Gemilang Terkini

Kamis, 18 Juli 2019

Gerakan Sederhana Senam Kaki untuk para Lansia

PALEMBANG, gmjnews.com- Rumah Zakat melakukan edukasi bagi lanjut usia (lansia) di desa berdaya Bukit Baru. Jln. Tanjung barangan, kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang. Kegiatan yang di adakan di masjid Al Ittifaq pada Kamis (18/07).

Sebanyak lebih dari 30 lansia mengikuti senam kaki yang di bimbing oleh Muhammad Habbi, SKM. Kegiatan ini dilakukan dikarenakan beberapa member mengalami gula darah yang tinggi.

Sehingga pada pertemuan kali ini dilakukan senam kaki selama 30 menit serta mengedukasi para lansia untuk lebih memperhatikan kesehatannya terutama bagi penderita Diabetes.

"Penyakit diabetes sering membuat penderitanya merasa lemas berlebihan dan berujung pada rasa malas untuk bergerak. Padahal, gerakan-gerakan tubuh diperlukan untuk menjaga tubuh penderita diabetes tetap bugar dan mencegah komplikasi penyakit, latihan yang dilakukan untuk membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki”, ujar Habibi dalam materi.

Selain itu, gerakan dari senam kaki ini juga dapat memperkuat otot kaki serta meningkatkan kekuatan otot paha, betis, dan mengatasi keterbatasan dalam pergerakan sendi.

Sementara itu, Heni salah seorang lansia mengungkapkan bahwa baru pertama ikut senam kaki.

“Baru kali ini pertama melakukan senam kaki, meskipun gerakannya sederhana dan hanya bermodalkan koran bekas ati bikin capek juga”, ungkapnya. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar