Gemilang Terkini

Senin, 02 September 2019

DPMD OI Sosialisasi Pilkades Serentak

OGAN ILIR, gmjnews.com- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OI menggelar Sosialisasi kepada 54 Desa di OI terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tanggal 21 November 2019 mendatang, Selasa (3/9/2019).

Kepala DPMD, Trisnopilhaq mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat, BKD, Kepala Desa (Kades) dan Pemerintah Kecamatan dalam pelaksanaan Pilkades di bulan November nanti, agar berjalan aman dan damai.

“Perlu melibatkan semua elemen di masyarakat desa agar Pilkades nanti tidak menjadi ajang perpecahan, misalnya karena beda pilihan terjadi keretakan didalam hubungan keluarga,” Katanya.

Dikatakannya, pihaknya akan memberdayakan stakeholder terkait pengetahuan tentang pedoman serta aturan untuk pelaksanaan Pilkades. Sehingga para stakeholder dapat mensosialisasikan kepada masyarakat nantinya.

Mengingat Pilkades serentak nantinya akan diikuti 54 Desa di 16 Kecamatan di OI, kemungkinan akan terjadi tingkat kerawanan, sehingga penting pencegahan sejak dini dengan melakukan sosialisasi.

“Selain melibatkan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder, dibutuhkan tingkat pengamanan yang ekstra dari kepolisian Polres OI dan Dandim agar berjalan dengan aman dan damai,” Terangnya.

Pihaknya juga berharap, pelaksanaan Pilkades nanti bisa berjalan dengan sukses, aman dan kondusif, serta menjunjung nilai demokratis yang sehat.

“Selain itu, kita masyarakat di oganilir mempunyai pedoman dalam ikatan, yakni hubungan batin yang kuat,” pungkasnya.

Hadir dalam Kegiatan Sosialisasi itu dihadiri Asisten I Drs.Rahman Rosidi, dan 108 panitia Pilkades, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kades, Perangkat Desa dan BKD. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar