Gemilang Terkini

Senin, 30 November 2020

06.37

Alex Noerdin : Rawe rawe Rantas, Malang malang Putung 9 Desember Pilih Ilyas-Endang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kembali di pekan terakhir masa kampanye Alex Noerdin Ketua Dewan Pertimbangan Partai GOLKAR Propinsi Sumsel, melakukan road show keliling Ogan Ilir dalam rangka mendukung penuh dan memenangkan Paslon Bupati Wakil Bupati Ogan Ilir Nomor urut 2 ILYAS ENDANG.

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini meyakinkan warga untuk memilih pemimpin yang bisa membawa kemajuan daerah

"Jangan ragu mantapkan hati, maju terus pantang mundur, 'rawe- rawe rantas malang malang putung' pilih nomor urut 2 Ilyas Endang" Kata Alex Noerdin, disambut gemuruh tepuk tangan warga Desa Ulak Kerbau Lama Kecamatan Tanjung Raja, Senin (30/11/2020).
Lebih lanjut mantan Gubernur Sumsel dua periode menjelaskan, bahwa kemajuan sebuah kabupaten menandakan bahwa kepala daerahnya berkualitas, mampu dan berpengalaman.

"Pasangan Ilyas Endang memenuhi persyaratan itu dan saya saya menilai , saya menganggap, saya berkeyakinan pasangan nomor urut dua ini pasangan yang bisa membawa Ogan Ilir lebih baik.  Maka dari itu kita dukung dan pilih nomor urut 2 Ilyas Endang" Ujarnya.

Dijelaskannya, alasannya kenapa kita pilih Ilyas-Endang, 9 Desember 2020 nanti, karena mereka berdua sudah terbukti dan teruji dalam memimpin.

"Mana bisa memimpin tanpa bekal dan pengalaman, dan sudah banyak contoh, kalau kita salah memilih pemimpin, akhirnya tidak bisa menjaga dan mempertanggung jawabkan kepemimpinannya. Maka dari itu jangan salah pilih, kita pilih Ilyas-Endang" tegas Alex.

Disamping pasangan calon nomor urut 2, Ilyas-Endang, turut hadir mendampingi H Alex Noerdin dalam rangkaian road show kelililing Ogan Ilir selama dua hari di beberapa lokasi diantaranya Desa Pulau Negara Pemulutan Barat, KM 32 Timbangan, dan Desa Ulak Kerbau Tanjung Raja, Indralaya Utara, antara lain hadir Sekretaris Partai Golkar Sumsel Ir Herpanto dan pengurus lainnya, Ketua Fraksi Partai GOLKAR Sumsel Fatra Radezayansyah, ST, MT, Anggota DPRD Sumsel Fraksi Partai GOLKAR H Nawawi, SH Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto Hs, dan seluruh anggota DPR Fraksi Partai Golkar, beserta jajaran pengurus kader dan simpatisan partai Golkar.

Pada kesempatan itu juga baik Ilyas maupun Endang dalam orasinya kembali menegaskan kepada warga, bahwa program dan misi yang ditawarkan lima tahun ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar masyarakat yaitu pendapatan perkapita yang meningkat dengan transformasi pertanian, kesehatan prima gratis dan pendidikan prima gratis. (Ril/Red)
04.09

Rumah Zakat Berikan Support Kepada Sonia

GMJNews- Hampir setiap minggunya Sonia selalu di rawat inap Rumah Sakit Moehammad Hoesin Palembang untuk cuci darah dan kemoterapi. Selain itu juga harus mengkonsumsi obat-obatan yang tidak di tanggung oleh BPJS.

Hal ini membuat Ony  Ibu dari Sonia terus berusaha mencari uang untuk biaya pengobatan Sonia.  Karena kondisinya yang naik turun membuat kondisi fisik Sonia pula berubah dan lemah. 

Karena sakit autoimun membutuhkan perawatan yang panjang, itu tidak membuat Sonia menyerah, tim Rumah Zakat mendatangi RSMH tempat perawatan Sonia untuk menyalurkan hasil donasi yang digalang dari donatur melalui kitabisa.

“Alhamdulillah, terimakasih Rumah Zakat dan Kitabisa.com telah membantu Sonia untuk tetap berjuang melawan penyakit Auto Imunnya. Semoga Sonia Bisa sehat seperti sediakala dan yang membantu dimudahkan rezekinya," ucap Ony. (Medi RZ)

Jumat, 27 November 2020

21.10

Feature: Jeritan Pedagang Kecil Ditengah Pandemi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pandemi Covid-19 yang telah menyebar sejak beberapa bulan yang lalu membuat kehidupan para pedagang dipasaran terutama para pedagang kecil menjerit, karena untuk memenuhi kebutuhan sangat sulit ditambah lagi adanya virus covid-19.

Jadi mau tidak mau para pedagang kecil harus berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari, dan tak ayal mereka harus ekstra keras memutar otak demi memenuhi kehidupannya.

Belum lagi kondisi perekonomian menjadi salah satu hal utama dan paling utama yang mereka rasakan, dan membuat bingung para pedagang kecil tersebut.

Sebut saja Budi salah satu pedagang kecil yakni berdagang sayur-sayuran yang biasa berjualan di pasar tradisional di Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang merasakan "perihnya" kondisi ekonomi ditengah pandemi covid-19.

"Saya hampir kurang lebih satu minggu tidak berjualan, karena tidak boleh keluar rumah dulu, terutama ditengah pandemi covid-19. Jelas saya merasakan hal yang berbeda, terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari belum lagi untuk kebutuhan-kebutuhan yang lain" Kata Budi, Sabtu (28/11/2020).

Dikatakannya, belum lagi kalau ada kebutuhan yang mendesak, misalnya beras habis namun uang tak ada, jadi terpaksa kami harus berhutang pada tetangga.

"Bagaimana mungkin, penghasilan kami hanya dari berjualan, otomatis tidak berjualan selama seminggu membuat kebutuhan kami dirumah mulai habis terutama beras" Keluhnya.

Bantuan Pemerintah Mulai Bergulir

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terus mengambil sikap, terutama sikap dalam memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak covid-19 ini, adapun bantuan yang diberikan berupa sembako dan juga kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Bantuan tersebut disalurkan langsung Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir yang disalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat yang perekonomiannya susah ditengah pandemi covid-19.

Dengan adanya bantuan dari Pemerintah tersebut membuat masyarakat yang berada di Kabupaten Ogan Ilir merasa terbantu, ya walaupun masih ada masyarakat yang masih belum terpenuhi kebutuhannya, tapi setidaknya bisa sedikit meringankan beban dari pada masyarakat sendiri.

"Walaupun sedikit, namun kami sebagai masyarakat tentunya tetap mengucapkan terima kasih pada pemerintah kabupaten ogan ilir, karena telah membantu meringankan beban ditengah pandemi ini" Kata Ahmad warga Ogan Ilir.

Dirinya mengaku, walaupun untuk aktifitas seperti biasa masih terbatas, namun paling tidak dengan adanya bantuan ini bisa membantu untuk bertahan.

"Alhamdulillah, sedikit membantu, dan mudah-mudahan covid-19 ini bisa segera berlalu, dan masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa" Harapnya. (Red)
20.37

Mengedepankan Protokol Kesehatan, Polres OI Beri Pelatihan Linmas Se Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan yakni dengan cara tetap memakai masker dan juga menjaga jarak, gun memutus penyebaran covid-19, Polres Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Pol PP OI beri pelatihan pada Linmas Se Kabupaten OI.

Kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan Sat Pol PP Ogan Ilir ini digelar di Aula Polres Ogan Ilir jalan lintas Palembang-Prabumulih Kecamatan Indralaya Utara, Kamis (26/11/2020)

Adapun dalam fungsinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban ditingkat bawah khususnya wilayah lingkungan, Linmas juga merupakan Garda terdepan dalam menjalankan tugas ini. 

Ini yang dikatakan langsung oleh
Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi SIK, MH saat diminta menjadi Narasumber dalam kegiatan pembekalan terhadap ratusan perwakilan linmas dari 16 kecamatan Se Kabupaten Ogan Ilir.

"Dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas sesuai tugas dan fungsinya, dalam membantu Pemerintah Daerah dalam mengawal seluruh tahapan pilkada pada tahun ini" Kata Kapolres OI.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi memberikan arahan dan bimbingan, terkait fungsi dan tugas seorang Linmas dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Desa dimana mereka bertugas.

"Tugas Pokok Linmas berkerja sama dengan pihak Kepolisian tidak bisa di pisahkan, jadi jelas TNI – POLRI dan Linmas itu sendiri, harus saling menunjang dalam pelaksanaan menuju keamanan ketertiban dalam masyarakat" Imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Ogan Ilir Drs Akhmad Fauzi didampingi Kabid Pembinaan Satlinmas, JF Pol PP Madya Imtihana berharap agar seluruh materi yang disampaikan oleh para narasumber bisa dipahami oleh seluruh peserta.

“Diharapkan, dengan adanya pelatihan dan pembinaan ini mereka bisa menyerap apa yang disampaikan oleh Narasumber ataupun Instruktur, sehingga pada saat menjalankan tugas dilapangan sesuai dengan dengan aturan guna menciptakan keamanan dan ketertiban diwilayah masing-masing" Harapnya. (Red)
19.54

Cegah Covid-19, Jaga Kesehatan dan Berolahraga

OGAN ILIR, gmjnews- Guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19, ada-ada saja yang dilakukan oleh para remaja dan juga anak-anak yang yang berada di Kabupaten Ogan Ilir (OI), diantaranya dengan berolahraga dalam hal ini bermain futsal.

Hal ini yang dikatakan oleh Aldo, menurutnya dalam hal pencegahan covid-19 ini kita seharusnya tetap menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan serta terus berolahraga, karena dengan berolahraga maka tubuh kita akan tetap sehat.

“Yang penting jaga pola makan, jaga kesehatan serta sering beraktifitas dalam hal ini berolahraga, karena dengan olahraga kita tentunya akan mengeluarkan keringat sehingga tubuh kita menjadi sehat, dan insya Allah bisa terhindar dari covid-19” Katanya, Jum’at (27/11/2020) kemarin.

Dirinya juga mengajak agar kiranya kita harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan, tetap terapkan pola hidup bersih, dengan cara mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan tetap menggunakan masker.

“Semoga virus covid-19 ini bisa cepat berlalu sehingga tidak ada lagi was-was di tengah masyarakat sekitar, sekali lagi tetap jaga kesehatan dan selalu jaga pola makan, serta terapkan Protokol Kesehatan” Ajaknya. (Red)
18.58

Simulasi Pemungutan Suara, KPU Ogan Ilir Terapkan Prokes


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat dilapangan bola Polsek Indralaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Simulasi Pemungutan Suara, Sabtu (21/11/2020).

Adapun tujuan dari Simulasi tersebut adalah untuk memberikan gambaran terhadap proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember mendatang 2020.

Simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap ditingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 dengan protokol kesehatan pencegahan pengendalian Corona virus disease 2019(covid19) dihadiri oleh Ketua KPU Sumsel Keli Maryani, Bawaslu OI, Idris SHI, Kapolres OI yang diwakili Wakapores OI Kompol Yuskar, Dandim 04/02, Kapolsek Indralaya, PPK dan tokoh masyarakat.

Ketua KPU OI Massuryati menghimbau kepada masyarakat Ogan Ilir jangan ada penumpukan pemilih dan jangan ada rasa kekhawatiran untuk memilih, karena KPU Ogan Ilir sudah menyiapkan Alat Pelindung diri (APD) supaya dapat meyakinkan masyarakat tentang kesehatan serta mudah-mudahan tidak akan menimbulkan klaster baru.

“KPU Ogan Ilir sudah mempersiapkan  APD disetiap TPS yaitu yang dipersiapkan diantaranya, termoghand, masker, handsanitizer, sarung tangan serta bilik khusus yang sengaja disiapkan untuk pemilih yang suhu badannya diatas 37 derajat” Kata Massuryati.

Dikatakannya, simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut akan dipraktekkan dari petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Para pelaku simulasi pemungutan adalah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang nantinya akan bertugas pada 9 Desember 2020.

“Dalam simulasi ini juga akan dipraktekkan protokol kesehatan di setiap alur pemungutan, seperti akan diukur suhu tubuhnya, selanjutnya pemilih akan diberikan sarung tangan sekali pakai, lalu para pemilih berada di TPS dengan tetap menjaga jarak,” Paparnya.

Selain penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, dalam simulasi ini juga akan dipraktekkan pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP.

“Meskipun hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi Sirekap tetap akan dijalankan sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara,” Imbuhnya.

Sementara itu, Roby Ardiansyah SH, selaku divisi teknis penyelenggaraan mengatakan, dalam pemungutan suara sebenarnya, nanti di setiap TPS akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS, handsanitizer dan perlengkapan cuci tangan, selain itu masing-masing TPS akan diberikan perlengkapan alat semprot (sprayer) beserta disinfektan.

“Proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS akan dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai,” Ujarnya.

Ditambahkannya, “Saat ini APD untuk TPS sedang dilakukan proses pengepakan di KPU OI, dan rencananya akan dikirim secara berkala melalui penyelenggara di tingkat kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke TPS sehari sebelum pemungutan suara” ujarnya.

Eny Wahyuni Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kabupaten Ogan Ilir Menilai Pelaksanaan Simulasi Pemungutan Suara yang dilakukan oleh KPU Ogan Ilir Sesuai dengan Protokol Kesehatan.

"pelaksanaan simulasi Pungut Hitung ini dilaksanakan dengan Menerapkan Protokol Kesehatan, Seperti Menjaga jarak, tidak berkerumun, terlihat di TPS petugas dan peserta pemilih memakai masker dan sarung tangan, serta mencuci tangan” Katanya.

Eny Wahyuni juga Menghimbau Kepada Masyarakat saat pelaksanaan Pencoblosan pada 9 Desember nanti untuk mematuhi protokol kesehatan ” dengan Menerapkan Protokol Kesehatan mudah – mudahan kita terhindar dari virus Corona Covid 19 ini ” tegasnya. (Red)

Selasa, 24 November 2020

04.32

Terapkan Protokol Kesehatan, PAW Anggota PPS Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, hari ini selasa (24/11/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI), melakukan pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Rantau Panjang Ilir dan Desa Tanjung Atap  Barat yang akan bertugas pada Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OI, 9 Desember 2020 mendatang.

Acara pelantikan tersebut berlangsung di ruang pertemuan KPU OI pada sekitar pukul 10.00 WIB. Hadir langsung Ketua KPU OI Massuryati, sekaligus memimpin acara pelantikan PAW anggota PPS. Dan juga turut hadir anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rantau Panjang dan Tanjung Batu.

Acara pelantikan PAW Anggota PPS ini dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Penetapan PAW. Serta pengambilan sumpah yang dibacakan langsung oleh Anggota KPU OI Rusdi Daduk dengan menghadirkan Rohaniawan Islam.

Setelah pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan dilanjutkan penyerahan SK tugas sebagai anggota PPS.

Pelantikan Pergantian Antar Waktu  (PAW) anggota PPS Desa Rantau Panjang Ilir dan Desa Tanjung Atap Barat ini dengan menerapkan Prokes agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19, dengan mengunakan Masker, mencuci tangan sebelum acara Pelantikan juga bertempat di ruangan tertutup dengan menjaga jarak.

Adapun nama petugas PPS Desa Rantau Panjang Ilir yang dilantik yakni Titin Supriyatin dan Syahril Yani dari Desa Tanjung Atap Barat.

"Kepada Pengganti Antar Waktu PPS Desa Rantau Panjang Ilir dan Desa Tanjung Atap Barat yang telah dilantik kami minta untuk dapat segera beradaptasi dan koordinasi dengan anggota PPS lainnya," Kata Ketua KPU OI Massuryati dalam arahannya kepada anggota PPS yang telah dilantik.

Anggota PPS yang telah dilantik ini setidaknya akan bertugas sebagai penyelenggara pemilu selama dua bulan atau akan berakhir masa tugas pada Januari 2021. (***/Red)

Senin, 23 November 2020

02.25

Terapkan Protokol Kesehatan, KPU OI Lakukan Pelipatan Kertas Surat Suara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, KPU Kabupaten Ogan Ilir (OI) mulai melakukan proses dan juga penyortiran serta pelipatan kertas surat suara dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang, Senin (23/11/2020).

Ketua KPU OI Massuryati mengatakan bahwa proses pelipatan surat suara ini menggunakan sistem swakelola yakni dengan melibatkan para staf honorer di KPUD OI dan sebagian masyarakat, adapun total kertas suara yang dicetak sebanyak 304.540 lembar sesuai dengan jumlah DPT + 2,5% per TPS dan sekitar 2 ribuan kertas untuk pemungutan suara ulang.

"Untuk jumlah petugas pelipat sebanyak 30 orang dan harus selesai dalam waktu 3 hari saja berlaku hari ini hingga tanggal 25 November 2020, para petugas juga tidak boleh merokok dan tidak boleh menggunakan handphone selama pengerjaan (diberikan jam istirahat)" Kata Massuryati.

Dijelaskannya, "Karena Pilkada tahun ini kita sedang dalam pandemi covid-19, maka proses pelipatan ini dilakukan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Para petugas pelipat harus menggunakan APD (masker), dan diukur suhu tubuhnya, mencuci tangan, menggunakan handsanitizer serta duduk pun tetap menjaga jarak. Setiap proses dan setiap tahapan pilkada diawasi oleh keamanan dari polres OI, TNI (pewira penghubung) dan Bawaslu OI” Terangnya.

Sementara itu, Idris, SHI selaku perwakilan dari Bawaslu OI menyampaikan bahwa KPU OI dan para petugas pelipatan kertas surat suara ini harus mematuhi himbauan tentang Protokol Kesehatan (Prokes).

“Kedatangan kami ini untuk mengawasi proses pelipatan ini, dan harus sesuai dengan prokes dan memastikan bahwa tidak adanya pergantian petugas pelipat yakni petugas harus sesuai dengan data absensi yang telah ditetapkan. Kamipun bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memeriksa para petugas pelipat ini pada saat keluar dari ruangan nanti guna memastikan bahwa tidak ada yang membawa kertas surat suara” Imbuhnya. (Ani/Di2/Red)

Minggu, 22 November 2020

03.36

Percobaan Pertama Wisata Waterboom Amri Rales Dipadati Pengunjung

Muara Enim, gmjnews.co.id- Walaupun belum secara resmi dibuka wisata Waterboom Amri Rales sudah ramai dipadati pengunjung pada Minggu  (22/11/2020), Yang berada dijalan lintas Gelumbang-Bitis lebih tepatnya di dekat sekolah SMP 6 Gelumbang yang  berjarak sekitar 1kilometer dari sekolah tersebut.

Antusias warga baik dari lokal maupun dari luar menjadi tiket ludes terjual pada pembukaan percobaan. Dikarenakan harga tiket tersebut sangat bersahabat dengan kantong pada saat sekarang yaitu dengan harga 10ribu cukup bisa bermain wahana air dan bisa berselfie ria yang sudah disediakan pengelola.

Pemilik Wisata Waterboom Amri Rales mengatakan saat di Waterboom mengatakan, sebenarnya pihak kami saat ini dalam tahap percobaan, namun, tak terduga ternyata antusias warga sekitar cukup tinggi dengan adanya wisata tersebut.

Lanjut Amri Amasita pemilik Waterboom ini berharap bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat sekitar supaya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan wisata ini juga sangat cocok bagi kaum milenial sekarang.

Amri juga menambahkan, wahana disini sudah dilengkapi dengan tempat bermain air yang lengkap baik itu anak-anak dan orang dewasa. Bahkan disini juga bisa untuk photo prawedding. Selian itu juga kami ada saung untuk bersantai dan ada juga tempat meeting.

Sementara itu Dila merupakan warga lokal yang berkunjung mengatakan, sangat bangga dan senang karena wisata ini sangat dekat untuk mengahabiskan waktu bersama keluarga apalagi di waktu libur. (Nil)

Sabtu, 21 November 2020

03.45

Cegah Penyebaran Covid-19, Paslon Ilyas-Endang Bagikan Ribuan Masker

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat yang berada di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19, pasangan calon bupati dan calon wakil bupati OI nomor urut 2 Ilyas-Endang bagikan ribuan masker kepada warga  di kecamatan Tanjung Raja, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan pembagian masker tersebut dilaksanakan di Pasar Tanjung Raja hingga dipinggir jalan lintas timur (Jalintim), adapun pembagian masker tersebut dilakukan oleh para Relawan dan Simpatisan Parpol dan juga dari Kaum millenial Pemuda dan Pemudi Tanjung Raja, yang dihadiri langsung Calon Wakil Bupati Endang PU Ishak bersama Artis kota Palembang Cek Maria.

H. Endang PU Ishak mengatakan bahwa pembagian masker di Kecamatan Tanjung Raja ini sebanyak 2000 Masker dari Partai Golkar Peduli Covid 19 dan sebelumya dibagikan juga sebanyak 2000 Masker di Kecamatan Tanjung Batu.

“Ini sebagai bentuk peduli kita dalam menghadapi wabah Virus Corona. Bersama Partai Golkar Peduli Covid 19 kami akan terus membagikan masker kepada masyarakat Ogan Ilir untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid 19,” Katanya. (Red)
03.32

Cegah Penyebaran Covid-19, 369 KPPS Se Kecamatan Rantau Panjang di Rapid Test

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19, sebanyak 369 Peserta Kelompok Panitia Pemungutan Suara  (KPPS) Se Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengikuti Rapid Test, di Balai Kantor Camat  Rantau Panjang, Sabtu (21/11/2020).

Hendri Irawan (Awang) anggota PPK Rantau Panjang Divisi Perencanaan Data dan Informasi mengatakan Pelaksanaan Rapid Test bagi peserta KPPS  sebagai syarat untuk mengetahui kesehatan Petugas Penyelengara di TPS agar tidak terpapar Covid-19.

"Rapid Test ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada 20 hingga 21 November dan kita laksanakan di sekretariat PPK balai kantor Camat Rantau Panjang, Rapid Test tersebut dilakukan oleh petugas puskesmas rantau panjang" Kata Awang.

Dikatakannya, adapun total keseluruhan peserta Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Rantau Panjang yang mengikuti Rapid Test sebanyak 369 peserta yang terdiri dari 287 KPPS  dan 82 linmas TPS.

"Kemarin 6 Desa yang diikuti 172 Peserta KPPS dan hari ini diikuti 197 dari enam desa dari total 12 Desa dari 41 TPS, Alhamdulilah untuk semua peserta tidak ada yang reaktif dan semuanya mengikuti Rapid Test" Imbuhya. (Red)

Jumat, 20 November 2020

21.30

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres OI Lakukan Penyemprotan Disinfektan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jajaran Kepolisian Resort Ogan Ilir hari ini, Sabtu (21/11/2020) melakukan penyemprotan disinfektan di Jalan Raya Seputaran Kabupaten Ogan Ilir (OI) dengan menggunakan mobil AWC yang berada di wilayah hukum Polres Ogan Ilir.

Selain itu, juga dilakukan patroli skala besar yang dipimpin oleh Kapolres Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi, S.IK, MH, melalui Kabag Sumda Polres OI Kompol. Heriyanto dan jajaran yang tak pernah berhenti memberikan himbauan dan sosialisasi tentang social distancing dan physical distancing, sesuai maklumat Kapolri tentang pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Tujuan dilakukan kegiatan patroli skala besar agar kita bisa memastikan bahwa tidak ada lagi masyarakat yang keluar rumah, tanpa menggunakan masker dan kemudian dibarengi dengan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan raya di Kabupaten Ogan Ilir" Kata Kompol Heriyanto.

Dikatakannya, sekali lagi kami himbau dan harapkan partisipasi aktif masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Kita bekerja untuk kamu, kamu di rumah untuk semua, untuk Indonesia. Bersatu Indonesia, lawan Covid-19, dan jangan lupa keluar rumah harus memakai masker" Ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan Polres Ogan Ilir dalam kesempatan tersebut juga membagi-bagikan masker dan menempelkan stiker himbauan. (MJ/Red)

20.57

KPU OI Gelar Simulasi Pemungutan Suara

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat dilapangan bola Polsek Indralaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Simulasi Pemungutan Suara, Sabtu (21/11/2020).

Adapun tujuan dari Simulasi tersebut adalah untuk memberikan gambaran terhadap proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember mendatang 2020.

Simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap ditingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 dengan protokol kesehatan pencegahan pengendalian Corona virus disease 2019(covid19) dihadiri oleh Ketua KPU Sumsel Keli Maryani, Bawaslu OI, Idris SHI, Kapolres OI yang diwakili Wakapores OI Kompol Yuskar, Dandim 04/02, Kapolsek Indralaya, PPK dan tokoh masyarakat

Ketua KPU OI Massuryati menghimbau kepada masyarakat Ogan Ilir jangan ada penumpukan pemilih dan jangan ada rasa kekhawatiran untuk memilih, karena KPU Ogan Ilir sudah menyiapkan Alat Pelindung diri (APD) supaya dapat meyakinkan masyarakat tentang kesehatan serta mudah-mudahan tidak akan menimbulkan klaster baru.

"KPU Ogan Ilir sudah mempersiapkan  APD disetiap TPS yaitu yang dipersiapkan diantaranya, termoghand, masker, handsanitizer, sarung tangan serta bilik khusus yang sengaja disiapkan untuk pemilih yang suhu badannya diatas 37 derajat" Kata Massuryati.

Dikatakannya, simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut akan dipraktekkan dari petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Para pelaku simulasi pemungutan adalah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang nantinya akan bertugas pada 9 Desember 2020.

"Dalam simulasi ini juga akan dipraktekkan protokol kesehatan di setiap alur pemungutan, seperti akan diukur suhu tubuhnya, selanjutnya pemilih akan diberikan sarung tangan sekali pakai, lalu para pemilih berada di TPS dengan tetap menjaga jarak," Paparnya.

Selain penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, dalam simulasi ini juga akan dipraktekkan pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP.

"Meskipun hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi Sirekap tetap akan dijalankan sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara," Imbuhnya.

Sementara itu, Roby Ardiansyah SH, selaku divisi teknis penyelenggaraan mengatakan, dalam pemungutan suara sebenarnya, nanti di setiap TPS akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS, handsanitizer dan perlengkapan cuci tangan, selain itu masing-masing TPS akan diberikan perlengkapan alat semprot (sprayer) beserta disinfektan.

"Proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS akan dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai," Ujarnya.

Dtambahkannya, "Saat ini APD untuk TPS sedang dilakukan proses pengepakan di KPU OI, dan rencananya akan dikirim secara berkala melalui penyelenggara di tingkat kecamatan dan selanjutnya didistribusikan ke TPS sehari sebelum pemungutan suara" Pungkasnya. (Red)
17.03

Covid 19 Bagi Para Petani

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Merebaknya virus covid 19 beberapa bulan yang lalu, dan juga hingga saat ini belum ada keterangan resmi bahwa virus covid 19 sudah tidak ada lagi, membuat para petani terkadang bingung untuk beraktifitas.

Seperti yang dikatakan oleh Mat, Selasa (03/11/2020) yang mengatakan bahwa dirinya dan juga anggota keluarga yang lain saat ini masih tetap menjaga kesehatan dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan, karena hingga saat ini covid 19 itu mungkin masih ada.

“Yang jelas kita tetap terapkan protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker saat beraktifitas diluar rumah, karena kita sendiri tidak tahu sampai kapan virus covid 19 ini, oleh karena itu kita harus tetap menjaga kesehatan” Ujarnya.

Dikatakannya, “Selain itu kita harus tetap menjaga jarak, karena saat ini kan memang belum musimnya menanam padi, jadi harus kita biasakan hingga saatnya nanti menanam padi” Pungkasnya. (Red)
16.48

Tukang Ojek Pakai Masker

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Soal penerapan protokol kesehatan guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 mendapat tanggapan dari para pedagang yang berada di Pasar Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Seperti yang dikatakan oleh Her (39) yang merupakan pedagang sayuran di pasar Tanjung Raja Ogan Ilir, menurutnya dirinya selaku pedagang sebenarnya agak takut juga dengan virus covid 19 ini, namun kita tetap yakin bahwa mudah-mudahan kita semua bisa terhindar dari virus covid 19 ini.

“Sebenarnya sih takut pak, namun yang kita kan selalu menerapakan protokol kesehatan, kita pakai masker saat berdagang, kemudian saya juga membawa handsanitizer setiap kali berjualan, jadi ya insya Allah bisa terhindar dari covid 19” Ujarnya, Minggu (01/11/2020).

Dikatakannya, “Bahkan hampir rata-rata pedagang disini pakek masker pak, karena sesuai anjuran dari pemerintah, selalu pakai masker, jaga jarak” Pungkasnya. (Red)

16.35

Soal Protokol Kesehatan, Ini Kata Para Pedagang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Soal penerapan protokol kesehatan guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 mendapat tanggapan dari para pedagang yang berada di Pasar Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Seperti yang dikatakan oleh Her (39) yang merupakan pedagang sayuran di pasar Tanjung Raja Ogan Ilir, menurutnya dirinya selaku pedagang sebenarnya agak takut juga dengan virus covid 19 ini, namun kita tetap yakin bahwa mudah-mudahan kita semua bisa terhindar dari virus covid 19 ini.

“Sebenarnya sih takut pak, namun yang kita kan selalu menerapakan protokol kesehatan, kita pakai masker saat berdagang, kemudian saya juga membawa handsanitizer setiap kali berjualan, jadi ya insya Allah bisa terhindar dari covid 19” Ujarnya, Minggu (01/11/2020).

Dikatakannya, “Bahkan hampir rata-rata pedagang disini pakek masker pak, karena sesuai anjuran dari pemerintah, selalu pakai masker, jaga jarak” Pungkasnya. (Red)

16.23

Pelantikan Pengurus PWI Ogan Ilir Terapkan Protokol Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) periode 2020-2023 oleh Ketua PWI Sumatera Selatan tetap menggunakan Protokol Kesehatan, diantaranya saat para tamu yang hadir dilakukan cek suhu, diberikan masker dan juga handsanitizer.

Ketua PWI Ogan Ilir periode 2020-2023 Yasandi mengatakan bahwa pada pelantikan pengurus PWI kita tetap mngedepankan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah dan juga memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid 19 ini.

“Alhamdulillah, untuk pelantikan para pengurus PWI Ogan Ilir berjalan dengan lancar dan juga saya selaku ketua PWI Ogan Ilir terpilih mengajak kepada rekan-rekan pengurus PWI dan juga pada seluruh rekan wartawan yang bertugas di Ogan Ilir agar kita selalu kompak dalam mewujudkan PWI Ogan Ilir yang profesional” Kata Yasandi, Jum’at (20/11/2020).

Ditambahkannya, “ Kita juga dalam proses pelantikan ini tetapa menerapkan Protokol Kesehatan, kita jaga jarak, pakai masker dan juga melakukan cek suhu terlebih dahulu” Imbuhnya. (Di2/ Red)

Kamis, 19 November 2020

16.12

DPRD OI Gelar Rapat Banggar Pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang diketua Ketua DPRD OI Soeharto hs gelar rapat Banggar bersama TAPD Sekretriat Daerah Kabupaten Ogan Ilir yang melaksanakan pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021, bertempat diruang rapat pimpnan DPRD KPT Tanjung Senai, Kamis (19/11/2020).

Rapat tersebut dipimpin oleh ketua DPRD OI Soeharto HS, didampingi Wakil Ketua Wahyudi Marwan dan Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe’i, S.Sos., M.Si, anggota banggar DPRD yang yang dihadiri juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M.Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST, dan Staf khusus Ketua DPRD Rosidi, M.Hum serta dari TAPD diketuai oleh Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto.

Dalam rapat tersebut selain pembahasan KUA/PPAS RAPBD TA 2021, ketua DPRD Soeharto meminta penjelasan terkait pagu anggaran dan realisasi pendapatan sampai dengan akhir tahun 2020. (Ril/Red)

Senin, 16 November 2020

03.12

Alex Noerdin Ajak Warga OI Bulatkan Tekad Pilih Ilyas-Endang

Alex Noerdin Ajak Warga OI Bulatkan Tekad Pilih Ilyas-Endang

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kembali mantan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengajak masyarakat Ogan Ilir (OI) untuk mendukung penuh keyakinan pasangan calon bupati dan wakil bupati Ilyas-Endang pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Sumsel ini saat lakukan kampanye di Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Ogan Ilir, Minggu (15/11/2020) kemarin.

Dihadapan para simpatisan, relawan dan kader partai pendukung Alex Noerdin meyakinkan bahwa Ogan Ilir akan semakin maju jika dipimpin oleh Ilyas-Endang.

"Beliau berdua berpengalaman, berwawasan dan memiliki bekal ilmu dan pendidikan yang didapat dari jenjang pendidikan sekolah yang kredibel dan berkualitas serta dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga menjadi bekal untuk mengurus rakyat Ogan Ilir" ujar Alex Noerdin yang juga menjabat sebagai Pimpinan Komisi VII DPR RI yang didampingi oleh Sekretaris Partai Golkar Ir Herpanto bersama Asfan Fikri Sanaf dan Kemas Khoirul Muhlis Tenaga Ahli DPR RI ini.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa kedua sosok Ilyas-Endang punya rekam jejak dan kapasitas yang mumpuni di bidang politik dan pemerintahan. Lahir dan besar secara alami, tidak melalui proses yang instan.

"Beliau berdua punya kemandirian, tidak berada dibelakang bayang-bayang orang lain" tegas Alex.

Kegiatan konsolidasi yang dihadiri juga oleh anggota Fraksi dan Pengurus DPD Partai Golkar OI ini , meskipun di tengah guyuran hujan warga tetap bersemangat dan antusias mendengarkan orasi politik dari sang pelopor berobat gratis dan sekolah gratis ini.

"Mantapkan hati, bulatkan tekad, jangan ragu, saya memberikan jaminan bertanggung jawab bahwa memilih pasangan urut nomor 2 pada Pilkada Ogan Ilir nanti adalah pilihan terbaik, " kata tokoh peraih Bintang Maha Putra Utama dari Presiden RI ini sambil dismbut rium teriakan yel yel penuh semangat oleh pasangan nomor urut 2.

Sementara itu, di tempat yang sama calon Wakil Bupati Ogan Ilir H Endang PU Ishak mengatakan bahwa pasangan Ilyas-Endang akan menyempurnakan program sekolah gratis dan berobat gratis yang merupakan ide dan gagasan awal dari Bapak Alex Noerdin yang pertama kali berlaku di seluruh Indonesia.

"Pasangan Ilyas-Endang akan menjalankan program yang berpihak kepada rakyat melalui transformasi pertanian, kesehatan prima, pendidikan gratis plus gratis dan untuk rakyat Ogan Ilir" tegas mantan Ketua DPRD Ogan Ilir ini. (***/Red)

Jumat, 13 November 2020

17.15

Peringatan HKN Ke 56 di Ogan Ilir, Terapkan Protokol Kesehatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di lapangan PSC Kabupaten Ogan Ilir, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang diwakili Pj Sekda OI Ir. M. Badrun Priyanto MT, resmi membuka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 Tahun 2020, Kamis (12/11/2020)

Dalam sambutannya, Pj Sekda OI Ir. M. Badrun Priyanto, MT menyampaikan, bahwa, Tema HKN tahun 2020 yakni tentang “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. 

"Melalui Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin" Katanya.

Dijelaskannya, "Disiplin disini yakni disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan juga memutus mata rantai keterpaparan Covid-19, karena sekuat apapun upaya Pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan" Imbuhya. (Red)
05.12

Camat Kelekar, Pimpin Langsung Giat Jum'at Bersih

MUARA ENIM, gmjnews.co.id-- Fikri Hidayat SIP selaku camat Kelekar memimpin langsung pelaksanaan giat jum'at bersih (jumsih), kegiatan Jum'at bersih kali ini mengambil titik di Desa Pelempang dengan melibatkan Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang, Babinkamtibmas Polsek Gelumbang, Pemerintahan Desa Pelempang dan masyarakat Desa Pelempang. Kegiatan tersebut dilakukan pada jumat (13/11/2020) sekira pukul 14.15 wib.

Fikri Hidayat S.IP M.Si selaku camat Kelekar mengatakan, kegiatan Jum'at bersih ini sebagai program dari Bupati Muara Enim yang diadakan setiap hari Jum'at, namun kegiatan Jum'at bersih ini sudah yang ketiga kalinya diwilayah Kecamatan Kelekar ini.
Sementara itu Serda Sarijo Guntoro dari Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang mengatakan, kegiatan ini adalah sarana kita untuk  manunggal dengan masyarakat, jadi program Jum'at bersih ini sangat bagus sekali dan kalo bisa ini bisa dilakukan terus setiap minggunya.

Miftahudin S.H selaku kepala desa Pelempang sedikit menyampaikan tentang budaya hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan disekitar kita.

"Dalam kegiatan Jum'at bersih (jumsih) kali ini tidak perlu waktu yang lama asal kita semua betul-betul melaksanakan pola hidup sehat dan kebersihan di lingkungan kita,"  ungkap Kepala Desa.

Dari pantauan media kegiatan jumsih ini terlihat aktivitas dan antusias semua Instansi dan masyarakat bahu membahu membersihkan lingkungan mulai dari ranting yang mengganggu pengendara di pinggir jalan dan sampah, dan rerumputan. (Nil)

Kamis, 12 November 2020

21.05

Debat Publik Tahap Ke 1 Pilkada Kab OI Berjalan Sukses

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Sebagaimana yang telah diatur oleh penyelengga pilkada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI), tahapan demi tahapan sudah dilewati hingga Kamis (12/11/2020) pukul 14.00 WIB, tibalah ke ketahapan Debat Publik Pertama yang di selenggarakan di hotel Harper Palembang.

Kendatipun dengan penjagaan ketat, namun pelaksanaan debat kandidat  memaparkan visi dan misi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (cawabup) Ogan Ilir (OI)  tetap meriah dan sukses.

Dalam debat, Cabup OI nomor urut 1 Panca Wijaya Akbar (PWA)-Ardhani mengatakan akan memaksimalkan pelayanan dan melakukan tata kelola pemerintahan profesional dan bertanggung jawab dengan menempatkan SDM mumpuni dibidangnya masing-masing.
“Dibidang pendidikan, tentu akan menjadi prioritas jika kami dipercaya masyarakat OI,” Kata Panca.

Dia juga mengklaim menginginkan agar segenap masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan optimal. Diantaranya, penyediaan program BPJS bagi warga lanjut usia (lansia).

“Ini program sudah ada, tapi kami ingin jemput bola dan memastikan setiap lansia di OI memegang kartu BPJS, disinilah peranan pemerintah hadir. Tujuannya ketika lansia tersebut berobat, sebagai peserta BPJS dapat segera dilayani,” ujarnya.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 HM Ilyas Panji Alam (IPA)-Edang PU Ishak menjanjikan akan memberikan asupan gizi berupa vitamin, susu kepada anak baru lahir hingga 1.000 hari.

“Kami juga akan membantu meringankan beban masyarakat OI dengan cara memberikan bantuan melahirkan kepada ibu-ibu hamil hingga melahirkan. Bahkan bayinya juga akan diberi asupan gizi hingga 1.000 hari kelahiran,” tutur Ilyas.

Selain itu, calon incumbent ini juga berjanji akan memberikan alat dan seragam sekolah gratis kepada warga OI. Karena selama ini warga mengeluhkan biaya ketika memasuki tahun ajaran baru.

Tidak hanya itu, dirinya juga akan melakukan perbaikan infrastruktur, peningkatan perekonomian, dan peningkatan dibidang lainnya. (Red)

Senin, 09 November 2020

03.14

Jembatan Sejangko 1 Selesai Diperbaiki

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Jembatan yang berada di Desa Sejangko 1 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang dulu kondisinya rusak dan sulit dilalui, kini jembatan tersebut sudah selesai diperbaiki.

Berdasarkan pantauan, Senin (9/11/2020) terlihat kondisi jembatan yang dulunya rusak sekarang sudah bagus dan kokoh, sehingga pengendara baik roda dua maupun roda empat sudah bisa melewati jembatan tersebut.
"Alhamdulillah dengan kondisi jembatan yang sekarang, kami para pengendara sudah tidak merasa was-was lagi ketika melintas diatas jembatan tersebut, karena saat ini jembatan tersebut sudah bagus" Kata Ani salah satu pengendara yang melintas.

Sementara itu, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si menanggapi sudah diperbaikinya jembatan sejangko 1 ini mengatakan bahwa dirinya sangat mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten OI.

"Saya selaku camat Rantau Panjang mengucapkan terima kasih pada pemerintah kabupaten ogan ilir, khususnya dinas terkait yang sudah memperbaiki jembatan sejangko 1 yang dulunya rusak, kini Alhamdulillah sudah bagus kembali, sehingga para pengendara bisa leluasa untuk lewat diatas jembatan tersebut" Kata Camat Rantau Panjang.

Ditambahkannya, "Saya juga berharap agar kiranya pemerintah kabupaten ogan ilir, agar segera memperbaiki juga jembatan yang ada di Desa Rantau Panjang Ilir, karena saat kondisinya juga sudah mulai rusak, dan sulit untuk dilalui" Harapnya. (Red)
03.09

Kuasa Hukum Alex Noerdin laporkan Mawardi Yahya Ke Polda Sumsel

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Setelah Ilyas Panji Alam melaporkan wakil gubernur sumsel Mawardi Yahya terkait dugaan kasus pencemaran nama baik, kali ini giliran mantan gubernur sumsel yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI Alex Noerdin ikut melaporkan mawardi yahya ke polda sumsel terkait Dugaan pencemaran nama baik.

"Wagub sumsel ini akan kita jerat dengan pasal 310 KUHP, adapun laporan kami telah diterima oleh Polda Sumsel hari ini dengan nomor LP : STTLP/858/XI/2020" Kata Dedy Heryansyah SH selaku kuasa hukum Alex noerdin, Senin (9/11/2020).

Dikatakannya, kasus yang dilaporkan sama dengan kasus yang dilaporkan oleh Ilyas Panji Alam (bupati Ogan Ilir) yaitu ketika  Mawardi yahya memberikan kata sambutan pada acara resepsi pernikahan salah satu warga kabupaten Ogan Ilir

"Kepada masyarakat dalam kapasitasnya sebagai Wakil Gubernur sumatera selatan, mawardi yahya mengatakan bahwa salah satu Pasangan Calon dalam pilkada kabupaten Ogan Ilir telah didiskulaifikasi oleh KPU Ogan Ilir karena melakukan pelanggaran penggunaan dana bansos dalam pilkada, memang bahaya pak, waktu Pak Ishak mekki (pada saat menjabat sebagai bupati OKI) yang kena Pak muslim dan Waktu Pak alex (pada saat menjabat Gubernur sumsel) ado tigo atau empat yang masuk penjara" Paparnya. 

Seperti diketahui, beberapa bulan terakhir ini wagub sumsel Mawardi Yahya kerap turun berkampanye di Kabupaten Ogan Ilir untuk mendukung salah satu pasangan calon dalam pilkada ogan ilir

Sementara itu Andrie Kusuma, SH selaku Ketua Tim Hukum pasangan Ilyas-Endang mengatakan bahwa pasal yang di sangkakan adalah pasal 310 KUHP, jadi ini adalah pidana umum dan bukan pidana pilkada.

"Kita juga mengingatkan bahwa wakil gubernur harus bersikap netral dan tidak boleh berpihak, ada sanksinya" Ujar Andrie. (***/Red)

Sabtu, 07 November 2020

00.48

Pjs Bupati OISilatuhrahmi Bersama Pimpinan dan Fraksi Fraksi DPRD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Wahydi, ST bersama Fraksi-fraksi DPRD  menerima kunjungan Silatuhrahmi Pjs. Bupati Kabupaten Ogan Ilir Aufa Syarizal, S.P.,M.Sc, bertempat diruang rapat pimpinan KPT. Tanjung Senai, Selasa (06/10/2020).

Pertemuan Silatuhrahmi yang di pimpin oleh wakil ketua DPRD Wahyudi, ST dihadiri juga oleh Ketua Fraksi Golkar Muhammad Iqbal dan Anggota H. Kosasi, SKM.,MM, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Amir Hamzah,SH dan Anggota Amril Aulia,SH dan Safari, Ketua Fraksi Nasdem Afrizal,SH dan Anggota Fraksi Abdul Rozak Rusdy, ST (Hanura), Sekretaris Fraksi PPP Zahruddi,SE, Sekretaris Fraksi PAN Mulyadi Abdullah, Sekrtaris dan Anggota Fraksi Bergerak Arham Fadoli (Berkarya), Rahmadi Djakfar,S.Sos.,MTP (PBB), dan didampingi Sekretaris DPRD Mukhsina,SE.,M.Si, Kasubag Persidangan Dedi Afrizal,ST,dan stag, Sari dan Mery.

Dari pertemuan tersebut, selama Pjs. Bupati Aufa Syarizal,S.P.,M.Sc, bertugas di Kabupaten Ogan ilir semoga dapat bersinergi bersama DPRD untuk bersama membangun Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)
00.45

Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Lampung Tengah Kunjungi DPRD Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Basri M. Zahri,S.Pd.,M.Si, bersama Anggota DPRD Rizal Mustopa.S.IP.,M.Si didampingi Kabag Humas & Protokol Yuniarti,S.IP.,M.Si dan Kasubag Humas Harry Ferdian,SH, menerima kunjungan kerja Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Lampung Tengah bertempat diruang rapat Pimpinan DPRD KPT Tanjung Senai Indralaya, Rabu, (07/10/2020).

Kunjungan yang berjumlah enam orang tersebut diketuai Oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah Sumarsono oleh tiga orang staf Sekretariat.

Pertemuan yang penuh keakraban tersebut bertujuan dalam Rangka Konsultasi dan koordinasi terkait Kode Etik badan kehormatan dan peraturan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga martabat, kehormatan citra dan kredibiltas DPRD Lampung Tengah. (Ril/Red)

00.43

DPRD OI Gelar Rapat Banggar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Bersama TAPD laksanakan rapat pembahasan hasil Gubernur Terhadap Raperda APBD Perubahan TA 2020, bertempat diruang rapat pimpinan DPRD KPT.Tanjung Senai, Rabu, (07/10/2020).

Rapat Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafe’i.S.Sos.,M.Si dan Anggota banggar DPRD yang didampingi Sekretaris DPRD Mukhsinah,SE.,M.Si dan Kabag Legislasi Yubhar,S.IP dan dihadiri oleh TAPD Kab. Ogan Ilir yang diketuai oleh Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto,   

Usai rapat pembahasan , pimpinan rapat Wakil Ketua DPRD Ahmad Syafei menyerahkan hasil rekomendasi Banggar ke Ketua TAPD Kabupaten Ogan Ilir Pj. Sekda Ir. M. Badrun Priyanto. (Ril/Red)
00.39

Komisi 1 Kota Jambi Kunjungi DPRD Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Ketua Komisi 1 dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ogan Ilir  Zahrudin, SE,  H. Kosasi, SKM., MM, Arif Fahlevi didampingi Kasubag Protokol Hj, Saadah.

Menerima kunjungan kerja Komisi 1 DPRD Kota Jambi bertempat diruang rapat Pimpinan DPRD KPT Tanjung Senai Indralaya, Senin (26/10/2020).

Kunjungan yang berjumlah sepuluh orang tersebut diketuai Oleh Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan, SH didampingi oleh empat orang staf Sekretariat.

Pertemuan yang penuh keakraban tersebut bertujuan dalam Rangka Study Banding tentang Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan di bidang Pemerintahan. (Ril/Red)
00.34

Pjs Bupati OI Hadiri Wisuda STITQI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Ogan Ilir, Sebanyak 242 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quran Al Ittifaqiah (STITQI) Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) diwisuda, Sabtu (7/11/2020).

242 orang mahasiswa yang diwisuda tersebut terdiri dari 204 orang program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 38 orang dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). 

Ketua STITQI Al Ittifaqiah, H Mukhyidin MA mengatakan bahwa hari ini ada 242 orang mahasiswa yang diwisuda dan 30 orang diantaranya berhasil mendapatkan predikat cumlaude.

“Sebagai wisudawan terbaik program studi PAI bernama Mentari IPK 3,91. Lalu wisudawati berprestasi, Wafa Minhatul Maula, di samping predikat cumlaude juga Tahfiz Al-Quran 30 juz, serta untuk program studi PAUD ditetapkan sebagai wisudawati terbaik adalah Novita Loka mendapatkan predikat cumlaude IPK 3,88,” Katanya.

Hadir dalam acara wisuda tersebut, wakil gubernur Sumatera Selatan, H. Mawardi Yahya, Pjs Bupati OI Aufa Syahrizal, Ketua STITQI H. Mukhyidin, para dosen STITQI, para mahasiswa yang diwisuda, serta tamu undangan. (Red)
00.29

Pjs Bupati OI Hadiri Launching Maskot Modo Modi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat dilapangan Mapolres Ogan Ilir, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Aufa Syahrizal S.P., M.Sc. bersama Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M. dan Forkopimda Kabupaten OI khususnya Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi,. SIk., MH, hadiri Launching Maskot Modo Modi Protokol Kesehatan Polres OI, Senin (28/09/2020).

Pjs Bupati OI Aufa Syahrizal mengatakan bahwa kegiatan ini patut diapresiasi karena merupakan sebagai langkah awal untuk mensosialisasikan bagaimana langkah untuk memerangi pandemi covid-19 yang masih berada di sekitar kita.

"Kita dari pemerintah kabupaten ogan ilir sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini merupakan langkah untuk memerangi covid-19" Kata Pjs Bupati OI. (Ril/Red)

00.23

Pjs Bupati OI Tebar Benih Ikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Balai Benih Ikan Tanjung Putus Indralaya, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Ilir (OI) Aufa Syahrizal S.P., M.Sc yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan selaku Dinas terkait yang memfasilitasi kegiatan Restocking/ Penebaran benih Ikan Lokal sebanyak 50 Ribu Benih ikan jelawat, Rabu (21/10/2020).

Benih ikan jelawat tersebut merupakan pemberian Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik.

Dengan penebaran benih ikan yang seimbang sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada Kabupaten Ogan Ilir.

Turut hadir dalam giat Restocking/Penebaran 50 Ribu Benih Ikan Jelawat  Anggota DPRD Kab OI, Camat Indralaya, dan Camat Indralaya Utara. (Ril/Red)
00.17

Pjs Bupati OI Apresiasi Polres OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam acara pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu yang digelar dimapolres Ogan Ilir (OI), Rabu (4/11/2020) Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OI, Aufa Syahrizal, memberikan apresiasi pada Polres OI khususnya ditres narkoba yang telah berhasil menangkap cukup lumayan hampir 1 kg.

"Dengan pemusnahan ini berarti kita sudah menyelamatkan 4695 jiwa ataupun generasi muda yang terselamatkan sehingga mereka tidak bisa terpengaruh oleh narkoba ini, dan kita yakin bahwa jajaran Polres OI tidak akan berhenti sampai disini, mereka akan terus bekerja mencari lagi, dan mencoba untuk memberantas semua jenis narkoba, yang beredar di kawasan wilayah ogan ilir" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Kami dari pemerintah juga akan memberikan reward kepada temen-temen para tim yang sudah berhasil menangkap ataupun menyelamatkan jiwa para generasi muda dengan adanya keberhasilan menangkap barang bukti narkoba ini" Imbuhnya.  (Ani/Di2/Red)

Jumat, 06 November 2020

19.23

Terapkan Prokes Covid-19, 242 Mahasiswa STITQI Diwisuda

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Quran Al Ittifaqiah (STITQI) Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) mewisuda sebanyak 242 orang mahasiswa, terdiri dari 204 orang program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 38 orang dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). 

Acara tersebut digelar di Gedung Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Ogan Ilir, Sabtu (7/11/2020). Wisuda ini merupakan yang kedua di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Ketua STITQI Al Ittifaqiah, H Mukhyidin MA mengatakan bahwa hari ini ada 242 orang mahasiswa yang diwisuda dan 30 orang diantaranya berhasil mendapatkan predikat cumlaude.

“Sebagai wisudawan terbaik program studi PAI bernama Mentari IPK 3,91. Lalu wisudawati berprestasi, Wafa Minhatul Maula, di samping predikat cumlaude juga Tahfiz Al-Quran 30 juz, serta untuk program studi PAUD ditetapkan sebagai wisudawati terbaik adalah Novita Loka mendapatkan predikat cumlaude IPK 3,88,” Katanya.

Dirinya juga mengucapkan selamat, dan juga berkah kepada orang tua dan anak-anaknya yang berhasil meraih wisuda  terbaik dan berprestasi, dan juga dengan harapan kepada alumni dapat mengamalkan ilmunya dalam masyarakat.

“Saya berharap ilmu yang didapat dari bangku sekolahnya bisa diaplikasikan kepada masyarakat agar berguna bagi bangsa dan negara ini,” Harapnya. (Cj01/Al/Red)
15.42

H Yulian Gunhar Inginkan Pemilukada di OI Berjalan Taat Pada Asas Aturan dan Hukum

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah menerima salinan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) terkait penetapan kembali paslon Ilyas-Endang sebagai peserta di Pemilukada Kabupaten OI, H Yulian Gunhar selaku Ketua Tim Pemenangan menghaturkan terima kasih kepada tuhan yang maha esa.

"Dan Alhamdulillah pasangan Ilyas-Endang ditetapkan kembali sebagai peserta di Pemilukada serentak Kabupaten Ogan Ilir tahun 2020," Kata H Yulian Gunhar. 
Kemudian, ia mengucapkan terima kasih kepada KPU Kabupaten OI. Tentunya disebutkan Yulian Gunhar yang juga merupakan anggota DPR-RI ini, pihaknya menginginkan Pemilukada di Kabupaten Ogan Ilir berjalan taat pada asas aturan dan hukum.

"Tidak ada keributan, pemilu damai. Karena kita semua adalah saudara," ucap H Yulian Gunhar.

Tahapan selanjutnya dikatakan H Yulian Gunhar, tim dari paslon 02 Ilyas-Endang dalam waktu dekat akan mengikuti debat publik yang rencananya akan berlangsung pada 12 November nanti di Hotel Helper Palembang.

"Tim 02 sudah menyiapkan segala materi dan nantinya akan kita saksikan bersama," ajak Ketua Tim Pemenangan paslon Ilyas-Endang.

Sementara diketahui, salinan putusan dari Mahkamah Agung (MA) terkait hasil pembatalan diskualifikasi terhadap paslon urut 02 HM Ilyas Panji Alam - Endang PU Ishak, secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI) segera melayangkan surat keputusan (SK) penetapan peserta Pilkada kepada pasangan Ilyas-Endang.

"Segera kami layangkan surat kepada paslon nomor urut 2," ujar Ketua KPU Kabupaten OI Massuryati saat menggelar konferensi pers, Jumat (6/11/2020).

Ketua KPU Kabupaten OI juga menyatakan pembatalan terhadap keputusan KPU Kabupaten OI Nomor 263/HK.03.1-Kpt/1610/KPU-Kab/X/2020 tertanggal 12 Oktober 2020 tentang pembatalan penetapan pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OI nomor urut 2 tahun 2020 atas nama pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak. (Red)
05.31

KPU OI Cabut Keputusan Diskualifikasi, Ilyas-Endang Resmi Jadi Peserta Pilkada

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Akhirnya KPU Kabupaten Ogan Ilir (OI) menganulir keputusan mendiskualifikasi Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Ilyas-Endang Setelah KPU Ogan ilir menerima salinan surat dari Mahkamah Agung (MA).

“Menyatakan batal keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Ilir Nomor 263/HK.03.1-Kpt/1610/KPU-Kab/X/2020 tanggal 12 Oktober 2020 tentang pembatalan penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Ogan Ilir nomor urut 2 tahun 2020 atas nama pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak,” Kata Massuryati Ketua KPU Ogan Ilir, kepada wartawan Jumat (6/11/2020).
Selain mencabut keputusan diskualifikasi, KPU Ogan Ilir juga menyatakan pasangan Ilyas-Endang resmi kembali menjadi peserta Pilkada Ogan Ilir tahun 2020.
 
“Lalu Menerbitkan keputusan baru tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Ogan Ilir tahun 2020 yang memenuhi syarat yaitu paslon nomor urut 1 yakni pasangan Panca Wijaya Akbar-Ardani dan paslon nomor urut 2 pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak,” Ujarnya.

KPU selanjutnya segera melayangkan surat keputusan (SK) penetapan peserta Pilkada kepada pasangan Ilyas-Endang.
Sebelumnya, pengabulan permohonan gugatan diskualifikasi itu telah diterbitkan di website resmi MA pada 27 Oktober lalu.
 
Juru bicara MA, Andi Samsan Nganro juga telah membenarkan pengabulan gugatan diskualifikasi dari pasangan Ilyas-Endang tersebut. (Red)

Rabu, 04 November 2020

03.32

Rumah Zakat Action Hadiri Apel Siaga Menghadapi Musim Hujan di DKI Jakarta

JAKARTA, gmjnews.co.id- Semangat relawan Rumah Zakat Action tergabung dalam Squad PB Indonesia yang turut hadir pada giat Apel Siaga Menghadapi Musim penghujan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Apel Siaga Menghadapi Musim penghujan bertempat di Lapangan JICT II Tanjung Priok Jakarta. Dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selaku Komandan Upacara.
 "Menghadapi musim penghujan ini seluruh stakeholder terutama relawan kemanusiaan harus Siaga, Tanggap dan Galang" ujar Anies Baswedan dalam sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, Rumah Zakat Action menjadi bagian dari peserta upacara dengan berjumlah 6 personil membawa armada mobil 4 WD dan Ambulance. Dan juga membuka pos segar berupa air buah dan juga buah jeruk yang diperuntukkan untuk seluruh peserta upacara.

Semoga ini menjadi awal yang baik. Kesiapan dalam menghadapi segala situasi yang akan terjadi. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Sahabat, bisa ikut berkontribusi dalam kesiapsiagaan bencana dengan berdonasi bersama Rumah Zakat. (Medi RZ)
03.26

KPUD OI Akan Ajukan PK, Tim Hukum Ilyas-Endang Nilai Itu Keliru

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait adanya pemberitaan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Ilir di media bakal akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap putusan Mahkamah Agung (MA), Nomor 1 P/PAP/2020 yang dikeluarkan putus pada selasa (27/10/2020) lalu dinilai keliru oleh tim advokasi Paslon No 2 Ilyas - Endang.

Statement tersebut berpotensi melanggar UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Peraturan Mahkamah Agung (MA) No 11 Tahun 2016, KPUD diminta jangan "Melawan Hukum".

Tim advokasi paslon Ilyas-Endang melalui Erik Estrada SH menjelaskan, berdasarkan Peraturan MA Nomor 11 Tahun 2016 pasal 24 Berbunyi : Putusan Mahkamah Agung bersifat final dan mengikat dan tidak dapat diajukan Peninjauan Kembali, maka dari itu kalau ada yang mengatakan ingin melakukan Peninjauan Kembali (PK) dengan dasar pasal 67 Undang-Undang Mahkamah Agung, itu sudah persoalan Hukum lain bukan ruang lingkup UU Pilkada.
"Karena kalau hanya beralasan bahwa Perma 11 tahun 2016 di bawah undang-undang Mahkamah Agung, itu adalah dalil yang keliru, didalam UU No 10 Tahun 2016 pasal 154 ayat 10 juga jelas mengatur bahwa terhadap putusan Mahkamah Agung tidak dapat diajukan Peninjauan Kembali" Kata Erik Estrada, SH, Rabu (4/11/2020).

Dijelaskan Erik Estrada SH, yang perlu diingat bahwa ini berkenaan dengan Pilkada, sehingga harus tunduk dan patuh terhadap proses Pilkada, jangan didalilkan secara umum, bahwa memang pasal 67 menyebutkan soal peninjauan kembali, itu secara umum soal perkara perdata, pidana, TUN dan militer, walaupun ada soal TUN akan tetapi itu untuk keputusan TUN yang bukan kaitannya dengan Diskualifikasi paslon.

"Ya, KPUD tidak ada alasan lagi untuk segera menetapkan kembali pasangan calon nomor 2 Ilyas - Endang, karena itu adalah merupakan perintah Mahkamah Agung, KPUD Ogan Ilir jangan Melawan Hukumlah, ini ada apa..?," Jelas Erik Estrada SH.

Dengan didampingi rekannya Erik juga menjelaskan, bahwa dalam Undang-undang No 10 tahun 2016 tentang Pilkada terakhir dirubah di Pasal 154 ayat 10 berbunyi, Putusan Mahkamah Agung RI sebagaimana dimaksud pada ayat tersebut bersifat final dan mengikat, serta tidak dapat dilakukan upaya hukum peninjauan kembali (PK).

"Selain UU Pilkada, ada juga Peraturan Mahkamah Agung (Perma) RI Nomor 11 Tahun 2016 tentang, tata cara penyelesaian sengketa pelanggaran administrasi pemilihan Pasal 24 yang berbunyi, putusan sengketa pelanggaran administrasi pemilihan, bersifat final dan mengikat, serta tidak dapat diajukan Peninjauan Kembali (PK)," Ujar Erik Estrada, SH didampingi tim advokasi Andrie, SH di Posko Pemenangan Hotel Ilaya Indralaya. (Red)
03.15

Polres OI Musnahkan Barang Bukti Narkoba

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat dihalaman mapolres Ogan Ilir (OI), Polres OI memusnahkan Barang Bukti Narkoba jenis sabu seberat kurang lebih 1 kg, Rabu (4/11/2020).

Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi ketika diwawancarai mengatakan bahwa penangkapan tersangka sendiri yakni pada 18 oktober lalu, dan hari ini barang bukti kita musnahkan dengan cara diblender.

"Tersangka atas nama Suandi, dan juga disaksikan langsung oleh yang bersangkutan dan penasehat hukumnya bapak sayuti, jadi apa yang kita lakukan hari ini mudah-mudahan bisa tergelorakan pada masyarakat, bahwa kita pun peduli terhadap penanganan perkara narkoba ini" Kata Kapolres OI.
Dikatakan Kapolres, mudah-mudahan ini bisa istiqomah, serta untuk anak-anak buah, dan juga tadi disaksikan banyak mata, termasuk rekan media, forkopimda dan juga BNN.

"Ya, mudah-mudahan kegiatan yang baik ini mendapatkan ridho dan restu oleh Allah SWT untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berikutnya. Tadi disampaikan, kan ada penyisihan untuk persidangan, jadi yang dimusnahkan 869,36 gram, bisa menyelamatkan jiwanya, kurang lebih 4695 jiwa" Terangnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OI, Aufa Syahrizal, memberikan apresiasi pada Polres OI khususnya ditres narkoba yang telah berhasil menangkap cukup lumayan hampir 1 kg.

"Dengan pemusnahan ini berarti kita sudah menyelamatkan 4695 jiwa ataupun generasi muda yang terselamatkan sehingga mereka tidak bisa terpengaruh oleh narkoba ini, dan kita yakin bahwa jajaran Polres OI tidak akan berhenti sampai disini, mereka akan terus bekerja mencari lagi, dan mencoba untuk memberantas semua jenis narkoba, yang beredar di kawasan wilayah ogan ilir" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Kami dari pemerintah juga akan memberikan reward kepada temen-temen para tim yang sudah berhasil menangkap ataupun menyelamatkan jiwa para generasi muda dengan adanya keberhasilan menangkap barang bukti narkoba ini" Imbuhnya. (Ani/Di2/Red)

Selasa, 03 November 2020

02.59

Dampingi Warga, Kuasa Hukum Paslon 02 Laporkan Dugaan Pelanggaran Kode Etik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id– Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 02, Erik dan rekan mendampingi masyarakat Ogan Ilir, Firli melaporkan dugaan pelanggaran kode etik PPK Kecamatan Rambang Kuang ke KPU Ogan Ilir (OI), Selasa (3/11/2020).

Dugaan pelanggaran etik penyelenggara pemilu tingkat kecamatan ini terkait keikutsertaan mereka pada aksi demonstrasi pada 26 Oktober 2020 lalu.

“Emon Fariansyah ikut serta demo pada 26 Oktober lalu, padahal dia statusnya bukan mahasiswa. Ironisnya, dalam keikutsertaan itu yang bersangkutan menggunakan almamater mahasiswa,” Kata Erik, kuasa hukum paslon 02.
Menurut Erik, apa yang dilakukan salah satu anggota PPK Rambang Kuang tersebut jelas melanggar kode etik sebagai penyelenggara pemilu, karena nya perpanjangan tangan KPU Ogan Ilir di wilayah Rambang Kuang.

Erik membeberkan semua bukti foto dan video yang menggambarkan diri yang bersangkutan (Emon Fariansyah) saat aksi demonstrasi pada 26 Oktober 2020 lalu.

“Selain bukti visualisasi atau video dan foto, kita juga memiliki 2 orang saksi,” cetusnya seraya berharap KPU Ogan Ilir dapat memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan berupa pemecatan sebagai anggota PPK.

Terkait Laporan organisasi AMPD ke DKPP, Erik menegaskan, tidak ada kebimbangan atas laporan tersebut, karena putusan MA bersifat final dan mengikat.

“Kalau putusan ini tidak dilaksanakan, ada konsekuensi hukum. Kita Optimis kemenangan Paslon nomor urut 2 pada 9 Desember mendatang,” Ujarnya. (Red)

Minggu, 01 November 2020

23.30

Penyelenggara Pemilu Harus Netral

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Wahyudi Marwan, ST yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PDI Perjuangan Kabupaten Ogan Ilir (OI) mendesak Komisi Pemiliahn Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OI untuk netral dalam penyelenggaraan Pemilihan Umun (Pemilu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 desember 2020 di Kabupaten OI.

" Ya, kami selaku partai pengusung mendesak KPUD Ogan Ilir untuk menetapkan paslon 2 Ilyas - Endang untuk kembali menjadi calon bupati dan calon wakil bupati kabupaten Ogan Ilir, dan meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat komisioner KPUD dan Bawaslu Ogan Ilir yang tidak netral," Kata Wahyudi Marwan saat jumpa pers pada sejumlah awak media baik cetak, online maupun televisi, senin (2/11/2020) dihotel Ilaya Indralya.
Ditambahkannya, "Seandainya tuntutan ini tidak ditanggapi maka partai pengusung dan pendukung akan turun dengan masa 3 kali lipat dari hari ini," Terangnya.

Disinggung soal adanya isu KPUD OI akan uji materi di Mahkamah Konstitusi, ia mengatakan silahkan saja mereka uji materi di MK, artinya KPUD Ogan Ilir tidak mematuhi keputusan MA yang sudah final dan mengikat,"Silahkan saja uji materi artinya mereka (KPUD) tidak patuh dengan keputusan MA yang sudah final dan mengikat," Jelasnya.

Sementara itu, partai Golkar selaku partai pendukung melalui juru bicaranya Irwan Noviatra SH menyampaikan, bahwa aksi damai hari ini dimulai pukul 09.00 dari halaman persada sampai dengan pukul 12.00 dan kembali lagi kepersada untuk makan siang bersama

" Ya, aksi ini dimulai pukul 09.00 pagi, Kami menunggu penetapan dari KPUD Ogan Ilir untuk mengembalikan paslon 2 mengikuti konstelasi, paslon urut 2 sudah dirugikan waktu masa kampanye, kita terlambat dan kalah start dalam penyampaian visi misi," ungkap Irwan Noviatra.

Selanjutnya Irwan mendesak KPUD untuk menetapkan kembali paslon 2 sebagai peserta untuk mengikuti  ajang pertarungan pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ogan Ilir. 

" kita tidak ingin Ogan Ilir ini dicederai oleh hasil keputusan - keputusan penyelenggara yang tidak netral," tutupnya. (Ani/Di2/Red)
21.44

Ribuan Massa Geruduk Kantor KPU dan Bawaslu OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ribuan massa partai pengusung dan Pendukung dari Pasangan Calon (Paslon) urut 2 Ilyas - Endang hari ini, senin (2/11/2020) geruduk kantor KPU dan Bawaslu Ogan Ilir, kedatangan massa tersebut meminta Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) baik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Ilir untuk ditangkap, dipecat dan juga diadili.

Juru Bicara massa partai pengusung dan pendukung MR Y menyampaikan, agar secepatnya Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP) menangkap, memecat dan mengadili Penyelengara Pemilu Ogan Ilir. 
"Kedatangan Kami kesini untuk meminta kepada DKPP menangkap, memecat dan mengadili KPUD serta Bawaslu Ogan Ilir," Teriaknya lantang.

Selanjutnya, mr Y menjelaskan kalau KPUD Ogan Ilir tidak mengindahkan keputusan Mahkamah Agung (MA), dirinya akan Meloncat dari Ampera.

"Kami datang kemari adalah kader - kader yang akan memenangkan pasangan calon Ilyas endang pada 9 desember nanti, sekiranya KPUD Ogan Ilir harus melaksanakan putusan MA yang sudah final dan mengikat tersebut" Jelasnya.

Sementara itu, ketua tim pemenangan pasangan calon (paslon) urut 2 H Yulian Gunhar, dalam orasinya menyampaikan, kedatangan massa pengusung dan pendukung ke KPUD Ogan Ilir untuk menuntut KPUD dan Bawaslu Ogan Ilir  untuk diganti.

"Apabila penyelenggara tidak melaksanakan keputusan MA kami akan datang dalam jumlah lebih besar lagi, Kami meminta KPUD Ogan Ilir untuk segera melaksanakan putusan Mahkamah Agung," Tegas H Yulian Gunhar yang juga anggota DPR RI Fraksi Perjuangan. (Ani/di2/Red)
05.21

Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPR RI Yulian Gunhar Gelar Reses

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menyerap aspirasi masyarakat, anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Yulian Gunhar menggelar Reses bersama masyarakat di Desa Kotadaro Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan , minggu (1/11/2020).

H.Yulian Gunhar dalam reses tersebut membuka luang dialog seluas-luasnya kepada Masyarakat Desa Kotadaro untuk menyampaikan usulan terkait Pembangunan apa saja yang dibutuhkan diwilayah mereka.
Adapun hasilnya ada 5 Poin kesepakatan usulan permintaan masyarakat dalam reses tersebut, yaitu warga Desa menginginkan lampu penerangan jalan bertenaga surya sebanyak 20 unit, kemudian Warga  Desa Kota Daro meminta bantu alat mesin pemotong padi atau Combent, selanjutnya warga minta bantu penambahan daya listrik di Desa mereka, ke empat warga minta bantu disediakannya sumur bor sebanyak 10 unit untuk lahan pertanian mereka, dan terakhir waga Desa Kotadaro meminta bantu bibit padi berikut dengan pupuk, dan Pestisidanya.

Sebagai penyambung lidah Rakyat, H.Yulian Gunhar akan menyerap dan memperjuangkan ke 5 poin aspirasi Masyarakat yang telah disampaikan tersebut.

"Reses ini merupakan perintah Kontustusi, sebagai anggota DPR RI atau penyambung lida rakyat, saya berkewajiban untuk menyerap seluruh aspirasi yang telah disampaikan, apa yang telah diusulkan akan di tampung dan akan kami sampaikan kepada rekan-rekan komisi yang membidanginya, Insya Allah semuanya akan terealisasi, saya akan perjuangkan sesuai dengan kemampuan saya untuk warga Desa Kotadaro," Kata Pria yang akrab disapa Paduka tersebut.

Selain berdiolog dengan H.Yulian Gunhar, warga Desa Kotadaro juga sepakat kompak untuk mendukung program calon Bupati Ogan Ilir Ilyas-Endang, melalui program unggulan Transformasi Pertanian, sebab Warga Desa Kotadaro mayoritas adalah Petani. (Red/di2)