Gemilang Terkini

Rabu, 27 Oktober 2021

Gubernur Sumsel Kunjungi Lokasi Bencana Angin Puting Beliung di Pemulutan Selatan Ogan Ilir

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Setelah sebelumnya Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para korban angin puting beliung yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Kali ini giliran Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru beserta jajaran kunjungi lokasi yang terdampak angin puting beliung di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

Kedatangan Gubernur Sumsel beserta jajaran guna menunjukkan kepedulian Pemerintah Provinsi Sumsel terhadap para korban yang terdampak, sekaligus memberikan bantuan bagi para korban. 

Saat akan memasuki wilayah Dusun IV Desa Sungai Lebung yang berada di tengah rawa, Gubernur Sumsel beserta rombongan harus menumpang kapal motor untuk sampai ke tujuan. 

Tiba di lokasi, Deru disambut warga yang menunggu di dapur umum desa setempat. Deru tampak berbincang dengan perangkat pemerintahan camat dan kepala desa setempat. 

"Saya dapat kabar, di wilayah Pemulutan Selatan ini ada 30 rumah yang rusak berat maupun ambruk di sejumlah desa termasuk di Sungai Lebung ini," Kata Herman Deru yang tiba di Sungai Lebung pada Rabu (27/10/2021) sekira pukul 10.20 WIB.

Berdasarkan data dari BPBD Sumatera Selatan, ke-30 rumah di wilayah Pemulutan Selatan tersebut diantaranya 23 rumah di Desa Sungai Lebung, 1 rumah di Sungai Ondok, 2 rumah di Desa Maju Jaya dan 4 rumah di Desa Harimau Tandang. 

Dari 30 rumah tersebut, 16 rata dengan tanah dan 14 rumah rusak berat akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (23/10/2021) lalu. 

"Kami meninjau secara langsung lokasi bencana angin puting beliung ini untuk melihat langsung situasi dan kondisinya. Ini juga untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir untuk rakyat," tegas Deru. 

Dengan kunjungan ini, Deru mengatakan ingin memberikan semangat kepada para korban bencana. 

"Ini merupakan ujian agar kita terus meningkatkan kualitas ibadah, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," ucap Deru. 

Saat menyaksikan sebagian rumah warga yang tinggal puing-puing, Deru mengungkapkan rasa simpati dan empatinya. 

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengatakan, daerah yang dilanda bencana angin puting beliung ini harus dibangkitkan kembali semangatnya. 

"Terdapat 30 rumah hancur dan tidak dapat digunakan kembali. Tapi kita masih tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa," kata Deru. 

Sebagai stimulan bantuan terhadap para korban bencana, Deru menyerahkan bantuan gubernur (Bangub) sebesar Rp 150 juta. 

Untuk para korban bencana sebanyak 30 kepala keluarga, masing-masing akan mendapatkan bantuan stimulan sebesar Rp 5 juta. 

Bantuan ini untuk membantu memperbaiki maupun memulai pembangunan rumah yang rusak dan ambruk. 

"Ini bantuan stimulan Rp 5 juta per kepala keluarga. Ini stimulan dari gubernur," ucap Deru. 

Selain bantuan stimulan, Pemprov melalui Dinas Sosial Sumsel menyerahkan 30 paket bantuan sosial berupa makanan, tenda gulung, matras, selimut, family kit dan 60 paket makanan siap saji. 

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang diterpa cobaan ini," ujar Deru. 

Pada kunjungan ke wilayah Desa Sungai Lebung di Pemulutan Selatan, Deru didampingi sejumlah kepala OPD diantaranya Kepala Dinsos Sumsel Mirwansyah, Kepala Dinas PU Perkim Sumsel Basyaruddin Akhmad dan Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini. 

Ada juga Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy serta unsur Forkopimda lainnya. 

"Dan untuk bangub ini silakan Pemkab Ogan Ilir mengajukan melalui surat secara resmi. Untuk biaya pembangunan rumah, mohon kerjasama gotong-royong dari para warga," kata Deru, beberapa saat sebelum meninggalkan Desa Sungai Lebung. (***/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar