Gemilang Terkini

Senin, 25 Januari 2021

22.31

Kodim 0404 Muara Enim Bedah Rumah Saonah

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Saonah (76) kini sudah dapat tidur tenang dan tidak khawatir lagi dengan bocor jika hujan menerpa rumahnya. Rumah reot miliknya dulu kini sudah dibedah oleh Komando Distrik Militer (KODIM) 0404 Muara Enim. Rasa bahagia Zawawi tidak bisa ia sembunyikan. Ungkapan syukurnya tampak jelas terpancar dari wajah dan tetes air mata pertanda doa kecil yang ia panjatkan kepada sang Illahi terkabulkan.

Saonah (76) terpilih sebagai penerima program bedah rumah dari lembaga militer di Muara Enim bernama Kodim 0404. Sontak Saonah (76) dan seluruh anggota keluarga penghuni rumah kecil itu langsung sujud syukur saat itu juga ketika salah seorang petugas menyampaikan berita bahwa rumahnya akan dibedah. 

Untuk diketahui, Program bedah rumah Kodim 0404 Muara Enim bukan kali ini saja dilakukan di wilayah teritorialnya. Puluhan bahkan belasan sudah rumah tidak layak huni yang sudah berhasil di bedah oleh pemilik korps loreng itu. 

Untuk yang kesekian kalinya rumah milik Saonah (76), warga kelurahan gelumbang, kabupaten muara Enim yang mendapat program bedah rumah. Acara Penyerahan kunci rumah sendiri dilakukan secara langsung oleh Dandim 0404 muara Enim melalui Danramil 404-01 Gelumbang, Kapten Arh Mardin, SE pagi tadi, Selasa (26/01/2021). 

Pantauan awak media proses penyerahan kunci tampak diwarnai isak tangis bahagia saat Danramil 404-01 Gelumbang, Kapten Arh Mardin, SE didampingi unsur muspika Gelumbang seperti Kapolsek Gelumbang yang diwakilkan Kanit Binmas Iptu Harahap, Camat Gelumbang Syarkowi S.Sos, Lurah Gelumbang Lismarama Warni S.E dan Tokoh Masyarakat Gelumbang menyerahkan kunci rumah tersebut kepada Saonah. 

Dalam sambutannya, Dandim 0404 Muara Enim melalui Kasdim 0404 Muara Enim Mayor Inf Sugeng Mengucapkan terimakasih kepada masyarakat setempat serta para donatur yang telah membantu kegiatan program bedah rumah tersebut.

"Kami juga berterimakasih kepada seluruh anggota Koramil 404-01 Gelumbang yang telah melaksanakan pembangunan rumah Ibu Saonah, sehingga rumah tersebut sudah bisa di tempati, dan menjadi rumah yang layak huni," ungkapnya.

Saonah yang merupakan penerima program bedah rumah mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0404 Muara Enim, Koramil 404-01 Gelumbang, dan pihak-pihak yang terkait yang telah membantu program bedah rumah.

 Dengan adanya program bedah rumah tersebut katanya bisa membantu masyarakat kurang mampu dan menjadikan rumah yang selama ini tidak layak huni menjadi layak huni.

Sekali lagi saya mengucapkan banyak ribuan terimakasih kepada Dandim 0404 Muara Enim dan seluruh anggota Koramil 404-01 Gelumbang yang selama 40 hari telah membangun rumah saya, dan para tetangga serta pihak-pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan terkhusus para donatur. Sejujurnya kebaikan saudara tidak bisa saya balas. Biarlah Allah SWT yang membalaskannya kepada saudara sekalian" pungkasnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Camat Gelumbang Syarkowi S.Sos mengapresiasi langkah dan tindakan nyata yang dilakukan oleh Kodim 0404 Muara Enim. Kontribusi nyata ini sangat membantu pemerintah daerah mewujudkan harapan warga kurang mampu mendapatkan rumah layak huni.

“Kami memberi apresasi yang setingi-tingginya kepada Kodim 0404 Muara Enim atas awal yang baik ini, sehingga Kodim dapat membantu Pemda sebagai pekerja social. Sinergi antara pemerintah daerah dan Lembaga lainnya tentu ini baik untuk membangun dan memberdayakan masyarakat yang kurang mampu sehingga menjadi lebih maju dan sejahtera. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih" tegas PLT Camat Gelumbang. (Nil/Red)
06.38

Dukung Gerakan Wakaf Uang, Rumah Zakat Luncurkan waqf.id

BANDUNG, gmjnews.co.id- Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam memasifkan Gerakan Nasional Wakaf Uang, Rumah Zakat meluncurkan waqf.id, sebuah platform yang memudahkan umat muslim menunaikan wakaf uang secara daring. Kehadiran waqf.id diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatan kesadaran berwakaf, terutama bagi generasi muda.

Menurut data Badan Wakaf Indonesia (BWI), wakaf uang yang terkumpul sampai tahun 2020 mencapai Rp391 miliar. Padahal potensi wakaf per tahun mencapai Rp180 Triliun. Hal ini disebabkan oleh minimnya literasi, tata kelola, portofolio wakaf, hingga kemudahan cara berwakaf. Padahal wakaf uang memiliki peran penting yakni dapat digunakan untuk pengolahan aset wakaf untuk kegiatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, membantu UMKM, hingga mengurangi belanja pemerintah.

“Kami berharap waqf.id menjadi sarana yang memudahkan generasi muda dalam berwakaf secara online. Kami akan terus mengembangkan waqf.id  ini sehingga dapat menjadi platform yang semakin mudah penggunaannya dan juga terjamin transparansi penggunaan dana wakafnya,” tutur CEO Rumah Zakat Nur Efendi.

Dengan waqf.id, umat muslim dapat membayar wakaf melalaui beragam cara, anatar lain transfer antar rekening, virtual account, kartu kredit, hingga, e wallet. Selain itu di masyarakat pun dapat melihat laporan penggunaan dana wakaf di waqf.id.

Sejak dua tahun lalu, Rumah Zakat meluncurkan gerakan Gelombang Wakaf sebagai upaya mengedukasi masyarakat Indonesia. Caranya dengan melakukan roadshow Gelombang Wakaf di 28 kota 18 provinsi di Indonesia, serta merilis konten wakaf di sosial media, serta penerbitan buku 101 Tanya Wakaf.

Di tahun 2020, dari dana wakaf Rumah Zakat telah mengelola 95 sumber air, 20 masjid, 9 madrasah, kebun kelapa aromatic, pabrik penyulingan cengkeh, rumah kontrakan, mini market, kebun sayur, lumbung pangan, peternakan domba, hingga wakaf saham. “Di tahun 2021 ini, kami akan membangun sekolah dan juga rumah sakit dari dana wakaf uang. Semoga dana wakaf dapat semakin teroptimalkan untuk membangkitkan perekonomian negara kita,” ungkap Nur Efendi. (Medi RZ)

Sabtu, 23 Januari 2021

05.06

DPD Partai Gelora Indonesia OI Gelar Konsolidasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna memperkuat Struktur Kepengurusan, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Silaturahmi dan Konsolidasi terbatas bagi para Fungsionaris baik DPD maupun DPC, sabtu (23/01/2021)

Acara tersebut digelar di Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia Ogan Ilir, yang beralamat di jalan Tamyiz Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI.

Hariansyah, SH selaku ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI berharap kiranya kegiatan terbatas ini dapat memberikan pencerahan terhadap para fungsionaris partai dalam mengatasi kendala- kendala di lapangan.

"Saya berharap agar seluruh fungsionaris baik DPD maupun DPC dapat bergerak cepat dalam pemenuhan struktur kepengurusan sampai kepengurusan yg paling bawah. Agar semua target yg telah disepakati dapat terealisasi dengan baik, sehingga dapat mengembangkan sumber daya manusia yg dimiliki" Kata Hariansyah.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Azwari. B, S.E  mengatakan acara ini bertujuan untuk memperkuat dan mengevaluasi program kerja serta melihat sejauh mana target-target yang telah dilaksanakan.

"Semoga semua agenda bisa berjalan dan tercapai sebagaimana amanat dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia yang juga berlaku bagi seluruh pengurus DPD/DPC Partai Gelora Indonesia Se-Sumatera Selatan" Ujarnya. (Azw/Red)

Kamis, 21 Januari 2021

01.23

Rumah Zakat Action Salurkan Logistik untuk Warga Sungai Lulut Dalam Simpang Layang Banjarmasin


BANJARMASIN, gmjnews.co.id- Sejak beberapa hari terakhir, banjir besar melanda puluhan warga Sungai Lulut, tepatnya di jl. Veteran Sungai Lulut Dalam, Desa Simpang Layang, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Puluhan warga yang terdampak mengalami kesulitan mendapatkan makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Mendengar hal tersebut, Tim Rumah Zakat Action sigap melakukan asessment, untuk selanjutnya  dilakukan pendistribusian bantuan. 

Sesuai informasi yang di dapatkan tim Relawan, bantuan terdesak berupa Makanan siap saji, Disapers, dan Air Mineral.
 
Selanjutnya, Tim Rumah Zakat Action mendistribusikan bantuan logistik berupa Makanan Siap Saji, Sembako, Disapers, dan Air Mineral untuk penyintas Banjir, Rabu (20/01/2021) kemarin

Dalam distribusinya, Tim Rumah Zakat Action menggunakan perahu kayu (jukung) untuk memudahkan dalam mengangkut Logistik dari titik terakhir armada mobil ke titik lokasi distribusi.

Minimnya perahu karet tidak menyurutkan semangat relawan dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir. Tim Relawan justru menyempatkan diri mengunjungi para pengungsi yang berada di Masjid Al-Ikhlas. 

Seorang pengungsi Desa Simpang Layang, Rohani merasa senang atas kedatangan tim relawan yang telah memberikan bantuan untuk para korban banjir. 

"Senang sekali bisa dikunjungi oleh Tim Rumah Zakat Action, semoga bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban para korban," tutur Rohani.

Mari terus bergerak bantu bersama. (Medi RZ)

01.10

KPU OI Gelar Pleno Terbuka Penetapan Paslon Bupati Terpilih Pilkada 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di halaman Kantor KPU Ogan Ilir (OI) hari ini, Kamis (21/01/2021) KPU OI menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten OI hasil pilkada tahun 2020.

RapatPleno diawali dengan mendengarkan sambutan KPU Sumsel diwakili Plt KPU Sumsel, Amrah Muslimin, SE, MSi, mengingatkan segenap komisioner KPU untuk tetap mentaati prokes Covid 19 dalam melaksanakan tugas.

"Hari ini merupakan tahapan akhir pilkada, khususnya di Ogan Ilir, kami mengapresiasi suasana kondusif, dan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat dan komponen aparat penegak hukum, TNI Polri yang telah bekerja secara maksimal" Kata Amrah Muslimin.

Dikatakan Amrah Muslimin, kepada Paslon Bupati Ogan Ilir terpilih, dirinya juga mengingatkan agar komitmen memenuhi janji politik saat kampanye.

"Pada saatnya media akan mengingatkan apa yang pernah diucapkan, dan masyarakat akan menagih dan berharap janji-janji politik tersebut untuk terealisasi, karena masyarakat Ogan Ilir sangat berharap Ogan Ilir akan lebih baik dan sejahtera lahir batin" Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, diwakili Asisten IV, Drs Lukmansyah mengatakan, mengucapkan selamat kepada Paslon Bupati OI terpilih Panca-Ardani, dan mengatakan kedepan seluruh ASN Ogan Ilir siap mendukung kebijakan Bupati dan Wabup OI agar Ogan Ilir  lebih baik lagi kedepan.

Lebih lanjut Lukmansyah membacakan sambutan Bupati Ogan Ilir antara lain berisi apresiasi kepada segenap elemen masyarakat Ogan Ilir dan segenap komponen aparat penegak hukum TNI Polri, terlebih lagi kepada KPU dan Bawaslu sebagai pelaksana Pilkada telah sukses menghasilkan pilkada terpilihnya Paslon Bupati dan wakil Bupati Ogan Ilir lima tahun kedepan.

Ketua KPU OI, Dra Massuryati didampingi segenap Komisioner KPU Ogan Ilir, Plt KPU Sumsel Amrah Muslimin SE, MSi dan sekretaris KPU Sumsel  memimpin langsung Pleno terbuka penetapan Paslon terpilih Bupati dan wakil Bupati Ogan Ilir tahun 2020.

Pleno dapat dilaksanakan setelah menerima keterangan bahwa Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih tidak teregister di MK, sehingga sesuai dengan UU dan tahapan pemilu yang ada hari ini Kamis 21 Januari 2021 pleno penetapan dapat dilaksanakan.

Massuryati juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat dan komponen penegak hukum yang telah bekerja dengan baik dan maksimal.

Pleno terbuka dilengkapi dengan membacakan tata tertib Pleno penetapan Paslon Bupati dan wakil Bupati terpilih untuk ditetapkan sebagaimana UU KPU yang berlaku.
Ketua Bawaslu Ogan Ilir, D Iskandar mengingatkan tatib pleno yang tidak masukkan ditaatinya prokes Covid 19 untuk ditetapkan dan dimasukkan dalam tatib pleno ini.

Hadir Bupati Ogan Ilir diwakili Asisten IV Drs Lukmansyah, Paslon terpilih Bupati dan wakil Bupati Ogan Ilir hasil pilkada 9 Desember 2020, Panca Wijaya Akbar Mawardi, SH-H Ardani, SH.MH, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandy, Dandim 0402 OKI-OI, Letkol Inf Zamzowi, Kajari Ogan Ilir diwakili Kasi Intel, Ketua Bawaslu Ogan Ilir, D.Iskandar dan jajarannya, segenap OPD, Muspida dan Pimpinan Parpol Kabupten Ogan Ilir. (Emi/ Red)

Jumat, 15 Januari 2021

02.31

SIT Mufidatul Ilmi dan Rumah Zakat Jalin Sinergi Pengelolaan ZIS


BANYUASIN, gmjnews.co.id- Bertempat di Halaman SIT Mufidatul Ilmi Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Rumah Zakat dan Yayasan Mufidatul Ilmi melakukann Penandatanganan MoU Pengelolaan Dana ZIS, Jum'at (15/01/2021).

Ketua Yayasan Mufidatul Ilmi Alex Sander, S.Pd, M.Pd  melalui Kepala SMPIT Mufidatul Ilmi Desab Romadhona, S. Pd, Ec mengatakan bahwa sinergi ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak orang tua wali murid untuk menunaikan zakat, infak dan zakat.

“Kita berharap pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah dengan menggandeng Rumah Zakat berdampak positif bagi kita. Apalagi rumah LAZ yang sudah bagus baik kelembagaan maupun brand”, ujar Desab. 

Ia juga berharap, kedepananya Rumah Zakat dan Mufidatul Ilmi bisa melakukan edukasi tentang zakat, infak dan sedekah kepada orang tua atau wali murid melalui kegiatan. MoU ini juga disaksikan oleh Mutiara Rahma, S.Pd, MM sebagai kepala SDIT Mufidatul Ilmi.

“Bersama dan berupaya menjalin sinergi dengan berbagai elemen masyarakat salah satunya Rumah Zakat guna bisa memaksimalkan penghimpunan dan penyaluran Dana ZIS. Nantinya dana ini akan kita lakukan penyaluran kepada yang berhak dan membutuhkan” tambah Mutiara.

Sementara itu, Sulaiman Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan menyampaikan bahwa, Rumah Zakat hadir untuk kebahagiaan Bersama.

“Diera digital ini kita harus sinergi kolaborasi, salah satunya dengan Yayasan Mufidatul Ilmi dengan tujuan penghimpunan ZIS maksimal dan banyak Masyarakat terutama di ring 1 terbantu agar berdaya,” tutup Sulaiman. (Medi RZ)

Rabu, 13 Januari 2021

04.20

3 Tahun Pemberdayaan Rumah Zakat di Desa Rejojadi, Ramah Lansia Menjadi Program Unggulan


GMJNews.co.id- suasana yang adem dihari ini karena sedari pagi sampai sore ini Rahmat Allah berupa hujan terus membasahi bumi Rejodadi. Tetapi tidak mengurangi semangat sedikitpun bagi ibu - ibu Lansia Desa Rejodadi untuk hadir dalam pengajian rutin yang diadakan sebulan sekali oleh Rumah Zakat. Dalam kegiatan ini terdiri dari Pembacaan Yasin secara berjama'ah, Tausiyah agama dan Do'a Bersama, Selasa (12/1/2021) kemarin.

Pada kesempatan hari ini untuk Yasin dan Do'a bersama disampaikan oleh Bapak Sukiman sebagai tokoh agama Desa Rejodadi sedangkan Tausiyah Agama disampaikan Langsung oleh Ustadz Heri Sumardi sebagai Fasilitator Desa Rejodadi.

Dalam tausiyahnya Heri Sumardi menyampaikan tentang curahan rahmat Alloh dan Bekal Menuju Akhirat. 

Mendampingi Mereka menjadi pengingat diri untuk senantiasa Istiqomah dalam kebaikan dan terus meningkatkan ibadah kepada Alloh SWT, agar surga menjadi tempat persinggahan yang abadi. 

Selain Ramah Lansia, program yang telah berjalan seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan ternak lele. (Medi RZ)

Senin, 11 Januari 2021

02.22

Rumah Zakat Action Bantu Proses Evakuasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182

BANDUNG, gmjnews.co.id– Sejak Kabar jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Sabtu (9/1) kemarin, Relawan Rumah Zakat Action langsung bergabung dengan SAR gabungan yang dikomandoi BNPP (Basarnas) di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok untuk bersiaga melakukan evakuasi dan indentifikasi barang dari pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Dalam aksi siaga itu, Rumah Zakat Action menurunkan 10 relawan, mendirikan tenda logistik berupa Pos Hangat, Pos Segar, memberikan support logistik serta menurunkan tim evakuasi.

Di tempat berbeda, tepatnya di Gedung Utama Posko Crisis Center Sriwijaya SJ182 Bandara Supadio, Pontianak, Tim Rumah Zakat Action juga menurunkan 8 relawan serta mendirikan layanan Pos Segar dan Pos Hangat yang diperuntukan kepada para petugas serta keluarga korban yang masih menunggu perkembangan informasi terkait keberadaan anggota keluarga mereka yang menjadi penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Selain itu, beberapa kebutuhan mendesak saat ini sangat diperlukan guna mendukung proses aksi siaga yang dilakukan oleh Relawan Rumah Zakat Action. Kebutuhan tersebut diantararanya logistik, vitamin, armada ambulan, obar-obatan, penyelam, tenda, pemanas air, terpal, medical kit, galon, dispenser serta kompor gas.

“Hingga masa evakuasi selesai, Relawan Rumah Zakat akan terus membersamai tim gabungan, dengan 4 fokus aksi yaitu Evakuasi, Pendirian layanan pos untuk para petugas, menyiagakan armada ambulan dan support logistic evakuasi” Ujar Izzatul Yazid, Koordinator Relawan Rumah Zakat Pusat. (Medi RZ)

Minggu, 10 Januari 2021

22.21

Pembangunan Pintu Air di Desa Ulak Aurstanding Diresmikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan Program Pemerintah Pusat yakni Program Dana Keserasian Sosial dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir (OI), akhirnya pembangunan Pintu Air yang berada di Desa Ulak Aurstanding Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten OI selesai dan diresmikan.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala Desa Ulak Aurstanding Kecamatan Pemulutan Selatan OI Sumardi, menurutnya untuk pembangunan pintu air tersebut telah selesai dan bisa mengaliri ke 15 Desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan.
"Pembangunan pintu air tersebut sudah selesai dilaksanakan dan juga telah selesai diresmikan, kepada pemerintah pusat khususnya kementrian sosial melalui dinas sosial ogan ilir saya selaku Kades mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan" Kata Kepala Desa Ulak Aurstanding Sumardi, Senin (11/1/2021).

Dikatakannya, "Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu, semoga apa yang telah kita lakukan menjadi amal ibadah tuk kita semua, sehingga dengan adanya pembangunan pintu air ini bisa bermanfaat untuk kita semua" Imbunhya.

Salah satu warga Desa Ulak Aurstanding M. Teguh mengaku bangga dan juga bersyukur sekali dengan adanya pembangunan pintu air tersebut, dan semoga membawa manfaat bagi warga sekitar dan juga warga yang lain.

"Jujur saya selaku masyarakat selain bangga juga sangat bersyukur sekali, karena desa kami bisa mendapat program tersebut, dan semoga dengan  adanya pembangunan pintu air ini bisa membantu warga sekitar dan juga bermanfaat bagi warga desa yang lain" Harapnya.

Sementara itu, Camat Pemulutan Selatan Haroman mengatakan bahwa Program pembangunan pintu air yang ada di Desa Ulak Aurstanding merupakan Program Pusat yakni dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir.

"Ini merupakan program keserasian sosial dari kementrian sosial melalui dinas sosial ogan ilir, dan Alhamdulillah untuk di Kecamatan Pemulutan Selatan ada dua Desa yang mendapat Program ini yakni Desa Pematang Bungur dan Desa Ulak Aurstanding" Ujar Camat.

Ditambahkannya, "Semoga dengan adanya program ini bisa bermanfaat, dan juga diharapkan dengan adanya pintu air ini bisa dirasakan semua warga yang ada di desa ulak aurstanding dan juga desa yang lain, nantinyan bangunan tersebut tolong dijaga, karena itu untuk kepentingan kita bersama" Pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Irawan Sulaiman melalui Kasi Yusmiarti mengatakan bahwa, pembangunan pintu air yang ada di Desa Ulak Aurstanding ini merupakan program keserasian sosial dari Kementrian Sosial, melalui Dinas Sosial Ogan Ilir.

"Alhamdulillah, untuk program keserasian sosial dari kementrian sosial semuanya berjalan dengan lancar, dan juga kami minta tolong agar apa yang sudah dibangun tolong dijaga sebaik mungkin sehingga bisa bermanfaat untuk semua warga" Harapnya. (Red)

20.03

Rehab Masjid Al-Muhajirin Desa Pematang Bungur Selesai

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bersumber dari dana Program Keserasian Sosial dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir (OI), akhirnya rehab masjid Al-Muhajirin yang berada di Desa Pematang Bungur Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten OI selesai direhab dan diresmikan.

"Ya, Alhamdulillah telah diresmikan Masjid Al-Muhajirin yang telah di rehab dari program Keserasian Sosial dari kementrian sosial melalui dinas sosial kabupaten Ogan ilir saat ini sudah selesai" Kata Kepala Desa Pematang Bungur Boy Sandi, S.Pd, Senin (11/1/2021).
Dikatakan Boy, bahwa program keserasian sosial ini merupakan program pemerintah pusat yakni dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Ogan Ilir, dan proses rehab sendiri sudah berjalan beberapa bulan yang lalu.

"Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu, semoga apa yang telah kita lakukan menjadi amal ibadah tuk kita semua, sehingga dengan adanya rehab masjid ini kita semua bisa lebih nyaman lagi dalam beribadah" Imbunhya.

Salah satu warga Desa Pematang Bungur Arohman mengaku bangga dan juga bersyukur sekali dengan adanya perehaban masjid Al-Muhajirin tersebut.

"Jujur saya selaku masyarakat selain bangga juga sangat bersyukur sekali, karena desa kami bisa mendapat program tersebut, dan semoga dengan  sudah direhabnya masjid Al-Muhajirin ini warga sekitar bisa lebih meningkatkan ibadah" Harapnya.

Sementara itu, Camat Pemulutan Selatan Haroman mengatakan bahwa Program rehab masjid yang ada di Desa Pematang Bungur merupakan Program Pusat yakni dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir.

"Ini merupakan program keserasian sosial dari kementrian sosial melalui dinas sosial ogan ilir, dan Alhamdulillah untuk di Kecamatan Pemulutan Selatan ada dua Desa yang mendapat Program ini yakni Desa Pematang Bungur dan Desa Ulak Aurstanding" Ujar Camat.

Ditambahkannya, "Semoga dengan adanya program ini bisa bermanfaat, dan juga diharapakan masjid yang sudah direhab tersebut tolong dijaga, karena itu untuk kepentingan kita bersama" Pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Irawan Sulaiman melalui Kasi Yusmiarti mengatakan bahwa, perehaban masjid yang ada di Desa Pematang Bungur ini merupakan program keserasian sosial dari Kementrian Sosial, melalui Dinas Sosial Ogan Ilir.

"Alhamdulillah, untuk program keserasian sosial dari kementrian sosial semuanya berjalan dengan lancar, dan juga kami minta tolong agar apa yang sudah dibangun tolong dijaga sebaik mungkin sehingga bisa bermanfaat untuk warga dalam beribadah di masjid" Harapnya. (Red)

Sabtu, 09 Januari 2021

23.15

Relawan Siagakan Pos Segar Di Posko Utama Crisis Center Sriwijaya Air SJ 182

GMJNews.co.id- Hari kedua pasca jatuhnya pesawat sriwijaya SJ 182 di perairan pulau seribu. Relawan rumah zakat buka pos segar untuk keluarga korban yang sedang menunggu berita perkembangan terkait jatuhanya sriwijaya air di posko utama crisis center bandara supadio Pontianak. 

Selain untuk keluarga korban, pos segar ini juga di sediakan untuk para petugas gabungan yang sedang berada di posko utama crisis center. 

Relawan siapkan dua titik pos segar, yaitu di dalam dan di luar area gedung posko utama crisis center bandara supadio pontianak. "Terimakasih kepada relawan rumah zakat yang sudah support pos segar di posko crisis center ini" ungkap bapak Nuril huda selaku manajer bandara supadio pontianak. (Medi RZ)

Kamis, 07 Januari 2021

04.04

Sidang Paripurna Istimewa HUT Ogan Ilir Ke 17 Berlangsung Khidmat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini karena dalam masa pandemi covid-19 peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertempat digedung DPRD Kabupaten Ogan ilir digelar Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Peringatan hari jadi kabupaten Ogan Ilir ke 17 tahun berlangsung Khidmat, Kamis (7/1/2021).

Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS SH didampingi Wakil Ketua DPRD OI Ahmad Syafei Ssos Msi, ini dilaksanakan sangat berbeda dan sederhana mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang lebih mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Rapat paripurna istimewa DPRD OI tersebut diselenggarakan secara langsung dan daring melalui media teleconference, yang disiarkan ke sejumlah perkantoran dan 16 kecamatan di OI. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam,  Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten OI, Forkopimda, Sejumlah Kepala SKPD Pemkab OI. 

Nampak terlihat pula hadir Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021- 2025 Panca Wijaya Akbar dan Ardhani, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Pimpinan Perguruan Tinggi, TP PKK OI beserta Pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten OI Beserta Pengurus, Camat dan Kepala Desa baik yang menghadiri secara langsung ataupun virtual.

Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua DPRD OI Soeharto SH dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Dalam sambutannya Bupati menuturkan bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, selama kepemimpinannya Kabupaten OI telah mendapatkkan sejumlah prestasi dan pencapaian yang membanggakan baik ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten. Pada pelaksanaan pembangunan sampai akhir 2020 dipaparkan terdapat juga indikator-indikator pembangunan yang mengalami peningkatan.

"Atas nama pribadi dan jajaran pemerintahan Kabupaten  OI, saya sampaikan permohonan maaf apabila selama ini masih terdapat kekurangan dan penerapan kebijakan serta program pembangunan yang belum tercapai maksimal, apalagi Rapat Paripurna istimewa DPRD OI dalam rangka HUT OI ke 17 tahun yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan acara terakhir yang saya hadiri sebagai Bupati OI, dan saya juga mengucapkan selamat Hari Jadi OI ke 17 tahun, jadikan momen ini agar OI semakin maju terdepan di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati OI terpilih nantinya, dan diharapkan kepada seluruh masyarakat OI dapat mendukung program-program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Panca - Ardani" jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam arahan dan sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Ogan Ilir adalah kawasan penunjang ibukota provinsi Sumsel.

"Walaupun demikian Kabupaten Ogan Ilir yang sedang beranjak dewasa, kemajuannya tetap tidak ketinggalan dengan Kabupaten lain karena perencanaan pembangunannya selama ini nampak sangat matang, apalagi secara pelayanan administratif Komplek perkantoran kabupaten ini merupakan yang terbaik dengan kabupaten lain di Sumsel," ujarnya.

Gubernur menambahkan tinggal hanya perbaikan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakatnya yang butuh peningkatan.

Diakui memang jumlah anggaran APBD OI di bawah kepemimpinan Bupati HM Ilyas Panji Alam sudah sangat efisien penerapannya, namun masih kurang untuk membangun OI yang membutuhkan biaya tidak sedikit untuk itu Pemerintah provinsi Sumsel akan tetap selalu mendukung program kebijakan pembangunan yang akan di salurkan ke OI.

"Ada arahan Presiden RI terkait  pentingnya Vaksinasi Virus Covid19 untuk bisa di realisasikan nantinya di setiap daerah, karena kita ketahui bersama wabah ini membuat terganggu dan melemahkan seluruh aspek bidang pembangunan kita, mulai dari ekonomi, pendidikan sosialisasi terbatas, hingga pembangunan, namun Kabar tentang vaksinasi ini adalah harapan baru, dan seluruh kepala daerah dan masyarakat OI wajib mendukungnya," tegas Gubernur. 

Usai rapat paripurna istimewa DPRD OI ditutup, dilanjutkan dengan acara pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda syukur bersama dalam rangka peringatan Hari Jadi OI ke 17 tahun oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS SH, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, dan Gubernur Sumsel. (Red)
04.01

Pandemi Covid-19, Peringatan HUT Ogan Ilir Ke 17 Digelar Sederhana

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini karena dalam masa pandemi covid-19 peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bertempat digedung DPRD Kabupaten Ogan ilir digelar Sidang Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka Peringatan hari jadi kabupaten Ogan Ilir ke 17 tahun berlangsung Khidmat, Kamis (7/1/2021).

Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS SH didampingi Wakil Ketua DPRD OI Ahmad Syafei Ssos Msi, ini dilaksanakan sangat berbeda dan sederhana mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang lebih mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Rapat paripurna istimewa DPRD OI tersebut diselenggarakan secara langsung dan daring melalui media teleconference, yang disiarkan ke sejumlah perkantoran dan 16 kecamatan di OI. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam,  Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten OI, Forkopimda, Sejumlah Kepala SKPD Pemkab OI. 

Nampak terlihat pula hadir Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021- 2025 Panca Wijaya Akbar dan Ardhani, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama, Pimpinan Perguruan Tinggi, TP PKK OI beserta Pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten OI Beserta Pengurus, Camat dan Kepala Desa baik yang menghadiri secara langsung ataupun virtual.

Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua DPRD OI Soeharto SH dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Dalam sambutannya Bupati menuturkan bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, selama kepemimpinannya Kabupaten OI telah mendapatkkan sejumlah prestasi dan pencapaian yang membanggakan baik ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten. Pada pelaksanaan pembangunan sampai akhir 2020 dipaparkan terdapat juga indikator-indikator pembangunan yang mengalami peningkatan.

"Atas nama pribadi dan jajaran pemerintahan Kabupaten  OI, saya sampaikan permohonan maaf apabila selama ini masih terdapat kekurangan dan penerapan kebijakan serta program pembangunan yang belum tercapai maksimal, apalagi Rapat Paripurna istimewa DPRD OI dalam rangka HUT OI ke 17 tahun yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan acara terakhir yang saya hadiri sebagai Bupati OI, dan saya juga mengucapkan selamat Hari Jadi OI ke 17 tahun, jadikan momen ini agar OI semakin maju terdepan di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati OI terpilih nantinya, dan diharapkan kepada seluruh masyarakat OI dapat mendukung program-program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Panca - Ardani" jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam arahan dan sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Ogan Ilir adalah kawasan penunjang ibukota provinsi Sumsel.

"Walaupun demikian Kabupaten Ogan Ilir yang sedang beranjak dewasa, kemajuannya tetap tidak ketinggalan dengan Kabupaten lain karena perencanaan pembangunannya selama ini nampak sangat matang, apalagi secara pelayanan administratif Komplek perkantoran kabupaten ini merupakan yang terbaik dengan kabupaten lain di Sumsel," ujarnya.

Gubernur menambahkan tinggal hanya perbaikan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakatnya yang butuh peningkatan.

Diakui memang jumlah anggaran APBD OI di bawah kepemimpinan Bupati HM Ilyas Panji Alam sudah sangat efisien penerapannya, namun masih kurang untuk membangun OI yang membutuhkan biaya tidak sedikit untuk itu Pemerintah provinsi Sumsel akan tetap selalu mendukung program kebijakan pembangunan yang akan di salurkan ke OI.

"Ada arahan Presiden RI terkait  pentingnya Vaksinasi Virus Covid19 untuk bisa di realisasikan nantinya di setiap daerah, karena kita ketahui bersama wabah ini membuat terganggu dan melemahkan seluruh aspek bidang pembangunan kita, mulai dari ekonomi, pendidikan sosialisasi terbatas, hingga pembangunan, namun Kabar tentang vaksinasi ini adalah harapan baru, dan seluruh kepala daerah dan masyarakat OI wajib mendukungnya," tegas Gubernur. 

Usai rapat paripurna istimewa DPRD OI ditutup, dilanjutkan dengan acara pemotongan nasi tumpeng sebagai tanda syukur bersama dalam rangka peringatan Hari Jadi OI ke 17 tahun oleh Ketua DPRD OI Soeharto HS SH, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, dan Gubernur Sumsel. (Red)

Selasa, 05 Januari 2021

06.05

Jajaran Koramil 404-01 Gelumbang Syukuran HUT Kodam II/SWJ KE-75

Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka memperingati HUT ke-75 tahun Kodam ll/ Sriwijaya Koramil 404-0 Gelumbang beserta jajarannya melaksanakan doa bersama digelar di ruangan Koramil 404-01 Gelumbang pada Selasa (05/01/2021).

Turut hadir dalam doa bersama Komandan Koramil 404-01 Kapt Arh Mardin S.E, Batuud, dan seluruh Babinsa 404-01 Gelumbang.

Komandan Koramil 404-01 Gelumbang Kapt Arh Mardin S.E mengatakan bahwa hari ini walaupun suasana penyebaran covid-19 kita tetap melaksanakan do'a bersama dalam rangka HUT ke-75 tahun Kodam ll/ Sriwijaya dilaksanakan secara sederhana.

"Dengan memperingati HUT Kodam II/Swj, semoga Kodam II/Swj selalu jaya dan prajuritnya semoga selalu handal, propesional dan dicintai Rakyat," ucap Danramil kapt Arh Mardin S.E. (Anil)