Gemilang Terkini

Sabtu, 29 Agustus 2020

02.16

Jaringan E-KTP Rusak Warga Kertapati Kecewa

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Pelaksanaan Program E-KTP di Kecamatan Kertapati kini bermasalah. 

Pasalnya, jaringan sistem server alat untuk merekam pembuatan E-KTP mengalami kerusakan, sehingga dalam memenuhi pelayanan, operator di Kecamatan Kertapati kini Terganggu.

Firma Setiawan (18) warga Kertapati ini mengaku kecewa dengan sulitnya mengurus e-KTP.

Ia sudah datang ke kantor kecamatan Kertapati pada Senin, karena jaringan sedang offline dia pun pulang ke rumah. Setelah datang lagi beberapa harinya hal yang sama dialaminya.

Dia pun bertanya-tanya mengapa jaringan e-KTP selalu eror dan tidak lekas diperbaiki.

“Seharusnya masalah seperti ini secepatnya ditangani. Untuk mengurus KTP ini, saya terpaksa libur kerja dua hari,” Katanya.

Dia berharap Pemkot mengevaluasi kinerja camat. Sebab, masalah seperti ini bukan pertama kali terjadi.

“Pemerintah harus mencari solusinya agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Tidak berfungsinya jaringan e-KTP selama dua hari itu juga dibenarkan Staf Pelayanan e-KTP Kecamatan Kertapati. Dia mengatakan, kesalahan ini bukan dari pihak kecamatan, terangnya Kepada Awak media, Jumat (28/8/2020).

Lantaran jaringan sedang rusak mereka belum bisa melakukan perekaman e-KTP, Pungkasnya. (Arman)

Jumat, 28 Agustus 2020

05.02

DPP PDI Perjuangan Resmi Usung Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak Di Pilkada OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Untuk perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir (OI) pada 9 Desember 2020 mendatang, akhirnya DPP PDI Perjuangan memberikan rekomendasi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepada HM Ilyas Panji Alam dan H Endang PU Ishak. Hal ini dibacakan langsung oleh Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik saat acara pengumuman gelombang IV di Jakarta yang dilaksanakan secara virtual. Jumat (28/8/2020).

Acara pengumuman ini di ikuti juga oleh Pengurus DPD dan 55 DPC Kabupaten Kota di Indonesia secara daring. Sebelumnya, PDI Perjuangan sudah mengumumkan Gelombang I pada 19 Februari, lalu Gelombang II pada 17 Juli, dan Gelombang III pada 11 Agustus 2020 lalu.

Pengumuman kali ini dibacakan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan bidang politik, Puan Maharani, dan disaksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. Sejumlah Ketua DPP dan struktur pusat partai lainnya juga hadir seperti Eriko Sotarduga, Juliari Batubara, Djarot Saiful Hidayat, Wiryanti Sukamdani, dan Ribka Tjiptaning.

“Syukur alhamdulillah, bahwa pada kesempatan ini kita akan masuk pada pengumuman rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah gelombang ke IV, yang akan dilakukan pada hari ini Jumat 28 Agustus 2020. Sekarang saya akan membacakan terkait rekomendasi yang akan diberikan kepada calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah,” kata Puan di awal pernyataannya sebelum pengumuman itu.

“Semoga yang diumumkan ini tidak menyia-nyiakan rekomendasi ini dan terus berjuang keras bersama rakyat. Merdeka,” pungkas Puan.

Dari sejumlah nama yang diumumkan oleh Puan, termasuk diantaranya adalah  HM Ilyas Panji Alam dan H Endang PU Ishak yang akan berdampingan maju di Pilkada OI, seperti yang diketahui HM Ilyas Panji Alam adalah calon incumbent yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati OI sedangkan H Endang PU Ishak merupakan Kader Partai Golongan Karya Yan pernah menjabat sebagai Ketua DPRD OI.

HM Ilyas Panji Alam dan H Endang PU Ishak yang hadir langsung mengikuti acara pengumuman di sekretariat DPD PDI Perjuangan Sumsel Palembang didampingi  oleh Ketua DPC PDI Perjuangan OI Wahyudi ST beserta Jajaran. Setelah mendengarkan pengumuman dari Puan Maharani kemudian keduanya menerima surat rekomendasi PDI Perjuangan melalui Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Giri Ramanda Kiemas. (Red)

Kamis, 27 Agustus 2020

21.41

Dibacakan Mbak Puan, Ini Daftar Lengkap 4 Cagub-Cawagub dan 58 Cakada Tingkat II PDI Perjuangan Gelombang IV

JAKARTA, gmjnews.co.id– DPP PDI Perjuangan mengumumkan 4 pasangan calon gubernur-wakil gubernur, dan 58 pasangan calon kepala daerah (Cakada) tingkat kabupaten/kota, lewat pengumuman gelombang IV yang dilaksanakan secara virtual, di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Sebelumnya, PDI Perjuangan sudah mengumumkan Gelombang I pada 19 Februari, lalu Gelombang II pada 17 Juli, dan Gelombang III pada 11 Agustus 2020 lalu.

Pengumuman kali ini dibacakan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan bidang politik, Puan Maharani, dan disaksikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, serta Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. Sejumlah Ketua DPP dan struktur pusat partai lainnya juga hadir seperti Eriko Sotarduga, Juliari Batubara, Djarot Saiful Hidayat, Wiryanti Sukamdani, dan Ribka Tjiptaning.

“Syukur alhamdulillah, bahwa pada kesempatan ini kita akan masuk pada pengumuman rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah gelombang ke IV, yang akan dilakukan pada hari ini Jumat 28 Agustus 2020. Sekarang saya akan membacakan terkait rekomendasi yang akan diberikan kepada calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah,” kata Puan di awal pernyataannya sebelum pengumuman itu.

“Semoga yang diumumkan ini tidak menyia-nyiakan rekomendasi ini dan terus berjuang keras bersama rakyat. Merdeka,” pungkas Puan.

Dari sejumlah nama yang diumumkan oleh Puan, termasuk diantaranya adalah Adly Fairuz, cucu Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Ahmad Adly Fairuz, yang maju sebagai calon wakil bupati Karawang berpasangan dengan Dr. Yessy Karya Lianti, MARS. Sementara empat pasangan gubernur-wakil gubernur yang diumumkan termasuk untuk Provinsi Jambi, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Utara, dan Provinsi Sulawesi Tengah. Berikut data lengkapnya.

Daftar Rekomendasi Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Dari PDI Perjuangan Pilkada 2020. Gelombang IV- Jumat, 28 Agustus 2020

*Provinsi: *

Provinsi Jambi: Cek Endra dan Ratu Munawaroh
Provinsi Kepulauan Riau: DR. H.M. Soerya Respationo, SH., MH dan Iman Sutiawan, S.E
Provinsi Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum dan DR. Yansen, TP, M.Si
Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Mohamad Hidayat Lamakarate, M.Si dan Dr. Ir. Bartholomeus Tandigala, SH., CES.
Kabupaten/Kota:

Sumatera Utara

Labuhanbatu: dr. Erik Adtrada Ritonga, MKM dan Ellya Rosa Siregar, S.Pd., M.M.
Tapanuli Selatan: Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, SPT., M.M. dan Rasyid Assaf Dongoran, M.Si
Sumatera Barat

Pasaman: H. Benny Utama, S.H., M.M. dan Sabar, AS., S.Ag
Kota Solok: Reiner, S.T., M.M. dan Andri Maran DT .PTO Rajo
Sijunjung: Ashelfine, S.H., M.H. dan H. Sarikal, S.Sos., M.M.
Pasaman Barat: H. Hamsuardi, S.Ag. dan Risnawanto, S.E.
Padang Pariaman: Suhatri Bur Datuak Putih, S.E., M.M. dan Drs. Rahmang, M.M.
Riau

Siak: Drs. H. Said Arif Fadillah, M.Si. dan Sujarwo, SM
Kepulauan Riau

Karimun: H. Aunur Rafiq , S.Sos., M.Si. dan H. Anwar Hasyim, M.Si.
Jambi

Kota Sungai Penuh: Drs. Ahmadi Zubir, M.M. dan Hardizal, S.Sos., M.H.
Bungo: H. Mashuri, S.E., M.E. dan H. Syafrudin Dwi Apriyanto, S.P.D.
Sumatera Selatan

Ogan Ilir: H.M. Ilyas Panji Alam, S.E., S.H., M.M. dan Ir. H. Endang PU, Ishak, S.H., M.Si.
Ogan Komering Ulu: Drs. H. Kuryana Azis dan Drs. Johan Anuar, SH., MM
Penukal Abab Lematang Ilir: Ir. H. Heri Amalindo, M.M dan Drs. Soemarjono
Bengkulu

Bengkulu Utara: Ir. Mian dan Arie Septia Adinata, SE
Mukomuko: Sapuan, S.E., M.M., Ak., CA., CPA. dan Wasri
Seluma: Edison Simbolon, S.Sos., M.Si. dan Khairi Yulian, S.Sos., M.M.
Bengkulu Selatan: H. Budiman, S.Pd., M.M. dan Helmi Paman, S.Sos.
Jawa Barat

Karawang: Dr. Yessy Karya Lianti, MARS dan Ahmad Adly Fayruz
Indramayu: Nina Agustina dan Lucky Hakim
Sukabumi: Dr. H. Abu Bakar Sidik, M.Ag dan Sirojudin
Jawa Tengah

Klaten: Hj. Sri Mulyani dan H. Yoga Hardaya, SH,MH
Wonogiri: Joko Suto

Selasa, 25 Agustus 2020

07.05

Heboh, Diduga Tengkorak Manusia Ditemukan Di areal Perkebunan PTPN7 Cinta Manis

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Warga yang berada di areal perkebunan tebu milik PTPN7 Cinta Manis Rayon 4 Desa Payalingkung Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI), sempat dihebohkan dengan penemuan tengkorak manusia yang tinggal tulang belulang tanpa identitas (Mr. X) yang ditemukan di semak-semak areal perkebunan tebu PTPN 7 Cinta Manis, selasa (25/8/2020).

Komariah (60) yang merupakan warga komplek PU Kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI, adalah orang pertama yang menemukan,  tengkorak yang diduga organ tubuh manusia tersebut. Dirinya menemukan dengan tidak sengaja sekitar pukul 10.00 Wib, saat akan menebas rumput areal kebun tebu di Petak 234 Rayon 4  Desa Payalingkung Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten OI.

Atas penemuan tengkorak tersebut, Komariah melaporkan ke rekannya bernama Sopian (40) warga Desa Kotadaro Kecamatan  Rantau Panjang Kabupaten OI. Lalu Komariah dan Sopian  menghubungi pihak PTPN 7 Cinta manis dan dari pihak PTPN 7 Cinta manis menghubungi pihak Kepolisian Polres OI.

“Petugas Piket  Sat Reskrim, Inafis dan tim opsnal segera mendatangi TKP guna memastikan informasi yg didapat untuk ditindak lanjuti dan sesampainya di TKP Benar ditemukan Tengkorak, tulang Benulang Mr. X yang belum diketahui identitasnya kemudian tulang belulang tersebut dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumsel guna dilakukan pemeriksaan secara forensik guna untuk mengetahui penyebab kematian,” Kata Kapolres OI AKBP Imam Tarmudi melalui Kasat Reskrim AKP Robi Sugara dan Kapolsek Tanjung Batu AKP Mujamik.

Dikatakan AKP Robi Sugara, petugas juga mengamankan BB seperti sepan levis pendek warna hitam, sebuah ikat pinggang warna hitam, "Kita sudah memasang Police Line di TKP.  Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kades agar segera melaporkan ke pihak kepolisian jika ada pegawai atau warga yang hilang atau belum kembali". Imbuhnya. (Red)
05.01

Rumah Zakat Support TPA Ar Rozaq di Desa Binaan OKU Selatan

OKU Selatan, gmjnews.co.id- Rumah Zakat kembali memberikan manfaat, bantuan berupa Lehar, untuk 15 anak Penerimaan Manfaat di Desa Binaan Pasar Lama Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Selasa (25/08/2020).

TPA sejak 10 tahun lalu dirintis oleh ibu Nurbaiti dan ibu Rumiati yg selalu aktif di kegiatan Taman Pendidikan Al Qur'an.

Ustadzah Nurbaiti  sangat terharu dan berterima kasih atas semua bantuan yg diberikan Rumah Zakat, semoga berkah doa terbaiknya. Harapan kedepannya TPA dapat berkolaborasi dg Relawan Inspirasi Rumah Zakat dalam membina generasi Rabbani. 

Rumah zakat dengan program Desa berdaya, sudah dirasakan manfaatnya oleh 15 anak-anak TPA  yang mendapatkan bantuan berupa Lehar. Harapannya kata ibu Nurbaiti  akan muncul lagi bantuan - bantuan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan sarana prasarana penunjang kegiatan belajar dari Rumah Zakat. (Medi RZ)

03.46

Dengan Adanya Media Center, Jurnalis Ogan Ilir Ucapkan Terima Kasih

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sejumlah  Wartawan yang bertugas di kabupaten Ogan Ilir (OI) sangat berterima kasih dengan Pimpinan DPRD OI dan Sekwan Ogan Ilir atas fasilitas Media Center  atau Press Room yang disediakan.

Bagi wartawan, keberadaan press room sangat bermanfaat untuk tugas wartawan, selain untuk menunaikan tugas jurnalis, press room juga tempat kongkow para jurnalis di kabupaten Ogan Ilir, apalagi di press room di sediakan wifi, komputer dan sangat nyaman serta sejuk karena disiapkan juga dua unit ac

Hal ini diungkapkan Darul wartawan Kr sumsel, menurutnya keberadaan press room sangat membantu tugas jurnalis di kabupaten Ogan Ilir, apalagi di ruangan tersebut juga disiapkan komputer dan wifi, beserta fasilitas yang lainnya, kata Darul didampingi Arman wartawan warta terkini dan Bery.

Senada dengan Darul, Bery wartawan Berita sriwijaya mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan DPRD dan Sekwan, atas fasilitas yang disediakan untuk para jurnalis, kami juga berharap kedepan kerjasama dan perhatian dapat lebih ditingkatkan, kata Bery. (Red)

Senin, 24 Agustus 2020

06.47

Dandim 0404/ Muara Enim Panen Jagung

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Dandim 0404/ Muara Enim melaksanakan Kegiatan panen jagung di desa tambangan kelekar, kecamatan Gelumbang, kabupaten muara Enim, sumatera selatan, senin (24/8/2020).

Kegiatan ini dipimpin langsung Dandim 0404/muara enim Letkol INF Erwin Iswari S.Sos M.Tr (Han) dan diikuti Danramil 404/01 Gelumbang Kapt Arh Mardin SE, Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH SIK, Perwakilan Puskesmas Gelumbang, Perwakilan Kecamatan Gelumbang,Lurah Gelumbang, Badan Penyuluhan Pertanian kecamatan gelumbang,tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintahan desa tambangan kelekar.

Kegiatan tersebut dilakukan penanaman pada dua bulan lalu dikebun milik Pelda Yuki Sujada, lahan tersebut seluas 1 hektar.

Menurut Letkol INF Erwin  Iswari S.Sos M.Tr (Han) mengatakan kepada awak media, kegiatan bekerjasama dengan aparat teritorial dan masyarakat dan unsur pimpinan kecamatan Gelumbang.

"Tentunya wabah virus covid-19 ini Belum berakhir, dan dengan adanya program ketahanan pangan ini sangat membantu masyarakat sekitar," ungkap Dandim.

Dijelaskannya, "Untuk luas lahan ini sekitar 1 hektar dan pada panen ini sebanyak 2 ton jagung. Harapan saya kedepannya program ini terus berlanjut bukan hanya di desa tambangan kelekar ini saja, di desa-desa lain juga akan kita laksanakan program tersebut, demi membantu masyarakat," tegas Dandim.

Sementara itu, Danramil 404-01 Gelumbang Kapten Arh Mardin, SE, menjelaskan bahwa tanah seluas 2 hektar yang kami garap milik masyarakat  ini untuk penanaman jagung hanya 1 hektar dan melibatkan unsur Tripika maupun masyarakat  yang ada diwilayah Kecamatan Gelumbang selama penggarapan berlangsung hingga akhirnya pada hari ini, senin (24/8)

"Untuk kegiatan panen raya jagung ini kita laksanakan bersama Dandim 0404/muara Enim Letkol inf Erwin Iswari S.Sos M.Tr (Han)," Kata Danramil

Salah satu tokoh masyarakat Gelumbang H. Nurul Aman mengatakan sangat berterimakasih kepada TNI-POLRI yang telah mengadakan kegiatan ketahanan pangan tersebut sehingga kebutuhan masyarakat bisa teratasi di tengah wabah pandemi virus covid-19 ini. (Nil)
06.40

Ketua Bhayangkari Kunker Ke Ranting Bhayangkari Gelumbang

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Ketua Bhayangkari Muara Enim Ny Esy Donny Eka Syahputra melaksanakan kunjungan kerja ke Ranting Bhayangkari Gelumbang, Senin ( 24/08/2020) di Mapolsek Gelumbang, kabupaten muara enim, sumatera selatan.

Ketua Bhayangkari muara enim Ny Esy Donny Eka Syahputra beserta rombongan tiba di Mapolsek Gelumbang disambut baik oleh Kapolsek Gelumbang AKP Priyatno SH SIK beserta jajaran dan juga ketua Bhayangkari ranting Gelumbang beserta para pengurus Bhayangkari ranting Gelumbang.

Kunjungan kerja di Mapolsek Gelumbang kali ini tatap muka ketua Bhayangkari muara enim beserta pengurus dan Bhayangkari ranting Gelumbang beserta pengurusnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar pengurus Bhayangkari Muara Enim dan Bhayangkari ranting Gelumbang.

Dalam sambutannya, ketua Bhayangkari muara enim Ny Esy Donny Eka Syahputra mengatakan kegiatan ini adalah untuk melihat program ketahanan pangan yang ada di mapolsek Gelumbang yaitu dengan mengadakan panen jamur tiram.

Masih kata ketua Bhayangkari muara Enim, dengan adanya program ketahan pangan yaitu menanam dan panen jamur tiram ini bisa membantu masyarakat sekitar karena adanya wabah virus covid-19 ini.

"Selain menanam dan panen jamur tiram, kunjungan kerja kami kali ini bertatap muka langsung demi terjalinnya silaturhami antar pengurus Bhayangkari," ungkap ketua Bhayangkari muara Enim.

Hal senada juga di katakan ketua ranting Bhayangkari Gelumbang Ny Ririn Priyatno, Alhamdulillah kegiatan program ketahanan pangan ini bisa membantu masyarakat yang terkena dampak wabah covid-19.

"Selain itu, kami juga berterimakasih dengan ketua Bhayangkari muara Enim yang telah melaksanakan program ketahanan pangan ini sehingga masyarakat bisa terbantu, dan kami juga bisa menjalin tali silaturahmi dengan ketua Bhayangkari muara Enim," ungkapnya. (Nil)
01.01

Ketua DPRD OI, Pimpin Rapat Paripurna Jawaban Penjelasan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di ruang rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Tanjung Senai, DPRD OI kembali menggelar rapat Paripurna dengan agenda Jawaban/Penjelasan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi, Senin (24/08/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI, Soeharto Hs dan dihadiri perwakilan beberapa anggota DPRD OI yang selebihnya melalui Virtual, hadir dalam paripurna tersebut Bupati Ogan Ilir yang diwakilkan kepada Pj. Sekda Kabupaten Ogan ilir Ir. Badrun Priyanto, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Muspida melalui Virtual serta para media baik cetak maupun elektronik.

Dan hadir juga Sekretaris DPRD Mukhsinah, SE., M,Si, Kabag Legislasi Yubhar, S.IP dan Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST. dan Staf Keua DPRD Rosidi, M.Hum.

Selanjutnya Bupati OI yang diwakili Sekda OI menyampaikan jawaban/ Penjelasan Pandangan Umum terhadap tujuh fraksi yaitu Basri M. Zahri,S.Pd (Fraksi Golkar), Amir Hamzah, SH (Fraksi PDI Perjuangan), Rizal Mustopa, S.IP., M.Si, (Fraksi Nasdem) Zahrudin (Fraksi PPP) Arsudin Ruslan, ST (Fraksi PAN) H. Husnul Anom, SH, i (Fraksi Bergerak) dan Haryata, SE (Fraksi Persatuan Bangsa)

Dalam Penyampaiannya Bupati OI mempersilahkan untuk selanjutnya dapat dibahas melalui Komisi Komisi di DPRD Kabupaten Ogan Ilir. (Ril/Red)

Minggu, 23 Agustus 2020

21.29

Bupati OI Bantu Pengobatan Hikmah Wulandari Bocah Penderita Infeksi Hati

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Gerak cepat, setelah mengetahui dan mendapat laporan bahwa ada salah satu warganya lagi membutuhkan bantuan , Bupati Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam langsung mengintruksikan untuk segera memberikan bantuan medis.

Bantuan Bupati Ogan Ilir tersebut diberikan untuk biaya akomodasi pengobatan kepada Hikmah Wulandari (usia 1 tahun ) putri Bapak Supono balita yang menderita Infeksi hati di Desa Tanjung Pinang 1, Kecamatan Tanjung Batu, yang diserahkan melalui Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ogan Ilir.

Ketua BPC HIPMI Ogan Ilir Sadra Nugraha melalui Seketarisnya Awang Darmawan menyampaikan, bantuan yang diberikan adalah sebagai bentuk kepedulian dari Bapak H.M.Ilyas Panji Alam Bupati Ogan Ilir.

" Kami memberikan bantuan ini atas perintah dari Bapak Bupati, setelah Beliau mendapat laporan ada balita yang lagi membutuhkan pertolongan medis " Ujar Awang

Menurut Awang untuk sementara tindakan yang dilakukannya ialah dengan memberikan bantuan akomodasi seluruh biayah pengobatan.

"Saat ini Hikmah Wulandari sudah kita fasilitas  dirujuk ke RSUD Muhammad Husein Palembang, untuk dilakukan penanganan medis, seluruh biaya akomodasinya di tanggung oleh Bapak Bupati, selanjutnya lagi Kita urus untuk biayah pengobatannya sesuai perintah dari Bapak Bupati" Terang Awang.

Hikmah Wulandari menderita infeksi hati bawaan sejak lahir, dengan perubahan fisik perut membuncit. (***/Red)

02.21

Peduli Sesama Firliyanto SH Jenguk Rini Pengidap Tumor Ganas Mandi Gula

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rini (17) putri dari keluarga Bapak Senen, warga Dusun 3, RT 12 RW 04 Desa Karang Baru, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin ini mengidap tumor Mandi Gula, dibagian dagu.

Segala upaya telah dilakukan oleh keluarga ini. Namun, penyakit yang diderita Rini tak kunjung membaik, karena keterbatasan biaya, sehingga pihak keluarga tak sanggup membawa Rini ke rumah sakit.

‘’Penyakit yang tumbuh awalnya dari mencabut gigi lama kelamaan tumbuh benjolan kecil di bagian dagunya. Lama kelamaan kian membesar Hingga seperti terlihat Saat ini. Rini menderita penyakit tumor tersebut sejak Bulan Juni 2019 yang lalu,’’ Ungkap Saari alias Ceduk, Paman Rini saat dijenguk Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Ormas Pemuda Demokrat Indonesia, Firliyanto SH. Beserta Anggota Lainnya, di tempat tinggalnya saat ini, Jalan Meranti, RT 31/02, Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Minggu (23/8/2020).

Masih kata Saari, "untuk saat ini, Rini, adalah Pelajar Madrasyah Aliyah At-taubah Desa Karang Baru dengan penyakit yang diderita Rini Ia Merasa menghindar/malu dengan teman sekolahnya, hingga ia memutuskan untuk tinggal bersama dengan Kami," Terang Saari.

Lanjut Saari, ia sangat mengharapkan bantuan tangan dermawan untuk mengobati penyakit yang diderita Rini. Sejak mengalami Diagnosa, Rini Sampai Saat ini belum Pernah Sama Sekali menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

‘’Ditempat yang sama Ketua DPC Pemuda Demokrat Indonesia, Firliyanto, SH, mengatakan, siap membantu dan menyampaikan hal ini kepada pihak Pemerintah agar Rini, Bisa Dibawa Ke Rumah Sakit, untuk diobati" Ungkapnya.

Ditambahkannya, "Saat ini Rini dan keluarga sangat membutuhkan uluran tangan/bantuan kita semua, dan apabila siapa saja yang ingin membantu pengobatan Rini, uluran tangan dermawan semoga akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT, Amin Ya Robbal Alamin," Pungkas, Firly. (Arman)

Rabu, 19 Agustus 2020

04.06

Badrun Priyanto Resmi Jabat Sekda OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai. Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam, hari ini, Rabu (19/08/2020) melantik Penjabat Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemkab Ogan Ilir.

Acara pelantikan ini didahului dengan pembacaan surat keputusan yang dibacakan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Ogan Ilir Drs. Yuliansyah M.Si dan dilanjutkan sumpah jabatan dan penandatanganan surat keputusan yang dipimpin langsung Bupati Ogan Ilir.

Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan merupakan hal biasa, oleh karena itu baik yang dilantik maupun yang tidak diucapkan terima kasih.

"Untuk Pak Herman, terima kasih atas apa yang telah dilakukan selama ini, dan juga untuk pak Badrun, sekda yang baru, agar kiranya dapat menjalankan dan juga tugasnya untuk ke depan sebagai sekda yang baru" Kata Bupati OI.

Sementara itu, Sekda Kabupaten OI Badrun Priyanto ketika diwawancarai seusai pelantikan mengatakan bahwa untuk saat ini kita akan fokus melanjutkan program yang ada.

"Kita akan melanjutkan program yang ada dulu, yang jelas kita akan melanjutkan program-program yang sudah ada, terkait Pilkada, kita tetap instruksikan kepada seluruh ASN agar tetap netral" Pungkasnya. (Di2/Red) 

Selasa, 18 Agustus 2020

22.47

Kirim Paket Sambil Bersedekah Bersama Rumah Zakat dan Qurirku Express

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Regional Sumatera Selatan melakukan kerja sama dengan Qurirku Express dalam pengelolaan Dana Infak & sedekah Rabu (19/08/2020). 

Menurut Buhairi Owner Qurirku Express  kerja sama ini dalam rangka berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Kita lakukan pengelolaan dana infak dan sedekah ke rumah zakat, karena Lembaga ini sudah terpercaya dalam pengelolaan dana ZIS. Jadi setiap masyarakat khususnya di Palembang dalam melakukan pengiriman paket sudah berdonasi ke rumah zakat”, ujarnya.

Besaran donasi ke rumah zakat ini disepakati antar Qurirku Express dan Rumah Zakat minimal Rp 500/paket dengan harga pengiriman dalam kota Palembang Rp 10.000/paket. Selain itu, menurut Dia Qurirku Express juga menawarkan diskon 10 % setiap bulan kepada pelanggan dan memakai dana talangan jika ada transaksi pembelian barang sitem COD.

“Alhamdulillah Rumah Zakat terbaka dalam Kerjasama ini, jadi semakin banyak masyarakat Palembang menggunakan fasilitas antar barang via Qurirku Express semakin banyak pula dana yng terkumpul dan kita salurkan ke Rumah Zakat untuk program kemanusiaan. Untuk saat ini pemesanan kirim barang melalui nomor Call centre 0821-7927-8080”, paparnya.

Sementara itu Sulaiman Branch Manager rumah Zakat sumatera Zakat sangat terbuka dan senang atas kerja sama pengelolan dana infak dan sedekah ini.

“Kita Rumah Zakat sangat terbuka bagi mitra yang ingin bekerja sama dalam pengolaan dana Zakat, Infak dan Sedekah. Hari ini kita kerja sama dengan Qurirku Express dalam pengelolaan Infak dan sedekah, semoga dengan kerja sama ini Qurirku Express semakin berkah usahanya dan banyak pelanggan”, pungkasnya. (Medi RZ)

Senin, 17 Agustus 2020

19.07

OPEN PLOT

GMJNews.co.id- Setiap kehadiran organisasi apalagi orpol pasti membawa agenda besar bagi bangsa Indonesia yang hari ini berulang tahun ke 75 , begitupun yang ditawarkan oleh Partai Gelora Indonesia yang mengusung Narasi Arah Baru Indonesia yang merupakan proposal Politik yang memuat Arah dan Peta Jalan [Road Map] yang bisa ditempuh Bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang berpengaruh di level dunia. Ingat ada kata  'yang bisa di tempuh'  itu mengindikasikan semangat terbuka untuk mendapatkan  masukkan dan kritik sehingga bisa disepakati oleh berbagai komponen strategis Bangsa Indonesia yang lain.

Tentu ada alasan ( bersifat lokal Indonesia ,regional bahkan global) yang kuat kenapa tawaran Arah Baru Indonesia yang ditawarkan sejak awal berdiri Gelora Indonesia bahkan jadi pergulatan pemikiran beberapa tahun sebelum berdirinya oleh para penggagas dan pendirinya.

Alasan pertama mengapa kita membutuhkan Arah Baru Indonesia 'Bangsa Indonesia membutuhkan Arah dan Peta Jalan Baru saat berada dalam Gelombang Baru [Ketiga] ; kita mampu melewati gelombang pertama(menjadi Indonesia) dan gelombang kedua (menjadi bangsa dan negara modern hingga terjadi peristiwa reformasi) dan segala potensi luar biasa Indonesia dari berbagai sisi; Idiologi , sebaran geografis, jumlah penduduk, sumber daya alam dan lainnya.

Alasan Kedua karena adanya krisis sistemik dalam skala global akibat sistem kapitalisme yang cenderung mengalami  decline kepercayaan dan terjadi di negara negara yang selama ini bangga dan mengusungnya hingga muncul gerakan ultranasionalisme di beberapa negara Eropa dan kerusuhan rasial di Amerika Serikat dan ini bisa memacu Ketegangan Kawasan.

Alasan Ketiga dan ini merupakan alasan paling kuat yang harus kita perbuat bahwa Kita perlu terlibat menentukan arah sejarah dunia sebagai upaya menjaga eksistensi bangsa dan sekaligus perwujudan tujuan bernegara. Artinya kita bisa  duduk bersama dengan  negara seperti Amerika Serikat , China , Rusia, Uni Eropa. Kapan kita bisa duduk bersama negara negara tersebut? Tentu saat kita kuat dan mandiri dari sisi Teknologi , kuat secara Ekonomi (Alhamdulillah sejak tahun 2017 kita sudah masuk daftar negara yang PDP nya lebih dari satu triliun dollar AS), dan tentu saat  Militer kita unggul dan kuat. Untuk road map menjadikan Indonesia kuat dan mandiri dari sisi Teknologi, Ekonomi dan Militer akan jadi tulisan kami  yang lain. Apakah cukup dengan kuat dan mandiri dari tiga sektor tersebut ? Tentu masih membutuhkan yang lain yaitu  bahwa kehadiran kita saat duduk bersama negara  atau negara kawasan  adalah mewakili kawasan Asia Tenggara dan Menjadi Perwakilan Ummat Islam dunia 
Inilah ide yang sifatnya Open Plot dari Partai Gelora Indonesia yang menawarkan Proposal Bagi Indonesia berupa Arah Baru Indonesia.

Erza Saladin

Ketua DPW Partai Gelora Indonesia Sumatera Selatan

#partaigeloraindonesia
#GELORAkemerdekaan2020 #IndonesiaPanggungKitaBersama
#gelorakemerdekaanindonesia2020
#indonesiamaju
#akademipemimpinindonesia
#dpwgelorasumsel
03.23

Momentum Kemerdekaan, Pemuda Inisiatif Membentuk Relawan

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Kepedulian terhadap permasalahan sosial dan kesehatan, para pemuda membentuk gerakan Relawan Indonesia. Bertepatan dengan momentum peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus, Relawan Indonesia mengadakan khitanan massal bagi puluhan anak di daerah Karanganyar gandus Palembang, Senin (17/08/2020).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 wib, dalam sambutan Fiki Anderson selaku ketua pelaksana berharap Relawan Indonesia ini dapat menjadi wadah bagi para pemuda dalam memberikan kontrubusinya bagi bangsa. Begitu pula Apriyadi selaku ketua RT 35 yang juga pembina dari Posyandu Remaja berharap adanya Relawan Indonesia ini akan menjadikan para pemuda terus bergerak membantu masyarakat. 

H.M. Ifan Fahriansyah, M.Kes selaku Penggagas komunitas ini yang juga didaukat sebagai Dewan Pembina Relawan Indonesia dalam sambutan & arahannya mengatakan bahwa gerakan ini lahir dari para pemuda yg ingin terus berbuat serta peduli dg masyarakat, sehingga terbentuklah Relawan Indonesia.

"Alhamdulillah Launching Relawan Indonesia pada momentum hari kemerdekaan berjalan lancar. Terimakasih atas sambutan & dukungan dari semua pihak. semoga dengan adanya gerakan ini, menjadikan inspirasi bagi para pemuda untuk terus berbuat, peduli dan saling berbagi. Hanya dalam waktu sepekan, telah bergabung belasan dokter, dokter gigi, puluhan perawat, bidan dan yg menarik jg adalah banyaknya pemuda baik yg masih sekolah maupun yg purus sekolah yg bergabung dalam relawan ini" Katanya.

Sementara itu, keceriaan dirasakan oleh salah satu peserta Faiq Muhammad (10th) ketika di khitan, Faiq tampak santai dan menikmati sambil menonton video di handphone tanpa menangis. 

“mokase banyak sudah khitan anak kami gratis dan mendapatkan bingkisan, semoga Relawan Indonesia sukses selalu." selaku ayah dari Faiq. (Medi RZ)
01.16

HUT RI Ke 75, 478 Napi Lapas Kelas II A Tanjung Raja Terima Remisi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun, sebanyak 478 orang narapidana (Napi) Kelas II A Tanjung Raja Ogan Ilir menerima remisi.

Hal ini yang disampaikan Kepala Lapas Kelas II A Tanjung Raja Ramdani Boy, Senin (17/08/2020), menurutnya hari ini berdasarkan keputusan kementrian hukum dan ham, bahwa hari ini ada sekitar 478 orang narapidana yang menerima remisi.

"Remisi umum pada 17 agustus 2020, saat ini jumlah penghuni 905 orang, jumlah tahanan 123 orang, dam yang menerima remisi hari ini ada 478 orang, sedangkan untuk yang 427 yang tidak mendapat" Kata Kalapas Kelas II A Tanjung Raja Ramdani Boy.
Sementara itu, Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam, mengajak semua narapidanan yang telah mendapat remisi, apabila nantinya setelah selesai dan menjadi masyarakat jangan kembali lagi kesini.

"Manusia tidak ada yang sempurna ada salah dan khilaf, saudara sudah menjalani akibat dari apa yang saudara perbuat, saudara telah hukum yang saudara jalani, dan saat ini setelah menjalani hukuman, saudara bisa menjalani kehidupan diluar lapas" Kata Bupati OI.

Dirinya juga berharap, setelah selesai menjalani hukuman dilapas, jangan lagi kembali untuk mengulang kesini, semakin sedikit penghuni lapas maka semakin baik.

"Saya menghimbau mari kita berbuat baik, dan berbuat baik itu tidak mesti menjadi orang yang berpunya, yang jelas kita ajak semua orang untuk berbuat baik, dan semoga dipertemuan ini dalam peringatan HUT RI Ke 75 ini kita semua dapat membawa barokah, dan kita harus merdeka, kita harus merdeka pikiran, kita harus merdeka dalam semua hal namun kita tetap mematuhi peraturan yang ada" Harapnya. (Red)

Berikut Videonya:

Minggu, 16 Agustus 2020

22.27

Upacara HUT RI Ke 75, Ketua DPRD OI Bacakan UUD 1945

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Soeharto Hs mengikuti upacara kenaikan bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi  Republik Indonesia (RI) ke 75, dilapangan Caram Seguguk Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai Indralaya, Senin (17/08/2020).

Upacara Kenaikan Bendera dalam Rangka Peringatan  HUT Proklamasi  Republik Indonesia ke 75 tersebut diikuti Oleh Forkopimda, sebagai Inspektur Upacara Bupati Kabupaten Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam dan Pembacaan UUD 1945 Oleh Ketua DPRD OI Soeharto Hs.

Selain Kapolres Ogan Ilir AKBP. Imam Tarmudi, Kajari Adi Tyogunawan, SH, MH dan Perwira penghubung, Sekda Pemkab OI Herman, SH, MM, serta Kepala Dinas dan Asisten, dihadiri juga Kalapas serta para media baik cetak maupun elektronik yang mana peserta upacara dari TNI POLRI.

Selesai kegiatan upacara dilanjutkan dengan acara pemberian hadiah kepada siswa siswi SMP dan SMA Sederajat sebagai juara dalam kegiatan mahir berbahasa inggris dalam rangka Peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia ke 75, dan Ketua DPRD Soeharto Hs berkesempatan memberikan hadiah kepada pemenang. (Ril/Red)

Sabtu, 15 Agustus 2020

05.02

Aikom Marshal Nahkodai KADIN Ogan Ilir Lima Tahun Kedepan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Rumah Makan Maris, Aikom Marshal, SE terpilih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Ogan Ilir periode 2020-2025, Sabtu (15/8/2020).

"Dalam lima tahun kedepan KADIN Ogan Ilir akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam mengakselerasi kemajuan sektor perdagangan dan industri di Ogan Ilir" Kata Aikom Marshal.

Dikatakannya, disamping itu setelah terpilih menjadi KADIN Ogan Ilir dirinya akan melaksanakan pelantikan dan Rapat Kerja dan menggelar Bhakti Sosial Pasar Murah.

Terpilihnya mantan Ketua Umum (Ketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini setelah melalui kemufakatan dalam musyawarah pembentukan ketua kadin dan pengurus lainnya yg dihadiri oleh pelaku usaha dan industri di Ogan Ilir.

Mandat tersebut memberikan kewenangan untuk menyusun pengurus KADIN OI 2020-2025 agar dapat melaksanakan optimalisasi dan pelaksanaan fungsi KADIN. Dan Keppres Nomor 17 Tahun 2010 KADIN adalah Organisasi di bidang perdagangan dan industri yang dasar pembentukannya berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1987.

Sebelumnya Aikom diberi mandat dan ditunjuk sebagai Ketua Charataker Ogan Ilir dari KADIN Provinsi Sumsel dengan Surat Nomor: 008/KEP/DPPK-SS/VIII/2020 tanggal 10 Agustus 2020. (Di2/Red)
04.37

Ribuan Relawan Rumah Zakat Bantu Penyuluhan Gerakan Pakai Masker

GMJNews.co.id- Rumah Zakat Bersama Gerakan Pakai Masker (GPM) bekerja sama untuk melakukan penyuluhan penggunaan masker di Pondok Pesantren Rhaudatut Tholibin, Rembang, Jawa Tengah. 

Relawan dari Rumah Zakat menyatakan siap membantu pelaksanaan penyuluhan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran  santriwan dan santriwati untuk menggunakan masker secara tertib agar dapat mencegah penyebaran virus covid 19 dan ikut serta mengedukasi sekelilingnya untuk menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari.
Penyuluhan untuk Penyuluh akan dilaksanakan secara daring pada hari Jumat (14/08/2020). Dengan dihadiri oleh Tokoh Nasional Pendiri GPM Kiai H. Mustofa Bisri (Gus Mus); Ketua Umum GPM Sigit Pramono, CEO Rumah Zakat Nur Efendi dan Ketua Dewan Penasehat GP Ansor Kab. Rembang H. Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies). Turut hadir pula Yenni Wahid, dr. Sugeng Ibrahim dan dr. Grace Ananta  dari GPM sebagai penyuluh Gerakan Pakai Masker.  

Selain kegiatan diatas, pada kesempatan tersebut juga akan dilaksanakan Penandatanganan PKS Kerjasama Rumah Zakat dan GPM serta  penyerahan secara simbolis bantuan masker dan beras untuk santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Rhaudatut Tholibin.

Ketua Umum GPM Sigit Pramono dalam sambutannya menyampaikan bahwa GPM akan terus mensosialisasikan serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol Kesehatan, terutama penggunaan masker yang baik dan benar. Karena penggunaan masker dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19 yang pada akhirnya akan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data versi Majalah Forbes, Indonesia berada pada peringkat 97 dari 100 negara di dunia dalam peringkat "The Safest Country in the World for COVID-19". 

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia termasuk di dalam kelompok negara yang paling tidak aman di dunia dari bahaya pandemi, terutama dari aspek penanganan COVID-19. Tentunya peringkat ini akan memengaruhi kemampuan Indonesia dalam strategi TTI (Trade, Tourism, and Investment).

“Semakin kecil peringkatnya, suatu negara dinilai semakin aman. Artinya kepercayaan buyer/importir di luar negeri, wisatawan, dan investor atas keamanan negara tersebut dari pandemi COVID-19 juga besar. Kepatuhan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan saat ini menjadi jalan utama untuk meningkatkan kembali kepercayaan dunia terhadap Indonesia.” Ujar Sigit.

Sigit menambahkan bahwa Penyuluhan untuk Penyuluh di pondok pesantren ini merupakan Angkatan Ketiga, setelah kegiatan yang sama dilaksanakan di Pesantren Genggong di Probolinggo dan sembilan pesantren di Tulungagung serta Pesantren Lirboyo di Kediri. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh GPM untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker — juga disiplin menjaga jarak dan rajin mencuci tangan — untuk melindungi diri dan lingkungan. 

Dan itulah prinsip yang selalu didengungkan GPM ke masyarakat: Lindungi Kamu dan Aku.
CEO Rumah Zakat Nur Efendi, menyambut baik Kerjasama antara Rumah Zakat dan GPM. Rumah Zakat merupakan salah satu mitra GPM dengan ribuan sukarelawan yang ikut serta dalam program sosialisasi dan edukasi pemakaian masker. 

“Masker merupakan poin penting bagi Rumah Zakat selama pandemi Covid-19, untuk itu Rumah Zakat mendukung penuh Gerakan Pakai Masker dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan masker sebagai alat pelindung diri dan pencegahan Covid 19. Selain itu juga, relawan Rumah Zakat diharapkan dapat membantu masyarakat agar memiliki daya tahan dalam menghadapi krisis dengan program pemberdayaan masyarakat dan pembinaan UKMK.” Ujar Nur Efendi.

Nur Efendi menambahkan, sejak munculnya kasus covid 19 di Wuhan, China, Rumah Zakat telah menginisiasi pembuatan satu juta masker kain di Desa Berdaya. Harapannya, bukan hanya pesantren dan masyarakat yang terhindar dari Covid 19 namun dapat memajukan perekonomian warga Desa Berdaya dalam membangun Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS) dengan beragam unit usaha.

Tak hanya penyuluhan dan pembagian masker di pesantren- pesantren, Rumah Zakat bersama GPM juga melakukan penyuluhan dan pembagian masker kepada masyarakat desa, tujuannya agar masayarakat desa pun teredukasi dan tetap terlindungi dari resiko terpapar covid-19. 

“Bersama GPM kami juga melakukan edukasi dan pembagian masker kepada masyarakat desa, bertepatan dengan moment kemerdekaan nanti kita akan bagikan 1.700 masker di 17 titik desa “ Ujar Nurmansyah, Relawan Rumah Zakat. (Medi RZ)

Jumat, 14 Agustus 2020

21.58

Koramil 04/Kodim 0418 Bagikan Sayur Mayur Ke Warga Kertapati

PALEMBANG, gmjnews.co.id-  Di tengah maraknya wabah Pandemi Covid-19, Anggota Koramil 04/ Kecamatan Kertapati Kota Palembang, tengah layak mempunyai cara sendiri untuk berbagi. Sungguh patut dicontoh, mereka membagi-bagikan sayur mayur yang bertempat di wilayah 15 Ulu kawasan Pasar Induk Jakabaring pada Sabtu (15/08/2020).

Kapten Infantri, Supriyanto, menerangkan ada beberapa jenis sayuran yang kita bagikan hari ini untuk Dibagikan Kepada masyarakat Kecil  Agar Sedikit meringangankan beban Kesulitan perekonomian mereka akibat Wabah pandemi covid-19.

“Untuk sumber dana sendiri kita mendapatkan dari iuran anggota, relawan dan donatur,” jelasnya.

Lebih lanjut Supriyanto, mengatakan untuk kegiatan ini Insyaallah kita kedepan akan mencoba melakukan secara rutin Guna membantu masyarakat yang kurang mampu.

Harapanya Bantuan Sayur Mayur ini Kiranya Bisa Meringankan Sedikit Beban masyarakat Yang Kurang Mampu, Akibat Dampak Wabah Virus Covid 19, Yang Melanda Dunia ini.

“Dalam Hal ini TNI Koramil 04/ Kodim 0418, Kertapati, Memegang Teguh Bahwa Kami Prajurit Yang Juga Berasal Dari Rakyat Akan Tetap Selalu Peduli dalam membantu Masyarakat.

Untuk Pembagian Sayuran ini Dipelopori Atau Dimotori Oleh :

-Peltu Dani Setiawan

-Pelda Dicky

-Serka Edi Mawardi

-Serka Mulyono

-Serka Triadi Agustam

-Serda ANasution.

Sedangkan jenis sayur yang dibagi-bagikan antara lain Bayem, Sawi, Kangkung, Kacang Panjang, tomat,daun Kemangi, dan Lain sebagainya. (Man)

Kamis, 13 Agustus 2020

21.10

Gaji Ke 13 PNS Di Kabupaten OI Cair

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) dalam hal ini Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam, gaji ke 13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Kabupaten OI sudah mulai dicairkan.

Hal tersebut yang dikatakan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ogan Ilir Hj. Sofiah Yuhanis melalui Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan BPKAD OI Agus Tommy, Jum'at (14/8/2020).

"Ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, dalam hal ini Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, untuk gaji ke 13 PNS yang ada di Ogan Ilir sudah bisa dicairkan terhitung sejak selasa tanggal 11 Agustus kemarin" Katanya.

Dijelaskannya, "Untuk dananya sendiri sudah lama, namun kita masih menunggu peraturan pemerintah turun dulu, setelah peraturan pemerintah turun pada jum'at tanggal 7 Agustus 2020 kemarin, akhirnya sekitar 5000 an PNS di Ogan Ilir, sudah bisa dicairkan, untuk dananya sendiri sudah masuk ke rekening masing-masing" Terangnya.

Dikatakan Agus Tommy, untuk besaran dari gaji ke 13 untuk para PNS itu sendiri tergantung dari pangkat dan golongan daripada PNS itu sendiri.

"Namun, untuk total keseluruhan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sudah menyiapkan dana sekitar 23,5 Milyar rupiah, untuk membayar gaji ke 13 seluruh PNS yang ada di Ogan Ilir ini" Imbuhnya. 

Dijelaskannya, bahwa ini yang pertama, untuk Kabupaten Ogan Ilir adalah Kabupaten yang pertama melakukan pencairan, karena yang saya tahu baru di Kabupaten Ogan Ilir gaji ke 13 ini cair, tapi kita tidak tahu kalau hari ini.

"Saya berharap dengan sudah mulai dicairkannya gaji ke 13 ini, bisa bermanfaat terutama disaat musim pandemi covid-19 sekarang ini, yang jelas Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir selalu memikirkan kesejahteraan para PNS, dan nantinya bisa bermanfaat untuk kebutuhan anak sekolah, dan juga kebutuhan-kebutuhan yang lainnya" Harapnya. (Di2/Red)

06.10

Pengelola Wisata Danau Shuji Santuni Panti Asuhan

MUARA ENIM, gmjnews.co.id- Sebagai rasa syukur pengelola wisata danau Shuji menyantuni panti asuhan Riyadhul Kholishin Prabumulih.

Pemberian bantuan ini dilaksanakan di lokasi wisata danau Shuji Lembak, kecamatan Lembak, kabupaten muara Enim, sumatera selatan pada Kamis (13/8/2020) pada pukul 11.15 wib.

Acara tersebut nampak dihadiri ketua pengelola Bob Permana, kepala panti asuhan Riyadhul Kholishin Rohana, Kepala Puskemas Lembak yang di wakili Kasubag Hj Sandra Eti Astuti, Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tamu undangan.

Kepala pengelola Bob Permana mengatakan, sengaja mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Riyadhul Kholishin Prabumulih, sebagai wujud rasa syukur kami.

"Selain itu kami juga memberikan kebebasan bermain perahu dan fasilitas lainnya di danau Shuji ini untuk mereka bermain. Dan setelah bermain pulangnya kami memberikan bingkisan," ungkap Bob Permana.

Sementara itu kepala Panti Asuhan Riyadhul Kholishin Rohana mengaku, sangat berterimakasih telah diundang ke destinasi wisata danau Shuji ini.

"Sekali lagi saya mewakili Panti Asuhan Riyadhul Kholishin Prabumulih mengucapak banyak ribuan terimakasih telah menggariskan permainan, bantuan dan memberikan anak-anak kebebasan untuk bermain di wisata danau Shuji ini," ungkapnya. (Nil)

03.52

Pos Segar Rumah Zakat Hadir untuk Korban Kebakaran Tangga Buntung

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Sebanyak 11 Relawan Rumah Zakat Action membuka pos segar untuk para penyintas kebakaran jalan Ki gede Ing Suro, Lorong serengam 1 Kelurahan 32 Ilir kecamatan Ilir Barat II Tangga Buntung Palembang Kamis (13/08/2020).

Pos Segar ini hadir untuk kebahagian para korban kebakaran baik itu ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak. Direncanakan akan tetap buka sampai hari sabtu dan akan melakukan penyaluran sembako pada hari penutupan.

Pos segar ini menyediakan buah segar, gorengan, susu, Pop Mie serta kopi dan teh hangat. Meskipun turun hujan tidak membuat semangat relawan untuk melayani para warga dan korban kebakaran di pos segar yang terletak di salah satu rumah warga.

Relawan saling bahu-membahu untuk melayani para korban kebakaran yang datang ke pos segar ini secara gratis. 

Selain itu rumah Zakat sudah menyalurkan beras, 8 rendang superqurban dan 12 kornet superqurban kepada para korban. Kebutuhan yang mendesak bagi para korban seperti susu balita, pempers bayi, pakaian dalam, peralatan mask dan perlengkapan sekolah serta vitamin. (Medi RZ)

Rabu, 12 Agustus 2020

06.34

Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19, Bupati OI Mulai Beraktivitas Kembali

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sebelumnya dinyatakan Positif Covid-19, akhirnya Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam, kini dinyatakan telah sembuh. Dan hasil tes swab terbaru Ilyas Panji Alam disebut menunjukkan hasil negatif Corona.

Hal tersebut terlihat pada hari ini, Rabu (12/8/2020) Bupati OI HM Ilyas Panji Alam sudah mulai beraktivitas normal dan tampak hadir memberikan sambutan dalam Pelantikan Karang Taruna Kecamatan Indralaya yang dilaksanakan di Gedung Pendopoan Tanjung Senai.

"Selamat kepada seluruh Karang Taruna yang telah dilantik untuk masa bakti 2020-2023. Dengan mengucapkan sumpah dan janji, jadikanlah sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sesuai tufoksi sebagai organisasi kepemudaan, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial,” Kata Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dalam sambutannya.

Selanjutnya Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam berpesan, Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, pertanian, pengelolaan lingkungan seperti penanganan sampah dan lain-lain. 

"Karang Taruna juga harus menjadi wadah bagi pemuda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif sehingga dapat menghasilkan inovasi bagi kemajuan desa" Ujarnya.

Ditambahkannya, “Saya juga berpesan kepada Karang Taruna Kecamatan Indralaya, untuk ikut berperan dalam revitalisasi pembangunan menuju perubahan ke arah yang lebih baik,” Harapnya. (Di2/Red)
01.30

Hari UMKM Nasional, Rumah Zakat Optimal Dana ZIS Untuk Bantu UMKM Terdampak Covid-19

GMJNews.co.id- Pandemi Covid-19 ternyata berdampak global dan panjang. Selain masalah kesehatan, pandemi Covid 19 ternyata juga mempengaruhi sektor lain yaitu ekonomi dan bisnis. Dampak di bidang ekonomi adalah menurunnya aktivitas bisnis termasuk Indonesia.

Melalui program UMKM Padat Karya yang merupakan program pemberdayaan ekonomi yang mendorong dan membuka peluang semakin banyak keterlibatan masyarakat dalam membangkitkan perekonomiaan di masa pandemi serta new normal, Rumah Zakat memberikan bantuan berupa modal usaha , edukasi kewirausahan, marketing serta pendampingan bagi para pelaku UMKM Binaan.

“Melalui program ini kami berupaya untuk terus memberikan dukungan kepada para UMKM agar tetap bisa menjalankan usahanya di tengah masa sulit seperti ini” ujar Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda.

Hingga bulan Agustus ini bantuan telah disalurkan kepada 705 orang di 275 Desa Berdaya di 29 provinsi, dengan total dana bantuan lebih dari 1 Miliar Rupiah.

Hari ini bertepatan dengan hari UMKM Nasional, Rumah Zakat memberikan bantuan usaha bagi UMKM Binaan di 172 Desa dengan jumlah bantuan lebih dari 300 Juta rupiah, bantuan ini akan digunakan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka.

Tak hanya memberikan bantuan usaha langsung, untuk mengaktivasi lagi kegiatan usaha para UMKM binaan yang menerima bantuan, dilaksankan kegiatan aktivasi pasar, di Desa dengan Zona hijau para UMKM binaan melakukan bazar, UMKM lainnya ada juga yang menerapkan diskon untuk menarik pembeli.

“Bazar ini tentu kita lakukan di desa – desa zona hijau dan tetap memperhatikan protokol Kesehatan, harapannya melalui pemberian modal lalu ada aktivasi pasar seperti ini para UMKM binaan bisa memulai Kembali usahanya, karena beberapa penerima manfaat sempat vakum dalam kegiatan usahanya kini kembali aktif lagi” Ujar Murni.

Salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan usaha adalah UMKM Binaan Rumah Zakat di Pontianak yang memiliki usaha “Juragan Donat”. Bantuan usaha yang diterima Ridho Hudayana pemilik Juragan Donat langsung ia gunakan untuk melakukan produksi donat dan untuk aktivasi pasarnya ia menerapkan diskon 20%, alhasil di hari UMKM Nasional ini donat buatannya diserbu pembeli. 

“Alhamdulillah, sejak tadi pagi sudah ramai pembeli, dengan adanya diskon 20% ini jadi daya tarik untuk masyarakat, semoga jualannya makin ramai” ujar Ridho, pemilik usaha Juragan Donat.

Juragan donat merupakan binaan Rumah Zakat yang tergabung dalam Badan usaha milik masyarakat (Bummas) Kapuas pada hari ini memberikan diskon kepada pelanggannya, diskon khusus pada hari UMKM nasional ini merupakan bentuk kepedulian Rumah Zakat untuk menggairahkan kembali UMKM pasca pandemik covid 19.

“Selaku pelaku UMKM saya merasa sangat terbantukan dengan program Rumah Zakat ini, usaha kami yg kemarin sempat lesu kini bergairah kembali.  terimakasih Rumah Zakat. Semoga para donatur dilimpahkan keberkahan dan di kabulkan doanya. Aamiin” tambah Ridho 

dengan mengoptimalkan dana Ziswaf dari para donatur, Rumah Zakat terus berupaya membantu masyarakat untuk bisa terus produktif dan bertahan Di masa krisis karena pandemic covid-19. Rumah Zakat terus membuka kolaborasi untuk sama-sama berjuang, membantu masyarakat Indonesia untuk melewati kesuitan ini bersama.

“Semoga bantuan ini semakin memperkuat UMKM untuk tetap bertahan, maju dan berdaulat” tambah Murni. (Medi RZ)

Selasa, 11 Agustus 2020

01.31

153 KK Warga Desa Jagolano Terima BLT DD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Desa (Pemdes) Jagolano, Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI), hari ini, Selasa (11/8/2020) membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III (tiga) kepada 153 Kepala Keluarga Miskin Baru (KK Misbar) yang terdampak Covid-19 sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan Covid-19.

Pembagian BLT-DD tahap III Desa Jagolano ini secara simbolis diserahkan oleh Kades Jagolano Fery Azma Noviansyah kepada warga Jagolano yang berhak menerima dengan didampingi Bhabinkamtibmas Rantau Panjang, Camat Rantau Panjang Lukman Ajis, S.Sos, M.Si, yang disaksikan para perangkat desa, BPD dan masyarakat Desa Jagolano.
Kepala Desa (Kades) Fery Azma Noviansyah ketika diwawancarai mengatakan bahwa pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) hari ini merupakan pembagian BLT DD tahap ketiga. Adapun jumlah penerima manfaat dari BLT-DD ini sebanyak 153 orang Kepala Keluarga. Adapun besaran dana BLT-DD ini sebesar Rp. 600 ribu per kk selaku penerima manfaat.

“Ya, BLT-DD ini bersumber dari Dana Desa yang diambil dari 30 persen alokasi Dana Desa yang ada, penerima BLT-DD ini berjumlah 153 orang Kepala Keluarga (KK),” Katanya.

Ditambahkannya, “Alhamdulillah, pembagian BLT Dana Desa tahap III hari ini berjalan lancar dan semoga penerima BLT Dana Desa dapat memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya,” Ujarnya.
Dikatakannya, dirinya juga sudah memastikan bahwa 153 KK yang mendapatkan bantuan BLT Dana Desa sudah dipilih secara selektif oleh Pemerintah Desa Jagolano.

“Tentu yang menerima itu memang yang berhak menerimanya. Adapun masyarakat yang mendapat BLT Dana Desa, yakni mereka yang belum atau tidak mendapat bantuan sosial seperti PKH, BPNT, Kartu pra kerja, BST, JPS Kabupaten dan JPS Provinsi,” Terangnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat Desa Jagolano, menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Desa Jagolano dan perangkatnya yang telah peduli terhadap keadaannya.

“Alhamdulillah dapat bantuan BLT, terimakasih semoga pak Kades dan perangkatnya sehat selalu, semoga BLT DD ini bisa bermanfaat, sekali lagi saya selaku peneriman manfaat mengucapkan terima kasih ” Ungkapnya. (Di2/Red)

Berikut Videonya:




Senin, 10 Agustus 2020

02.13

Ketua DPRD OI Pimpin Rapat Paripurna

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar rapat Paipurna dengan agenda Penandatanganan Bersama Hasil Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Anggaran Sementara APBD Perubahan TA 2020, diruang rapat paripurna DPRD OI Tanjung Senai Indralaya, Senin (10/08/2020).

Rapat Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OI Soeharto Hs didampingi Wakil Ketua DPRD Wahyudi, ST dan dihadiri beberapa Anggota DPRD selebihnya melalui Video Conference.

Hadir dalam paripurna tersebut Bupati Ogan Ilir yang diwakili oleh Sekda Kab. Ogan Ilir Herman, SH, MM, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Muspida melalui Vidcom serta para media baik cetak maupun elektronik.

Saat Penanda tanganan, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Wahyudi, ST, serta pelaksanaan penandatangan bersama oleh Ketua DPRD Soeharto, Hs dan Sekda Ogan Ilir Herman,nSH., MM didampingi oleh Sekretaris DPRD Mukhsina, SE., M.Si dan Kabag Legislasi Yubhar, S.IP serta Kasubag Persidangan Dedi Afrizal, ST. (Ril/Red)

Jumat, 07 Agustus 2020

00.15

Rumah Zakat Optimalkan 7 Hektar Lahan Wakaf Untuk Kebun Kelapa Aromatik

BANDUNG, gmjnews.co.id- Rumah Zakat telah menggarap 7 hektar lahan wakaf di Desa Cikadondong, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten untuk kebun kelapa aromatik (Thailand) sejak tahun 2019. Saat ini, 1.133 pohon kelapa aromatik telah ditanam, dan tak hanya itu, ada juga tanaman sereh wangi dan petai gobang.

“Karena kelapa aromatik itu baru bisa kita rasakan hasilnya setelah 5-7 tahun sejak penanaman, maka kami mengoptimalkan lahan wakaf untuk tanaman pendamping lainnya yang masa panennya lebih sebentar, yaitu sereh wangi dan petai gobang,” jelas Chief Wakaf Officer Rumah Zakat, Soleh Hidayat, (5/8/2020).

“Dengan begitu, kita bisa menggaji para pekerja kebun dari hasil panen tanaman pendamping,” tambah Soleh.

Kebun kelapa aromatik tersebut merupakan hasil donasi wakaf produktif dari para muwakif (orang yang berwakaf). Hingga saat ini, 300 pekerja kebun yang merupakan warga sekitar perkebunan telah merasakan manfaat dari keberadaan lahan wakaf di daerah mereka.

Hingga akhir tahun 2020, Rumah Zakat menargetkan bisa mengelola 14 hektar lahan wakaf untuk kebun kelapa aromatik. “Target keseluruhan, kami ingin bisa mengelola 200 hektar kebun kelapa aromatik di Pandeglang. Namun, untuk tahun 2020 ini, setidaknya 14 hektar bisa kami Kelola,” ungkap Soleh.

Implementasi program wakaf tak hanya berupa charity seperti pembangunan jembatan, madrasah, masjid, ataupun sarana air bersih, namun bisa juga untuk program-program bersifat produktif seperti kebun kelapa aromatik ini, sehingga manfaat wakaf bisa lebih luas dan Panjang. 

“Selain kebun kelapa aromatik, kami pun telah mengimplementasikan program wakaf produktif lainnya, diantaranya Kebun Jambu Kristal di Bogor, Kebun Mentimun di Subang, Penyulingan Cengkeh di Sangihe Sulawesi Utara, Penyulingan Cengkeh di Lombok, Sekolah di Pekanbaru, Klinik di Semarang, dan kost-kostan di Cilegon,” papar Soleh. “Hasil dari program-program wakaf produktif ini digunakan untuk program-program charity seperti beasiswa tahfidz, gaji para guru ngaji dan pemberdayaan masyarakat di Desa Berdaya,” pungkasnya. (Medi RZ)

Kamis, 06 Agustus 2020

03.34

Dampingi Ilyas Panji Alam, Muslih Qori Yakin Menang


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Salah satu tokoh Agama ternama yang di Kabupaten Ogan Ilir (OI) KH. Muslih Qori menyatakan bawha dirinya siap untuk mendampingi HM. Ilyas Panji Alam pada pencalonan Bupati dan Wakil Bupati OI 9 Desember 2020 mendatang.


Menurutnya, pernyataan ini bukan tidak beralasan, sebab dirinya sudah beberapa kali membicarakan hal ini dengan orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk tersebut. "Walaupun partai tidak mengusung saya sebagai Bacalon Bupati, namun saya tetap optimis akan tetap maju mendampingi pak Ilyas Panji Alam di Pilkada OI Desember mendatang," Kata KH. Muslih Qori, Kamis (6/8/2020).

Dirinya juga memohon kepada masyarakat Ogan Ilir untuk ikut mendoakan dan juga mendukungnya sebagai bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi HM. Ilyas Panji Alam di Pilkada OI. "Saya mohon doanya, hasil dari pembicaraan kami bersama pak Ilyas sudah mengerucut, sudah sepaham dan kita juga tinggal menunggu penyelesaian yang lain-lain," Ujarnya.

Untuk visi misi, sambung Muslih Qori, dirinya hanya mengikuti visi misi HM. Ilyas Panji Alam, dan dirinya berharap agar Pemkab OI lebih memperkuat lagi bidang keagamaan, lantaran Kabupaten OI merupakan daerah berjuluk Kota Santri.

"Saya yakin menang dan saya optimis sekali, tinggal pendekatan kita dan kita juga tidak akan saling menghujat. Setiap orang pasti ada jelek dan buruknya, dan kita sangat optimis kita akan menang jika berpasangan bersama pak Ilyas Panji Alam," Pungkasnya.

Sementara itu, M. Rizal ST, Sekjen DPC PDIP OI menambahkan, jika KH. Muslih Qori berpasangan dengan HM. Ilyas pasti akan memenangkan Pesta Demokrasi lima tahunan tersebut. "Tapi kita tunggu mekanismenya, jika dibandingkan dengan Ovi-Ardani sudah pasti sangat tidak sebanding, kita jauh diatas mereka," Imbuhnya. (Red)

Rabu, 05 Agustus 2020

04.45

Anggota DPR RI Reses Kunker Ke Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Sumatera Selatan (Sumsel) H. Yulian Gunhar, SH, MH melakukan Reses yakni Reses Kunjungan Kerja (Kunker) perorangan, Rabu (5/8/2020).

"Ya, hari ini melaksanakan kunker perorangan, yakni dalam agenda reses anggota DPR RI dapil sumsel 2, dan pada hari ini juga kita kunker ke kabupaten ogan ilir, dan mampir ke kantor dpc pdi p ogan ilir" Kata Yulian Gunhar saat diwawancarai seusai acara.

Dikatakannya, bahwa tujuan dari kunker hari ini adalah menampung dan menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat kabupaten ogan ilir.

"Khususnya saat ini kita karena ada di DPC PDI Perjuangan sekaligus kita melaksanakan konsolidasi internal partai PDI Perjuangan" Ujarnya.

Terkait pilkada 2020, yang akan digelar pada 9 desember 2020 mendatang, PDI Perjuangan akan mencalonkan petahana yaitu Bupati Ogan Ilir H.M. Ilyas Panji Alam.

"Adapun untuk partai pendukung Insya Allah, PDI Perjuangan akan diusung oleh beberapa partai, namun saat ini memang belum bisa kita umumkan, kita rahasiakanlah, untuk koalisi pasti ada, dan semuanya sudah ada, tapi karena belum emplisit keluar, jadi kita tidak mau berandai-andai, karena politik itu sangat dinamis, pergeseran itu tiap menit tiap detik bisa berubah" Terangnya. (Red)
04.44

Warga Rambang Kuang OI Tak Terima Daerahnya Disebut Daerah Tertinggal

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Terkait statemen yang disampaikan oleh wakil gubernur (Wagub) Sumsel saat mendampingi putranya Aw Noviadi bersama Ardani di Desa Kuang Dalam Kecamatan Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI) beberapa hari yang lalu yang mengatakan bahwa Rambang Kuang disebut daerah tertinggal dan tidak ada pembangunan.

Hal tersebut membuat warga Rambang Kuang Protes, dengan statemen tersebut, ini yang dikatakan langsung oleh salah satu tokoh masyarakat di Kuang dalam Sakrawi Ruslan, Senin (3/8/2020) menurutnya memang tidak dipungkiri, apa yang telah dilakukan Mawardi di masa kepimpinannya, tetapi dirinya tidak mau Rambang Kuang dibilang desa yang tertinggal dari daerah lain.

“Dalam tiga tahun terakhir ini sejak di pimpin Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam daerah Rambang Kuang sudah banyak kemajuan, tidak tertinggal lagi, seperti apa yang dikatakan oleh wakil gubernur, saat pertemuan terbuka dengan masyarakat di desa kami,” Kata Sakrawi Ruslan.

Dikatakannya, Rambang Kuang sekarang tidak tertinggal dari desa–desa tetangga di wilayah Kabupaten OI, menurutnya Kami saat ini tidak lagi merasakan adanya jalan berlumpur, walaupun bukan jalan beraspal hanya cor beton, tetapi yang jelas desa kami ditiga tahun terakhir ini sudah sangat terlihat kemajuannya.

“Terlihat jelas dari Pembangunan jalan yang setiap tahun ada pembangunan walaupun mengunakan anggaran APBD Kabupaten, masjid kami sudah ada menaranya dan juga Program satu desa satu diniyah pun berjalan dengan baik di desa kami,” Ujarnya.

Dijelaskannya, "Seharusnya Wagub itu bijaklah, apalagi dia pernah menjadi Bupati OI dan telah membangun Kecamatan Rambang Kuang, sebaiknya janganlah menyebut tempat kami sebagai daerah tertinggal” Ungkapnya. (Red)

Minggu, 02 Agustus 2020

07.59

Diduga Wagub Sumsel Abaikan Protokol Covid-19

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Presiden Joko Widodo meminta setiap gubernur untuk menerbitkan aturan berisi sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Hal ini pernah disampaikan Presiden Jokowi saat rapat dengan para gubernur di Istana Bogor, Rabu (15/7/2020) lalu, kepala Negara menyebut, ia juga akan segera mengeluarkan Instruksi Presiden yang bisa dijadikan payung hukum bagi tiap gubernur untuk membuat peraturan. Instruksi Presiden ini langsung ditindak lanjuti oleh Gubernur Sumsel Herman deru.

Gubernur telah membuat peraturan Gubernur (Pergub) yang berupa sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, Sanksi tersebut mulai berlaku setelah Peraturan Gubernur (Pergub) yang rencananya akan dikeluarkan pada awal Agustus 2020 ini. 
Pergub tentang protokol kesehatan ini berlaku di seluruh kabupaten/kota di Sumsel untuk mengatur penanganan Covid-19 di tempat umum. 

Namun instruksi ini sepertinya tidak didukung oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya, karena hari ini Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya bersama sang anak yang juga bakal calon Bupati OI Aw Noviadi dan Balon Wabup Ardani bersilaturahmi ditengah masyarakat Kecamatan Rambang Kuang, tanpa mengikuti protokoler covid 19, yakni salah satunya menggunakan masker. 

Wagub nampak tidak memberikan contoh yang baik, karena dalam kunjungannya Mawardi Yahya mengumpulkan masa tanpa mengikuti protokol kesehatan covid19, seperti tidak adanya jarak antara peserta kegiatan dan terlihat jelas banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker serta alat kesehatan lainnya, apalagi kerumunan tersebut terdapat banyak anak-anak. 
Selain Wagub Sumsel dan sang anak Aw Noviadi dan balon wakilnya Ardani, kunjungan tersebut diikuti oleh para ketua partai pendukung calon, beserta rombongan. 

Pengabaian prokes covid 19 ini sangat disayangkan oleh Anggota DPRD OI Fraksi PDIP Andika Ismail yang mengatakan tidak memakai masker dalam kerumunan sangat berpotensi terpapar virus corona dan melihat Wagub saat kunjungan di Kecamatan Rambang Kuang tersebut jauh dari kata taat aturan pemerintah tentang Protokol kesehatan.

“Tidak memakai masker ditengah kerumunan sangat berpotensi tertular dan menularkan virus corona,” Kata Andika kepada media ini melalui sambungan handphone, Minggu sore (2/8/2020).

Selain melanggar protokol kesehatan Andika juga menyayangkan adanya dugaan kampanye terselubung pasalnya dalam acara yang dibalut silaturahmi tersebut ada ajakan dan spanduk di panggung bergambar salah satu pasang bakal calon.

“Acara silaturahmi tersebut sangat kental nuansa politik pasalnya dihadiri ketua partai, anggota partai dan simpatisan serta dalam kegiatan ini banyak spanduk yang bergambar salah satu Bakal Calon. Hal ini juga merugikan bakal calon lainnya dan kami berharap penyelenggara Pemilu (KPU – BAWASLU OI. red) segera  bertindak” Imbuhnya. (KR/Red)
02.10

Rumah Zakat Potong Qurban untuk Palestina dan Rohingya

GMJNews.co.id- Pada idul adha tahun ini, Rumah Zakat juga menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban untuk pengungsi Rohingya.

Alhamdulilah, ada 7 hewan qurban disembelih di Bangladesh untuk 420 Kepala Keluarga di pengungsian. Pengungsi nampak sangat bersemangat dan antusias melakukan proses penyembelihan. Wajah ceria dan bahagia terlihat jelas di wajah mereka. Tak hanya para orang tua yang membantu proses penyembelihan, anak-anak dan remaja pun turut serta.

“Hewan qurban ini salah satu bantuan dari masyarakat Indonesia untuk pengungsi Rohingya dan Palestina. Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh pengungsi sendiri secara bergotong royong.” Ujar Andri, Rumah Zakat Action.

Andri menambahkan bahwa Bahagia sekali rasanya melihat saudara kita yang nan jauh disana dapat berbahagia dihari raya Idul Adha sebagaimana saudara-saudaranya di Indonesia. Terima kasih, sahabat telah menebar kebahagian bagi mereka. (Medi RZ)