Gemilang Terkini

Kamis, 31 Maret 2022

RSUD OI "Operasi Bibir Sumbing Gratis Mendapat Dukungan Dari Bupati"

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-  Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) kabupaten Ogan Ilir, bekerjasama dengan RSUD Mohammad Hoesin Palembang dan Yayasan Ummi Romlah serta Smile Train Indonesia, adakan Bakti sosial Oprasi bibir sumbing secara gratis, Rabu (30/3/2022) di RSUD Tanjung senai.

Bakti sosial Operasi  bibir sumbing dan celah langit gratis bagi warga dari kalangan tak mampu di motori oleh yayasan Ummi romlah ini disamping mendapat fasilitas juga mendapat dukungan dari Bupati.

Direktur RSUD Ogan Ilir, dr. Siska Susanti menerangkan, ada 19 warga yang dilayani untuk operasi bibir sumbing dan celah langit.

Warga yang mendapatkan oprasi gratis mulai dari usia 3 bulan hingga 38 tahun yang menjalani operasi di rumah sakit kita," ujar siska.

Dilanjutkannya, kegiatan ini dimulai sejak sehari sebelumnya di mana para pasien menjalani screening dan rontgen terlebih dahulu.

Dan hari ini, operasi dilaksanakan terhadap seluruh pasien dari berbagai kalangan usia tersebut. Ungkapnya.

"Alhamdulillah, operasi berjalan lancar. Satu orang pasien hanya perlu waktu 20 menit untuk diambil tindakan operasi," jelas Siska.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar berpesan kepada RSUD agar menyediakan layanan terbaik bagi para pasien.

Bahkan Panca juga minta pasien diantar ke rumah masing-masing dengan menggunakan ambulans.

"Saya minta pasien diantar pulang pakai ambulans. Agar tidak merepotkan keluarga yang tidak memiliki kendaraan," kata Panca.

Panca mengaku tak ingin melihat anak-anak Ogan Ilir mentalnya turun dan terhambat sosialisasinya karena kelainan yang dialami.

"Diupayakan ke depan paling tidak 10 atau 15 orang bisa menjalani operasi gratis bibir sumbing ini," kata Panca.

Sementara Ketua Yayasan Ummi Romlah, Dr. Iqmal Perlianta, SpBP-RE mengungkapkan, operasi gratis bibir sumbing dan celah langit mulai dilakukannya sejak 2012 lalu.

Kini, lebih dari 2.930 lokasi operasi telah didatangi Dr. Iqmal dan tim dari Smile Train Indonesia.

"Kami datang dengan niat tulus dan ikhlas membantu. Mengembalikan senyum saudara-saudara kita merupakan kebahagiaan tersendiri," ucap dokter bedah plastik rekonstruksi dan estetik kraniofasial ini.

Menurut Iqmal, operasi bibir sumbing gratis ini perlu sumbangsih semua pihak karena biaya yang tidak sedikit.

"Insha Allah kami akan terus melayani masyarakat dengan peralatan terbaik, dokter berkompeten. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar