Gemilang Terkini

Selasa, 30 Juli 2019

23.04

BID Cluster V Berjalan Sukses

INDRALAYA, gmjnews.com- Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster V yang digelar, Rabu (31/7/2019) dan diikuti oleh tiga Kecamatan Yakni Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara dan Indralaya Selatan berjalan dengan sukses.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Ilir Trisnopilhaq dalam sambutannya sekaligus membuka BID Cluster V mengatakan bahwa hari ini merupakan Bursa Inovasi Desa Cluster V yang diikuti oleh tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten OI.

"Terima kasih atas kerjasama semua pihak, khususnya untuk Tim Pelaksana Inovasi Desa, yakni Tim Pelaksana Inovasi Desa kecamatan Indralaya, Indralaya Utara, dan Indralaya Selatan sehingga kegiatan BID ini berjalan dengan Sukses" Katanya.

Dijelaskannya, bahwa KPM, BPD dan Kades itu merupakan pejuang desa, upaya dan usaha yang dilakukan Kades, KPM dan BPD sudah maksimal, namun tidak menutup kemungkinan pasti masih ada kekurangan.

"Kita harus buka dan harus tahu bahwa disetiap desa memiliki Potensi desa masing-masing dan melalui Inovasi Desa ini mari kita bangun desa demi kemajuan setiap desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir" Ujarnya. (Red)

Berikut Videonya:

Senin, 29 Juli 2019

16.48

Bawa Shabu, Tuti Ditangkap Sat Resnarkoba Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.com- Jajaran Sat Resnarkoba Polres Ogan Ilir Berhasil meringkus Tuti Yani Binti Nangcik (42) warga Lubuk Keliat Puyang Pasar Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jum’at (26/7) sekira Pukul 15.30 WIB.

Kapolres OI AKBP Ghazali Ahmad melalui Kasubbag Humas AKP Zainalsyah, Senin (29/7/2019) mengatakan bahwa, Kronologis Penangkapan sendiri Pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019 sekira pukul 15.30 WIB telah tertangkap seorang pelaku memiliki, menyimpan dan Menguasai Narkotika jenis Shabu. Pada saat ditangkap pelaku sedang duduk didepan Mushola didusun 8 Desa Pangtapa Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir.

“Setelah pelaku diamankan dan dilakukan pemeriksaan oleh pihak Kepolisian ditemukanlah barang bukti yang diduga Narkotika Jenis Shabu dibungkus dengan plastik klip bening didalam Saku kanan celana milik Pelaku. Ditanyakan kepada Pelaku dan diakui Pelaku bahwa Barang bukti yang diduga Narkotika Jenis Shabu tersebut adalah milik Sdra. D (DPO) yang hendak diantarkan ke Sdra. D (DPO) yang beralamat di desa Kemambang Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir” Katanya.
Ditambahkannya, “Adapun Barang bukti yang berhasil diamankan yakni berupa 1 (Satu) paket yang diduga Narkotika jenis Shabu dibungkus klip bening dengan berat bruto 9,62 gram. Selanjutnya BB beserta pelaku diamankan ke Satres Narkoba Polres Ogan Ilir untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku” Pungkasnya. (Red)


03.36

Jalan di Desa Talang Pangeran Ulu Amblas

OGAN ILIR, gmjnews.com- Memprihatinkan, inilah kondisi jalan yang berada di desa Talang Pangeran Ulu Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat ini jalan tersebut Amblas dan juga rusak, akibatnya rumah yang berada di sekitar lokasi terancam roboh.

Salah satu warga Pemulutan, Hakim mengatakan bahwa amblasnya jalan tersebut baru sore hari ini terjadi, dan untuk penyebabnya belum diketahui pasti.

"Baru sore inilah pak amblasnya, tidak tahu apa penyebabnya, ditakutkan dengan keadaan jalan yang amblas ini bisa mengakibatkan kecelakan bagi kendaraan yang melintas karena kondisi jalan yang amblas ini" Katanya, Senin (29/7/2019).

Ditambahkannya, " bukan hanya itu saja, rumah warga yang berada di sekitar lokasi terancam ambruk, karena kondisi jalan ini turun" Terangnya.

Dirinya dan juga warga sekitar berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bisa langsung turun ke lokasi guna melihat langsung kondisi jalan tersebut.

"Semoga Pemkab Ogan Ilir bisa segera turun ke lokasi dan mengecek keadaan jalan ini, dan kami berharap jalan ini bisa segera diperbaiki" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya:

01.13

Robi, Anak Juara Rumah Zakat Lampung Juarai Lomba Roket Air

LAMPUNG, gmjnews.com- Robi Ardana Kusuma, siswa kelas XI SMK Gajah Mada Bandar Lampung bersama dua orang temannya berhasil memenangkan Lomba Roket Air dalam event GLORASKA (Gelaran Olimpiade Sains dan Silaturahmi Pendidikan Fisika) yang diadakan oleh Almafika FKIP Universitas Lampung (UNILA), Ahad (28/7) kemarin.

Gloraska mengangkat tajuk “wujudkan jiwa saintis yang inovatif dan kompetitif demi terciptanya generasi emas bangsa” diikuti oleh peserta SMA/SMK Se-Lampung.

Robi dkk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia sudah beberapa kali memenangkan perlombaan yang sama.
Ezza Tania, fasilitator pendidikan Rumah Zakat Lampung mengungkapkan bahwa Robi memang anak yang berbakat dan tekun. Ia juga sempat memenangkan beberapa kali perlombaan dibidang yang sama.

“Alhamdulillah ini sudah kesekian kalinya Robi mendapat juara dalam lomba roket air. Memang bakatnya disana. Sehari-hari Robi gemar mengotak-atik benda-benda yang ada di rumah untuk eksperimennya.” Ujar Ezza.

Robi merupakan anak juara (baca:  sebutan anak-anak asuh Rumah Zakat) sejak duduk di sekolah dasar dan sampai saat ini masih aktif dalam pembinaan dan mendapat beasiswa dari Rumah Zakat.

“Alhamdulillah saya dan tim bisa kembali menjadi juara 1. Saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semuanya, sekolah, Rumah Zakat, terkhusus kedua orang tua saya. Semoga saya bisa bermanfaat dan membanggakan,” ucap Robi. (Medi RZ)

Minggu, 28 Juli 2019

03.02

Unit Reskrim Polsek Tanjung Batu Ringkus Pelaku Pembunuhan

OGAN ILIR, gmjnews.com- M. Ari Irawan Alias Wawan (21) Bin Matyani (Alm) Warga Desa Tanjung Pinang I Kecamatan Tanjung Batu  Kabupaten  Ogan Ilir (OI) yang merupakan Pelaku Pembunuhan terhadap Nurdiansyah Alias Mardian (35) Bin Anwar (Alm) Warga Desa Limbang Jaya II Kecamatan  Tanjung Batu Kabupaten OI, berhasil diringkus Jajaran Unit Reskrim Polsek Tanjung Batu dibawa pimpinan Kapolsek Tanjung Batu  AKP Masri, SH didampingi oleh Kanit Reskrim IPDA Avif Pinarcoyo, SE dan anggota Opsnal Unit Reskrim Polsek Tanjung Batu, Sabtu (27/7) kemarin. 

Dan pada saat dilakukan penangkapan, pelaku tidak melakukan perlawanan, kemudian pelaku di bawa Ke Polsek Tanjung Batu Guna Proses hukum lebih lanjut.

Kapolres OI AKBP Ghazali Ahmad melalui Kasubbag Humas Polres OI AKP Zainalsyah mengatakan bahwa, kejadian sendiri terjadi Pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018 sekira pukul 01.20 Wib, pelaku sedang duduk  di pondokan di desa tanjung Pinang I, tak lama kemudian korban datang menemui pelaku yg sebelumnya memang sudah ada dendam kepada pelaku.

“Karena korban mencuri motor pelaku, kemudian antara pelaku dan korban ribut mulut dan pelaku berkata kepada korban "kau maling motor aku",,lalu dijawab korban "Nah kau kubunuh" sambil korban menunjukkan pisau yg diselipkan di pinggangnya, lalu pelaku pun menunjukan tombak sehingga korban berlari, lalu pelaku mengejar korban sambil menikam tubuh belakang korban sehingga korban terjatuh, pada saat korban terjatuh, pelaku langsung menikam korban secara berkali-kali di bagian tubuh korban yang mengakibatkan korban meninggal dunia” Katanya, Minggu (28/7/2019).

Ditambahkannya, “Motif Pelaku  adalah dendam, karena diduga  sebelumnya korban telah melakukan pencurian sepeda motor milik pelaku, Adapun  Barang Bukti yang berhasil diamankan 1 buah Pisau dengan gagang kayu warna cokelat,  1 buah Tombak dengan gagang besibdi balut karet hitam, 1 buah celana panjang jeans warna hitam, 1 buah jaket warna hitam, 1 buah baju kaos warna hitam, 1 buah topi warna merah hitam merk DCSHOECO” Terangnya. (Red)

Jumat, 26 Juli 2019

04.52

TK ABA Kunjungi Kebun Gizi Rumah Zakat

OGAN ILIR, gmjnews.com- Rombongan Guru dan juga Siswa TK Aisyiyah (ABA) Talang Balai Baru II Kunjungi Kebun Gizi Rumah Zakat Desa Berdaya di Desa Talang Balai Baru II Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) di Kebun Gizi Percontohan di dusun 3 RT 06 Pemberdayaan Lahan Masyarakat, Jum'at (26/7/2019).

Kunjungan tersebut dalam rangka Edukasi Pertanian untuk anak-anak TK ABA untuk mengetahui dan mengenal alam pertanian di lingkungan masyarakat Desa Talang Balai Baru II dengan belajar memanfaatkan lahan kosong dan belajar mengenal tanam khusus kebun gizi sayur mayur.
"Kunjungan edukasi pertanian ini dilakukan dengan cara siswa mencabut langsung satu baris tanaman sayur nya terutama kangkung yang sudah siap dipanen dengan di arahkan ibu guru agar siswa faham dan semua sayur kangkung yang sudah dicabut dibawa pulang kerumah" Kata salah satu guru TK ABA Rika Rahmaini.

Dijelaskannya, Kunjungan tersebut merupakan kegiatan pertama di kebun gizi binaan rumah zakat, dalam kunjungan tersebut ada 32 Siswa dan 6 orang dewan guru TK ABA dihadiri juga oleh 3 pm serta orang tua wali siswa.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal alam ciptaan Tuhan khususnya pertanian sayur mayur, kangkung, bayam, kacang, terong, cabe dan jagung" Pungkasnya.

Sementara itu, Umroh yang merupakan salah satu Anggota Kebun Gizi mengatakan bahwa Kunjungan siswa TK ABA ini menjadi hal yang menarik, karena selain mendapat panen sayur mayur juga dapat mengajarkan kebaikan bercocok tanaman sehat kepada siswa TK sejak dini.

"Alhamdulillah ternyata manfaatnya dapat semua yang pastinya kami senang di kunjungi rame seperti ini" Ungkapnya. (Medi RZ)

Kamis, 25 Juli 2019

06.50

HIPMI OI Gelar Operasi Gratis Bibir dan Langit Sumbing

INDRALAYA, gmjnews.com- Sebanyak 20 pasien dari beberapa kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir mengikuti operasi bibir sumbing yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Pemkab OI dan Yayasan Ummi Romlah ini berjalan dengan sukses hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari tahun ke tahun.
Ketua HIPMI Kabupaten Ogan Ilir Aikom mengatakan bahwa sangat berterima kasih Kepada Pemkab OI, Yayasan Ummi Romlah dan juga semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan sosial ini.

"Terima kasih kepada Pak Bupati, Yayasan Ummi Romlah dan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan Sukses" Katanya.

Dijelaskannya, untuk kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan sampai saat ini pasien operasi bibir dan langit sumbing yang sudah di operasi mencapai seratus orang lebih.

"Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sampai 2021 mendatang, namun apabila sampai waktu tersebut masih ada pasien maka akan terus dilanjutkan" Pungkasnya.

Sementara Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam yang diwakili Sekda OI H. Herman sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang banyak bagi pasien ataupun keluarganya.

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada HIPMI, Yayasan Ummi Romlah dan semua pihak sehingga kegiatan dapat terlaksana, semoga kegiatan ini menjadi amal ibadah jariah kita bersama" Imbuhnya. (***)

Rabu, 24 Juli 2019

06.14

Kepala DPMD OI Buka Bursa Inovasi Desa Cluster III

INDRALAYA, gmjnews.com- Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster III yang digelar di Desa Pemulutan Ulu Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Resmi dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten OI Trisnopilhaq, Rabu (24/7/2019).

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Bursa Inovasi Desa mengatakan bahwa Bursa Inovasi Desa ini diselenggarakan sebagai program inovasi desa dengan tujuan untuk membantu pelaksanaan pembangunan desa.
"Dengan adanya pelaksanaan BID ini diharapkan Pembangunan desa lebih efektif dan kreatif, untuk peserta sendiri adalah utusan dari 51 desa yang ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat serta Pemulutan Selatan" Katanya.

Ditambahkannya, "Adapun setiap desa mengirim 3 utusan yakni kepala desa, ketua bpd, lpm/pmk, sedangkan untuk sumber dana dari berasal dana operasional TPID di tiga kecamatan, 15 persen pagu anggaran masing-masing" Tambahnya.

Camat Pemulutan Yahya mengucapkan terima kasih kepada tiga TPID yang sudah bekerja demi suksesnya acara ini, sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar.

"Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan didesa, sebelumnya kegiatan BID ini dilaksanakan di kabupaten, namun tahun ini diadakan di kecamatan dan dibagi menjadi beberapa cluster, dan juga hari ini juga ada pengisian kartu ide, dan kartu komitmen" Ujarnya.

Sementara itu Kepala DPMD OI Trisnopilhaq dalam sambutannya, sekaligus membuka acara Bursa Inovasi Desa mengatakan bahwa
Program ini merupakan Program Nasional dengan tujuan untuk menggali Potensi yang ada di setiap Desa.
"Potensi yang ada di setiap desa bisa kita gali dengan adanya kegiatan ini, sehingga bisa meningkatkan perekonomian kemasyarakatan, potensi ini baik fisik maupun non fisik, infrastruktur dan juga sumber daya manusia sehingga bisa meningkatkan perekonomian itu harapan kami" Imbuhnya.

Hal ini juga dikatakan oleh Ardani selaku Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten OI mengharapkan dengan adanya BID ini bisa membantu desa lebih efektif dan inovatif.

"Ini merupakan BID terakhir karena ke depan tidak ada lagi BID dan ada nama baru yang dibuat untuk menggantikan BID" Pungkasnya.

Dijelaskannya,"Nantinya fokus pada sumber daya manusia dan yang menjadi titik sentral ada dua yakni dua kartu yaitu kartu komitmen dan kartu ide, dan juga sudah ada menu menu bursa sehingga nantinya bapak ibu yang ingin memasukkan menu, silahkan isikan pada menu yang ada. Apabila ada kegiatan inovatif berupaya mempromosikan, tidak harus berupa barang bisa saja kegiatan budaya, sehingga diharapkan nantinya bisa tertuang dalam apbdes 2020" Paparnya. (***)

Berikut Videonya:

Selasa, 23 Juli 2019

05.37

Satreskrim Polres OI Tangkap Pelaku Penganiayaan

INDRALAYA, gmjnews.com- Iwan Kasnedi Bin Samsuri (25) warga Desa Sukaraja Baru Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang merupakan Pelaku Penganiayaan terhadap Korban Heriyadi (31) warga Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten OI berhasil ditangkap dan diamankan jajaran Satreskrim Polres OI, Sabtu (20/7) sekira Pukul 02.00 WIB.

Kapolres OI AKBP Ghazali Ahmad melalui Kasubbag Humas Polres OI AKP Zainalsyah, Selasa (23/7/2019) mengatakan bahwa Kronologis Kejadian, Pada hari Selasa tanggal 04 Juni 2019 sekira pukul 17.00 Wib bertempat di Jalan lintas timur desa meranjat III Kecamatan Indralaya selatan Kabupaten OI telah terjadi penganiayaan terhadap korban Heriyadi bin H. M. Ali yang dilakukan oleh pelaku Iwan Kasnedi bin Samsuri.

Saat korban mengendarai mobil truk engkal kemudian datang sepeda motor yang dikendarai oleh pelaku mendahului mobil korban dan pelaku memperlambat laju sepeda motornya sehingga korban mengerem mendadak yang membuat anak korban terjatuh ke bawah dashboard mobil.

"Kemudian korban mengejar pelaku sehingga terjadi cekcok, mengakibatkan pelaku Iwan mencabut sebilah pisau menusukkan ke arah korban sebanyak 3 kali dan mengenai korban satu kali, atas kejadian tersebut korban dibawa ke RS. Charitas Palembang dan melaporkan kejadian ke SPKT Polres Ogan Ilir" Katanya.

Dijelaskannya, Setelah dilakukan penyelidikan atas dasar keterangan korban dan saksi di TKP, Sat Reskrim Ogan Ilir melakukan penangkapan terhadap tersangka Iwan yg berada di ranggon (pondok penunggu ikan di sungai) di Desa ulak bedil dusun III Kecamatan Indralaya Selatan Ogan Ilir.

"Saat ini tersangka sudah kita amankan, dan pelaku sendiri dijerat dengan pasal 351 ayat 2 KUHP tentang tindak pidana penganiayaan, adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa Visum Et Repertum" Pungkasnya. (***)
02.43

Fitrianti Agustinda : Mari Berqurban ke Rumah Zakat

PALEMBANG, gmjnews.com- Acara Sosialisasi JKN KIS bagi tokoh agama dan tokoh masyarakat yang diadakan oleh BPJS Kesehatan di hadiri oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dan Juga Ade Rai, selasa (23/7/2019).

Pada acara ini juga turut hadir Rumah Zakat.
Setelah menyampaikan sambutannya Fitrianti ditemui oleh Rumah Zakat News. Dia Mengapresiasi Rumah Zakat terhadap produk superqurban.

“Superqurban ini menjadi makanan oleh korban pada saat kebakaran di sungki kemarin. Oleh karena itu saya dukung apresiasi apa yang dilakukan oleh teman-teman Rumah Zakat ini Luar biasa” tuturnya
Selain itu Fitrianti Agustinda juga mengajak kepada masyarakat untuk zakat dan qurban ke Rumah Zakat.

Ditambahkannya, “Ayo sama-sama kita berqurban di rumah zakat”, ucapnya sambil tersenyum.

Sebagaimana diketahui, Superqurban adalah program optimalisasi qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani dalam bentuk kornet ataupun rendang oleh Rumah Zakat.

Proses tersebut dilakukan sesuai syariah, sebagaimana dicontohkan pada zaman Nabi.
Harga superqurban ini sapi utuh 17.250.000, sedangkan 1/7 sapi 2.675.00 dan kambing 2.475.000. Informasi superqurban bisa melalui telepon 0811-7885-100. (Medi RZ)
02.18

2020 Dana Desa Untuk Peningkatan SDM dan Atasi Kemiskinan


JAKARTA, gmjnews.com- Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan mengatasi persoalan kemiskinan di pedesaan, akan menjadi prioritas penggunaan dana desa pada tahun 2020.

Adanya prioritas tersebut, diungkapkan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kemendesa PDTT, M. Fachri, ketika memimpin rapat lanjutan penyusunan Permendes Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, Selasa (22/7/2019) di Jakarta.

"Tahun 2020, didorong prioritas penggunaan dana desa dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas SDM, dan pengentasan kemiskinan di desa, sesuai kebijakan dan Nawacita Presiden Jokowi," tegasnya.

Rapat konsinyering Permendes tersebut, dihadiri seluruh Kasubdit di lingkungan Direktorat PMD, perwakilan kementerian dan lembaga terkait, Kemenkumham, dan KN P3MD PID.

Fachri menegaskan, setelah rancangan Pemendes selesai disusun, akan dibawa ke Kemenkumkham untuk dilakukan langkah harmonisasi sesuai dengan norma, aturan, dan  kewenangan desa.

"Terbitnya Permendes ini diupayakan sesuai target. Terlebih lagi pada bulan Juli ini, siklus perencanaan desa sudah berjalan untuk merumuskan arah kebijakan pembangunan desa tahun 2020," ujar Fachri.

Respon pihak kementerian atau lembaga terkait, lanjut Fachri, sangat penting untuk mempercepat perumusan Permendes Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

"Bagaimana advokasi dan penyadaran internal kita terhadap desa agar isu ini menjadi bagian yang penting, juga tidak kalah penting," katanya.

Menurutnya, isu-isu peningkatan SDM dan pengentasan kemiskinan di desa sudah terakomodir dalam Permendes Prioritas 2020, tinggal bagaimana caranya kementrian dan lembaga bisa mengawal informasi ini hingga di daerah. Sebab, peran daerah sangat besar dalam asistensi teknis terhadap pentingnya usulan ini.

"Kita memiliki pendamping desa di seluruh Indonesia. Begitu juga kementerian lain seperti penyuluh Kementan, PKH di Kemensos dan sebagainya. Mari kita berintegrasi agar semua proses ini berjalan bersama sesuai harapan kita semua untuk Indonesia, dan desa yang maju dan mandiri," ajak Fachri.

Hal lain yang juga penting, sambung Fachri, adalah indikator kemiskinan di desa ternyata masih banyak yang belum masuk menjadi program prioritas desa. Masih banyak desa yang belum menganggarkan program berbasis kemiskinan untuk dibiayai dalam APBDes-nya.

Dalam Permendes Prioritas 2020 ini, menjadi acuan bagi pusat hingga daerah, pemdes, pendamping desa, dan masyarakat, untuk menjadi penunjuk arah bagi desa dan masyarakat dalam musyawarah desa untuk menentukan arah pembangunan desanya. (Net)

Sumber:
https://jatim.sindonews.com/read/12145/1/2020-dana-desa-untuk-peningkatan-sdm-dan-atasi-kemiskinan-1562148456
00.51

Bimtek Penatausahaan Keuangan Desa, Inspektorat OI Minta Pemdes Tertib Administrasi

INDRALAYA, gmjnews.com- Guna Meningkatkan Tertib Administrasi, Inspektorat Kabupaten Ogan Ilir (OI) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Keuangan Desa (APBDES) Aplikasi Siskeudes versi 2.0. Surat Pertanggung jawaban APBDes dan pajak-pajak, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan Bimtek yang digelar di Balai Serbaguna Desa Tanjung Temiang Kecamatan Tanjung Raja tersebut diikuti oleh 15 Desa Sekecamatan Tanjung Raja yang diwakili 3 orang per desa, yakni Kepala Desa, Operator Desa, serta Bendahara Keuangan Desa selama 3 (tiga) hari sejak 22 hingga 24 Juli 2019.

Inspektur Ogan Ilir, M.Ridhon mengatakan bahwa Bimtek ini dilakukan karena Inspektorat berfungsi sebagai penindakan dan juga pengawasan.

"Banyak laporan yang kami terima tentang adanya Pemerintah Desa (Pemdes) yang belum menyelesaikan pembangunan, pada hal itu hanya kesalahan administrasi yang belum terlengkapi"Katanya.

Dijelaskannya, "Selama ini perangkat desa takut berurusan dengan Inspektorat dan Inspektorat terkesan menjadi momok untuk memeriksa pembangunan desa, Kedepan, setelah Bimtek ini, diharapkan Pemdes yang ada bisa memperbaiki administrasi sehingga menjadi tertib administrasi"Paparnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Bimtek Penataan Keuangan Desa, Zulkarnain Burlian sangat menyambut baik dengan adanya Bimtek ini.

“Semoga dengan adanya Bimtek ini, dan Inspektorat Kabupaten Ogan Ilir langsung yang menjadi narasumber setiap perangkat desa mengerti dan juga terampil dalam hal Administrasi tentang pengelolaan keuangan Desa" Ujarnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Inspektorat Kabupten Ogan Ilir yang telah mau menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Desa.

“Dengan mengikuti Bimtek penataan keuangan Desa dan Inspektorat selaku tim Auditor sehingga kesalahan secara administrasi bisa diminimalisir" Imbuhnya. (***)

Senin, 22 Juli 2019

00.14

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari OI Gelar Syukuran

INDRALAYA, gmjnews.com- Guna memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke 59 tahun 2019 Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Syukuran, yang bertempat di Kantor Kejari OI Jalan Lintas Palembang-Prabumulih, Senin (22/7/2019).

Hadir dalam Acara Hari Bhakti Adhyasa (HBA) Ke 59 ini Asisten Setda Pemkab OI, Ketua DPRD Kab OI, Kapolres OI, Dandim OKI/OI, Kepala BNN OI, Perwakilan Kepala OPD Pemkab OI, Ketua KPU OI, dan Kepala Bank Sumsel Babel, BRI, BNI.
Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam Dalam sambutannya mengatakan semoga dihari ulang tahun yang ke 59 ini Kejaksaan Negeri Ogan Ilir dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan menegakkan hukum se adil-adilnya di Kabupaten Ogan Ilir ini.

"Selamat Ulang tahun ke 59 kejaksaan negeri ogan ilir, semoga bisa terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat ogan ilir dan bisa menegakkan hukun seadil-adilnya" Katanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OI, Adi Tyogunawan SH saya sangat berterima kasih atas dukungan, kerjasama, dan partisipasinya selama ini kepada Pemkab OI, DPRD OI, Polres OI dan lainya.

"Semoga dengan adanya dukungan dari semua pihak kami akan terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Ogan Ilir. Karena ini yang utama agar terus menjadi Kejaksaan Negeri yang amanah dalam menjalankan tugas-tugasnya di Kabupaten Ogan Ilir", Imbuhnya. (***)

Berikut Videonya:

Jumat, 19 Juli 2019

20.12

Mari Berbagi Berkah Melalui JBB Ogan Ilir

INDRALAYA, gmjnews.com- Sungguh Mulia apa yang dilakukan Para Relawan Jum'at Berbagi Berkah (JBB) Kabupaten Ogan Ilir (OI), mereka berbagi kebahagiaan dengan membagikan sembako kepada para saudara  yang kurang mampu. Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Jum'at.

"Kemarin kita membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu di kecamatan Tanjung Raja dan Kecamatan Sungai Pinang. Dan Penerima manfaat jum'at ini kemarin  adalah warga yang di desa Sungai Pinang dan Tanjung Raja" Kata Sriyana Mailah Selaku Inisiator JBB, Sabtu (20/7/2019).
Dijelaskannya, Sembako yang dibagikan tersebut merupakan amanah dari para donatur JBB Ogan Ilir dan sebanyak 20 paket sembako dibagikan oleh para Relawan JBB

"Alhamdulillah pada agenda jumat berbagi sembako kemarin, ada 3 orang relawan yang berkesempatan membantu  menyalurkan sembako dan penerima manfaat pada 20 rumah di sekitaran desa  Sungai pinang 2 dan kampung bawah Tanjung Raja Ogan Ilir" Ujarnya.

Masih kata Sriyana Mailah, bahwa Aksi menabung bersama komunitas dan relawan ini sudah dimulai sejak 6 bulan lalu dengan dana yang dihimpun dari para donatur dan teman-teman yang ikut berdonasi. Dan kita laksanakan pada jumat siang selepas jum'at.
"Kegiatan ini bermula dari rasa peduli kita para relawan yang peduli terhadap sesama dan ingin berbagi sedikit rezeki yang ada kepada saudara yang memang membutuhkan hingga akhirnya terbentuklah komunitas Jum'at Berbagi Berkah Ogan Ilir ini, Sejauh ini sudah 8 Desa sudah dikunjungi untuk membagikan sembako" Paparnya.

Dirinya juga berharap kedepan komunitas ini semakin berkembang semakin banyak donatur yang ingin berdonasi dalam aksi ini dan semakin banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di pedesaan di Kabupaten Ogan Ilir.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, dan juga untuk teman-teman dan sahabat yang ingin ikut berdonasi dan berkontribusi kami tunggu dengan senang hati dengan menyalurkan ke rekening Bank BRI dengan no rekening 576201008499531 an Sriyana Mailah, atau bisa kontak langsung di no hp 0878-7332-5765 atas nama Mella, dan 0823-8583-4031 atas nama Eci" Tutupnya. (Tim/Red)

Kamis, 18 Juli 2019

22.57

114 Kades di OI Studi Banding Ke Bandung

INDRALAYA, gmjnews.com- Sebanyak 114 Kepala Desa (Kades) dari 7 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Observasi Lapangan atau Studi Banding ke Bandung, tepatnya di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Provinsi Jawa Barat, Jum'at (19/7/2019).

Keberangkatan para Kades tersebut dilepas langsung oleh Bupati OI HM. Ilays Panji Alam. Tujuan dari kegiatan studi banding tersebut guna untuk menambah pengetahuan tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan juga tentang tata keuangan desa.

"Nantinya dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada para Kades bisa meniru daripada Bumdes yang sudah maju didaerah tersebut dan bisa menerapkan di kabupaten ogan ilir" Kata Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintah Desa Leddy Ismed ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari ketua Forum Kades yang ikut menggandeng pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang diikuti 114 Kades di tujuh Kecamatan di Ogan Ilir.

"Kegiatan tersebut insiatif dari Ketua Forum Kades yang bekerjasama dengan kita selaku PMD yang diikuti 114 Kades di tujuh kecamatan," Katanya.

Ditambahkannya, "Kegiatan ini bertujuan untuk membangun Bumdes di desa masing-masing, dan melalui kegiatan ini bisa membangun Bumdes lebih baik lagi. Desa yang dituju dalam kegiatan tersebut yakni di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Provinsi Jawa Barat," Imbuhya. (***)

Berikut Videonya:


19.42

Gerakan Sederhana Senam Kaki untuk para Lansia

PALEMBANG, gmjnews.com- Rumah Zakat melakukan edukasi bagi lanjut usia (lansia) di desa berdaya Bukit Baru. Jln. Tanjung barangan, kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. Kegiatan yang di adakan di masjid Al Ittifaq pada Kamis (18/07).

Sebanyak lebih dari 30 lansia mengikuti senam kaki yang di bimbing oleh Muhammad Habbi, SKM. Kegiatan ini dilakukan dikarenakan beberapa member mengalami gula darah yang tinggi.

Sehingga pada pertemuan kali ini dilakukan senam kaki selama 30 menit serta mengedukasi para lansia untuk lebih memperhatikan kesehatannya terutama bagi penderita Diabetes.

"Penyakit diabetes sering membuat penderitanya merasa lemas berlebihan dan berujung pada rasa malas untuk bergerak. Padahal, gerakan-gerakan tubuh diperlukan untuk menjaga tubuh penderita diabetes tetap bugar dan mencegah komplikasi penyakit, latihan yang dilakukan untuk membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki”, ujar Habibi dalam materi.

Selain itu, gerakan dari senam kaki ini juga dapat memperkuat otot kaki serta meningkatkan kekuatan otot paha, betis, dan mengatasi keterbatasan dalam pergerakan sendi.

Sementara itu, Heni salah seorang lansia mengungkapkan bahwa baru pertama ikut senam kaki.

“Baru kali ini pertama melakukan senam kaki, meskipun gerakannya sederhana dan hanya bermodalkan koran bekas ati bikin capek juga”, ungkapnya. (Medi RZ)

00.45

Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari OI Gelar Bakti Sosial


INDRALAYA, gmjnews.com- Guna Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 tahun 2019 Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Ilir (OI) menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan melaksanakan sunatan massal, donor darah dan penanaman pohon, Kamis (18/7/2019).

Kegiatan yang digelar di Gedung Baru Kejari OI jalan lintas Barat (Palembang-Prabumulih) Km 35 Indralaya Utara tersebut berjalan dengan sukses dan lancar, terlihat dari banyaknya peserta Sunatan Massal dan Donor Darah.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OI Adi Tyogunawan SH, MH mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksankan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 59 dan Ikatan Adhyaksa Darmakarini ke 19. Dan dirinya bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.

“Terima kasih kepada pihak PT Arwana, Puskesmas Payakabung, Dinas Kesehatan dan Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Ogan Ilir Dan semua pihak yang telah berkontribusi untuk kesuksesan kegiatan ini.” Katanya.

Sementara itu, Manager Umum PT Arwana P4 Indralaya Kabupaten OI Edward Pandiangan, mengatakan untuk tahap awal ini, pihaknya menanam sebanyak 20 batang bibit pohon Cemara Udang disekitar kantor Kejari OI.

“Arwana hadir di Ogan Ilir ini tidak hanya memproduksi ceramik, melainkan mempunyai misi melakukan penghijauan. Seperti kata Pak Kajari tadi, pohon itu paru-paru dunia. Kita bernafas sebagai manusia. Pohon ini sangat bermanfaat untuk kita,” Imbuhnya. (***)

Berikut Videonya:



Rabu, 17 Juli 2019

23.37

STITQI Gelar Seminar Bertaraf Internasional

INDRALAYA, gmjnews.com- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quran Al-Ittifaqiah (STITQI) Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) gelar Seminar bertaraf internasional bersama Istanbul Foundation for Science and Culture, Kamis (18/7/2019).

Seminar kelas internasional tersebut diikuti oleh puluhan perguruan tinggi di wilayah Sumatera Bagian Selatan ini berjalan dengan lancar dengan narasumber utama oleh Mr. Said Yuce, MA selaku Head of the Executive Board the Istanbul Foundation for Science and Culture. Dan dibuka langsung secara resmi oleh Mudir Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Drs. KH. Mudrik Qori, MA.

Ketua panitia sekaligus ketua pelaksana dan juga Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STITQI ustad Suib Rizal, M.Pd menjelaskan kalau seminar ini digelar dalam rangka untuk menjalin kerjasama berupa Memorandum of Understanding (MoU) antara STITQI dan Turkey Foundation.

“Selain update dan upgrade wawasan dosen serta SDM, seminar ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama STITQI di dunia internasional sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa dan negara" Katanya.

Ditambahkannya, “Alhamdulillah, puluhan perguruan tinggi wilayah kopertais VII antusias mengirimkan utusannya dan hari ini berdasarkan list absen yang terisi terdapat 30 perguruan tinggi yang hadir baik itu berasal dari provinsi Lampung, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi dan Sumatera Selatan.” Terangnya.

Hadir dalam Seminar Internasional tersebut Prof. Syarifudin Basyar, M.Ag. (Guru Besar UIN Raden Intan Lampung), Prof. Dr. Ahmet Kayacik, Ph.D. (Turki), Prof. Alparsian Acikgenc, Ph.D. (Turki), Dr. Osman Yapar, Dr. Afriantoni, M.Pd.I., dan H. Bakhrum Amir, M.Ed. (***)

23.11

Relawan Rumah Zakat Buka Kebun Gizi

INDRALAYA, gmjnews.com- Relawan Rumah Zakat membuka lahan baru untuk kebun gizi Percontohan Pemberdayaan lahan di kebun masyarakat. Program Pertanian khusus untuk masyarakat di desa Talang Balai Baru II Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa (16/7) kemarin.

Pemberdayaan berkelanjutan ini merupakan kegiatan perdana bantu masyarakat Desa Talang Balai Baru II untuk nantinya belajar memanfaatkan lahan kosong khusus kebun gizi sayur mayur.
“Program pertanian ini sebagai bentuk timbal balik dari program lansia yang sudah selesai. Kebun Gizi ini dimulai pada awal bulan Juni 2019. Sejak tanam hingga sekarang berumur 1,5 bulan yang tinggal butuh 5 hari lagi sudah siap panen untuk sayur bayam” Kata Ari Saputra Fasilitator Rumah Zakat, Kamis (18/7/2019).

Dijelaskannya, "Kebun gizi sayur mayur ini terdapat berapa jenis sayuran yaitu  kangkung, bayam, cabe, jagung dan kacang tanah. Untuk kacang tanah terdapat dua lahan bersebelahan di lokasi dusun 4 RT 06 di tanah endapan lumpur berpasir yang kaya nutrisi khas endapan menjadi pemicu suburnya tanaman kacang satu lahan dan lahan kedua yang sedang dibuka dan sebagian sudah ditanam bibit baru kacang tanah" Terangnya.

Kegiatan pemanfaatan lahan ini terdiri dari lima orang peneriman manfaat zakat khusus pertanian dan dicoba dengan sedikit bibit dan akan dikembangkan sampai bisa dijual kepasar-pasar dan juga warung terdekat untuk pasokan sayur.

Hal ini disampaikan oleh Asmawati (59) tahun ” Alhamdulillah sudah numbuh tanaman baik  kacang lama, bayam kangkung dan cabe serta sayur lain, harapan kami taun depan lahan ini masih bisa untuk dibuka ditanami kacang dan sayur lain nya”, ungkap nya. (***)
04.38

BID Ajang Pertukaran Gagasan Membangun Desa

INDRALAYA, gmjnews.com- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Trisnopilhaq yang mewakili Bupati Kabupaten OI H.M Ilyas Panji Alam menyambut positif penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster I yang digelar di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu, Rabu (17/7/2019).

Dalam Sambutannya, Kepala DPMD OI Trisnopilhaq mengatakan bahwa Program Bursa Inovasi Desa merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas dan pemanfaatan dana desa yang baik. Bursa Inovasi Desa sendiri merupakan forum penyebaran dan pertukaran ide atau inovasi masyarakat selama ini berkembang ditingkat desa.

“Bursa Inovasi Desa menjadi media belajar bagi pemerintah desa guna memperoleh informasi dan kegiatan inovasi desa yang dapat mendukung pembangunan,” Kata Kadin PMD saat membacakan Sambutan Bupati OI.

Ditambahkannya, "Untuk itu, melalui kegiatan Bursa Inovasi ini kedepan mampu memberikan keleluasaan bagi desa dalam menempuh pertukaran inovasi, mewujudkan komitmen pembangunan desa serta menjadikan desa mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa" Terangnya.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pelatihan kepada Kepala Desa puluhan, perangkat desa dari berbagai desa di Kecamatan Tanjung Batu dan Payaraman.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Kepala Desa dan jajarannya semakin profesional dalam pengelolaan Dana Desa" Harapnya.

Selain pelatihan dalam kegiatan juga dilaksanakan pameran hasil kerajinan dan kuliner dari berbagai desa se Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Payaraman. (***)

Selasa, 16 Juli 2019

23.20

Ratusan KPM Padati Kantor Kecamatan Indralaya Utara

INDRALAYA, gmjnews.com- Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) Padati Kantor Kecamatan Indralaya Utara, Rabu (17/7/2019).

Kedatangan Para KPM ini terutama didominasi kaum Ibu mengatakan bahwa dirinya dan juga ibu-ibu yang lain guna untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yakni Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Kedatangan kami kesini guna untuk mendapatkan kartu keluarga sejahtera yakni bantuan dari pemerintah berupa beras raskin" Kata Salah satu penerima manfaat.

Sementara itu, Camat Indralaya Utara Zaidan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa sudah sejak dua hari ini para Keluarga Penerima Manfaat datang ke Kantor Kecamatan untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera.

"Kita pihak Kecamatan sudah dua hari ini memfasilitasi para Keluarga Penerima Manfaat yang ada di Kecamatan Indralaya Utara guna untuk mendapatkan kartu keluarga sejahtera yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan 8 kilogram beras dan juga 1 kilogram telur" Katanya.

Ditambahkannya, "Ada sekitar 525 Penerima manfaat yang tersebar di 15 Desa dan 1 Kelurahan, dan saat ini baru sekitar 360 penerima manfaat yang sudah terakomodir, nantinya bagi sudah mendapatkan kartu tersebut bisa menukarkan diwarung-warung yang sudah ada tanda yakni e-warung atau juga di warung yang sudah ada Bri link" Terangnya. (***)

Kamis, 11 Juli 2019

20.53

Pelajari Cara Penyusunan RPJMD DPRD OI Ikuti Bimtek di Jakarta

INDRALAYA, gmjnews.com- Sebanyak empat puluh orang Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir  (OI) mengikuti kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) tentang Tata Cara Penyusunan RPJMD berdasarkan Permendagri tahun 2017, Bimtek yang berlangsung selama empat hari tersebut berlangsung di hotel ibis style gajah mada Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Dalam kegiatan Bimtek tersebut materi yang disampaikan tentang Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 33 tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun anggaran 2020, dengan nara sumber  oleh Rikie, S.STP., M.Si Kasubdit Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah I Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir H. Endang PU Ishak yang juga selaku koordinator rombongan bimtek berharap dengan dilaksanakannya bimtek ini, setiap anggota DPRD dapat memenuhi dan memahami atas tupoksinya dan Juga mampu mempersiapkan aspek dalam proses perhitungan angka maupun isiannya pada perumusan anggaran APBD Tahun Anggaran 2020.

Pelaksanaan bimtek ini telah mengulas bagaimana proses perumusan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020 yang sesuai dengan mekanismenya dan juga menjelaskan tentang optimalisasi fungsi pengawasan dalam pencermatan laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD.

Dari kegiatan bimtek ini diharapkan mampu menjadi pedoman sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 33 tahun 2019. (Red)