Gemilang Terkini

Senin, 30 September 2019

20.17

Aktor Adhin AH bersama dari Satgas Pemadaman Api di Pedamaran Timur

OKI, gmjnews.com- Aktor Adhin bersama Satuan Petugas Pemadaman Kebakaran ikut memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan kemarin (30/9/2019).

Adhin AH bersama Rumah Zakat Action berangkat dari Palembang sejak pagi. Perjalanan menuju lokasi dari Kayu Agung ke lokasi hutan Pedamaran Timur sekitar 2 jam. Saat di posko disambut langsung oleh Dandim 0204/Ogan Komering Ilir Letnal Kolonel Infantri Riyandi.

"Kami siap dibantu oleh Rumah Zakat Action dari Palembang dan Mas Adhin", Sambutnya.
Setelah Sholat dan makan Tim yang terdiri dari TNI, POLRI, BPBD, TAGANA, Rumah Zakat dan lainnya langsung dipimpin oleh Letkol Kolonel Infanteri Riyandi terjun ke lokasi Kebakaran menggunakan Mobil double kardan. Jalan yang dilalui terjal sedangkan Adhin AH menggunakan Motorcross yang di kendarai oleh Dandim 0204/OKI langsung menuju Posko.

"Kita tidak bisa kelokasi lahan yang terbakar menggunakan jalur darat, jadi kita gunakan perahu di untuk ke lokasi. Mari kita naik perahu untuk bantu tim padamkan api", perintahnya.

Saat dilokasi kelokasi Letnal Kolonel Infantri Riyandi menyampaikan bahwa tim satgas sudah berhari-hari di lokasi kebakaran. Aktivitas Sholat, makan dan istirahat di lokasi yang kerubuti asap.

Setalah itu Dandim mengajak Adhin AH dan Tim Rumah Zakat Action untuk bantu padamkan api bersama Satgas.
Sementara Itu Adhin AH mengatakan baru pertama kali ikut aksi kebakaran hutan dan lahan.

"Baru pertama kali ikut aksi ini. Kita harus banyak bersyukur terutama buat yang tidak terkena asap. Saat naik perahu dikanal kita melewati asap yang jarak pandangnya", tuturnya.

Adhin juga ikut memadamkan api setelah mendapat arahan dari Dandim 0204 OKI.
"Saat madamkan api harus safety jika tidak perih banget mata kena asap dan sesak nafas. Terima kasih Pak Letnal Kolonel Infantri Riyandy dan Rumah Zakat action, ini pengalaman yang berkesan bagi saya", pungkasnya.

Tim Rumah Zakat Action dan Adhin AH tiba di Palembang kembali dengan selamat sekitar jam 12 malam. (Medi RZ)
07.15

Terkait Pemberian Sanksi Empat Oknum ASN Terjaring Narkoba, BKD OI Segera Bentuk Tim

OGAN ILIR, gmjnews.com- Terkait Terjaringnya Empat Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diciduk oleh tim Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ogan Ilir (OI) beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten OI dalam waktu dekat akan segera membentuk tim untuk menyelesaikan permasalahan atau pemberian Sanksi terhadap empat oknum ASN yang terjaring narkoba.

Hal ini dikatakan Kepala BKD OI Yuliansah melalui sekretaris BKD OI Kasman Gani kepada awak media Senin (30/9/19).

Pihak BKD OI saat dikonfirmasi terkait sanksi apa yang bakal diterima empat oknum ASN yang terjaring  narkoba belum lama ini, pihak BKD OI belum bisa memberikan sanksi apa yang akan diterima oknum ASN tersebut, untuk itu pihak BKD dalam waktu dekat akan membentuk tim.

"Kalau sekarang kami belum bisa memberi tahu sanksi apa yang akan diterima oknum ASN yang terjaring narkoba belum lama ini, namun kami akan segera membetuk tim terlebih dahulu", Katanya.

Adapun tim terkait yang akan mengambil kebijakan tersebut yaitu Sekda, Asisten III,  BKD, Inspektorat dan Bagian Hukum, nanti tim inilah yang akan menentukan sanksi yang bakal diterima oleh keempat oknum ASN yang terjaring narkoba tersebut.

Namun ditambahkan oleh Kasman Gani,  sanksi yang bakal diterima oleh ASN yang tersandung masalah yaitu berdasarkan PP 53 tentang disiplin kepegawaian. Ada sanksi ringan, sedang dan sanksi berat. Misalnya sanksi administrasi, penundaan kenaikan pangkat satu sampai dua tahun dan ada juga pencopotan jabatan. (Red)
07.13

Diduga simpan INEX Didalam Bra, Laila Diciduk Satres Narkoba Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.com- Karena Diduga menyimpan "INEX" dalam bra, Laila (35) dan Ibrahim (34), sepasang suami-istri warga Palembang diciduk polisi. Keduanya diciduk Saat Nonton Orgen Tunggal *Golden Star* Yang Bertempat di Desa Ulak Segelung, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI).
Pasutri yang diketahui merupakan warga Tangga Takat, Kelurahan Tangga Takat, Kecamatan Seberang Ulu II, Kota Palembang, itu tak berkutik saat polisi melakukan penggeledahan Terhadapnya sekitar pukul 00.30 WIB. Tak Menemukan Apa-Apa Curiga Akan pasutri ini, polisi membawa keduanya ke polres Ogan Ilir, Guna Pemeriksaan Lebih Lanjut.

Setelah dilakukan penggeledahan terhadap Istri Pelaku" Laila, Oleh Oknum  Polisi Wanita (Polwan) ditemukanlah Pil Ekstasi Sebanyak"6,5 Butir, Warna Cream Yang Ber- Logo *GOLD" Harga Kisaran Rp.3.150.000 yang disimpan di *BRA*sebelah kanan.
"Dan Pada Saat Itulah Pasangan Suami Istri "Laila Dan Ibrahim", Mengakui Semuanya Kepada Polisi Bahwa Pil Exstasi, Handpone OPPO, dan Uang Tunai Sebanyak Rp.2.927.000  Adalah Miliknya, dengan kepala tertunduk di Polres Ogan Ilir"Senin (30/9/2019)

Sementara itu, Satres Narkoba Polres Ogan Ilir, mengatakan tersangka sengaja menyimpan Pil Ekstasi dalam bra Supaya Aksinya Tersebut Tidak Diketahui polisi.

"Atas perbuatannya, Ibrahim dan istrinya kini harus mendekam di ruang tahanan Polres Ogan Ilir, Untuk dilakukan Pemeriksaan Lebih Lanjut" Katanya. (Red)
04.27

Wagub Sumsel Buka Satrya Cup

OGAN ILIR, gmjnews.com- Satrya Cup merupakan ajang olahraga tahunan se- Sumsel yang digelar oleh SMAN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI), yang diikuti oleh berbagai SMA/SMK di Sumsel dengan mempertandingkan berbagai cabang olahraga.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumsel, Ir. H. Mawardi Yahya membuka kegiatan Satrya Cup ke- IX di SMAN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Senin (30/9/2019).

Dikatakan Mawardi, Pemprov Sumsel bertekad untuk memajukan kualitas pendidikan di Sumsel agar setara dengan provinsi-provinsi lainnya.

"Selain itu, kita juga berusaha agar para lulusan SMA/SMK di Sumsel dapat terserap di bursa kerja, guna untuk mengurangi angka pengangguran di Sumsel," Katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Mawardi berpesan agar para Kepala SMA/SMK di OI untuk tidak segan-segan melaporkan segala kekurangan fasilitas yang ada di sekolah.

"Kepala sekolah jangan segan-segan untuk meminta bantuan terkait fasilitas sekolah. Kalau ada kekurangan silahkan sampaikan ke Kepala Dinas Pendidikan," Ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut para Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumsel, Asisten II Setda OI, Kabid SMP Disdikbud OI serta para Kepala SMA/SMK di OI. (Red)
04.07

Oknum PNS di OI diciduk BNNK, Ini Kata Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.com- Terkait diciduknya empat Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) beberapa waktu yang lalu, mendapat teguran keras dari Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Bupati OI Saat Apel Pagi dihadapan Para PNS yang ada di Pemerintah Kabupaten OI, Senin (30/9/2019). Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam merasa sedih dengan adanya informasi tentang ditangkapnya empat oknum Pegawai Negeri Sipil oleh Badan Narkoba Narkotika Kabupaten (BNNK) OI beberapa waktu lalu pasalnya selain merusak citra Pemkab OI juga merugikan pelaku dan keluarganya itu sendiri.

“Narkoba adalah musuh bersama, oleh sebab itu kita harus perangi bersama dan orang yang memakai narkoba dipastikan bukanlah orang yang pintar karena memakai narkoba dapat merusak karir dan masa depan.”Katanya dihadapan ratusan PNS saat memimpin apel.

selain itu, Bupati OI juga menjelaskan dari ilmu kesehatan pemakai narkoba dapat terganggu kesehatannya yaitu merusak syaraf-syaraf yang ada didalam tubuh.

“Para pemakai selain melanggar hukum, juga merusak kesehatan para pengguna itu sendiri belum lagi keluarganya pasti akan merasa malu,”Ujarnya.

Dijelaskannya, "Pihaknya akan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan sesuai dengan hukum yang berlaku, tidak ada untungnya bagi para pengguna narkoba dan oleh sebab itu bagi Kepala OPD yang mendapatkan bawahannya menggunakan narkoba segera laporkan ke pihak yang berwajib, copot jabatannya dan mutasikan sejauh-jauhnya" Terangnya. (Red)

Minggu, 29 September 2019

06.58

Ratusan Calon Pedangdut Ikuti Audisi Liga Dangdut Indosiar di PKOR Wayhalim

LAMPUNG, gmjnews.com- Ratusan calon penyanyi dangdut asal Lampung mengikuti ajang audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020 Indosiar, Audisi tersebut digelar di Gedung Dewan Kesenian Lampung (DKL), PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Minggu, (29/9/2019).

Tya selaku humas Indosiar, audisi LIDA 2020 hari ini digelar bersamaan di tiga provinsi yaitu Lampung, Sumatera Barat, dan Jambi mencari calon bintang dangdut masa depan.

“Peserta usia 14–25 tahun baik itu cewek maupun cowok dan itu dibuktikan peserta wajib membawa tanda pengenal (KTP). Dan di sini mereka (peserta) akan melewati dua tes yaitu precast dan video booth,” Katanya.

Lebih lanjut Tya menjelaskan, pada uji precast peserta hanya didengarkan vokalnya saja, jika lolos dari preecast tes berikutnya yaitu video booth.

“Pada pretest juri hanya mendengarkan vokal peserta saja. Kalau tidak lolos peserta langsung pulang. Yang lolos peserta mengikuti tahap berikutnya yaitu dengan video booth. Di sini sudah ada musik yang mengiringi peserta bernyanyi, ada lampu-lampu seperti di studio gitu,” Jelas Tya.

Sementara itu, Seorang peserta dari Lampung Timur Robi Kurniawan yang sempat ditemui teraslampung.com mengaku optimis bisa masuk LIDA 2020 sebab dia juga berprofesi penyanyi di daerahnya.

“Saya dari jam 6.30 berangkat ke sini, saya optimis bisa masuk babak berikutnya. Saya di Lampung Timur emang suka nyanyi di acara kawinan dan ultah kebanyakan lagu-lagu dangdut kadang pop juga,” Ujarnya.

Senada dikatakan peserta lain yakni dari Gunung Sugih, Lampung Tengah Nuraini yang berpanas-panasan mengikuti antrian untuk mengikuti tes vokal mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang LIDA 2020 Indosiar ini dengan latihan vokal.

“Saya sudah siap, latihan di rumah kebetulan saya juga suka tampil di acara-acara pernikahan, semoga saya berhasil,” kata Nuraini yang berangkat ke PKOR Way Halim dari rumahnya jam 06.00 Wib.

Mengikuti LIDA 2020 Indosiar persyaratannya cukup berat dari ratusan peserta yang mengikuti tes vokal ini menurut PR Indosiar Tya minimal diambil dua orang yang akan mengikuti tes berikutnya.

“Minimal di tiap daerah kami mengambil dua peserta untuk mengikuti tahap selanjutnya di Jakarta. Peserta nanti diberikan informasi setelah hasil dari video booth itu dibawa ke Jakarta.” Katanya.

“Video booth itu merekam semua peserta di sini dan nanti dinilai lagi oleh juri di Jakarta. Peserta yang lolos akan kami informasikan, transportasi dan akomodasi peserta ke Jakarta akan ditanggung Indosiar,” ujar Tya. (Sumber: teraslampung.com)

Sabtu, 28 September 2019

06.27

Aksi Solidaritas Untuk Tragedi Kemanusiaan Wamena, Rumah Zakat Turunkan Relawan

SENTANI, gmjnews.com- Kerusuhan yang terjadi di Wamena pada senin (23/09/2019) lalu menyebabkan 31 orang meninggal dunia, sebanyak 77 orang luka-luka dan dilaporkan ribuan masyarakat sekitar 5.000 hingga 6.000 orang berkumpul dibandara untuk eksodus ke sentani dan jayapura.

Atas nama kemanusiaan Rumah Zakat turut berduka atas jatuhnya korban jiwa, hancurnya harta benda milik warga dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat hingga harus mengungsi ke luar wamena.

"Rumah Zakat sebagai lembaga kemanusiaan merespon kejadian ini sebagai kejadian kemanusiaan karena ribuan warga yang merasakan dampak dari tragedi kemanusiaan ini, sehingga kita harus ikut aktif melakukan aksi bantuan kemanusiaa  kepada mereka yang menjadi korban" Ujar CEO Rumah Zakat.
Hari sabtu pagi ini, 28 September 2019. Rumah Zakat langsung mengirimkan Relawan kemanusiaan untuk melakukan distribusi bantuan di posko pengungsi jayapura, melakukan pelayanan dan dan berkoordinasi dengan aparat TNI untuk pengiriman bantuan makanan dan relawan.

"Saat ini 20 orang membantu operasional posko kemanusiaan di sentani dan Jayapura, insya Allah pukul 4 besok pagi 5 orang Relawan Kemanusiaan di berangkatkan ke wamena" ujar Effendi

Relawan kemanusiaan  yang diberangkatkan akan membawa sejumlah bantuan seperti bahan pangan dan batuan lainnya yang dibutuhkan korban tragedi kemanusiaan.  sore ini tim relawan sedang melakukan loading barang bantuan bersama aparat di bandara untuk diangkut ke Wamena.

Efendi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu  membagun persatuan dan menjaga perdamaian demi kesatuan negeri.

"Doa dan Solidaritas kita saat ini sangat di butuhkan oleh saudara kita, mari peduli korban tragedi kemanusiaan wamena sebagai bentuk persaudaraan " ujarnya. (Medi RZ)


06.07

HUT PMI Ke 74, Ini Harapan Bupati OI

OGAN ILIR, gmjnews.com- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam, SE. SH. MM Bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OI Hj Meli Mustika, SE. MM Membuka Peringatan HUT PMI Ke-74 dan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Bagi PMR Se-Kabupaten OI, Sabtu (28/9/2019)di Lapangan  Bola KPT Tanjung Senai Indralaya.

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam mengatakan bahwa PMI adalah Sebuah Organisasi Perhimpunan Nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan dengan komitmen penuh agar tetap bersama masyarakat dan pemerintah dalam membangun ketangguhan.
"Masyarakat dan pemerintah tangguh, agar bencana tidak akan menghambat gerak laju kemajuan bangsa dan negara, sesuai dengan tema HUT PMI kali ini, yakni ” KITA TANGGUH, INDONESIA MAJU” Katanya.

Dikatakannya, Peringatan HUT PMI ke-74 merupakan usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi.

"Pengalaman adalah kekayaan untuk menyongsong masa depan yang penuh tantangan, untuk itu Palang Merah Indonesia perlu melakukan konsolidasi ke dalam dan advokasi kesemua steakholder terkait untuk penguatan organisasi dan menyiapkan anggota dalam menghadapi tantangan tersebut" Ujarnya.
Ditambahkannya, "Dengan usia yang sangat matang tentu sudah banyak yang dihasilkan terutama dalam rangka peningkatan eksistensi dan perannya dalam masyarakat. Selamat Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang Ke-74 dan Selamat Mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Bagi PMR Se-Kabupaten Ogan Ilir" Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kab OI Hj. Meli Mustika mengatakan, Palang Merah Indonesia (PMI) secara nasional terbentuk tepatnya pada tanggal 17 September 1945 untuk Kabupaten OI pelaksanaan HUT Ke 74 dapat dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 September 2019. 

"Semoga dengan diadakannya HUT PMI Ke 74 dan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Bagi PMR Se Kabupaten Ogan Ilir, dapat membentuk suatu pengembangan yang berkesinambungan bagi generasi muda. Jumbara dikemas untuk mempertemukan para relawan-relawan muda dari berbagai tingkatan untuk sama-sama belajar dan bertukar pengalaman," Harapnya. (Red)

Kamis, 26 September 2019

00.57

DPRD Tanjung Jabung Timur Kunjungi DPRD Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.com- Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menerima kunjungan DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kasubag Perundang-undangan Sekretariat DPRD Ogan Ilir Rosidi, M.Hum didampingi Staf Humas Protokol Hendra kurniawan diruang kerja Bagian Legislasi, Kamis (26/9/2019).

Kunjungan Anggota DPRD Kabupatem Tanjung Jabung yang berjumlah dua orang yang diketuai oleh Ketua DPRD sementara Nugraha Setiawan, S.IP didampingi Wakil Ketua Sementara Alam Bakri bersama dua orang staf sekretariat DPRD.

Kunjungan tersebut bermaksud konsultasi dan berkordinasi terkait pembentukan fraksi fraksi DPRD Periode 2019 – 2024 serta penyusunan tata tertib DPRD. (Red)

Rabu, 25 September 2019

21.41

Rumah Zakat Suport Taman Pendidikan Al Quran AL Fattah di Lahat

LAHAT, gmjnews.com- Rumah zakat Menyalurkan kebutuhan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al Fattah berupa Al Qur'an, Buku Iqro, Buku Hadist dan Doa sehari-hari di Desa Berdaya Aceh Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan pada hari rabu (25/9/2019).

Rahmad Sugeharto Relawan Inspirasi Rumah Zakat merintis TPA ini sejak 2 tahun lalu. Karena kesibukan yang lain saat ini TPA Al Fattah ini dilanjutkan oleh ustadz Bakrianto.

“Hari ini kita salurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan oleh TPA, beru[a Al Quran, Iqra, hadist dan kumpulan doa harian. Semoga ini bermanfaat bagi santri TPA dan menjadi Amal Jariyah bagi donatur Rumah Zakat”, ujar Rahmad.
Sebanyak  50 Santri TPA senang mendapat Alquran baru dari Rumah Zakat. Ustadz Bakrianto terharu saat menerima Alquran.

“Terima kasih atas semua bantuan yg diberikan Rumah Zakat, semoga berkah doa terbaiknya. Harapan kedepannya TPA dapat berkolaborasi dengan Relawan Inspirasi Rumah Zakat dalam membina generasi Rabbani”, tutur Ustadz Bakrianto.

Ia menambahkan Rumah zakat dengan program Desa berdaya, sudah dirasakan manfaatnya oleh 50 anak-anak TPA  yang mendapatkan bantuan Al Qur'an, Iqro dan Buku Hadist dan Doa sehari-hari.

“semoga di tahun 2020 akan muncul lagi bantuan - bantuan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan sarana prasarana penunjang kegiatan belajar dari Rumah Zakat”, tutupnya. (Medi RZ)
18.43

Bawa Sabu, Andika diamankan Satresnarkoba Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.com- Lantaran miliki Narkoba jenis Sabu, Andika Pratama Fitra Alias Andi Bin Nasirin (29) yang merupakan warga Dusun II Desa Sekonjing Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) diamankan Jajaran Satresnarkoba Polres OI, Minggu (22/9).

Kapolres OI AKBP. Ghazali Ahmad, S.IK, MH, melalui Kasubbag Humas Polres OI AKP. Zainalsyah, Rabu (25/9/2019) mengatakan bahwa, untuk Kronologisnya yakni Pada hari minggu tanggal 22 September 2019 sekira pukul 00.31 WIB telah tertangkap Seorang pelaku yang memiliki, menyimpan dan Menguasai Narkotika jenis SHABU.

"Pada saat ditangkap Pelaku sedang merakit Alat hisap SHABU atau BONG di dalam pondokan Desa Sekonjing Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Setelah dilakukan Pengamanan dan pemeriksaan untuk mencari Barang bukti lalu ditemukanlah Barang bukti yang diduga Narkotika Jenis SHABU sebanyak 3 (Tiga) paket didalam plastik klip bening yang berada di dekat Pelaku duduk didalam pondokan Desa Sekonjing Kabupaten Ogan Ilir seharga Rp.2.500.000,- (Dua juta lima ratus ribu rupiah)" Katanya.

Ditambahkannya, "Pelaku mengakui bahwa Barang bukti yang diduga Narkotika jenis SHABU tersebut adalah milik Sdra. K (DPO) dan Sdra. B (DPO) yang mana sebagian Barang bukti yang ditemukan pihak Kepolisian tersebut belum habis dijualkan oleh Pelaku. Selanjutnya BB beserta pelaku diamankan ke Satres Narkoba Polres Ogan Ilir untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku" Terangnya.

Dijelaskannya, Adapun Barang Bukti yang berhasil diamankan yakni, 3 (Tiga) Paket  yang diduga Narkotika jenis Shabu didalam plastik klip bening dengan berat bruto 2,3 Gram seharga Rp. 2.500.000,- (Dua juta lima ratus ribu Rupiah), 1 (Satu) buah Pirek kaca Berisikan kristal putih yang diduga Narkotika jenis Shabu, 8 (Delapan) buah Alat hisap Shabu atau Bong, 3 (Tiga) ball Plastik klip bening kosong, 1 (Satu) buah timbangan digital, Uang tunai sejumlah Rp.485.000. (Red)

04.22

Bupati OI Bersama ASN dan Warga Sholat Istisqo

OGAN ILIR, gmjnews.com- Berharap hujan turun, Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam Bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI dan warga OI melaksanakan sholat Istisqo di Halaman Masjid Agung An-Nur Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai, Rabu (25/9/2019).
Bupati OI berharap dengan adanya sholat istisqo ini munajat dan do'a yang dipanjatkan oleh para jama'ah diijabah Allah SWT.

"Karena hujan saat ini sangat dibutuhkan untuk menanggulangi dampak kekeringan, juga mengurangi kabut asap yang sudah menganggu aktifitas masyarakat" Katanya.
Ditambahkannya, "Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemprov Sumsel, TNI, Polri Pemkab Ogan Ilir  dan masyarakat Peduli Api dalam hal penanggulangan karhutlah, oleh sebab itu selain mengerahkan segala upaya, kita juga bermohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan, sehingga bencana asap yang melanda beberapa pekan ini segera hilang." Harapnya seusai melaksanakan sholat. (Red)
01.05

DPRD OI Gelar Paripurna

OGAN ILIR, gmjnews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paripurna dalam rangka Pengumuman dan penetapan Pimpinan DPRD Kabupaten OI, bertempat digedung Paripurna Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Rabu (25/09/2019).

Pengumunan ini disampaikan langsung oleh masing-masing Partai Politik yang telah memperoleh kursi pada masa jabatan 2019-2024, yang dihadiri 40 Anggota DPRD Kabupaten Ogan ilir yang pimpinan rapat oleh Ketua DPRD Sementara H. Kosasi.

Fraksi Partai Golkar Basri M Zahri, S.Pd, M.Si menyampaikan berdasarkan surat Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Nomor R-1140/Golkar/IX/2019 perihal Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Ogan Ilir tertanggal 18 September 2019 DPP Partai Golkar Menetapkan dan mengesahkan Suharto HS, SH sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Ogan Ilir.

Sebelumnya Amir Hamzah, SH dari Fraksi PDI Perjuangan juga menyampaikan berdasarkan surat Dewan Pimpinan Pusat Partai PDI Perjuangan Nomor: 365/IN/DPP/IX/2019. perihal pengesahan dan penetapan Wakil Ketua DPRD Kab. Ogan Ilir tertanggal 04 September 2019, DPP PDI Perjuangan memutuskan mengesahkan dan menetapkan Wahyudi, ST sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir Periode 2019-2024.

Dan dari fraksi Nasdem Afrizal, SH menyampaikan berdasarkan Surat DPP Partai NasDem:011-SK/DPP-Nasdem/VIII/2019. tentang penetapan ketua dan wakil ketua tertanggal 30 Agustus 2019 menetapkan Ahmad Syafe’i.S.Sos.,M.Si sebagai Wakil Ketua DPRD Kab. Ogan Ilir. (Red)

Selasa, 24 September 2019

23.45

Bupati OI Buka Seminar Sehari HUT IBI Ke 68

OGAN ILIR, gmjnews.com- Bupati OI HM Ilyas Panji Alam Resmi Buka Seminar Sehari "Bidan Mengawal Kesehatan Perempuan Untuk Mencegah Stunting dalam Rangka Mewujudkan Generasi Cerdas" Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 68, Rabu (25/9/2019).
Acara tersebut digelar di Hotel Ilaya di Jalan Lintas Timur Palembang - Indralaya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam Sambutannya, Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam Mengatakan bahwa Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ini telah berdiri selama 68 Tahun dan dirinya juga berharap kepada seluruh bidan yang berada di Kabupaten OI untuk tidak berhenti dan terus menambah ilmu pengetahuan soal kesehatan.
"Terutama masalah stunting  karena pada dasarnya di Republik ini masih sangat kekurangan tenaga medis di plosok-plosok pedesaan, bidan adalah garda terdepan dalam dunia kesehatan, dan semoga pada hari ulang tahun ini, IBI kedepan dapat terus jaya dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia" Ujarnya.
Hadir dalam Acara tersebut, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, Ketua Tim Penggerak PKK OI Hj. Meli Mustika SE MM, Ketua PD IBI Prov Sumsel Hj Aisyah AM, Keb, SPsi, Mkes. dan Ketua PC IBI OI Hj Emmy Aryani AM, Keb, SKM, Mkes, Perwakilan Kepala OPD Pemkab OI, Dr Boy Abidin Sp. OG, dan 360 Bidan Se- Kab OI. (Red)
19.36

Rumah Zakat dan PT Semen Baturaja ajak Anak Yatim Dhuafa Nonton Film Hayya

OKU, gmjnews.com- Sore kemarin, Selasa (24/9) Platinum Cineplex Citymall Baturaja terlihat ramai dengan anak-anak. Mereka adalah anak-anak panti asuhan dan TPA yang berkesempatan nonton bareng film Hayya bersama Rumah Zakat kerjasama dengan PT Semen Baturaja.

"Kami menyewa satu studio full untuk acara ini. Selain anak-anak yatim dhuafa, ibu-ibu dari Ikatan Istri Karyawan Semen Baturaja juga ikut membersamai dan meramaikan acara nobar", ujar Fitriyana, relawan koordinator lapangan.

Antusiasme anak-anak ternyata sangat besar, terbukti dari membludaknya jumlah penonton sehingga beberapa relawan dan pengajar TPA terpaksa duduk di tangga.
"Alhamdulillah kegiatan nobar sore ini berlangsung lancar dan semua anak yang diundang bisa hadir", kata Wahyu Andri, koordinator relawan Rumah Zakat Baturaja.

Selain nobar, Rumah Zakat juga menggalang donasi untuk Palestina dan bencana kabut asap di Sumatera Selatan. Donasi banyak diberikan oleh ibu-ibu istri karyawan PT Semen Baturaja dan wali santri serta masyarakat umum yang tergerak hatinya.

Sebelum pulang, Rumah Zakat membagikan nasi kotak dan tak lupa foto bersama. " Saya sangat senang bisa menonton Film Hayya  apa lagi di bioskop, kami baru pertama kali masuk bioskop dan sangat senang sekali". Kata Zuhair, salah satu penerima manfaat. (Medi RZ)
02.59

Nikah Massal Gratis, Disdukcapil OI Gandeng Kemenag

 OGAN ILIR, gmjnews.com -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OI yang  bekerjasama dengan Kemenag Ogan Ilir akan melaksanakan acara Nikah Massal Gratis.

Kadisduk Capil Akhmad Luthfi, seperti yang dilansir lintaslima.com, Selasa (24/9/2019) mengatakan bahwa, Nikah Massal gratis akan diselenggarakan pada awal bulan Februari tahun 2020 mendatang dan akan diikuti sekitar 48 pasang pengantin ini.

“Pasangan Pengantin akan melaksanakan Ijab dan Kabul di Masjid Jamik An-Nur Tanjung Senai.  Setelah melakukan proses Pernikahan selanjutnya Pasangan Pengantin akan arak- arakan Bersama Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam menuju Gedung Serba guna caram seguguk KPT  Tanjung Senai Indralaya Kabupaten Ogan Ilir " Katanya.

Dijelaskannya, “Arakan Rombongan  Pasangan Pengantin Bersama Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam  menuju Gedung Serba guna caram seguguk untuk acara Resepsi Pernikahan, Untuk Pendaftaran langsung di KUA kecamatan masing-masing mulai 1 November 2019 hingga 10 Januari 2020. Kuota 48 pasang atau 3 pasang per kecamatan" Terangnya. (Red)

Berikut Persyaratan Peserta Nikah Massal Gratis adalah:

1.Warga Ogan Ilir,
2.Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kades/Lurah,
3.Diutamakan Jejaka dan Perawan (Perkawinan Pertama),
4.Dokumen Calon Mempelai, masing-masing pria dan wanita:
a. Fotokopi Kartu Keluarga
b. Fotokopi KTP-el
c. Fotokopi Ijazah/Akta Kelahiran
d. Pasfoto berwarna latar biru ukuran 2×3 sebanyak 4 lembar, 3×4 sebanyak 2 lembar dan
    4 x 6 sebanyak 2 lembar
e. Surat Pengantar Perkawinan (Model N1) dari Kades/Lurah,
f. Surat Permohonan Kehendak Perkawinan (Model N2) dari Kades / Lurah,
g. Surat Persetujuan Mempelai (Model N3) dari Kades/Lurah,
h. Surat Izin Orang Tua (Model N4) dari Kades/Lurah, untuk calon mempelai di bawah umur
    21 tahun
i. Dispensasi dari Pengadilan Agama, untuk calon mempelai pria di bawah umur 19 tahun
   dan untuk calon mempelai wanita di bawah umur 16 tahun.
5.Dokumen Wali Nikah,
a. Fotokopi Kartu Keluarga
b. Fotokopi KTP-el


02.38

Pansus DPRD Ogan Ilir Bahas Kode Etik, Tata Tertib dan Rencana Kerja

OGAN ILIR, gmjnews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan Rapat Panitia Khusus (Pansus), dalam pembahasanya DPRD Kabupaten Ogan Ilir terbentuk menjadi tiga Pansus yaitu Pansus kode etik, Pansus Tata Tertb dan Pansus Program Kerja yang berlangsung diruang rapat pimpinan, Senin (23/9/2019).

Pansus Kode Etik di Ketuai Oleh Sonedi Ariansyah dan wakil Ketua Haryata,SE dengan anggota Suharto,SH, Wiro Pratama, Dwi Rosalina, Fathul Jaya, Amril Aulia, SH, Ahmad Syafe’i, Fina Meilani Sari Dewi,S.Kep, Ahmad Yadi, Rozuli Ahmad, Husnul Anom.

Pansus Penyusunan tata Tertib di Ketuai Oleh Rahmadi Djakfar, S.Sos.,MTP Wakil Ketua Amir Hamzah, SH dengan Anggota, Marzuki A. Karim, SH, Muhammad Ali. HS, Sukarni, S.Sos, Muhammad Iqbal, Andika Ismail, Afrizal, SH, Rizal Mustopa, SIP.,M.SI,  Armin Heryadi, SIP, Hj. Febti Wulansari,SKM., M.Kes, Taufik Artama,  Dedi Damhudi.

Pansus Penyusunan Program Kerja yang di ketuai oleh Abdul Rozak Rusdy, ST, Wakil Ketua  Safari yang beranggotakan  Basri M Zahri, SPd., M.Si, Zainab,S.Pd, Arif Fahlevi, Zahrudin,SE, H. Sopian, Arsudin Ruslan, ST, Mulyadi Abdullah, Desmaniar, Rosita, Dewi, Firmansyah,  Arham Padoli. (Humas DPRD OI/Red)