Gemilang Terkini

Selasa, 02 Juni 2020

Kampung Tangkal Covid-19 di OI Diresmikan

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Bersama Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, MM, Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) H.M. Ilyas Panji Alam serta Forkopimda Kabupaten OI meresmikan Kampung Tangkal Covid-19 di Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten OI, Selasa (02/06/2020).

Selain itu, sebagai wujud Program Ketahanan Pangan di Ogan Ilir, setelah melakukan peresmian Kapolda Sumsel bersama Bupati OI serta rombongan melakukan penanaman palawija di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI.

"Dengan dilaunchingnya Kampung Tangkal Covid-19 ini merupakan upaya optimalisasi penanganan Covid-19 road to atau menuju New Normal Daerah, sehingga nantinya Kabupaten Ogan Ilir siap menghadapi tatanan kehidupan yang baru dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan,” Kata Bupati OI H.M. Ilyas Panji Alam.

Dijelaskannya, "Selain itu, bersama Kapolda Sumsel dan Forkopimda Kabupaten OI kita juga melakukan penanaman palawija di kebun Binaan Polres OI Seluas 6 (Enam) Hektar sebagai wujud program ketahanan pangan di Kabupaten OI,” Imbuhnya. 

Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri saat melihat secara langsung kesiapan desa tersebut, bertahan di tengah Pandemi yang mewabah sampai ke level desa. Mulai dari sisi ekonominya, sampai ke pencegahan di posko depan desa.

“Ini yang kita harapkan, desa ini yang melakukan perekonomian mandiri dalam bentuk ternak lele, ada tanaman di dalam ember termasuk ekonomi kreatif yang dibangun di desa ini, menjadi salah satu contoh desa lainnya agar ada ketahanan dari desa sendiri,” Kata Kapolda Sumsel kepada awak media

Ditambahkannya, "Saya juga berharap, agar Desa Tanjung Gelam tersebut dapat ditiru oleh desa-desa lain yang ada di Sumsel. Sehingga perekonomian masyarakat dan ketahanan pangan dapat tetap terjaga meskipun Pandemi masih terjadi" Harapnya.

Sementara itu, Kapolres OI AKBP. Imam Tarmudi mengatakan bahwa Pandemi saat ini belum bisa diprediksi kapan berakhir. Tentu setiap pemerintahan terkecil mulai dari desa, dapat menyusun strategi agar ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat dapat segera bangkit.

“Alhamdulillah kita warga kabupaten Ogan Ilir khususnya saya juga bangga ada kunjungan bapak Kapolda untuk mengecek secara langsung, kesiapan kita dalam menghadapi wabah yang tidak dapat diketahui kapan berakhirnya. Namun demikian ada antisiapsi yang telah kita tunjukkan yakni mengenai Kampung Tangkal Covid-19 yang digelorakan untuk dijabarkan ke seluruh daerah, melalui Desa Tanjung Gelam ini,” Ujar Kapolres OI.

Kapolres OI juga menginstruksikan kepada jajaran Polsek untuk melakukan hal serupa di desa-desa. Sehingga, Polri dapat menjadi stimulus bagi desa di wilayahnya, agar dapat melakukan hal serupa dari sisi ketahanan pangan dan perekonomian.

“Mudah-mudahan ini dapat ditiru ke berbagai desa. Kita intruksikan kepada para Kapolsek agar melakukan hal yang sama di 241 desa dan kelurahan yang ada di Ogan Ilir,” Terangnya. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar