Gemilang Terkini

Kamis, 07 Mei 2020

Beredar Video ODGJ Dimandikan dengan Selang, ini Kata Dirut RSUD OI

OGAN ILIR, gmjnews.co.id- Beredar di Ogan Ilir Sebuah video amatir yang berdurasi 2 menit 16 detik yang viral di media sosial, dimana dalam video tersebut, nampak seseorang Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Ogan Ilir, dimandikan dengan kondisi memprihatinkan.

Diduga ODGJ tersebut yang sebelumnya bikin panik warga Desa Tebing Gerinting, Kecamatan Indralaya Selatan karena tiba-tiba terkapar di pinggir jalan itu nampak dimandikan di atas kasur, masih dalam posisi berbaring, kasur yang diletakkan di ruang terbuka, dan dimandikan dengan selang.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSUD Ogan Ilir dr. Roretta Arta Guna Riama membantah jika pihaknya mengusir pasien tersebut, dirinya mengatakan bahwa pihaknya mau merujuk pasien ODGJ itu ke Rumah Sakit Jiwa yang ada di Palembang.

"Tidak ada pengusiran, pasien mau kita rujuk ke Rumah Sakit Jiwa di Palembang. Karena tidak ada identitas, maka kita menggandeng Dinas Sosial Ogan Ilir," Katanya saat dikonfirmasi, Kamis (7/5/2020).

Perkara dimandikan, ia mengakui jika yang memandikan itu adalah Petugas dari RSUD Ogan Ilir bersama Petugas dari Dinas Sosial Ogan Ilir. Karena ODGJ, maka pasien yang bersangkutan sulit diajak berkomunikasi.

"Karena pasien jiwa kan tidak pernah mandi, tidak ada kebersihan diri. Jadi dikeluarkan dari kamar untuk dibersihkan. Kalau mandi di kamar kan basah," Ujarnya.

Pihaknya juga menyayangkan oknum yang menuding pihaknya memulangkan paksa pasien tersebut. Pihaknya justru ingin membawa ke RSJ di Palembang, untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat bagi ODGJ tersebut.

"Jadi orang plesetkan mau keluar paksa, ga lah. Pasien kan harus dimandikan dulu. Sekarang masih di rumah sakit, masih baik-baik kok. (Rencana mau dibawa ke RSJ) dalam waktu dekat," Imbuhnya. 

Ditambahkannya, "Untuk kondisi kesehatan perempuan tersebut cukup baik, hasil laboratorium menunjukkan jika ia tidak terpapar Covid-19. Semua bagus, fisik bagus, hasil Labor, Rontgen juga bagus. Kalau tidak ada identitas kan kita harus berkaitan dgn Dinas Sosial," Terangnya. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar