Gemilang Terkini

Rabu, 02 September 2020

Rumah Zakat dan Rumah Sastra Lestarikan Budaya Lokal Melalui Rumah Belajar Besemah

PAGARALAM, gmjnews.co.id- Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi Pagar Alam membuka Rumah Belajar Basemah (RBB) setelah tertunda akibat pandemi covid-19. Lokasi RBB bertempat di rumah warga di Jl. Nurdin Pandji, Belakang PU, kelas. Pagar Alam, kec. Pagar Alam Utara, kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Selasa (02/09).

Sugandi Relawan Inspirasi di Pagar Alam mengutarakan bahwa RBB menyediakan bimbingan belajar gratis. 

“Materi pelajaran yang diajarkan diantaranya baca tulis Al Qur'an (BTAQ), umum (Bahasa Inggris dan Matematika). Sedangkan materi budaya lokal Besemah yaitu tentang aksara Ulu, nyanyian besemah, tarian besemah, bahasa besemah dan lainnya yang berkaitan budaya sini”, paparnya.

Selain rumah Zakat, Rumah Belajar Besemah ini juga di support oleh Rumah Sastra sebagai Pengajar dan pelaksana. Harapannya di masa sekarang budaya lokal yang sudah luncur dengan adanya RBB ini generasi muda akan belajar kebudayaan nenek moyang.

"Targetnya kita mulai pertengahan bulan September ini, mudah-mudahan RBB menjadi wasilah untuk melestarikan budaya Besemah. Tentunya budaya yang tidak bertentangan dengan Agama Islam", tutur Gandi. (Medi RZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar