama di atas yang merupakan eselon II, 100 pejabat lainnya diisi Kasi, Kabid, Staf Ahli hingga Camat di wilayah Ogan Ilir. 

Ke-100 pejabat tersebut diantaranya eselon III sebanyak 48 orang, sementara eselon IV sebanyak 52 orang. 

"Selamat kepada para pejabat yang diberi tugas baru. Semoga dapat segera menyesuaikan dengan tugas dan fungsinya," ucap Ardani. 

Tak lupa mantan Kabiro Hukum Pemprov Sumatera Selatan menyampaikan pesan Bupati Panca agar para ASN bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh. 

"Dalam mewujudkan visi-misi Pak Bupati, maka ASN dituntut bekerja dengan penuh inovasi. Jangan kerja biasa-biasa saja karena ke depannya akan ada evaluasi kinerja," tegas Ardani. (***/Red)

Minggu, 19 September 2021

21.55

Muhsin Abdullah Resmi Jabat Sekda Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, hari ini Muhsin Abdullah resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) setelah dilantik langsung oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar. Senin (20/9/2021).

Dalam sambutannya, Bupati OI Panca Wijaya Akbar mengatakan, bahwa jabatan Sekda merupakan amanah yang harus dijaga dan disyukuri. Untuk itu, dalam menjalankan tugas di pemerintahan nantinya harus membangun kejujuran.

"Bekerja juga harus menunjukkan prestasi, keseriusan dan tanggungjawab moral demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir" Kata Panca.

Panca juga meminta kepada Sekda OI Muhsin Abdullah untuk meneguhkan hati dan niat dalam bekerja demi menjadi tauladan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Ogan Ilir dan juga di lingkungan masyarakatnya.

"Sebagaimana diketahui, pada proses assesment ada beberapa kandidat seperti Pak Thahir, Pak Dicky, dan Bu Siska. Terima kasih atas partisipasinya mengikuti assesment ini. Kendati demikian, mohon kiranya sinergi dan membantu tugas Sekda dalam pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat Ogan Ilir" Imbuhnya.

Untuk diketahui, Muhsin Abdullah dilantik sebagai Sekda defenitif setelah melalui proses assesment yang dilakukan Pemkab Ogan Ilir sejak 19 Agustus hingga 13 September lalu. Untuk diketahui, Mushin Abdullah sebelumnya memang menjabat sebagai Penjabat Sekda Ogan Ilir. (Di2/Red)

Jumat, 17 September 2021

06.48

Safari Jumat Ke Desa Pematang Bungur, Ini Kata Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar SH didampingi Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Camat Pemulutan Selatan Mun'im, Sekcam Pemulutan Selatan Hendra Wijaya, dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Pemulutan Selatan, kembali melakukan giat rutin Safari Jum'at berkeliling ke 241 Desa dan Kelurahan di 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan ilir, jum'at (17/09/2021). 

Kali ini Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, SH bersama rombongan mengunjungi Masjid Al-Muhajirin yang berada Desa Pematang Bungur Kecamatan Pemulutan Selatan OI dalam rangka memantau langsung program-program pembangunan, bantuan atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah telah berjalan lancar dan dapat tepat sasaran serta menyerap aspirasi dan keluh kesah masyarakat. 

"Pemerintah Daerah terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat melalui verifikasi ulang segala bantuan baik bantuan sosial, pertanian, kesehatan, pendidikan dan sebagainya sehingga bantuan tersebut bisa tepat sasaran" Kata Bupati OI.

Dikatakannya, Administrasi kependudukan adalah kunci bagi masyarakat untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam memberikan bantuan, dan program-program lainnya, melalui Kios Desa diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi administrasi Kependudukan.

"Teruntuk ruas jalan penghubung antara Pematang Bungur ke dusun empat  sepanjang kurang lebih 2,5 KM Insyaallah akan segera di benahi melalui Dinas PU PR Pemkab Ogan Ilir sehingga dapat mempermudah masyarakat Desa dalam melakukan aktifitas sehari-hari" Ujar Bupati.

Ditambahkannya, "Saat ini Kabupaten Ogan Ilir sudah mencapai 59000 vaksin. Oleh karena itu kami menghimbau masyarakat khususnya Desa Pematang Bungur untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan bisa membantu pemerintah mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ogan Ilir ini" Harapnya. (Ril/Red)
04.51

Demi Keindahan Lingkungan Sekitar, Kelurahan Tanjung Raja Gotong Royong

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Demi mewujudkan lingkungan yang asri, bersih, dan nyaman, kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) melakukan Gotong Royong membersihkan lingkungan sekitar, terutama di wilayah kantor kelurahan dan juga diwilayah sekitar kantor kelurahan.
"Hari ini kita dan juga para staff Kelurahan melaksanakan jum'at bersih, dimana kita membersihkan lingkungan sekitar kantor kelurahan" Kata Lurah Tanjung Raja Nova Marlina, SKM, M.Si, Jum'at (17/09/2021).

Dikatakannya, dengan kita melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar kantor kelurahan dan juga diwilayah sekitar kelurahan tanjung raja diharapkan lingkungan sekitar menjadi bersih dan tetap asri.

"Yang kami bersihkan hari ini yakni lingkungan kantor kelurahan, dan juga sekitar wilayah kelurahan tanjung raja, adapun yang menjadi perhatian kami adalah lingkungan sekitar" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Kalau lingkungan bersih, tentu akan enak dipandang mata, dan juga bisa memberikan kesejukan, tentunya lingkungan menjadi bersih" Imbuhnya. (Emi/Red)

Minggu, 12 September 2021

19.57

Lomba Mancing Ikan di Ogan Ilir Resmi Ditutup

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Resmi, lomba mancing ditutup dan dihadiri Bupati Ogan Ilir yang diwakili Drs Nur Syamsu MM Kadin Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Inspektorat OI M Rhidon ,M.Si, Kadin Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dasri Jaya, S.Pd, M.Si, angota DPRD OI Afrizal, SH, Camat Tanjung Raja diwakili Sekcam Daud Rusdi dan Kepala Desa Tanjung Raja Selatan yang di wakili Sekdes Pemilu Dwinta Nusantara.

Bertempat di pemancingan Sumber Rezeki RT 1 dusun 1 desa Tanjung Raja Selatan Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Minggu (13/9/2021) 

Acara yang dilaksanakan selama dua hari dan Secara Resmi di tutup pada hari ini dan Sekaligus Pembagian Hadiah .

Acara penutupan lomba mancing di lakukan oleh Bupati yang diwakili Kadin Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Drs Nur Syamsu M,M

Dalam pidato Bupati yang di wakili Drs Nur Syamsu, MM mengatakan dengan situasi seperti ini kita membutuhkan tempat lomba mancing ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan hobi para pemancing yang ada di Ogan Ilir ini dan saya juga berharap lomba mancing ini menjadi wadah interaksi antara para pemancing, sehingga dapat melahirkan intregitas yang positip, yang bersama sama menjaga kebersihan ekosistem sungai antara masyarakat dan pemancing.

"Saya juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat Ogan Ilir agar dapat menjaga sungai supaya tetap bersih untuk tidak membuang sampah di sungai dengan menjaga kelestarian sungai" Katanya

Sementara itu, Ketua Pelaksana lomba Jaka Satria, SE mengatakan pesan dan kesan untuk para pemancing (engler) yang sudah turut meriahkan lomba ini luar biasa semarak yang mana mereka turut memeriahkan lomba ini ajang untuk memperebutkan piala Bupati ini 2021.

"Kesan saya mereka sangat sportif bertanding dan menjaga protokol kesehatan, dan harapan saya untuk kedepannya, mudah-mudahan secepatnya kita adakan lagi lomba mancing piala Bupati di kolam Sumber Rezeki ini, dan pembukaan kemarin dibuka oleh Bupati Ogan Ilir yg diwakili Kadispora OI Dasri jaya, S.Pd, M.Si dan penutupan hari ini di tutup oleh Bupati yang diwakili kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) DRS Nur Syamsu MM" Ujarnya.

Dikatakannya, "Pemenang berat pertama oleh nomor 23 b, bapak heri dari desa Tanjung Raja Selatan satu kilo tiga puluh enam ons, terberat kedua satu kilo seberat satu kilo 34 ons di pegang oleh nomor 20 d kompas dan terberat tiga dengan nomor 4 d oleh Dodi almunium" Pungkasnya.

Di tempat yang sama perwakilan pemancing (engler) Andi dalam kata sambutanya saat penutupan lomba mancing hari ini, turut mengucapkan terimah kasih kepada Pemkab Ogan Ilir yang telah mengadakan lomba memancing piala Bupati 2021 ini.

"Dan kami berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Ogan Ilir, agar supaya event ini di masukkan dalam agenda tahunan, seperti halnya lomba bidar" Ujarnya. (Emi)
06.49

Wabup OI Kunjungi Korban Kebakaran di Kecamatan Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Bupati Ogan Ilir (OI) H. Ardani, S.H.,M.H didampingi Asisten III Setda Ogan Ilir, Kepala Perangkat Daerah Terkait, Camat Pemulutan, Kapolsek, Babinsa Koramil Pemulutan dan Kepala Desa setempat mengunjungi sekaligus memberi bantuan langsung kepada korban kebakaran rumah di Dsn. II Desa Ibul Besar II Kec. Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (11/09/2021). 

Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani turut menyampaikan rasa prihatin yang mendalam kepada masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran rumah di Desa Ibul Besar II. 

"Bantuan baik sandang pangan dan papan yang diberikan oleh Pemerintah semoga dapat mengurangi sedikit beban kepada keluarga yang tertimpa musibah" Katanya

Ditambahkannya, "Semua yang telah terjadi adalah musibah semoga keluarga yang terdampak musibah selalu diberikan kesabaran dan ketabahan yang lebih dalam menghadapinya" Ujarnya. (Ril/Red)
06.45

Pj Sekda Tinjau Pelaksanaan SKD CPNS Labupaten Ogan Ilir

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S. H diwakili Pj Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah, ST.,MM di dampingi oleh Asisten III Setda Ogan Ilir serta Beberapa Kepala Perangkat Daerah Pemkab Ogan Ilir meninjau langsung hari terakhir Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2021. Minggu (12/09/2021) Bertempat di The Sultan Convetion Center Jl. Sultan M. Mansyur No.7, Bukit Lama, Kec. Ilir Barat. I, Kota Palembang. 

Pj Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah menyampaikan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Ogan Ilir tahun 2021 telah berjalan dengan sukses dan lancar. Untuk tahapan berikutnya tetap harus mengedepankan peraturan serta tahapan tahapan yang telah di tetapkan oleh Kementerian RI. 

"Kepada panitia serta Stakeholder yang terlibat dan berperan penting pada tahapan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kabupaten Ogan Ilir Pj Sekda Ogan Ilir mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya dan teruslah meningkatkan kinerjanya pada tahapan-tahapan seleksi selanjutnya dengan tetap mengedepankan perinsip kompetitif, adil, objektif dan transparan sehingga yang akan menjadi CPNS di Kab. Ogan Ilir benar-benar merupakan peserta terbaik" Imbuhnya. (Ril/Red)

Sabtu, 11 September 2021

17.35

Wabup Ardani Buka Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Ogan Ilir

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung The Sultan Convention Center Palembang, wakil Bupati Ogan Ilir (OI) H. Ardani S. H M. H didampingi Asisten Setda Ogan Ilir, wakil Ketua TP PKK H faizah dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Ilir membuka Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Ogan Ilir. Sabtu, (11/9/2021).

Wakil Bupati Ogan Ilir H Ardani menyampaikan dalam Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang pengadaan pegawai negeri sipil. 

"Dengan mengedepankan prinsip, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersihdari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak ada pungutan biaya" Ujarnya.
Wakil Bupati Ogan Ilir menambahkan dengan adanya prinsip-prinsip dasar dan Peraturan-peraturan berlaku dalam tahapan seleksi CPNS dipastikan bahwa nantinya yang akan di terima menjadi CPNS Kabupaten Ogan Ilir Benar-benar merupakan peserta terbaik.

"Selamat berjuang dalam pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Ogan Ilir dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah di tetapkan dan selalu menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 demi keamanan dan kesehatan kita bersama dan demi mengurangi penyebaran Covid-19" Imbuhnya. (Ril/Red)
07.30

120 Peserta Ikuti Lomba Mancing Piala Bupati 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka memperebutkan Piala Bupati Ogan Ilir, kolam pemancingan sumber rezeki mengadakan lomba mancing .

Kolam Pemancingan Sumber Rezeki yang terletak di RT 1 Dusun 1 desa Tanjung Raja Selatan, sabtu (11/9/2021).

Turut Hadir dalam acara ini Bupati Ogan Ilir yang di wakili oleh Kadispora Dasrijaya, S.P.d, camat Tanjung Raja Faisal Bermawi, SKM, Sekcam, Ustad Idrus, dan para peserta lomba. 

Lomba mancing pada hari ini resmi di buka oleh Bupati Ogan Ilir yang diwakili Kadispora Dasrijaya, S.P.d.

Dalam  peresmian pembukaan hari ini Bupati Ogan Ilir yang di wakili kadispora mengatakan, Bupati Ogan Ilir meyambut baik dengan adanya kegiatan ini dan menghimbau kepada peserta lomba agar tetap menjunjung sportifitas dan terus bekarya, serta tetap mematuhi protokol kesehatan .

Begitu juga kata sambutan Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi, SKM megatakan, disini kita bisa menyalurkan hobi dan lokasi ini bisa dijadikan Aset Destinasi Desa, dan siap memajukan Desa, dengan harapan kedepannya kita lebih spektakuler.

Pelepasan pertama lomba mancing dilakukan Bupati Ogan Ilir yang di wakili kadispora dan di dampingi Camat Tanjung raja.

Di lokasi yang sama ketua pelaksana Jaka Satria mengatakan, peserta lomba berasal dari Tanjung Raja dan sekitarnya, Indralaya, gelumbang, pabumulih, Belitang, Palembang dan Kayu Agung.

"Event kabupaten juga dihadiri dari luar kabupaten, peserta sebanyak 120, karna kondisi pandemi, jadi dibagi empat sesi, di hari sabtu dua sesi pagi dan siang dan juga di hari minggu dua sesi, pagi dan siang juga, jadi seratus dua puluh di bagi empat, acara ini dua hari" Ujarnya.

"Pembagian piala insya Allah besok sore kalau memang Pak Bupati tidak ada halangan kemungkinan sore besok untuk hadiah ada uang tunai, sepeda dan juga ada piala Bupati, ada dua belas piala yang terbagi enam piala untuk ikan patin, monster yang ukuran dua kilo setengah atau dua setengah kilo keatas, dan ada ikan mas yang bobotnya beragam paling besarnya tiga kilo, dan ada tropi ikan mas dan ikan patin, untuk penilai pemenang di ambil dari ikan terberat, kan paten yang terberat dan ikan emas juga yang terberat bukan yang terbanyak, misalnya ikan patin diambil dari yang terberat" Terangnya.

Salah satu peserta yang termuda Danil Aidil putra dari desa Tanjung Gelam sudah mengikuti lomba mancing di kolam Sumber Rezeki sudah tiga kali dan di Lorok satu kali, harapan Aidil ikut lomba kali ini, agar mendapatkan hadiah sepeda. (Emi)

Jumat, 10 September 2021

05.25

Open Turnamen Volly Ball dan Seleksi Pemain Porprov U 21 Sekabupaten Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Turnamen ini di laksakan di lapangan Cabe RT 1 Desa Talang Balai Baru 1 Kecamatan Tanjung Raja, pembukaan turnamen dibuka langsung oleh ketua KONI Ogan Ilir H Aswan Mukti  ST MSI,
Jum'at (10/9/2021).

Turnamen ini di ikuti dari perwakilan  kecamatan yang ada di kabupaten Ogan Ilir, adapun jumlah tim yang mengikuti berjumlah 80 regu terdiri dari tim putra dan putri yang ada dalam wilayah Ogan ilir.

Untuk pembukaan lansung di buka oleh ketua KONI, pembukaan tepat jam 3 siang di mulai dari tim putri Betung melawan tim dari Tanjung agung .

Dihadiri oleh ketua KONI OI, ketua umum PBVSI Bahrus Syarief dan sejumlah pengurus lainya.

Turnamen ini dalam rangka seleksi atlit volly ball kabupaten Ogan Ilir, yang akan mengikuti dalam pekan olah raga tingkat propinsi (Porprov) Sumatera Selatan tahun 2021 di OKU Timur Raya.

Dalam kata Sambutanya H Aswan Mukti Megatakan, atlit yang bertanding bermain dengan sungguh-sungguh, dan menampilkan yang terbaik, agar dapat terpilih nantinya.

Di tempat yang sama Ketua Umum  (PBVSI) Bahrus Syarief mengatakan, turnamen ini untuk mencari atlit Bola volli u 21 tahun yang terbaik di kabupaten Ogan Ilir, yang nantinya akan di ikut sertakan dalam pekan olah raga propinsi Sumatera Selatan di Oku Raya. (Emi)
01.10

Modus Perbaiki Jalan, Pelaku Pungli Diajak Silaturahmi oleh Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berbagai modus pungutan liar (pungli) di jalanan dilakukan, seperti oleh seorang pria di Pemulutan, Ogan Ilir ini. 

Pria bernama Jemahir (39 tahun) diamankan Tim Crocodile Unit Reskrim Polsek Pemulutan. 

Saat polisi berpatroli di wilayah Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pemulutan, Jemahir kedapatan sedang meminta uang kepada pengendara yang melintas. 

"Petugas kami mendapati yang bersangkutan sedang meminta uang kepada pengendara dengan cara menadahkan ember," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Jumat (10/9/2021). 

Iklil mengatakan, pelaku pungli ini melancarkan aksinya dengan modus memperbaiki jalan rusak. 

Selain bermodalkan ember, pelaku juga membawa cangkul untuk memperbaiki jalanan berupa tanah. 

"Aksi seperti ini selain mengganggu arus kendaraan, juga memang tidak diperbolehkan melakukan pungutan secara sembarangan," jelas Iklil. 

Petugas pun lalu membawa pelaku ke Mapolsek Pemulutan untuk didata dan dibina. 

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor, uang hasil pungli sebesar Rp 57 ribu, ember untuk menampung uang, cangkul dan tas ransel. 

"Kami sampaikan kepada yang bersangkutan agar tidak mengulangi perbuatan pungli tersebut," ucap Iklil. 

Setelah didata dan dibina, pelaku diminta membuat surat pernyataan tak akan mengulangi lagi perbuatannya. 

Pelaku lalu diserahkan ke tempat kediamannya di Kecamatan Pemulutan Barat. 

"Kami sampaikan, tidak boleh melakukan pungli dalam bentuk dan modus apapun. Jika melakukan, maka akan ditindak," tegas Iklil. (Ril/Red)
01.04

Rumah Zakat Raih Penghargaan Indonesia Customer Service Quality Award 2021

JAKARTA, gmjnews.co.id- Rumah Zakat meraih penghargaan Indonesia Customer Service Quality Award 2021 kategori ZIS dengan predikat Excellent dari Majalah SWA. Penghargaan ini diberikan berdasarkan pengukuran kualitas pelayanan menggunakan framework dari konsep SERVQUAL oleh Zethaml, Parasuraman, dan Berry dengan beberapa penyesuaian. Pengukuran kualitas pelayanan dilakukan dengan melakukan survei ke pengguna layanan setiap merek dari kategori produk yang telah ditetapkan. 

Survei dengan instrumen terstruktur yang dikembangkan dari konsep SERVQUAL Instrumen survei juga telah diusahakan mengakomodir kondisi spesifik dan perkembangan terkini situasi bisnis, khususnya siatuasi terkait pandemi Covid19. “Alhamdulillah ini merupakan sebuah apresiasi sekaligus amanah bagi Rumah Zakat untuk senantiasa lebih professional dalam bekerja mengelola dana umat dalam beragam program kemanusiaan dan pemberdayaan,” ungkap CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Di masa pandemi ini Rumah Zakat bersama para donatur dan mitra berkolaborasi menyelenggarakan program yang membantu 967.248 penerima manfaat di 250 kota kabupaten di 27 provinsi. Adapun program yang dilaksanakan mulai dari bantuan Kesehatan, logistik, hingga bantuan UMKM. “Di masa pandemi ini Rumah Zakat meluncurkan Gerakan #SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona, dimana kita mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap optimis bahwa suatu hari nanti kita akan bebas dari wabah ini,” ungkap Nur Efendi.

Sepanjang 2021 ini Rumah Zakat juga telah mendapatkan penghargaan seperti Indonesia Original Brand 2021 kategori ZIS, dan juga Global Good Governance Award 2021.”Kami optimis bahwa di masa pandemi ini tingkat kedermawanan masyarakat Indonesia masih sangat tinggi. Sehingga bersama-sama kita bisa saling meringankan beban satu sama lain melalui semangat gotong royong,” ujar Nur Efendi. (Ril)

Kamis, 09 September 2021

23.09

Buron 4 Tahun, Pelaku Pencurian Solar dan Besi Milik Kontraktor Jalan Tol, Dibekuk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

Buron 4 Tahun, Pelaku Pencurian Solar dan Besi Milik Kontraktor Jalan Tol, Dibekuk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id - Pelarian pelaku pencurian bahan bakar solar dan besi milik sebuah kontraktor jalan tol di Ogan Ilir, berakhir di tangan Tim Crocodile Unit Reskrim Polsek Pemulutan. 

Pelaku yang kini ditetapkan tersangka diketahui bernama Rizal (42 tahun) yang tak lain bekas satpam PT Waskita Karya, tempat lokasi pencurian tersebut. 

Menurut keterangan polisi, penangkapan tersangka Rizal berkat pengembangan dari tiga tersangka lainnya yang sudah diproses. 

"Peristiwa pencurian ini terjadi pada 24 Oktober 2017 atau empat tahun lalu," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Kamis (9/9/2021). 

Ketika itu, lanjut Iklil, petugas dari Polsek Pemulutan yang sedang berpatroli pada dinihari, melihat gerak-gerik mencurigakan seorang pria. 

Pria tersebut mengendarai sepeda motor melintasi proyek jalan tol Kapalbetung di wilayah Desa Ibul Besar I, Kecamatan Pemulutan. 

"Saat disetop polisi, tersangka pertama bernama Hadi alias Adi Oyong itu sedang membawa tiga jeriken solar di motornya," ujar Iklil. 

Jeriken tersebut diakui Hadi milik PT Waskita Karya yang dicurinya bersama dua tersangka lainnya yakni Asmawi dan Asnawi yang juga kini sudah menjalani hukuman. 

Selain solar, komplotan ini juga mencuri besi untuk material pembangunan jalan tol.

"Jadi tiga orang ini sudah diproses. Mereka sudah menjalani hukuman," jelas Iklil. 

Tak sampai di situ saja, Polsek Pemulutan terus melakukan pengembangan karena PT Waskita Karya mengaku telah beberapa kali kehilangan bahan bakar solar dan besi hingga mengalami kerugian sebesar Rp 100 juta. 

"Laporan yang kami terima, kerugian kontraktor jalan tol ini mencapai Rp 100 juta," terang Iklil.

Polisi pun mengantongi tiga nama pelaku pencurian lainnya yang kerap berpindah tempat untuk menghindari kejaran polisi. 

Hingga akhirnya satu dari tiga pelaku buron berhasil diamankan Tim Crocodile Polsek Pemulutan pimpinan Ipda Zulkarnain Afianata. 

Tersangka terbaru yang berhasil dibekuk yakni Rizal. 

"Tersangka diamankan di kediamannya di Indralaya Selatan hari ini," terang Iklil. 

Dari tangan tersangka Rizal, polisi mengamankan barang bukti berupa sebuah tas warna hitam yang berisi mata gerinda sebanyak 4 buah. 

Satu unit sepeda motor matic yang digunakan tersangka untuk mencuri. 

Tiga buah jeriken berisi solar kurang lebih sebanyak 200 liter, besi pipa 7 batang, besi ulir 43 batang, besi terot 37 batang dan pipa 3 batang. 

"Tersangka beserta barang bukti saat ini diamankan di Mapolsek Pemulutan untuk diproses lebih lanjut," ujar Iklil. 

Polsek Pemulutan kini masih memburu dua pelaku lainnya yang masih buron. 

"Kami sudah tahu identitas kedua pelaku buron ini. Kami terus melakukan pengejaran terhadap keduanya," kata Iklil menegaskan. (Ril/Red)
18.52

Warga Kelurahan Tanjung Raja Terima Bantuan Kursi Roda


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Penderita lumpuh dari balita ini mendapatkan Bantuan dari Balai Rehabilitas Sosial peyandang Disabilitas fisik Budi perkasa (BRSPDF) oleh Bupati Ogan Ilir yang di wakili oleh wakil Bupati (Wabub) Kabupaten Ogan Ilir, Bertempat di Aula desa Senuro Timur Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Propinsi Sumatera Selatan Hari Kamis  9 September tahun 2021.

Cealse Mailan Binti Johan umur 8 tahun ,Warga RT 03 lk 2 Kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, propinsi Sumatera Selatan.

Ibunda Cealse Mailan megatakan kepada awak media sangat berterima kasih sekali atas Bantuan kursi Roda ini karna selama ini anak kami hanya bisa berbaring di tempat Tidur saja ,dengan adanya Bantuan kursi Roda ini anak kami Bisa kami bawak berjalan keluar tuk Menghirup udara Segar dan Berkumpul dan melihat anak anak tetangga yang lagi Bermain.

Di Tempat yang sama Lurah Kelurahan Tanjung Raja,Nova Marlina ,SKM, M.Si ,saat di wawancarai awak Media megatakan ,Saya Hari ini Medampingi  warga saya an Cealse Mailan dan Ibunya Datang Ke Aula Desa Senuro Timur ,guna untuk Menerimah Bantuan Kursi Roda ini ,dan saya selaku Lurah sangat Berterimah kasih sekali atas Bantuan ini Semoga Bantuan ini Menjadi Manpaat Bagi keluarga ini ,terutama untuk anak ini tuturnya. (Emi)

Rabu, 08 September 2021

00.12

Kapolres OI Jalin Silaturahim Tatap Muka dengan Masyarakat di Wilkum Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menjalin silaturahim dan meningkatkan rasa persaudaraan, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy mengadakan tatap muka dengan masyarakat Pemulutan.

Kegiatan silaturahim ini diadakan di Mapolsek Pemulutan dengan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat umum.

"Di masa pandemi ini, semoga tali silaturahim kita tetap terjalin namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Yusantiyo di Mapolsek Pemulutan, Rabu (8/9/2021).

Pada giat kunjungan ini, Yusantiyo didampingi Wakapolres Kompol Hardiman dan para PJU Polres Ogan Ilir.

Pada kesempatan ini, Yusantiyo mengajak masyarakat untuk tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan.

"Semoga dengan kedisplinan kita semua dalam menerapkan prokes, dapat memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Yusantiyo.

Selain acara tatap muka dan silaturahim, Polres Ogan Ilir memberikan bantuan sosial kepada purnawirawan Polri.

Selain itu, ada pula peresmian gudang barang bukti kejahatan di Mapolsek Pemulutan.

Rangkaian acara pun ditutup dengan penebaran benih ikan di kolam Mapolsek Pemulutan.

"Semoga dengan adanya silaturahim tatap muka, tali asih ini dapat semakin mempererat persaudaraan dan mendapat ridha Allah SWT," ucap Yusantiyo. (Ril/Red)

Senin, 06 September 2021

15.21

Wagub Sumsel Launching Bansos di Kelurahan Sungai Pinang OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Kelurahan Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H. Mawardi Yahya melaunching Bantuan Sosial (Bansos) secara simbolis, Senin (6/9/2021).

"Pemberian Bantuan Sosial dari Provinsi Sumatera Selatan yang akan diberikan kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 50 ton beras dan akan di tingkatkan lagi menjadi 100 ton beras yang terdiri 10.000 paket untuk di berikan kepada masyarakat yang belum pernah sama sekali menerima bantuan sosial apapun seperti PKH/BPNT dan BLT, bantuan tersebut akan di bagikan di kelurahan dan desa yang masuk zona merah sebanyak 120 desa" Kata Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya saat di wawancarai.

Dikatakan Wagub, "Supaya Bantuan Sosial tersebut agar dapat di berikan dengan tepat sasaran diharapkan Kades dan Lurah dapat memberikan Bantuan Sosial tersebut kepada warga yang benar-benar belum pernah mendapat bantuan sosial apapun" Harapnya.

Sementara itu, Camat Sungai Pinang Sri Yuharleni, SE mengaku sangat bersyukur sekali acara launching pemberian Bantuan Sosial tersebut di 16 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

"Hari ini launching pemberian antuan sosial tersebut dilaksanakan di kelurahan sungai pinang kecamatan sungai pinang dan akan diberikan di kelurahan sungai pinang berupa 135 paket beras dan di 5 desa yang masuk zona merah" Ujar Camat Sungai Pinang. (Emi/Red)

Jumat, 03 September 2021

22.57

Pembagian Hadiah Sekcam Cup 1 Pemulutan Selatan Berjalan Lancar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Malam pembagian hadiah dalam perhelatan bulutangkis Sekretaris Camat (Sekcam) Cup 1 Pemulutan Selatan berjalan lancar, dimana dalam pembagian hadiah tersebut semua peserta hadir untuk mengikuti pembagian hadiah bagi para pemenang, dan acara tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
"Ya, Alhamdulillah untuk pelaksanaan lomba bulutangkis Sekcam Cup 1 Pemulutan Selatan yang kita gelar beberapa hari yang lalu berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan sedikit pun, begitupun saat malam pembagian hadiah bagi para pemenang semua berjalan dengan lancar" Kata Hendra Wijaya, ST selaku penyelenggara Sekcam Cup 1 Pemulutan Selatan, Sabtu (4/9/2021).


Dikatakan Hendra, bahwa kegiatan ini kita selenggarakan dalam rangka mendukung Visi dan Misi  Bupati Ogan Ilir untuk bangkit disegala sektor khususnya bidang olahraga dan menggali bakat-bakat pebulutangkis muda yang ada di setiap Desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan, sehingga nantinya kita akan tahu siapa yang memang memiliki bakat dalam olahraga bulutangkis,
"Dan pada malam ini adalah puncaknya, yakni pembagian hadiah bagi para pemenang, adapun untuk hadiah  seluruh pemenang yakni yaitu tropi, mendali, piagam dan baju jersey serta uang pembinaan juara 1.  sebesar 1 juta rupiah, sedangkan untuk juara 2 yaitu berupa uang 800 ribu rupiah dan terakhir untuk juara 3 berupa uang 500 ribu rupiah" Terang Hendra Wijaya.


Ditambahkannya, "Untuk juara 1 itu diraih oleh desa Kapuk, untuk juara 2 diraih oleh Desa Maju Jaya, dan juara 3 diraih oleh Desa Kapuk, dan juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia sehingga acara kita bisa berjalan dengan lancar sampai selesai. " Pungkasnya.


Salah satu peserta yang mengikuti lomba tersebut mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan lomba bulutangkis ini karena dengan adanya kegiatan ini kita bisa melihat kemampuan kita dalam berolahraga.


"Senang sekali, karena ini adalah hal positif, dan  ini adalah turnamen  yang pertama sejak  kecamatan pemsel berdiri. Kedepan semoga pak sekcam baru  yang merupakan putra asli Desa Sungai Lebung, dapat membuat even yang lebih besar lagi. dengan olahraga bukan hanya membuat kita sehat tapi juga bisa mengasah bakat terutama dalam olahraga bulutangkis, ditambah lagi ada hadiah menarik, seperti piala, piagam, baju dan juga uang" Ujarnya.


Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Ogan Ilir Aswan Mufti mengatakan bahwa dengan hadirnya saya pada acara final dan pembagian hadiah malam ini itu manandakan saya sangat mendukung kegiatan ini. 


"Saya sangat mendukung kegiatan ini terutama untuk mencari bibit-bibit yang muda yang berprestasi agar nantinya bisa tampil dikancah yang lebih besar lagi untuk mewakili Kabupaten Ogan Ilir" Pungkasnya.


Hadir dalam pembagian hadiah tersebut Ketua KONI Ogan Ilir Aswan, Sekcam Pemulutan Selatan Hendra Wijaya, Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan, dan juga para peserta lomba. (Di2/Red)

Rabu, 01 September 2021

19.49

Kelurahan Tanjung Raja Timur Bekerja Dengan Maksimal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kelurahan Tanjung Raja Timur Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan yang sekarang dijabat oleh Bapak Darwin Efendi menghimbau kepada seluruh warga khususnya didalam wilayah Kelurahan Tanjung Raja Timur, untuk kepengurusan Kartu Keluarga (KK), Kartu tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran dan lainnya, diharapkan datang ke kantor kelurahan dan tidak perlu datang ke Kabupaten lagi karena sekarang sudah ada kios pelayanan administrasi kependudukan online.

"Dengan adanya program pemerintah kabupaten Ogan Ilir Kelurahan Tanjung Raja Timur, sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah urusan data Kependudukan, Kelurahan Tanjung Raja Timur sudah memiliki kios pelayanan Administrasi Kependudukan online dan untuk Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Kartu tanda Penduduk (KTP) akte kelahiran dan yang lainya, secara gratis dan maksimal kepada warga Kelurahan Tanjung Raja Timur" Kata 
Lurah Darwin Efendi kepada awak media Rabu (1/9/2021).

Dikatakannya, Alhamdullilah pada hari ini, kami pemerintah kelurahan tanjung raja timur telah menyelesaikan dan menyerahkan pembuatan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk an mawar kadapi dan maisyaroh ,yang mana warga tersebut adalah warga desa Tanjung Temiang yang pindah ke kelurahan tanjung raja timur. 

"Terhambatnya kepengurusan yang seperti di berita kemarin, dikarenakan adanya kesalahan atau kekurangan secara administrasi, sekarang sudah di perbaiki, KK dan KTP sudah selesai dan sudah di serahkan kepada yang bersangkutan, hendaknya warga harap bersabar dalam kepengurusan ini dan harus lengkap administrasi yang akurat, sesuai dengan yang di harapkan pemerintah kabupaten Ogan Ilir" Terangnya. (Emi/Red)

02.33

GMRP Kembali Geruduk Kantor DPRD Sumsel

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Puluhan massa yang tergabung dari Gerakan Mahasiswa Resolusi Palembang (GMRP), menggelar aksi unjuk rasa (unras) di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (1/9/2021).

Koordinator Lapangan, Anugrah Dwi Putra didampingi Koordinator Aksi, Belly mengatakan, pihaknya hanya berjumlah beberapa orang dengan mematuhi prokes sambil membawa banner dengan tulisan wujudkan pemerintah yang good governance itu memulai aksi sekitar pukul 11.00 WIB.
Dikatakan Anugrah, massa melakukan aksi karena berangkat dari surat audiensi mereka yang di layangkan ke Sekretariat DPRD berisikan tentang rekomendasi laporan hasil pemeriksaan BPK yang belum di tindaklanjuti tahun anggaran 2019 dan 2020. Tidak di indahkan oleh DPRD Sumsel dimana surat tersebut mereka layangkan pada tanggal 18 agustus 2021 lalu.

"Pihaknya menuntut DPRD Sumsel untuk menindaklanjuti rekomendasi dari hasil pemeriksaan BPK pada APBD Tahun 2019 dan 2020, yang belum ditindaklanjuti oleh DPRD Sumsel selaku penanggung jawab atas hasil pemeriksaan keuangan daerah tersebut. Padahal ini sangat penting mengingat hasil laporan pemeriksaan tidak di tindaklanjuti, apalagi Sumsel termasuk dalam salah satu provinsi yang miskin" Katanya.

Ditambahkannya, "Kemudian pihaknya menuntut DPRD Provinsi Sumsel untuk memberikan sikap ke SKPD yang tidak menindak lanjuti hasil Pemeriksaan BPK tersebut untuk meningkatkan fungsi legislasi terlebih ke APBD untuk menghindari hal-hal yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan" Imbuhnya.

Angga menuturkan, pihaknya bakal menindaklanjuti permasalahan ini kepada yang bewenang dan bertanggungjawab, setelah itu massa membubarkan barisan dengan tertib dengan membawa kekecewaan," tuturnya.

Sementara itu, Kasubag Aspirasi DPRD Sumsel, Selvia mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas aspirasi yang telah diberikan, kami akan melaporkan prihal tersebut kepada pimpinan," tukasnya. (Ril/Red)