Gemilang Terkini

Sabtu, 30 April 2022

22.56

Dua Rumah di Kelurahan Sungai Pinang Terbakar

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Menjelang Hari Raya Idul fitri 1443 H dua rumah warga terbakar, rumah yang terletak di Kelurahan Sungai Pinang  rt 2 lk Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Menurut Kepala lingkungan 1 ( Satu) Abu Hasan 2 (Dua) Rumah yang terbakar tersebut milik Rusnawati (60) janda  dan Suri Suryadi (58)"  Kejadian kebakaran  sekitar pukul 2 wib dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 3  wib dini hari tadi" Jelasnya. Minggu, ( 01/05/2022).

Dikatakan Abu hasan kejadian kebakaran bermula dari Rumah Rusnawati dan merembet kerumah suri diduga dari konslelting  listrik "Rumah Rusnawati rumah panggung terbakar dimulai dari atas dan warga tidur dibagian bawah Rumah, api diketahui setelah api sudah besar sebagian rumah papan bagian atas" ujarnya.

Lanjutnya, warga sekitar gotong royong di bantu 2 Damkar serta anggota BPBP Kecamatan Sungai pinang dan anggota Polsek Tanjung Raja api dapat dipadamkan, bantuan dari Dinsos berupa bahan pokok dan terpal, sementara camat dan lurah ke lokasi dan memberikan bantuan berupa beras dan lainnya. (Emi)
04.01

FOKER BERSATU: 14 Tahun Ibu Sena Terbaring Lumpuh, Mohon Perhatian Serius Pemerintah dan Para Dermawan

Palembang, gmjnews.co.id- Keterbatasan ekonomi dengan status janda ibu Sena (75) tahun membutuhkan perhatian pemerintah dan dermawan. Penderita lumpuh akibat terjatuh hanya bisa terbaring selama 14 tahun merasakan sakit yang diderita. 

Ibu Sena sakit lumpuh mulai dari tahun 2008 menahan sakit berjuang untuk bertahan hidup tinggal digubuk reot tanpa kamar mandi

Lumpuh tak berdaya membuat ibu Sena hanya bisa terbaring ditempat tidur belasan tahun itulah itu lah yang dialami ibu Sena warga lorong Lebak RT 22 RW 04 kelurahan 1 ulu kecamatan sebrang ulu 1.
Riwayat beliau pernah terjatuh mengakibatkan lumpuh, tak ada perkerjaan yang bisa dilakukan nya hanya bisa berbaring diatas tempat tidur ia tidak mempunyai kemampuan mencari nafkah sejak sepeninggalan suami nya meninggal dunia.

Ia tak tau harus tinggal dimana tidak ada pilihan lain, ia pun menumpang tinggal digubuk dibawah rumah warga dengan kondisi yang tak layak, tikus, kecoa kapan pun bisa menghampiri.

Siti waidah Selaku Pihak keluarga kepada awak media mengatakan bahwa ibu Sena mengalami lumpuh akibat terjatuh, sudah 14 tahun lamanya dan berharap perhatian serius dari pemerintah dan dermawan.

Ibu Sena harus mendapatkan pengobatan dan perhatian yang serius mengingat kondisi nya hanya bisa berbaring kepada pemerintah dan dermawan untuk dapat membantu pengobatan nya.katanya."Sabtu (30/04/2022)

Lanjut Siti, ibu Sena setiap hari hanya bisa berbaring ditempat tidur, ia juga menceritakan keinginan ibu Sena untuk dapat bisa memiliki tempat tinggal yang layak, tapi apalah daya keterbatasan dari segi ekonomi sehingga belum bisa mewujudkannya ucapnya," (Heryadi)

Jumat, 29 April 2022

01.25

88 KPM Desa Naikan Tembakang Terima BLT DD

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Bertempat di halaman rumah Kepala Desa (Kades), sebanyak 88 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Naikan Tembakang Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Jum'at (29/04/2022).

Kepala Desa Naikan Tembakang Zainuri ketika diwawancarai mengatakan hari ini kita melaksanakan pembagian BLT DD periode Januari, Februari, Maret, dan setiap nantinya setiap KPM menerima sebanyak 300 ribu rupiah per bulan.
"Ya, hari ini sebanyak 88 KPM desa naikan tembakang menerima BLT DD tahap 1, dengan harapan semoga bagi yang menerima BLT DD ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin" Kata Zainuri.

Dikatakannya, "Disini kita tidak membedakan siapa yang menerima yang jelas kita usahakan setiap penerima memang yang berhak menerima dan merupakan warga desa setempat, serta belum menerima program bantuan yang lain" Ujarnya.
Ditambahkannya, "Terima kasih kepada seluruh penyelenggara acara ini, baik itu dari perangkat desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Tim Kecamatan, PMD, dan PLD yang telah mendukung dan mengawal hingga kegiatan ini dari awal sampai akhir. Sehingga pembagian BLT DD bisa berjalan lancar dan tertib" Imbuhnya.
Lebih lanjut Zainuri mengatakan, BLT DD yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga akhirnya, bisa disalurkan. Walaupun hanya sebanyak 3 bulan sebesar Rp 900 ribu dan jumlah warga yang menerima bantuan dana BLT yakni 88 KPM.

"Penyelenggaraan pembagian BLT DD menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan memakai masker untuk mencegah terjadinya klaster baru" Pungkasnya.

Sementara itu, Edi (33) warga Desa Naikan Tembakang mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya BLT DD ini. "Alhamdulillah akhirnya hari ini dibagikan karena sudah lama ditunggu ditambah lagi beberapa hari lagi kita mau lebaran, jadi sangat terbantu" Singkatnya. (Red)

Kamis, 28 April 2022

22.16

Peringatan Nuzulul Qur'an di Pemkab Ogan Ilir Berlangsung Khidmat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar peringatan Nuzulul Qur'an 1443 H, bertepatan dengan hari kerja terakhir sebelum cuti lebaran yang digelar di Masjid Agung An-Nur Komplek Perkantoran Terpadu (KTP) Tanjung Senai. Indralaya OI Sumsel, Kamis (28/042022), malam.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar SH, dalam kesempatan tersebut mengingatkan semua untuk bersyukur karena di tahun 2022 ini rangkaian ibadah Bulan Suci Ramadhan boleh dilaksanakan secara normal, layaknya sebelum masa pandemi.

"Maka itu, dengan kondisi seperti sekarang kita berharap kedepannya semakin baik dan pandemi ini benar-benar dapat berakhir, sehingga geliat perekonomian bisa bergerak yang tentunya akan mendorong percepatan perbaikan kesejahteraan bagi semua" Katanya.

Dikesempatan sama Panca juga menyampaikan himbauan yang mewajibkan bagi pejabat eselon II asli daerah Ogan Ilir untuk melaksanakan  Sholat Idul Fitri di kampungnya masing-masing dengan tujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Diakhir penyampaiannya, Bupati muda ini juga mengingatkan untuk tetap menjaga kesehatan dan berhati hati ketika mudik serta menyampaikan do'a agar kita semua dapat bertemu dan melaksanakan  ibadah Bulan Suci Ramadhan berikutnya.

Peringatan Nuzulul Qur'an ini berlangsung  khusyuk dan khidmat yang diisi dengan ceramah agama, seputar nuzul qur'an.

Ustazd KH Drs Solihin Hasibuan, yang tampil sebagai penceramah mengambil tema Kenapa Al Qur'an diturunkan Allah, dengan kesimpulan agar kita semua menjadikan alqur'an sebagai petunjuk sebagaimana disebutkan keberadaannya yang mengubah dari zaman kegelapan (jahiliyah) kezaman terang benderang (penuh petunjuk) untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Sebelumnya acara dibuka dengan buka puasa bersama dilanjutkan dengan pelaksanaan ibadah Sholat mahgrib, Sholat Isya' dan Sholat Tarawih secara berjamaah, yang dihadiri beberapa perwakilan unsur Forkopimda. 

Hadir juga Wakil Bupati OI, H Ardani SH, Sekeretaris Daerah, H Muhsin Abdullah,  beberapa pimpinan pondok pesantren, Ketua MUI, Kepala dinas, Kepala Badan, Camat, serta tokoh masyarakat. (Emi)

Selasa, 26 April 2022

03.43

Berbagi Dibulan Ramadhan, FOKER BERSATU Bagikan Beras Ke Warga


Palembang, gmjnews.co.id- Menjelang hari raya idul Fitri,tinggal menghitung hari,namun bagi sebagian warga masyarakat khususnya yang secara langsung terdampak wabah Covid 19

Menyikapi hal tersebut FOKER BERSATU yang diinisiasi dan dipimpin langsung Bung SUHERI ketua DPC KOTA PALEMBANG melaksanakan giat berbagi Dibulan Ramadhan, Selasa(26/04) Sore

Ramadhan ini kita jadikan sebagai momentum untuk berbagi,agar kedepan nya mampu lebih bermampaat bagi orang lain.dimana pada bulan ramadhan setiap amal kebaikan kita akan dilipat gandakan oleh allah swt

Pembagian beras ini kepada warga masyarakat diwilayah kertapati dan sekitarnya

Suheri Berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat membantu masyarakat walaupun jumlah nilainya tidak banyak"terang Suheri

Lanjutnya"kegiatan ini juga sebagai sarana komunikasi dan menjalin hubungan baik dengan warga masyarakat

"Dengan kegiatan ini kita harapkan bertambah dekatnya jalinan silaturahmi dan kedekatan antara FOKER BERSATU dan masyarakat "tutupnya

Sementara itu Lismawati(50th) warga RT.45 kelurahan Kemang agung mengucapkan ribuan trima kasih banyak atas kepedulian FOKER BERSATU 

 "Semoga FOKER BERSATU jaya.....   "ucapnya.(Heryadi)

Minggu, 24 April 2022

08.17

Bersama Dewan Pembina, GNPK-RI Palembang Gelar Pembagian Takjil, Sembako dan Buka Bersama


PALEMBANG, gmjnews.co.id- Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Kota palembang, melakukan buka bersama seluruh anggota GNPK-RI Kota Palembang, pembagian sembako ke anggota GNPK-RI Kota palembang, dan pembagian takjil ke masyarakat yang melintas didepan sekretariat GNPK-RI Kota Palembang, yang terletak di jalan Sersan Sani no. 3444 RT. 40 RW 06 Kelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarame Kota Palembang.
  

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina GNPK-RI Kota Palembang, Ir. Basyarudin Akhmad, RT. 40, Kelurahan Sukabangun, dan seluruh pengurus GNPK-RI Kota Palembang, kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan 3M, minggu (24/04/2022).

Yudha loobay bisa disapa, ketua GNPK-RI Kota Palembang saat diwawancarai awak media disekretariat GNPK-RI Kota Palembang mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan oleh GNPK-RI Kota Palembang, dalam menjalin silaturahmi sesama anggota dan pengurus, tapi kali ini agak beda karena momennya bertepatan dibulan suci ramadhan jadi kita bisa berbagi kesesama anggota dan masyarakat sekitarnya.

"Pada hari ini ada sekitar 250 takjil yang dibagikan kepada masyarakat yang melintas di depan sekretariat GNPK-RI Kota Palembang, serta 100 paket sembako dan minuman botol, yang kita bagikan keanggota dan masyarakat yang ada disekitar sekretariat GNPK-RI kota palembang" Kata Yudha.

Sementara itu, Ir. Basyarudin Akhmad Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Sumsel dalam sambutanya mengatakan, "Alhamdulilah kita bisa berkumpul disini, dalam mempererat tali silaturahmi, dan buka bersama seluruh jajaran pengurus GNPK-RI kota palembang, semoga GNPK-RI kota palembang selalu kompak dan solit", Tutupnya. (Heryadi)
03.43

Warga Keluhkan Air PDAM Kecamatan Rantau Panjang dan Tanjung Raja Seperti Kubangan Kerbau

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam beberapa hari terakhir banyak warga mengeluhkan kualitas air bersih yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ogan Cabang Rantau Panjang dan Tanjung Raja.

Sebagian besar mengaku warna air tidak jernih atau keruh, sehingga tidak layak untuk digunakan.

Keluhan lebih banyak diungkapkan warga melalui media sosial, seperti yang diposting oleh Husaini Dik di Facebook." Ayo Ledeng ape ayo Lebung PDAM Kec. Rantau Panjang, Payo Benoke Mane ulas Maneger e. Ia mengaku air yang diterimanya sangat keruh sehingga takut digunakan, baik mandi maupun kebutuhan dapur.

Saat dikonfirmasi kepada wartawan Husaini Dik warga Jagalana, Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir mengungkapkan rasa kekecewaannya Kepada PDAM Kecamatan Rantau Panjang, minggu (24/04/2022).

"Tolong Pak, Ayo PDAM Rantau Panjang ikak kami nak komplain kemane, la 3 minggu ikak cak ayo kubangan Kebau."Keluh Husaini.

Dikatakannya, Mohon perhatian dari pengelola PDAM khususnya di Kecamatan Rantau Panjang. Air yang dialirkan sebaiknya dijernihkan dan dihilangkan kumannya dulu, baru dibagikan ke konsumen. 

"Kami bayar loh bukan gratisan, keruh dan agak berminyak. Jangankan untuk diminum, untuk mandi saja tidak layak, bukan tambah bersih malah bisa kena penyakit. Kami berharap kedepan airnya bersih layaknya PDAM sebenarnya" Tutup Husaini Dik.

Terpisah, Hendri Warga kampung bawah kelurahan Tanjung Raja juga meminta kepada pengelola PDAM Kecamatan Tanjung Raja juga memperhatikan air disini.

"Sudah beberapa hari air keruh seperti air becek." Katanya.

Ditambahkannya, "Untuk kepentingan memasak atau air minum, praktis beralih membeli air isi ulang. Termasuk untuk mencuci pakaian berwarna cerah kami juga tidak lagi memakai air PDAM" Pungkasnya. (Emi)

Sabtu, 23 April 2022

18.09

DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan Ilir Gelar Buka Bersama

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Keluarga besar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gelora Indonesia Kabupaten Ogan ilir (OI) menggelar buka puasa bersama yang di hadiri oleh jajaran pengurus DPD dan DPC Partai Gelora OI, Sabtu (23/04/2022).

Sebelum buka puasa, acara dimulai dengan memberikan sejumlah bantuan kepada anak-anak yatim melalui panti asuhan Mawar Putih yang berada di Indralaya. Selanjutnya acara diteruskan dengan pembagian takjil dan kalender kepada masyarakat yang melintas di depan kantor sekretariat DPD Gelora Ogan Ilir.
Dalam sambutannya Ketua DPD Partai Gelora Indonesia OI Muhammad Rofiq menjelaskan makna apa yang didapat dari acara yang dilaksanakan dan handaknya kita sebagai Partai baru dapat meneladani perjuangan Rasulullah Muhammad SAW dalam menyiarkan agama islam.
"Begitupun Perjuangan partai Gelora yang kita bangun dengan diawali dari lingkungan yang sangat dekat dengan kita yaitu suami/istri, anak, saudara, keluarga dan sahabat. Perjuangan yang penuh halangan, rintangan dan tantangan sehingga itulah yang membuat kita lebih kuat dalam mengarungi dunia politik di Indonesia kedepannya" Imbuhnya.

Kegiatan buka puasa bersama ini untuk meningkatkan silaturahmi antar pengurus Partai Gelora Indonesia sehingga persatuan dan kesatuan antara pengurus tetap berjalan dengan baik, acara ditutup dengan berbuka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah. (Asw/Red)

Jumat, 22 April 2022

21.48

14 Tahun Tebaring Lemah, Ibu Sena Butuh Uluran Tangan Dermawan

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Tubuh yang sehat menjadi dambaan bagi semua manusia, tetapi sungguh malang menimpa ibu Sena (75) tahun, sudah 14 tahun menderita penyakit lumpuh, tidak bisa apa-apa, makan saja dapat bantuan dari tetangga, kamis (21/04/2022).

Saat awak media menyambanggi ibu Sena, di kediaman di lorong lebak Rt 22 Rw 04, Kelurahan 1 ulu, kecamatan Seberang ulu 1, Kota Palembang mengatakan saya sudah 14 tahun tidak bisa berbuat apa-apa, suami saya telah meninggal, dan saya mempunyai 3 orang anak, 2 putra, dan 1 putri, saya tinggal dirumah punya tetangga.
"14 tahun saya terbaring di bawah rumah milik warga lorong lebak, dengan ukuran empat kali tiga, apalagi rumah tersebut sudah banyak yang rusak, karena rumah ini telah di tinggalkan oleh pemiliknya, jadi kami tinggal di bawah rumah ini, dengan seadanya, dan untuk makan sehari-hari, alhamdulilah dapat bantuan dari warga setempat" Ujarnya.

Sementara itu, Rudi warga setempat saat di wawancarai awak media mengatakan saya sangat sedih sekali melihat keadaan ibu Sena, apalagi di tinggal di rumah tidak layak huni, dengan ukuran sangat kecil, saat musim hujan di iringgi angin, seluruh ruangan basah semua, dan tempat ibu Sena tinggal juga tidak ada fasilitas kamar mandi, untuk mandi saja harus mandi di sungai, sudah lama saya tidak melihat ibu Sena mandi di sungai, karna ibu Sena tidak kuat lagi untuk ke sungai, jadi mandi sehari-hari, hanya di lap dengan kain, oleh putranya.  

"Kepada Pemerintah Kota Palembang, ataupun dinas terkait agar secepat mungkin turun kelapangan untuk membantu ibu Sena apalagi sudah 14 tahun menderita penyakit lumpuh tidak, bisa apa-apa, untuk makan saja dapat bantuan dari warga setempat" Kata Rudi.

Suryana ibu Roby muktamar ketua Rt 22 saat di wawancarai awak media mengatakan dulu suami saya masih hidup, suami saya yang sering mengajukan ke pemerintah atau dinas terkait supaya ibu Sena dapat dibantu, dan kadang suami saya rapat bersama warga untuk membuatkan rumah untuk ibu Sena tinggal tapi sayang impian itu belum terwujud sampai sekarang karena suami saya telah tiada. (Heriyadi)
03.32

Tak Sampai Hitungan Hari Pelaku Begal Siswi SMK di Ciduk

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Tak sampai Hitungan Hari Pelaku pembegalan terhadap seorang siswi SMK 1 TB Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir berinisial SB (15) yang mengalami luka bacok di Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (21/4) sekitar pukul 12.00 WIB kemaren, berhasil ditangkap.
Pelaku berhasil ditangkap oleh petugas Opsnal Unit 1 Subdit III Jatanras Polda Sumsel dalam kurun 1×24 jam.

Tersangka David Elfando alias Kalung (27) warga Pedamaran 3 OKI, diringkus petugas opsnal unit 1 Subdit III Jatanras Polda Sumsel dipimpin Kompol Willy Oscar, SE dan Panit 1 AKP Biladi Ostin serta Katim Aipda Kelvin Marley, Jumat (22/4/2022).

Jatanras Polda Sumsel meringkus tersangka di daerah sepucuk kecamatan Pedamaran timur, dan langsung dibawa ke Mapolda Sumatera Selatan (Sumsel) untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Namun karena Tersangka berusaha kabur dan melakukan perlawanan kepada petugas, pelaku diberikan tindakan tegas dan terukur dengan dua kali tembakan di betis kiri hingga korban tersungkur. Bersama pelaku diamankan pula sepeda motor Honda Vario milik korban.

Sementara itu Kapolda Sumatera Selatan saat di konfirmasi melalui kasubdit Jatanras, 22/4/2022 Jumat siang  mengatakan, "Ya, sudah kita amankan dan sekarang masih dilakukan pengembangan. Sabar ya" kata Kasubdit Jatanras Kompol Agus Prihandinika, SH, SIK. (Red)

Kamis, 21 April 2022

23.34

Warga Antusias Nge-Booster Di Pos Polisi Simpang 4 Sungki

Palembang, gmjnews.co.id- Warga Antusias Mengikuti vaksinasi booster yang diselenggarakan di pospol simpang 4 sungki, Jum'at (22/04/2022).

Satu persatu warga mendatangi gerai vaksinasi dosis tiga ini yang dibuka mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB  kerja sama PB NU,Polri dan kementriaan agama RI.

Petugas disitu mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi diketahui saat ini vaksin dosis ketiga atau booster adalah syarat perjalanan mudik lebaran 

Vaksin disitu akan berlangsung hingga pada tanggal 23 april 2022 nanti Ungkap," H.M.Riva'in, S.M,H,K Kepala KUA kecamatan kertapati

Alhamduliah antusias warga "Ayo.. Sukseskan dan ikuti vaksin booster sehat untuk kita semua,Ajaknya "(Heryadi)
23.05

Pelaksanaan PPDB SMPN 1 Tanjung Raja Berjalan Lancar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- SMP Negeri 1 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI) melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menerima sebanyak 224 peserta didik yang dibagi menjadi tujuh Rombongan Belajar (Rombel).

Hal ini yang dikatakan langsung oleh kepala SMP Negeri 1 Tanjung Raja Nawiyah, S.Pd, ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Jum'at (22/04/2022) menurutnya kita sudah melakukan pendaftaran sejak tanggal 18 hingga 22 April 2022, dan hari ini merupaka  hari terakhir.

"Untuk Pendaftaran dilakukan secara online, melalui akun siswa yang mendaftar masing-masing, dan dibagi menjadi 4 jalur diantaranya zonasi (wilayah), afirmasi (tidak mampu), prestasi, mutasi (perpindahan orang tua)" Katanya.

Dikatakannya, sedangkan untuk pengumuman tanggal 25 april 2022, kemudian untuk daftar ulang 26 hingga 29 april 2022, sedangkan untuk pengumuman nantinya akan diumumkan melalui akun masing-masing saat mendaftar via online.

"Untuk jumlah persentasinya yakni yang menjadi priotitas yakni jalur zona atau wilayah 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan terakhir jalur mutasi 5 persen, namun ada satu prioritas khusus yakni jalur prestasi, untuk yang hafal 1 juz al-quran langsung diterima, dan Alhamdulillah untuk pelaksaannya berjalan dengan lancar" Terangnya. (Red)
08.15

Begal Motor Siswi SMK, Bermotif Tukang Rongsokan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Seorang pelajar putri di Ogan Ilir jadi korban begal hari ini Kamis siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Pelajar putri SMK tersebut dibegal ketika pulang sekolah diruas jalan menuju Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan Informasi dari warga, korban begal bernama Siti Badriah alias Yaya (15) warga Desa Burai.

Korban kehilangan sepeda motor jenis Honda Vario. Ironisnya korban juga menderita luka tusuk di punggung sebelah kiri akibat gancu yang ditusukkan pelaku.

Untuk sementara diduga pelaku adalah pemulung barang rongsokan sebab tak jauh dari korban ditemukan sebuah gerobak dan sepeda motor yang disinyalir milik pelaku yang kabur usai mengambil motor korban.

Korban ditemukan warga yang melintas dalam posisi terkapar di tengah jalan desa menuju Desa Burai.

Saat dibawa ke Rumah Sakit Daerah Tanjung Senai posisi gancu masih tertancap di punggung korban.

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir AKP Regan Kusuma Wardhani dikonfirmasi mengatakan membenarkan kejadian itu dan saat ini ia dan personelnya anggotanya telah mendatangi lokasi dan sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Anggota sudah ke lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kami sedang melakukan pengejaran, mohon doa semoga cepat terungkap," kata AKP Regan.

Informasi di terima korban harus dirujuk ke rumah sakit di Palembang karena lukanya cukup parah dan harus mendapat penanganan serius. (Jejakopd)
07.47

Sebuah Truk Terperosok Di Jembatan Desa Ketapang 2

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Diduga melebihi tonase, sebuah truk bermuatan semen terperosok di jembatan Desa Ketapang 2 Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (21/4/2022).

Selain kondisi lantai jembatan plat besi yang berlubang dan sudah lama rusak  muatan mobil truk juga over capasitas sehingga mengakibatkan truk terperosok dan terjebak di atas jembatan.

Berdasarkan keterangan sopir truk  Ruslan (50) mengatakan, truk yang dikendarainya bermuatan bahan material semen sekitar 10 ton terperosok di lantai jembatan sehingga mobil terjebak tidak bisa digerakkan.

"Muatan truk terpaksa dibongkar, untuk sementara akses jalan tertutup tidak bisa dilewati oleh mobil" Katanya.

Pantauan dilapangan terlihat mobil truk  BG 8489 MJ terperosok dilantai jembatan, untuk sementara kenderaan roda empat tidak bisa melewati akses jalan dari desa ketapang 2 menuju Tanjung Raja, tampak warga bahu membongkar muatan truk sedang berlangsung. (Red)
07.15

Sekda Ogan Ilir Monitoring Kesiapan Terhadap Pelayanan Publik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dalam Rangka meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) diruang lingkup Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sekretaris Daerah (Sekda) OI bersama Tim melalukan monitoring keinstansi yang berada di jalan lintas timur Km 35 Komplek Perkantoran Pemda Lama, Kamis (21/04/2022).

Kegiatan monitoring Sekda Kabupaten Ogan Ilir H. Mukhsin Abdullah, ST, MM didampingi oleh Assisten I Yohanes dan Kabag Ortala Rosita, serta diikuti oleh kepala OPD yang dimonitor. 

Adapun monitoring tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, terutama pada dinas-dinas yang melayani publik untuk dimonitor bagaimana kesiapan fasilitas sehubungan dengan pelayanan masyarakat.

Sekda OI Mukhsin Abdullah mengatakan kegiatan monitoring ini bertujuan untuk memonitor kesiapan layanan publik, karena banyak hal-hal yang kita anggap sepele tapi kadang-kadang kalau tidak dilaksanakan akan dinilai seolah-olah kita tidak patuh dengan ketentuan ataupun aturan yang sudah ada.

"Monitoring hari ini merupakan monitoring hari kedua yang kita lakukan termasuk dinas PMD, Bapenda, disnakertrans, dan Dinas KB, sedangkan hari pertama kita sudah monitoring ke Dinas Pendidikan, PTSP, Dinas Kesehatan dan Capil, untuk selanjutnya keseluruh dinas termasuk ke Puskes-puskes" Kata Mukhsin Abdullah.

Ditambahkannya, "Alhamdulillah hampir seluruh OPD sudah ada perubahan lebih baik, daripada sebelumnya karena kita sudah koordinasi dan dirapatkan diruang rapat bupati supaya seluruh OPD memberikan pelayanan terbaik agar melengkapi rambu-rambu atau tanda-tanda, baik SOP nya atau prosedur pelayanannya, termasuk target apakah itu layanan gratis atau tidak harus diberikan informasi kepada masyarakat yang sejelas-jelasnya" Terang Sekda.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas PMD OI, Akh. Lutfi, S.Sos, M.Si mengatakan, kami dari dinas PMD ini, sebenarnya apa yang dikehendaki dalam 10 item itu sudah terlaksana, sudah tersirat tapi belum tersurat, seperti maklumat pegawai.

"Yang artinya semacam tekad untuk membuat pelayanan terbaik, contohnya piagam penghargaan yang ada kami dapat sudah kami pasang, visi misi sudah ada tapi harus lebih dibenahi lagi, rencana kami diawal juni harus terlaksana" Ujar Lutfi. (Red)
07.13

Penggunaan Dana BOS SMPN 1 Rantau Panjang Sudah Terealisasi

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP Negeri 1 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang sudah terealisasi, dan sudah digunakan sesuai dengan juknis

Hal ini yang dikatakan oleh Kepala SMP Negeri 1 Rantau Panjang Zidninuri, S.Pd yang didampingi Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPN 1 Rantau Panjang Thobroni, menurutnya untuk dana BOS tahap pertama kemarin sudah direalisasikan sesuai dengan petunjuk penggunaan dana BOS.

"Ya, untuk dana BOS tahap pertama sudah kita realisasikan sesuai dengan juknis yang ada, dan semuanya sudah kita jalankan" Kata Zidninuri ketika diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (21/04/2022).

Dijelaskannya, saat ini kita akan terus berupaya untuk terus meningkatkan dan terus berusaha sebaik mungkin untuk memajukan SMP Negeri 1 Rantau Panjang, agar bisa dikenal baik.

"Mohon doanya, karena disini saya masih baru, yang jelas kami pihak sekolah terutama saya selaku kepala sekolah akan semaksimal mungkin memberikan kemajuan untuk SMP Negeri 1 Rantau Panjang" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Perlahan tapi pasti, mudah-mudahan kedepan SMP Negeri 1 Rantau Panjang akan dikenal oleh masyarakat luas sebagai sekolah yang mempunyai prestasi, baik dibidang akademik maupun dibidang yang lain, sekali lagi mohon doa dan supportnya" Harapnya. (Red)
03.35

Selesai Memperingati Hari Kartini HNU Pj. Bupati Muara Enim Dan Rombongan Mengunjungi Kampung Kemayoran Berwane


Muara Enim, gmjnews.co.id- Menindak lanjuti dari hasil kunjungan Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, SH. MM beberapa waktu yang lalu ke Kampung Kemayoran Bewarne dan sesuai komitmen beliau, pada hari ini Kamis 21/04/2022. Selesai dari acara memperingati hari Kartini tahun 2022 di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, didampingi Ibu Ketua PKK Kabupaten Muara Enim Hj. Renny Nasrun Umar bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim Isdrin. ST dan Rombongan langsung mengunjungi Kampung Kemayoran Bewarne.

Kali ini Pj. Bupati Muara Enim dan Rombongan secara simbolis menyerahkan bantuan sarana dan prasarana material berupa cet dan perlengkapannya, sesuai janji beliau beberapa waktu yang lalu saat mengunjungi langsung Kampung Kemayoran Bewarne. 

Beliau akan memberikan bantuan berupa material cat, karena beliau sangat responsif dan mendukung sekali atas apa yang telah diprogramkan oleh Polda Sumsel melalui Polres Muara Enim untuk menjadikan Kemayoran Kelurahan Pasar 1 Muara Enim ini, menjadi Kampung Tangguh Nusantara Musi dengan tema "KAMPUNG KEMAYORAN BEWARNE".

Jadi barang tentu dengan program yang telah dilakukan ini oleh Polres Muara Enim, Warga Kampung Kemayoran, saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim akan ikut berpartisipasi dan berkontribusi menjadikan Kampung Kemayoran yang berada di Kelurahan Pasar 1 Muara Enim ini menjadi salah satu Destinasi Wisata dalam hal ini menjadikan Kampung Warna Warni.

Jadi pada hari ini saya selaku Pj. Bupati Muara Enim (dalam hal ini Pemkab Muara Enim) melalui Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim telah menyerahkan bantuan cet secara langsung, jadi harapan kami, apa yang telah diberikan ini dapat bermanfaat dan insya Allah kedepannya bantuan ini berkelanjutan, dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua  pihak dan tentunya Warga Kampung Kemayoran, yang telah bekerja sama, bahu membahu serta kompak dalam melakukan pengecatan rumah-rumah agar terlihat menarik dan warna warni, saya juga menyampaikan kepada semua pihak agar kita sama-sama dapat ikut berperan serta dalam menjalankan pembangunan di Kabupaten Muara Enim ini, terutama di Kampung Kemayoran ini, semoga semua pihak dapat mendukung dan berpartisipasi mejadikan Kampung Kemayoran Bewarne ini Warna Warni dan menjadi salah satu Destinasi Wisata yang insyaallah banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah.

Begitu juga apa yang disampaikan oleh Bapak Fideraini.Z, selaku Ketua RW 02 Kemayoran didampingi Para RT Kemayoran, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, dalam hal ini Bapak Pj. Bupati Muara Enim, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim serta semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan dukungannya ke Kampung Kemayoran Bewarne.

Kami berharap tidak hanya sampai disini saja bantuan dan kontribusi dari semua pihak, Baik dari OPD2 dalam lingkup Pemkab Muara Enim, Perusahaan, BMUN, BUMS, BUMD dan semua pihak juga ikut berpartisipasi, karena Kampung Kemayoran ini Kampung Tua yang berada di tengah-tengah pusat kota Muara Enim, bersebelahan dengan Kantor Pemkab Muara Enim, Masjid Agung, Taman Serasan, Aliran Sungai Enim dan fasilitas Perkantoran lainnya, jadi sangat disayangkan apabila Kampung Kemayoran Bewarne ini tidak dijadikan salah satu Icon Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Muara Enim. 

Dikampung ini juga banyak potensi-potensi yang dapat terus dikembangkan, baik para pelaku seni, budaya, Kuliner, Kriya, Pencipta Lagu Daerah, Konten Video, grup Terbangan Saropal Anam Istiqomah Kemayoran, Sastra Tutur ANANANGUAI (Marga Tembelang), Peninggalan BEBUE KARANG ENIM (Syech Jalaluddin), rumah Bahi (tua) dan kearifan lokal seni budaya lainnya, jadi sangat disayangkan apabila hal ini tidak menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya. Apalagi beberapa waktu yang lalu Kampung Kemayoran ini telah mempunyai Lagu sendiri yaitu Lagu Daerah "KEMAYORAN BEWARNE" yang penyanyi nya dibawakan oleh cucu saya sendiri ananda Intan anak dari Bapak Hendarman Acong salah satu Anggota Polres Muara Enim, Lagu Daerah Kampung Kemayoran Bewarne tersebut bisa ditonton di channel YouTube Pekik Lantang Production.

Senada juga apa yang disampaikan oleh Miftarurramat didampingi Fredy Boyas dan warga lainnya, mewakili Pemuda Kemayoran kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Polres Muara Enim, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Dr. H. Nasrun Umar. SH.MM selaku Pj Bupati Muara Enim, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim, OPD Pemkab Muara Enim dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, atas bantuan dan partisipasinya, terutama kepada pemuda-pemudi, ibu-ibu dan warga Kampung Kemayoran yang telah membantu baik konsumsi, tenaga dan sumbangsih dalam kegiatan pengecetan selama ini. Harapan kami tetap jaga kekompakan, gotong royong dan program ini terus berlanjut, agar kedepannya bisa menciptakan sebuah lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kampung Kemayoran.

Acara ini dihadiri juga dari Pihak Polres Muara Enim, yang diwakili bapak IPDA. POL. Apriadi. SH, Lurah Pasar 1 Bersama Sekretaris Kelurahan Pasar 1, Pegawai Kecamatan Muara Enim, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Pasar 1 Muara Enim serta Warga Kampung Kemayoran Bewarne.

Diakhir acara dilanjutkan serah terima Material cat secara simbolis oleh Pj Bupati Muara Enim Kepada Perwakilan Pemuda Kemayoran dan juga sebaliknya sebagai ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim Ketua RW 02 didampingi Lurah Kelurahan Pasar 1 Muara Enim Ibu Mifta Sari. S.IP. M.Si bersama warga Kampung Kemayoran Bewarne memberikan Cindera mata Miniatur icon Gapura Kampung Kemayoran Bewarne dari Kaca, Miniatur icon ini hasil karya seni dari salah satu Pemuda Kemayoran yaitu saudara Hendy Saputra. Dan dilanjutkan Foto bersama,"(Heryadi)

Rabu, 20 April 2022

00.20

Rangkaian HBP Ke - 58, Kalapas Muara Enim Herdianto Tabur Bunga di Makam Pahlawan




Muara Enim, gmjnews.co.id- Dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke - 58 Tahun, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim, Herdianto melaksanakan kegiatan Tabur Bunga di Makam Pahlawan ke satria pertiwi Muara Enim , Rabu pagi (20/04/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan jfu Lapas Muara Enim itu dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Dalam kegiatan, Kalapas Muara Enim Herdianto menuturkan bahwa cita-cita para Pahlawan yang telah tiada harus diteruskan oleh Generasi saat ini dengan memajukan bangsa Indonesia.

" kegiatan tabur bunga ini harus kita maknai dengan merefleksikan semangat perjuangan pahlawan kita untuk memajukan Bangsa dan Negara," Tukasnya

"Cita-cita luhur dari Pahlawan kita yang telah gugur harus kita teruskan dan Pertahankan untuk memajukan Bangsa Indonesia," tutur Herdianto

"Mari kita berdoa, supaya kita diberi kekuatan, kesabaran, dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai penentram hati, untuk meneruskan cita-cita perjuangan Pahlawan yang telah wafat dan gugur demi mempertahankan Bangsa Indonesia," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir juga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Muara Enim." (Heryadi)

Selasa, 19 April 2022

05.55

Pengurus Yayasan dan IRMA Masjid Agung Muara Enim mengadakan peringatan malam Nuzulul Qur'an 1443 Hijiriah


Muara Enim, gmjnews.co.id- Pada hari Senin malam (18/04/2022), acara ini dihadiri langsung Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar. SH. MM, Forkompinda Muara Enim, Anggota DPRD Muara Enim Bonny Noprian. SH, Kabag Kesra Setda Muara Enim Zulfikar. S. Ag, Camat Kota Muara Enim Syarifuddin. S.Ip. M.Si, Ketua dan Pengurus Yayasan Masjid Agung Muara Enim, Pegawai Kelurahan Pasar 1 Muara Enim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RW 02 Fideraini.Z dan Para RT Kemayoran, Bhabinkamtibmas dan Warga Kampung Kemayoran serta Jama'ah Masjid Agung Muara Enim.
Dalam sambutannya Pj. Bupati Muara Enim mengucapkan "Alhamdulillah pada malam di bulan penuh berkah ini, saya sangat berbahagia dapat bertatap muka langsung bersama bapak, ibu sekalian, khususnya keluarga besar Pengurus dan Jama'ah Masjid Agung Kabupaten Muara Enim.

Atas nama pribadi maupun Pemkab. Muara Enim, saya mengucapkan terima kasih dapat diundang bersilaturahmi sekaligus memperingati turunnya wahyu pertama dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW ‘Nuzulul Alquran 1443 Hijriah’ di Masjid Agung Muara Enim ini.

Melalui peringatan ini, hendaknya kita renungkan betapa beruntungnya kita semua mendapat nikmat iman dalam Islam dengan diturunkannya tuntunan hidup berupa Alquranul Karim melalui Rasulullah SAW agar menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia, menjadi segala sumber ilmu pengetahuan dan membimbing kita semua menjadi manusia yang lebih baik. Oleh sebabnya peringatan ini dijadikan momentum bagi kita semua untuk bersyukur melalui sikap cinta Alquran dengan memperbanyak tadarus, membaca, memahaminya, menanamkan dalam hati dan yang terpenting menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Turunnya Alquran berarti Allah SWT mengharapkan manusia untuk selalu belajar, menelaah, membaca dan memperdalam ilmu pengetahuan yang 
selanjutnya dapat bermanfaat bagi 
kehidupan manusia itu sendiri. Begitu pula halnya yang ingin kami bangun di Kabupaten Muara Enim. Pemkab. Muara Enim berkomitmen, baik secara moril 
maupun materil melalui program-program pembangunan yang telah dicanangkan untuk mewujudkan Kabupaten Muara Enim yang agamis. Tahun lalu telah kita canangkan Gerakan Tahfiz Alqur’an & Baca Tulis Alqur'an (BTA) untuk anak usia sekolah di tingkat SD & SMP sederajat di Kabupaten Muara Enim, melalui penyelenggaraan Khotmil Alqur’an. Kemudian Gerakan Kabupaten Muara Enim Tebar Dai ‘1 desa, 1 dai yang selaras dengan program Gubernur Sumsel ‘1 desa, 1 rumah tahfidz’. Ada jua bantuan rehabilitas Masjid Akbar di masing-masing Kecamatan dan bantuan infrastruktur di 28 pondok pesantren se-Kabupaten Muara Enim. Kami menyadari di masa serba canggih dan modern, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menanamkan nilai-nilai 
keagamaan, gemar membaca Alquran dan meneladani sifat Rasulullah Muhammad S.A.W. bagi generasi muda demi menciptakan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlak karimah. 

Generasi muda perlu dilandaskan dengan kecerdasan spiritual, rajin beribadah, amanah dan fathonah, kemudian dibangun dengan kecerdasan intelektual, berilmu dan berwawasan luas. Terakhir tak lupa dibekali dengan kecerdasan berbangsa dan bernegara, mencintai tanah air maupun menaati hukum yang berlaku di Indonesia. 

Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk sekolah dan lembaga pendidikan agama Islam maupun majelis taklim untuk bersama kita mewujudkan cita-cita ini. 

Menjadikan Muara Enim yang agamis dengan disertai kemandirian dan daya saing daerah serta masyarakat yang sehat dan sejahtera".

Selesai sambutan dari Pj. Bupati Muara Enim dilanjutkan dengan tausiyah singkat dari Ustad. H. Syachril. SH.i, M.Si dengan Tema "DENGAN MEMPERINGATI NUZULUL QURAN 1443 H, KITA JADIKAN AL-QURAN SEBAGAI OBAT DARI PENYAKIT JASMANI DAN ROHANI SERTA MENJADI RAHMAT BAGI ORANG YANG BERIMAN".

Diakhir acara Ketua Yayasan Masjid Agung Muara Ir. H. Mubri Ahmad. M.Si didampingi sekretaris yayasan H. Erwan Ahlawi. S.Pd bersama Pengurus lainnya menyerahkan hadiah trofi dan Piagam kepada Anak-anak dan Remaja yang telah mengikuti Lomba Adzan di Masjid Agung Muara Enim dan dilanjutkan Foto bersama Pj. Bupati Muara Enim bersama Pengurus, Jama'ah Masjid Agung dan anak-anak peserta Lomba Adzan.

Selaku Ketua Pelaksanaan Kegiatan Nuzulul Qur'an 1443 H sekaligus Pengurus Harian Masjid Agung Muara Enim Ustd. KMS. Ahmad Malian, SH didampingi Humas Masjid Agung Muara Enim Freddy. S. SH mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Muara Enim dan Unsur Muspida serta Tamu undangan lainnya yang telah hadir dalam acara Nuzulul Qur'an ini, terutama kepada Bapak Bonny Noprian, SH, Hendarman Acong, SH, dan Zainal Arifin serta Para Donatur lainnya yang telah sumbangsih dalam kegiatan lomba adzan dan peringatan malam Nuzulul Qur'an 1443H ini, Tutupnya "(Heryadi)
05.07

E-Warung Yang Tidak Sesuai Kriteria Bersiap Untuk Dihapus

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ogan Ilir (OI) saat ini tengah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan E-Warung yang ada di seluruh wilayah Ogan Ilir. Meskipun belum rampung secara keseluruhan, e-warung yang tidak sesuai kriteria bersiap untuk dihapus dari daftar.

"Kalau dari hasil monitoring dan evaluasi nanti ditemukan ada E-Warung yang tidak sesuai kriteria akan kita rekomendasikan untuk dihapuskan" Kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, H.M Kapidin Hanafi, usai rapat koordinasi pemilik E-Warung dengan Bank Penyalur di Kantor Sekretariat PKH Komplek Pemda Lama, Selasa (19/04/2022).

Adapun kriteria E-Warung yang akan dihapuskan, antara lain terkait tempatnya yang tidak refresentatif atau kurang aman dari tindak kriminal. Kemudian, ada indikasi “E-Warung Siluman”, yang mana jika ada informasi penyaluran Bansos Sembako baru menyetok barang. Serta beberapa kriteria lainnya.

"Yang namanya E-Warung itu kan orang-orang yang memang punya warung dan berjualan sembako, bukan warung yang pura-pura punya warung" Ujarnya.

Ditambahkannya, Dinsos Kabupaten Ogan Ilir baru memulai monitoring dan evaluasi E-Warung di tiga kecamatan, yakni, Indralaya, Indralaya Selatan, dan Indralaya Utara. Kegiatan ini akan dilanjutkan ke 13 kecamatan lain yang ada di Ogan Ilir, hingga rampung semuanya.

"Menurut data dari BRI di Ogan Ilir ini ada 105 E-Warung yang terdaftar. Inilah yang akan kita check and richeck langsung ke lapangan, bukan hanya menerima informasi saja" Pungkasnya. (Red)

Jumat, 15 April 2022

03.37

Berkah Ramadhan, FOKER Bersatu Berbagi Takjil

FOKER BERSATU; Ramadhan Adalah Momentum Untuk Memperbaiki Diri Yang Hubungan Dengan Allah SWT Dan Dengan Sesama Manusia

PALEMBANG, gmjnews.co.id- Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti umat Islam untuk berlomba-lomba meningkatkan ketaqwaan,dan saling menguatkan dalam rangka menggapai Ridha Allah SWT inilah waktu paling utama menunjukan solidaritas dan kesetiakawanan sosial kepada masyarakat luas

Hal tersebut diutarakan ketum DPC FOKER BERSATU Suheri saat menggelar aksi berbagi nasi takjil untuk berbuka puasa disekitaran jalan Kimarogan kertapati Jum,at (15/04) sore.
FOKER akan terus menggencarkan aksi sosial seperti ini disepanjang ramadhan tahun ini untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyyah,ukhuwah Wathaniyah,dan ukhwah basyariyah " ujar Suheri

Menurut Suheri,pandemi yang belum juga berakhir,tidak boleh menghalangi niat dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang sangat bermanfaat bagi umat yang sedang menjalankan ibadah puasa

"Justru malahan harus lebih ditingkatkan sebab,kekuatan sejati itu terletak pada solidaritas sosial diakar rumput DPC FOKER berkomitmen akan terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memaknai hakikat bulan romadhon melalui aksi-aksi nyata

Sementara itu Bayu selaku dewan pertimbangan FOKER perwakilan warga setempat menyatakan trima kasih

"Ribuan terima kasih kita haturkan kepada Bung Suheri Ketum DPC FOKER BERSATU,juga rekan-rekan FOKER yang sudah turut hadir turun langsung dalam giat ini" ujar Ketua RW 09 Kelurahan Kemang Agung tersebut" (Heryadi)

Selasa, 12 April 2022

18.52

MKKS SMP OI Studi Tiru Ke Prabumulih


Bentuk kegiatan-kegiatan yang memang menjadi brand sekolah. Untuk melakukan sholat Dhuha berjamaah, sholat zhuhur dan sholat asyar secara bersama sama dan melatih anak anak agar kedepan juga bisa menjadi imam.

Ada khusus buku rapor BTA dan form penilaian untuk memberikan apresiasi KPD siswa termasuk pemberian reward bagi siswa yang berprestasi.

Dan penyembelihan Qurban harus juga dilaksanakan dan secara rutin tiap tahun dilakukan, Untuk membentuk siswa yang ber Imtaq diutamakan kedisiplinan masuk 6.45 setiap hari ada apel pagi dan apel siang.

Ada keterangan dari kepala SD untuk memberikan keterangan mampu baca tulis Al-Qur’an setelah pemberkasan ada lagi pendataan dari guru agama. Jadi yang diupload adalah surat keterangan kepsek SD. Anak yang tidak mendapat surat keterangan dari SD tidak bisa di terima, ungkapnya.

Support pemerintah daerah sangat tinggi. Ketika ada siswa yang tidak bisa BTA kaitan dengan zonasi maka tetap diperjuangkan untuk diterima di sekolah. Juga Orientasi siswa yang tidak mampu baca atau BTA selama 6 bulan dan membuat perjanjian dengan orang tua siswa. Baru Final setelah setahun.

Dikatakan juga oleh Pak Nopri Kabid SMP Program Baca Tulis Al’quran adalah programnya diserahkan ke sekoah masing masing masih berpedoman pada Permendikbud mengenai PPDB. Dalam perwako ada kewajiban siswa bisa BTA. 
Selama pandemi agak lambat perkembangan anak dala BTA namun saat setelah pandemi akan dilakukan penguatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di setiap sekolah.

Matrikulasi Baca Tulis Al’quran sebagai upaya diagnostik pemetaan kemampuan Baca Tulis Al’quran. Harus dicarikan solusi untuk mengatasi masalah.
Tahun 2014 sejak ada perwako setiap orang tua mewajibkan  anaknya untuk melakukan Baca Tulis Al’quran.

Baca Tulis Al’quran adalah program unggulan walikota Prabumulih.

Baca Tulis Al’quran guru juga ikut mengaji dengan tutor sebaya.
Semua jalur dites untuk BTA untuk jalur prestasi Hafizh  3 juz. Sertifikat BTA SD.

Oganilir, gmjnews.co.id- Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan menuju  kabupaten Ogan Ilir,  Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP di Kabupaten Ogan Ilir (OI) melakukan studi tiru Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) ke SMP 5 dan SMP 3 Prabumulih.

karena memang kedua SMP tersebut Imtaqnya bagus, yang ada di Kota Prabumulih, adapun yang hadir pada studi tiru tersebut adalah Pengurus MKKS SMP OI ketua Junaidi, Sekretaris Dra. Herlina, Ketua Sub Rayon, Kabid Pembinaan SMP Ikhwani, Kasi Peserta Didik Hartawan, Kasi Sarana Prasarana SMP Indra Yudistira.

Dra. Herlina, M.Si selaku sekretaris MKKS SMP OI mengatakan ketika diwawancarai di ruang kerjanya mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu kita sudah melakukan studi tiru ke kota Prabumulih, terkait Baca Tulis Al-qur'an.

"Karena sesuai dengan moto Kabupaten Ogan Ilir yaitu kota santri jadi waktu kami studi tiru setiap siswa yang masuk ke SMP harus bisa baca tulis al-quran,  minimal bisa baca al-quran" Katanya, selasa (12/04/2022).

Dijelaskannya, banyak sekali ilmu yang didapat dalam studi tiru tersebut, dan di setiap SD disana sudah ada mata pelajaran muatan lokal, dan setelah kami kesana sudah banyak ilmu dan masukan, minta ke sekolah apakah mampu baca tulis al-quran.

"Namun saat ini kita akan terapkan baca al quran dulu, jadi kedepan ketika masuk sekolah sudah bisa minimal membaca al-quran, dan ke depan sekali kami perlu studi tiru, karena banyak ilmu yang bisa diserap dari studi tiru tersebut" Imbuhnya.

Untuk jalur prestasi siswa yang hapal 3 jus diterima di jalur prestasi. Setelah siswa diterima baru dilakukan pemetaan kemampuan siswa Baca Tulis Al’quran.

Untuk itu Kabid SMP Kabupaten Ogan Ilir mempelajari strategi penerapan Baca Tulis Al-Quran sebagai syarat masuk ke jenjang SMP yang telah dilakukan oleh sekolah sekolah di Kota Prabumulih.

Dengan nuansa keislaman yang harus lebih dimunculkan dalam aktifitas penguatan keislaman di satuan pendidikan dgn adanya tampilan Nasyid dan bentuk bentuk aktifitas keislaman lainnya.

Tindak lanjut pemetaan adalah ada yang iqra 1 sampai 6 dilanjutkan dengan program tahfizh. Pembuatan silabus Baca Tulis Al’quran (BTA).

Dengan Tindak lanjut siswa belajar di kelas 15 Sampai 30 menit PAI selama 1 jam pelajaran untuk BTA jadi 2 Jam pelajaran untuk belajar materi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kepala Disdik Kota Prabumulih Yusron menyabut kedatangan MKKS kabupaten Ogan Ilir dalam rangka kewajiban anak didik untuk bisa Baca Tulis Al-Qur’an dimulai dari SD sudah wajib melaksanakan Baca Tulis Al’quran dengan kewajiban melaksanakan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dijadikan sebagai filter untuk menseleksi siswa baru disekolah favorit, bagaimana pelaksanaan kegiatan dan strategi pelaksanaannya. Kewajiban untuk melaksanakan sholat bagi semua siswa.

Ada ketegasan pemerintah agar menguatkan program Baca Tulis Al’quran bagi sekolah semua jenjang pendidikan. Tekad pendidikan agar membuat program baik dan membekali anak dengan baik ke depan diharapkan akan muncul generasi yang baik. Hidup ini adalah pilihan untuk menjadi yang baik atau tidak itu adalah pilihan hidup. Kolaborasi sharing dan tukar ilmu agar apa yg diharap dapat membawa manfaat. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi. Dan mencari yang terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Hal senada di katakan Dr. Lutfi ,S.Pd.MM
Tentang adanya Perwako no 23 tahun 2014 ada kewajiban siswa SD untuk masuk SMP wajib bisa BTA. Menindak lanjuti perwako maka sekolah membuat juknis pada saat PPDB membuat program BTA dan menjadi syarat masuk dan syarat seleksi masuk SMP. Untuk siswa yang hafiz masuk jalur prestasi minimal 1 jus masuk kuota 2 persen dari 5 % jalur prestasi yang diluar jalur zonasi.epngecekan BTA dilakukan ketika ada kelas pelajaran kosong. Jika ada BTA nya rendah maka tetap dapat prioritas namun ada komunikasi dengan pihak orang tua dan rentang waktu selama 6 bulan untuk  Dibina disekolah dikuatkan dengan penguatan di rumah dan dipantau perkembangan kemampuan anak tersebut dalam penguasaan BTA. Intinya tidak apa apa di aplikasi dimunculkan agar kita mengetahui kemampuan anak menyangkut BTA. (*)

Senin, 11 April 2022

18.41

Herman Deru: Dirinya Memastikan Akan Menerima Semua Ungkapan Dan Aspirasi Mahasiswa


PALEMBANG, gmjnews.co.id- Meski harus segera berangkat menghadiri HUT Kabupaten Banyuasin, Gubernur Sumsel H. Herman Deru masih menyempatkan diri menemui unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa Cipayung Plus, di halaman kantor Gubernur, Senin (11/4) siang.

Herman Deru bahkan mengizinkan ratusan mahasiswa ini masuk setelah mahasiswa memaksa menyingkirkan barier polisi persis di gerbang masuk halaman Kantor Gubernur Sumsel.

Menurut Herman Deru dirinya memastika akan menerima semua ungkapan dan aspirasi dari para mahasiswa dan akan segera meneruskannya ke pihak berwenang yakni DPR RI.

Namun terkait tuntutan penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode, dijelaskan Herman Deru bahwa Presiden RI Joko Widodo setelah 7 April lalu sudah memberikan jawaban. Menurutnya Presiden Jokowi sudah menjawab bahwa Ia tak berkenan menjabat tiga periode bahkan Presiden juga telah menyampaikan bahwa jadwal Pemilu tetap on schedule.

Sementara itu mengenai tuntutan soal harga BBM dan minyak goreng yang menjadi kebijakan nasional dan dirasakan masyarakat saat ini, Herman Deru pun berharap dapat direspon pemerintah agar bisa stabil seperti semula.

Sementara itu ratusan massa mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya Cipayung Plus tampak langsung mengelu-elukan Gubernur Sumsel Herman Deru sesaat setelah mereka diizinkan masuk dan ditemui langsung oleh orang nomor satu di Sumsel tersebut.

” Terimakasih Ayahanda kami yang rela berpanas-panasan bersama dna menemui kami. Hari ini kami turun ke jalan untuk menyampaikan pernyataan sikap dan lima tuntutan kami,” jelas Koordinator Aksi Fortuna.

Usai ditemui Gubernur Herman Deru, dan menyampaikan semua aspirasinya, massa yang diperkirakan berjumlah sekitar 500 orang tersebut pun membubarkan diri dengan tertib " (Heryadi)

Minggu, 10 April 2022

23.49

Bupati OI Lantik 53 CPNS dan 54 PPPK

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Didampingi oleh Sekda Ogan ilir, Forkopimda Ogan Ilir (OI), beberapa OPD terkait, Menghadiri Peresmian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pengambilan Sumpah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap I Formasi Tahun 2021 Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Bertempat di Gedung Serbaguna KPT. Tanjung Senai. Senin,(11/04/2022).

"Saya mengucapkan selamat untuk 53 CPNS yang sudah diresmikan, dan 54 PPPK formasi Guru tahap I yang sudah di lantik, Semoga semua nya dapat menjalankan tugas dengan baik dan bisa mengemban amanah" Kata Bupati OI Panca Wijaya Akbar.

Dikatakannya, dirinya memberi arahan untuk yang sudah dilantik untuk di tanamkan dalam diri masing-masing agar melayani masyarakat, bukan di layani oleh masyarakat. Semoga regenerasi ini bisa membantu pemerintah kabupaten ogan ilir dan juga membantu mengsukseskan visi misi saya sebagai bupati.

"Harapan saya setelah peresmian dan perjanjian kerja Ini jangan mengendorkan semangat dalam menjalankan tugas, janganlah puas dengan yang sudah diraih, terus meng update diri tentu ini untuk kemajuan kita bersama" Harapnya. (Red)
23.35

Kalapas Muara Enim Herdianto : Biarlah Lelah Sedikit, Asalkan Pekerjaan itu Tuntas

Muara Enim, gmjnews.co- id Layaknya Sebuah Peribahasa, Berakit - Rakit Kehulu Berenang - Renang Ketepian, Bersakit - Sakit dahulu Bersenang - Senang Kemudian. Hal tersebut yang Coba Kalapas Muara Enim Herdianto Tekankan kepada Seluruh Jajarannya bahwa untuk Mencapai  Suatu Tujuan maka membutuhkan Kerja Keras dan Pengorbanan. Senin ( 11/04/2022 )

Kalapas Muara Enim Herdianto yang memimpin langsung pelaksanaan Apel Pagi rutin mengatakan kepada Jajarannya bahwa Demi tercapainya Tujuan kita bersama yakni Lapas Muara Enim yang Maju, Produktif, Zero Halinar, Aman dan Tertib serta  Bersih dan Melayani maka kita harus Siap bekerja keras dari pada yang umumnya.

" Biarlah Lelah Sedikit, Asalkan Pekerjaan itu Tuntas dari pada Biasa - Biasa Saja Namun Pekerjaan tidak Optimal / Hindari terucapnya kata Siap Salah" Tegas Herdianto

Herdianto melanjutkan "Lakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib dan Mitigasi Resiko, Berantas Narkoba, Jalin Kerjasama dengan APH terkait dan Pastikan Pelaksanaan Tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku"

"Kerja Keras yang Bapak / Ibu lakukan tentu akan membuahkan hasil yang baik. Mari kita bersama - sama  terus memberikan yang terbaik untuk Kemajuan Lapas Muara Enim. " Ajak Herdianto. (Heryadi)

Sabtu, 09 April 2022

17.44

Diduga Korsleting Satu Unit Mobil Terbakar


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Diduga akibat korsleting satu unit mobil terbakar di depan Asgap jalan lintas Timur Tanjung Raja kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir (OI), sabtu malam (09/04/2022).

Berdasarkan keterangan saksi sekitar pukul 19.30 wib, satu unit mobil kijang super grand BG 1803 PE berhenti dengan tiba-tiba sopir mobil tersebut keluar berlari menjauh dari mobil, tidak lama kemudian api dengan cepat menjalar di bagian mobil .

Mobil di kendarai Iwan warga Tanjung Timur kecamatan Tanjung Raja mengalami kerugian sekitar 40 juta rupiah dan tidak ada korban jiwa.

Kapolsek Tanjung Raja AKP Halim Kesumo, SH, M.Si mengatakan untuk sementara kebakaran tersebut berasal dari korseleting, dan tidak menutupi kemungkinan diduga memuat atau menimbun BBM secara ilegal, sehingga pemilik atau sopir kendaraan meninggalkan lokasi" Kata kapolsek. (Emi)

Jumat, 08 April 2022

05.45

153 Pejabat, Tujuh Kepala Dinas, dan Dua Camat Dilantik

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bertempat di Gedung Serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, sebanyak 153 Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional, dan Kepala UPT Satuan Pendidikan, tujuh pejabat Eselon II setara kepala dinas di lingkungan Pemkab Ogan Ilir, dan dua orang camat dilantik oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Jum'at (08/04/2022).

Adapun ke tujuh kepala dinas tersebut merupakan pejabat yang telah mengikuti lelang jabatan, beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ogan Ilir, Wilson Efendi dalam sambutannya mengatakan, ketujuh kepala dinas yang dilantik tersebut statusnya didefenitifkan. Karena sebelumnya ketujuh orang tersebut berstatus Pelaksana Tugas (Plt) di dinas masing-masing.

"Tujuan dilantiknya para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ini adalah untuk mengisi kekosongan pejabat, kebutuhan organisasi, dan penyegaran demi pelayanan kepada masyarakat," Kata Wilson.

Berikut nama-nama ke tujuh kepala dinas yang dilantik, M Kapidin sebagai Kepala Dinas Sosial. Bustanul Arifin sebagai Kepala Dinas Perikanan. Abi Bakrin Sidik sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Husnidayati sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Yusriani Emiyati sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan. Husni Tamrin sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Serta Astuti sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Sementara dua camat yang dilantik yakni camat Indralaya Selatan dan camat Pemulutan Selatan. (*/Red)
05.41

Polsek Tanjung Raja Tangkap Pelaku penganiayaan di Desa Belanti

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Unit Reskrim Polsek Tanjung Raja mengamankan pelaku penganiayaan Septiono 35 THN warga Desa Belanti kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Adapun kronologi kejadian berasal dari hutang piutang, korban Basyir 61 THN warga lk 11 RT 03 Kelurahan Tanjung Raja Timur Kecamatan Tanjung Raja, korban menemui pelaku dan menagih hutangnya yang berjumlah satu juta rupiah, akan tetapi pelaku menyangkal kalau hutangnya berjumlah seperti yang di sebutkan korban, pelaku menjawab kalau hutangnya sebesar empat ratus lima puluh ribu rupiah, sehingga terjadilah percecokkan antara mereka berdua sehingga terjadi pemukulan terhadap Basyir sebanyak tiga kali.

Pemukulan berhasil dilerai oleh tetangganya dan ibu kandung pelaku, setelah berhasil dilerai, korban di bawa berobat ke puskesmas Tanjung Raja dan setelah itu melaporkan kejadian tersebut.

Setelah mendapatkan laporan unit Reskrim Polsek Tanjung Raja yang dipimpin oleh Kapolsek Tanjung Raja, AKP Halim Kesumo, SH, M,Si di dampingi Kanit Reskrim Polsek Tanjung Raja IPDA Marzuki, SH serta anggota Reskrim Polsek Tanjung Raja langsung mendatangi rumah pelaku Septiono, pelaku sedang berada di rumahnya, dan langsung di bawa ke Polsek Tanjung Raja guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. (Emi)
01.20

Berkah Ramadhan, Lapas Muara Enim Berbagi Takjil

Muara Enim, gmjnews.co.id- Berlomba - lomba menebar Kebaikan ( Fastabiqul Khairat ) menjadi sebuah keutamaan bagi seluruh Umat Muslim dalam mengilhami Bulan Suci Ramadhan.

Bulan yang penuh berkah ini menjadi Momentum yang tidak mau dilewatkan oleh segenap keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim dalam menebar Kebaikan dan Kepedulian terhadap sesama dengan berbagi Takjil kepada Masyarakat. Jum'at, (08/04/2022)

Sedikitnya 100 Paket Takjil di bagikan kepada Masyarakat yang berisikan Nasi Bungkus, Kurma, Kolak Pisang, Air Mineral Kemasan dan Masker yang merupakan Hasil Produksi Warga Binaan Lapas Muara Enim

Kegiatan dimulai Pukul 15.00 WIB sampai dengan Selesai. Kalapas Muara Enim Herdianto yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan bahwa Kegiatan Berbagi Takjil ini merupakan suatu bentuk ikhtiar kita dalam menebar kebaikan kepada sesama.

"Selanjutnya, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bapak Harun Sulianto yang menghendaki seluruh Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk menggelar pelaksanaan Pembagian Takjil kepada Masyarakat" Ujar Herdianto

Menurutnya Kegiatan yang penuh berkah ini memberikan pelajaran untuk kita bahwa dengan kita saling berbagi niscaya menjadi kekuatan bagi kita dalam mendapatkan Rahmat dan Ridho Allah SWT

 "Apa yang di bagikan ini bagian dari kepedulian sesama  dan memberikan perhatian kepada Masyarakat yang sedang melaksanakan Ibadah Puasa, disamping juga mengenalkan produk Karya warga binaan Lapas Muara Enim" Tambahnya

"Semoga kegiatan Pembagian Takjil ini menjadi suatu keberkahan untuk kita semua dalam menggapai Ridho Allah SWT" Tutup Herdianto. (Heryadi)

Kamis, 07 April 2022

21.43

KKKS SD di Ogan Ilir Jalin Kerjasama Dengan PWI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sebelumnya MKKS SMP se Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang menjalin kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir, kali ini giliran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD se Kabupaten OI yang menjalin kerjasama dengan PWI OI guna mewujudkan Bangkitnya Pendidikan di Kabupaten Ogan Ilir, Jum'at (8/4/2022).

Adapun tujuan dari kerjasama tersebut tak lain ini membentuk sinergisitas antara seluruh kepala sekolah SD di OI dan seluruh wartawan yang bertugas di OI yang tergabung di dalam PWI Ogan Ilir.

"Kemarin kita sudah mensosialisasikan dan juga sudah melakukan kerjasama dengan MKKS SMP se Ogan Ilir, dan hari ini kita lalukan sosialisasi dan kerjasama dengan KKKS SD se Ogan Ilir" Kata Yasandi selaku Ketua PWI OI.
Dikatakan Yasandi, tujuan kita sosialisasi tersebut tak lain meminta kepada seluruh kepala sekolah SD yang ada di Kabupaten OI agar bisa menjalin kerjasama dengan para wartawan terutama yang tergabung dalam organisasi PWI.

"Kita tidak mau ada kepala sekolah yang anti dan alergi dengan wartawan, karena antara wartawan dan kepala sekolah itu adalah mitra, oleh karenanya hari ini kita akan mengetahui apa saja keluhan dari kepala sekolah sehingga terkadang kepala sekolah ketika ada wartawan yang datang ke sekolah terkesan menghindar, jadi ke depan kita tidak mau lagi ada hal tersebut" Bebernya.

Ketua KKKS SD Kabupaten OI Dra. Yanti Sumarni, M.Pd, Semoga dengan adanya silaturahmi ini kita bisa mewujudkan sinergisitas antara kepala sekolah, PWI Ogan Ilir, dan Dinas Pendidikan Ogan Ilir guna mewujudkan bangkitnya pendidikan di kabupaten ogan ilir.

"Dalam hal ini kita tidak bisa berdiri sendiri, untuk itulah kita adakan publikasi dengan tujuan untuk mempublikasikan kemajuan-kemajuan di ogan ilir terutama dalam hal pendidikan, sehingga nantinya bisa mewujudkan bangkitnya pendidikan di Kabupaten Ogan Ilir" Terangnya.

Sementara itu, Kabid pembinaan SD Saihusin, S.Pd, M.Si, dalam sambutannya mengatakan dan berharap dengan adanya sinergisitas antara KKKS dan PWI ogan ilir, kedepan bisa terus bersinergi. "Nantinya antara sekolah dan wartawan kedepan bisa bersinergi, nantinya kita akan fokus diskusi, sehingga semuanya bisa terwujud sinergisitas" Imbuhnya. (Red)

Selasa, 05 April 2022

22.32

HIMATA UMP Lakukan Pengabdian Masyarakat di SMPN 1 Pemulutan Selatan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Guna menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah sebanyak 20 orang mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMATA) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) melakukan pengabdian masyarakat di SMPN 1 Pemulutan Selatan.

"Ya, mereka para mahasiswa sudah 2 minggu melakukan pengabdian di SMPN 1 Pemulutan Selatan, dan Alhamdulillah dengan adanya mereka disini kita merasa terbantu, jadi mereka disini merancang pondok bacaan, dirancang dan dibangun" Kata Kepala SMPN 1 Pemulutan Selatan, Rahmanisawati, S.Pd, Rabu (06/04/2022).
Ditambahkannya,"Yang jelas mereka kontribusi untuk sekolah, perpustakaan sedang digalakkan lagi, pelaksanaan tanggal 19 sampai 22 maret praktek, dan sejak ada mereka kita bisa tahu ukuran tanah sekolah, kondisi denah sekolah, karena mereka kan dari arsitektur, jadi mereka bisa membuat dan tahu tentang arsitektur" Terangnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana Arovandi Alief mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak SMPN 1 Pemulutan Selatan karena telah menerima kami untuk melakukan pengabdian masyarakat. "Kalau kami disini ada salah kami mewakili para mahasiswa memohon maaf" Singkatnya.

Ketua Umum HIMATA UMP Ahmad Nurdin mengatakan, banyak pengalam, bnyak proses, selama kita ada disini, dan alhamdulillah juga dalam kepengurusan ini kita bisa membuat karya, dan semoga bisa bermanfaat untuk SMPN 1 Pemulutan Selatan. (Red)
18.21

Bupati OI Safari Ramadhan di Masjid Darul Hikmah


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Memasuki hari ketiga bulan Suci Ramadhan ,Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar bersama OPD mengawali Safari Ramadhan di Masjid Darul Hikmah Jalan Tasik Kelurahan Indralaya Mulya Kecamatan Indralaya Ogan Ilir, Selasa (5/4/2022).

Safari romadhon perdana ini dihadir Sekda H. Muhsin Abdullah,Anggota DPRD Ust Husnul Anam, Ketua MUI DR.H.Nurhasan,Tim Percepatan Pembangunan Drs.H.A.Nahrowi MM, Kapolres, Dandim 0204/OI OKI, Asisten Setda dan Kepala OPD di lingkup Pemerintah Ogan Ilir dan masyarakat.

Kehadiran Bupati Ogan Ilir di sambut antusias oleh masyarakat Kelurahan Indralaya Mulya dengan menggelar Buka Puasa dan di teruskan dengan Shalat Isya' dan Shalat Tarawih berjama'ah.

Dalam sambutannya ,Bupati Ogan Ilir mengatakan, Seperti kita tahu, sebelumnya kita terhambat oleh pandemi dan tak bisa berjumpa seperti ini. Alhamdulillah, kita dipertemukan pada safari Ramadhon ini.

"Capaian vaksinasi di Ogan Ilir, untuk dosis satu telah mencapai 93 persen dan dosis dua 65 persen," Katanya.

Orang nomor satu di Bumi Caram Seguguk juga menegaskan, ke depan akan melakukan langkah terukur dalam menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan sosial (bansos).

"Untuk bansos bukan menghapuskan penerimanya, melainkan dialihkan kepada yang benar-benar membutuhkan," jelas Panca.

Bupati juga menjelaskan bahwa Realisasi pembangunan di kelurahan indralaya cukup banyak Salah satunya  pembangunan Puskesmas, serta perbaikan Jalan Tasik hingga perbatasan dengan Pemulutan. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama,” ajak Panca.

Mengapa harus dijaga, menurut Panca, karena fasilitas yang dibangun di Kota Indralaya ini berbeda dengan yang ada di kecamatan lainnya.

Bupati OI memberi bantuan uang sebesar 20 jt untuk Masjid Darul Hikmah. Baznas OI memberikan bantuan Uang sebesar 5 jt dan Beras 10 Kg kepada 100 KK. (Red)

Minggu, 03 April 2022

00.42

Adanya Lahan Pertanian Kurangi Angka Penganguran

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sempat viral di media sosial tentang dugaan limbah pertanian yang mengalir disungai desa pelabuhan dalam kecamatan pemulutan kabupaten Ogan ilir ternyata berdirinya PT Sembada Buyung Putra Tbk lebih banyak menghasilkan azas manfaat bagi pemerintah kabupaten Ogan ilir provinsi sumatera selatan khususnya warga kecamatan pemulutan sekitarnya.
 
Hal ini terungkap karena Cara pengolahan lahan yang dilakukan PT Sembada Buyung Putera Tbk ini dianggap pemerintah sangat efektip dan berhasil karena pernah dikunjungi bapak menteri pertanian Indonesia sehingga menjadi cikal bakal akan menjadi program SERASI (selamatkan rawa indonesia).
Pada tahun 2018 kemaren, PT. Sembada Buyung Putera Tbk mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI dan Kapolda Sumsel atas keberhasilan dan sumbangsinya dalam mengatasi kabut asap yang terjadi di kabupaten ogan ilir  propinsi sumatera selatan.

Pudin salah satu warga desa pelabuhan dalam saat dikonfirmasi melalui WhatsApp nya 0821 7777 xxxx , Minggu (3/4/2022) mengatakan keberadaan PT Buyung sebenarnya cukup membantu pemerintah serta masyarakat sekitarnya karena disamping sebagai lumbung pangan juga sebagai penyerap tenaga kerja sehingga sedikit mengurangi angka pengangguran.

"Hampir 7 tahun yang lalu tebentuk lahan persawahan yang memanfaatkan lahan rawa lebak dan merupakan lahan tidak produktif atau pun biasa disebut lahan tidur yang diolah menjadi lahan pertanian yang produktip dan menjadi aset dan kebanggaan pemerintah sumsel khususnya kabupaten ogan ilir"ungkap pudin.

Sementara itu Dr. Ir. H. R. Bambang Pramono, M.Si, sebagai Plt Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan melalui salah satu stafnya mengatakan

"Hal ini mendapat sambutan baik dari masyarakat maupun pemerintah desa setempat guna mendayagunakan lahan tidur yang tidak bermanfaat menjadi lebih  bermanfaat dan menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di kala musim kemarau terjadi, selain itu juga yang menjadi alasan pemerintah setempat sangat mendukung program ini disini para pekerja merupakan warga disekitar lokasi mereka yg di berdayakan untuk menguragi pengangguran di ogan Ilir".

"Sumatera selatan khususnya kabupaten ogan ilir dahulu termasuk penyumbang asap kebakaran hutan di pulau sumatera namun alhamdulilah berlalunya waktu hal itu tidak jadi momok lagi bagi pemerintah provinsi sumsel"

 "Hal ini bukan tanpa alasan karna kabupaten ogan ilir merupakan separuh lebih merupakan lahan rawa lebak yg dimana pada masa kemarau merupakan spot yg mudah terbakar karna faktor disengaja maupun tidak sengaja akibat gesekan dahan dahan dan lalang kering sangat mudah terbakar"tutupnya. (*)