Gemilang Terkini

Minggu, 14 Juni 2020

Optimalkan Dana ZIS, Rumah Zakat Bantu Pelaku UMKM Di 144 Titik Desa Di Indonesia

OKU SELATAN, gmjnews.co.id– Sebagai akibat dari wabah Covid-19 yang mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Wabah Covid-19 yang melanda memaksa setiap negara untuk mengambil langkah cepat sebagai salah satu tindakan pencegahan agar bisa meminimalisir penyebaran wabah di masyarakat. Beberapa pencegahan tersebut antara lain Physical Distancing, Social Distancing, serta Lock Down.

Di Indonesia sendiri, pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengurangi dampak penularan. Namun, sebagai dampak dari pemberlakukan kebijakan ini adalah adanya kelumpuhan yang terjadi pada sektor ekonomi, termasuk sektor UMKM.

Berkurangnya jumlah pembeli atau pendapatan yang diterima, mengakibatkan banyak pelaku UMKM mengalami kerugian karena tidak sesuainya jumlah pendapatan dengan pengeluaran. Akhirnya, tidak sedikit diantara mereka harus gulung tikar alias bangkrut.

Tidak ingin hal tersebut terus terjadi, Rumah Zakat Kembali bergerak untuk mendorong para pelaku UMKM agar bisa bangkit di tengah kondisi sulit saat ini. Salah satunya adalah dengan memberikan Bantuan Modal Usaha kepada para pelaku UMKM.

Seperti yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa berdaya Pasar Lama, Kel. Bumi Agung, Kec. Muaradua, Kab. OKU Selatan Sumatera Selatan. Melalui Fasilitator Desa Berdaya Herlensi, Rumah Zakat memberikan pendampingan bantuan berupa modal usaha dan sembako kepada Ibu Jaleha, salah satu Penerima Manfaat yang mempunyai usaha menekuni usaha kecil-kecilan yakni berdagang makanan ringan, gorengan.

"Selama PSBB di kabupaten OKU Selatan dapat dikatakan pemasukan sangatlah kurang dari penjualan dari dagangannya.  Ditambah sekarang ini anak ibu sedang membutuhkan uang semesteran, sehingga modal usaha sebelumnya harus dipakai untuk membayar uang sekolah, karena bagi ibu kebutuhan anak paling penting," ungkapnya.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian Rumah Zakat memberikan bantuan modal usaha kepada Ibu Jaleha dan Ibu Hajima Senin (15/06/2020). Tentunya, bantuan modal usaha yang diberikan oleh Rumah Zakat sangat membantu Ibu Ilot untuk memulai usaha kembali. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar