Gemilang Terkini

Jumat, 06 September 2019

Palembang di selimuti Asap, Ini yang dilakukan Rumah Zakat

PALEMBANG, gmjnews.com- Kabut asap menyelimuti Kota Palembang akhir-akhir ini menyebabkan kualitas udara tidak sehat serta membatasi jarak pandang di pagi hari.

Melihat kondisi ini Relawan Rumah Zakat membagikan masker kepada pengendara bermotor dan pejalan kaki yang melintas di simpang lampu merah Jakabaring Palembang Jumat (6/9/2019).

Bambang Kurniawan Koordinator Relawan Rumah Zakat Action Palembang mengungkapkan bahwa Kabut asap disebabkan oleh kebakaran hutan yang terjadi belakangan ini di beberapa wilayah di Sumatera Selatan.
"Kondisi asap semakin tebal terkhusus saat pagi hari dimana semua aktivitas kita dimulai, kita Relawan Rumah Zakat Palembang segera turun ke jalan untuk aksi pembagian masker sebagai langkah awal pencegahan gangguan pernapasan bagi masyarakat serta bentuk kepedulian terhadap sesama" tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dra. Lesty Nuraini, Apt M.Kes berharap agar masyarakat secara mandiri mampu mengatasi permasalahan kesehatan khususnya menghadapi dampak buruk asap yg bisa  datang mendadak.

“Oleh sebab itu pula menggunakan masker saat berpergian keluar rumah dapat mengurangi paparan partikel kabut asap. Terpapar diruang terbuka tanpa masker dalam waktu yang lama bisa menyebabkan Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), makanya kita harapkan kalau keluar masyarakat jangan terlampau lama terpapar dengan kabut asap, kalau pun lama lebih baik menggunakan masker,” pungkasnya.

Berdasarkan hasil pantauan kualitas udara yang dihimpun dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel,  kualitas udara masih dikategorikan baik, penjelasan baik yang dimaksud adalah tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan maupun nilai estetika. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar