Gemilang Terkini

Rabu, 27 Oktober 2021

04.37

Kunjungi Korban Angin Puting Beliung di Kecamatan Pemulutan Selatan, Ini Kata Bupati Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terkait, Camat Pemulutan Selatan Mun'im, S.IP dan Kepala Desa Sungai Lebung, meninjau langsung rumah korban angin puting beliung yang bertempat di Desa Sungai Lebung, Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten OI, Minggu (24/10/2021).

Bupati OI Panca Wijaya Akbar menyampaikan Rasa duka yang mendalam atas kejadian musibah angin puting beliung ini, tercatat ada sekitar 30 rumah yang terkena dampak angin puting beliung dengan rincian ada 20 rumah rata dengan tanah dan 10 rumah mengalami rusak berat. 

"Jumlah tersebut berlokasi di Kecamatan Pemulutan Selatan dan tersebar di beberapa Desa seperti di Desa Sungai Lebung Ulu terdapat 3 rumah rata dengan tanah, di Desa Sungai Lebung ada 16 rumah rata dengan tanah dan 4 rumah mengalami rusak berat, di Desa Sungai Ondok terdapat 1 rumah rata dengan tanah, di Desa Harimau Tandang ada 4 rumah mengalami rusak berat dan di Desa Maju Jaya tercatat ada 2 rumah mengalami rusak berat" Kata Bupati OI.

Dengan adanya musibah tersebut, Bupati OI Panca Wijaya Akbar menugaskan Kepala Perangkat Daerah terkait untuk memberi bantuan dan mendirikan dapur umum agar segera bisa membantu warga yang terkena musibah angin puting beliung ini.

"Semoga dengan hal ini dapat meringankan, membantu dan memberi semangat kepada warga yang terkena musibah," Ujarnya. (Ril/Red)
04.29

Gubernur Sumsel Kunjungi Lokasi Bencana Angin Puting Beliung di Pemulutan Selatan Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sebelumnya Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Kali ini giliran Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru beserta jajaran kunjungi lokasi yang terdampak angin puting beliung di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

Kedatangan Gubernur Sumsel beserta jajaran guna menunjukkan kepedulian Pemerintah Provinsi Sumsel terhadap para korban yang terdampak, sekaligus memberikan bantuan bagi para korban. 

Saat akan memasuki wilayah Dusun IV Desa Sungai Lebung yang berada di tengah rawa, Gubernur Sumsel beserta rombongan harus menumpang kapal motor untuk sampai ke tujuan. 

Tiba di lokasi, Deru disambut warga yang menunggu di dapur umum desa setempat. Deru tampak berbincang dengan perangkat pemerintahan camat dan kepala desa setempat. 

"Saya dapat kabar, di wilayah Pemulutan Selatan ini ada 30 rumah yang rusak berat maupun ambruk di sejumlah desa termasuk di Sungai Lebung ini," Kata Herman Deru yang tiba di Sungai Lebung pada Rabu (27/10/2021) sekira pukul 10.20 WIB.

Berdasarkan data dari BPBD Sumatera Selatan, ke-30 rumah di wilayah Pemulutan Selatan tersebut diantaranya 23 rumah di Desa Sungai Lebung, 1 rumah di Sungai Ondok, 2 rumah di Desa Maju Jaya dan 4 rumah di Desa Harimau Tandang. 

Dari 30 rumah tersebut, 16 rata dengan tanah dan 14 rumah rusak berat akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (23/10/2021) lalu. 

"Kami meninjau secara langsung lokasi bencana angin puting beliung ini untuk melihat langsung situasi dan kondisinya. Ini juga untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir untuk rakyat," tegas Deru. 

Dengan kunjungan ini, Deru mengatakan ingin memberikan semangat kepada para korban bencana. 

"Ini merupakan ujian agar kita terus meningkatkan kualitas ibadah, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," ucap Deru. 

Saat menyaksikan sebagian rumah warga yang tinggal puing-puing, Deru mengungkapkan rasa simpati dan empatinya. 

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengatakan, daerah yang dilanda bencana angin puting beliung ini harus dibangkitkan kembali semangatnya. 

"Terdapat 30 rumah hancur dan tidak dapat digunakan kembali. Tapi kita masih tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa," kata Deru. 

Sebagai stimulan bantuan terhadap para korban bencana, Deru menyerahkan bantuan gubernur (Bangub) sebesar Rp 150 juta. 

Untuk para korban bencana sebanyak 30 kepala keluarga, masing-masing akan mendapatkan bantuan stimulan sebesar Rp 5 juta. 

Bantuan ini untuk membantu memperbaiki maupun memulai pembangunan rumah yang rusak dan ambruk. 

"Ini bantuan stimulan Rp 5 juta per kepala keluarga. Ini stimulan dari gubernur," ucap Deru. 

Selain bantuan stimulan, Pemprov melalui Dinas Sosial Sumsel menyerahkan 30 paket bantuan sosial berupa makanan, tenda gulung, matras, selimut, family kit dan 60 paket makanan siap saji. 

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang diterpa cobaan ini," ujar Deru. 

Pada kunjungan ke wilayah Desa Sungai Lebung di Pemulutan Selatan, Deru didampingi sejumlah kepala OPD diantaranya Kepala Dinsos Sumsel Mirwansyah, Kepala Dinas PU Perkim Sumsel Basyaruddin Akhmad dan Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini. 

Ada juga Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy serta unsur Forkopimda lainnya. 

"Dan untuk bangub ini silakan Pemkab Ogan Ilir mengajukan melalui surat secara resmi. Untuk biaya pembangunan rumah, mohon kerjasama gotong-royong dari para warga," kata Deru, beberapa saat sebelum meninggalkan Desa Sungai Lebung. (***/Red)

03.53

Polsek Pemulutan Serahkan Tersangka Penganiayaan ke Kejari Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah berkas penyidikan lengkap atau P21, Polsek Pemulutan mengirim tersangka penganiayaan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Ilir untuk diproses lebih lanjut. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari menerangkan, tersangka bernama Tolib usia 69 tahun. 

Tersangka dilaporkan menganiaya korban bernama Supriyanto pada Maret lalu. 

"Setelah melakukan serangkaian proses penyelidikan dan penyidikan hingga berkas lengkap atau P21, yang bersangkutan kami serahkan ke Kejari," kata Iklil didampingi Kanit Reskrim Polsek Pemulutan, Ipda Zulkarnain, Rabu (27/10/2021). 

Selain tersangka, Tim Crocodile Polsek Pemulutan juga menyerahkan barang bukti kejahatan kepada Kejari Ogan Ilir. 

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara. 

"Ancaman hukumannya 2 tahun. Namun ini kembali lagi ke hakim yang memutuskan sanksi bagi tersangka," jelas Iklil. (Ril/Red)

Selasa, 26 Oktober 2021

04.35

Bupati OI Lantik Pejabat Tinggi Pratama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Bertempat di ruang rapat Bupati Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar, melantik 3 (tiga) orang Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten OI, Selasa (26/10/2021). 
 
Ketiga pejabat yang dilantik tersebut adalah Hendra Kudeta SKM, sebelumnya menjabat sebagai Sekretris Dinas Kesehatan Ogan Ilir dan juga merangkap Plt Kepala Dinas sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OI.

Kemudian, Ruslan, ST, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas PUPR merangkap Plt Kepala Dinas menjadi Kepala Dinas PUPR OI, dan yang terakhir adalah Ir Tapip menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Dalam sambutannya, Bupati Panca Wijaya Akbar mengucapkan selamat kepada Kepala Dinas yang baru saja dilantik, semoga amanah ini dapat dijalankan dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas dan semangat kerja yang tinggi sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati OI menjadikan OI Bangkit. 

"Ogan Ilir Bangkit dalam segala hal dan segala aspek pembangunan, yakni demi mensejahterakan masyarakat" Ujar Bupati OI.

Bupati OI Panca Wijaya Akbar juga berpesan, agar pejabat yang baru saja dilantik mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sehingga dapat membuat masyarakat merasa nyaman dan senang. 

"Tidak perlu menyenangkan hati saya sebagai Bupati, akan tetapi buat masyarakat yang senang akan pelayanan kita sebagai abdi negara. Masyarakat Ogan Ilir senang tentu Bupatinya turut senang juga" Imbuhnya. (Red)

Senin, 25 Oktober 2021

01.08

Polsek Kertapati Gelar Vaksinasi Massal

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Bertempat dihalaman mapolsek Kertapati, dan dengan menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan tetap menjaga jarak, Polsek Kertapati menggelar Vaksinasi massal, Senin (25/10/2021).

"Ya, giat vaksinasi massal ini digelar pukul 08.00 pagi tadi, dan Alhamdulillah kegiatan tersebut disambut antusias oleh warga sekitar" Kata Kapolsek Kertapati AKP Alfredo.

Dikatakan Kapolsek, kegiatan vaksin massal ini merupakan kerjasama antara Polsek Kertapati, pihak kecamatan, puskesmas, RS. Bhayangkara serta urkes Polrestabes Palembang.
"Kami menyiapkan 1000 vaksin (Vaksin 1 dan 2) dengan target 1 hari selesai, kami juga berharap semua warga yang ada dalam wilayah Kertapati bisa di vaksin semua" Harapnya

Ditambahkannya, "Bagi warga yang sudah divaksin pihak Polsek Kertapati akan langsung memberikan bingkisan sembako dan semoga bisa bermafaat untuk kebutuhan" Ujar Kapolsek Kertapati AKP Alfredo. (Heryadi/Red)

Sabtu, 23 Oktober 2021

04.38

Tingkatkan Pelayanan Publik Disdukcapil Banyuasin Hadir di Opi Mall Jakabaring Buka Setiap Hari

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuasin Buka Pelayanan Publik Disetiap Harinya Sabtu dan Minggu Tanpa adanya hari Libur.

Layanan ini Sendiri Dilakukan Untuk Mendukung Percepatan Pendataan Agar Masyarakat Khususnya Wilayah Banyuasin Bisa Memiliki Dokumen Kependudukan nya.

Kepala Disdukcapil Banyuasin,“ Saukani,SE,MM. Menjelaskan Mengapa Pelayanan Dokumen Kependudukan ini Dilakukan Setiap Hari dari Pukul 10.00 Pagi Hingga Pukul 16.00, Karena Kita Sesuaikan Dengan Aktifnya Rutinitas di OPI Mall Jakabaring.

 “Layanan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan bagi anak-anak kita yang mungkin sudah menginjak usia 17 tahun dan belum memiliki e KTp, jadi perekaman data bisa dilakukan pada saat weekend, karena mungkin kalau diluar hari Sabtu-Minggu mereka inikan disibukkan dengan kegiatan belajar secara daring,”kata Saukani, Sabtu (23/10/2021).

Ditambahkannya, saat hari Libur sebenarnya warga juga bisa Menyempatkan Waktu Untuk melakukan perekaman di kantor UPT OPI Mall ini Dimana OPI Mall ini Juga Asetnya Banyuasin.

menurutnya, berdasarkan hasil Yang Telah Kita Layani Lebih Dari Ratusan Dalam Setiap Harinya Kita Melayani Administrasi Kependudukan Warga Banyuasin.Baik itu Dalam Kepengurusan E-KTP, KK, dan Akte Kelahiran dan Lain Sebagainya.

“Jadi saya sarankan bagi warga yang belum memiliki KTP atau warga yang memang belum rekam data jadi silakan melakukan perekaman serta bisa memanfaatkan pelayanan Sabtu-Minggu yang sudah mulai kami operasikan 2 Tahun Yang Lalu, syaratnya cukup bawa Kartu Keluarga aja, Apalagi Pembuatan E-KTP Cuma Hanya Memerlukan Waktu 1 Menit 30 Detik 

Selain itu juga Disdukcapil kabupaten Banyu asin tahun 2020 pernah menyabet penghargaan  Mentri pendayagunaan aparatur negara dan repormasi Birokrasi  

Atas inovasi layanan perekaman e_KTP Jemput bola ke masyarakat Serta Langsung Jadi /Cetak Hinggah meraih penghargaan sebagai TOP 45 Pelayanan publik se indonesia  tutup Saukani.(Heryadi)

Jumat, 22 Oktober 2021

06.40

Bobol Warung dan Curi Rokok Serta Uang Tunai, Pria Paruh Baya Digaruk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Aksi pencurian bobol warung warga, berhasil diungkap Tim Crocodile Polsek Pemulutan, Polres Ogan Ilir. 

Pelakunya adalah Yusuf alias Usuf, seorang pria paruh baya berusia 53 tahun. 

Menurut keterangan polisi, pelaku yang kini ditetapkan tersangka itu membobol rumah seorang warga di Desa Ibul Besar III, Kecamatan Pemulutan, pada pekan lalu. 

"Peristiwa pencurian ini terjadi pada hari Minggu tanggal 17 Oktober lalu," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari, Jumat (22/10/2021) petang. 

Iklil menerangkan, ketika itu tersangka masuk ke rumah warga yang sedang ditinggal pemiliknya. 

Berdasarkan keterangan pemilik rumah, kata Iklil, tersangka mengambil puluhan bungkus rokok beserta uang tunai di warung rumah tersebut.

"Pemilik rumah mengetahui aksi pencurian saat dia pulang dan menyaksikan rolling door warung terbuka," ujar Iklil. 

Dilanjutkannya, korban pencurian mengaku sempat melihat ada dua orang yang masuk ke warung. 

Setelah kedua orang tersebut kabur, pemilik warung lalu menyadari total ada 49 bungkus rokok yang raib dan uang tunai sebesar Rp 2 juta. 

"Total kerugian yang dialami pemilik warung katanya mencapai Rp 3 juta," ungkap Iklil. 

Mendapat laporan pencurian ini, Iklil didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain beserta anggota Polsek Pemulutan lainnya memburu tersangka Yusuf yang memang sudah diketahui identitasnya. 

Setelah beberapa hari dicari, tersangka berhasil diciduk saat berada di wilayah Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan. 

"Tadi siang sekira pukul 13.30, tersangka berhasil kami amankan," terang Iklil. 

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa kunci gembok warna kuning, sebuah sepeda motor dan dua buah batu untuk merusak gembok warung. 

Bahkan barang bukti hasil pencurian yang masih tersisa yakni empat bungkus rokok dan delapan bungkus mi instan juga diamankan petugas. 

"Tersangka beserta barang bukti kami amankan di Mapolsek Pemulutan untuk proses lebih lanjut," tandas Iklil. (Ril/Red)
02.19

Ormas dan Awak Media Pertanyakan Limbah Batubara Yang Dibuang ke Sungai Musi

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Berdasarkan hasil laporan masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Ormas Pemuda Demokrat Indonesia PAC Kertapati, beserta para awak media mendatangi untuk mediasi ke pihak PT Kereta Api Logistik (KALOG), UPT Kertapati, berdiskusi tentang laporan serta temuan masyarakat, yaitu limbah yang diduga menjadi teror bagi masyarakat.

Mengingatkan bahwa selama ini pengelolaan limbah kering batubara sering menimbulkan keluhan masyarakat sehingga jangan sampai debu batubara dikeluarkan dari kategori limbah (bahan berbahaya)

"Pembuangan cairan limbah batubara yang disalurkan ke sungai berdampak pada kehidupan nelayan yang sulit mendapatkan ikan. Dan warga sulit untuk mandi di sungai," kata Tonny ST, dalam Penyampaian Ke Pihak Perusahaan (KALOG) Kamis, (21/09/2021).

Menurut dia, limbah abu batubara yang mengudara yang dikeluhkan warga seperti di Kelurahan Kertapati, Ogan Baru dan tempat-tempat lainnya diduga menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Kami meminta kepada pihak perusahaan agar berlaku adil dan memperhatikan kepentingan kesehatan dan lingkungan masyarakat luas, dan saya juga mengingatkan bahwa dalam limbah batubara banyak mengandung zat-zat yang bersifat racun dalam debu batubara ini diperkirakan tidak hanya mencemari tanah, udara dan air setempat, tetapi juga akan menyebabkan kerusakan pada kesehatan manusia melalui rantai makanan," Tegas Tonny.

Sementara itu, Yupi, Selaku Safety, Health, and Enviro (SHE) di PT KALOG mengatakan isu limbah batubara dikeluarkan semuanya itu tidak benar, itu yang perlu dicatat. Dan Pengelolaan limbahnya sudah sesuai dengan prosedur.

"Debu yang berterbangan itu sudah kita kelola dan sudah ada alat Water Spray atau alat penyiram debu diwaktu akan dinaikkan ke alatnya, namun bukan hanya Water Spray sebagai alat penanggulangan penyebaran debu batubara tapi Shelter guna Treatment pengolah air limbah yang akan dibuang ke sungai kadarnya pun aman dan sudah sesuai dengan aturan serta arahan dari Badan Lingkungan hidup (BLH) sehingga tidak tercemar bagi masyarakat yang mengelolanya serta air yang dikeluarkan bisa menjadi bersih dan aman untuk digunakan oleh masyarakat" Pungkasnya. (Heryadi)
02.16

Bak "Kopi Susu" Ini Penampakan Air PDAM Unit Tanjung Raja

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Lagi-lagi, sebelumnya warga Kelurahan Tanjung Raja yang mengeluhkan lumpur yang diduga dari hasil pembuangan air milik PDAM Unit Tanjung Raja, kali ini Warga Kelurahan Tanjung Raja Utara  Kecamatan Tanjung raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) juga mengeluhkan air PDAM yang keruh bak "Kopi Susu", pasalnya Perubahan warna air ini terjadi karena sungai berwarna keruh

Salah satu warga lingkungan 06 RT 11 Kelurahan Tanjung Raja Utara GP, yang merupakan pelanggan dari PDAM Unit Tanjung Raja mengeluhkan dengan kondisi air yang keruh tersebut dan mereka menduga air yang mengalir ke pelanggan sudah terkontaminasi lumpur. 

"Sebab Air yang mengalir berwarna kecoklatan, kan percuma kami pasang ledeng kalau airnya seperti ini lebih baik kami langsung ke sungai, kondisi ini kami alami sudah lama" Kata warga, Jum'at (22/10/2021)

Dirinya juga mengeluhkan kalau kondisi seperti ini terus berlanjut jelas para pelanggan pun merasa dirugikan, sebab pemakaian air tetap dihitung walaupun air tersebut tidak bisa dikonsumsi dan digunakan untuk MCK.

"Ya, air mengalir tapi tidak bisa digunakan karena keruh. Kami minta PDAM segera mencari sumber penyebab keruhnya air ke konsumen jangan hanya mencari keuntungan, saja" Pungkasnya

Senada dikatakan oleh pelanggan lain di sekitar lokasi L mengaku kalau airnya keruh seperti lumpur lapindo, jelas kami merasa dirugikan, pihak PDAM hanya mencari keuntungan saja.

"Ditambah lagi apalagi limbah bak penampungan dibersihkan lumpurnya kemana-mana sampai kejalan dan kerumah" Keluhnya.

Terpisah, pengurus PDAM Unit Tanjung Raja ketika dikonfirmasi terkait keluhan pelanggan PDAM Unit Tanjung Raja mengatakan bahwa kalau saat ini bak penampungan sedang di kuras, coba datang saja ke kantor PDAM di Tanjung Seteko.

"Kami sedang menguras bak pak, kalau ada komplain kami selalu disalahkan, silahkan kalian ke kantor PDAM di tanjung seteko, kami juga ingin pak air ini bersih dan jernih" Imbuhnya. (Emi/Red)

Selasa, 19 Oktober 2021

08.48

Bupati OI Tinjau dan Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Pinang Mas

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar beserta kepala perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir meninjau dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di dusun 1 Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (19/10/2021).

Bantuan yang diberikan kepada korban kebakaran tersebut yakni berupa bantuan sandang pangan dan untuk rumah renovasi ringan adapun bantuan ini dari Baznas Kabupaten Ogan Ilir.
Bupati Panca Wijaya Akbar dalam musibah ini, mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Ogan Ilir menyampaikan rasa berduka yang sedalam dalamnya atas kejadian dan musibah kebakaran rumah ini.

"Musibah kebakaran rumah yang terjadi senin malam dan mengakibatkan empat rumah hangus terbakar dan tidak meninggalkan harta yang tersisa, kami atas nama pemerintah kabupaten ogan ilir turut berduka" Katanya. 

Ditambahkannya, "Saya juga menghimbau kepada masyarakat, mari bersama-sama kita jadikan musibah ini sebagai pelajaran untuk tetap waspada kedepannya sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali" Harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pinang Mas Asrul Sani mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, juga kepada Baznas OI terima kasih banyak atas bantuan yang telah diberikan.

"Semoga nantinya berkat bantuan ini berguna bagi korban kedepannya dan juga berterimah kasih kami cukup diperhatikan dalam musibah yang sangat besar ini, semoga nantinya bantuan dari Baznas dari Bupati dan sebagainya kedepannya masyarakat yang menjadi korban bisa diberi ketabahan dan mendapatkan rezeki yang berlipat ganda" Ujar Kades. (Emi/Red)
02.01

Buron 6 Tahun, Bajing Loncat yang Juga Residivis Ini Dibekuk Tim Crocodile Polsek Pemulutan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertahun-tahun melarikan diri dari kejaran polisi, seorang bajing loncat di Ogan Ilir berhasil dibekuk polisi. 

Adalah Alias Pikal, seorang pemuda berusia 25 tahun diamankan Tim Crocodile Polsek Pemulutan. 

Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari mengatakan, pelaku yang kini ditetapkan tersangka, mencuri beras dari mobil pikap yang sedang melaju. 

"Tersangka bajing loncat ini melancarkan aksinya pada Maret 2015 lalu," kata Iklil didampingi Kanit Reskrim Ipda Zulkarnain, Selasa (19/10/2021). 

Saat itu, tersangka beraksi dengan memepet mobil pikap L300 yang sedang melaju di wilayah Desa Sukarami, Kecamatan Pemulutan. 

Tersangka lalu melompat ke atas bak mobil dan memotong tali pengikat muatan beras. 

"Tersangka ini mengambil beras sebanyak 20 karung. Ketika itu, korban pencurian mengaku mengalami kerugian hingga Rp 3,8 juta," ungkap Iklil. 

Polisi yang melakukan pengejaran harus bersusah-payah karena tersangka terkenal sangat licin. 

Hingga akhirnya polisi mendapat informasi bahwa tersangka sedang berada di kediamannya di Desa Ibul Besar I. 

Tak buang waktu, Tim Crocodile Polsek Pemulutan langsung menciduk tersangka di kediamannya. 

"Tersangka diamankan tadi malam. Dia mengakui bahwa memang benar dia bajing loncat pencuri muatan beras di wilayah Sukarami enam tahun lalu," terang Iklil. 

Selain tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa dua buah karung beras dan selembar terpal warna biru yang sudah robek. 

Lebih lanjut Iklil menjelaskan, tersangka merupakan residivis kasus pencurian dan sebelumnya pernah menjalani hukuman. 

"Tersangka merupakan residivis. Untuk perkara yang kami tangani ini, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP, pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara," jelas Iklil. (Ril/Red)

Senin, 18 Oktober 2021

20.21

Empat Rumah di Desa Pinang Mas OI Hangus Terbakar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Empat unit rumah yang berada di Dusun I Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan hangus terbakar pada Senin (18/10/2021) malam.

"Berdasarkan penuturan saksi mata, api pertama kali berasal dari rumah seorang warga bernama Hermanto. Informasi yang kami dapat seperti itu, asal api dari rumah saudara Hermanto," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Tanjung Raja Iptu Joko Eddy Santoso, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan Kapolsek, penghuni rumah terbangun dari tidur saat mendengar suara aneh dari luar kamar. "Istri Hermanto yang pertama kali terbangun, mengaku melihat api membakar plafon rumah terbuat dari terpal plastik," Katanya.

"Diduga api diakibatkan korsleting atau hubungan arus pendek listrik di bagian atap rumah. Sehingga api dengan cepat menyebar ke seluruh bagian rumah Hermanto hingga dia dan keluarganya berhamburan keluar rumah, teriakan minta tolong dari keluarga Hermanto mengundang perhatian warga lainnya yang sebagian sedang tertidur lelap" Ujar Kapolsek.

Ditambahkannya, "Saksi mata juga mengatakan, selain membakar rumah mereka, api juga menyambar ke beberapa rumah lainnya," Terangnya.

Dijelaskannya, selain rumah Hermanto, ada tiga rumah lainnya yang ikut terbakar. Jadi Total ada empat rumah terbakar. Keempatnya ini rumah panggung kayu, lantai atasnya terbuat dari kayu.

Warga sekitar TKP pun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya hingga datang bantuan dua unit mobil damkar. Api berhasil dipadamkan dalam dua jam atau sekira pukul 01.00 WIB.

"Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun kerugian material tentunya, keempat rumah beserta isinya habis terbakar, dan sementara penghuni keempat rumah tersebut kini ditampung di kediaman keluarga dan kerabat masing-masing sambil menunggu bantuan datang. Lokasi kebakaran juga sudah dipasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut" Terang Joko. (Emi/Red)

Jumat, 15 Oktober 2021

04.38

PAC Pemuda Demokrat Indonesia SU1 Peduli Kaum Dhuafa

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang membutuhkan, terutama mereka yang terdampak PPKM, PAC Pemuda Demokrat Indonesia Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 Palembang membagikan nasi bungkus dan masker, pada Jumat (15/10/2021) pagi yang penuh barokah. 

Pembagian tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PAC Pemuda Demokrat SU 1 Ilham, Hasanudin selaku Wakil Ketua 1 Bidang Kemasyarakatan dan beberapa Bidang lainnya, Aguscik selaku Bendahara, Siswadi selaku wakil Bendahara Musliadi, mukmin, Ketua Srikandi Siti waidah, Dewi selaku Sekertaris Dewi Murniati, selaku bendahara, sis dan Lusi selaku anggota Srikandi dan juga dibantu oleh beberapa anggota Srikandi lainnya.

"Kami bersepakat akan melaksanakan kegiatan ini secara continue atau berkelanjutan apabila kelak diberikan rezeki dan kesehatan insya Allah" Kata Ketua PAC Pemuda Demokrasi Indonesia SU 1 Ilham ketika diwawancarai.

Dikatakannya, target kita untuk Jum'at ini menyasar kepada para tukang becak dan tukang ojek, pemulung serta para kaum Dhuafa dan juga pedagang kecil yang mudah-mudahan dapat membantu mereka. 

"Ya, kami juga hari ini selain membagikan nasi juga membagikan masker, dan juga tak lupa kami dari Pemuda Demokrat Indonesia mengingatkan untuk tetap memakai masker guna memutus rantai penyebaran Covid-19" Terang Ilham kepada awak media.

Sementara itu, salah satu tukang becak di kawasan SU 1 Yanto mengaku senang dan sangat berterima kasih sekali atas bantuan tersebut. "Saya sangat senang dan hanya dapat mendoakan semoga kawan-kawan Pemuda Demokrat Indonesia senantiasa diberikan rezeki dan kesehatan" Ujarnya. (Heryadi/Red)

Rabu, 13 Oktober 2021

22.46

Empat Kepala Sekolah SMP dan Satu Pengawas di OI Purnabakti

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Pertemuan SMPN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, sebanyak empat kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan satu pengawas SMP yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) purnabakti, Kamis (14/10/2021).

Kelima kepala Sekolah tersebut adalah Ibu Zudaidah yang dulunya menjabat sebagai Kepala SMPN 1 Rantau Alai, Ibu Erika Nirwana yang dahulu menjabat sebagai Kepala SMPN 1 Tanjung Raja, Ibu Naziroh yang dahulu menjabat SMPN 2 Tanjung Batu, bapak Hasan yang dahulu menjabat SMPN 1 Lubuk Keliat, Pak Samperi Pengawas SMP Diknas.
Kelima Kepala Sekolah tersebut sudah memasuki masa pensiun, oleh karena itulah hari ini dilakukan Purnabakti sebagai ucapan terima kasih kita kepada bapak dan ibu kepala sekolah tersebut.

"Ya, semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal soleh dan bernilai ibadah, karena telah berjasa dalam dunia pendidikan, dan juga tadi kami dari seluruh kepala sekolah juga memberikan cinderamata sebagai kenang-kenangan dari perwakilan kepala sekolah" Kata Dra. Herlina, M.Si Kepala SMPN 1 Indralaya Utara.

Hadir dalam Purnabakti tersebut, perwakilan dinas pendidikan kabupaten OI, yakni Ichwani selaku kabid SMP, Indra Yudistira, dan Hartawan, serta seluruh kepala SMP Se Kabupaten OI. (Red)

Selasa, 12 Oktober 2021

21.00

Bupati OI : Pemerintah Daerah Sangat Mendukung Program Perkebunan Rakyat dari PT. Buma Cima Nusantara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di PT. Buma Cima Nusantara yang berada di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Bupati OI Panca Wijaya Akbar S.H didampingi Asisten Setda Ogan Ilir, Kepala Perangkat Daerah PemKab. Ogan Ilir dan Camat Setempat hadiri Koordinasi Pola Kemitraan Tebu Rakyat Bersama General Manager Unit PT Buma Cinta Manis Nusantara Andhiyan Yuwono S. T. Selasa (12/10/2021).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan bahwa tujuan Koordinasi ini untuk bersilahturahmi dan meningkatkan sinergi antara PT. Buma Cima Nusantara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir. 

"Pemerintah Daerah sangat mendukung Program Perkebunan Rakyat dari PT Buma Cima Nusantara karena adanya hilirisasi terhadap petani atau masyarakat karena tujuan kita bersama adalah kesejahteraan masyarakat" Kata Bupati OI.

Lebih lanjut dikatakan Bupati OI Panca Wijaya Akbar bahwa terkait dengan dibentuknya Kota Indralaya nantinya diharapkan Kepada Dinas terkait untuk bersinergi dengan PT Buma Cima Nusantara menata lagi ruas-ruas perkebunan yang harus di sesuaikan dengan ruas-ruas yang baru dan untuk batas-batas wilayah juga nanti segera dibuatkan patok yang baru sehingga tidak adanya lagi permasalahan tentang batas wilayah. 

"Kedepan juga pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui dinas terkait akan memberikan bantuan seperti pupuk, dan sebagainya sebagai trigger agar masyarakat memiliki keinginan untuk bertani tebu di Ogan Ilir sehingga diharapkan Ogan Ilir memiliki Brand lokal sendiri dalam produk-produk hasil pertanian yang ada" Harapnya. (***/Red)
02.31

Satresnarkoba Polres Ogan Ilir Musnahkan BB Jenis Sabu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Ogan Ilir (OI) hari ini, selasa (12/10/2021) memusnahkan Barang Bukti (BB) Jenis Sabu hasil ungkap kasus beberapa waktu yang lalu.

Pemusnahan tersebut dilakukan di kantor Satres Narkoba Polres OI itu, dan dihadiri oleh perwakilan Kejari OI, perwakilan BNNK OI, perwakilan Dinsos OI dan Kepala Desa Tanjung Pering.

Barang Bukti jenis sabu tersebut dimusnahkan dengan cara diblender dan ditambahkan air serta deterjen layaknya sebuah jus, kemudian langsung dibuang ke Kloset agar nantinya tidak disalahgunakan.

"Hari ini kita melakukan pemusnahan Barang Bukti jenis sabu, adapun barang bukti sabu tersebut sebagian kita sisihkan dengan rincian sebagai berikut: Narkotika jenis Sabu dengan berat 1,09 gram habis untuk pemeriksaan di Labfor Polda Sumsel. Kemudian narkotika jenis Sabu sebanyak 185,32 gram dimusnahkan di Polres Ogan Ilir, dan narkotika jenis Sabu sebanyak 6 gram, untuk pembuktian Perkara di Pengadilan Negeri Kayuagung" Kata Kasatres Narkoba Polres OI AKP Zon Prama SH.

Dijelaskan Kasat, adapun barang bukti dimaksud merupakan hasil ungkap kasus pada penangkapan dua pemuda beberapa waktu lalu. Barang bukti yang kita musnahkan adalah hasil dari ungkap kasus dua tersangka kurir narkotika jenis sabu.

"Kedua tersangka tersebut yakni Ramaja Dandi (22) dan MA (17), keduanya warga Desa Sungai Lebung Ilir, Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir yang berhasil kita amankan pada Kamis (30/09) lalu" Terangnya. (Red)

Minggu, 10 Oktober 2021

16.29

Bupati OI Hadiri Final Turnamen Bola Volly

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar SH menghadiri final turnamen bola voli yang diselenggarakan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Ogan Ilir-Sumsel, Minggu (10/10/2021) sore.

Dengan diselenggarakannya final hari ini di kediaman Sekretariat PBVSI OI di Desa Talang Balai Baru l Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI, sekaligus menandakan berakhirnya seluruh rangkaian turnamen bola voli se-Kabupaten OI ini.

Bupati OI Panca Wijaya Akbar mengucapkan selamat kepada para pemenang, selain itu dirinya juga memberikan hadiah tambahan senilai Rp. 5 juta. Bupati Panca juga berpesan agar para pemenang jangan berpuas diri dan teruslah berlatih mempersiapkan diri di event-event selanjutnya.
"Semoga para pemenang untuk tampil diajang provinsi dan nasional bahkan internasional. Teruslah bersemangat dan pertahankan prestasi ini. Harapan saya, ke depan tim pemenang bisa maju ke event besar lainnya hingga mampu mengharumkan nama Ogan Ilir", kata Bupati OI.

Dalam perhelatan yang memperebutkan hadiah senilai Rp. 17.500.000,00 beserta piala trophy untuk masing-masing pemenang dan ada uang hadiah tambahan dari Bupati OI Panca senilai Rp. 5.000.000,00 yang diperuntukkan bagi ke delapan (8) pemenang dari Tim Putra dan Putri.

Diberitakan sebelumnya, turnamen voli ini diikuti oleh 57 peserta Putra dan 23 peserta Putri. Dan hari ini merupakan puncak acara penentuan pemenang dan penutupan turnamen. Di akhir turnamen (final) ini juara 1 regu Putra dimenangkan oleh tim Cabi Talang Balai Baru l dan berhasil membawa uang tunai Rp. 4 juta. Selanjutnya juara 2 dimenangkan oleh tim dari desa Limbang Jaya dengan hadiah uang Rp. 3 juta dan piala trophy. Untuk juara 3 dimenangkan tim Martin dengan hadiah Rp. 2 juta dan juara harapan 4 dimenangkan oleh NTB Pemulutan Selatan dengan hadiah Rp. 1juta.

Sedangkan untuk regu Putri, juara 1 dimenangkan oleh tim Limbang Jaya dengan hadiah Rp. 3 juta. Juara 2 diraih oleh Tanjung Baru Burai dengan hadiah Rp. 2 juta. Untuk juara 3 dimenangkan oleh tim Cabi A dengan hadiah Rp. 1juta dan juara harapan 4 tim Purnama dengan hadiah Rp. 500 ribu rupiah. Dan untuk pemain terbaik dari tim pemenang putra dan putri masing-masing mendapatkan hadiah tambahan senilai Rp. 500 ribu rupiah.

Di tempat yang sama, Agustian selaku pelatih dari tim Cabi saat dimintai komentarnya mengatakan bahwa setelah turnamen ini, regu Putra Cabi akan ikut berlaga di event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di OKU Raya pada 25 hingga 29 November ini.

"Tentunya harapan kami, agar mereka terus berlatih keras, jangan mudah mengeluh dan jangan jumawa atas kemenangan hari ini. Jadikan ini sebagai penyemangat agar siap mengikuti event berikutnya dan mampu membawa nama baik Ogan Ilir", tutur sang pelatih. 

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KONI OI Aswan Mukti, Ketua PBVSI OI Bahrus Syarif, Kepala Dinas PMD Ogan Ilir, Kapolsek Tanjung Raja beserta jajarannya, Camat Tanjung Raja Lukman Ajis, beberapa Kades Kecamatan Tanjung Raja, dan para suporter dari tim putra maupun tim putri serta ratusan penonton yang antusias menonton pertandingan final turnamen bola voli ini. (Emi)

Jumat, 08 Oktober 2021

22.37

Warga Kelurahan Tanjung Raja Keluhkan Susahnya Cari Gas Elpiji 3 Kg

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Warga Kelurahan Tanjung Raja dan sekitarnya mengeluhkan susahnya untuk mencari gas elpiji 3 kg, dan hampir di setiap warung tak ada gas elpiji 3 kg tersebut.

Hal ini yang dikeluhkan oleh salah satu warga Kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) Emi, sabtu (9/10/2021) menurutnya bahwa saat ini gas elpiji 3 kg langka.

"Sejak dari pagi tadi mencari gas elpiji 3 kg dan sudah keliling ke warung-warung namun tak kunjung mendapat gas 3 kg, yang ada cuma tabung kosong" Keluhnya.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah ogan ilir khususnya dinas terkait agar kiranya memperhatikan stok gas elpiji 3 kg karena gas tersebut sangat dibutuhkan oleh warga.

"Ada apa ini kenapa gas elpiji 3 kg bisa langka seperti ini biasanya tidak, tolonglah kepada dinas terkait untuk bisa mendengar keluhan dari warga yang susah mendapatkan gas elpiji 3 kg ini" Ujarnya. (Emi/Red)

Kamis, 07 Oktober 2021

20.27

KPU Kabupaten Ogan Ilir "Launching" Desa Peduli Pemilu

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksanaan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan Kepala Desa Sudi Mampir Kecamatan Indralaya. 

Adapun Desa Sudi Mampir sebagai desa terpilih untuk melaksanakan kegiatan desa peduli pemilu dan pemilihan dengan jumlah 20 (dua puluh) peserta yang memiliki kriteria sebagaimana yang telah ditentukan.

Sambutan Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Massuryati sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan, menyampaikan bahwa Program Desa Peduli dan Pemilihan yang telah dilaunching oleh KPU RI adalah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat  serta menumbuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemilu dan pemilihan.

Dikesempatan lainnya Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Amrah Muslimin memberikan arahan, dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan besar pada pemilihan ditahun 2024 nanti di kegiatan ini bertujuan dapat mencetak kader-kader demokrasi yang mandiri dan rasional dalam konteks politik serta menghasilkan hasil pemilu yang demokratis. 

Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang berkesempatan hadir menyaksikan Penandatangan Nota Kesepahaman Pelaksanaan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang ditandatangan oleh Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Massuryati dan Kepala Desa Sudi Mampir Ziauhak. (Red)
04.17

Resahkan Masyarakat, Polisi Bubarkan Warung Tuak

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berdasarkan laporan dari masyarakat mengenai adanya aktivitas warung tuak di Indralaya Utara, Ogan Ilir yang diduga meresahkan masyarakat, polisi bergerak cepat merespon laporan tersebut.

Petugas gabungan Sat Samapta, Sat Reskrim dan Sat Resnarkoba Polres Ogan Ilir mendatangi warung tuak tepatnya di Dusun I Sungai Rambutan itu pada Rabu (6/10/2021) malam.

Begitu petugas tiba, beberapa orang sedang minum tuak di warung tersebut.
"Sejumlah orang yang minum tuak ini kami periksa dan didata," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kasat Samapta AKP Mujamik Harun, Kamis (7/10/2021).

Petugas lalu memeriksa pemilik warung tuak yang ternyata seorang ibu muda berinisial RS usia 23 tahun. Kepada petugas, RS mengaku sendirian menjaga warung tuak karena suaminya sedang bekerja menjadi sopir.

"Anggota kami lalu memeriksa warung dan rumah pemilik warung yang lokasinya berdekatan," Kata Mujamik.

Saat memasuki rumah RS, petugas mendapati perlengkapan tuak seperti beberapa buah jeriken, teko plastik, saringan dan corong. Beberapa liter tuak juga diamankan dari kediaman RS sebagai barang bukti. 

"Tuak beserta perlengkapannya, serta uang hasil penjualan tuak sebesar Rp 180 ribu kami amankan untuk barang bukti," Ujarnya.

Selain menjual tuak, di dekat warung RS juga ada lapak permainan biliar. Perlengkapan permainan ini juga diamankan polisi karena kerap menimbulkan kerumunan.

Kepada pemilik warung, polisi mengingatkan untuk tak lagi menjual tuak maupun minuman keras.

"Kami beri peringatan kepada pemilik warung maupun pembeli tuak agar tidak mengulangi aktivitas atau kegiatan seperti ini. Semua juga kami data," jelas Mujamik. (***/Red)
03.49

Div Humas Mabes Polri Gelar Kegiatan Kontra Radikal di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Div Humas Mabes Polri mengadakan kegiatan Kontra Radikal di wilayah hukum Polda Sumatera Selatan. Kegiatan ini dipimpin Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. 

Dalam kegiatan Kontra Radikal, Div Humas Polri didampingi oleh Kasubdid Penmas Polda Sumatera Selatan AKBP Iralinsyah.

Kegiatan dilaksanakan di Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya dengan dihadiri Kapolres Ogan Ilir yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Hardiman.

"Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga untuk sosialisasi terkait kontra radikal," Kata Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat memberikan sambutan, Kamis (7/10/2021).

Adapun narasumber kegiatan ini adalah Sekretaris Badan Penanggulangan Ekstrimisme dan Terorisme (BPET) MUI Pusat, Muhammad Makmun Rasyid. 
Turut hadir dari Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya, antara lain Ketua Yayasan H. Joni Rusli, Wakil Mudir II, Ari Alhadi, Pengawas Yayasan KH. Berkat dan 100 santri serta santriwati. 

"Semoga kegiatan ini mendapat ridha Allah SWT dan semakin terjalin persaudaraan di antara kita semua," Ujar Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (***/Red) 

03.41

Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah Hangus Terbakar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah di Desa Talang Balai Baru II, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir (OI) hangus terbakar, Kamis (7/10/2021) pagi sekira pukul 08.05 WIB.

Informasi yang dihimpun, kebakaran meluluhlantakkan sebuah rumah panggung yang ditempati seorang penghuni bernama Rasid (54 tahun).

Menurut polisi, berdasarkan keterangan saksi mata, api berasal dari lantai atas rumah. "Api berasal dari lantai atas. Diduga korsleting listrik," kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy, melalui Kapolsek Tanjung Raja Iptu Joko Edy Santoso.

Mengetahui ada kepulan asap di lantai atas, pemilik rumah berteriak minta tolong hingga mengundang perhatian warga sekitar.

"Warga berupaya dan bergotong royong memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya, ada juga bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran," jelas Joko.

Kemudian api berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam dan menyisakan rumah hangus beserta barang-barang di dalamnya. Sementara pemilik rumah mengalami trauma karena harta benda habis tak tersisa.

"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun total kerugian ditaksir mencapai Rp 60 juta. Kami juga mengimbau warga untuk berhati-hati, terutama berkaitan dengan instalasi listrik," Himbaunya. (Emi/Red)

Rabu, 06 Oktober 2021

22.06

Acara Pisah Sambut Camat Tanjung Raja Berjalan Lancar dan Sukses


OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Acara pisah sambut antara Camat Tanjung Raja yang lama yakni Faisal Bermawi yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Ogan Ilir, digantikan Camat yang baru  yakni Lukman Ajis yang sebelumnya menjabat Camat Rantau Panjang berjalan lancar dan sukses.

Acara tersebut digelar di Aula kantor Camat Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (7/10/2021), yang dihadiri oleh perwakilan Polsek Tanjung Raja, Danramil Tanjung Raja, seluruh staff Kecamatan Tanjung Raja, para lurah, dan juga seluruh kepala desa se Kecamatan Tanjung Raja.

Dalam sambutannya, Faisal Bermawi, SKM mengatakan bahwa selama satu tahun lebih, tepatnya satu tahun 8 bulan menjabat Camat Tanjung Raja merupakan waktu yang singkat, baik selaku koordinasi dan sebagai mitra bahkan menganggap kawan dalam pekerjaan kepada para Kepala Desa.

"Saya berharap semoga silaturahmi ini tetap terus terjaga dengan baik dan walaupun dalam pekerjaan yang baru sekarang ini silaturahmi tetap terjalin" Kata Faisal Bermawi.

Sementara itu, Camat Tanjung Raja yang baru Lukman Ajis, S.Sos, M.Si berharap, silaturahmi yang sudah dijalin dengan baik selama ini tetap bisa terjaga dan lebih baik lagi, baik dengan perangkat kecamatan maupun dengan para kepala desa dan Kapolsek serta Danramil.

"Saya mengharapkan program-program terdahulu dapat dilanjutkan kembali, sebagai Camat Tanjung Raja yang baru tentunya tidak bisa bekerja sendiri, namun butuh adanya dukungan dan bantuan serta kerjasama dari semua pihak dan sebagai manusia biasa tentunya tak luput dari khilaf dan salah" Kata Lukman Ajis. (Di2/Emi/Red)
21.12

Bupati OI Lantik Pengurus Pemuda Muhammadiyah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar S. H bersama Wakil Ketua II DPRD Kab. Ogan Ilir, Ketua KPU Sumsel, Ketua KPU Ogan Ilir dan Ketua Bawaslu Ogan Ilir gelar Pelantikan Pengurus Pemuda Muhammadiyah Ogan Ilir Periode 2020-2024 dan Launching Gerakan Wakaf Al-Qur'an untuk Ogan Ilir. Kamis (30/09/2021) Bertempat di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya. 

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan "Atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, selamat kepada Pengurus Pemuda Muhammadiyah yang baru saja dilantik. 

"Sebagai salah satu partner yang potensial bagi Pemerintah untuk mensukseskan progam-progam pembangunan, baik dalam skala lokal/daerah, maupun nasional. Sebagai organisasi kemasyarakatan islam yang memiliki berbagai organisasi otonom ini, Bupati Panca yakin bahwa muhammadiyah dalam perjalanan selanjutnya akan tetap mengikuti jejak para pendahulunya, yang memiliki idealisme tinggi, dedikasi dalam perjuangan yang besar terhadap bangsa dan negara."ujarnya

Bupati Ogan Ilir juga berharap "Agar segenap pimpinan daerah Muhammadiyah yang baru saja dilantik ini mampu membangun suasana dialogis dan demokratis, dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan, sehingga keputusan mengenai perkara apapun merupakan pencerminan aspirasi dan keinginan ummat. "Tutupnya

Turut dihadiri oleh Asisten III Setda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati Ogan Ilir, Kepala Perangkat Daerah PemKab. Ogan Ilir terkait, Camat Indralaya, Ketua PWPM Sumsel, Ketua PDM Ogan Ilir dan Ketua PDPM Ogan Ilir. (Ril/Red)

Minggu, 03 Oktober 2021

21.06

Terkait Dugaan Limbah PDAM Tanjung Raja, Ini Kata Lurah

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait dugaan pencemaran limbah yang diduga bersumber dari pembuangan limbah dari PDAM Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) akhirnya lurah Tanjung Raja Nova Marlinah, SKM, M.Si angkat bicara.

"Terima kasih kepada rekan media karena telah memberikan informasi kepada saya selaku lurah, dan jujur saya baru ini tahu soal limbah tersebut, karena saya menjabat lurah masih baru" Kata Lurah Tanjung Raja ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

Ditambahkannya, "Insya Allah dalam waktu dekat kami akan segera mengecek ke lokasi, guna untuk menindaklanjuti hal tersebut" Ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan bahwa warga kelurahan tanjung raja mengeluhkan dengan adanya limbah dari PDAM tersebut karena sudah bertahun-tahun terjadi seperti ini.

"Kami sebagai warga terus terang merasa terganggu dengan adanya limbah tersebut, kami berharap supaya pembuangan limbah ini segera mendapat perhatian serius dari pihak terkait" Harapnya. (Emi/Di2/Red)

Jumat, 01 Oktober 2021

18.57

Bupati OI : Penanggulangan Stunting Menjadi Tanggung Jawab Kita Bersama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Berlokasi di Desa Kapuk Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan ilir (OI) Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, SH didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Ogan Ilir Tikha Alamsjah Panca Wijaya, B.A (Hons) gelar Sosialisasi Pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) bagi Ibu dan Keluarga tentang Pemahaman Kesehatan Reproduksi dan stunting bagi calon pengantin di Kabupaten Ogan Ilir degan tema "Cegah Stunting Itu Penting", Jum'at (01/10/2021).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun. 

"Masa ini disebut sebagai periode emas karena pada periode ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat yang mendukung seluruh proses pertumbuhan anak dengan sempurna, hal ini perlu didukung dengan pemberian asupan gizi yang seimbang" Kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati Panca Wijaya Akbar, penanggulangan stunting menjadi tanggung jawab kita bersama, tidak hanya pemerintah tetapi juga setiap keluarga Indonesia. Karena stunting dalam jangka panjang berdampak buruk tidak hanya terhadap tumbuh kembang anak tetapi juga terhadap perkembangan emosi yang berakibat pada kerugian ekonomi.

"Semoga sosialisasi ini mejadi acuan untuk meningkatkan pengetahuan kita bersama dalam upaya kita menekan dan mempercepat angka penurunan stunting di kabupaten ogan ilir yang kita cintai ini" Harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Ogan Ilir, Asisten I Setda Ogan Ilir, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah PemKab. Ogan Ilir, Camat Pemulutan Selatan Mun'im, S.IP Dan Seluruh Kepala Desa Se Kecamatan Pemulutan Selatan. (Red)