Gemilang Terkini

Selasa, 27 Juni 2023

00.18

Bupati Ogan Ilir Sambut Baik Audiensi DPD IWO Indonesia

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Audiensi dengan Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Selasa (27/06/2023).

Adapun tujuan dari audiensi tersebut yakni penyampaian terkait keberadaan organisasi IWO Indonesia Kabupaten Ogan Ilir dan sudah terdaftar di Kesbangpol OI, dan juga penyampaian tujuan jelang pelantikan.

"Hari ini kami dari pengurus IWO Indonesia Ogan Ilir menyampaikan kepada pak Bupati Ogan Ilir bahwa di Ogan Ilir saat ini sudah ada organisasi wartawan yang baru yakni Ikatan Wartawan Online Indonesia, dan Alhamdulillah kita sudah terdaftar di Kesbangpol Ogan Ilir" Kata Yasandi selaku Ketua DPD IWO Indonesia OI.

Dijelaskan Yasandi yang juga merupakan mantan ketua PWI Ogan Ilir, bahwa selain dari pengenalan keberadaan organisasi IWO Indonesia kita juga ingin menyampaikan kepada Bupati OI bahwa pada tanggal 1 Agustus mendatang kita akan melakukan pelantikan pengurus.

"Mohon kesediaan pak bupati agar kiranya bisa hadir dalam pelantikan pengurus IWO Indonesia 1 agustus mendatang, dan juga kami mengharapkan agar kiranya pak bupati ogan ilir bisa menjadi dewan pembina kami untuk IWO Indonesia Kabupaten Ogan Ilir" Imbuhnya.

Ditambahkannya, "Selain itu juga nantinya kami mohon juga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk pinjam gedung untuk kegiatan pelantikan karena sebelum pelantikan akan diadakan kegiatan bakti sosial berupa sunatan massal, donor darah serta akan diadakan debus dan terakhir " Ujar Yasandi.

Untuk itu, kata Yasandi kami dari pengurus IWO Indonesia sangat berharap sekali bantuan dan kerjasamanya dari Pemerintah Ogan Ilir khususnya Bupati Ogan Ilir agar bisa membantu kami, dan nantinya juga kegiatan pelantikan nanti akan dihadiri oleh pengurus IWO Indonesia yang berada di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel.

Bupati OI Panca Wijaya Akbar menyambut baik dengan adanya organisasi Ikatan Wartawan Online Indonesia Kabupaten OI, dan bupati berharap IWO Indonesia bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten ogan ilir.

"Saya selaku bupati ogan ilir menyambut baik dengan adanya iwo indonesia ini sehingga kami berharap iwo indonesia bisa bersinergi dengan pemerintah ogan ilir, sedangkan untuk kegiatan pelantikan dalam hal untuk pemakaian gedung nanti bisa langsung dikoordinasikan dengan dinas terkait apalagi sebelum pelantikan kan ada acara baksos" Terang Bupati OI.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo OI Ferdian, sangat berharap setelah ada SK selesai pelantikan agar tetap bisa segera dilaporkan ke kominfo dan tolong di update jumlah anggota dan media agar kita bisa bersinergi lebih baik lagi.

"Pemerintah kabupaten sangat siap bersinergi selagi itu bisa membangun pemerintahan kabupaten ogan ilir" Pungkasnya. (Red)


Kamis, 22 Juni 2023

20.36

Rapat Paripurna VI DPRD Kabupaten Ogan Ilir tahun Sidang 2023

Rapat Paripurna VI  DPRD Kabupaten Ogan Ilir tahun Sidang 2023

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Rapat Paripurna VI DPRD OI tahun sidang 2023 pada pembicaraan tingkat ke satu ini, dalam rangka penyampaian Nota Penjelasan oleh Bupati Ogan Ilir atas Raperda tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan (LPJP) APBD Kabupaten Ogan Ilir Tahun Anggaran 2022. Senin (12/06/2023)

Ketua DPRD Soeharto Hasyim membuka langsung Rapat Paripurna VI didampingi Wakil Ketua I, Wahyudi,ST dan Wakil Ketua II, Ahmad Syafei.

Hadir dalam giat ini, Bupati Kabupaten Ogan Ilir yang diwakili Wakil Bupati H Ardani, Unsur Forkompinda Pemkab Ogan Ilir, Kepala OPD, Camat, dan undangan lainnya.

Dalam penyampaian Nota Penjelasan Bupati yang diwakili H Ardani, realisasi penerimaan pembiayaan adalah sebesar 138,105 miliar rupiah atau sebesar 99,84% dari yang dianggarkan yaitu sebesar 138,325 miliar rupiah.

"Pengeluaran biaya realisasi pengeluaran pembiayaan sebesar 0 rupiah dari anggaran yang ditetapkan sebesar 1,500 miliar rupiah, berdasarkan kondisi tersebut pada tahun 2022 memperoleh sisa lebih pembiayaan anggaran sebesar 185,093 miliar rupiah," tuturnya.

Dibeberkannya, kondisi neraca pada tanggal 31 Desember 2022 sebagai berikut, aset berjumlah 2,919 atau sebesar 9,69% dari kondisi aset tahun 2021.

"Naik sebesar 1,49%, dari kondisi kewajiban tahun 2021 yang sebesar 14,592 miliar rupiah,  likuitas berjumlah 2,905 triliun rupiah naik sebesar 9,74%," katanya.

Demikianlah gambar garis besar kondisi pengelola keuangan pemerintah tahun 2022.

"Penjelasan secara umum dan rinci mengenai kondisi pengelolaan keuangan pemerintah, tertuang dalam dokumen dan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022. (Ril/Red)

Jumat, 16 Juni 2023

19.40

Herman Deru Bantu Pembangunan Masjid Bustanul Jannah Kemas Rindo Kertapati

Herman Deru Bantu Pembangunan Masjid Bustanul Jannah Kemas Rindo Kertapati

PALEMBANG gmjnews.co.id

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengaku bangga atas kebersamaan dan kegotong-royongan masyarakat Lorong Bersama Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Palembang dalam membangunan Masjid Bustanul Jannah, Jumat, (16/6).
 
Menurut Herman Deru dengan cara swadaya atau kegotong-royongan masyarakat ini yang sangat baik dibandingkan dengan cara meminta-minta di jalan dengan  memasang kaleng ataupun ember. 
 
"Ini cara yang benar kita memuliahkan dan menghormati agama kita, bukan dengan meminta dijalan,"  tegasnya.
 
Karena itu  Gubernur Herman Deru bersama para OPD Sumsel menyempatkan diri sholat jumat berjemaah dengan warga sekitar sekaligus memberikan  subangan untuk mempercepat rampungnya pembangunan masjid  Bustanul Jannah.
 
"Saya minta bantuan yang diberikan untuk pembangunan masjid ini gunakan dengan baik sehingga cepat selesai dan dapat dimanfaat masyarakat untuk melaksanakan sholat Idul Adha," harapnya. 
 
Sementara itu, Wakil Ketua Pembangunan Masjid Bustanul Jannah, Syafarudin mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur Herman Deru yang telah   mengelar safari jumat di masjid Bustanul Jannah  yang kondisinya belum rampung setelah dibongkar dan dibangun kembali dengan kontruksi beton.
 
"Ini penantian panjang sehingga sudah teraboti bagi masyarakat atas kehadiran pak Gubernur Herman Deru hari ini," ungkapnya. 
 
Dia menuebut  Masjid Bustanul Jannah sudah mulai direnovasi enam bulan  lalu  tepatnya   pada Januari 2023. Namun dalam perjalanan waktu  panitia pembangunan masjid mengalami kekurangan pendaan untuk menyelesaikan pembangun masjidnya.
 
"Jadi selama enam bulan dalam renovasi cukup banyak dana yang sudah keluarkan, Alhamdulillah hal ini juga tidak lepas dari bantuan para tokoh agama dan masyarakat," pungkasnya.(Heryadi)
19.39

Kapolrestabes Palembang Bersama Kapolsek Kertapati Berikan Bantuan Presiden Kepada Masyarakat

Kapolrestabes Palembang Bersama Kapolsek Kertapati Berikan Bantuan Presiden Kepada Masyarakat  

PALEMBANG, GMJNEWS.co.id Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono, S. Ik, MH didampingi Kapolsek Kertapati Akp Alfredo Hidayat, SH, S. Ik, M. Si beserta jajaran memberikan bantuan sembako secara door to door ke rumah warga lanjut usia (Lansia) di Jalan Mataram Rt 07 Rw 02 Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Kota Palembang Provinsi Sumsel. Jum' at (16/06/2023).

Dalam Hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke- 77 ini, Kepolisian Republik Indonesia menggelar secara serentak kegiatan Bakti Sosial (Baksos) diseluruh tanah air.

Sebelum door to door ke rumah warga, Kapolrestabes Palembang ditemukan dengan Assuardi salah satu tokoh masyarakat setempat, yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan acara Baksos tersebut

" Terima kasih atas bantuan dan partisipasiinya yang telah turut serta mengsukseskan kegiatan Bakti sosial ini" kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono, S. Ik, MH.

Kemudian Kapolrestabes palembang mengunjungi rumah warga lansia secara door to door dan memberikan bantuan sembako.

" Pemberian bantuan ini dalam rangka hari ulang tahun Polri yang ke- 77, mohon diterimakan, ini suatu bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat" ucap orang nomor satu dijajaran Polrestabes Palembang saat menyerahkan bantuan kepada warga lansia.

Kapolrestabes Palembang merasa iba dan terharu saat berkunjung dan memberikan bantuan ke rumah M Hasan Yacob, melihat kondisi suami istri tersebut terbaring sakit tak berdaya dirumahnya.

Berdasarkan keterangan anak perempuannya, kalau ibunya tersebut sudah lebih dari tiga tahun menderita sakit strok dan ayahnya baru satu tahun ini sakit terkapar.

" Nanti saya bantu dua kursi roda untuk orang tua kamu, kursi roda tersebut nanti saya titipkan dengan Kapolsek Kertapati" tutur Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono.

Sementara itu Sam' Unah salah satu lansia penerima bantuan dihubungi mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan.

" Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bapak Polisi yang telah datang ketempat kami dan memberikan bantuan kepada kami, semoga Bapak Bapak Polisi selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan" pungkasnya.(Heryadi)

Senin, 05 Juni 2023

08.14

Daging Qurban bisa Jadi Solusi Ketahanan Pangan Indonesia dan Dunia

Daging Qurban bisa Jadi Solusi Ketahanan Pangan Indonesia dan Dunia


GMJNews.co.id- Meskipun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, ketahanan pangan Indonesia tahun ini yaitu 60,2, masih di bawah rata-rata global yang indeksnya 62,2, serta lebih rendah dibanding rata-rata Asia Pasifik yang indeksnya 63,4. Untuk mengatasi hal ini diperlukan kerjasama semua pemangku kepentingan dalam membangun sistem pangan yang kuat, yang dapat bertahan di tengah naiknya permintaan pangan, keterbatasan lahan, dan iklim yang memanas.

Salah satu upaya Rumah Zakat dalam memberikan solusi ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi melalui program Superqurban. Selama 2021 – 2022, Rumah Zakat telah menyalurkan Superqurban sebanyak 69% di Desa Minim Pequrban dan ekspedisi daerah pedalaman, rawan gizi, daerah perbatasan dan daerah 3T, serta 31% alokasi untuk insidental kebencanaan dan kemanusiaan.
 
“Dengan Superqurban jutaan ton daging qurban yang habis tiga hari dapat dioptimalkan menjadi cadangan makanan sebagai ikhtiar terwujudnya ketahanan pangan Indonesia” ujar CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha.

Salah satu upaya Rumah Zakat dalam memberikan solusi ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat yang membutuhkan yaitu melalui program Superqurban. Superqurban merupakan program optimalisasi kurban dengan mengolah dan mengemas daging kurban menjadi cadangan pangan dari protein hewani.

“Kami terinspirasi dari cara Nabi Yusuf AS dalam menjaga ketahanan pangan negara, mulai dari optimalisasi produksi pangan, managemen logistik pangan, mitigasi bencana kerawanan pangan, hingga deteksi dini dan prediksi anomali iklim sert cuaca. Dengan Superqurban jutaan ton daging kurban yang habis tiga hari dapat dioptimalkan menjadi cadangan makanan sebagai ikhtiar terwujudnya ketahanan pangan Indonesia," CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha. 

Saat ini ada dua program qurban yang diluncurkan Rumah Zakat yakni Superqurban dan Desaku Berqurban. Superqurban adalah optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi kornet, rendang atau kari sehingga manfaatnya besar dan pendistribusiannya lebih luas sepanjang tahun. Adapun Desaku Berqurban adalah program qurban yang didistribusikan di desa minim pequrban, sehingga masyarakat desa bisa merasakan kebahagiaan di hari raya qurban.

Selama 2022, 13.850 orang berpartisipasi dalam program qurban Rumah Zakat, dimana lebih dari 200.000 orang telah mendapatkan manfaatnya yang tersebar di 33 provinsi dan 4 negara. Sedangkan untuk superqurban, sebanyak 253.132 paket superqurban telah di ditribusikan pada tahun 2022 yang alokasinya untuk wilayah terpencil, terluar dan terdalam, desa minim pequrban, daerah rawan pangan dan daerah bencana.

“Mohon doanya tahun ini kami menargetkan 15.000 pequrban menitipkan amanah qurbannya, sehingga kita bisa membantu 300.000 penerima manfaat baik yang ada di Indonesia maupun dunia,” lanjut irvan 


KOH DENNIS LIM JADI DUTA QURBAN RUMAH ZAKAT 

Untuk mengedukasi terkait manfaat Superqurban kepada masyarakat, Rumah Zakat menggandeng neorang dai muda yang juga influencer dakwah Koh Dennis Lim. Menurut dia, program Superqurban yang dimiliki Rumah Zakat menjadi pilihan yang paling tepat agar distirbusi qurban bisa sampai kepada mereka yang lebih membutuhkan. 

"Selama ini orang-orang yang mampu berqurban biasanya di kota, orang-orang kayanya di situ dan karena keterbatasan daya tahan daging yang tidak lama, jadi pembagiannya juga di sekitar kota saja, bisa jadi mereka sudah biasa makan daging. Bagaimana mereka yang dipelosok, yang mampu berqurban terbatas, meskipun ada ternyata lebih banyak orang yang berhak menerimanya, superqurban yang di olah menjadi kornet dan rendang bisa menjawab permasalahan ini" ujar Koh Dennis. (Rumah Zakat)

Sabtu, 03 Juni 2023

20.30

Tekan Angka Kriminalitas Polsek Kertapati Berikan Himbauan Hati-hati Dan Waspadalah Curas, Curat Dan Curanmor

Tekan Angka Kriminalitas Polsek Kertapati Berikan Himbauan Hati-hati Dan Waspadalah Curas,Curat Dan Curanmor

Palembang gmjnews.co.id

Polsek kertapati Membuat imbauan di media sosial dan sarana publikasi melalui awak media atau wartawan imbauan tersebut salah satu jurus ampuh untuk menekan angka aksi kriminalitas,Minggu (04/06/23)

Imbauan itu berisi tulisan  yang inti nya masyarakat mewaspadai aksi kejahatan Curas, Curat dan Curanmor salah satunya bertulis"jangan berikan kesempatan pelaku kejahatan disekitar kita"

Dari penggiat media sosial yang bernama Nom otes warga jalan pintu besi kertapati Palembang menyampaikan dan mengucapkan sangat apresiasi kepada Kapolsek kertapati Akp Alfredo Hidayat yang selalu Memberikan himbauan kepada masyarakat walaupun dalam bentuk himbauan di media sosial itu sangat banyak mampaat nya untuk mengingatkan tentang kriminalitas 

"Saya Nom otes warga pintu besi kelurahan Ogan baru kecamatan kertapati kota Palembang sangat apresiasi dengan Kapolsek kertapati yang selalu memberikan himbauan kepada kami masyarakat kertapati,salah satunya untuk mengingatkan kita tentang kriminalitas agar kita lebih hati-hati lagi dalam menghindari tindak kejahatan kepada diri kita ujar,"Nom otes

Kapolsek kertapati Akp Alfredo Hidayat,SH, SIK MSI menjelaskan imbauan itu semata-mata bertujuan agar masyarakat perlu hati-hati dan antisipasi terhadap segala bentuk kejahatan 

"Kami juga meminta kepada masyarakat kertapati untuk bersama-sama mencegah segala bentuk kejahatan, serta menjadikan dan menciptakan situasi kertapati kondusif,kami ingin memberikan rasa aman dan pelayanan prima kepada masyarakat kertapati,"Ujar Kapolsek kertapati (Heryadi)