Gemilang Terkini

Senin, 13 Desember 2021

Pembangunan Galian Pembuangan Air Limbah PDAM Tanjung Raja Ancam Keselamatan Anak

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Pembangunan Penggalian Pembuangan air limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ogan Ilir unit Tanjung Raja ancam keselamatan jiwa anak-anak, karena dilokasi pembangunan anak-anak bebas bermain dan mandi dilobang galian tersebut.

Frans Diharja pemerhati Sosial  Masyarakat (LSM) Gagak, mengatakan sewaktu dikonfirmasi, Sabtu, (11/12/202), saat dilokasi penggalian pembangunan air limbah, tidak menemukan papan proyek dan Kepala unit PDAM Tanjung Raja menyampaikan penggalian memakai eksapator ini menggunakan dana pribadi.

"Kita bingung galian sebesar itu memakai dana pribadi, setau saya PDAM itu milik pemerintah," Kata Frans, Senin (13/12/2021).

Dikatakannya, sangat disayangkan pembangunan tersebut tidak memperhatikan keselamatan warga disekitar pembangunan galian pembuangan air limbah, dikarenakan galian tersebut diameter kedalamannya mencapai 2 meter lebih.

"Ya, seputaran area galian ini pemukiman warga, takutnya anak-anak mandi nanti tenggelam, jadi mohon kepada PDAM kita meminta jaminan keselamatan anak-anak, kalau sudah ada yang tewas tenggelam siapa yang mau disalahkan," Jelasnya.

Sementara itu, Raka Kepala Unit PDAM Tanjung Raja ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pembangunan penggalian air limbah PDAM unit Tanjung Raja ini merupakan pengerjaan PDAM Tirta Ogan.

"Jadi silahkan pak konfirmasi kekantor Tanjung Seteko Indralaya, dan anggap pembicaraan kemarin tidak ada," Singkatnya.

Terpisah, Direktur PDAM Tirta Ogan H Sobli Rozali ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (13/12/2021) menerangkan bahwasannya pengerjaan pembangunan galian untuk air limbah itu bukan proyek, melainkan tanggap darurat.

"Ya, itu bukan proyek melainkan tanggap darurat, untuk membuat air jernih kita harus menguras endapan air dibak penampungan, untuk itulah kita buat galian untuk pembuangan air limbah," Ujarnya.

Sobli juga menegaskan untuk safety (keamanan) PDAM Tirta Ogan segera akan membuat pagar, apakah itu dari kawat berduri dan akan memberdayakan petugas di Unit Tanjung Raja untuk mengawasi anak-anak yang bermain digalian tersebut. 

"Untuk keamanan akan kita buat pagar, tekhnisnya nanti bisa dari kawat berduri untuk pagarnya, dan petugas PDAM  akan kita berdayakan," Terangnya. (MJ/Emi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar