Gemilang Terkini

Selasa, 31 Agustus 2021

02.49

81 Warga Desa Ketapang 1 Terima BLT DD Tahap 3

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di halaman rumah Kepala Desa (Kades) Ketapang 1 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan. Sebanyak 81 warga kurang mampu dan yang terdampak pandemi Covid-19 menerima Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021. 

Kepala Desa Ketapang 1 Yuliadi ketika diwawancarai mengatakan bahwa untuk penerima Bantuan Langsung Tunai ini sebelumnya berjumlah seratus tujuh puluh satu (171) Kepala Keluarga (KK).

"Berhubung ada yang mendapat bantuan lain seperti Bansos (BST), BPUM/UMKM
Jadi di kurangi menjadi delapan puluh satu (81) kepala keluarga yang menerima" Kata Yuliadi, Selasa (31/08/2021).

Ditambahkannya, "Adapun pembagian BLT DD kali ini untuk tahap ketiga, terhitung dari bulan Mei sampai bulan Agustus sebanyak empat bulan dengan jumlah perbulan tiga ratus ribu rupiah jadi total keseluruhan berjumlah satu juta dua ratus ribu rupiah. Dan semoga dengan adanya bantuan ini hendaknya masyarakat bisa bermanfaat bagi warga" Terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Bhabinkamtibmas Bripka Sazili ketika diwawancarai mengatakan bahwa sangat berterimah kasih kepada warga desa Ketapang 1 karena saat pembagian BLT DD ini tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Ya, untuk warga Desa Ketapang 1 terima kasih karena dalam pelaksanaan pembagian BLT DD ini mereka tetap mematuhi prokes dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak" Ujarnya.

Terpisah, salah satu warga (M) mengaku sangat bersyukur sekali dengan bantuan ini, setidaknya telah menolong perekonomian kami.

"Yang jelas terima kasih atas bantuan ini, karena saat-saat sekarang ini bantuan tersebut sangat diharapkan, apalagi saat sekarang kami memang terkena dampak dari pandemi Covid-19" Tukasnya. 

Hadir dalam pembagian BLT DD tersebut Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si atau yang mewakilinya, Bhabinkamtibmas Bripka Sazili, Pendamping Desa, serta perangkat desa yang ada di desa Ketapang 1. (Emi/Red)

Senin, 30 Agustus 2021

02.43

Kominfo dan Wartawan OI Bersinergi Bangun Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wartawan bagi Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Ilir (OI) merupakan mitra penyampaian informasi secara luas kepada publik.

"Kami terus membangun sinergi Kominfo dan wartawan di Ogan Ilir,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ogan Ilir Yohanes melalui Kasubag Komunikasi, Adam, Senin (30/08/2021).

Dikatakannya, penyampaian informasi melalui media apakah media cetak, elektronik dan media online sejauh ini telah berjalan baik.

"Penyampaian informasi dimaksud yakni informasi mendorong percepatan pembangunan. Kemudian, percepatan penanganan pandemi Covid-19 oleh Pemkab Ogan Ilir melalui Tin Gugus Tugas Covid-19. Wartawan di Ogan Ilir telah banyak memberikan kontribusi informasi untuk itu," terangnya.

Lebih jauh katanya, peranan wartawan sangat strategis dalam penyampaian informasi namun semuanya harus sesuai Kode Etik Jurnalistik. Sehingga terukur dan profesional

“Harapan kita bersama sinergi terus berjalan. “Saya mengapresiasi dan terima kasih atas kerja wartawan sebagai mitra Kominfo Ogan Ilir," tukasnya.

Sementara itu, Ketua  PWI Ogan Ilir, Yasandi mengaku terima kasih atas kunjungan pihak Dinas Kominfo ke kantor PWI, menurutnya ini langka yang baik dilakukan pihak Kominfo. 

"Mudah-mudahan hubungan baik wartawan dan Pemkab Ogan Ilir terus berjalan. Yang pasti, kita apresiasi kepada pihak Kominfo, dan ini menunjukan Kominfo sangata perhatian dengan kondisi awak media di zaman covid 19" singkatnya. (Red)

Minggu, 29 Agustus 2021

17.10

Rumah Zakat Bantu Korban Kebakaran Pondok Pesantren Hidayatullah

PALEMBANG, gmjnews.co.id-Relawan Rumah Zakat Action menyalurkan bantuan berupa SuperQurban, kompor gas, alat makan, gula, beras dan uang tunai ke lokasi kebakaran di pondok pesantren Hidayatullah yang beralamat di Jl. Pangeran Ayin Kenten Laut Palembang Sabtu (28/08). 

Korban terdampak kebakaran berjumlah 62 jiwa antara lain 42 santriwan dan santriwati, 10 relawan serta 10 tenaga pengajar. Untuk sementara, korban dari kebakaran tersebut mengungsi di ruang kelas, rumah tetangga dan ruang kantor. 
Meika salah satu staf Pengajar menceritakan bahwa kebakaran terjadi ketika shalat Dzuhur saat semua santri tengah shalat Dzuhur berjama'ah. Diduga kebakaran tersebut terjadi akibat konsleting listrik. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut

"Alhamdulillah, in shaa Allah barang yang diberikan sangat bermanfaat untuk kami" ucap salah Meika (39) salah seorang guru di ponpes Hidayatullah.
Tim relawan juga menjumpai para santri yang tengah ada di lokasi kebakaran yakni Ridho (13), Aldo (12) dan Akbar (12). "Kami sekarang tidur nya diruang kelas kak karena semua terbakar termasuk perpustakaan yang berisi buku dan Al-Qur'an, jadi sekarang kami tidak punya Qur'an lagi" ucap akbar dan teman-temannya. 

Saat ini Rumah Zakat masih membuka open donasi untuk Korban kebakaran Ponpes Hidayatullah. Bagi Sobat yang mau berdonasi bisa WA 085374149199. (Ril)

Sabtu, 28 Agustus 2021

06.21

Cegah Penyebaran Covid-19, Kodim 0402/OKI-OI Laksanakan Serbuan Vaksinasi TNI di Lapas Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Hasil koordinasi antara Lapas Tanjung Raja dengan Kodim 0402/Oki akhirnya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tanjung Raja menerima Vaksin Covid-19 alokasi TNI melalui Kodim 0402/Oki, Sabtu (28/8) bertempat di Ruangan serbaguna Lapas Tanjung Raja.
 
Lapas Tanjung Raja mengikutsertakan 300 WBP dalam kegiatan Vaksinasi tahap 1 tersebut, dengan menghadirkan 2 Tim Vaksinator dari Poskes Kodim Oki dan Puskesmas Tanjung Raja. Dengan jumlah penerima Vaksin sebanyak itu, penerapan protokol kesehatan tetap ditelakukan, salah satu kiatnya ialah pemanggilan WBP yang dilakukan secara bergilir supaya tidak terjadi penumpukan, adapun sistem Pemanggilan yang diterapkan ialah berdasarkan kamar hunian, hal ini dilakukan supaya tidak terjadinya kerumunan di tempat pelaksanaan Vaksinasi, serta untuk agar dapat menjaga jarak aman sesuai protokol kesehatan. 
 
Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni S.Sos menyampaikan “Kami sedang membantu pihak Lapas dalam upaya pencegahan, khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, agar mereka (WBP) dapat terhindar dari Virus Covid-19 terutama ketika berada di Lapas Kelas II A Tanjung Raja .” Ujar Zainuri.
 
Ditempat yang sama, Kepala Lapas Tanjung Raja, Ramdani Boy menyampaikan bahwa pelaksanaan Vaksin dapat berjalan lancar berkat adanya sinegritas dan komunikasi yang baik. “Pelaksanaan Vaksin dapat  berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama Poskes Kodim 0402/Oki dan Puskesmas Tanjung Raja yang intens dan koordinatif dalam persiapan sebelum pelaksanaan vaksin. Tentunya, pihak-pihak tersebut yang sangat membantu dalam pelaksanaan Vaksinasi ini dan semoga Tuhan membalas kebaikan kepada kita semua.” Ujar Ramdani.
 
Kalapas Kelas II A Tanjung Raja, Ramdani Boy di sela kegiatan rutinnya turut menyempatkan diri meninjau pelaksanaan vaksin, saat ditemui tim Humas Lapas Tanjung Raja Ramdani menyampaikan "Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak Kodim Oki yang telah terlibat, karena kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan tertib. Semoga terselenggaranya kegiatan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khusunya di wilayah Kabupaten Ogan Ilir." Tutur Ramdani.
 
Warga Binaan yang Lolos untuk pelaksanaan Vaksinasi berjumlah 300 orang WBP, dan sudah melalui lolos pada saat screening kesehatan yang dilakukan oleh tim Vaksinasi. Pelaksanaan Vaksinasi WBP tahap ke-II rencananya akan dilaksanakan Satu Bulan setelah pelaksanaan Vaksin pertama, yaitu pada hari Selasa, 28 september  2021. Pelaksanaan Vaksinasi berjalan dengan  aman dan tertib, dengan pengawasan dan pengamanan oleh Petugas Pengamanan dan Staff Lapas Kelas II A Tanjung Raja dibantu dari Babinsa Koramil  Tanjung Raja juga Anggota Intel Kodim 0402/OKI. (Ril/Red)

Kamis, 26 Agustus 2021

05.18

Jalan Simpang Talang Dukun Kecamatan Sungai Pinang Hingga Kecamatan Kandis OI Sudah Mulus


OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Masyarakat yang berada di Desa Simpang Talang Dukun Kecamatan Sungai Pinang dan  Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir (OI) hingga menuju ke perbatasan OKI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sangat bersyukur dengan adanya perbaikan ruas jalan yang berada di wilayahnya.

Betapa tidak ruas jalan mulai dari Simpang Talang Dukun Kecamatan Sungai Pinang hingga menuju ke Kecamatan Kandis saat ini kondisinya sudah bagus karena sudah diperbaiki dan juga sudah di aspal.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ogan Ilir Ruslan, ST, MT, MM ketika ditemui diruang kerjanya, kamis (26/08/2021), menurutnya jalan tersebut menggunakan dana APBD tahun 2021.
"Alhamdulillah, jalan yang dulu rusak, berlobang dan juga berlumpur kalau musim penghujan, saat ini kondisi jalan tersebut sudah diperbaiki, sehingga masyarakat sekitar sudah tidak lagi mengeluhkan kondisi jalan yang rusak" Kata Ruslan.

Ditambahkannya, "Insya Allah ke depan kita akan terus memperbaiki jalan yang memang sudah rusak parah, sehingga masyarakat tak lagi mengeluh soal jalan, dan juga aktifitas masyarakat sekitar dan juga pengguna jalan yang lain tidak lagi terganggu" Ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengendara sepeda motor ketika diwawancarai terkait jalan yang sudah diperbaiki mengaku senang dan sangat bersyukur sekali.

"Kami sangat senang dan sangat bersyukur sekali, karena jalan kami sudah diperbaiki, sudah bertahun-tahun jalan ini tidak diperbaiki dan sekarang Alhamdulillah sudah mulus" Katanya. (Di2/Red)

Rabu, 25 Agustus 2021

18.14

Partai Gelora Indonesia Targetkan Lolos Parlement Threshold

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Kendati partai baru, namun Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) mengaku sudah memiliki kader yang disiapkan untuk kompetisi Pilkada mendatang.

Hal ini yang disampaikan oleh Ketua Partai Gelora Indonesia Sumatera Selatan (Sumsel) Erza Saladin, yang mengatakan bahwa sudah mempersiapkan kader terbaik untuk memimpin daerah nantinya.

"Tentu ada kader yang kami persiapkan untuk menjadi Kepala Daerah. Tetapi sekarang kami lebih dulu fokus untuk lolos Parlementary Threshold dan menjadikan kader Gelora sebagai anggota legislatif di tiap levelnya" Kata Erza Saladin, Kamis (26/08/2021).

Untuk itu, kata Erza, bahwa ami fokus menjadikan Partai Gelora Indonesia lolos Parlementary Threshold dan menjadikan kader Gelora menempati posisi sebagai Aleg berbagai level.

"Dan suksesnya Arah Baru Indonesia sehingga terjadi kesepakatan para elit bangsa dan lainnya untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan lima besar dunia, baru nanti setelah Pileg dan Pilpres kita lanjutkan lagi bicara soal Pemilukada November 2024" Imbuhnya. (Ril/Red)

Senin, 23 Agustus 2021

05.12

Pemkab OI Akan Tertibkan Penambang Pasir Ilegal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan menertibkan tambang pasir ilegal yang ada di sejumlah wilayah di Kabupaten  Ogan Ilir. 

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, kepada awak media dijumpai usai mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Senin (23/8/2021).

“Sebenarnya sebelum ini kita bersama-sama pihak Polres dan DPRD Kabupaten Ogan Ilir sudah pernah melakukan penertiban. Di beberapa kecamatan sudah kita tertibkan, mungkin ini muncul lagi di kecamatan lain,”Kata Wabup OI Ardani.

Dijelaskannya, oleh karena itu, pihaknya akan menindaklanjuti lagi laporan yang masuk ke Pemkab Ogan Ilir dan kembali melakukan penertiban. Dan pada saatnya nanti, Pemkab Ogan Ilir akan memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada pelaku tambang pasir ilegal.

“Penertiban tetap dilakukan, namun aturan juga tetap ditegakkan. Kita akan mencarikan solusi terbaik nantinya seperti apa, sehingga semua pihak tidak ada yang merasa dirugikan,”Ujarnya.

Ditambahkannya, "Soal perizinan tambang pasir ilegal bukan kewenangan Pemkab Ogan Ilir. Untuk itu, kita akan melihat dulu aturan mainnya seperti apa, dan masyarakat akan diberikan solusi terbaik. (DS/Red)

01.13

DPD Partai Gelora Indonesia Silaturahmi Dengan KPU Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Kabupaten Ogan Ilir (OI) silaturahmi dengan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) OI, Senin (23/08/2021).

Kedatangan para pengurus Partai Gelora Indonesia tersebut disambut langsung oleh ketua KPU OI, para komisioner KPU OI, serta jajaran dari KPU OI.

Dalam sambutannya, Ketua KPU OI Massuryati mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para pengurus Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI atas kedatangannya di kantor KPU OI, dan juga Ketua KPU OI juga mengenalkan para komisioner KPU OI.

"Terima kasih atas kunjungannya, dari pengurus DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir, dan inilah para komisioner KPU Ogan Ilir, dan nantinya kami harapkan penyampaian maksud dan tujuan dari kedatangannya hari ini, dan nanti kita akan buka diskusi" Kata Massuryati.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten OI Muhammad Rofiq, mengucapkan terima kasih karena sudah menerima kami dari DPD Partai Gelora Indonesia OI, dan juga mengenalkan Partai Gelora Indonesia.

"Kami disini adalah partai baru, dan untuk sama-sama diketahui, pada 2024 nanti kita akan menuju pemilu legislatif, kurang lebih nanti kami akan datang lagi untuk satu tahun kedepan, yang jelas hari ini kami akan terus berkoordinasi, dan kami berharap kami partai gelora bisa ikut pemilu" Kata Muhammad Rofiq.

Dijelaskannya, sama-sama kami sampaikan bahwa partai gelora di seluruh indonesia sudah mempersiapkan diri guna menyongsong pemilu pada 2024 nanti.

"Nantinya kami akan terus berkoordinasi terkait apa saja yang akan dan perlu dipersiapkan sebagai persyaratan bagi kami untuk mengikuti pemuli pada 2024 nanti" Terangnya. 

Diakhir acara, Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Muhammad Rofiq, yang didampingi pengurus Partai Gelora Indonesia menyerahkan buku, cinderamata dari Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelora Indonesia sebagai. (Red)
00.54

Sebar Baliho dan Spanduk di Kota Palembang, Letho Sumsel Deklarasikan Erick Thohir Capres 2024

PALEMBANG, gmjnews.co.id-Sekolompok masyarakat mengatasnamakan Loyalis Erick Thohir Sumatera Selatan (Letho Sumsel) mendeklarasikan Erick Thohir, Menteri BUMN saat ini sebagai Calon Presiden 2024 di kota Palembang.

Ketua Letho Sumsel, Rachmat Hidayat menerangkan, saat ini pihaknya sudah bergerak turun ke warga mengkampanyekan Erick Thohir sebagai Calon Presiden Indonesia 2024, selain itu pihaknya juga sudah menyebar spanduk dan alat peraga kampanye lainnya di Kota Palembang.

"Kami berikhtiar mendukungnya dan mengawal Erick Thohir untuk maju dalam Pilpres 2024-2029, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan maksimal mengantarkan Bapak Erick Thohir sebagai Presiden di 2024 mendatang," kata Ketua Letho Sumsel, Rachmat Hidayat ke wartawan, Kamis (19/08).

"Salah satunya, karena Pak Erick sungguh-sungguh berjuang untuk rakyat, Kementerian BUMN lah yang paling menonjol dalam membantu negara, seluruh energi di BUMN di maksimalkan untuk mengatasi persoalan wabah pandemik covid-19 yang melanda Indonesia saat ini," terang Rachmat Hidayat.

Olehnya itu menurutnya, Menteri BUMN itu merupakan figur yang tepat meneruskan estafet kepemimpinan nasional dari Jokowi.

"Saat ini kami sedang menunggu instruksi Ketua Umum Letho di Pusat, dalam hal ini Ketum Anshar Ilo, agar gerak teman-teman di provinsi yang lain dapat seirama dalam kerja-kerja pencalonan Erick Thohir sebagai Presiden 2024," tandas Rachmat Hidayat. (Ril/Red)

Sabtu, 21 Agustus 2021

03.01

2046 KPM BPNT Terima Beras Bantuan PPKM

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bertempat di aula kantor camat Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), sebanyak 2046 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menerima beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sabtu (21/08/2021).

"Ya, hari ini ada sebanyak dua ribu empat puluh enam (2046) Keluarga Penerima Manpaat (KPM) BPNT penerima bantuan beras pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, disalurkan kepada keluarga penerima manfaat" Kata A Yani selaku TKSK Kecamatan Tanjung Raja ketika diwawancarai.

Dikatakan A Yani, untuk beras bantuan PPKM ini kita salurkan melalui desa masing-masing dalam wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang keseluruhannya ada lima belas desa dan empat kelurahan.

"Nantinya,masing-masing KPM BPNT akan mendapatkan beras satu karung yang kemasannya berisi 10 kilogram beras" Ujarnya. 

Sementara itu, Nahma salah satu warga dusun II Desa Sridalam Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas bantuan berupa beras yang telah diberikan.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya bantuan beras ini dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu masyarakat, apalagi dalam situasi pendemi seperti saat ini" Katanya. (Emi/Red)

Kamis, 19 Agustus 2021

05.54

Percha Leanpuri Putri Gubernur Sumsel Meninggal Dunia

PALEMBANG, gmjnews.co.id– Sumatera Selatan (Sumsel) berduka. Kabar mengejutkan itu datang dari Percha Leanpuri putri Gubernur Sumsel yang telah meninggal dunia, Kamis (19/8/2021), pukul 17.45 Wib setelah sempat dirawat intensif di RSHM Palembang beberapa hari.

Meninggalnya anak perempuan Gubernur Sumsel H Herman Deru itu diketahui dari dr Zen Ahmad, spesialis paru-paru RSMH Palembang. Sebelumnya kondisi Perca Leanpuri dikabarkan sempat membaik kata Kabag Humas Pemprov Sumsel Septriandi.

Dilansir dari Wikipedia, Percha Leanpuri lahir di Belitang, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatra Selatan, 24 Juni 1986 adalah seorang politikus Indonesia dan merupakan anggota DPD-RI periode 2009-2014, 2014-2015 dari Provinsi Sumatra Selatan (berhenti pada 2015 karena pencalonannya pada Pilkada 2015) dan Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Daerah Pemilihan Sumatra Selatan II fraksi Partai Nasdem. 

Ia merupakan anak perempuan pertama Gubernur Sumatra Selatan Periode jabatan 2018-2023 sekaligus mantan Bupati OKU Timur Herman Deru. Sekarang dirinya juga menjabat sebagai Ketua Umum PBI 2019-2024.

Namanya merupakan akronim dari Percampuran Lematang, Ogan, Way Umpu, Komering. Ia berasal dari keluarga yang melek politik karena hampir semua keluarganya berlatar belakang politisi.

Kakek dari Bapaknya adalah seorang pesirah di salah satu daerah Sumatra Selatan, tepatnya daerah Belitang. Kakek dari ibunya adalah mantan Wali kota Palembang yang menjabat selama dua periode (Drs. H. Husni M.M) sedangkan bapaknya adalah Gubernur Sumatra Selatan periode 2018-2023 sekaligus seorang mantan Bupati OKU Timur dua Periode H.Herman Deru. 

Pada umur 23 tahun, dirinya sudah terpilih sebagai DPD RI dari Provinsi kelahiran Sumatra Selatan dan menjadikannya sebagai Anggota DPD RI termuda periode 2009-2014. Ia merupakan istri dari Syamsuddin Isaac Suryamanggala.

Ia merupakan Anggota DPD RI untuk periode 2009-2014 dan 2014-2019. Ia pernah mengajukan diri menjadi calon Bupati OKU pada Pilkada Serentak tahun 2015 dan pernah dicalonkan sebagai calon ketua umum NasDem Provinsi Sumatra Selatan oleh Irma Chaniago.

Tahun 2018 dirinya didaulat oleh Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru S.H,.M.M sebagai Duta Literasi Provinsi Sumatra Selatan. Pada Pemilu tahun 2019, dirinya terpilih sebagai Anggota DPR RI daerah Pemilihan Sumatra Selatan II Fraksi Partai NasDem Selain berkarier di Bidang Politik, Percha sekarang berbisnis taksi Star Cab di Palembang dan Lubuk Linggau. (SM/Red)

Rabu, 18 Agustus 2021

23.56

Kapolres OI Pimpin Pelepasan 233 Paket Bansos Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sepekan sebelumnya mendistribusikan ratusan paket bantuan sosial (bansos), Polres Ogan Ilir hari ini kembali melepas bansos, Kamis (19/08/2021). 

Dipimpin Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, pendistribusian bansos ini diawali dengan apel pasukan. Setelah apel, secara simbolis Yusantiyo melepas ratusan paket bansos yang didistribusikan oleh petugas kepolisian. 

"Pekan lalu kami mendistribusikan 400 paket bansos. Hari ini kami kembali mendistribusikan bansos dari Bapak Kapolda Sumatera Selatan," kata Yusantiyo di Mapolres Ogan Ilir. 

Kali ini, sebanyak 233 paket bansos dibagikan kepada warga di enam kecamatan di Ogan Ilir. Pada kesempatan ini, Kapolres Ogan Ilir didampingi golongan pemuda dari berbagai organisasi dan lembaga diantaranya HMI, BEM Unsri, GP Ansor dan Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya atau Kompas. 

Yusantiyo mengungkapkan, pembagian bansos ini menindaklanjuti instruksi Presiden RI melalui Kapolri melalui Kapolda Sumatera Selatan. 

"Bahwa pemerintah turut berempati kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Tentunya sebelumnya juga sudah sering bantuan serupa diberikan," terang Yusantiyo. 

Dilanjutkannya, masyarakat yang mendapat bansos ini adalah mereka yang belum pernah mendapat bansos.

"Dan jumlah masyarakat penerima bansos ini sebelumnya sudah kami data. Setiap kepala keluarga (KK) mendapat bansos berupa 5 kilogram beras," terang Yusantiyo. 

Pucuk pimpinan Polres Ogan Ilir ini berharap kegiatan pembagian bansos ini dapat berlangsung sesuai harapan dan membantu meringankan beban warga terdampak Covid-19. 

Yusantiyo juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan. 

"Tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," tandasnya. (Ril/Red)

23.17

KUA Tanjung Raja Bagi Masker dan Vitamin

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Giat Sadar Protokol Kesehatan (Prokes) guna untuk mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga Protokol Kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) melibatkan unsur terkait turun ke pasar dan Terminal Tanjung Raja, guna untuk membagikan masker dan vitamin untuk memjaga imun tubuh, Kamis (19/08/2021).

Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raja Annahrir, S.Ag, M.Si, mengatakan bahwa KUA Kecamatan Tanjung Raja hari ini mengadakan kegiatan kesadaran Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai Penyebaran Virus Covid-19, yakni dengan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Raja untuk mematuhi 5M. 

Yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak , Menghindari kerumunan dan Mengurangi aktifitas yang tidak penting dan berdoa Kepada Allah SWT, dengan harapan Semoga Covid-19 dapat Sirna di negara yang kita cintai ini.

"Kita Menghimbau dan membagikan masker kepada masyarakat tanjung raja maupun petugas yang bekerja di transportasi juga pengunjung pasar yang belum memakai masker ataupun juga kita berikan vitamin sehingga imun tubuh terjaga dengan baik" Ujarnya.

Kapolsek Tanjung Raja diwakili Iptu Hamyunus Mengungkapkan dalam menanggulangi pemutusan mata rantai baik dari Kepolisian dan koramil sudah berjalan satu bulan dalam menertibkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Komandan Koramil Tanjung Raja Kapten Teguh Haryadi mengatakan sesuai Perintah Pimpinan untuk melaksanakan PPKM, melaksanakan kegiatan Progresif bersama Tim yang ada di Tanjung Raja ini.

"Alhamdulilah dengan adanya Pihak KUA untuk memperkuat Sosialisasi dengan Masyarakat untuk menumbuhkan Kesadaran Kepada masyarakat untuk mentaati Prokes" Kata Danramil. 

Sementara itu, Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi menyambut baik adanya Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pembagian Masker dan Vitamin untuk menjaga Imun Tubuh dan Memutus mata rantai Penyebaran Virus Covid-19.

"Sesuai dengan perintah dari Kementerian Agama wajib bakti sosial termasuk Komponen dari kecamatan harus ikut serta dalam hal penanggulangan pencegahan daripada Penularan Penyakit Korona ini" Pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Susanto S.Ag Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Ogan Ilir, Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi, Kapolsek Tanjung Raja diwakili Iptu Hamyunus, Danramil Kapten Teguh Haryadi, Puskesmas Tanjung Raja serta Satgas dari BPBD, serta Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dewi Kartika Sari. (Emi/Cel/Red)

Selasa, 17 Agustus 2021

20.56

Ratusan Narapidana Lapas Kelas IIA Mendapat Remisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 tahun 2021, ratusan narapidana Lapas Kelas IIA Tanjung Raja Ogan Ilir resmi mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman dari Presiden RI yang disampaikan langsung oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, Selasa (17/08/2021).

Diantara sekian ratus narapidana yang menerima remisi, dan dinyatakan bebas ada 2 orang diantaranya Ferianto (23) perkara bandar judi asal Tanjung pering dan Bambang irawan (28) warga Pali yang tersandung perkara Narkoba.

Dalam pesan singkatnya Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH menyampaikan Selamat Kepada yang mendapat remisi bebas, dan bupati juga mengucapkan selamat kembali kemasyarakat dan secepatnya dapat kembali berbaur dengan masyarakat seperti biasa.

"Ya, saya ucapkan selamat kembali kemasyarakat untuk yang bebas hari ini, berbaurlah dengan masyarakt seperti sedia kala, dan harapan saya masyarakat juga dapat menerima serta menyambut baik mereka tanpa membeda-bedakan mereka yang mantan warga binaan ini," Kata Bupati OI.

Terpisah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjung Raja, Ramdani Boy BCIP S.Sos M.Si mengungkapkan, sebanyak 502 orang dapat remisi. 

"Hari Ini ada 502 orang dapat remisi, jumlah narapidana yang dapat remisi ini sekitar 65 persen dari total keseluruhan. Ada 933 orang narapidana di Lapas Tanjung Raja," Katanya. 

Ditambahkannya, "Bagi narapidana yang mendapatkan remisi harus menjalani hukuman minimal 6 bulan hingga tanggal 17 agustus" Ujarnya. (Emi/Di2/Red)

Senin, 16 Agustus 2021

22.12

HUT RI Ke 76, Kecamatan Tanjung Raja Gelar Upacara Secara Virtual

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke 76 tahun 2021, kecamatan Tanjung Raja Gelar Upacara Bendera secara Virtual, dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Selasa (17/08/2021).

Dalam pelaksanaan kegiatan virtual tersebut dihadiri oleh seluruh Kades dan Lurah se Kecamatan Tanjung Raja, serta tamu undangan yang lain.

“Ya kami memang melakukan kegiatan memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia ( HUT RI ) dengan cara virtual dikarenakan Kecamatan Tanjung raja Kabupaten Ogan Ilir masuk dalam data zona merah Covid-19" Kata Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi

Ditambahkannya, "Kita juga menghimbau kepada seluruh lurah serta kades di Kecamatan Tanjung Raja agar dapat berikan himbauan kepada warganya agar jangan sampai ada penolakan terhadap pemakaman jenazah korban covid-19 agar dapat di makamkan dengan baik dan layak" Bebernya.

Sementara itu, Danramil 0402/02 Teguh Haryadi juga memberikan himbauan kepada seluruh unsur Pemerintahan Kecamatan Tanjung Raja agar terus pantau warganya yang terpapar covid-19 supaya dapat ditinjau langsung apakah masih sakit atau sudah sembuh.

"Diharapkan agar semua lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Tanjung Raja serta seluruh warga negara Indonesia agar terus memperhatikan bendera saka sang merah putih agar berkibar lebih layak jangan ada yang robek dan lusuh/kusam" Ujar Danramil. (Di2/Red)

Minggu, 15 Agustus 2021

21.02

Camat Tanjung Raja Bakal Siapkan Press Room

Foto: Camat dan Sekcam Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Demi untuk menunjang tugas profesi dari wartawan, dan sebagai bentuk kepedulian terhadap profesi wartawan, Camat Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan bakal siapkan Press Room untuk wartawan.

Hal tersebut yang dikatakan langsung oleh Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (16/08/2021), menurutnya, sebagai bentuk solidaritas untuk para wartawan dirinya akan siapkan press room untuk wartawan.

"Ya, insya Allah kita akan siapkan satu ruangan untuk para wartawan di kantor camat, jadi nantinya untuk wartawan yang sudah melakukan liputan di kantor camat bisa langsung ke ruangan, dan ruangan tersebut juga bisa digunakan para wartawan untuk mengirim berita, dan melepas penat setelah liputan" Kata Camat Tanjung Raja.

Dikatakannya, ruangan press room tersebut merupakan ruang camat yang lama, karena tidak terpakai, jadi kami sepakat dengan para Kades, untuk ruang tersebut dijadikan press room.

"Ruangan tersebut juga bisa digunakan untuk jumpa pers, jadi nantinya kalau ada kades, dan juga camat yang akan mengadakan jumpa pers maka ruangan tersebut bisa dimanfaatkan" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Semoga dengan adanya press room ini bisa bermanfaat bagi para wartawan, khususnya bagi para wartawan yang sering bertugas di wilayah Kecamatan Tanjung Raja, dan tolong untuk dijaga" Harapnya. (301)

Jumat, 13 Agustus 2021

07.41

Diduga Kepala UPTD Puskesmas Sungai Keli Jarang Ngantor, Bendera Merah Putih Sudah Tak Layak Masih Tetap Berkibar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Diduga Kepala UPTD Puskesmas Sungai Keli yang berada di Desa Sungai Keli Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan diduga jarang ngantor, ditambah lagi diduga pelayanan di Puskesmas tersebut Lumpuh dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan hanya ada satu orang pegawai saja di puskesmas tersebut dan juga ditambah lagi terdapat bendera merah putih yang tidak layak pakai lagi atau sudah robek namun masih tetap dikibarkan di halaman Puskesmas.
"Ya untuk puskesmas sungai keli ini memang seperti ini lah keadaannya pak yang datang bila hari Senin sampai Rabu biasanya banyak orang pegawai yang datang jika hari Kamis sampai Sabtu hanya satu sampai empat orang saja yang datang," Kata (Ui) pegawai penerima pendaftaran saat di wawancarai media ini jum'at (13/8/2021).

Dikatakannya, jika hari senin sampai rabu itu banyak yang datang dikarenakan ada dokter puskesmas ini yang datang kesini, untuk hari ini saya sendiri disini untuk yang lainnya ke posyandu didesa ketika namun ketika ditanya oleh awak media didesa mana, dirinya pun mengaku tidak tahu.

"Saya tidak tahu di desa mana pak, jika Jum'at dan sabtu biasanya yang datang hanya dua orang saja," Ujarnya 

Ditempat berbeda tidak jauh dari puskesmas itu menurut salah satu orang yang ditemui oleh awak media dimintai tanggapan terkait bendera robek yang masih dikibarkan dan juga terkait pelayanan puskesmas, warga masyarakat setempat sangat menyayangkan sekali tentang pelayanan puskesmas sungai keli ini dikarenakan pegawainya/perawatnya dan bidannya hanya satu dua orang saja yang datang jika hari biasa, sedangkan untuk kepala UPTD nya hanya datang biasanya hari Senin dan Kamis saja.

"Ya pak warga masyarakat disini sangat banyak yang mengeluh tentang pelayanan puskesmas ini karena pegawainya jarang datang, lihat saja oleh bapak bagaimana keadaannya, bendera merah putih saja sampai robek pada hal ini Bulan Agustus tidak lama lagi akan 17 Agustus mengenang dan mengingat jasa pahlawan, sering lalai UPTD Puskesmas ini," Ujar (li) dengan nada kesal.

Sementara itu, kepala UPTD puskesmas Sungai Keli Natralion, SKM, M.Kes ketika dihubungi via aplikasi WhatsApp nya mengatakan terkait itu, silahkan bapak tanyakan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) nya saja.

"Maaf pak saya tidak bisa menanggapinya, nanti bapak bisa tanya kepada Kadinkes, nanti kami ke satu pintu biar pak kadin yang menjelaskannya kepada bapak, saya lagi nyetir ini" Singkatnya. (Emi/Red)

Kamis, 12 Agustus 2021

07.28

Dukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba, BNNK OI Gelar Workshop

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di rumah makan PAS Indralaya, Badan Nasional Narkoba Kabupaten (BNNK) Ogan Ilir (OI) menggelar kegiatan workshop penguatan kepada insan media guna untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba, Kamis (12/08/2021).

BNNK OI dalam kegiatan tersebut juga menggandeng Ikatan Wartawan Online (IWO) Ogan Ilir serta Diskominfo OI untuk menjadi narasumber guna memberikan materi kepada puluhan awak media yang menjadi peserta.

Ketiga narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala BNNK OI AKBP. Irfan Irsanto, kemudian dari pihak Kominfo yang diwakili oleh Wahyudi selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik serta Ketua IWO OI Adiwinata, yang menekankan akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sebab, berdasarkan fakta di lapangan, narkoba sudah masuk ke seluruh lapisan masyarakat dengan tidak pandang bulu. Mulai dari TNI-Polri, ASN, artis, pengusaha hingga pelajar dan mahasiswa. Tak ketinggalan di beberapa tempat, sejumlah jurnalis pun ada yang ikut terpengaruh menjadi pengguna narkoba.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini semoga wartawan di Ogan Ilir dapat menghindarkan dirinya dari bahaya narkoba. Dan dengan ini juga saya mengajak untuk sama-sama mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat Ogan Ilir,” ujar Kepala BNNK OI, Irfan Arsanto.

Sedangkan Ketua IWO OI Adiwinata mengucapkan terimakasihnya kepada BNNK Ogan Ilir yang telah mengajak kami dalam mensosialisasikan anti penyalahgunaan narkoba ini. Juga berjanji, mendukung terciptanya kota tanggap ancaman narkoba, untuk membantu BNNK OI dalam menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan memanfaatkan media online masing-masing anggotanya.

“IWO Ogan Ilir siap berkontribusi dalam menekan dan mengurangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat,” ujar dia.

Sementara Gusti Ali selaku mantan Ketua PWI Ogan Ilir dan saat ini menjadi penasehat di organisasi tersebut, juga mendukung kegiatan yang digelar dan mengajak seluruh jurnalis di OI untuk menghindari barang haram tersebut, sehingga kreatifitas dalam menulis berita serta aktifitas sehari-sehari dan kesehatan diri tidak terganggu.

“Selain masyarakat pada umumnya, kita [jurnalis] juga rentan dengan pengaruh pemyalahgunaan narkoba. Untuk itu mari kita ciptakan jurnalis Ogan Ilir bersih dari narkoba,” ucap Gusti mengakhiri. (Emi/Red)

Minggu, 08 Agustus 2021

20.54

Polres Ogan Ilir Beri Penghargaan 17 Personel Sigap Tanggulangi Karhutla

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Polres Ogan Ilir memberikan penghargaan kepada para personel Polres dan Polsek jajaran yang sigap menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Wakapolres Kompol Hardiman mengatakan, penanganan dan pencegahan karhutla sejauh ini dilakukan secara intensif. 

"Hari ini kita memberikan penghargaan kepada para personel Polres Ogan Ilir, Polsek Indralaya dan Polsek Pemulutan yang berjibaku menanggulangi karhutla di wilayah kita ini," kata Hardiman saat apel penyerahan penghargaan di halaman Mapolres Ogan Ilir, Senin (9/8/2021). 

Adapun jumlah personel yang mendapat penghargaan sebanyak 17 orang. 

Mereka adalah Wakapolsek Pemulutan Iptu Ahmad Rosyidi, Kanit Provos Si Propam Polres Ogan Ilir Ipda Hulman Manurung, Kanit Turjawali Sat Samapta Ipda Rafirli, Kanit Gakkum Satlantas Ipda Agus Suparwanto, Banit Sat Samapta Aiptu Ettah Juliansyah, Bripka Andi Isnaini, Bripka Muhammad Rendy, Bripka Wawan Heriyanto. 

Kemudian ada Banit Gakkum Satlantas Bripka M. Rovino dan Briptu M. Toha, Banit Polsek Indralaya Bripka Hans Brilian dan Brigadir Nepri Aswiwin. 

Ps Kanit Provos Polsek Pemulutan Aipda Marwan Syarif, Banit Polsek Pemulutan Bripka Hendra dan Brigadir Muhammad Novan serta Banit Sium Briptu Imam Kodri dan Bripda M. Husen. 

Hardiman berpesan agar personel baik yang telah maupun belum menerima penghargaan, terus meningkatkan kinerja melayani masyarakat. 

"Semoga kinerja kita semua, baik program Polres dan Polsek jajaran, dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan capaian dan prioritas apa yang akan kita raih ke depannya," ucap Hardiman. 

Mewakili Kapolres Ogan Ilir, Hardiman juga berpesan agar terus meningkatkan kedisiplinan dan bekerja dengan tulus serta ikhlas. 

"Apalagi jelang HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia, mari kita semua mengobarkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Dan jangan lupa untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT," pesan Hardiman. 

Selain penghargaan penanggulangan karhutla, Polres Ogan Ilir juga memberikan apresiasi dalam kegiatan monitoring dan pelaporan situasi Covid-19. (Ril/Red)

18.21

Usai Meninjau Lokasi Kebakaran lahan, Bupati Ogan Ilir Tinjau Pemakaman Covid 19


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH bersama Kapolres Ogan ilir AKBP Yusantiyo Sandy dan Camat Indralaya, meninjau area pemakaman Covid 19, di Desa Tanjung Seteko, Indralaya. Rabu,(4/8/2021).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menjelaskan "Area pemakaman memiliki luas sekitar satu hektar.  Tempat pemakaman Umum (TPU) ini disediakan bagi warga yang menjadi korban Covid-19" Kata Bupati.

Ditambahkannya, "Adanya area pemakaman korban Covid-19 ini merespon adanya masyarakat Kab. Ogan Ilir yang meninggal terpapar Covid-19 tapi di tolak saat hendak dimakamkan". Ujarnya.

Bupati Ogan Ilir  juga sudah menungaskan Dinas terkait untuk membuat jalur irigasi dan membersihkan area pemakaman. (Ril/Red)

18.18

Bupati Ogan ilir Tinjau Langsung Karhutla di Desa Arisan Gading

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH bersama Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy Meninjau langsung lokasi kebakaran lahan di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat. Rabu (4/8/2021).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Menyampaikan "teruntuk pemadaman api apabila telah membesar dan sudah meluas akan sangat sulit untuk di padamkan,  oleh sebab itu butuhnya kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat dalam mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kab. Ogan Ilir".

"Mengingat meningkatnya suhu di tiga hari musim kemarau ini dapat memperbesar titik api di lahan- lahan yang mudah terbakar oleh sebab itu Tim gabungan telah menurunkan puluhan personil gabungan baik TNI, Polri, BPBD,  Pemadam Kebakaran, Manggala Agni yang  bahu membahu untuk memadamkan api agar tidak meluas".
 
Bupati Ogan Ilir menjelaskan "16 pompa air dan 10 motor dan Helibom juga sudah di siagakan, teruntuk para petugas gabungan Bupati Ogan Ilir mengapresiasi penuh karena telah bekerja 24 jam, dalam mencegah dan memadamkan api agar tidak meluas dan membahayakan masyarakat". (Ril/Red)
18.14

Bupati OI Gelar Giat safari Jum'at

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan Insya Allah, 227 Desa dan Kelurahan di 16 Kecamatan akan saya sambangi, untuk menyerap aspirasi masyarakat dan memastikan kebijakan dan kegiatan Pemerintah Daerah berjalan dengan baik dan sesuai keinginan Masyarakat khususnya masyarakat Desa Payalingkung. 

"Saat ini Kabupaten Ogan Ilir telah memasuki PPKM Level Tiga dan jangan sampai memasuki Zona Merah, marilah kita bersama-sama saling mengingatkan wajib menggunakan Prokes saat beraktifitas dan mensukseskan Vaksinasi Covid-19 sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Ogan Ilir khususnya" Kata Bupati.

Ditambahkannya, Bagi masayarakat yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan, Bupati Ogan Ilir melalui Disdukcapil Kabupaten Ogan Ilir telah menerapkan Program Jemput Bola kedesa-desa untuk mendata langsung masyarakat yang belum memiliki KTP, KK dan sebagainya yang berada di Desa, sehingga kedepan dapat memudahkan masyarakat desa-desa di Kabupaten Ogan Ilir untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat baik BLT, PKH dan sebagainya.

"Ini adalah salah satu bentuk peran serta Pemerintah Daerah dalam membenahi birokrasi yang ada di PemKab. Ogan Ilir sehingga segala pelayanan pemerintahan dapat dengan mudah di rasakan langsung oleh masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir", Ujarnya. (Ril/Red)
18.07

Bupati OI Launching Penyaluran Bantuan Beras Program Pemerintah Pusat PPKM 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH didampingi Perwakilan Bulog Divisi Regional Sumsel, Direktur Utama BNR Logistik dan Kepala Perangkat Daerah Terkait salurkan 33078 Ton beras Program Pemerintah Pusat PPKM 2021. Kamis (29/7/2021).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan Pemerintah Daerah menyalurkan 33078 ton beras yang merupakan program bantuan dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Ogan Ilir sesuai dengan data penerima keluarga manfaat (PKM), Penerima Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Semoga bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut bisa tepat sasaran dan sampai ke masyarakat dan  kepada seluruh Kepala Desa untuk mengawal langsung dalam penyaluran tetsebut" Harapnya. (Ril/Red)

Kamis, 05 Agustus 2021

04.09

Polres OI Groundcheck Lahan Bekas Terbakar di Indralaya Utara dan Pemulutan Barat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah upaya pemadaman lahan terbakar selama tiga hari terakhir rampung, Polres Ogan Ilir melakukan groundcheck bekas lahan terbakar. 

Groundcheck ini dipimpin Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, Kabag Ops Kompol Rivow Lapu, Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari dan Wakapolsek Pemulutan Iptu Rosyidi. 

Lokasi pertama yang dituju yakni di wilayah Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara. 

Yusantiyo menjelaskan, setelah menyisir sejumlah titik area di Sungai Rambutan, tak ditemukan lahan yang terbakar. 

"Kami melakukan penyisiran di wilayah Sungai Rambutan. Alhamdulillah, tidak ditemukan lahan yang terbakar, termasuk bara api yang dapat memicu kebakaran lagi, tidak ada," tegas Yusantiyo kepada wartawan, Kamis (5/8/2021). 

Menurut Yusantiyo, total lahan terbakar di Sungai Rambutan kurang lebih seluas 300 hektar. 

Kebakaran di area ini dianggap krusial karena dekat dengan jalan lintas Palembang-Indralaya dan rel kereta api. 

"Upaya pemadaman sebelumnya terus dilakukan oleh tim gabungan TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni. Pemadaman ini tentunya secara tuntas," jelas Yusantiyo. 

Dari Sungai Rambutan, polisi bergerak menuju sumber api di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat. 

Sama seperti di Sungai Rambutan, tak ada sisa api di Arisan Jaya, selain tanaman ilalang yang menjadi abu. 

Hasil laporan petugas lapangan, kurang lebih 200 hektar lahan terbakar. 

"Jika dikalkulasikan, lahan terbakar di Sungai Rambutan dan Arisan Jaya kurang lebih seluas 500 hektar," terang Yusantiyo. 

Di Arisan Jaya juga tak kalah krusial, karena selain dekat jalan lintas, lokasi kebakaran hanya berjarak 1,5 kilometer dari jalan tol Palindra. 

Meski api saat ini benar-benar padam, kata Yusantiyo, tim gabungan tak boleh terlena dan terus melakukan patroli. 

"Kami terus melakukan patroli bersama unsur lainnya. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, jika tak ingin berurusan dengan hukum," tandasnya. (Ril/Red)
02.06

Serap Aspirasi, Anggota DPRD OI Dapil III Gelar Reses

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan Tetap menerapkan Protokol Kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Dapil III yakni Kecamatan Tanjung Raja, Sungai Pinang, Rantau Panjang, dan Rantau Alai dan Kandis hari ini, Kamis (5/8/2021) menggelar reses di Kecamatan Tanjung Raja.

Amir Hamzah, selaku Ketua Komisi III dalam reses tersebut mengatakan bahwa untuk reses hari ini kita akan mendengarkan, dan menyerap aspirasi dari masyarakat, dalam hal ini para kades, dan lurah yang ada di Kecamatan Tanjung Raja.

"Kita akan dengar aspirasi dari semuanya, terutama kades dan lurah di Kecamatan Tanjung Raja, dan dengan adanya reses ini kita akan tahu yang mana yang menjadi kebutuhan dan yang mana yang diperlukan" Kata Amir Hamzah.

Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja, Hj. Nelly Anggia Murni, dalam reses tersbut menyampaikan bahwa mohon dibantu untuk bangunan Puskesmas Tanjung Rajaj yakni bangunan Puskesmas bagian belakang sudah hancur, dan butuh perbaikan.

"Bukan hanya itu saja, lantai juga sudah banyak yang pecah, dan ada sekitar 9 ruangan yang rusak, dan juga ada bangunan yang bocor yakni 4 ruangan, jadi untuk berkas-berkas susah" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Adapun ruangan-ruangan tersebut yakni ruangan poli gigi, pelayanan BP umum, kesling, serta tempat pelayanan MTBS. Sedangkan untuk yang lain alhamdulillah sudah ada.
Alat kesehatan sudah cukup, obat juga cukup" Terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Kerinjing yang mengatakan, sama untuk fisik, puskesmas kami butuh pagar, kalau bisa pagarnya dimajukan, agar parkir lebih luas.

"Selain itu, kami juga mohon dibangunkan kanopi untuk parkir motor baik untuk staff maupun pengunjung puskesmas. Adapun untuk obat-obatan Alhamdulillah sudah cukup" Pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Amir Hamzah selaku ketua Komisi III, selaku anggota DPRD OI Fraksi PDI Perjuangan mengatakan akan kita sampaikan dalam rapat pansus, untuk puskesmas Kerinjing soal pagar.

"Ini juga menjadi perhatian kami, soal parkir, supaya harapan kami parkir agak ke bawah sedikit, dan jangan sampai parkir di pinggir jalan, karena ditakutkan menganggu, soal kanopi akan kita sampaikan juga" Ujarnya.

Sementara itu, untuk Puskesmas Tanjung Raja anggota DPRD OI Pathul Jaya mengatakan bahwa kita akan berusaha semaksimal mungkin, supaya bisa melakukan rehab untuk Puskesmas Tanjung Raja.

"Bersama-sama kita akan bantu dan usahakan, sebab puskesmas tanjung raja ini merupakan puskesmas tertua, dan juga ada ruangan-ruangan yang bocor, nantinya ini akan menjadi PR kami, agar dapat direalisasikan, kami tidak janji, namun akan kami usahakan, Kami akan memperjuangkan agar semaksimal mungkin agar secepatnya direhab" Imbuhnya. 

Hadir dalam reses tersebut, anggota DPRD OI Dapil III, Camat Tanjung Raja Faisal Bermawi, Kapolsek Tanjung Raja, serta seluruh Kades dan Lurah yang ada di Kecamatan Tanjung Raja. (Emi/Red)
01.47

Puskesmas Tanjung Raja Butuh Perbaikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Reses anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) Daerah Pemilihan (Dapil) III, yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa dan juga Lurah Se Kecamatan Tanjung Raja serta Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja, Kamis (5/8/2021).

Dalam Reses tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Tanjung Raja Hj. Nelly Anggia Murni, SKM, M.Si bahwa mohon dibantu untuk bangunan Puskesmas Tanjung Raja yakni bangunan Puskesmas bagian belakang sudah hancur, dan butuh perbaikan.
"Bukan hanya itu saja, lantai juga sudah banyak yang pecah, dan ada sekitar 9 ruangan yang rusak, dan juga ada bangunan yang bocor yakni 4 ruangan, jadi untuk berkas-berkas susah" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Adapun ruangan-ruangan tersebut yakni ruangan poli gigi, pelayanan BP umum, kesling, serta tempat pelayanan MTBS. Sedangkan untuk yang lain alhamdulillah sudah ada.
Alat kesehatan sudah cukup, obat juga cukup" Terangnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD OI Pathul Jaya mengatakan bahwa kita akan berusaha semaksimal mungkin, supaya bisa melakukan rehab untuk Puskesmas Tanjung Raja.

"Bersama-sama kita akan bantu dan usahakan, sebab puskesmas tanjung raja ini merupakan puskesmas tertua, dan juga ada ruangan-ruangan yang bocor, nantinya ini akan menjadi PR kami, agar dapat direalisasikan, kami tidak janji, namun akan kami usahakan, Kami akan memperjuangkan agar semaksimal mungkin agar secepatnya direhab" Imbuhnya. (Red)

Rabu, 04 Agustus 2021

21.06

316.554 Pelamar CPNS 2021 Kemenkumham Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi


JAKARTA, gmjnews.co.id- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengumumkan daftar nama para pelamar yang telah lulus tahapan seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021.

Kementerian yang dipimpin Yasona Laoly ini adalah kementerian yang paling banyak dilamar masyarakat yang mau jadi CPNS 2021. Total seluruh pelamar adalah 627.113 orang.

Tidak semua pelamar upload dokumen persyaratan dan tidak semua yang upload dinyatakan memenuhi persyaratan. Dari total jumlah pelamar itu, hanya 316.554 orang yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan dapat melaju ke tahap selanjutnya.

Sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) atau tidak upload dokumen CPNS 2021. Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham, Sutrisno mengatakan jumlah total yang lulus administrasi, untuk pelamar kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 35.878 orang, dan pelamar untuk kualifikasi pendidikan SLTA sejumlah 280.676 orang.

“Adapun pelamar yang tidak memenuhi syarat untuk kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 11.304 orang, dan untuk kualifikasi pendidikan SLTA sebanyak 159.191 orang,” ujar Sutrisno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (03/08/2021).

Ada sejumlah alasan mengapa seorang pelamar dapat dinyatakan TMS. Beberapa sebab diantaranya terkait dengan surat lamaran, akta kelahiran, e-KTP, surat pernyataan, dokumen akreditasi, ijazah, transkrip nilai, surat tanda registrasi (STR) tenaga kesehatan, pas foto, surat keterangan sehat, dokumen tidak asli, dan lainnya.

“Setelah dilakukan seleksi administrasi dan verifikasi dokumen unggah CPNS, jika dokumen memenuhi syarat maka akan ditetapkan lulus seleksi administrasi dan selanjutnya bisa mencetak kartu ujian,” ujar Sutrisno.

“Namun jika dokumen TMS, maka bisa mengajukan keberatan atau sanggahan mulai 4 hingga 6 Agustus 2021,” sambungnya lagi.


Masa sanggah adalah kesempatan yang diberikan kepada pelamar untuk mengajukan keberatan terhadap hasil verifikasi yang disebabkan bukan karena kesalahan pelamar, namun adanya kesalahan dari verifikator instansi. Sanggahan sendiri dimaksudkan bukan untuk memperbaiki, mengubah, ataupun menambah informasi terhadap dokumen yang sudah di unggah.
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto sudah mengingatkan kepada para calon pelamar, untuk membaca secara detail dan seksama terkait berbagai syarat dan ketentuan yang diperlukan di laman cpns.kemenkumham.go.id. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari permasalahan dalam masa pendaftaran dan seleksi administrasi, bahkan untuk menghindari calon peserta gugur dalam proses seleksi administrasi.

“Kita memberikan waktu sanggah kepada para pendaftar selama proses seleksi administrasi ini. Hal ini dilakukan untuk menjembatani jika ada peserta komplain karena tidak diluluskan sementara dia merasa persyaratan yang diberikan sudah lengkap semua,” ujar Andap.

“Persyaratan yang disampaikan dalam laman BKN adalah persyaratan secara umum. Bagi para pelamar CPNS Kemenkumham, secara spesifik persyaratan ada dalam laman kami yaitu cpns.kemenkumham.go.id. Apabila tidak teliti, calon peserta bisa gugur dalam tahap seleksi administrasi,” tutup Andap.( Sumber : Liputan 6.com)

Senin, 02 Agustus 2021

21.17

Masa Ketiga Penyekatan PPKM di Gerbang Tol Kramasan, Truk Muatan Sembako dan Oksigen Dapat Dispensasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Di hari pertama masa ketiga penyekatan PPKM, petugas gabungan kembali memeriksa setiap kendaraan yang akan melintasi Tol Kayuagung-Palembang lewat Gerbang Tol Kramasan. 

Penyekatan ini dilakukan setelah pemerintah resmi memperpanjang PPKM selama tujuh hari mulai hari ini hingga 9 Agustus mandatang. 

Ini merupakan masa ketiga penyekatan PPKM setelah periode pertama selama 15 hari mulai tanggal 6 hingga 20 Juli lalu. Dan periode kedua selama 13 hari mulai tanggal 21 Juli hingga 2 Agustus lalu. 

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy mengatakan, penyekatan ini dilakukan sama seperti dua periode sebelumnya, yakni dengan memeriksa kelengkapan dokumen kesehatan pengendara.

"Dokumen yang kami periksa diantaranya sertifikat vaksin, surat swab test yang berlaku 2×24 jam maupun surat rapid test antigen yang berlaku 1×24 jam," terang Yusantiyo melalui Kasat Lantas Polres Ogan Ilir, AKP Sutrisman, Selasa (3/8/2021). 

Polisi mengimbau masyarakat khususnya yang akan menuju Pulau Jawa, untuk melengkapi dokumen kesehatan yang telah ditetapkan.

"Silakan melengkapi dokumen kesehatan ini. Jika tidak lengkap, mohon maaf terpaksa kami minta putar balik," tegas Sutrisman.

Namun aturan kelengkapan dokumen kesehatan ini dibebaskan terhadap kendaraan-kendaraan khusus. 

"Kendaraan yang diberi dispensasi ialah yang mengangkut sembako dan tabung oksigen untuk keperluan Covid-19," jelas Sutrisman. 

Sembari melakukan penyekatan, petugas juga mensosialisasikan panduan perjalanan selama PPKM.

Selain juga, mensosialisasikan protokol kesehatan kepada setiap pengendara yang melintas.

"Walaupun di dalam kendaraan, tetap menerapkan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan," pesan Sutrisman.

Sementara menurut Yusantiyo sendiri, sebanyak 90 orang petugas gabungan disiapkan untuk menyeleksi kendaraan yang akan melewati Gerbang Tol Kramasan.

Pada pelaksanaan penyekatan ini, Polres Ogan Ilir termasuk salah satu unsur tim gabungan yang juga terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP.

"Leading sector pada penyekatan ini adalah Ditlantas Polda Sumatera Selatan dan operasional di lapangan adalah tim gabungan ini," jelas Yusantiyo. (Ril/Red)

17.53

Beras Bantuan PPKM Kecamatan Kandis Disalurkan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Camat Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir (OI) menyalurkan beras bantuan ppkm tahun 2021 kepada Pemerintah Desa di Kecamatan Kandis, beras tersebut nantinya disalurkan kepada warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan BST.

Beras bantuan PPKM ini di terima pada minggu pagi tanggal 1 Agustus Pukul 08.00 WIB bertempat di kantor camat Kecamatan Kandis.

Berdasarkan data keseluruhan KPM Program Penerima harapan 694 dan KPM Bantuan Sosial Tunai sebanyak 219 masing masing KPM mendapatkan 10 kilogram beras. 
 
Camat Kecamatan Kandis firmansyah, SKM mengatakan, dengan adanya bantuan ini warga sangat terbantu dalam kondisi polemik pandemi covid -19.
 
"Beras bantuan ini akan di salurkan ke 12 desa yang berada di kecamatan Kandis, semoga beras bantuan ini bisa bermanfaat terutama saat pandemi seperti sekarang ini" Katanya, Senin (02/08/2021).

Sementara itu, TKSK kecamatan Kandis Yunita mengatakan, beras bantuan ini hanya untuk KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) berdasarkan data yg ada.

"Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban penerima, dan bisa bermanfaat" Pungkasnya. (Emi/Red)