Gemilang Terkini

Jumat, 31 Januari 2020

23.55

Rezeki Tak akan Kemana, Tapi Jika Tak Kemana-mana Tak akan Dapat Rezeki

gmjnews.co.id- REZEKI tak kemana, rejeki tak pernah salah dan rezeki selalu datang di saat yang tepat. Ya, itulah ungkapan yang umum sering kita dengar. Sebab semua makhluk di bumi ini sudah diatur rezekinya. Jangan khawatir kita kelaparan tak bisa makan, jangan khawatir banyak anak tak bisa kita kasih makan, sebab Allah pasti memberikan kita rezeki.

Karena Bekerja Keras adalah Prinsip Hidup Muslim
Saya merasakan betapa Allah SWT berulang ulang kali memberikan rezeki itu secara tiba-tiba dan di luar dugaan kita. Malah saya memasang kata-kata syaikh Hasan Al-Basri untuk mengingatkan bahwa Allah senantiasa akan memberi rezeki pada kita.

Aku tahu, jatah rezekiku tidak akan diambil orang lain, sehingga aku bisa tenang mengarungi hidup ini.

Aku tahu, pekerjaan ini tida dapat diwakilkan kepada orang lain, sehingga aku bersungguh-sungguh mengerjakannya.

Aku tahu, kematian itu selalu mengintip setiap saat, sehingga aku bersiap-siap menghadapinya.

Aku tahu, Allah SWT Maha Melihat, sehingga aku malu jika Dia melihatku dalam keadaan bermaksiat.
(Syaikh Hasan Al-Basri)

Tidaklah pencapaian perusahaan kita sejauh ini karena saya, mitra saya, teman saya dan karyawan saya. Tetapi semuanya karena pemberian dan titipan yang Allah percayakan. Mudah-mudahan kita semua diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk membuat semua lebih baik. Bukankah manusia sudah diberikan kepercayaan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini?

Kita sudah diberi Allah SWT jatah rejeki tiap harinya. Karena begitu luas dan banyak yang Allah S.W.T persilahkan ambil di bumi ini (tentunya yang halal dan dengan cara halal) . Terus kita mau ambil berapa jatah kita perhari? 1 juta? 2 juta? 100 juta?

Kalau memang rejeki, tak akan kemana. Namun jika tak kemana-mana bagaimana mau dapat rejeki? Sehingga aku bersungguh-sungguh mencari Rahmat-MU.

Sumber: http://www.siraman.info/2020/01/rezeki-tak-akan-kemana-tapi-jika-tak.html?m=1
04.46

Bupati OI Tutup MTQ ke 28 Tahun 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M Ilyas Panji Alam Resmi menutup Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 28 Tahun 2020 tingkat Kabupaten OI, yang digelar di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Indralaya, Jumat (31/1/2020).

MTQ ke 28 tahun 2020 ini diikuti oleh 16 kecamatan di OI, adapun hasinya yakni kafilah Kecamatan Indralaya berhasil menyabet juara pertama, disusul Kecamatan Indralaya Selatan dan kafilah Indralaya Utara. Atas keberhasilan itu, Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam menyerahkan piala bergilir serta tropi dan uang pembinaan.
Ketua panitia MTQ ke 28 sekaligus Sekda OI H. Herman mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten yang digelar dari tanggal 27-31 Januari 2020 berhasil dengan sukses. 

"Keberhasilan ini atas kerjasama semua pihak hingga MTQ ke 28 tahun 2020 berjalan dengan lancar dan sukses" Kata Sekda OI.

Sementara itu, Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam saat penutupan MTQ ke 28 tahun 2020 dalam arahannya antara lain mengatakan, tujuan MTQ ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta terhadap Al-Quran, diperlukan perhatian dan keterlibatan seluruh komponen agar kegiatan MTQ berjalan dengan sukses.
“Kepada pemenang diucapkan selamat dan dapat dipertahankan prestasi dan terus berlatih untuk mengharumkan nama kabupaten OI pada MTQ tingkat propinsi yang akan berlangsung bulan April di Prabumulih,” Ujar Bupati OI.

Hadir dalam acara penutupan MTQ ke 28 tersebut, Kapolres OI, Kajari OI, para asisten Setda, Ketua TP PKK OI, Ketua Dharma Wanita, para kepala OPD, seluruh camat dalam Kabupaten OI, dewan hakim dan seluruh kafilah. (Red)

04.15

Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Demokrat, Ovi-Ardani Siap Bertarung di Pilkada OI 2020

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ahmad Wazir Noviandi atau yang akrab disapa Ovi yang merupakan Bakal Calon Bupati Ogan Ilir (OI) dan juga Ardani Bakal Calon Wakil Bupati OI hari ini, Jum'at (31/1/2020) mengambil Formulir Pendaftaran di Partai Demokrat OI.
Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati OI Aw. Noviadi dan juga Ardani untuk kembali mencalonkan diri pada Pilkada Ogan Ilir pada September 2020 nanti sepertinya akan semakin kuat.

"Setidaknya ada lima partai politik yang akan memberikan dukungan untuk maju di pilkada 2020. Namun, kita belum menentukan sikap nantinya partai mana yang kita pilih, saya berharap semua partailah yang mau berkoalisi dengan saya di pilkada nantinya,” Kata Ovi didampingi Ardani ketika diwawancarai seusai mengambil Formulir Pendaftaran.

Ditambahkannya, "Saya sangat berharap partai Demokrat juga bisa memberikan dukungan untuk di pilkada 2020 ini" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya:


Kamis, 30 Januari 2020

19.01

Diduga Akibat Limbah Debu PT. SPF, warga Taman Gading Keluhkan Gatal-gatal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Limbah debu yang dikeluarkan oleh PT. Sumatera Prima Fiberboard (SPF) akhir-akhir ini membuat warga sekitar terutama warga Komplek Taman Gading mengeluhkan gatal-gatal.

Hal ini yang dikatakan oleh salah satu warga Ris, Kamis (30/1/2020) menurutnya untuk limbah debu ini sudah berlangsung sejak desember lalu, dan sangat menggangu aktifitas serta kesehatan warga sekitar. 
"Akibat dari debu ini kami merasa gatal-gatal, batuk, mual-mual, apalagi bau yang menyengat, yang terasa sekali saat malam hari, debu yang berterbangan sangat banyak dan jelas hal ini menganggu pernafasan kami" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Tolonglah agar kiranya ada solusi terkait masalah ini, agar kami bisa tenang tidak lagi ada debu, bau dan juga bising, karena kejadian seperti ini sudah lama terjadi" Harapnya.
Sementara itu, Kadus III Desa Palemraya Pik mengatakan bahwa dalam beberapa minggu terakhir ini ada keluhan dari warga, masalah pencemaran debu hasil produksi dari PT. SPF yang terletak di pemukiman warga di desa palemraya.

"Jadi dengan adanya pencemaran debu ini masyarakat disekitar pabrik merasa resah merasa tercemar dari lingkungan sampai pernafasan sampai ke rumah-rumah, pakaian setelah dijemur kemudian dipakai masih tetap merasa gatal" Katanya.
Dijelaskannya, "Begitupun dari halaman rumah dan juga di perabotan rumah sampai kedalam rumah, jadi kami untuk antisipasi dari pihak RT dan Kadus untuk sementara sebelum ada solusi dari pihak perusahaan kami diusahakan untuk menjaga kesehatan diusahakan memakai masker" Imbuhnya.

Sementara itu, pihak management PT. SPF Ketika hendak dikonfirmasi terkait masalah limbah debu dan bau ini, hingga berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi. (Red)

Rabu, 29 Januari 2020

20.48

Ogan Ilir Aman dari Virus Corona

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) Melalui Dinas Kesehatan OI memastikan belum ada indikasi masyarakat di Kabupaten OI yang terpapar virus corona.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan OI Dr. Nurharlinah ketika diwawancarai, Kamis (30/1/2020) mengatakan bahwa untuk Kabupaten OI bebas dari Virus Corona.

"Untuk Ogan Ilir dipastikan bebas dari yang namanya virus corona, dan tadi kita sudah sosialisasikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Ogan Ilir" Kata Kadinkes OI.

Ditambahkannya, " Untuk ogan ilir belum ada yang ditemukan. Setelah itu kita juga siap-siap, mengantisipasi dengan cara membuat dan meneruskan edaran dari kementrian kesehatan edaran dari provinsi diteruskan ke puskesmas, hari ini kami koordinasi dengan puskesmas se- ogan ilir untuk berdiskusi untuk mengantisipasi kejadian virus corona ini, mungkin insya Allah pada hari senin saat kopi morning kami akan sosialisasikan di setiap Opd-opd, dan untuk seluruh puskesmas edaran sudah selesai, untuk di ogan ilir saat ini dalam posisi aman" Terangnya. (Red)

Berikut Videonya:

03.10

Besok, KPU OI Adakan Test Tertulis 391 Calon PPK

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) besok (30/1) akan melaksanakan test tertulis bagi 391 para calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di gedung serbaguna Caram Seguguk Ogan Ilir Pemda lama.

"Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati Ogan Ilir tahun 2020" Kata Ketua KPU OI Masuryati saat ditemui awak media di gedung serbaguna Caram seguguk Indralaya. Rabu (29/1/2020) Sore.

Dikatakan Masuryati, para peserta yang mengikuti test besok berasal dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 391 orang, jumlah tersebut dari 415 yang mendaftar jadi yang tidak lulus ada 24 orang tidak lulus administrasi.

Masih kata Masuryati, dari jumlah 391 orang peserta yang akan mengikuti seleksi test tertulis besok akan diterima 80 orang. 

"PPK dibutuhkan 80 orang. Jadi setiap Kecamatan ada 5 orang dikali 16 Kecamatan. Besok akan dilaksanakan test tertulis di gedung serbaguna  Caram Seguguk OI kantor Pemda lama," Katanya.

Ditambahkannya, "Test tertulis tersebut tentang kepemiluan, kewilayaan Ogan Ilir, masalah tehnis, dukungan calon perseorangan, verifikasi, calon-calon, pemungutan dan penghitungan suara" Ujarnya.

Disinggung adanya calon anggota  PPK titipan. Masuryati mengatakan, kita tetap mengikuti prosedur yang ada. 

"Tidak ada istilah titipan-titipan atau lain-lain. Kita sesuai prosedur hasil test tertulis," pungkas Masuryati. (Gheka)
01.06

Waspada Virus Corona, Rumah Zakat berikan tips Pencegahannya

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada tahun 2019 dan menyebar ke beberapa negara. Virus ini umumnya ditemukan pada hewan, namun pada manusia virus ini menyebabkan flu biasa hingga yang lebih parah seperti Mers dan Sars.

Saat ini tengah merebak Virus Corona, dan sudah mulai menyebar ke negara-negara lain, tetapi kita tidak boleh panik dengan ini karena penyebaran virus bisa diminimalisir dengan kita mengetahui apa penyebabnya, apa gejala umum yang muncul serta melakukan upaya pencegahan.

Melihat kondisi ini Sugandi, S.KM Publich Healt Rumah Zakat Sumatera Selatan ikut prihatin. Ia memberikan tips cara pencegahannya.

“Sahabat bisa mencegah penularan virus ini dengan melakukan rekomendasi pencegahan dari WHO (organisasi kesehatan dunia) dengan beberapa cara. Pertama dengan teratur mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah berpergian, atau setelah ke tempat umum, pokoknya pastikan kita mencuci tangan dengan baik dan benar”, ujar Gandi, Rabu (29/1/2020).

Selain itu menurut Gandi tutup mulut dan hidung saat bersin, jika sedang flu disarankan menggunakan masker. Terus biasakan kita memasak makanan hingga benar-benar matang seperti daging dan telur.

“Sebagai tambahan agar daya tubuh tidak menurun dan tidak rentan terhadap virus kita harus pertahankan gaya hidup yang sehat ya sahabat Dan yang terakhir jangan lupa kita meminta pertolongan kepada Allh SWT dengan berdoa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat menghadapi wabah”, Terangnya.

Sebagaimana Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa melihat seorang tertimpa bala’ (wabah penyakit), kemudian dia berdoa:" Segala puji bagi Alloh yang telah menyelamatkan aku dari apa yang Engkau timpakan kepadanya (berupa penyakit), dan (segala puji baginya) yang telah melebihkan aku atas hamba-hambanya”

Siapa membaca doa ini, niscaya dia akan diselamatkan dari bala itu selama dia hidup. Hadits ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi no. 3431 dan dihasankan oleh Sheikh Al Albani.

“Wallahualam bisowab, semoga Allah selalu menjaga kita dan keluarga kita dari berbagai macam virus dan penyakit yaa sahabat”, pungkas Gandi. (Medi RZ)

Selasa, 28 Januari 2020

06.31

Bupati OI Lantik Kades Ulak Bedil Terpilih

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Mukhlis, yang merupakan Kepala Desa (Kades) terpilih Desa Ulak Bedil Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) Resmi dilantik oleh Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam SE, SH, MM didampingi sejumlah Kepala OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI, Selasa (28/1/2020).

Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir mengucapkan selamat kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik, dengan harapan kepala desa yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan diwilayah Kabupaten Ogan Ilir khususnya di Desa Ulak Bedil Kecamatan Indralaya semoga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.
"Sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu Saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI, nanti akan kita jalankan program Transformasi Pertanian bekerja sama dengan Forkopimda Kabupaten OI dimulai dari Kecamatan Pemulutan dan Kecamatan yang lainnya, kita akan memanfaatkan seluruh lahan tidur sehingga bisa digunakan untuk bercocok tanam, kita akan manfaatkan ini untuk meningkatkan SDA dan SDM di Kabupaten OI sehingga kita kedepan bisa membuat Kabupaten OI menjadi lumbung Pangan Nasional.
"Dan teruntuk Camat dan Kades agar segara didata lahan-lahan tidur sehingga tidak ada masalah dalam menjalankan Program Transformasi Lahan di Kabupaten OI. Sekali lagi kami mengharapkan agar kiranya Saudara Kepala Desa yang baru dilantik dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian, dan senantiasa menempatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas." Ujarnya. (Ril/ Red)

Senin, 27 Januari 2020

18.56

Ketua DPRD OI Hadiri Pembukaan MTQ Ke 28

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI), Soeharto HS hadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran MTQ Tingkat Kabupaten OI ke-28, di KPT Tanjung Senai, Senin (27/1/2020).

Acara tersebut diawali dengan Pawai Ta’aruf yang dikuti oleh Kafilah 16 Kecamatan se- OI, mulai dari Masjid An-Nur Tanjung Senai menuju lokasi acara.

MTQ ke-28 dibuka Bupati OI didampingi Ketua DPRD, Kajari, Kapolres, Dandim, Sekda, Sekretaris DPRD dan para Asisten Sekda.

MTQ  tersebut bertema ‘Dengan MTQ ke-28 Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT, Mari Lanjutkan Pembangunan Ogan Ilir Sejahtera dan Gemilang’. (Red)

Minggu, 26 Januari 2020

23.53

Bupati Ogan Ilir Buka MTQ ke XXVIII

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M Ilyas Panji Alam SH, SE, MM membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten ke XXVIII. Acara pembukaan MTQ tersebut digelar di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI Tanjung Senai, Senin (27/1/2020).
Dalam Pembukaan MTQ ke XXVIII ini ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan oleh Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam yang didampingi Ketua DPRD OI, Suharto SH, Kajari OI Ady Tyogunawan, Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi, Kepala Kantor Kemenag OI H Kholil Azmi, Ketua LPTQ OI H. Herman SH, MM.
Dalam sambutan dan arahannya Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam, MTQ ini hendaknya senantiasa dapat kita jadikan sebagai kesempatan yang baik untuk merefleksi, berzikir dan bertafakur untuk membangun akhlak kita sebagai ummat di tengah-tengah era globalisasi dengan kemajuan dunia digitalisasi yang memberikan berbagai dampak bagi kita semua.
"Saya berharap moment MTQ bermakna dan niat yang jauh lebih mulia di dalamnya yaitu sebagai upaya membumikan Al-Qur’an dan mencetak generasi muda Qur’ani," Kata Bupati OI.

Bupati OI juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk kembali kepada nilai dan makna hakiki yang terdapat dalam Al-Qur’an, bukan hanya sekedar pajangan yang menghiasi lemari, bukan pula sekedar membacanya akan tetapi mampu mengamalkannya dalam kehidupan kita.
"Jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menjalankan tatanan kehidupan kita, beragama, bermasyarakat dan ketaatan ibadah juga ketekunan mengamalkannya, dan mari Jadikan MTQ ini Momentum Syiar Al Qur'an Menuju OI Gemilang" Terang Bupati OI. (Ril/Red)

Sabtu, 25 Januari 2020

02.57

Spesialis Pencuri Tempat Kos Ini Akhirnya Dibekuk Polisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga, begitu juga aksi kriminal yang dilakukan Suher (25). Pria asal Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) ini akhirnya tidak dapat berkutik saat petugas dari Satres Polsek Indralaya melakukan penangkapan terhadapnya.

Tersangka ketangkap basah ketika melajukan aksi kejahatan mencuri rumah kosan Mahasiswa di Kost H.Ufen Jln.Sarjana Blok B No.29 Rt.03 Kel.Timbangan Kec. Indralaya Utara Kab.Ogan Ilir.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi SIK, MH, melalui Kapolsek Indralaya AKP. Helmi Ardiansyah, SH.MH didampinggi Kanit reskrim Polsek indralaya IPDA Supriadi Garna SH kepada awak media mengatakan, Polsek Indralaya Pada hari Jum'at tanggal 24 Januari 2020 sekira pukul 09.15 Wib dalam perkara tertangkap tangan melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan TKP Kost H.Ufen di Jln.Serjana Blo B No.29 Rt.03 Kel.Timbangan Kec. Indralaya Utara Kab.Ogan Ilir.

Pelaku Suher (25) warga Desa Sakatiga Seberang ini tertangkap saat melakukan tindak kejahatan curas di tempat korban Natsha Belidra Zarmas di kosan H Ufen Jalan Sarjana. 

Saat beraksi pelaku masuk kamar kosan yang pintunya sedang terbuka dan mengambil handphone oppo F7 warna merah milik korban. Namun aksinya kali ini ketahuan korban dan terjadilah aksi curas di tempat korban.
Pelaku yang berusaha melarikan diri dengan membawa Handphone milik korban. Melihat hal tersebut korban berusaha merebut barang miliknya tapi tidak berhasil karena pelaku berusaha kabur mengendarai sepeda motor. 

Akibat kejadian tersebut selain korban Mahasiswa Unsri ini mengalami luka lecet sebelah kanan dan mata kaki sebelah kanan betis serta jempol kaki sebelah kiri. karena terseret motor pelaku yang berusaha kabur. Juga kehilangan kehilangan 1 (satu) unit handphone Oppo F7 warna merah yang ditaksir senilai Rp. 3.800.000.

Namun berkat kesigapan petugas kepolisian sektor Indralaya yang sedang melaksanakan giat patroli hunting di seputaran jalan sarjana blok B Rt.03 kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir.

"Mendapat informasi kejadian tersebut kami mendatangi Tkp dan selanjutnya melakukan pengejaran terhadap pelaku dan kemudian berhasil mengamankan pelaku ke Mapolsek Indralaya untuk diproses hukum berikut barang bukti berupa 1 (satu) unit handphone merk Oppo F7 youth warna merah, 1 (satu) unit sepeda motor honda revo warna hitam no.pol BG 3501 TG.

Dari hasil pemeriksaan, dihadapan petugas pelaku mengakui perbuatannya.

"Dari bulan Desember 2019 s/d akhirnya pelaku ditangkap, pelaku telah sering melakukan tindak pidana Curat diseputaran rumah kost di jalan Sarjana Kelurahan Timbangan, Ogan Ilir. Adapun barang-barang diambil beragam berupa laptop dan handphone dan tersangka sampai sekarang masih dilakukan pemeriksaan," kata Kapolsek Indralaya Helmi.

Dijelaskannya, "Karena melawan hukum melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) maka pelaku akan dikenakan Pasal 365 (1) KUHP ancaman hukuman pidana penjara  selama-lamanya 9 tahun," pungkasnya.(Gheka)

Jumat, 24 Januari 2020

02.47

Cegah Stunting, Bupati OI Bagikan 50 Ribu Telur, Biskuit, dan Susu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam, pastikan distribusi 50 ribu telur dari Japfa juga Biskuit dan Susu dari Dinas Kesehatan Kabupaten OI  tepat sasaran, bersama seluruh Kepala Puskesmas Se-Kabupaten OI Sukseskan Program Cegah Stunting di Kabupaten OI, Jum'at (24/01/2020) bertempat di Rumah Dinas Bupati KPT Tanjung Senai Indralaya.

Bupati OI menyampaikan bahwasanya, Puskesmas adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di Daerah-daerah khususnya di Kabupaten OI ini.
"Saya sangat mengapreasi penuh kinerja dari setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten OI karena sudah memberikan pelayanan yang sangat baik terhadap masyarakat Kabupaten OI. Mulai dari fasilitas Puskesmas yang sudah mencukupi dan hampir tidak ada keluhan yang aneh-aneh saya dengar dari masyarakat, sangat membanggakan sekali, keadaan seperti ini harus terus kita pertahankan dan terus tingkkatkan, semoga apa yang kalian lakukan untuk masyarakat dapat menjadi amal bagi kehidupan yang kekal kelak, jadikanlah berbuat baik sebagai gaya hidup dan jangan pernah menghitung apa yang saudara lakukan insyaAllah perbuatan saudara akan di balas oleh Allah SWT" Kata Bupati OI.

Bupati OI menegaskan juga, "Pembagian 50 ribu telur ini harus tetap dikawal pendistribusiannya, sehingga tepat pada sasaran yang sudah ditetapkan, seperti anak-anak kurang mampu dan ibu-ibu hamil, sehingga masyarakat di Kab. OI ini semuanya memiliki gizi yang baik dan mencukupi hingga dapat gejala stunting dapat dicegah." Tutupnya. (Ril/ Red)
01.15

66 BPD Kecamatan Sungai Pinang Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Sebanyak 66 Orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Sungai Pinang Resmi dilantik oleh Camat Sungai Pinang Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Drs. Edi Rahmat, M.Si yang mewakili Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, Jum'at (24/1/2020).

Pelantikan anggota BPD tersebut digelar di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Pinang yang dihadiri oleh Seluruh Kepala Desa Se Kecamatan Sungai Pinang OI.
Camat Sungai Pinang Drs. Edi Rahmat, M.Si ketika diwawancarai mengatakan bahwa, untuk Pelantikan anggota BPD hari ini sebanyak 66 Orang

"Anggota BPD yang dilantik hari ini sebanyak 66 orang dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Sungai Pinang, dan semoga untuk anggota BPD yang dilantik bisa bekerjasama dengan Kepala Desa" Kata Camat Sungai Pinang, Drs. Edi Rahmat, M.Si.

Ditambahkannya, " Selama ini mungkin antara kepala desa dan juga BPD suka tidak singkron, dan dengan dilantiknya anggota BPD yang baru sebagai mitra artinya BPD yang dalam melaksanakan tupoksinya yang secara garis besarnya saya katakan tadi ada tiga, pertama legislasi, kemudian penyaluran aspirasi masyarakat, kemudian yang ketiga pengawasan, ini dapat berjalan secara maksimal berimbang dan dapat mendukung segala macam kebijakan kepala desa sehingga apa yang menjadi program desa, program kecamatan, maupun pemerintah kabupaten bisa berjalan secara optimal" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya:

Selasa, 21 Januari 2020

23.18

Serah Terima Bantuan Peduli Lahat dari SMAN 1 Pendopo

EMPAT LAWANG, gmjnews.co.id- Relawan Inspirasi Rumah Zakat bersama tim dari Empat Lawang peduli lahat (AMMAL, FLP, ROHIS, OSIS dan IRMA) menjemput bantuan dari keluarga besar SMAN 1 Pendopo yg digelar oleh pengurus osisnya sejak Rabu sampai Jum'at (15-17 Januari 2020) yg dilaksanakan di sekolah dan dijalan umum lingkungan sekolah. Ujar Luki sbg ketua Osis, Selasa (21/1/2020) kemarin.

Zakuan selaku Kepala Sekolah menyampaikan apresiasinya kepada pengurus OSIS dan tentu sangat mendukung kegiatan ini untuk merawat kepedulian sesama atas musibah yg menimpa saudara-saudara kita serta berterima kasih kepada Ammal beserta Relawan Rumah Zakat yg sudah bekerjasama untuk aksi peduli ini.
Penjelas Pembina OSIS saat dimintai pendapatnya. Menurut Saya program kemanusiaan ini sangatlah berguna untuk pengurus OSIS SMAN 1 pendopo, selain mendidik jiwa kemanusiaanya, juga menumbuhkn rasa saling peduli terhadap saudara kita yang sedang mendapatkn musibah.

"Maka dari itu saya mewakili OSIS SMAN 1 Pendopo sangat mendukung penuh program ini, dan kami juga berharap untuk kedepannya selalu diikutsertakan" Kata Riki

Terakhir, Jon Kenedi selaku ketua Umum AMMAL serta Relawan Rumah Zakat beserta tim yg menerima bantuan yg langsung diserahkan oleh kepala sekolah. Saya bersama tim sangat berterima kasih atas bantuannya dan tentu ini menjadikan bergeraknya nurani kita untuk sama-sama peduli atas apa yang bisa kita berikan untuk kebaikan kita dan orang lain. (Medi RZ)
22.42

Pemkab OI melalui Dinkes Terima CSR Japfa Peduli Gizi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka mensukseskan Program Cegah Stunting di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam melalui Kadinkes OI  Dr. Nurhalinah, S.Kep., M.Kep., Sp.Kom., terima CSR dari Japfa Peduli Gizi, 50.000 butir telur ayam yang akan didistribusikan ke 26 Puskesmas di 16 Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten OI, Rabu (22/1/2020) bertempat di Depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten OI, Jln. Lintas Palembang-Kayu Agung Pemda Lama.
Kadinkes OI Dr. Nurharlinah mengatakan, dengan bantuan 50.000 butir telur ini yang akan langsung di distribusikan kepada Kepala Puskesmas yang hadir dan semua akan dipantau secara langsung sehingga sesuai dan tepat sasaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan seperti Ibu hamil, balita atau yang sudah mengalami stunting, dan semua diutamakan dari keluar miskin.

"Dalam mensukseskan cegah stunting ini kita berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Dinas Peternakan Kabupaten OI, dalam mengkoordinasikan fokus sasaran penerima yaitu Siswa PAUD, TK, SD/MI, Santri Pondok Pesantren, Balita Stunting/Wasting dan Warga Terdampak Bencana (Pengungsi)" Kata Kadinkes OI, Dr. Nurharlinah. (Ril/ Red)

Senin, 20 Januari 2020

21.10

Rumah Zakat Bersama MNC Sekuritas Luncurkan Wakaf Saham

JAKARTA, gmjnews.co.id- Sebagai lembaga yang sudah 22 tahun berkomitmen memberdayakan Indonesia melalui dana ZIS dan WAKAF, bukanlah perjalanan mudah untuk mensosialisasikan wakaf produktif di Indonesia. 

Di awal perjalanannya Rumah Zakat mulai memperkenalkan wakaf lewat program-program charity seperti wakaf jembatan, wakaf sumur air, mesjid, dan penyediaan berbagai fasilitas umum. Pada tahap selanjutnya, Rumah Zakat mulai beralih menawarkan wakaf untuk dikelola sebagai aset produktif. 

Dimana dana wakaf dialokasikan untuk pengelolaan kebun produktif, sekolah, dan juga klinik. Dan kini Rumah zakat mulai bergerak untuk mengelola wakaf saham. 

Selasa (21/01/2020) di Ballroom Bursa Efek Indonesia Rumah Zakat bersama MNC Sekuritas didukung oleh Bursa Efek Indonesia Pasar Modal Syariah telah meluncurkan wakaf saham.
Wakif bisa mewakafkan seluruh harta namun tetap mempertahankan pokoknya sebagai bagian dari wakaf. Pemanfaatan saham akan disesuaikan dengan akad wakaf. Dengan adanya wakaf saham, investor akan melakukan dua hal bersamaan yaitu investasi sekaligus kegiatan sosial. 

Peluncuran Wakaf saham ini ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman kemitraan wakaf saham yang dilakukan oleh CEO Rumah Zakat Nur Efendi dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, didampingi oleh Chief Wakaf Officer Rumah Zakat Indonesia Soleh Hidayat dan Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas Fifi Virgantria. 

Seremoni ini juga disaksikan oleh Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia Bursa Efek Indonesia Risa E. Rustam.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi dalam sambutannya menyampaikan bahwa hakikatnya wakaf hanya dipergunakan untuk kemaslahatan umat. Harta wakaf yang dititipkan kepada lembaga wakaf atau yang disebut nadzir harus diproduktifkan, sehingga menghasilkan manfaat bagi orang yang membutuhkan. 

“Oleh karena itu kami meyakini bahwa wakaf merupakan instrumen yang  sangat penting dalam upaya pemberdayaan masyarakat Indonesia” ujarnya

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menyambut positif kerja sama yang baru terjalin ini. Perkembangan pasar modal syariah di Indonesia saat ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan investor syariah MNC Sekuritas, jelasnya. Tidak tanggung-tanggung, peningkatan jumlah investor syariah MNC Sekuritas per Desember 2019 mencapai 78% dibandingkan dengan tahun 2018. 

“Sebagai sekuritas yang memiliki wakaf digital pertama di Indonesia, MNC Sekuritas berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi di berbagai wilayah Indonesia. Melalui 134 point of sales, kami optimis peningkatan investor syariah, termasuk wakif yang berwakaf melalui MNC Wakafku, akan semakin signifikan pada tahun ini. Dengan sistem yang canggih dan praktis, berwakaf saham dan uang yang ada di Rekening Dana Nasabah (RDN) dapat lebih mudah dan fleksibel,” jelas Susy.

Nur Efendi pun berharap dengan program ini, pemahaman umat muslim pada wakaf dapat semakin meningkat. Dan wakaf bisa menjadi salah satu jalan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

“Pemanfataan wakaf saham akan mendukung pergerakan ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) yang menaungi potensial untuk tumbuh besar di 2.814 titik desa berdaya  yang tersebar di seluruh Indonesia” pungkas Nur Efendi. (Medi RZ)
00.51

Komisi IV DPRD OI Menerima Pengaduan Dugaan Penganiayaan Terhadap Siswi SMAN 1 Kandis, Serta Dugaan Penganiayaan Siswa SMPN 7 Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menerima pengaduan salah Siswi SMAN I Kandis Kecamatan Kandis Kabupaten OI yang diduga merupakan korban penganiayaan oleh oknum gurunya disekolah.

Korban yang didampingi oleh Kades Tanjung Serian serta kakeknya menghadap ke Komisi IV DPRD OI. Untuk mengadukan perihal yang terjadi pada dirinya. Korban diterima langsung oleh Ketua beserta anggota Komisi IV bertempat diruang rapat Komisi, Senin (20/1/2020).

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi IV Rizal Mustopa, SIP., M.Si, hadir Wakil Ketua H. Husnul Anam, S.HI, Sekretaris Hj. Pebti Wulansari, SKM., M.Kes, Anggota  Basri M Zahri, S.Pd., MS.i, Safari, SH, Firmansyah, Ahmad Yadi, SH dan Rosita Dewi, hadir juga Afrizal SH serta Amir Hamzah, SH yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten OI dari Dapil III Tanjung Raja, Sungai Pinang, Kandis, Rantau Panjang dan Rantau Alai serta Sonedi Ariansyah.

Terkait kejadian tersebut  DPRD Kabupaten Ogan Ilir melalui Komisi IV akan melakukan langkah-langkah terkait dengan dugaan penganiayaan tersebut.

Langkah yang dilakukan yaitu mengeluarkan rekomendasi tentang dugaan penganiayaan kepada dinas pendidikan provinsi sumatera selatan agar ada upaya pembinaan terhadap oknum guru tersebut. Kemudian Komisi IV akan melakukan klarifikasi langsung melalui sidak dan pengawasan terhadap lembaga pendidikan Kabupaten OI khususnya SMAN 1 Kandis.

Diwaktu yang sama Komisi IV bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten OI melakukan rapat kerja, Rapat Kerja tersebut terkait dengan pemberitaan di media massa dan media online tentang adanya dugaan penganiayaan atas siswa SMPN 7 Pemulutan.

Dan terkait kejadian di SMPN 7 Pemulutan tersebut, Komisi IV DPRD Kabupaten OI akan melakukan proses klarifikasi dengan langkah mediasi bersama antara guru, orang tua siswa serta dinas pendidikan dan kebudaya Kabupaten Ogan Ilir, sehingga kejadian ini dapat diselesaikan secara damai dan kekeluargaan. (Ril/Red)
00.48

Terkait Proyek Peningkatan Jalan Penyandingan-Ulak Aurstanding, GPPMS Sampaikan Aspirasi Ke DPRD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) kembali menerima Aspirasi dari Gerakan Persatuan Pemuda Mahasiswa Peduli Sumatera Selatan (GPPMS), Aspirasi tersebut diterima langsung oleh Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si melalui Kabag Humas & Protokol Yuniarti, S.IP., M.Si didampingi Kasubag. Pelayanan & Aspirasi Masyarakat Cahya Loka, S.IP bertempat dihalaman gedung DPRD Kabupaten OI, Senin (20/1/2020).

Asiprasi yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut di koordinatori oleh Sobirin, serta M. Kurniawan selaku koordinator lapangan, dalam aspirasinya GPPMS meminta kepada DPRD Kabupaten Ogan Ilir dalam hal ini Komisi III untuk melakukan fungsi pengawasan dengan turun kelokasi untuk mengkroscek pekerjaan tersebut dalam menciptakan pembangunan infrastruktur yang transparan.

Dalam sambutan Kabag Humas & Protokol Yuniarti, S.IP., M.Si mengatakan, akan menyampaikan perihal Aspirasi tersebut kepada Komisi III DPRD Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

Minggu, 19 Januari 2020

22.16

Mau Durian yang Murah, manis dan Bagus, Disini tempatnya

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Mau durian yang manis dan juga murah, sebaiknya berkunjung ke Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), tepatnya disepanjang jalan yang ada di pinggiran pagar dekat Bank Sumsel Babel di Tanjung Raja.

"Luar biasa selain harga durian yang murah, rasanya juga manis dan bagus" Kata Yanti dan Emi, Pembeli Durian, Senin (20/1/2020).
Menurutnya, harga durian disini relatif murah dan juga kita dipilihkan langsung oleh penjual duriannya, karena dipilihkan langsung pasti durian yang dipilih bagus.

"Untuk harga durian cukup murah, antara harga 10 ribu hingga 30 ribu, itupun masih bisa ditawar, dan didiskusikan dengan penjual" Ujar Yanti.
Sementara itu, Penjual Durian Ahmadi yang akrab disapa Mang Pintil selaku penjual durian mengatakan bahwa untuk durian ini berasal dari linggau.

"Harganya mulai 10 ribuan untuk yang kecil dan untuk yang besar harganya 30 ribu, dan untuk duriannya dijamin manis, dalam sehari kita bisa menghabiskan 1000 sampai 1500 buah durian" Ujar Mang Pintil. (Red)

Berikut Videonya:


19.39

Curi Penrol Kereta Api, Dua Warga Limbang Jaya Dibekuk Polisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Leo (27) dan Sol (33) akhirnya tidak dapat berkutik saat petugas dari Tim Komodo Polres Ogan Ilir melakukan penangkapan terhadapnya. Kedua pelaku asal Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir ini ditangkap karena melakukan pencurian penroll kereta api milik PT KAI di Di KM 374 + 2/3 Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara, OI.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi, SIK, MH didampingi Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir AKP. Malik Fahrin Husnul Aqib SH SIk kepada awak media, mengatakan, Tim Komodo Satreskrim Pilres Ogan Ilir pada hari Sabtu 18 Januari 2020 pukul 02.00wib berhasil ungkap kasus  tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh Leo (27) dan Sol.(33) warga Desa Lumbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu, Ogan Ilir.

Kedua pelaku dibekuk sejam kemudian setelah melakukan pencurian penroll rel Kereta Api milik PT KAI KM 374+2/3 Desa Payakabung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. 
Adapun kronologis kejadian, pada Hari sabtu 18 Januari 2020 jam 01.30 wib di KM 374 + 2/3 Desa Payakabung Kec. Indralaya Utara Kab. OI, telah terjadi pencurian besi penrol penjepit rel kereta api milik PT. KAI.

Dalam menjalan aksinya, kedua pelaku mengambil besi penjepit penrol tsb, dengan cara dipukul memakai palu godam sehingga besi penrol terlepas dari rel kereta dan dibawa pelaku menggunakan dua sepeda motor metic.

Adapun barang yang diambil pelaku sebanyak 105 buah. Atas kejadian tersebut, korban melapor ke SPKT Polres Ogan Ilir guna ditindak lanjuti.

Kronologis penangkapan,  berdasarkan hasil laporan patroli Polsuska PT. KAI, bahwa di sekitaran TKP sering terjadi kehilangan besi penrol, maka pada hari Jum'at, 17 Januari 2020 sekira pukul 21.00 WIB Tim Komodo Satreskrim Polres Ogan Ilir menempati Kring Serse masing-masing, salah satunya di titik sekitaran TKP bergabung bersama Polsuska yang sedang patroli. Tiba-tiba pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020 sekira pukul 01.30 wib Tim Komodo Satreskrim Polres OI mendapat informasi dari salah satu petugas Polsuska bahwa terdengar suara besi dipukul. 

Dengan dibantu warga yang sedang melakukan ronda siskamling, Tim Komodo dan Polsuska langsung melakukan pengecekan ke arah sumber suara terdengar busi dipukul. 

Dan pada sekira pukul 02.00 WIB,  terlihat tersangka.Leo dan.Sol berada di TKP. Saat akan dilakukan penangkapan dan penggeledahan, kedua tersangka sempat melarikan diri dan dikejar Petugas dan Warga. 

Kemudian setelah tertangkap, dilakukan penggeledahan badan, ditemukan sajam terselip dipinggang dan di atas motor kedua tersangka, ditemukan barang bukti besi penrol sebanyak 105 buah dan palu godam berada didalam karung berwarna biru. 

Selanjutnya Tersangka berikut barang bukti berupa 1 Unit sepeda motor Honda Beat warna hitam tanpa Nopol, dan 1 Unit sepeda motor Yamaha Mio J warna hitam putih tanpa Nopol, 105 buah besi penrol dan  2 lembar karung, 1 buah palu godam, 1 buah senter , 1 bilah senjata tajam jenis pisau diamankan ke Mapolres Ogan Ilir guna pemeriksaan lebih lanjut. 

"Karena melawan hukum melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan maka pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama  
 7 tahun,"pungkasnya. (Gheka)


Sabtu, 18 Januari 2020

03.35

Berkunjung ke OKI, Mendes Sebut Desa Sedyo Mulyo 'Desa Surga'

OKI, gmjnews.co.id- Dalam Kunjungannya Ke Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Sabtu (18/1/2020). Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Abdul Halim Iskandar menyebut bahwa Desa Sedyo Mulyo merupakan salah satu Desa terbaik di Indonesia, ini merupakan desa surga. 

"Datang kesini saya kagum dengan tatanan kemasyarakatannya, dengan keindahannya, saya pesan untuk terus tingkatkan daya tahan masyarakat terhadap berbagai godaan terutama narkotika dan radikalisme" Kata Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Dikatakan Menteri Desa bahwa Desa Surga adalah desa yang telah mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, desa surga juga memberikan kenyamanan, kesejukan, keamanan, dan ketentraman, sehingga masyarakat betah untuk tetap tinggal di desa.
“Saya ingin memperbanyak desa surga. Desa surga itu semua untuk warga. Desa surga, jadi kalau warganya sejahtera, pembangunannya untuk warga, tidak ada sesuatu yang lain ya untuk warga,” Imbuhnya.

Dikatakan Menteri Desa bahwa Dana Desa yang dikucurkan ke Kabupaten OKI sebesar 293 M sudah terealisasi mencapai 100 persen.

"Terimaksih pak bupati dan para Kepala Desa dana Desa disini terserap dengan baik" Katanya.

Dijelaskannya, "Perubahan mekanisme Dana Desa di tahun 2020 ini yakni langsung ditransfer ke rekening desa tanpa melalui kas daerah. Dan ini merupakan bagian dari upaya percepatan realisasi dana desa. Gunakan sebaik-baiknya untuk infrastruktur padat karya agar warga di desa semakin berdaya" Terangnya.

Selain berdialog dengan masyarakat, Mendes Abdul Halim Iskandar juga mengunjungi balai desa serta infrastruktur lainnya yang ada di desa Sedyo Mulyo.

Mendes juga kagum dengan Koperasi desa yang mampu menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun desa.

"Ini koperasinya lengkap, punya produk lengkap, ekonomi di desa ini bergerak" jelasnya.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar, SE merasa bersyukur visi membangun OKI yang dimulai dari desa selaras dengan visi presiden membangun Indonesia dari pinggiran sehingga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

"Kami berterimaksih kepada pemerintah, dana desa telah mampu menjadi penggerak ekonomi di desa, kami yakin akan makin banyak desa surga di Ogan Komering Ilir" Ungkap Iskandar. (AP/Red).