Gemilang Terkini

Minggu, 03 April 2022

Adanya Lahan Pertanian Kurangi Angka Penganguran

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sempat viral di media sosial tentang dugaan limbah pertanian yang mengalir disungai desa pelabuhan dalam kecamatan pemulutan kabupaten Ogan ilir ternyata berdirinya PT Sembada Buyung Putra Tbk lebih banyak menghasilkan azas manfaat bagi pemerintah kabupaten Ogan ilir provinsi sumatera selatan khususnya warga kecamatan pemulutan sekitarnya.
 
Hal ini terungkap karena Cara pengolahan lahan yang dilakukan PT Sembada Buyung Putera Tbk ini dianggap pemerintah sangat efektip dan berhasil karena pernah dikunjungi bapak menteri pertanian Indonesia sehingga menjadi cikal bakal akan menjadi program SERASI (selamatkan rawa indonesia).
Pada tahun 2018 kemaren, PT. Sembada Buyung Putera Tbk mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI dan Kapolda Sumsel atas keberhasilan dan sumbangsinya dalam mengatasi kabut asap yang terjadi di kabupaten ogan ilir  propinsi sumatera selatan.

Pudin salah satu warga desa pelabuhan dalam saat dikonfirmasi melalui WhatsApp nya 0821 7777 xxxx , Minggu (3/4/2022) mengatakan keberadaan PT Buyung sebenarnya cukup membantu pemerintah serta masyarakat sekitarnya karena disamping sebagai lumbung pangan juga sebagai penyerap tenaga kerja sehingga sedikit mengurangi angka pengangguran.

"Hampir 7 tahun yang lalu tebentuk lahan persawahan yang memanfaatkan lahan rawa lebak dan merupakan lahan tidak produktif atau pun biasa disebut lahan tidur yang diolah menjadi lahan pertanian yang produktip dan menjadi aset dan kebanggaan pemerintah sumsel khususnya kabupaten ogan ilir"ungkap pudin.

Sementara itu Dr. Ir. H. R. Bambang Pramono, M.Si, sebagai Plt Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan melalui salah satu stafnya mengatakan

"Hal ini mendapat sambutan baik dari masyarakat maupun pemerintah desa setempat guna mendayagunakan lahan tidur yang tidak bermanfaat menjadi lebih  bermanfaat dan menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di kala musim kemarau terjadi, selain itu juga yang menjadi alasan pemerintah setempat sangat mendukung program ini disini para pekerja merupakan warga disekitar lokasi mereka yg di berdayakan untuk menguragi pengangguran di ogan Ilir".

"Sumatera selatan khususnya kabupaten ogan ilir dahulu termasuk penyumbang asap kebakaran hutan di pulau sumatera namun alhamdulilah berlalunya waktu hal itu tidak jadi momok lagi bagi pemerintah provinsi sumsel"

 "Hal ini bukan tanpa alasan karna kabupaten ogan ilir merupakan separuh lebih merupakan lahan rawa lebak yg dimana pada masa kemarau merupakan spot yg mudah terbakar karna faktor disengaja maupun tidak sengaja akibat gesekan dahan dahan dan lalang kering sangat mudah terbakar"tutupnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar