Gemilang Terkini

Jumat, 13 Mei 2022

173 Desa Ikuti Pilkades Serentak 2022

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebanyak 173 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Launching tahapan pelaksanaan pemilihan 173 Kepala Desa Serentak Se-kabupaten Ogan Ilir tahun 2022 secara tatapmuka (offline), kamis (12/5/2022) yang diikuti Camat Se-kabupaten Ogan Ilir, Kepala Desa Pelaksana Pilkades 2022  dan Ketua BPD.

Pesta demokrasi atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ogan Ilir yang digelar dengan ditandai suara sirine tanda Launching Pilkades serentak oleh Bupati Panca Wijaya Akbar Launching dihadiri Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH, Wakil Bupati . H. Ardani SH MH, Sekretaris Daerah H. Mukhsin Abdullah, ST, MM, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantyo Sandi, SH, Kodim 04/02 OI/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos., M.M., M.I., Pol Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala Perangkat daerah terkait dan Kabag Lingkup Setda di gedung serbaguna caram Seguguk komplek perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung senai.

Bupati Ogan ilir dalam arahannya mengungkapkan, Pilkades yang akan dilaksanakan merupakan yang pertama dilaksanakan, dimana berbagai rintangan dan hambatan pasti kita lalui, dan berharap agar Pilkades serentak 2022 berlangsung aman dan sukses.

"Setelah melaksanakan launching, panitia di tingkat kabupaten akan turun untuk melaksanakan sosialisasi di masing-masing desa tempat pelaksanaan Pilkades ataupun di kecamatan. Upaya ini dimaksudkan guna untuk memastikan seluruh masyarakat, perangkat desa yang ada siap untuk mensukseskan Pilkades di tahun 2022 ini" Kata Bupati.

Selain elemen masyarakat, Bupati juga berharap kepada TNI/Pori dan perangkat daerah terkait khususnya Diskominfo  dan Sat Pol PP serta awak media juga harus membantu DPMD untuk menyukseskan serta menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkades serentak ini berlangsung.

Kepada para Camat yang hadir, Bupati ogan ilir meminta untuk menyesuaikan jadwal Bupati dan Wakil Bupati sehingga kedepannya untuk langsung turun ke tiap kecamatan, dan mempersiapkan diri melakukan pendampingan terkait Pilkades Serentak 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Akh Lutfi S.Sos, M.Si dalam laporannya, pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 diikuti 173 desa yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

"Pelaksanaan pemilihan, pemungutan suara dan perhitungan suara akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2022 dan pelantikan kepala desa dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022" Imbuhnya.

Dalam upaya menyukseskan kegiatan Pilkades serentak di Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022 telah ditetapkan tim, antara lain Tim Pengawas dan Monitor yang terdiri dari Tim Pengawas Tingkat Kabupaten yang terdiri dari Bupati dan Forkompimda. Tim Tingkat Kabupaten bertugas memberikan pencerahan, pembinaan terhadap kegiatan Pilkades kepada panitia dengan melibatkan beberapa instansi terkait lingkup Pemerintah Kabupaten. Disamping itu terdapat Tim Pengawas Kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil serta Tim Pengawas Desa yang terdiri dari kepala desa dan BPD.

"Kita menggelar Pilkades serentak pada 2022, bulan Oktober. Hal itu sesuai Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kades" Pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar