Gemilang Terkini

Sabtu, 22 Februari 2020

Rumah Zakat Baturaja Gelar Seminar dan Workshop Kewirausahaan

BATURAJA, gmjnews.co.id- Rumah Zakat Baturaja sebagai mitra Baitul Maal PT. Semen Baturaja dan Baturaja Farm tengah mengadakan Seminar dan Workshop Kewirausahaan yang diperuntukkan bagi pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten OKU, Sabtu (22/02/2020) di Q-Shams Cafe.

Kegiatan yang bertema 'Peran Pemuda bagi Kemandirian Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat' ini menghadirkan pemateri yang kompeten dibidangnya, diantaranya, Ardi, SE yang merupakan seorang  praktisi ekonomi. 

Dalam penyampaian Materinya, Ardi menuturkan bahwa untuk memulai membangun startup sebuah usaha, pemuda harus menemukan passionnya dimana ia akan berkecimpung. 

"Temukan passion mu dan mulailah aksimu, begitulah seharusnya seorang pemuda bergerak, karena dengan berwirausahalah kebermanfaatan yang lebih luas akan dirasakan"ujarnya.

Fitri sebagai Ketua Baturaja Farm sekaligus  mitra kerja Rumah Zakat menuturkan bahwa agenda ini merupakan kegiatan yang memang diperuntukkan untuk pemuda sebagai pelopor kemandirian bangsa.

"Permasalahan dan kesenjangan yang terjadi di Indonesia saat ini bisa diatasi dengan kemandirian ekonomi oleh masyarakatnya, dan semua itu dimulai dari pemuda."ujar perempuan yang juga merupakan salah satu Finalis Pemuda Pelopor Nasional tahun 2019 ini.

Lebih lanjut, dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten dibidangnya diharapkan dapat membuka mindset pemuda saat ini bahwa kesejahteraan Indonesia akan terwujud dengan kedaulatan ekonomi. 

Selain itu, sesi workshop kedua diisi oleh Koordinator Rumah Zakat Baturaja, Wahyu Andre. Dalam pemaparannya, kemandirian ekonomi berawal dari kemandirian finansial pribadi.

"Cara paling efektif bagi pemuda yang mayoritas aktivis yaitu memulai membuka usaha dengan bermitra, mulai aja dulu dengan bermindset bisa membayar uang kuliah sendiri dan cobalah untuk menuangkan ide-idenya dalam bentuk proposal agar bisa menarik investor dari berbagai bidang maupun lembaga baik swasta pun pemerintahan"ujarnya. 

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 13.00 WIB sampai ashar menjelang, diawal juga sempat dijelaskan mengenai asal mula Baturaja Farm dan Mitra-mitra Rumah Zakat serta brain besar kedepannya. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar