Gemilang Terkini

Jumat, 20 Desember 2019

1040 Peserta Ikuti Jambore Pramuka Cabang IV OI 2019

OGAN ILIR, gmjnews.co.id-Sebanyak 1040 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab)  Ogan Ilir (OI) mengikuti Jambore Cabang IV Tahun 2019 di Tanjung Senai Indralaya Kabupaten OI, Jum'at (20/12/2019).

Acara perkemahan dipusatkan di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Pemerintah Kabupaten OI tersebut dibuka langsung oleh Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam, SE, SH, MH didampingi Ketua Kwarcab OI H. Herman, SH, MM dan wakil Ketua Kwarcab Dr. Aryanto serta segenap pengurus Kwarcab OI. 

Ketua Kwarcab OI H. Herman, SH, MM usai mendampingi Bupati OI meninjau tenda peserta kepada awak media mengatakan, acara tersebut dilaksanakan selama 3 hari, mulai kemarin sudah ada yang menginap, jadi full sampai tanggal 22 Desember 2019.

"Mereka akan diberikan pendidikan kepribadian, ketrampilan, dan rekreasi juga disini termasuk bagaimana menjaga lingkungan supaya diarea perkantoran Pemda kebersihannya tetap terjaga. Kemudian dapat menyemangati mereka untuk bergembira di saat-saat mereka mengikuti perkemahan ini" Katanya.

Disinggung jumlah peserta dan sumber dana kegiatan dikatakan Ketua Kwarcab OI bahwa peserta berasal dari 16 Kecamatan dari Kwaran-kwaran (Kwartir Ranting) mengirim  20 orang putra dan 20 orang putri. Jadi jumlahnya 640 peserta ditambah panitia sehingga berjumlah menjadi 1040 orang peserta.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan dan merupakan program kita, sebelum ini kegiatan ditingkat kecamatan. Kwarcab dan bahkan tingkat Kwarda, lalu tingkat nasional dan internasional di Figinia tahun ini," Ungkapnya.

Ditambahkannya, "Tahun ini penutupan, mungkin tahun 2020 akan banyak kegiatan dengan mengadakan seminar nasional dengan mengikutkan pembina dari Gudep dan Kwaran" Tukasnya.
Sementara itu, ditempat yang sama wakil ketua Kwarcab Dr Ariyanto mengatakan, Pramuka merupakan kegiatan pembelajaran di Ogan Ilir dalam melaksanakan Kepres Nomor 87 tahun 2016 itu ditampung Spiritualnya lewat Diniyah dan bela negaranya melalui Pramuka. 

"Jadi ini bagian integral, dua bagian kegiatan merupakan pendidikan karakter. Pramuka ini bagus, karena kita melatih anak untuk disiplin, sportif, mandiri juga survival serta bagaimana mereka mengurus pribadinya, gotong-royong, kerjasama ini yang menonjol dalam kegiatan Pramuka. Untuk anggaran dana berasal dari dana hibah APBD murni untuk Pramuka," Katanya.

Pantauan gmjnews.co.id, dihari kedua Jambore Kwarcab IV Ogan Ilir 2019 diadakan lomba Pionering dihalaman hijau area kantor Pemda dengan membuat jembatan darurat bagi Penggalang putra dan menara simapur bagi penggalang putri. Satu tim berjumlah 3 personil dengan batas waktu 60 menit. (Gheka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar