Gemilang Terkini

Kamis, 24 Juni 2021

Kecamatan Pemulutan Selatan Gelar Bimtek Pengelolaan Rumah Desa Sehat


OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, puluhan peserta yang berasal dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Rumah Desa Sehat (RDS) Konvergensi Pencegahan Stunting, Kamis (24/06/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Gedung serbaguna Kecamatan pemulutan selatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OI Zaidan, Camat Pemulutan Selatan, Mun'im, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten OI Irawadi, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Pemulutan Selatan, Pendamping Lokal Desa (PLD) Pemulutan Selatan, serta para peserta yang ada di 15 Desa di Kecamatan Pemulutan Selatan.

Tenaga Ahli Kabupaten Irawadi mengatakan bahwa kegiatan Bimtek RDS ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat dimana bimtek ini adalah suatu amanat dari implementasi peraturan menteri desa nomor nomor 13 tahun 2020, kemudian amanat pmk no 222 tahun 2020.
"Dimana didalam permendes itu mengamanatkan bahwa program prioritas penggunaan dana desa ini adalah salah satunya adalah program penangganan stunting, kegiatan konvergensi stunting ini banyak dilakukan oleh desa itu melalui forum rumah desa sehat" Kata Irawadi.

Dikatakannya, rumah desa sehat ini merupakan sekretariat bersama yang terdiri dari Kader Pembangunan Manusia (KPM), bidan desa, pengelola paud, bidan desa, dan kader posyandu.

"Pelaksanaan bimtek rumah desa sehat ini diharapkan outputnya agar para kader yang ada di desa, khususnya yang tergabung dalam rumah desa sehat ini mampu melaksanakan kegiatan dalam upaya konvergensi pencegahan stunting di desa" Ujarnya.

Sementara itu Camat Pemulutan Selatan Mun'im mengatakan, diharapkan kepada para peserta yang mengikuti bimtek ini dapat menerima semua materi dan dapat menerapkan semua yang sudah diberikan di dalam kegiatan bimtek ini.

"Kepada mereka (para peserta) bimtek bisa menerapkan apa yang sudah diikuti selama mengikuti bimtek dan bisa menerapkan didesa masing-masing terutama dalam melaksanakan kegiatan di desa yang berhubungan dengan program-program yang ada di desa khususnya, terutama dalam pencegahan stunting, adapun untuk peserta sendiri berasal dari 15 desa yang ada di Kecamatan Pemulutan Selatan, setiap desa terdiri dari 5 orang" Paparnya. 

Ditambahkannya, "Sedangkan untuk pendanaan dari kegiatan bimtek tersebut berasal dari Dana Desa yang ditransfert oleh masing-masing bendahara Desa ke Rekening Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pemulutan Selatan selaku Panitia Penyelenggara Kegiatan Bersama di Pemulutan Selatan, sedangkan untuk kelas sendiri dibagi menjadi dua kelas kelas A untuk 8 Desa, dan kelas B 7 Desa, dan semuanya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan" Terangnya. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar