Gemilang Terkini

Rabu, 18 Desember 2019

Mengenal Kesenian Tradisional Bangsawan dari Desa Pematang Bungur

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Kesenian Tradisional Bangsawan Tunas Marga Desa yang berada di Desa Pematang Bungur Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan. Kesenian Tradisional Bangsawan ini merupakan Kesenian tradisional yang sudah sejak dulu ada di Kecamatan Pemulutan Selatan.

Hal ini yang dikatakan langsung oleh Kepala Desa Pematang Bungur Boy Sandi, S.Pd, Kamis (19/12/2019), menurutnya Kesenian Tradisional Bangsawan ini adalah kesenian tradisional yang ada di Desanya.

"Untuk Jumlah Pemain Kesenian Bangsawan ini sendiri berjumlah 15 orang yang terdiri dari beberapa orang warga yang ada di Desa Pematang Bungur, adapun rata-rata para pemain berusia sekitar kurang lebih 40 tahun keatas" Ujarnya.

Ditambahkannya, "Insya Allah kita selaku Pemerintah Desa agar terus mensupport kesenian tradisional Bangsawan ini dan akan terus kita lestarikan sehingga kedepan Kesenian Bangsawan ini bisa terus dikenal oleh masyarakat banyak" Bebernya.

Sementara itu, Kailani Nurdin salah satu Pemain Kesenian Tradisional Bangsawan mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Pematang Bungur karena telah membantu dan terus mensupport Kesenian ini.

"Alhamdulillah hingga saat ini Kesenian Tradisional Bangsawan ini masih terus eksis dan kita masih terus bermain di berbagai tempat, bukan hanya di desa namun kami juga sudah pernah bermain dikota Palembang" Katanya.

Dijelaskannya, "Oleh karena itulah, kami disini sangat berharap sekali agar kiranya Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Khususnya Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata supaya bisa membantu dan memperhatikan Kesenian Tradisional Bangsawan ini karena kesenian Bangsawan ini merupakan kesenian khas dari Sumatera Selatan dan harus dilestarikan jangan sampai punah" Harapnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar