Gemilang Terkini

Rabu, 10 Juni 2020

Desa Tangkal Diharapkan Cegah Covid-19 dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Sebagai Desa percontohan kampung Tangkal Covid-19, Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan juga bertujuan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan stok pangan di desa juga aman.

Oleh karena itulah, setelah peresmian desa tangkal di Tanjung Gelam ini yang sudah diresmikan beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI berencana akan membentuk desa-desa lain sebagai desa tangkal yang disiapkan guna untuk menghadapi covid-19 dalam rangka menuju New Normal.

"Ini fungsinya untuk mendeteksi siapa saja yang datang, dan mendeteksi kalau ada masyarakat yang memiliki gejala-gejala harus segera selidiki," Kata Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam, Rabu (10/06/2020).

Dikatakan Bupati OI, desa tangkal yang diprakarsai oleh Kapolda Sumsel dan Kapolres OI ini, dibentuk dalam rangka memutus mata rantai covid-19 juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat karena telah disediakan upaya ketahanan pangan. 

"Untuk pangan saya rasa cukup dan bisa meningkatkan perekonomian, dengan kerjasama dengan seluruh unsur lapisan, wabah Covid-19 dapat dikendalikan dan segera dihentikan penyebarannya" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Seluruh lapisan dari pemerintah hingga TNI dan Polri sejak 3 bulan yang lalu telah bersinergi untuk melakukan penanganan virus ini, dan tren penyebarannya sudah turun," Terangnya.

Menurut data, Kata Ilyas Panji Alam, dari 61 pasien positif Covid-19 di Ogan Ilir, Alhamdulillah ada 37 pasien yang sembuh dan hanya 1 yang meninggal dunia, namun belum bisa dipastikan terpapar Corona atau tidak, lantaran pasien terlebih dulu meninggal, sebelum dinyatakan positif corona. 

"Namun tetap dimakamkan dengan prosedur covid-19, saya juga berharap masyarakat Ogan Ilir tetap disiplin dan mematuhi protokol Covid-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalani aktifitas dengan normal seperti sediakala" Harapnya.(***/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar