Gemilang Terkini

Rabu, 29 Januari 2020

Waspada Virus Corona, Rumah Zakat berikan tips Pencegahannya

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada tahun 2019 dan menyebar ke beberapa negara. Virus ini umumnya ditemukan pada hewan, namun pada manusia virus ini menyebabkan flu biasa hingga yang lebih parah seperti Mers dan Sars.

Saat ini tengah merebak Virus Corona, dan sudah mulai menyebar ke negara-negara lain, tetapi kita tidak boleh panik dengan ini karena penyebaran virus bisa diminimalisir dengan kita mengetahui apa penyebabnya, apa gejala umum yang muncul serta melakukan upaya pencegahan.

Melihat kondisi ini Sugandi, S.KM Publich Healt Rumah Zakat Sumatera Selatan ikut prihatin. Ia memberikan tips cara pencegahannya.

“Sahabat bisa mencegah penularan virus ini dengan melakukan rekomendasi pencegahan dari WHO (organisasi kesehatan dunia) dengan beberapa cara. Pertama dengan teratur mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah berpergian, atau setelah ke tempat umum, pokoknya pastikan kita mencuci tangan dengan baik dan benar”, ujar Gandi, Rabu (29/1/2020).

Selain itu menurut Gandi tutup mulut dan hidung saat bersin, jika sedang flu disarankan menggunakan masker. Terus biasakan kita memasak makanan hingga benar-benar matang seperti daging dan telur.

“Sebagai tambahan agar daya tubuh tidak menurun dan tidak rentan terhadap virus kita harus pertahankan gaya hidup yang sehat ya sahabat Dan yang terakhir jangan lupa kita meminta pertolongan kepada Allh SWT dengan berdoa yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat menghadapi wabah”, Terangnya.

Sebagaimana Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa melihat seorang tertimpa bala’ (wabah penyakit), kemudian dia berdoa:" Segala puji bagi Alloh yang telah menyelamatkan aku dari apa yang Engkau timpakan kepadanya (berupa penyakit), dan (segala puji baginya) yang telah melebihkan aku atas hamba-hambanya”

Siapa membaca doa ini, niscaya dia akan diselamatkan dari bala itu selama dia hidup. Hadits ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi no. 3431 dan dihasankan oleh Sheikh Al Albani.

“Wallahualam bisowab, semoga Allah selalu menjaga kita dan keluarga kita dari berbagai macam virus dan penyakit yaa sahabat”, pungkas Gandi. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar